RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Satuan Pendidikan : ...........
Mata Pelajaran : IPA Fisika
Kelas/Semester : .............
Setandar Kompetensi :
3. Memahami wujud zat dan perubahannya
Kompetensi dasar : 3.2 Mendeskripsikan konsep massa jenis dalam kehidupan
sehari-hari
Indikator :
1.
Menemukan mengukur massa jenis zat cair
2.
Melaksanakan strategi
pengukuran massa jenis zat cair
Alokasi Waktu : 1x60 menit
A. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui diskusi siswa dapat menemukan cara mengukur massa
jenis zat cair
2. Melalui kegiatan kelompok, siswa dapat melaksanakan cara yang
telah ditemukan untuk mengukur massa jenis zat cair
3. Melalui diskusi siswa
dapat menemukan cara lain untuk mengukur massa jenis zat cair.
B. Materi Pembelajaran
Untuk
mengetahui massa jenis suatu zat, maka harus diukur volume zat cair dan ditimbang
massa zat cair tersebut.
Pada
umumnya untuk mengetahui massa zat cair adalah dengan cara menimbang massa zat
cair dengan gelas dan menimbang massa gelas kosong. Dengan cara ini maka massa zat cair dapat dihitung dengan cara
:
massa zat cair = massa
(zat cair + gelas) - massa (gelas
kosong)
Setelah diketahui massa dan volume zat cair, maka besaran tersebut
langsung dimasukkan ke rumus:
ρ zat cair = massa zat cair /
volume zat cair
Beberapa
cara lain:
1.
Mengukur massa jenis zat cair dengan alat
ukur massa jenis zat cair (Hidrometer)
2.
Mengukur zat cair tanpa mengukur massa
gelas penampung zat cair
C. Metode pembelajaran
Metode : - Diskusi
- Eksperimen
Model : - TPS
( Think, Pair, Share )
D. Langkah-langkah kegiatan
Kegiatan Pelajaran
|
Bantuan/Prediksi Respon Siswa
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
Siswa
mendengarkan cerita tentang kondisi di laut mati (daerah jerusalem) yang
massa jenisnya lebih besar dari massa jenis manusia, akibatnya manusia tidak
bisa tenggelam di laut mati.
b.Kegiatan Inti (33 menit)
Think
Siswa
berpikir secara individu
Pair
Berbagi
pendapat dengan teman sebangku
Berbagi
pendapat dengan teman satu kelompok (4 siswa)
Share
Berbagi pendapat dengan kelompok lain
dalam diskusi kelas
Kegiatan pengukuran massa jenis zat
cair sesuai dengan strategi yang telah di sepakati kelompok
Hasil pengukuran dituliskan dalam
table:
Tabel 1. Hasil pengukuran massa jenis
zat cair
Menganalisa hasil pengukuran kelompok
di table
Pengambilan kesimpulan
(25 menit)
Pikirkan: Adakah cara lain mengukur massa jenis zat cair?, bagaimanakah
jika mengukur massa jenis tanpa menimbang gelas kosong?”
Berpikir individu dan kelompok
Berbagi pendapat antar kelompok dalam diskusi kelas dan melakukan kegiatan pengukuran oleh
tiap kelompok
Presentasi hasil pengukuran massa dan
perhitungan dengan menuliskan data hasil percobaan siswa:
Menganalisa table data hasil presentasi
semua kelompok
Penarikan kesimpulan
Penutup:
· Mana yang lebih mudah cara 1 atau 2? Apakah hasilnya sama?
· Untuk apa kita mengukur massa jenis
suatu zat?
· Bagaimana perasaanmu belajar hari ini?
|
Guru bercerita
dengan seksama
Guru menunjukkan
gelas ukur dan neraca. Memastikan bahwa semua siswa dapat menggunakan alat
tersebut
Memantau diskusi
didalam kelompok
Arah diskusi:
cara mengukur massa zat cair dan volume zat cair.
Menulis kesepakatan
cara mengukur massa jenis zat cair yang dicapai dalam diskusi kelas.
Jika siswa kesulitan menggunakan alat
ukur, guru menerangkan cara menggunakan:
1. Gelas ukur dan cara membacanya
2. Neraca massa dan cara membacanya
Memantau seluruh kelompok, jika ada
kelompok yang cepat selesai maka di beri kesempatan kelompok tersebut untuk
membantu kelompok lain
Membuat table untuk presentasi hasil
pengukuran massa jenis dari seluruh kelompok di papan tulis
Memberi informasi: data tidak sama
tidak apa-apa/manusiawi. Jika ada data yang mencurigakan bisa diangkat dalam
diskusi kelas. Arah diskusi pada kemungkinan kesalahan yang dilakukan oleh
kelompok
Membuat table II
di papan tulis untuk presentasi hasil pengukuran kelompok
Mereview
kesalahan yang telah dilakukan jika data yang dihasilkan terindikasi ganjil. Kesalahan kelompok dapat diatasi saat
kelompok tersebut menuliskan data dan perhitungannya.
Penarikan
kesimpulan diarahakan pada hasil rata-rata massa jenis dari semua kelompok
dan membandingkannya dengan table I yang telah dibuat
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
PRAKIRAAN PENULISAN DI PAPAN TULIS OLEH GURU
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Tabel 1. Hasil
pengukuran massa jenis cara I
|
E. Sumber belajar
1.
Percobaan pengukuran massa jenis zat cair
F. Penilaian hasil belajar
a.
Teknik penilaian
-
Observasi unjuk kerja selama percobaan
-
Obseservasi kemampuan diskusi,
mengemukakan pendapat
b.
Bentuk instrumen
Kegiatan
|
Kelompok/siswa yang berhasil
|
Siswa dapat menemukan cara mengukur
massa jenis zat cair
|
|
Siswa dapat melakukan pengukuran massa
jenis zat cair
|
|
Siswa dapat menemukan cara lain untuk
mengukur massa jenis zat cair
|
|
Siswa dapat mampu menemukakan pendapat,
konsep dengan baik dan benar
|
|
Malang, 11 Nopember
2011
Guru Model,
M. MUCHLIS
NIP. 197009161999031006
Tidak ada komentar:
Posting Komentar