Jumat, 04 Maret 2016

RPP IPA Fisika SMP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan                :  ...........
Mata Pelajaran                      :  IPA Fisika
Kelas/Semester                     :  .............
Setandar Kompetensi            : 3. Memahami wujud zat dan perubahannya

Kompetensi dasar                 : 3.2  Mendeskripsikan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari
Indikator                               :
1.       Menemukan  mengukur massa jenis zat cair
2.       Melaksanakan strategi pengukuran massa jenis zat cair
Alokasi Waktu                       : 1x60 menit

A.      Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui diskusi siswa dapat menemukan cara mengukur massa jenis zat cair
2.      Melalui kegiatan kelompok, siswa dapat melaksanakan cara yang telah ditemukan untuk mengukur massa jenis zat cair
3.      Melalui diskusi  siswa dapat menemukan cara lain untuk mengukur massa jenis zat cair.

B.      Materi Pembelajaran

Untuk mengetahui massa jenis suatu zat, maka harus diukur volume zat cair dan ditimbang massa zat cair tersebut.
Pada umumnya untuk mengetahui massa zat cair adalah dengan cara menimbang massa zat cair dengan gelas dan menimbang massa gelas kosong. Dengan cara ini  maka massa zat cair dapat dihitung dengan cara :

massa zat cair   = massa (zat cair + gelas)   - massa (gelas kosong)

 Setelah diketahui massa dan volume zat cair, maka besaran tersebut langsung dimasukkan ke rumus:
ρ zat cair  =  massa zat cair  /  volume zat cair

Beberapa cara lain:
1.         Mengukur massa jenis zat cair dengan alat ukur massa jenis zat cair (Hidrometer)
2.         Mengukur zat cair tanpa mengukur massa gelas penampung zat cair

C.      Metode pembelajaran
Metode          :  - Diskusi
                       - Eksperimen
Model            : - TPS ( Think, Pair, Share )
















D.      Langkah-langkah kegiatan
Kegiatan Pelajaran
Bantuan/Prediksi Respon Siswa
a.
Diusahakan jawaban yang muncul pada siswa:
Cara mengukur massa jenis zat cair:
1.     Mengukur volume zat cair dengan gelas ukur (Vzat cair)
2.     Menimbang gelas ukur yang berisi zat cair (m zc +gls)
3.     Menimbang massa gelas ukur kosong (m gls)
4.       m zat cair = m zc – m gls
5.     Massa jenis = V zc : m zc

 
Kegiatan Pendahuluan (2 menit)
Siswa mendengarkan cerita tentang kondisi di laut mati (daerah jerusalem) yang massa jenisnya lebih besar dari massa jenis manusia, akibatnya manusia tidak bisa tenggelam di laut mati.

b.Kegiatan Inti (33 menit)


Pikirkan “Bagaimana cara mengukur massa jenis zat cair? Jika tersedia gelas ukur dan neraca

 
 




Think
Siswa berpikir secara individu

Pair
Berbagi pendapat dengan teman sebangku

Berbagi pendapat dengan teman satu kelompok (4 siswa)

Share
Berbagi pendapat dengan kelompok lain dalam diskusi kelas








Kegiatan pengukuran massa jenis zat cair sesuai dengan strategi yang telah di sepakati kelompok
Hasil pengukuran dituliskan dalam table:

Tabel 1. Hasil pengukuran massa jenis zat cair
Kel
V zc
M zc+gls
M gls
M zc
ρ
1





2





3





4





5





6








Menganalisa hasil pengukuran kelompok di table






Pengambilan kesimpulan


Massa jenis zat cair yang kita ukur bersama bernilai ……. (nilai diambil dari rata-rata hasil seluruh kelompok)

 
 






(25 menit)
Pikirkan: Adakah cara lain mengukur massa jenis zat cair?, bagaimanakah jika mengukur massa jenis tanpa menimbang gelas kosong?”

Berpikir individu dan kelompok

Berbagi pendapat  antar kelompok dalam diskusi kelas dan melakukan kegiatan pengukuran oleh tiap kelompok



Presentasi hasil pengukuran massa dan perhitungan dengan menuliskan data hasil percobaan siswa:


Kel
M 100 ml
M 200 ml
M gls
ρ
1




2




3




4




5




6





 
 









Menganalisa table data hasil presentasi semua kelompok





Penarikan kesimpulan




Penutup:
· Mana yang lebih mudah cara 1 atau  2? Apakah hasilnya sama?
· Untuk apa kita mengukur massa jenis suatu zat?
· Bagaimana perasaanmu belajar hari  ini?


Guru bercerita dengan seksama







Guru menunjukkan gelas ukur dan neraca. Memastikan bahwa semua siswa dapat menggunakan alat tersebut







Memantau diskusi didalam kelompok


Arah diskusi: cara mengukur massa zat cair dan volume zat cair.
Menulis kesepakatan cara mengukur massa jenis zat cair yang dicapai dalam diskusi kelas.





Jika siswa kesulitan menggunakan alat ukur, guru menerangkan cara menggunakan:
1.    Gelas ukur dan cara membacanya
2.    Neraca massa dan cara membacanya
Memantau seluruh kelompok, jika ada kelompok yang cepat selesai maka di beri kesempatan kelompok tersebut untuk membantu kelompok lain

Membuat table untuk presentasi hasil pengukuran massa jenis dari seluruh kelompok di papan tulis

Memberi informasi: data tidak sama tidak apa-apa/manusiawi. Jika ada data yang mencurigakan bisa diangkat dalam diskusi kelas. Arah diskusi pada kemungkinan kesalahan yang dilakukan oleh kelompok











Jika diskusi antar kelompok macet maka guru memberi bantuan.
“Coba ukur massa gelas ukur yang berisi zat cair 50 ml, kemudian ukur lagi massa gelas ukur yang berisi 100 ml. Dari dua data tersebut, dapatkah kalian menemukan massa gelas ukur kosong,?”

 
Massa jenis zat cair yang kita ukur bersama bernilai …….

 
 










Membuat table II di papan tulis untuk presentasi hasil pengukuran kelompok









Mereview kesalahan yang telah dilakukan jika data yang dihasilkan terindikasi ganjil. Kesalahan kelompok dapat diatasi saat kelompok tersebut menuliskan data dan perhitungannya.

Penarikan kesimpulan diarahakan pada hasil rata-rata massa jenis dari semua kelompok dan membandingkannya dengan table I yang telah dibuat


Oval: 1Oval: 4Oval: 3Oval: 2PRAKIRAAN PENULISAN DI PAPAN TULIS OLEH GURU
Oval: 8Oval: 7Oval: 6
Bagaimana cara menemukan massa jenis zat cair tanpa menimbang gelas kosong?
 
Malang, 11 Nopember 2011
 








Tabel 1. Hasil pengukuran massa jenis cara I

Kel
V zc
M zc+gls
M gls
M zc
ρ
1





2





3





4




Kesimpulan: massa jenis zat cair adalah ……

 
5




Kesimpulan: massa jenis zat cair adalah ……

 
6





Oval: 5Oval: 9

 





E.       Sumber belajar
1.        Percobaan pengukuran massa jenis zat cair


F.       Penilaian hasil belajar
a.       Teknik penilaian
-       Observasi unjuk kerja selama percobaan
-       Obseservasi kemampuan diskusi, mengemukakan pendapat

b.       Bentuk instrumen
Kegiatan
Kelompok/siswa yang berhasil
Siswa dapat menemukan cara mengukur massa jenis zat cair

Siswa dapat melakukan pengukuran massa jenis zat cair

Siswa dapat menemukan cara lain untuk mengukur massa jenis zat cair

Siswa dapat mampu menemukakan pendapat, konsep dengan baik dan benar



     Malang, 11 Nopember 2011
                                                                                                                                   
                                                                                         Guru Model,

                                                                                                                   

                                                                                         M. MUCHLIS
                                                                                         NIP. 197009161999031006

Tidak ada komentar:

Posting Komentar