Jumat, 04 Maret 2016

SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL (SAT)


SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL (SAT)

Tutorial                                    : Ke 1
Kode/Nama Matakuliah          : PDGK 4501 / Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP)
SKS                                         : 4 SKS
Nama Tutor                             : Drs. A.Rosyid Al Atok, M.Pd., MH.

Kompetensi Umum:
Setelah mengikuti tutorial matakuliah ini, diharapkan mahasiswa mempunyai kemampuan untuk merencanakan dan melaksanakan perbaikan pembelajaran serta menuliskan laporan hasil perbaikan pembelajarannya yang dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas.

Kompetensi Khusus:
Mahasiswa dapat menyusun Rencana Pembelajaran dengan baik dan benar.
                       
Pokok Bahasan           :  Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Pra Siklus
Sub Pokok Bahasan    :  a. Unsur-unsur Rencana Pembelajaran.
                                       b. Penyusunan Rencana Pembelajaran yang baik dan benar.
                                               

No.
Tahapan
Rincian Kegiatan
Media
Waktu
1.
Persiapan
Menyiapkan materi dengan membaca modul dan membuat rangkuman singkat
2.
Kegiatan Pendahuluan
·      Penjelasan mengenai tujuan, ruang lingkup pokok bahasan, relevansi, dan manfaat materi tutorial yang hendak dibahas.
·      Penyepakatan strategi dan metode pembahasan
-
10 menit
3.
Kegiatan Penyajian
·       Mahasiswa mempelajari Panduan PKP
·       Tutor memberikan penjelasan kepada mahasiswa tentang tahap-tahap pelaksanaan perbaikan pembelajaran yang harus dilakukan oleh mahasiswa
·       Tutor menugaskan kepada mahasiswa  menyusun rencana dan melaksanakan pembelajaran pra siklus untuk mata pelajaran eksakta dan non eksakta lengkap disertai dengan observasi atau pengamatan yang dilakukan oleh taman sejawat
-
100 menit
4.
Penutup

·         Penyimpulan hasil pembahasan dalam tutorial.
·         Penugasan untuk tutorial berikutnya.
 -
5 menit


SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL  (SAT)

Tutorial                                    : Ke 2
Kode/Nama Matakuliah          : PDGK 4501 / Kemantapan Kemampuan Profesional (PKP)
SKS                                         : 4 SKS
Nama Tutor                             : Drs. A.Rosyid Al Atok, M.Pd., MH.

Kompetensi Umum:
Setelah mengikuti tutorial matakuliah ini, diharapkan mahasiswa mempunyai kemampuan untuk merencanakan dan melaksanakan perbaikan pembelajaran serta menuliskan laporan hasil perbaikan pembelajarannya yang dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas.

Kompetensi Khusus: Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah-masalah pembelajaran
 
Pokok Bahasan           :  Permasalahan pembelajaran dalam kelas
Sub Pokok Bahasan    :  a. Pengertian Masalah pembelajaran
 b. Teknik Identifikasi Masalah Pembelajaran
           
No.
Tahapan
Rincian Kegiatan
Media
Waktu
1.
Persiapan
Menyiapkan materi dengan membaca modul dan membuat rangkuman singkat
2.
Kegiatan Pendahuluan
·      Penjelasan mengenai tujuan, ruang lingkup pokok bahasan, relevansi, dan manfaat materi tutorial yang hendak dibahas.
·      Penyepakatan strategi dan metode pembahasan
-
10 menit
3.
Kegiatan Penyajian
·       Tutor menjelaskan tentang hakekat permasalahan pembelajaran yang dapat diselesaikan melalui PTK
·       Mahasiswa menyampaikan hasil identifikasi permasalahan pembelajaran dalam kelas yang diperoleh melalui observasi dalam pelaksanaan pembelajaran pra siklus 
·       Tutor bersama mahasiswa menganalisis dan merumuskan permasalahan pembelajaran yang akan dipecahkan dalam perbaikan pembelajaran berikutnya
·       Tutor menugaskan kepada mahasiswa  menyusun Rencana Perbaikan Pembelajaran I berdasarkan  hasil analisis yang telah dilakukan bersama. 
-
100 menit
4.
Penutup

·       Tutor menyampaikan perlunya pengumpulan Rencana Perbaikan Pembelajaran I pada tutorial berikutnya
·         Penyepakatan pokok bahasan dalam tutorial berikutnya  
 -
5 menit






SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL (SAT)

Tutorial                                    : Ke 3
Kode/Nama Matakuliah          : PDGK 4501 / Kemantapan Kemampuan Profesional (PKP)
SKS                                         : 4 SKS
Nama Tutor                             : Drs. A.Rosyid Al Atok, M.Pd., MH.

Kompetensi Umum:
Setelah mengikuti tutorial matakuliah ini, diharapkan mahasiswa mempunyai kemampuan untuk merencanakan dan melaksanakan perbaikan pembelajaran serta menuliskan laporan hasil perbaikan pembelajarannya yang dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas.

Kompetensi Khusus:
Mahasiswa dapat menyusun rencana  perbaikan pembelajaran

Pokok Bahasan           :  Rencana Perbaikan Pembelajaran
Sub Pokok Bahasan    :  a. Hakekat PTK sebagai strategi perbaikan pembelejaran
                                       b. Teknik Penyusunan Rencana Perbaikan Pembalajaran
            
No.
Tahapan
Rincian Kegiatan
Media
Waktu
1.
Persiapan
Menyiapkan materi dengan membaca modul dan membuat rangkuman singkat
2.
Kegiatan Pendahuluan
·      Penjelasan mengenai tujuan, ruang lingkup pokok bahasan, relevansi, dan manfaat materi tutorial yang hendak dibahas.
·      Penyepakatan strategi dan metode pembahasan
-
10 menit
3.
Kegiatan Penyajian
·       Mahasiswa menyampaikan hasil Penyusunan Rencana Perbaikan Pembelajaran I secara bergantian untuk mendapatkan tanggapan dari sesama mahasiswa
·       Tutor memberikan koreksi dan penegasan terhadap hasil penyusunan Rencana Perbaikan Pembelajaran I dari masing-masing mahasiswa
·       Tutor menugaskan kepada masing-masing mahasiswa untuk melaksanakan Perbaikan Pembelajaran Siklus I sesuai dengan RPP I di rempat tugasnya masing-masing disertai dengan observasi atau pengamatan  dan refleksi yang dilakukan oleh/dengan teman sejawat. 
-
100 menit
4.
Penutup

·       Tutor menyampaikan perlunya pengumpulan hasil observasi dan refleksi dari pelaksanaan Perbaikan Pembelajaran Siklus I pada tutorial berikutnya dan penyepakatan pokok bahasan dalam tutorial berikutnya    
 -
5 menit






           

SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL (SAT)

Tutorial                                    : Ke 4
Kode/Nama Matakuliah          : PDGK 4501 / Kemantapan Kemampuan Profesional (PKP)
SKS                                         : 4 SKS
Nama Tutor                             : Drs. A.Rosyid Al Atok, M.Pd., MH.

Kompetensi Umum:
Setelah mengikuti tutorial matakuliah ini, diharapkan mahasiswa mempunyai kemampuan untuk merencanakan dan melaksanakan perbaikan pembelajaran serta menuliskan laporan hasil perbaikan pembelajarannya yang dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas.

Kompetensi Khusus:
Mahssiwa dapat melaksanakan perbaikan pembelajaran matapelajarn eksakta sesuai dengan rencana perbaikan yang dibuat

Pokok Bahasan           :  Praktek Perbaikan Pembelajaran
Sub Pokok Bahasan    :  Praktek Perbaikan Pembelajaran Mata Pelajaran Eksakta.

No.
Tahapan
Rincian Kegiatan
Media
Waktu
1.
Persiapan
Menyiapkan materi dengan membaca modul dan membuat rangkuman singkat
2.
Kegiatan Pendahuluan
·      Penjelasan mengenai tujuan, ruang lingkup pokok bahasan, relevansi, dan manfaat materi tutorial yang hendak dibahas.
·      Penyepakatan strategi dan metode pembahasan
-
10 menit
3.
Kegiatan Penyajian
·       Mahasiswa menyampaikan hasil observasi dan refleksi dari pelaksanaan Perbaikan Pembelajaran Siklus I Matapelajaran Eksakta.
·       Tutor dan mahasiswa  menganalisis  hasil observasi dan refleksi pelaksanaan Perbaikan Pembelajaran Siklus I untuk  menentukan perbaikan yang perlu dilakukan selanjutnya
·       Tutor menugaskan kepada  mahasiswa menyusun Rencana Perbaikan Pembelajaran II sesuai hasil analisis yang telah dilakukan bersama dan  melaksanakan Perbaikan Pembelajaran Siklus II disertai dengan observasi atau pengamatan  dan refleksi yang dilakukan oleh/dengan teman sejawat. 
-
100 menit
4.
Penutup

·       Tutor menyampaikan perlunya pengumpulan hasil observasi dan refleksi dari pelaksanaan Perbaikan Pembelajaran Siklus II  Mata Pelajaran Eksakta pada tutorial berikutnya
·       Penyepakatan pokok bahasan dalam tutorial berikutnya  
 -
5 menit






SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL (SAT)

Tutorial                                    : Ke 5
Kode/Nama Matakuliah          : PDGK 4501 / Kemantapan Kemampuan Profesional (PKP)
SKS                                         : 4 SKS
Nama Tutor                             : Drs. A.Rosyid Al Atok, M.Pd., MH.

Kompetensi Umum:
Setelah mengikuti tutorial matakuliah ini, diharapkan mahasiswa mempunyai kemampuan untuk merencanakan dan melaksanakan perbaikan pembelajaran serta menuliskan laporan hasil perbaikan pembelajarannya yang dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas.

Kompetensi Khusus:
Mahasiswa dapat melaksanakan perbaikan pembelajaran mata pelajaran non eksakta sesuai dengan rencana perbaikan yang dibuat

Pokok Bahasan           :  Praktek Perbaikan Pembelajaran
Sub Pokok Bahasan    :  Praktek Perbaikan Pembelajaran Mata Pelajaran Non Eksakta.

No.
Tahapan
Rincian Kegiatan
Media
Waktu
1.
Persiapan
Menyiapkan materi dengan membaca modul dan membuat rangkuman singkat
2.
Kegiatan Pendahuluan
·      Penjelasan mengenai tujuan, ruang lingkup pokok bahasan, relevansi, dan manfaat materi tutorial yang hendak dibahas.
·      Penyepakatan strategi dan metode pembahasan
-
10 menit
3.
Kegiatan Penyajian
·       Mahasiswa menyampaikan hasil observasi dan refleksi dari pelaksanaan Perbaikan Pembelajaran Siklus I Mata Pelajaran Non Eksakta.
·       Tutor dan mahasiswa  menganalisis  hasil observasi dan refleksi pelaksanaan Perbaikan Pembelajaran Siklus I untuk  menentukan perbaikan yang perlu dilakukan selanjutnya
·       Tutor menugaskan kepada  mahasiswa menyusun Rencana Perbaikan Pembelajaran II sesuai hasil analisis yang telah dilakukan bersama dan  melaksanakan Perbaikan Pembelajaran Siklus II disertai dengan observasi atau pengamatan  dan refleksi yang dilakukan oleh/dengan teman sejawat. 
-
100 menit
4.
Penutup

·       Tutor menyampaikan perlunya pengumpulan hasil observasi dan refleksi dari pelaksanaan Perbaikan Pembelajaran Siklus II  Mata Pelajaran Non eksakta pada tutorial berikutnya
·       Penyepakatan pokok bahasan dalam tutorial berikutnya  
 -
5 menit






SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL (SAT)

Tutorial                                    : Ke 6
Kode/Nama Matakuliah          : PDGK 4501 / Kemantapan Kemampuan Profesional (PKP)
SKS                                         : 4 SKS
Nama Tutor                             : Drs. A.Rosyid Al Atok, M.Pd., MH.

Kompetensi Umum:
Setelah mengikuti tutorial matakuliah ini, diharapkan mahasiswa mempunyai kemampuan untuk merencanakan dan melaksanakan perbaikan pembelajaran serta menuliskan laporan hasil perbaikan pembelajarannya yang dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas.

Kompetensi Khusus:
Mahasiswa dapat memahami sistematika dan teknik  laporan hasil perbaikan pembelajaran

Pokok Bahasan           :  Laporan Perbaikan Pembelajaran
Sub Pokok Bahasan    :  a. Sistematikan Laporan Perbaikan Pembelajaran.
  b. Teknik Penyusunan Laporan Perbaikan Pembelajaran     

No.
Tahapan
Rincian Kegiatan
Media
Waktu
1.
Persiapan
Menyiapkan materi dengan membaca modul dan membuat rangkuman singkat
2.
Kegiatan Pendahuluan
·      Penjelasan mengenai tujuan, ruang lingkup pokok bahasan, relevansi, dan manfaat materi tutorial yang hendak dibahas.
·      Penyepakatan strategi dan metode pembahasan
-
10 menit
3.
Kegiatan Penyajian
·       Mahasiswa menyampaikan hasil observasi dan refleksi dari pelaksanaan Perbaikan Pembelajaran Siklus I & II  secara bergantian untuk mendapatkan tanggapan dari sesama mahasiswa
·       Tutor dan mahasiswa bersama-sama menganalisis dan membahas hasil observasi dan refleksi pelaksanaan Perbaikan Pembelajaran Siklus I & II dari masing-masing mahasiswa.
·       Tutor menugaskan kepada masing-masing mahasiswa untuk menyusun draf laporan hasil perbaikan pembelajaran yang telah dilakukan
-
100 menit
4.
Penutup

·       Tutor menyampaikan pokok bahasan pada tutorial berikutnya
 -
5 menit






             
                                   




SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL (SAT)

Tutorial                                    : Ke 7
Kode/Nama Matakuliah          : PDGK 4501 / Kemantapan Kemampuan Profesional (PKP)
SKS                                         : 4 SKS
Nama Tutor                             : Drs. A.Rosyid Al Atok, M.Pd., MH.

Kompetensi Umum:
Setelah mengikuti tutorial matakuliah ini, diharapkan mahasiswa mempunyai kemampuan untuk merencanakan dan melaksanakan perbaikan pembelajaran serta menuliskan laporan hasil perbaikan pembelajarannya yang dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas.

Kompetensi Khusus:
Mahasiswa dapat menyusun draft laporan hasil perbaikan pembelajaran

Pokok Bahasan            :  Penyusunan draft laporan perbaikan pembelajaran
Sub Pokok Bahasan    :  a.  Contoh penyusunan laporan perbaikan pembelajaran.
                                       b. Revisi draft laporan perbaikan pembelajaran
             
No.
Tahapan
Rincian Kegiatan
Media
Waktu
1.
Persiapan
Menyiapkan materi dengan membaca modul dan membuat rangkuman singkat
2.
Kegiatan Pendahuluan
·      Penjelasan mengenai tujuan, ruang lingkup pokok bahasan, relevansi, dan manfaat materi tutorial yang hendak dibahas.
·      Penyepakatan strategi dan metode pembahasan
-
10 menit
3.
Kegiatan Penyajian
·       Mahasiswa menyampaikan  draf  laporan hasil pelaksanaan Perbaikan Pembelajaran yang telah mereka susun
·       Tutor mengoreksi draf laporan hasil pelaksanaan Perbaikan Pembelajaran yang telah disusun oleh mahasiswa
·       Tutor meminta kepada masing-masing mahasiswa untuk merivisi atau memperbaiki draf laporan hasil pelaksanaan Perbaikan Pembelajaran yang telah ikoreksi oleh Tutor

-
100 menit
4.
Penutup

·       Tutor menyampaikan batas waktu pengumpulan Laporan Pelaksanaan Perbaikan Pembelajaran  satu minggu setelah selesai pelaksanaan tutorial
 -
5 menit











SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL (SAT)

Tutorial                                    : Ke 8
Kode/Nama Matakuliah          : PDGK 4501 / Kemantapan Kemampuan Profesional (PKP)
SKS                                         : 4 SKS
Nama Tutor                             : Drs. A.Rosyid Al Atok, M.Pd., MH.

Kompetensi Umum:
Setelah mengikuti tutorial matakuliah ini, diharapkan mahasiswa mempunyai kemampuan untuk merencanakan dan melaksanakan perbaikan pembelajaran serta menuliskan laporan hasil perbaikan pembelajarannya yang dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas.

Kompetensi Khusus:
Mahasiswa dapat menunjukkan hasil laporan perbaikan pembelajaran yang sudah selesai dibuat.

Pokok Bahasan            :  Pengumpulan laporan perbaikan pembelajaran
Sub Pokok Bahasan     : Pengumpulan laporan perbaikan pembelajaran

No.
Tahapan
Rincian Kegiatan
Media
Waktu
1.
Persiapan
Menyiapkan materi dengan membaca modul dan membuat rangkuman singkat
2.
Kegiatan Pendahuluan
·      Penjelasan mengenai tujuan, ruang lingkup pokok bahasan, relevansi, dan manfaat materi tutorial yang hendak dibahas.
·      Penyepakatan strategi dan metode pembahasan
-
10 menit
3.
Kegiatan Penyajian
·       Pengumpulan laporan hasil perbaikan pembelajaran
·       Pengecekan sistematika dan kelengkapan laporan hasil perbaikan pembelajaran
·       Penendatanganan naskah laporan perbaikan pembelajaran
·       Pengisian format tanda serah terima laporan perbaikan pembelajaran
·       Penandatanganan blangko serah terima naskah laporan perbaikan pembelajaran

-
100 menit
4.
Penutup

·       Penyampaian pesan dan kesan akhir tutorial.
 -
5 menit










Tidak ada komentar:

Posting Komentar