BAB I
MEMAHAMI KEHIDUPAN SOSIAL MANUSIA
I. Pilihan
Ganda
1. A
2. D
3. B
4. A
5. B
|
6.
C
7.
A
8.
A
9.
C
10. B
|
11. B
12. C
13. C
14. A
15. B
|
16. E
17. D
18. C
19. C
20. B
|
II. Uraian
1. Komponen-komponen komunikasi
a.
Komunikator
b.
Komunikan
c.
Pesan
d.
Media
e.
Efek
2. Interaksi sosial adalah kehidupan
sosial yang secara nyata diterapkan dalam bentuk pergaulan seseorang dengan
orang lain.
3. Syarat terjadinya interaksi sosial.
a.
Kontak sosial
adalah hubungan anatara satu pihak dengan pihak yang lain yang merupakan awal
terjadinya interaksi sosial, dan masing-masing pihak saling bereaksi meski tidak harus
bersentuhan secara fisik.
b.
Komunikasi
sosial adalah proses penyampaian pesan dari pihak komunikator kepada pihak
komunikan sehingga menimbulkan efek.
4. Ciri-ciri interaksi
a. terdapat kencenderungan
interaksi berlangsung positif
b. adanya komunikasi dan kontak
sosial
c. menghasilkan penyesuain diri
bagi pelakunya
5. Faktor interaksi sosial
a.
Imitasi.
b.
Sugesti.
c.
Identifikasi.
d.
Simpati.
e.
Empati
6. Identifikasi merupakan upaya yang dilakukan seseorang untuk menjadi sama
dengan orang yang ditirunya. Contoh, seorang adik meniru kakaknya dari cara
berpakaian hingga cara berbicara.
7. Meniru penampilan artis yang memakai pakaian minim, bertato banyak, atau
pengguna narkoba (ikut memakai narkoba).
8. Kontak sosial menurut terjadinya proses komunikasi.
a.
Kontak primer :
Kontak yang terjadi pada saat awal komunikasi sosial itu berlangsung.
b.
Kontak sekunder:
Apabila pesan dari komunikator disampaikan kepada komunikan melalui pihak
ketiga atau media komunikasi.
9.
Sugesti adalah tindakan
seseorang untuk memengaruhi orang lain agar menerima pandangan atau sikap yang
dianutnya
10. Motivasi adalah dorongan, rangsangan, pengaruh,
atau stimulus yang diberikan seseorang kepada orang lain sedemikian rupa
sehingga orang yang diberi dorongan tersebut menuruti secara kritis dan
rasional. Contoh, guru mendorong siswa agar rajin belajar.
UJI KOMPETENSI 1.2
I. Pilihan Ganda
1. A 6. E 11. D 16. A 21. A
2. B 7. B 12. B 17. D 22. B
3. E 8. A 13. A 18. E 23. B
4. D 9. C 14. A 19. A 24. C
5. C 10. A 15. D 20. E 25. B
II. Uraian
1. Sosialisasi adalah suatu proses seumur hidup yang
berkenaan dengan individu yang mempelajari cara-cara hidup, norma, dan nilai
sosial yang terdapat dalam kelompoknya agar dapat berkembang menjadi pribadi
yang dapat diterima oleh kelompoknya
2. Tujuan sosialisasi
a. Memberi pengetahuan dan
keterampilan seseorang untuk melangsungkan kehidupannya di dalam masyarakat.
b. Memberi kemampuan untuk
berkomunikasi.
c. Memberi rasa untuk mawas diri.
d. Membiasakan individu dengan norma-norma
yang ada dalam masyarakat.
e. Memberi
sikap hidup untuk bergotong-royong.
3. Proses sosialisasi terjadi jika individu melalui beberapa tahap antara
lain:
a.
Tahap persiapan.
b.
Tahap meniru.
c.
Tahap siap bertindak.
d.
Tahap menerima norma kolektif
4. Agen/media sosialisasi:
a.
Keluarga
b.
Teman bermain
c.
Sekolahan
d.
Media massa dan cetak
elektronik
5. Ciri-ciri
sosialisasi partisipasif.
a.
Pemberian
hukuman dan imbalan bersifat simbolis
b.
Adanya otonomi
anak dalam pengambilan keputusan.
c.
Komunikasi
verbal dan interaktif antara orang tua dan anak.
d.
Sosialisasi
berpusat pada anak.
6. Fungsi
Nilai sosial.
a.
Sebagai faktor
pendorong, berkaitan dengan nilai-nilai yang
berhubungan dengan cita-cita atau harapan.
b.
Sebagai petunjuk arah dari cara berpikir, berperasaan, dan bertindak.
c.
Sebagai alat
pengawas dengan daya tekan dan pengikat tertentu.
d.
Sebagai alat
solidaritas kelompok/masyarakat
7. Nilai dan norma sosial memiliki peranan penting dalam setiap masyarakat
karena seperangkat nilai dan norma tersebut mengatur tata kehidupan setiap
anggota masyarakat sebagai makhluk sosial sehingga tercapai suatu bentuk
keteraturan yang berlandaskan pada sistem budaya masing-masing.
8. Folkways
adalah sebuah bentuk perbuatan yang dilakukan berulang-ulang dengan cara yang
sama. Mores artinya aturan yang berlandaskan pada apa yang baik dan seharusnya
menurut ajaran agama. filsafat, atau nilai kebudayaan. Keduanya berbeda, yaitu
pelanggaran terhadap folkways akan dianggap “aneh” tetapi pelanggaran terhadap
mores akan disebut “jahat”.
9. Faktor pembentuk kepribadian:
a.
Faktor biologis.
b.
Faktor geografis.
c.
Faktor lingkungan sosiologi.
d.
Faktor kebudayaan yang
berbeda-beda
10. Fase pertama penting karena pada saat tersebutlah
seorang anak mengenal diri sendiri yang dibantu oleh orang dewasa dan awal
mengenal norma yang berlaku dalam masyarakat.
UJI KOMPETENSI 1.3
I. Pilihan Ganda
1. B 6. E 11. C 16. A 21. B
2. C 7. A 12. E 17. E 22. C
3. B 8. E 13. D 18. A 23. D
4. D 9. B 14. C 19. B 24. A
5. C 10. D 15. C 20. D 25. C
II. Uraian
1. Bentuk
interaksi sosial
a.
Proses asosiatif
b.
Proses disosiatif
2. Kerja sama adalah suatu usaha bersama antara
orang perorang/kelompok untuk mencapai usaha bersama.
3. Faktor pendorong asimilasi sebagai berikut.
a.
Sikap dan
kesediaan saling bertoleransi
b.
Sikap menghargai
orang asing dan kebudayaannya.
c.
Adanya
keseimbangan dalam kesempatan ekonomi
d.
Keterbukaan
golongan penguasa
e.
Adanya kesamaan
dalam berbagai unsur budaya
f.
Perkawinan
campuran
g.
Adanya musuh
bersama dari luar.
4. Tujuan akomodasi antara lain mengurangi perbedaan pandangan, mencegah
terjadinya kekerasan, dan mendorong terjadinya asimilasi.
5. Interaksi primer adalah proses interaksi sosial yang berlangsung di
lingkungan keluarga dan teman sebaya, melalui interaksi primer, anak dapat
mengenal diri sendiri, orang tua, saudara, serta teman-temannya.
6. Kooptasi adalah suatu proses penerimaan unsur-unsur baru dalam kepemimpinan atau pelaksanaan politik
dalam suatu organisasi untuk menghindari kegoncangan dalam stabilitas
organisasi yang bersangkutan.
7. Ajudikasi adalah penyelesaian konflik dengan cara membawanya ke
pengadilan. Segregasi adalah upaya untuk saling memisahkan dari dan saling menghindar di
antara pihak-pihak yang bertikai dalam rangka mengurangi ketegangan dan
menghilangkan konflik.
8. Tindakan afektif yaitu tindakan yang dilakukan
seseorang maupun kelompok orang berdasarkan perasaan atau emosi.
Contoh, seorang ayah rela
menceburkan diri ke sungai untuk menyelamatkan anaknya yang hampir tenggelam.
9. Tindakan tradisional yaitu tindakan yang tidak
memperhitungkan pertimbangan rasional tetapi mempertimbangkan adat istiadat.
Contoh, masyarakat Desa Asri mengadakan tradisi sedekah bumi.
10. Konflik adalah suatu proses sosial antara dua pihak
atau lebih, di mana pihak yang satu berusaha menyingkirkan pihak yang lainnya.
Contohnya Konflik di Maluku
UJIAN TENGAH SEMESTER
I. Pilihan Ganda
1. C 6. A 11. B 16. B 21. E 26. A
2. D 7. A 12. E 17. B 22. C 27. A
3. A 8. B 13. C 18. C 23. D 28. B
4. E 9. E 14. B 19. E 24. E 29. D
5. B 10 C 15. B 20. E 25. D 30. D
II. Uraian
1. Interaksi
soaial adalah hubungan timbal balik antara satu orang dengan orang lain yang saling
memengaruhi baik secara langsung atau tidak langsung.
2. Kontak
sosial, komunikasi, dan tindakan sosial.
3. Imitasi,
identifikasi, sugesti, simpati, dan empati.
4. Sosialisasi
primer adalah sosialisasi dalam keluarga, sedangkan sosialisasi sekunder adalah
sosialisasi dalam lingkungan masyarakat.
5. Imitasi
adalah proses sosial dengan meniru penampilan fisik orang yang dikagumi,
sedangkan identifikasi adalah proses sosial dengan menyamakan diri dengan orang
yang dikagumi
6. Perselisihan
antara satu pihak dengan pihak lain yang bertujuan saling manjatuhkan
7. Konflik
di Temanggung, di Banten konflik tersebut disebabkan oleh SARA
8. Proses
menyesuaikan diri dengan masyarakat.
9. Ciri
watak yang khas dan konsisten sebagai identitas seorang individu.
10. Keluarga,
biologis, dan lingkungan
BAB II
PROSES KEBANGKITAN NASIONAL
UJI KOMPETENSI 2.1
I. Pilihan Ganda
1. B 6. C 11. B 16. B 21. A
2. B 7. C 12. E 17. A 22. C
3. E 8. B 13. C 18. D 23. E
4. E 9. C 14. C 19. C 24. B
5. D 10. B 15. E 20. E 25. D
II. Uraian
1. Faktor-faktor kedatangan bangsa
Eropa ke dunia Timur:
a.
Keinginan mencari
rempah-rempah dari sumberya.
b.
Menyebarkan agama Nasrani.
c.
Mencari kejayaan.
d.
Jatuhnya Konstantinopel ke
tangan Turki.
e.
Adanya kemajuan di bidang
navigasi yaitu diketemukannya kompas.
2. Tokoh-tokoh bangsa Eropa yang
datang ke dunia Timur:
a. Bartholomeus
Diaz
b. Vasco de
Gama
c. Coulumbus
d. Magelhaens
e. Juan
Sebastian del Cano
3. Kolonialisme
adalah sistem penguasaan terhadap wilayah negara lain yang ditekankan pada
hasil tanah sebagai sumber kekayaan alam demi kejayaan negara-negara penjajah.
4. Imperialisme
adalah sistem penjajahan langsung dari suatu negara terhadap negara lain dengan
cara menanamkan pengaruh pada semua bidang kehidupan di daerah/tujuan wilayah
jajahan
5. Perbedaan
Imperialisme Kuno dan Modern:
a. Imperialisme Kuno terjadi sebelum revolusi industri dan bertujuan
untuk mencari rempah-rempah, mencari kejayaan, dan menyebarkan agama Nasrani.
b. Imperialisme Modern terjadi sesudah revolusi industri dan bertujuan
untuk mencari sumber daya alam sebagai bahan baku sekaligus daerah pemasaran.
6. Hak eksteerpasi adalah hak untuk menebang pohon rempah-rempah apabila
dianggap over produksi.
7. Sebab-sebab kemunduran VOC
a.
Para pegawai VOC
banyak yang melakukan korupsi
b.
Semakin ketatnya
persaingan dengan kongsi dagang dari negara Eropa lainnya.
c.
Wilayah jajahan
terlalu luas, sehingga butuh biaya operasional sangat besar
d.
Besarnya biaya
perang.
8. Trias Van Deventer adalah sebagai berikut.
a.
Irigasi :
program pengairan sawah petani dengan tujuan agar pendapatan petani meningkat.
b.
Edukasi :
pemerintah membuka sekolah-sekolah untuk meningkatkan kecerdasan penduduk.
c.
Transmigrasi :
upaya pemerataan penduduk dari Jawa ke pulau lain untuk mengurangi kepadatan penduduk dan
mengirim tenaga kerja ke pulau luar Jawa.
9. Usaha-usaha yang dilakukan Raffles untuk memajukan
ilmu pengetahuan.
a.
Melakukan
penelitian mengenai tumbuh-tumbuhan.
b.
Menulis buku
yang berjudul History of Java
c.
Mendirikan Kebun
Raya Bogor.
10. Usaha Daendels mempertahankan Pulau Jawa.
a.
Membangun jalan
pos dari Anyer sampai Panarukan yang panjangnya kurang lebih 1.100 km.
b.
Melaksanakan
sistem rodi
c.
Melaksanakan
sistem perdagangan budak.
d.
Membangun armada
laut untuk pertahanan di laut.
UJI KOMPETENSI 2.2
I. Pilihan Ganda
1. B 6. C 11. D 16. C 21. D
2. A 7. B 12. A 17. B 22. C
3. D 8. C 13. D 18. B 23. D
4. C 9. A 14. B 19. B 24. E
5. B 10. B 15. E 20. B 25. E
II. Uraian
1.
Macam-macam gerakan pemuda yang bersifat kedaerahan antara lain Tri Koro
Dharmo, Jong Sumatranen Bond, Jong Ambon, Jong Pasundan, Jong Celebes, dan Jong Borneo.
2.
Beberapa hal
yang mendorong lahirnya kebangkitan nasional adalah sebagai berikut.
a.
Adanya politik
etis
b.
Munculnya kaum terpelajar
c.
Penderitaan dan
kesangsaraan rakyat
d.
Kenangan
kejayaan masa lampau
e.
Kemenangan
Jepang atas Rusia
f.
Masuknya paham
asing ke Indonesia
3.
Tokoh-tokoh Parindra:
a.
dr. Sutomo
b.
Moh. Husni Thamrin
c.
Sukarjo Wiryopranoto
d.
K.R.M.H. Wuryaningrat
4.
Tujuan Kongres Pemuda I yaitu
menyalurkan tujuan dari organisasi-organisasi pemuda yang ada dan mengikrarkan
Sumpah Pemuda.
5.
Gerakan wanita
yang pernah muncul antara lain kaoeteman Isteri, Sekolah Kartini, Putri
Mardika, Kerdjinan Amal Setia, Keoetaman Isteri Minangkabau, Serekat Iboe
Sumatra, Ina Tuna, dan Perkumpulan Istri Sedar.
6.
Asas Taman Siswa
diwujudkan dalam sistem among sebagai
berikut.
a.
Mewajibkan
guru-guru sebagai pemimpin berdiri di belakang, memberi kesempatan pada anak didik untuk berjalan sendiri.
Inilah yang disebut Tut Wuri Handayani.
b.
Guru berada di
tengah-tengah dan dapat membangkitkan pikiran. Inilah yang disebut Ing Madya Mangun Karsa.
c.
Guru dapat
memberi contoh bila berada di depan. Inilah yang disebut Ing Ngarso Sung Tulodho.
7.
Beberapa kendala
yang dihadapi Budi Utomo.
a.
Pembatasan
keanggotaan Budi Utomo hanya untuk masyarakat Jawa dan Madura
b.
Budi Utomo tidak
mencampuri urusan politik sehingga banyak anggota yang mengundurkan diri.
8.
Tujuan Sumpah Pemuda
Menyatukan semangat pemuda-pemuda Indonesia dengan
berikrar pemuda Indonesia mengaku bertumpah darah satu, Tanah Air Indonesia;
berbangsa satu, Bangsa Indonesia dan berbahasa satu yaitu Bahasa Indonesia
9.
Tujuan didrikannya PPPKI
adalah menanamkan semangat kerja sama antarperkumpulan pemuda Indonesia dalam
arti luas.
10. Kelemahan PPPKI adalah masih berkaitan dengan rasa
kedaerahan yang masih kuat.
UJIAN AKHIR SEMESTER
I. Pilihan Ganda
1. D 6. A 11. E 16. E 21. B 26. D
2. C 7. C 12. D 17. E 22. D 27. C
3. B 8. C 13. B 18. A 23. D 28. C
4. D 9. B 14. A 19. E 24. E 29. C
5. C 10 E 15. E 20. D 25. B 30. D
II. Uraian
1.
Syarat-syarat interaksi sosial
a.
Kontak sosial
b.
Komunikasi sosial
c.
Tindakan sosial
2.
Interaksi sosial adalah
hubungan-hubungan sosial yang dinamis yang menyangkut hubungan antarorang
perorang, antara kelompok-kelompok dengan kelompok-kelompok lain maupun antara
kelompok manusia dengan individu.
3.
Imitasi adalah tindakan sosial
meniru sikap, tindakan, tingkah laku, atau penampilan fisik seseorang secara
berlebihan.
4.
Bentuk interaksi sosial dalam
proses asosiatif
a.
Kerja sama
b.
Akomodasi
c.
Asimilasi
d.
Akulturasi
5.
Media sosialisasi dalam
pembentukan kepribadian
a.
Keluarga inti dan diperluas
b.
Teman sepermainan
c.
Sekolah
d.
Media massa cetak maupun
elektronik
6.
Faktor-faktor bangsa Eropa ke
dunia Timur
a.
Keinginan mencari
rempah-rempah dari sumbernya.
b. Menyebarkan
agama Nasrani.
c. Mencari kejayaan
d. Jatuhnya Konstantinopel ke tangan Turki
e. Adanya kemajuan di bidang navigasi yaitu diketemukannya kompas
7.
Tokoh-tokoh bangsa Eropa yang
melakukan perjalanan ke Timur
a.
Bartholomeus Diaz
b.
Vasco de Gama
c.
Coulumbus
d.
Magelhaens
e.
Juan Sebastian del Cano
8.
Imperialisme adalah sistem
penjajah langsung dari suatu negara terhadap negara lain dengan cara menanamkan
pengaruh pada semua bidang kehidupan di daerah/ tujuan wilayah jajahan
9.
Perbedaan imperialisme kuno
dan modern:
Imperialisme kuno terjadi sebelum peristiwa
revolusi industri dan bertujuan mencari rempah-rempah, kejayaan, dan
menyebarkan agama Nasrani.
Imperialisme modern terjadi sesudah peristiwa
revolusi industri dan tujuannya mencari sumber daya alam sebagai bahan baku
industri dan mencari daerah pemasaran.
10. Hasil
kongres pertama Budi Utomo.
a.
Budi Utomo tidak
bergerak di bidang politik
b.
Kegiatan BU
ditunjukkan pada bidang sosial budaya dan pendidikan
c.
Ruang gerak BU
terbatas bagi Jawa dan Madura.
11. Asas kegiatan
GAPI adalah sebagai berikut.
a.
Hak menentukan
nasibnya sendiri
b.
Persekutuan
nasional seluruh bangsa Indonesia berdasarkan demokrasi dalam bidang sosial,
politik, dan ekonomi.
c.
Mengadakan
kesatuan aksi seluruh pergerakan nasional.
12. Tujuan
pendirian Muhammadiyah
a.
Memajukan
pengajaran dan pendidikan berdasarkan agama islam
b.
Mengembangkan
pengetahuan ilmu agama dan cara-cara hidup menurut peraturan agama Islam yang
diselaraskan dalam kehidupan modern.
13. Tujuan PKI
yaitu menyebarluaskan paham sosialis komunis dengan membangun perasaan-perasaan
revolusioner bagi bangsa Indonesia,
14. Indische Partij (IP) dibubarkan Belanda karena
bertujuan Indonesia Merdeka sehingga membahayakan Belanda.
15. Anggota PPPKI berasal
dari PNI, PSI, Algemene Studi Club, BO, Pasundan, Serikat Sumatra, Kaum Betawi,
Indonesische Studi Club, Serikat Madura, Tirtayasa, dan Serekat Celebes.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar