Minggu, 20 Maret 2016

Kunci Jawaban US IPS X 2011


BAB I

MEMAHAMI KEHIDUPAN SOSIAL MANUSIA

I.    Pilihan Ganda
1.     A
2.     D
3.     B
4.     A
5.     B
6.        C
7.        A
8.        A
9.        C
10.     B
11.     B
12.     C
13.     C
14.     A
15.     B
16.     E
17.     D
18.     C
19.     C
20.     B
II.   Uraian
1.   Komponen-komponen komunikasi
a.      Komunikator
b.     Komunikan
c.      Pesan
d.     Media
e.      Efek
2.   Interaksi sosial adalah kehidupan sosial yang secara nyata diterapkan dalam bentuk pergaulan seseorang dengan orang lain.
3.   Syarat terjadinya interaksi sosial.
a.      Kontak sosial adalah hubungan anatara satu pihak dengan pihak yang lain yang merupakan awal terjadinya interaksi sosial, dan masing-masing pihak saling bereaksi meski tidak harus bersentuhan secara fisik.
b.     Komunikasi sosial adalah proses penyampaian pesan dari pihak komunikator kepada pihak komunikan sehingga menimbulkan efek.
4.   Ciri-ciri interaksi
a.    terdapat kencenderungan interaksi berlangsung positif
b.   adanya komunikasi dan kontak sosial
c.    menghasilkan penyesuain diri bagi pelakunya
5.   Faktor interaksi sosial
a.      Imitasi.
b.     Sugesti.
c.      Identifikasi.
d.     Simpati.
e.      Empati
6.   Identifikasi merupakan upaya yang dilakukan seseorang untuk menjadi sama dengan orang yang ditirunya. Contoh, seorang adik meniru kakaknya dari cara berpakaian hingga cara berbicara.
7.   Meniru penampilan artis yang memakai pakaian minim, bertato banyak, atau pengguna narkoba (ikut memakai narkoba).
8.   Kontak sosial menurut terjadinya proses komunikasi.
a.      Kontak primer : Kontak yang terjadi pada saat awal komunikasi sosial itu berlangsung.
b.     Kontak sekunder: Apabila pesan dari komunikator disampaikan kepada komunikan melalui pihak ketiga atau media komunikasi.
9.     Sugesti adalah tindakan seseorang untuk memengaruhi orang lain agar menerima pandangan atau sikap yang dianutnya
10. Motivasi adalah dorongan, rangsangan, pengaruh, atau stimulus yang diberikan seseorang kepada orang lain sedemikian rupa sehingga orang yang diberi dorongan tersebut menuruti secara kritis dan rasional. Contoh, guru mendorong siswa agar rajin belajar.

UJI KOMPETENSI 1.2

I.    Pilihan Ganda
1.   A          6.   E          11. D          16. A          21. A
2.   B          7.   B          12. B          17. D          22. B
3.   E          8.   A          13. A          18. E          23. B
4.   D          9.   C          14. A          19. A          24. C
5.   C          10. A          15. D          20. E          25. B
II.   Uraian
1.   Sosialisasi adalah suatu proses seumur hidup yang berkenaan dengan individu yang mempelajari cara-cara hidup, norma, dan nilai sosial yang terdapat dalam kelompoknya agar dapat berkembang menjadi pribadi yang dapat diterima oleh kelompoknya              
2.   Tujuan sosialisasi
a.    Memberi pengetahuan dan keterampilan seseorang untuk melangsungkan kehidupannya di dalam masyarakat.
b.   Memberi kemampuan untuk berkomunikasi.
c.    Memberi rasa untuk mawas diri.
d.   Membiasakan individu dengan norma-norma yang ada dalam masyarakat.
      e.    Memberi sikap hidup untuk bergotong-royong.
3.   Proses sosialisasi terjadi jika individu melalui beberapa tahap antara lain:
a.      Tahap persiapan.
b.     Tahap meniru.
c.      Tahap siap bertindak.
d.     Tahap menerima norma kolektif
4.   Agen/media sosialisasi:
a.      Keluarga
b.     Teman bermain
c.      Sekolahan
d.     Media massa dan cetak elektronik
5.   Ciri-ciri sosialisasi partisipasif.
a.      Pemberian hukuman dan imbalan bersifat simbolis
b.     Adanya otonomi anak dalam pengambilan keputusan.
c.      Komunikasi verbal dan interaktif antara orang tua dan anak.
d.     Sosialisasi berpusat pada anak.
6.   Fungsi Nilai sosial.
a.      Sebagai faktor pendorong, berkaitan dengan nilai-nilai yang berhubungan dengan cita-cita atau harapan.
b.     Sebagai petunjuk arah dari cara berpikir, berperasaan, dan bertindak.
c.      Sebagai alat pengawas dengan daya tekan dan pengikat tertentu.
d.     Sebagai alat solidaritas kelompok/masyarakat





7.   Nilai dan norma sosial memiliki peranan penting dalam setiap masyarakat karena seperangkat nilai dan norma tersebut mengatur tata kehidupan setiap anggota masyarakat sebagai makhluk sosial sehingga tercapai suatu bentuk keteraturan yang berlandaskan pada sistem budaya masing-masing.
8.   Folkways adalah sebuah bentuk perbuatan yang dilakukan berulang-ulang dengan cara yang sama. Mores artinya aturan yang berlandaskan pada apa yang baik dan seharusnya menurut ajaran agama. filsafat, atau nilai kebudayaan. Keduanya berbeda, yaitu pelanggaran terhadap folkways akan dianggap “aneh” tetapi pelanggaran terhadap mores akan disebut “jahat”.
9.   Faktor pembentuk kepribadian:
a.      Faktor biologis.
b.     Faktor geografis.
c.      Faktor lingkungan sosiologi.
d.     Faktor kebudayaan yang berbeda-beda
10.                                           Fase pertama penting karena pada saat tersebutlah seorang anak mengenal diri sendiri yang dibantu oleh orang dewasa dan awal mengenal norma yang berlaku dalam masyarakat.

UJI KOMPETENSI 1.3

I.    Pilihan Ganda
1.   B          6.   E          11. C          16. A          21. B
2.   C          7.   A          12. E          17. E          22. C
3.   B          8.   E          13. D          18. A          23. D
4.   D          9.   B          14. C          19. B          24. A
5.   C          10. D          15. C          20. D          25. C
II.   Uraian
1.   Bentuk interaksi sosial
a.      Proses asosiatif
b.     Proses disosiatif
2. Kerja sama adalah suatu usaha bersama antara orang perorang/kelompok untuk mencapai usaha bersama.
3.   Faktor pendorong asimilasi sebagai berikut.
a.      Sikap dan kesediaan saling bertoleransi
b.     Sikap menghargai orang asing dan kebudayaannya.
c.      Adanya keseimbangan dalam kesempatan ekonomi
d.     Keterbukaan golongan penguasa
e.      Adanya kesamaan dalam berbagai unsur budaya
f.      Perkawinan campuran
g.      Adanya musuh bersama dari luar.
4.   Tujuan akomodasi antara lain mengurangi perbedaan pandangan, mencegah terjadinya kekerasan, dan mendorong terjadinya asimilasi.
5.   Interaksi primer adalah proses interaksi sosial yang berlangsung di lingkungan keluarga dan teman sebaya, melalui interaksi primer, anak dapat mengenal diri sendiri, orang tua, saudara, serta teman-temannya.
6.   Kooptasi adalah suatu proses penerimaan unsur-unsur baru dalam kepemimpinan atau pelaksanaan politik dalam suatu organisasi untuk menghindari kegoncangan dalam stabilitas organisasi yang bersangkutan.
7.   Ajudikasi adalah penyelesaian konflik dengan cara membawanya ke pengadilan. Segregasi adalah upaya untuk saling memisahkan dari dan saling menghindar di antara pihak-pihak yang bertikai dalam rangka mengurangi ketegangan dan menghilangkan konflik.
8.   Tindakan afektif yaitu tindakan yang dilakukan seseorang maupun kelompok orang berdasarkan perasaan atau emosi.
      Contoh, seorang ayah rela menceburkan diri ke sungai untuk menyelamatkan anaknya yang hampir tenggelam.
9.   Tindakan tradisional yaitu tindakan yang tidak memperhitungkan pertimbangan rasional tetapi mempertimbangkan adat istiadat.
      Contoh, masyarakat Desa Asri mengadakan tradisi sedekah bumi.
10. Konflik adalah suatu proses sosial antara dua pihak atau lebih, di mana pihak yang satu berusaha menyingkirkan pihak yang lainnya.
      Contohnya Konflik di Maluku

UJIAN TENGAH SEMESTER
I.    Pilihan Ganda
1.   C       6.   A       11. B       16. B       21. E       26. A
2.   D       7.   A       12. E       17. B       22. C       27. A
3.   A       8.   B       13. C       18. C       23. D       28. B
4.   E       9.   E       14. B       19. E       24. E       29. D
5.   B       10  C       15. B       20. E       25. D       30. D

II.   Uraian
1.   Interaksi soaial adalah hubungan timbal balik antara satu orang dengan orang lain yang saling memengaruhi baik secara langsung atau tidak langsung.
2.   Kontak sosial, komunikasi, dan tindakan sosial.
3.   Imitasi, identifikasi, sugesti, simpati, dan empati.
4.   Sosialisasi primer adalah sosialisasi dalam keluarga, sedangkan sosialisasi sekunder adalah sosialisasi dalam lingkungan masyarakat.
5.   Imitasi adalah proses sosial dengan meniru penampilan fisik orang yang dikagumi, sedangkan identifikasi adalah proses sosial dengan menyamakan diri dengan orang yang dikagumi
6.   Perselisihan antara satu pihak dengan pihak lain yang bertujuan saling manjatuhkan
7.   Konflik di Temanggung, di Banten konflik tersebut disebabkan oleh SARA
8.   Proses menyesuaikan diri dengan masyarakat.
9.   Ciri watak yang khas dan konsisten sebagai identitas seorang individu.
10. Keluarga, biologis, dan lingkungan

BAB II

PROSES KEBANGKITAN NASIONAL

UJI KOMPETENSI 2.1

I.    Pilihan Ganda
1.   B          6.   C          11. B          16. B          21. A
2.   B          7.   C          12. E          17. A          22. C
3.   E          8.   B          13. C          18. D          23. E
4.   E          9.   C          14. C          19. C          24. B
5.   D          10. B          15. E          20. E          25. D
II.   Uraian
1.   Faktor-faktor kedatangan bangsa Eropa ke dunia Timur:
a.      Keinginan mencari rempah-rempah dari sumberya.
b.     Menyebarkan agama Nasrani.
c.      Mencari kejayaan.
d.     Jatuhnya Konstantinopel ke tangan Turki.
e.      Adanya kemajuan di bidang navigasi yaitu diketemukannya kompas.
2.   Tokoh-tokoh bangsa Eropa yang datang ke dunia Timur:
a.    Bartholomeus Diaz
b.   Vasco de Gama
c.    Coulumbus
d.   Magelhaens
e.    Juan Sebastian del Cano

3.   Kolonialisme adalah sistem penguasaan terhadap wilayah negara lain yang ditekankan pada hasil tanah sebagai sumber kekayaan alam demi kejayaan negara-negara penjajah.
4.   Imperialisme adalah sistem penjajahan langsung dari suatu negara terhadap negara lain dengan cara menanamkan pengaruh pada semua bidang kehidupan di daerah/tujuan wilayah jajahan
5.   Perbedaan Imperialisme Kuno dan Modern:
a.    Imperialisme Kuno terjadi sebelum revolusi industri dan bertujuan untuk mencari rempah-rempah, mencari kejayaan, dan menyebarkan agama Nasrani.
b.   Imperialisme Modern terjadi sesudah revolusi industri dan bertujuan untuk mencari sumber daya alam sebagai bahan baku sekaligus daerah pemasaran.
6. Hak eksteerpasi adalah hak untuk menebang pohon rempah-rempah apabila dianggap over produksi.
7.   Sebab-sebab kemunduran VOC
a.      Para pegawai VOC banyak yang melakukan korupsi
b.     Semakin ketatnya persaingan dengan kongsi dagang dari negara Eropa lainnya.
c.      Wilayah jajahan terlalu luas, sehingga butuh biaya operasional sangat besar
d.     Besarnya biaya perang.
8.   Trias Van Deventer adalah sebagai berikut.
a.      Irigasi : program pengairan sawah petani dengan tujuan agar pendapatan petani meningkat.
b.     Edukasi : pemerintah membuka sekolah-sekolah untuk meningkatkan kecerdasan penduduk.
c.      Transmigrasi : upaya pemerataan penduduk dari Jawa ke pulau lain untuk mengurangi kepadatan penduduk dan mengirim tenaga kerja ke pulau luar Jawa.


9.   Usaha-usaha yang dilakukan Raffles untuk memajukan ilmu pengetahuan.
a.      Melakukan penelitian mengenai tumbuh-tumbuhan.
b.     Menulis buku yang berjudul History of Java
c.      Mendirikan Kebun Raya Bogor.
10. Usaha Daendels mempertahankan Pulau Jawa.
a.      Membangun jalan pos dari Anyer sampai Panarukan yang panjangnya kurang lebih 1.100 km.
b.     Melaksanakan sistem rodi
c.      Melaksanakan sistem perdagangan budak.
d.     Membangun armada laut untuk pertahanan di laut.

UJI KOMPETENSI 2.2

I.    Pilihan Ganda
1.   B          6.   C          11. D          16. C          21. D
2.   A          7.   B          12. A          17. B          22. C
3.   D          8.   C          13. D          18. B          23. D
4.   C          9.   A          14. B          19. B          24. E
5.   B          10. B          15. E          20. B          25. E
II.   Uraian
1.     Macam-macam gerakan pemuda yang bersifat kedaerahan antara lain Tri Koro Dharmo, Jong Sumatranen Bond, Jong Ambon, Jong Pasundan, Jong Celebes, dan Jong Borneo.
2.     Beberapa hal yang mendorong lahirnya kebangkitan nasional adalah sebagai berikut.
a.      Adanya politik etis
b.     Munculnya kaum terpelajar
c.      Penderitaan dan kesangsaraan rakyat
d.     Kenangan kejayaan masa lampau
e.      Kemenangan Jepang atas Rusia
f.      Masuknya paham asing ke Indonesia
3.     Tokoh-tokoh Parindra:
a.      dr. Sutomo
b.     Moh. Husni Thamrin
c.      Sukarjo Wiryopranoto
d.     K.R.M.H. Wuryaningrat
4.     Tujuan Kongres Pemuda I yaitu menyalurkan tujuan dari organisasi-organisasi pemuda yang ada dan mengikrarkan Sumpah Pemuda.
5.     Gerakan wanita yang pernah muncul antara lain kaoeteman Isteri, Sekolah Kartini, Putri Mardika, Kerdjinan Amal Setia, Keoetaman Isteri Minangkabau, Serekat Iboe Sumatra, Ina Tuna, dan Perkumpulan Istri Sedar.
6.     Asas Taman Siswa diwujudkan dalam sistem among sebagai berikut.
a.      Mewajibkan guru-guru sebagai pemimpin berdiri di belakang, memberi kesempatan pada anak didik untuk berjalan sendiri. Inilah yang disebut Tut Wuri Handayani.
b.     Guru berada di tengah-tengah dan dapat membangkitkan pikiran. Inilah yang disebut Ing Madya Mangun Karsa.
c.      Guru dapat memberi contoh bila berada di depan. Inilah yang disebut Ing Ngarso Sung Tulodho.
7.     Beberapa kendala yang dihadapi Budi Utomo.
a.      Pembatasan keanggotaan Budi Utomo hanya untuk masyarakat Jawa dan Madura
b.     Budi Utomo tidak mencampuri urusan politik sehingga banyak anggota yang mengundurkan diri.
8.     Tujuan Sumpah Pemuda
Menyatukan semangat pemuda-pemuda Indonesia dengan berikrar pemuda Indonesia mengaku bertumpah darah satu, Tanah Air Indonesia; berbangsa satu, Bangsa Indonesia dan berbahasa satu yaitu Bahasa Indonesia
9.     Tujuan didrikannya PPPKI adalah menanamkan semangat kerja sama antarperkumpulan pemuda Indonesia dalam arti luas.
10.  Kelemahan PPPKI adalah masih berkaitan dengan rasa kedaerahan yang masih kuat.

UJIAN AKHIR SEMESTER
I.    Pilihan Ganda
1.   D       6.   A       11. E       16. E       21. B       26. D
2.   C       7.   C       12. D       17. E       22. D       27. C
3.   B       8.   C       13. B       18. A       23. D       28. C
4.   D       9.   B       14. A       19. E       24. E       29. C
5.   C       10  E       15. E       20. D       25. B       30. D


II.   Uraian
1.     Syarat-syarat interaksi sosial
a.      Kontak sosial
b.     Komunikasi sosial
c.      Tindakan sosial
2.     Interaksi sosial adalah hubungan-hubungan sosial yang dinamis yang menyangkut hubungan antarorang perorang, antara kelompok-kelompok dengan kelompok-kelompok lain maupun antara kelompok manusia dengan individu.
3.     Imitasi adalah tindakan sosial meniru sikap, tindakan, tingkah laku, atau penampilan fisik seseorang secara berlebihan.
4.     Bentuk interaksi sosial dalam proses asosiatif
a.      Kerja sama
b.     Akomodasi
c.      Asimilasi
d.     Akulturasi
5.     Media sosialisasi dalam pembentukan kepribadian
a.      Keluarga inti dan diperluas
b.     Teman sepermainan
c.      Sekolah
d.     Media massa cetak maupun elektronik
6.     Faktor-faktor bangsa Eropa ke dunia Timur
a.      Keinginan mencari rempah-rempah dari sumbernya.
b.   Menyebarkan agama Nasrani.
c.    Mencari kejayaan
d.   Jatuhnya Konstantinopel ke tangan Turki
e.    Adanya kemajuan di bidang navigasi yaitu diketemukannya kompas
7.     Tokoh-tokoh bangsa Eropa yang melakukan perjalanan ke Timur
a.      Bartholomeus Diaz
b.     Vasco de Gama
c.      Coulumbus
d.     Magelhaens
e.      Juan Sebastian del Cano
8.     Imperialisme adalah sistem penjajah langsung dari suatu negara terhadap negara lain dengan cara menanamkan pengaruh pada semua bidang kehidupan di daerah/ tujuan wilayah jajahan
9.     Perbedaan imperialisme kuno dan modern:
Imperialisme kuno terjadi sebelum peristiwa revolusi industri dan bertujuan mencari rempah-rempah, kejayaan, dan menyebarkan agama Nasrani.
Imperialisme modern terjadi sesudah peristiwa revolusi industri dan tujuannya mencari sumber daya alam sebagai bahan baku industri dan mencari daerah pemasaran.
10. Hasil kongres pertama Budi Utomo.
a.      Budi Utomo tidak bergerak di bidang politik
b.     Kegiatan BU ditunjukkan pada bidang sosial budaya dan pendidikan
c.      Ruang gerak BU terbatas bagi Jawa dan Madura.
11. Asas kegiatan GAPI adalah sebagai berikut.
a.      Hak menentukan nasibnya sendiri
b.     Persekutuan nasional seluruh bangsa Indonesia berdasarkan demokrasi dalam bidang sosial, politik, dan ekonomi.
c.      Mengadakan kesatuan aksi seluruh pergerakan nasional.
12. Tujuan pendirian Muhammadiyah
a.      Memajukan pengajaran dan pendidikan berdasarkan agama islam
b.     Mengembangkan pengetahuan ilmu agama dan cara-cara hidup menurut peraturan agama Islam yang diselaraskan dalam kehidupan modern.
13. Tujuan PKI yaitu menyebarluaskan paham sosialis komunis dengan membangun perasaan-perasaan revolusioner bagi bangsa Indonesia,
14. Indische Partij (IP) dibubarkan Belanda karena bertujuan Indonesia Merdeka sehingga membahayakan Belanda.
15. Anggota PPPKI berasal dari PNI, PSI, Algemene Studi Club, BO, Pasundan, Serikat Sumatra, Kaum Betawi, Indonesische Studi Club, Serikat Madura, Tirtayasa, dan Serekat Celebes.



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar