BAB1
UJI KOMPETENSI 1
A. Pilihan Ganda
1. B
|
6. A
|
11. B
|
16. B
|
2. D
|
7. A
|
12. A
|
17. C
|
3. D
|
8. E
|
13. B
|
18. E
|
4. C
|
9. D
|
14. E
|
19. C
|
5. B
|
10. B
|
15. B
|
20. B
|
B. Isian
1. Berita
2. Isi informasi
3. Sebagai alat pemersatu
4. Informasi verbal
5. Penalaran akibat sebab
6. Bagan
7. Induktif
8. Generalisasi
9. Analogi
10. Verbal
C. Uraian
1. Diagram peta yaitu diagram yang melukiskan peristiwa yang
biasanya berdasarkan peta bumi atau geografi.
2. Informasi adalah keseluruhan makna dan sebuah data. Informasi
verbal adalah semua data yang berupa kata, frasa, kalimat, maupun wacana.
Informasi nonverbal adalah semua data dalam bentuk gambar visual, diagram,
grafik, sketsa, dll.
3. Generalisasi adalah proses penalaran dalam mengambil kesimpulan
berdasarkan pengamatan atas sejumlah gejala yang bersifat khusus untuk ditarik
kesimpulan yang mencakup semua atau sebagian.
Contoh: kebijaksanaan guru.
4. Denah adalah gambar yang menunjukkan letak kota, jalan, dan
sebagainya.
5. Hal-hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut.
a.
Memperhatikan informasi dengan
saksama
b.
Memperhatikan data-data
c.
Mencatat hal-hal pokok dari
informasi yang disimak
d.
Membuat bentuk nonverbal yang
tepat
e.
Membuat gambar, bagan, atau
grafik dengan baik, benar, dan seimbang dengan isi.
f.
Menentukan warna-warna,
lambang, atau bentuk untuk menggambarkan/membedakan data-datanya.
6. Semua jenis bahan bakar jika terkena api akan
mudah terbakar.
7. Hal-hal yang harus diperhatikan adalah
sebagai berikut.
a.
Gunakan bahasa yang lugas dan
sederhana
b.
Gunakan bahasa yang efektif
(singkat, jelas, dan tepat).
c.
Hindarkan kata-kata yang
bermakna rangkap.
d.
Penyampaian pendapat disertai
dengan alasan, bukti, atau fakta yang menyakinkan.
e.
Kesimpulan dan pendapat sesuai
dengan permasalahan.
8. Deduktif
dilakukan terhadap data umum, kemudian ditarik simpulan khusus dan induktif dilakukan terhadap data khusus
kemudian ditarik simpulan umum
9. Teknik menyimpulkan secara induktif dan
deduktif, yaitu dilakukan terhadap data pernyataan kemudian ditarik kesimpulan.
10. – Menggunakan kalimat tanya yang tepat sesuai dengan situasi komunikasi
−
Menggunakan
kalimat tanya untuk menggali informasi
−
Mengajukan
pertanyaan pada saat yang tepat
–
Santun dalam
bertanya sesuai dengan situasi komunikasi
BAB 2
UJI KOMPETENSI 2
A. Pilihan Ganda
1. A
|
6. E
|
11. D
|
16. C
|
2. D
|
7. E
|
12. B
|
17. E
|
3. D
|
8. C
|
13. E
|
18. D
|
4. C
|
9. E
|
14. B
|
19. D
|
5. B
|
10. A
|
15. C
|
20. A
|
B. Isian
1. Meringkas
2. Mengapa
3. Tema
4. Pengajaran
5. Imperatif
6. Larangan
7. Sindiran
8. Bagan arus
9. Perintah yang halus
10. Bagan pengajaran
C. Uraian
1.
Kebijaksanaan guru
2.
Kebijaksanaan guru
3.
Bagian khusus dari topik luas
dan tujuan, yaitu keinginan yang ingin dicapai oleh pemberi perintah.
4.
Cara membaca bagan:
1. Langkah pertama dalam membaca
bagan ialah membaca judul bagan.
Dengan membaca judul berarti kita mengetahui isi secara garis besar atau maksud
bagan.
2. Bacalah informasi yang terdapat dalam setiap bagian bagan.
3. Buatlah pertanyaan tentang maksud
dan tujuan bagan tersebut. Untuk apakah bagan dibuat? Apakah pokok-pokok
pikiran atau inti masalah yang terkandung dalam bagan?
4. Bacalah bagan itu secara keseluruhan lalu simpulkanlah. Bila ada anak panah
ikuti anak panah dan alurnya.
5.
1. Memudahkan penyusunan perintah secara lengkap.
2. Memudahkan
penempatan bagian yang terpenting.
3. Menghindari
adanya perintah ganda.
4. Membantu menafsirkan isi perintah secara
lengkap/sempurna.
6.
Untuk
memperhalus perintah
7.
Dengan sebuah mimpi dan
keyakinan
8.
Terobosan dalam produk, cara
pelayanan, jasa, ataupun ide yang dapat sukses dijual.
9.
Perintah untuk berani bermimpi
dan pantang menyerah jika ingin sukses.
10. Kebijaksanaan guru.
BAB 3
UJI KOMPETENSI 3
A. Pilihan Ganda
1. B
|
6. D
|
11. D
|
16. B
|
2. A
|
7. A
|
12. A
|
17. C
|
3. E
|
8. D
|
13. C
|
18. E
|
4. C
|
9. E
|
14. A
|
19. C
|
5. B
|
10. A
|
15. A
|
20. C
|
B. Isian
1. Manual kerja
2. Efisien
3. Surat edaran umum
4. Surat
5. Kaki memo
6. Pengumuman
7. Surat perintah kerja
8. Pedoman
9. Petunjuk kerja
10. Disposisi
C Uraian
1. a. Pengumuman lisan
b. Pengumuman tertulis
c. Pengumuman dari
instansi
2. a. Membaca perintah kerja secara teliti,
hati-hati, dan saksama.
b. Membuat catatan informasi penting dari
perintah kerja tersebut.
c. Membuat rencana tindak lanjut berdasarkan
perintah.
d. Merancang bagan atau prosedur kerja yang
diperintahkan
e. Meminta konfirmasi kepada pemberi perintah
akan ketepatan rencana kerja.
3. Pengumuman adalah pemberitahuan kepada orang banyak tentang
sesuatu masalah, agar diketahui dan dilaksanakan oleh orang banyak yang
berkepentingan.
4. a. Disposisi langsung
b. Disposisi tidak langsung
5. a. Himbauan/larangan
b. Petunjuk
c. Peraturan
d. Pedoman
e. Undang-undang
6. Surat
edaran perintah, surat edaran instansi pemerintah, dan surat edaran dari
perusahaan
7. Langkah yang ditempuh saat membuat bagian atau
prosedur kerja
a. Cermat dalam klasifikasi tugas dan kewajiban
b. Cermat dalam penentuan hubungan kerja dari
masing-masing bagian
c. Cermat dalam penjabaran bagian
8. Harus
ditindaklanjuti/diselesaikan oleh staf tentang urusan yang ada dalam surat
masuk, dapat berupa balasan surat atau tindakan-tindakan lain dalam rangka
menyelesaikan urusan tersebut.
9. Kebijaksanaan guru
10. Kepala surat, hal, tanggal surat,
alamat surat atau alamat yang dituju, salam pembuka, isi surat, salam penutup
dan pengirim surat
UJIAN TENGAH SEMESTER
A. Pilihan Ganda
1. D
|
6. D
|
11. B
|
16. A
|
21. B
|
2. B
|
7. C
|
12. E
|
17. E
|
22. B
|
3. D
|
8. E
|
13. D
|
18. A
|
23. D
|
4. D
|
9. C
|
14. C
|
19. D
|
24. E
|
5. B
|
10. A
|
15. A
|
20. E
|
25. D
|
B. Isian
1. Silogisme
2. Seru
3. Berpola inverse (Ps)
4. Surat edaran khusus
5. Memo
6. Penalaran akibat sebab
7. Diagram garis
8. Disposisi
9. Diagram, grafik, matriks, dll
10. Deduktif
C. Uraian
1. Subjek dari premis minor dan objek dari premis mayor.
2. Kebijaksanaan guru
3. Membuat bagan/skema dari perintah kompleks yang disampaikan
4. Kepala memo, isi memo, kaki memo
5. Bersifat umum dan terbuka untuk setiap orang.
6. Awang wajib menaati tata tertib sekolah.
7. Kebijaksanaan guru
8. Membuat kesimpulan dengan mengemukakan peristiwa
khusus dahulu baru kemudian kesimpulan umum. Generalisasi dan analogi
9. Agar susunan rencana yang telah disusun sesuai
dengan rencana yang diinginkan oleh pemberi perintah.
10. Informasi yang disampaikan kepada seluruh
masyarakat yang sifatnya terbuka dan umum.
BAB 4
UJI KOMPETENSI 4
A. Pilihan Ganda
1. D
|
6. C
|
11. B
|
16. A
|
2. D
|
7. D
|
12. A
|
17. B
|
3. E
|
8. B
|
13. A
|
18. D
|
4. A
|
9. E
|
14. D
|
19. C
|
5. B
|
10. E
|
15. B
|
20. A
|
B. Isian
1. Sinonim
2. Kata
3. Tidak
4. Predikat
5. Denotatif
6. Reduplikasi/kata ulang
7. Kata ganti orang kedua
8. Generalisasi/perluasan
9. Uang suap
10. Infiks
C. Uraian
1.
Kebijaksanaan guru
2.
Kebijaksanaan guru
3.
Kebijaksanaan guru
4.
Peyorasi adalah suatu proses
perubahan makna kata dari yang semula bermakna baik menjadi lebih rendah.
5.
Kalimat adalah satuan bahasa
berupa kata atau rangkaian kata yang dapat berdiri sendiri dan menyatakan makna
yang lengkap.
6.
Kata yang timbul
akibat proses pengulangan. Kata yang berimbuhan, pengulangan kata dasar,
pengulangan dengan berubah bunyi, dan kata ulang sebagian.
7.
Karena proses
meminjam (borrowing), karena penyerapan kata-kata daerah ke dalam bahasa Indonesia, dan karena emotif
8.
Denotasi: makna sebenarnya. Contoh:
Ayah membeli kursi tamu
Konotasi:
makna kias. Contoh: Politisi saling berebut kursi pada pemilu kemarin
9.
Kata sifat
(adjektif)
Ditandai oleh kemungkinan bergabung dengan kata
tidak, lebih, sangat, dan agak
Misalnya: Adil, tidak adil, sangat adil, lebih adil
Kata benda (Nomina)
Kata benda atau nomina berhubungan dengan manusia
(makhluk hidup), benda atau sesuatu yang dibendakan
Contoh: Terbuat dari batu
10. Macam-macam afiksasi.
Prefiks, contoh : dimakan
Infiks, contoh : telunjuk
Sufiks, contoh : makanan
Konfiks, contoh : keracunan
BAB 5
UJI KOMPETENSI 5
A. Pilihan Ganda
1. A
|
6. D
|
11. D
|
16. E
|
2. A
|
7. B
|
12. D
|
17. D
|
3. E
|
8. E
|
13. D
|
18. B
|
4. E
|
9. E
|
14. B
|
19. E
|
5. A
|
10. E
|
15. E
|
20. A
|
B. Isian
1. Pertanyaan retoris
2. Kalimat tanya retoris
3. Cara/keadaan
4. Responsi
5. Narasumber
6. Kapankah
7. Kalimat tanya total
8. Meyakinkan
9. Penjelasan
10. Kalimat Tanya
biasa
C. Uraian
1.
a. Mampu membaca situasi komunikasi
b. Memahami permasalahan yang akan ditanyakan
c. Bisa memungkinkan pertanyaan
yang akan diajukan, dicatat atau direncanakan terlebih dahulu. Sehingga
terhindar dari kesalahan
2.
a. Kalimat tanya total
b. Kalimat tanya parsial
3.
Kebijaksanaan guru
4.
Kebijaksanaan guru
5.
Kebijaksanaan guru
6.
Agar mendapatkan
respons yang baik dari pihak yang diterima
7.
Menggunakan kata
tanya, menggunakan tanda tanya, mempunyi pola tekanan turun pada akhir
kalimat
8.
Teknik menggali informasi
secara langsung
a.
Mengajukan pertanyaan secara tidak
langsung kepada inti permasalahan
b.
Pertanyaan menggunakan kalimat
jelas, singkat, tegas, dan tepat.
c.
Pertanyaan tidak meluas kepada
permasalahan lain
9.
Teknik menggali informasi
secara tidak langsung
a.
Mengajukan pertanyaan secara
tidak langsung kepada inti permasalahan.
b.
Menggunakan kalimat yang
bersifat diplomatis
c.
Pertanyaan dapat meluas kepada
hal-hal lain
10. Ciri-ciri kalimat retorik sebagai berikut.
a.
Berisi pertanyaan
b.
Terdapat intonasi tanya
c.
Menggunakan kata tanya
d.
Tidak memerlukan jawaban
e.
Orang yang bertanya dan yang
ditanya sama-sama mengetahui jawabannya
BAB 6
UJI KOMPETENSI 6
A. Pilihan Ganda
1. A
|
6. D
|
11. C
|
16. D
|
2. B
|
7. C
|
12. E
|
17. E
|
3. B
|
8. E
|
13. A
|
18. B
|
4. A
|
9. D
|
14. A
|
19. A
|
5. A
|
10. E
|
15. B
|
20. A
|
B. Isian
1.
Pidato
2.
Pembicaraan yang monoton
3.
Roda dua
4.
Parafrasa lisan
5.
Informasi
6.
Kiasan/ungkapan
7.
Bekerja keras
8.
Sebenarnya
9.
Pola urutan
kronologis
10. Pola urutan sebab akibat
C. Uraian
1.
Menyampaikan parafrasa lisan
berdasarkan urutan waktu terjadinya peristiwa/kejadian
2.
Menyampaikan parafrasa lisan
yang menjelaskan sesuatu hal berdasarkan fungsinya masing-masing.
3.
Untuk menghindari pengulangan
kata dalam sebuah kalimat/paragraf.
4.
Kebijaksanaan guru.
5.
Proses/hasil
pengungkapan kembali suatu tuturan/teks (karangan) dalam bentuk (susunan kata)
yang lain dengan maksud untuk menjelaskan makna tersembunyi
6.
Menemukan ide
pokok, mencatat kalimat utama tiap paragraf, memahami makna tersurat dan tersirat, membedakan
fakta-fakta dan detail wacana, menuliskan kembali inti pikiran orang lain
dengan kalimat sendiri.
7.
Memahami setting/latar
cerita, memahami dialog dan menyimpulkannya, memahami penjelasan tokoh.
8.
Hal-hal yang harus
diperhatikan
a.
Membaca/mendengarkan pembacaan
puisi dengan saksama
b.
Memahami isi atau kandungan
puisi secara utuh
c.
Menjelaskan/menguraikan
kiasan-kiasan atau ungkapan-ungkapan dalam puisi
d.
Menguraikan kembali isi puisi
secara tertulis dalam bentuk prosa dengan kalimat sendiri
9.
a. Menggunakan obat nyamuk Moski dapat mengusir nyamuk-nyamuk yang
mengganggu
b. Dengan memakai parfum Scent, akan membuat
pemakainya merasa cantik karena selalu wangi
10. Sejak pagi langit mendung
UJIAN AKHIR SEMESTER
A. Pilihan Ganda
1. D
|
6. E
|
11. C
|
16. C
|
21. D
|
26. A
|
2. D
|
7. E
|
12. E
|
17. B
|
22. E
|
27. E
|
3. A
|
8. A
|
13. A
|
18. A
|
23. E
|
28. B
|
4. D
|
9. A
|
14. E
|
19. D
|
24. C
|
29. E
|
5. E
|
10. B
|
15. B
|
20. A
|
25. A
|
30. B
|
B. Isian
1.
Parafrasa puisi
2.
Menggali informasi
3.
Pidato atau percakapan
4.
Konotatif
5.
Produsen
6.
Analogi
7.
Memorandum
8.
Mendapat rejeki berlimpah
secara tiba-tiba
9.
Ungkapan atau
idiom
10. Perintah
C. Uraian
1. Kebijaksanaan guru
2. Kebijaksanaan
guru
3. Kebijaksanaan
guru
4. Kebijaksanaan
guru
5. Kebijaksanaan
guru
6. Kebijaksanaan
guru
7. Kebijaksanaan
guru
8. Informasi adalah keseluruhan makna dari sebuaf
data, Informasi verbal adalah semua data yang berupa kata, frasa, kalimat,
maupun wacana. Informasi nonverbal adalah semua data dalam bentuk gambar
visual, diagram, grafik, sketsa, dll.
9. Kata dasar dan kata turunan: kata berimbuhan, kata
ulang, dan kata majemuk
10. Tidak memotong pembicaraan dan menggunakan
kata-kata yang menyinggung lawan bicara
Tidak ada komentar:
Posting Komentar