SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL (SAT)
Tutorial : Ke 1
Kode/Nama Matakuliah : PDGK 4501 / Pemantapan Kemampuan
Profesional (PKP)
SKS : 4 SKS
Nama Tutor :
Drs. A.Rosyid Al Atok, M.Pd., MH.
Kompetensi Umum:
Setelah mengikuti tutorial matakuliah ini, diharapkan
mahasiswa mempunyai kemampuan untuk merencanakan dan melaksanakan perbaikan
pembelajaran serta menuliskan laporan hasil perbaikan pembelajarannya yang
dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas.
Kompetensi Khusus:
Mahasiswa dapat menyusun
Rencana Pembelajaran dengan baik dan benar.
Pokok Bahasan : Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Pra
Siklus
Sub Pokok Bahasan :
a. Unsur-unsur Rencana Pembelajaran.
b. Penyusunan Rencana Pembelajaran yang baik
dan benar.
No.
|
Tahapan
|
Rincian Kegiatan
|
Media
|
Waktu
|
1.
|
Persiapan
|
Menyiapkan materi dengan membaca modul dan membuat rangkuman singkat
|
||
2.
|
Kegiatan Pendahuluan
|
· Penjelasan mengenai tujuan, ruang lingkup pokok
bahasan, relevansi, dan manfaat materi tutorial yang hendak dibahas.
· Penyepakatan strategi dan metode pembahasan
|
-
|
10 menit
|
3.
|
Kegiatan Penyajian
|
· Mahasiswa mempelajari Panduan PKP
· Tutor memberikan penjelasan kepada mahasiswa
tentang tahap-tahap pelaksanaan perbaikan pembelajaran yang harus dilakukan
oleh mahasiswa
· Tutor menugaskan kepada mahasiswa menyusun rencana dan melaksanakan
pembelajaran pra siklus untuk mata pelajaran eksakta dan non eksakta lengkap
disertai dengan observasi atau pengamatan yang dilakukan oleh taman sejawat
|
-
|
100 menit
|
4.
|
Penutup
|
·
Penyimpulan
hasil pembahasan dalam tutorial.
·
Penugasan
untuk tutorial berikutnya.
|
-
|
5 menit
|
SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL (SAT)
Tutorial : Ke 2
Kode/Nama Matakuliah : PDGK 4501 / Kemantapan Kemampuan
Profesional (PKP)
SKS : 4 SKS
Nama Tutor :
Drs. A.Rosyid Al Atok, M.Pd., MH.
Kompetensi Umum:
Setelah mengikuti tutorial matakuliah ini,
diharapkan mahasiswa mempunyai kemampuan untuk merencanakan dan melaksanakan
perbaikan pembelajaran serta menuliskan laporan hasil perbaikan pembelajarannya
yang dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas.
Kompetensi Khusus: Mahasiswa
dapat mengidentifikasi masalah-masalah pembelajaran
Pokok Bahasan : Permasalahan pembelajaran dalam kelas
Sub Pokok Bahasan : a. Pengertian
Masalah pembelajaran
b. Teknik Identifikasi Masalah
Pembelajaran
No.
|
Tahapan
|
Rincian Kegiatan
|
Media
|
Waktu
|
|
1.
|
Persiapan
|
Menyiapkan materi dengan membaca modul dan membuat rangkuman singkat
|
|||
2.
|
Kegiatan Pendahuluan
|
· Penjelasan mengenai tujuan, ruang lingkup pokok
bahasan, relevansi, dan manfaat materi tutorial yang hendak dibahas.
· Penyepakatan strategi dan metode pembahasan
|
-
|
10 menit
|
|
3.
|
Kegiatan Penyajian
|
· Tutor menjelaskan tentang hakekat permasalahan
pembelajaran yang dapat diselesaikan melalui PTK
· Mahasiswa menyampaikan hasil identifikasi
permasalahan pembelajaran dalam kelas yang diperoleh melalui observasi dalam
pelaksanaan pembelajaran pra siklus
· Tutor bersama mahasiswa menganalisis dan
merumuskan permasalahan pembelajaran yang akan dipecahkan dalam perbaikan
pembelajaran berikutnya
· Tutor menugaskan kepada mahasiswa menyusun Rencana Perbaikan Pembelajaran I
berdasarkan hasil analisis yang telah
dilakukan bersama.
|
-
|
100 menit
|
|
4.
|
Penutup
|
· Tutor menyampaikan perlunya pengumpulan Rencana
Perbaikan Pembelajaran I pada tutorial berikutnya
·
Penyepakatan
pokok bahasan dalam tutorial berikutnya
|
-
|
5 menit
|
|
SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL (SAT)
Tutorial : Ke 3
Kode/Nama Matakuliah : PDGK 4501 / Kemantapan Kemampuan
Profesional (PKP)
SKS : 4 SKS
Nama Tutor :
Drs. A.Rosyid Al Atok, M.Pd., MH.
Kompetensi Umum:
Setelah mengikuti tutorial matakuliah ini,
diharapkan mahasiswa mempunyai kemampuan untuk merencanakan dan melaksanakan
perbaikan pembelajaran serta menuliskan laporan hasil perbaikan pembelajarannya
yang dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas.
Kompetensi Khusus:
Mahasiswa dapat menyusun
rencana perbaikan pembelajaran
Pokok Bahasan : Rencana Perbaikan Pembelajaran
Sub Pokok Bahasan :
a. Hakekat PTK sebagai strategi
perbaikan pembelejaran
b. Teknik Penyusunan Rencana Perbaikan Pembalajaran
No.
|
Tahapan
|
Rincian Kegiatan
|
Media
|
Waktu
|
|
1.
|
Persiapan
|
Menyiapkan materi dengan membaca modul dan membuat rangkuman singkat
|
|||
2.
|
Kegiatan Pendahuluan
|
· Penjelasan mengenai tujuan, ruang lingkup pokok
bahasan, relevansi, dan manfaat materi tutorial yang hendak dibahas.
· Penyepakatan strategi dan metode pembahasan
|
-
|
10 menit
|
|
3.
|
Kegiatan Penyajian
|
· Mahasiswa menyampaikan hasil Penyusunan Rencana
Perbaikan Pembelajaran I secara bergantian untuk mendapatkan tanggapan dari
sesama mahasiswa
· Tutor memberikan koreksi dan penegasan terhadap
hasil penyusunan Rencana Perbaikan Pembelajaran I dari masing-masing
mahasiswa
· Tutor menugaskan kepada masing-masing mahasiswa
untuk melaksanakan Perbaikan Pembelajaran Siklus I sesuai dengan RPP I di
rempat tugasnya masing-masing disertai dengan observasi atau pengamatan dan refleksi yang dilakukan oleh/dengan
teman sejawat.
|
-
|
100 menit
|
|
4.
|
Penutup
|
· Tutor menyampaikan perlunya pengumpulan hasil
observasi dan refleksi dari pelaksanaan Perbaikan Pembelajaran Siklus I pada
tutorial berikutnya dan penyepakatan pokok bahasan dalam tutorial berikutnya
|
-
|
5 menit
|
|
SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL (SAT)
Tutorial : Ke 4
Kode/Nama Matakuliah : PDGK 4501 / Kemantapan Kemampuan
Profesional (PKP)
SKS : 4 SKS
Nama Tutor :
Drs. A.Rosyid Al Atok, M.Pd., MH.
Kompetensi Umum:
Setelah mengikuti tutorial matakuliah ini,
diharapkan mahasiswa mempunyai kemampuan untuk merencanakan dan melaksanakan
perbaikan pembelajaran serta menuliskan laporan hasil perbaikan pembelajarannya
yang dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas.
Kompetensi Khusus:
Mahssiwa dapat
melaksanakan perbaikan pembelajaran matapelajarn eksakta sesuai dengan rencana
perbaikan yang dibuat
Pokok Bahasan :
Praktek Perbaikan Pembelajaran
Sub Pokok Bahasan : Praktek
Perbaikan Pembelajaran Mata Pelajaran Eksakta.
No.
|
Tahapan
|
Rincian Kegiatan
|
Media
|
Waktu
|
|
1.
|
Persiapan
|
Menyiapkan materi dengan membaca modul dan membuat rangkuman singkat
|
|||
2.
|
Kegiatan Pendahuluan
|
· Penjelasan mengenai tujuan, ruang lingkup pokok
bahasan, relevansi, dan manfaat materi tutorial yang hendak dibahas.
· Penyepakatan strategi dan metode pembahasan
|
-
|
10 menit
|
|
3.
|
Kegiatan Penyajian
|
· Mahasiswa menyampaikan hasil observasi dan
refleksi dari pelaksanaan Perbaikan Pembelajaran Siklus I Matapelajaran
Eksakta.
· Tutor dan mahasiswa menganalisis hasil observasi dan refleksi pelaksanaan
Perbaikan Pembelajaran Siklus I untuk menentukan perbaikan yang perlu dilakukan
selanjutnya
· Tutor menugaskan kepada mahasiswa menyusun Rencana Perbaikan
Pembelajaran II sesuai hasil analisis yang telah dilakukan bersama dan melaksanakan Perbaikan Pembelajaran Siklus
II disertai dengan observasi atau pengamatan
dan refleksi yang dilakukan oleh/dengan teman sejawat.
|
-
|
100 menit
|
|
4.
|
Penutup
|
· Tutor menyampaikan perlunya pengumpulan hasil
observasi dan refleksi dari pelaksanaan Perbaikan Pembelajaran Siklus II Mata Pelajaran Eksakta pada tutorial
berikutnya
· Penyepakatan pokok bahasan dalam tutorial
berikutnya
|
-
|
5 menit
|
|
SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL (SAT)
Tutorial : Ke 5
Kode/Nama Matakuliah : PDGK 4501 / Kemantapan Kemampuan
Profesional (PKP)
SKS : 4 SKS
Nama Tutor :
Drs. A.Rosyid Al Atok, M.Pd., MH.
Kompetensi Umum:
Setelah mengikuti tutorial matakuliah ini,
diharapkan mahasiswa mempunyai kemampuan untuk merencanakan dan melaksanakan
perbaikan pembelajaran serta menuliskan laporan hasil perbaikan pembelajarannya
yang dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas.
Kompetensi Khusus:
Mahasiswa dapat
melaksanakan perbaikan pembelajaran mata pelajaran non eksakta sesuai dengan
rencana perbaikan yang dibuat
Pokok Bahasan :
Praktek Perbaikan Pembelajaran
Sub Pokok Bahasan : Praktek
Perbaikan Pembelajaran Mata Pelajaran Non Eksakta.
No.
|
Tahapan
|
Rincian Kegiatan
|
Media
|
Waktu
|
|
1.
|
Persiapan
|
Menyiapkan materi dengan membaca modul dan membuat rangkuman singkat
|
|||
2.
|
Kegiatan Pendahuluan
|
· Penjelasan mengenai tujuan, ruang lingkup pokok
bahasan, relevansi, dan manfaat materi tutorial yang hendak dibahas.
· Penyepakatan strategi dan metode pembahasan
|
-
|
10 menit
|
|
3.
|
Kegiatan Penyajian
|
· Mahasiswa menyampaikan hasil observasi dan
refleksi dari pelaksanaan Perbaikan Pembelajaran Siklus I Mata Pelajaran Non
Eksakta.
· Tutor dan mahasiswa menganalisis hasil observasi dan refleksi pelaksanaan
Perbaikan Pembelajaran Siklus I untuk menentukan perbaikan yang perlu dilakukan
selanjutnya
· Tutor menugaskan kepada mahasiswa menyusun Rencana Perbaikan
Pembelajaran II sesuai hasil analisis yang telah dilakukan bersama dan melaksanakan Perbaikan Pembelajaran Siklus
II disertai dengan observasi atau pengamatan
dan refleksi yang dilakukan oleh/dengan teman sejawat.
|
-
|
100 menit
|
|
4.
|
Penutup
|
· Tutor menyampaikan perlunya pengumpulan hasil
observasi dan refleksi dari pelaksanaan Perbaikan Pembelajaran Siklus II Mata Pelajaran Non eksakta pada tutorial berikutnya
· Penyepakatan pokok bahasan dalam tutorial
berikutnya
|
-
|
5 menit
|
|
SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL (SAT)
Tutorial : Ke 6
Kode/Nama Matakuliah : PDGK 4501 / Kemantapan Kemampuan
Profesional (PKP)
SKS : 4 SKS
Nama Tutor :
Drs. A.Rosyid Al Atok, M.Pd., MH.
Kompetensi Umum:
Setelah mengikuti tutorial matakuliah ini,
diharapkan mahasiswa mempunyai kemampuan untuk merencanakan dan melaksanakan
perbaikan pembelajaran serta menuliskan laporan hasil perbaikan pembelajarannya
yang dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas.
Kompetensi Khusus:
Mahasiswa dapat memahami
sistematika dan teknik laporan hasil
perbaikan pembelajaran
Pokok Bahasan : Laporan Perbaikan Pembelajaran
Sub Pokok Bahasan : a. Sistematikan Laporan Perbaikan
Pembelajaran.
b. Teknik
Penyusunan Laporan Perbaikan Pembelajaran
No.
|
Tahapan
|
Rincian Kegiatan
|
Media
|
Waktu
|
|
1.
|
Persiapan
|
Menyiapkan materi dengan membaca modul dan membuat rangkuman singkat
|
|||
2.
|
Kegiatan Pendahuluan
|
· Penjelasan mengenai tujuan, ruang lingkup pokok
bahasan, relevansi, dan manfaat materi tutorial yang hendak dibahas.
· Penyepakatan strategi dan metode pembahasan
|
-
|
10 menit
|
|
3.
|
Kegiatan Penyajian
|
· Mahasiswa menyampaikan hasil observasi dan
refleksi dari pelaksanaan Perbaikan Pembelajaran Siklus I & II secara bergantian untuk mendapatkan
tanggapan dari sesama mahasiswa
· Tutor dan mahasiswa bersama-sama menganalisis
dan membahas hasil observasi dan refleksi pelaksanaan Perbaikan Pembelajaran
Siklus I & II dari masing-masing mahasiswa.
· Tutor menugaskan kepada masing-masing mahasiswa
untuk menyusun draf laporan hasil perbaikan pembelajaran yang telah dilakukan
|
-
|
100 menit
|
|
4.
|
Penutup
|
· Tutor menyampaikan pokok bahasan pada tutorial
berikutnya
|
-
|
5 menit
|
|
SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL (SAT)
Tutorial : Ke 7
Kode/Nama Matakuliah : PDGK 4501 / Kemantapan Kemampuan
Profesional (PKP)
SKS : 4 SKS
Nama Tutor :
Drs. A.Rosyid Al Atok, M.Pd., MH.
Kompetensi Umum:
Setelah mengikuti tutorial matakuliah ini,
diharapkan mahasiswa mempunyai kemampuan untuk merencanakan dan melaksanakan
perbaikan pembelajaran serta menuliskan laporan hasil perbaikan pembelajarannya
yang dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas.
Kompetensi Khusus:
Mahasiswa dapat menyusun
draft laporan hasil perbaikan pembelajaran
Pokok Bahasan
: Penyusunan draft laporan perbaikan
pembelajaran
Sub Pokok Bahasan : a.
Contoh penyusunan laporan perbaikan
pembelajaran.
b. Revisi
draft laporan perbaikan pembelajaran
No.
|
Tahapan
|
Rincian Kegiatan
|
Media
|
Waktu
|
|
1.
|
Persiapan
|
Menyiapkan materi dengan membaca modul dan membuat rangkuman singkat
|
|||
2.
|
Kegiatan Pendahuluan
|
· Penjelasan mengenai tujuan, ruang lingkup pokok
bahasan, relevansi, dan manfaat materi tutorial yang hendak dibahas.
· Penyepakatan strategi dan metode pembahasan
|
-
|
10 menit
|
|
3.
|
Kegiatan Penyajian
|
· Mahasiswa menyampaikan draf
laporan hasil pelaksanaan Perbaikan Pembelajaran yang telah mereka
susun
· Tutor mengoreksi draf laporan hasil pelaksanaan
Perbaikan Pembelajaran yang telah disusun oleh mahasiswa
· Tutor meminta kepada masing-masing mahasiswa
untuk merivisi atau memperbaiki draf laporan hasil pelaksanaan Perbaikan
Pembelajaran yang telah ikoreksi oleh Tutor
|
-
|
100 menit
|
|
4.
|
Penutup
|
· Tutor menyampaikan batas waktu pengumpulan
Laporan Pelaksanaan Perbaikan Pembelajaran
satu minggu setelah selesai pelaksanaan tutorial
|
-
|
5 menit
|
|
SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL (SAT)
Tutorial : Ke 8
Kode/Nama Matakuliah : PDGK 4501 / Kemantapan Kemampuan
Profesional (PKP)
SKS : 4 SKS
Nama Tutor :
Drs. A.Rosyid Al Atok, M.Pd., MH.
Kompetensi Umum:
Setelah mengikuti tutorial matakuliah ini,
diharapkan mahasiswa mempunyai kemampuan untuk merencanakan dan melaksanakan
perbaikan pembelajaran serta menuliskan laporan hasil perbaikan pembelajarannya
yang dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas.
Kompetensi Khusus:
Mahasiswa dapat menunjukkan hasil laporan perbaikan pembelajaran yang sudah
selesai dibuat.
Pokok Bahasan :
Pengumpulan laporan perbaikan pembelajaran
Sub Pokok Bahasan
: Pengumpulan laporan perbaikan pembelajaran
No.
|
Tahapan
|
Rincian Kegiatan
|
Media
|
Waktu
|
|
1.
|
Persiapan
|
Menyiapkan materi dengan membaca modul dan membuat rangkuman singkat
|
|||
2.
|
Kegiatan Pendahuluan
|
· Penjelasan mengenai tujuan, ruang lingkup pokok
bahasan, relevansi, dan manfaat materi tutorial yang hendak dibahas.
· Penyepakatan strategi dan metode pembahasan
|
-
|
10 menit
|
|
3.
|
Kegiatan Penyajian
|
· Pengumpulan laporan hasil perbaikan pembelajaran
· Pengecekan sistematika dan kelengkapan laporan
hasil perbaikan pembelajaran
· Penendatanganan naskah laporan perbaikan
pembelajaran
· Pengisian format tanda serah terima laporan
perbaikan pembelajaran
· Penandatanganan blangko serah terima naskah
laporan perbaikan pembelajaran
|
-
|
100 menit
|
|
4.
|
Penutup
|
· Penyampaian pesan dan kesan akhir tutorial.
|
-
|
5 menit
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar