Jumat, 04 Maret 2016

Kompetensi Dasar PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN K13



   
 
KURIKULUM 2013
                                                


Kompetensi Dasar




Mata Pelajaran

PENDIDIKAN PANCASILA DAN

KEWARGANEGARAAN

 




Untuk

 

Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI)
 










KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN
PUSAT KURIKULUM DAN PERBUKUAN
TAHUN 2012
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
TAHUN 2012

KOMPETENSI DASAR
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
SEKOLAH DASAR


KELAS I

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
Menerima keberagaman karakteristik individu (agama, suku, fisik, psikis) sebagai anugerah Tuhan di lingkungan rumah dan sekolah

Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
Menerima perilaku baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila


Menerima sikap dan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah


Menerima sikap toleran terhadap keberagaman karakteristik individu (agama, suku, fisik, psikis) di rumah dan sekolah

Menerima perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” melalui lagu, gambar, dan/atau permainan



Mengetahui tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah


Mengetahui keberagaman karateristik individu melalui pengamatan di rumah dan di sekolah

Mengetahui arti bersatu dalam keberagaman melalui pengamatan di rumah dan sekolah
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
Menceritakan salah satu simbol sila Pancasila secara lisan

Menceritakan salah satu kepatuhan terhadap kebiasaan, tata tertib, tradisi, dan adat dalam kehidupan di sekolah, keluarga, dan masyarakat sekitar

Menceritakan pentingnya kebersamaan dalam keberagaman di rumah

Menceritakan keberadaan aneka ragam bangsa (bendera, produk, bahasa, dan ciri-ciri fisik) melalui pengamatan dan permainan




KELAS II
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
Menerima keberagaman karakteristik individu (agama, suku, fisik, psikis, hobby) sebagai anugerah Tuhan di lingkungan rumah dan sekolah


Menerima kebersamaan  dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
Menerima sikap dan berperilaku baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya diri) di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila

Menerima perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah

Menerima sikap toleran terhadap keberagaman karakteristik individu (agama, suku, fisik, psikis) di rumah dan sekolah

Menerima perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah

Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” melalui lagu, gambar, dan/atau permainan


Mengetahui tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah


Mengetahui keberagaman karakteristik individu melalui pengamatan di rumah dan di sekolah

Mengetahui arti bersatu dalam keberagaman melalui pengamatan di rumah dan sekolah
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
Menceritakan beberapa simbol sila Pancasila secara lisan

Menceritakan beberapa bentuk kepatuhan terhadap kebiasaan, tata tertib, tradisi, dan adat dalam kehidupan di sekolah, keluarga, dan masyarakat sekitar

Menceritakan pentingnya kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan di sekolah

Menceritakan keberadaan aneka ragam bangsa (bendera, produk, bahasa, dan ciri-ciri fisik) melalui pengamatan dan permainan







KELAS III

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
Menghargai kebhinnekatunggalikaan dan keragaman (agama, suku bangsa pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat, sosial, dan ekonomi) di lingkungan rumah, dan sekolah


Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
Menghargai sikap dan perilaku baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila


Menghargai perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah

Menghargai kerja sama dalam keberagaman di rumah dan di sekolah


Menghargai hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
Memahami simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”  melalui lagu, gambar, cerita, dan/atau permainan



Mengetahui hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah melalui wacana atau pengamatan dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah

Memahami dampak positif keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah melalui tanya jawab


Mengetahui arti bersatu dalam keberagaman melalui pengamatan di rumah dan sekolah
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
Menceritakan kelima simbol sila Pancasila secara lisan dan membuat gambarnya

Menceritakan bentuk-bentuk kepatuhan terhadap kebiasaan, tata tertib, tradisi, dan adat dalam kehidupan di sekolah, keluarga, dan masyarakat sekitar

Menceritakan pentingnya kebersamaan dalam keberagaman di rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar

Menceritakan keberadaan aneka ragam bangsa (bendera, produk, bahasa, dan ciri-ciri fisik) melalui pengamatan dan permainan secara lisan






KELAS IV

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
Menghargai kebhinnekatunggalikaan dan keragaman (agama, suku bangsa pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat, sosial, dan ekonomi) di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar

Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air
Menghargai keteladanan tokoh  proklamator kemerdekaan RI dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan setempat sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila


Menghargai hak dan kewajiban di keluarga, sekolah dan masyarakat sekitar


Menghargai kerja sama dalam keberagaman di rumah dan di sekolah


Menghargai tempat tinggal dan  lingkungannya sebagai bagian NKRI (misal: empati terhadap kehidupan di sekitarnya)

Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain
Memahami simbol-simbol sila dan makna Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”  melalui lagu, gambar, cerita kepahlawanan, dan/atau permainan



Mengetahui hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah melalui wacana atau pengamatan dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah

Memahami dampak positif keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah melalui tanya jawab


Mengetahui arti bersatu dalam keberagaman melalui pengamatan di rumah dan sekolah
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
Menceritakan kelima simbol sila Pancasila serta menghubungkan satu sila dengan yang lainnyasecara lisan dan membuat gambarnya

Menceritakan beberaoa bentuk kepatuhan terhadap kebiasaan, tata tertib, tradisi, dan adat dalam kehidupan di sekolah, keluarga, dan masyarakat sekitar – serta menceritakan alasan dibutuhkannya kepatuhan tersebut secara lisan

Menceritakan ciri-ciri  suku bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat), sosial ekonomi (pekerjaan) di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar

Menceritakan keberadaan aneka ragam bangsa (bendera, produk, bahasa, dan ciri-ciri fisik) melalui pengamatan dan permainan secara lisan dan tulisan singkat


KELAS V

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
Menunjukkan semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman (agama, suku bangsa pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi) di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat setempat

Menunjukkan kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air
Menunjukkan tokoh dalam peristiwa penting yang berperan dalam perjuangan menentang penjajah hingga kemerdekaan republik Indonesia sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila


Menunjukkan hak dan kewajiban (bidang sosial, ekonomi, budaya, hukum) sebagai warganegara dalam kehidupan sehari-hari sesuai UUD 1945


Menunjukkan proses pengambilan keputusan atas dasar  musyawarah mufakat


Menunjukkan perilaku berbudi pekerti dalam kehidupan di sekolah, keluarga, dan masyarakat sekitar dan menunjukkan perilaku cinta tanah air  Indonesia dan bangga terhadap produk Indonesia 
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain
Menerapkan makna simbol-simbol Pancasila dalam kehidupan sehari-hari  di rumah dan di sekolah melalui lagu, gambar, cerita kepahlawanan, dan/atau permainan


Menggunakan hak dan menjalankan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah melalui projek belajar kewarganegaraan

Menerapkan keanekaragaman sosial, budaya dan ekonomi dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

Menerapkan nilai-nilai kesatuan pada masa kerajaan Hindu, Budha, dan Islam yang diperoleh melalui bacaan atau pengamatan
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
Menceritakan kelima simbol sila Pancasila serta menghubungkan satu sila dengan lainnya secara lisan dan tulisan singkat

Menceritakan bentuk-bentuk kepatuhan terhadap kebiasaan, tata tertib, tradisi, dan adat dalam kehidupan di sekolah, keluarga, dan masyarakat sekitar – serta menceritakan alasan dibutuhkannya kepatuhan tersebut secara lisan dan tulisan

Menceritakan ciri-ciri suku bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat), sosial ekonomi (pekerjaan) di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat setempat

Menceritakan keberadaan aneka ragam bangsa (bendera, produk, bahasa, dan ciri-ciri fisik) melalui pengamatan dan permainan secara lisan dan tulisan panjang



KELAS VI

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
Menunjukkan semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman (agama, suku bangsa pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat, sosial, dan ekonomi) di lingkungan rumah, sekolah, masyarakat dan bangsa

Menunjukkan kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air
Menunjukkan perilaku rela berkorban dalam keluarga, sekolah dan lingkungan sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila


Menunjukkan perilaku patuh terhadap kebiasaan, tata tertib, dan tradisi dalam kehidupan di sekolah, keluarga, dan masyarakat sekitar sebagai warganegara dalam kehidupan sehari-hari sesuai UUD 1945

Menunjukkan proses pengembilan keputusan atas dasar kesepakatan  musyawarah mufakat

Menunjukkan sikap bangga sebagai bangsa Indonesia

Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain
Menerapkan moralitas yang terkandung dalam sila Pancasila di rumah, sekolah, dan lingkungan masyarakat sekitar melalui lagu, gambar, cerita kepahlawanan dan kejuangan, dan/atau permainan

Menggunakan hak dan menjalankan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar melalui projek belajar kewarganegaraan

Menerapkan keanekaragaman sosial, budaya dan ekonomi dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

Menerapkan nilai-nilai kebangsaan, kesatuan, dan persatuan yang diperoleh melalui bacaan atau pengamatan
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
Menceritakan kelima simbol sila Pancasila serta menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari secara lisan dan tulisan

Menceritakan bentuk-bentuk kepatuhan terhadap kebiasaan, tata tertib, tradisi, dan adat dalam kehidupan di sekolah, keluarga, dan masyarakat sekitar – serta menceritakan alasan dibutuhkannya kepatuhan tersebut secara lisan dan tulisan dalam kehidupan sehari-hari, dan akibat jika melanggarnya

Menceritakan ciri-ciri suku bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat), sosial ekonomi (pekerjaan) di lingkungan rumah, sekolah, masyarakat sekitar, dan bangsa

Menceritakan keberadaan aneka ragam bangsa (bendera, produk, bahasa, dan ciri-ciri fisik) melalui pengamatan dan permainan secara lisan dan tulisan dalam konteks kehidupan sehari-hari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar