FORMAT
DESAIN
PEMBELAJARAN
A.
IDENTITAS
Mata
Pelajaran : ___________________
Kelas :
___________________
Sekolah : ___________________
Semester : ___________________
Alokasi
waktu : ___________________ ( …
jam pelajran)
B.
ANALISIS KURIKULUM
Gambaran
Isi topic:
Keterkaitan
antar jenjang/kelas:
Indikator
kompetensi:
C.
ANALISIS SITUASI DAN KONDISI SISWA
Tingkat
pemahaman/minat:
Ketersediaan
sarana/media/sumber belajar pendukung:
D.
SILABUS SEDERHANA
Contoh:
EKOSISTEM (6 x 40 menit)
Pertemuan ke dan alokasi waktu
|
Indikator Kompetensi
|
Kegiatan Belajar
|
Materi ajar
|
Teknik
Penilaian
|
I
(2 x 40 menit)
|
1) Mengidentifikasi komponen
abiotik dan biotic ekosistem kebun
sekolah secara cermat
2) Mengukur/menghitung
setiap komponen ekosistem sesuai kerersedian alat/media
3) Membuat daftar komponen
biotik dan abiotik dari ekosistem kebun sekolah
4) Mendiskusikan hubungan
antar komponen biotik dan abiotik
5) Mendeskripsikan
pengertian ekosistem secara sederhana
|
· Pengamatan Ekosistem
Kebun Sekolah
· Bediskusi untuk:
menyusun tabel
menganalisis bentuk
hubungan antar faktor biotik dan abiotik
merumuskan pengertian
ekosistem
|
Komponen
ekosistem
|
Mengobservasi keterampilan mengamati dan membuat tabel data
Menganlisis Jumlah/variasi dan ketepatan deskripsi bentuk-bentuk
hubungan antar komponen biotik dan abiotik
Mengalisis
ketepatan pengertian yang dibuat oleh siswa
|
|
|
|
|
|
II –
2 x 40 menit
|
6) Menyusun beberapa rantai
makanan berdasarkan jenis hewan dan tumbuha yang ditemukan di kebun sekolah
7) Menyusun jarring makanan
beradasarkan rantai yang telah dibuat
|
Mengamati hubungan makan antara hewan dan tumbuhan yang ada di
kebun
Menduga hubungan makan pada beberapa jenis tumbuhan dan hewan
Berdiskusi untuk menyusun beberapa rantai dan jarring makanan yang
ada di ekosistem kebun sekolah
|
Rantai dan Jaring makana makanan
|
Mengobservasi kesungguhan dan keterampilan mengamati hubungan
makan antara tumbuhan dan hewan di kebun
Menganlisis
ketepatan jarring dan rantai makanan yang disusun.
|
|
|
|
|
|
III
– 2 x 40 menit
|
8) Menysun piramida ekologi
berdasarkan hasil pengamatan ekosistem kebun sekolah
9) Mendeskripsikan hubungan
konsep jarring makanan dengan kestabilan ekosistem
|
Berdiskusi untuk: menyusun piramida ekologi berdasarkan perkiraan
biomasa masing-masing tingakatn tropfik
Membuat/deskripsi atau
simpulan hubungan antara jarring makanan dan kestabilan ekosistem
|
Kestabilan ekosistem Ekosistem
|
|
E.
RPP UNTUK PERTEMUAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar