KURIKULUM 2013
Kompetensi Dasar
Mata Pelajaran
PENDIDIKAN PANCASILA DANKEWARGANEGARAAN |
Untuk
Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI)
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN
PUSAT KURIKULUM DAN PERBUKUAN
TAHUN 2012
|
TAHUN 2012
KOMPETENSI DASAR
PENDIDIKAN
PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
SEKOLAH DASAR
KELAS I
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
|
Menerima keberagaman
karakteristik individu (agama, suku, fisik, psikis) sebagai anugerah Tuhan di
lingkungan rumah dan sekolah
|
|
Menerima kebersamaan
dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan
|
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, dan guru
|
Menerima perilaku baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan
percaya diri) dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan
moral Pancasila
|
|
Menerima sikap dan
perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah dan sekolah
|
|
Menerima sikap toleran
terhadap keberagaman karakteristik individu (agama, suku, fisik, psikis) di
rumah dan sekolah
|
|
Menerima perilaku
kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah
|
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
Mengenal simbol-simbol
sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” melalui lagu, gambar,
dan/atau permainan
|
|
Mengetahui tata tertib
dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
|
|
Mengetahui keberagaman
karateristik individu melalui pengamatan di rumah dan di sekolah
|
|
Mengetahui arti bersatu
dalam keberagaman melalui pengamatan di rumah dan sekolah
|
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia
|
Menceritakan salah satu
simbol sila Pancasila secara lisan
|
|
Menceritakan salah satu
kepatuhan terhadap kebiasaan, tata tertib, tradisi, dan adat dalam kehidupan
di sekolah, keluarga, dan masyarakat sekitar
|
|
Menceritakan pentingnya
kebersamaan dalam keberagaman di rumah
|
|
Menceritakan keberadaan
aneka ragam bangsa (bendera, produk, bahasa, dan ciri-ciri fisik) melalui
pengamatan dan permainan
|
KELAS II
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
|
Menerima keberagaman karakteristik individu
(agama, suku, fisik, psikis, hobby) sebagai anugerah Tuhan di lingkungan
rumah dan sekolah
|
|
Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan
|
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, dan guru
|
Menerima sikap dan
berperilaku baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih
sayang, dan percaya diri) di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila
|
|
Menerima perilaku patuh
pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
dan sekolah
|
|
Menerima sikap toleran
terhadap keberagaman karakteristik individu (agama, suku, fisik, psikis) di
rumah dan sekolah
|
|
Menerima perilaku
kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah
|
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
Mengenal simbol-simbol
sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” melalui lagu, gambar,
dan/atau permainan
|
|
Mengetahui tata tertib
dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
|
|
Mengetahui keberagaman
karakteristik individu melalui pengamatan di rumah dan di sekolah
|
|
Mengetahui arti bersatu
dalam keberagaman melalui pengamatan di rumah dan sekolah
|
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia
|
Menceritakan beberapa
simbol sila Pancasila secara lisan
|
|
Menceritakan beberapa
bentuk kepatuhan terhadap kebiasaan, tata tertib, tradisi, dan adat dalam
kehidupan di sekolah, keluarga, dan masyarakat sekitar
|
|
Menceritakan pentingnya
kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan di sekolah
|
|
Menceritakan keberadaan
aneka ragam bangsa (bendera, produk, bahasa, dan ciri-ciri fisik) melalui
pengamatan dan permainan
|
KELAS III
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
|
Menghargai
kebhinnekatunggalikaan dan keragaman (agama, suku bangsa pakaian tradisional,
bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat, sosial, dan ekonomi) di
lingkungan rumah, dan sekolah
|
|
Menghargai kebersamaan
dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan
|
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, dan guru
|
Menghargai sikap dan perilaku baik (jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri) dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan nilai dan
moral Pancasila
|
|
Menghargai perilaku patuh
pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
dan sekolah
|
|
Menghargai kerja sama dalam keberagaman di rumah
dan di sekolah
|
|
Menghargai hak dan kewajiban sebagai warga dalam
kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
|
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
Memahami simbol-simbol
sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” melalui lagu, gambar, cerita, dan/atau
permainan
|
|
Mengetahui hak dan
kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
melalui wacana atau pengamatan dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di
sekolah
|
|
Memahami dampak positif
keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah melalui tanya
jawab
|
|
Mengetahui arti bersatu
dalam keberagaman melalui pengamatan di rumah dan sekolah
|
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia
|
Menceritakan kelima
simbol sila Pancasila secara lisan dan membuat gambarnya
|
|
Menceritakan
bentuk-bentuk kepatuhan terhadap kebiasaan, tata tertib, tradisi, dan adat
dalam kehidupan di sekolah, keluarga, dan masyarakat sekitar
|
|
Menceritakan pentingnya
kebersamaan dalam keberagaman di rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar
|
|
Menceritakan keberadaan
aneka ragam bangsa (bendera, produk, bahasa, dan ciri-ciri fisik) melalui
pengamatan dan permainan secara lisan
|
KELAS IV
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya
|
Menghargai
kebhinnekatunggalikaan dan keragaman (agama, suku bangsa pakaian tradisional,
bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat, sosial, dan ekonomi) di
lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
|
|
Menghargai kebersamaan
dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan
|
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
serta cinta tanah air
|
Menghargai keteladanan
tokoh proklamator kemerdekaan RI dalam
kehidupan sehari-hari di lingkungan setempat sebagai
perwujudan nilai dan moral Pancasila
|
|
Menghargai hak dan
kewajiban di keluarga, sekolah dan masyarakat sekitar
|
|
Menghargai kerja sama dalam keberagaman di rumah
dan di sekolah
|
|
Menghargai tempat tinggal
dan lingkungannya sebagai bagian NKRI
(misal: empati terhadap kehidupan di sekitarnya)
|
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat
bermain
|
Memahami simbol-simbol
sila dan makna Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” melalui lagu, gambar, cerita kepahlawanan,
dan/atau permainan
|
|
Mengetahui hak dan
kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
melalui wacana atau pengamatan dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di
sekolah
|
|
Memahami dampak positif
keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah melalui tanya
jawab
|
|
Mengetahui arti bersatu
dalam keberagaman melalui pengamatan di rumah dan sekolah
|
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis,
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
|
Menceritakan kelima
simbol sila Pancasila serta menghubungkan satu sila dengan yang lainnyasecara
lisan dan membuat gambarnya
|
|
Menceritakan beberaoa
bentuk kepatuhan terhadap kebiasaan, tata tertib, tradisi, dan adat dalam
kehidupan di sekolah, keluarga, dan masyarakat sekitar – serta menceritakan
alasan dibutuhkannya kepatuhan tersebut secara lisan
|
|
Menceritakan
ciri-ciri suku bangsa (pakaian
tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat), sosial
ekonomi (pekerjaan) di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
|
|
Menceritakan keberadaan
aneka ragam bangsa (bendera, produk, bahasa, dan ciri-ciri fisik) melalui
pengamatan dan permainan secara lisan dan tulisan singkat
|
KELAS V
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya
|
Menunjukkan semangat kebhinnekatunggalikaan
dan keragaman (agama, suku bangsa pakaian tradisional, bahasa, rumah adat,
makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi) di lingkungan rumah, sekolah
dan masyarakat setempat
|
|
Menunjukkan kebersamaan
dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan
|
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
serta cinta tanah air
|
Menunjukkan tokoh dalam
peristiwa penting yang berperan dalam perjuangan menentang penjajah hingga
kemerdekaan republik Indonesia sebagai perwujudan
nilai dan moral Pancasila
|
|
Menunjukkan hak
dan kewajiban (bidang sosial, ekonomi, budaya, hukum) sebagai warganegara
dalam kehidupan sehari-hari sesuai UUD 1945
|
|
Menunjukkan
proses pengambilan keputusan atas dasar
musyawarah mufakat
|
|
Menunjukkan perilaku
berbudi pekerti dalam kehidupan di sekolah, keluarga, dan masyarakat sekitar
dan menunjukkan perilaku cinta tanah air
Indonesia dan bangga terhadap produk Indonesia
|
Memahami
pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat,
membaca] dan menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, di sekolah, dan tempat
bermain
|
Menerapkan makna simbol-simbol Pancasila dalam
kehidupan sehari-hari di rumah dan di
sekolah melalui lagu, gambar,
cerita kepahlawanan, dan/atau permainan
|
|
Menggunakan hak dan menjalankan kewajiban sebagai warga dalam
kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah melalui projek belajar
kewarganegaraan
|
|
Menerapkan keanekaragaman
sosial, budaya dan ekonomi dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
|
Menerapkan
nilai-nilai kesatuan pada masa kerajaan Hindu, Budha, dan Islam yang
diperoleh melalui bacaan atau pengamatan
|
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas,
sistematis, logis, dan kritis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
Menceritakan kelima
simbol sila Pancasila serta menghubungkan satu sila dengan lainnya secara
lisan dan tulisan singkat
|
|
Menceritakan
bentuk-bentuk kepatuhan terhadap kebiasaan, tata tertib, tradisi, dan adat
dalam kehidupan di sekolah, keluarga, dan masyarakat sekitar – serta
menceritakan alasan dibutuhkannya kepatuhan tersebut secara lisan dan tulisan
|
|
Menceritakan ciri-ciri
suku bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan
upacara adat), sosial ekonomi (pekerjaan) di lingkungan rumah, sekolah dan
masyarakat setempat
|
|
Menceritakan keberadaan
aneka ragam bangsa (bendera, produk, bahasa, dan ciri-ciri fisik) melalui
pengamatan dan permainan secara lisan dan tulisan panjang
|
KELAS VI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya
|
Menunjukkan semangat
kebhinnekatunggalikaan dan keragaman (agama, suku bangsa pakaian tradisional,
bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat, sosial, dan ekonomi) di
lingkungan rumah, sekolah, masyarakat dan bangsa
|
|
Menunjukkan kebersamaan
dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan
|
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
serta cinta tanah air
|
Menunjukkan perilaku rela
berkorban dalam keluarga, sekolah dan lingkungan sebagai
perwujudan nilai dan moral Pancasila
|
|
Menunjukkan perilaku
patuh terhadap kebiasaan, tata tertib, dan tradisi dalam kehidupan di
sekolah, keluarga, dan masyarakat sekitar sebagai warganegara dalam kehidupan
sehari-hari sesuai UUD 1945
|
|
Menunjukkan proses pengembilan keputusan atas dasar kesepakatan musyawarah mufakat
|
|
Menunjukkan sikap bangga
sebagai bangsa Indonesia
|
Memahami
pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat,
membaca] dan menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya
di rumah, di sekolah, dan tempat
bermain
|
Menerapkan moralitas yang terkandung dalam sila
Pancasila di rumah, sekolah, dan lingkungan masyarakat sekitar melalui lagu, gambar, cerita kepahlawanan dan
kejuangan, dan/atau permainan
|
|
Menggunakan hak dan menjalankan kewajiban sebagai warga dalam
kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar melalui
projek belajar kewarganegaraan
|
|
Menerapkan keanekaragaman
sosial, budaya dan ekonomi dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
|
Menerapkan nilai-nilai
kebangsaan, kesatuan, dan persatuan yang diperoleh melalui bacaan atau
pengamatan
|
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
|
Menceritakan kelima
simbol sila Pancasila serta menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari
secara lisan dan tulisan
|
|
Menceritakan
bentuk-bentuk kepatuhan terhadap kebiasaan, tata tertib, tradisi, dan adat
dalam kehidupan di sekolah, keluarga, dan masyarakat sekitar – serta
menceritakan alasan dibutuhkannya kepatuhan tersebut secara lisan dan tulisan
dalam kehidupan sehari-hari, dan akibat jika melanggarnya
|
|
Menceritakan ciri-ciri
suku bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan
upacara adat), sosial ekonomi (pekerjaan) di lingkungan rumah, sekolah, masyarakat
sekitar, dan bangsa
|
|
Menceritakan keberadaan
aneka ragam bangsa (bendera, produk, bahasa, dan ciri-ciri fisik) melalui
pengamatan dan permainan secara lisan dan tulisan dalam konteks kehidupan
sehari-hari
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar