Kamis, 17 Maret 2016

Kunci Jawaban US IPA XII 2011


 BAB 1

UJI KOMPETENSI 1
A.    Pilihan Ganda
1.      B
2.      D
3.      C
4.      E
5.      A
6.      E
7.      A
8.      A
9.      C
10.    B
11.   D
12.   E
13.   E
14.   A
15.   C
16.   E
17.   E
18.   D
19.   B
20.   D
21.   A
22.   A
23.   A
24.   D
25.   E
26.   A
27.   D
28.   C
29.   A
30.   B

B.    Uraian
1.      -     Komunitas akuatik:                merupakan kelompok makhluk hidup yang hidup di air. Contoh: laut, danau, sungai, dan kolam.
         -     Komunitas terestrial: merupakan kelompok makhluk hidup di darat. Contoh: hutan, padang pasir, padang rumput.
2.       Ekosistem suksesi: ekosistem yang merupakan hasil suksesi lingkungan yang didahului oleh kerusakan.
3.       -     Contoh ekosistem alami: gurun pasir, hutan tropis, hutan gugur.
-     Contoh ekosistem buatan: kolam, waduk, sawah, ladang, dan taman.
-     Contoh ekosistem suksesi: suatu daerah tertimpa bencana gunung meletus hingga seluruh makhluk hidup yang menghuni punah. Setelah sekian lama, lingkungan itu akan menjadi ekosistem baru.
4.       -     Habitat: tempat hidup organisme
-       Nisia: peranan/pekerjaan organisme
5.       Dekomposer: organisme yang berperan menguraikan senyawa organik (makhluk hidup yang telah mati/sampah organik) menjadi senyawa anorganik yang lebih sederhana.
6.       Komponen ekosistem yang terdiri dari benda mati, seperti: tanah, air, udara, iklim, sinar matahari, suhu, dan kelembapan.
7.       -    Hewan
-       Tumbuhan
-       Manusia
-       Organisme
8.       a.    Autotrof:    tumbuhan yang mampu menyusun zat makanan sendiri.
b.                   Fotoautotrof :         organisme autotrof yang menggunakan energi matahari untuk memperoleh makanannya.
9.       Fotosintesis adalah proses pembentukan makanan pada tumbuhan dan organisme berklorofil dengan bantuan cahaya matahari.
Reaksi fotosintesis:
6CO2 + 6H2O  C6H12O6 + 6O2
10.  Fungsi glukosa bagi tumbuhan
a.    Memperbaiki bagian-bagian tubuh yang rusak
b.    Pembelahan sel
c.    Cadangan makanan, yaitu glukosa yang belum dipakai akan disimpan pada bagian-bagian tubuh tertentu, misalnya di batang (tebu), akar (singkong, ubi, talas, biji, dan buah).

BAB 2

UJI KOMPETENSI 2
A.    Pilihan Ganda
1.      A
2.      B
3.      A
4.      E
5.      A
6.      E
7.      B
8.      C
9.      A
10.    C
11.   D
12.   D
13.   E
14.   A
15.   D
16.   C
17.   A
18.   E
19.   A
20.   C
21.   A
22.   C
23.   A
24.   D
25.   D
26.   A
27.   B
28.   D
29.   B
30.   A
B.    Uraian
1.      -     piramida jumlah
         -     piramida biomassa
         -     piramida energi
2.       Setiap tubuh organisme, komponen terbesarnya adalah air. Oleh karena itu, semua organisme memerlukan air. Kekurangan air dalam jumlah tertentu dapat mengancam kelangsungan hidup organisme yang bersangkutan.
3.       -     netralisme
-             antibiosis
-             predatorisme
-             simbiosis
4.       -     kacang tanah dan bakteri Rhizobium
-     manusia dan bakteri Escherichia coli
-     jamur dan ganggang
5.       Proses fotosintesis
6.       Daur hidrologi adalah perpindahan air yang berkesinambungan dan menyebabkan keseimbangan jumlah air yang terdapat di lautan, daratan, dan atmosfer.
7.       Tumbuhan mengambil unsur nitrogen dalam bentuk nitrat atau NO3 dari dalam tanah. Di dalam tubuh tumbuhan, unsur N digunakan untuk membentuk protein nabati.
8.       Peristiwa makan dan dimakan dengan urutan dan arah tertentu.          
9.       a.   Darat : tumbuhan ® herbivora ® karnivora
Padi ® belalang ® tikus ® ular ® elang
b.   Laut   :  fitoplankton ® zooplankton ® karnivora
10.         Kutu kepala dan manusia
-    Cacing pita di usus manusia
-    Tumbuhan rafflesia









UJIAN TENGAH SEMESTER

A.    Pilihan Ganda
1.      C
2.      A
3.      D
4.      C
5.      D
6.      C
7.      D
8.      E
9.      E
10.    E
11.   A
12.   E
13.   A
14.   B
15.   A
16.   D
17.   C
18.   B
19.   E
20.   E
21.   A
22.   B
23.   A
24.   C
25.   C
26.   D
27.   D
28.   E
29.   E
30.   C

B.    Uraian
1.      Gravitasi bumi, cahaya matahari, dan tekanan udara.
2.      keadaan tinggi/rendahnya permukaan bumi pada suatu tempat.
3.      kemampuan ekosistem untuk pulih kembali ke keadaan seimbang.
4.      - fiksasi nitrogen
         - nitrifikasi
         - asimilasi
         - amonifikasi
         - denitrifikasi
5.      Perpindahan unsur karbon dari lingkungan ke dalam organisme dan kembali lagi ke lingkungan.
6.       Individu adalah makhluk hidup tunggal yang dapat hidup secara fisiologi yang merupakan satuan fungsional terkecil penyusun ekosistem.
Populasi adalah kumpulan individu sejenis (satu spesies) yang menempati suatu daerah tertentu.
7.       a.   Herbivora     :  pemakan tumbuhan
b.   Karnivora     :  pemakan daging
c.   Omnivora     :  pemakan segala
d.   Scavenger    :  pemakan bangkai
e.   Detritivor      :  pemakan serpihan-serpihan daun, batang atau potongan hewan.
8.       a.   Organisme autotrof
dapat membuat makanan sendiri
b.   Organisme heterotrof
tidak mampu menyusun zat anorganik menjadi zat organik sehingga harus mendapatkan makanannya dengan cara memakan organisme lain.
9.       Alelopati adalah hubungan atau interaksi antarorganisme, yang mana keberadaan satu organisme dapat menghambat pertumbuhan atau perkembangan organisme lainnya melalui pelepasan toksin atau racun.
10.     -    Cacing memakan daun-daunan yang telah mati di permukaan tanah.
-    Makanan yang telah dicerna dikeluarkan dalam bentuk kotoran yang kemudian dilahap oleh cendawan atau bakteri.

BAB 3

UJI KOMPETENSI 3
A.    Pilihan Ganda
1.      D
2.      A
3.      D
4.      B
5.      E
6.      B
7.      E
8.      D
9.      B
10.    A
11.   D
12.   A
13.   E
14.   C
15.   D
16.   B
17.   D
18.   B
19.   D
20.   D
21.   D
22.   B
23.   D
24.   A
25.   A
26.   A
27.   E
28.   A
29.   D
30.   B

B.    Uraian
1.      Akibat dari eksploitasi terjadi perubahan yang akan berakibat terhadap keseimbangan lingkungan, hal ini juga mengganggu keseimbangan manusia, maka manusia berusaha untuk balas budi terhadap lingkungan.
2.      -     melakukan reboisasi;
         -     pembuatan paru-paru kota;
         -     membuat sengkedan;
         -     mengadakan pemupukan secara teratur
3.      Karena cacing tanah adalah detritivor yang memakan serpihan bahan organik yang ada di dalam tanah. Ketika cacing tanah memakan bahan organik tersebut, tanah ikut tertelan, kotoran yang dikeluarkannya pun dapat menggemburkan dan menyuburkan tanah. Selain itu lewat jejak cacing tanah, membentuk rongga udara mempermudah oksigen masuk ke dalam tanah dan membantu tumbuhan untuk bernapas.
4.      Feroman ® zat kimia yang digunakan sebagai alat komunikasi hewan.
5.      -     Penicillium ® penghasil penisilin
         -     Streptomyces griceus ® penghasil streptomisin
         -                     Streptomyces venezuela ® penghasil kloromisin dan kloramphenicol
6.       Cara mengatasi pencemaran air
a.    Bahan buangan jangan mengotori air
b.    Bahan buangan dapat ditanam
c.    Mengubahnya menjadi bahan yang bermanfaat
d.   Pabrik harus punya bak penampung limbah industri
7.       a.   Tebang pilih
b.   Reboisasi
c.   Penangkapan musiman
d.   Penganekaragaman bahan pangan
8.       Cara pelestarian satwa langka
a.    Dibuat undang-undang perburuan yang memuat peraturan-peraturan berburu serta tindakan hukuman bagi pelanggar undang-undang.
b.    Membiakkan hewan-hewan langka yang hampir punah.
c.    Memindahkan hewan langka yang hampir punah ke habitat yang lebih cocok.
9.       -     Komodo di Flores
-    Banteng di Jawa dan Kalimantan
-    Anoa di Sulawesi Tengah
-    Badak di Ujung Kulon
-    Tapir di Sumatra
10.     a.   Memanfaatkan SDA yang dapat diperbaharui secara hati-hati dan efisien.
b.   Menggunakan bahan pengganti.
c.   Mendaur ulang.
d.   Melaksanakan etika lingkungan.
UJIAN AKHIR SEMESTER

A.    Pilihan Ganda
1.      A
2.      C
3.      B
4.      E
5.      E
6.      C
7.      E
8.      A
9.      D
10.    C
11.   A
12.   A
13.   C
14.   D
15.   B
16.   B
17.   C
18.   E
19.   C
20.   D
21.   C
22.   C
23.   A
24.   D
25.   C
26.   B
27.   C
28.   D
29.   D
30.   E

C.    Uraian
1.    Penyebab perubahan populasi:
a.    mortalitas (angka kematian)
b.    natalitas (angka kelahiran)
c.    imigrasi (kedatangan individu baru ke dalam batas tempat populasi)
d.   emigrasi (kepergian individu ke luar dari batas tempat populasi)
2.       -    Cacing memakan daun-daunan yang telah mati di permukaan tanah.
-    Makanan yang telah dicerna dikeluarkan dalam bentuk kotoran yang kemudian dilahap oleh cendawan atau bakteri.
3.       Piramida biomassa adalah piramida yang menggambarkan total biomassa yang terdapat pada tiap tingkat trofik. Piramida ini menunjukkan berat suatu tingkat trofik dalam ukuran gram pada suatu waktu.
4.       Predasi adalah hubungan atau interaksi antarorganisme yang mana satu organisme memakan organisme lainnya. Contoh: hubungan singa dengan zebra, kuda dengan rumput, dan ular dengan tikus.
5.       a.   Sacharomyces       :  pembuatan roti, anggur, dan bir
         b.   Lactobacillus resei  :  pembuatan yoghurt
         c.   Rhizopus oryzae     :  pembuatan tempe
         d.   Aspergillus wenti’i   :  pembuatan kecap
e.    Chlorella                 : sumber makanan bergizi tinggi
6.       -    Herbivora  : pemakan tumbuhan
-    Karnivora  : pemakan daging
-    Omnivora  : pemakan segala
-    Scavenger : pemakan bangkai
7.       a.  Sumber daya alam biotik
tumbuhan, hewan, dan mikroorganisme
b.      Sumber daya alam abiotik

air, mineral, tanah, udara, dan benda mati lainnya.
8.       Komponen yang terdiri dari benda mati, seperti: tanah, air, udara, iklim, sinar matahari, suhu, dan kelembapan.
9.       a.   Polusi tanah    :  disebabkan oleh buangan limbah rumah tangga.
b.   Polusi air         : disebabkan oleh pestisida, limbah industri, sisa deterjen.
c.   Polusi udara    :  disebabkan oleh asap kendaraan dan pabrik.
d.   Polusi suara    : disebabkan oleh suara bising.

10.     Fotoautotrof :  organisme autotrof yang menggunakan energi matahari untuk memperoleh makanannya.
Kemoautotrof                : organisme yang menggunakan energi kimia dalam penyusunan makanan.






Selesai!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar