Selasa, 15 Maret 2016

Kunci Jawaban US Bahasa Indonesia XI 2011


BAB1
UJI KOMPETENSI 1

A. Pilihan Ganda
1.   B
6.   A
11. B
16. B
2.   D
7.   A
12. A
17. C
3.   D
8.   E
13. B
18. E
4.   C
9.   D
14. E
19. C
5.   B
10. B
15. B
20. B

B.   Isian
1.   Berita
2.   Isi informasi
3.   Sebagai alat pemersatu
4.   Informasi verbal
5.   Penalaran akibat sebab
6.   Bagan
7.   Induktif
8.   Generalisasi
9.   Analogi
10. Verbal

C.   Uraian
1.    Diagram peta yaitu diagram yang melukiskan peristiwa yang biasanya berdasarkan peta bumi atau geografi.
2.    Informasi adalah keseluruhan makna dan sebuah data. Informasi verbal adalah semua data yang berupa kata, frasa, kalimat, maupun wacana. Informasi nonverbal adalah semua data dalam bentuk gambar visual, diagram, grafik, sketsa, dll.
3.    Generalisasi adalah proses penalaran dalam mengambil kesimpulan berdasarkan pengamatan atas sejumlah gejala yang bersifat khusus untuk ditarik kesimpulan yang mencakup semua atau sebagian.
       Contoh: kebijaksanaan guru.
4.    Denah adalah gambar yang menunjukkan letak kota, jalan, dan sebagainya.
5.   Hal-hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut.
a.      Memperhatikan informasi dengan saksama
b.     Memperhatikan data-data
c.      Mencatat hal-hal pokok dari informasi yang disimak
d.     Membuat bentuk nonverbal yang tepat
e.      Membuat gambar, bagan, atau grafik dengan baik, benar, dan seimbang dengan isi.
f.      Menentukan warna-warna, lambang, atau bentuk untuk menggambarkan/membedakan data-datanya.
6.   Semua jenis bahan bakar jika terkena api akan mudah terbakar.
7.   Hal-hal yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut.
a.      Gunakan bahasa yang lugas dan sederhana
b.     Gunakan bahasa yang efektif (singkat, jelas, dan tepat).
c.      Hindarkan kata-kata yang bermakna rangkap.
d.     Penyampaian pendapat disertai dengan alasan, bukti, atau fakta yang menyakinkan.
e.      Kesimpulan dan pendapat sesuai dengan permasalahan.
8.   Deduktif dilakukan terhadap data umum, kemudian ditarik simpulan khusus  dan induktif dilakukan terhadap data khusus kemudian ditarik simpulan umum
9.   Teknik menyimpulkan secara induktif dan deduktif, yaitu dilakukan terhadap data pernyataan kemudian ditarik kesimpulan.
10.     Menggunakan kalimat tanya yang tepat sesuai dengan situasi komunikasi
       Menggunakan kalimat tanya untuk menggali  informasi
       Mengajukan pertanyaan pada saat yang tepat
       Santun dalam bertanya sesuai dengan situasi komunikasi

BAB 2
UJI KOMPETENSI 2
A. Pilihan Ganda
1.   A
6.   E
11. D
16. C
2.   D
7.   E
12. B
17. E
3.   D
8.   C
13. E
18. D
4.   C
9.   E
14. B
19. D
5.   B
10. A
15. C
20. A

B.   Isian
1.   Meringkas
2.   Mengapa
3.   Tema
4.   Pengajaran
5.   Imperatif
6.   Larangan
7.   Sindiran
8.   Bagan arus
9.   Perintah yang halus
10. Bagan pengajaran
        
C.   Uraian
1.     Kebijaksanaan guru
2.     Kebijaksanaan guru
3.     Bagian khusus dari topik luas dan tujuan, yaitu keinginan yang ingin dicapai oleh pemberi perintah.
4.     Cara membaca bagan:
1.   Langkah pertama dalam membaca bagan ialah membaca judul bagan. Dengan membaca judul berarti kita mengetahui isi secara garis besar atau maksud bagan.
2.   Bacalah informasi yang terdapat dalam setiap bagian bagan.
3.   Buatlah pertanyaan tentang maksud dan tujuan bagan tersebut. Untuk apakah bagan dibuat? Apakah pokok-pokok pikiran atau inti masalah yang terkandung dalam bagan?

4.   Bacalah bagan itu secara keseluruhan lalu simpulkanlah. Bila ada anak panah ikuti anak panah dan alurnya.
5.     1.   Memudahkan penyusunan perintah secara lengkap.
      2.   Memudahkan penempatan bagian yang terpenting.


      3.   Menghindari adanya perintah ganda.
      4.   Membantu menafsirkan isi perintah secara lengkap/sempurna.
6.     Untuk memperhalus perintah
7.     Dengan sebuah mimpi dan keyakinan
8.     Terobosan dalam produk, cara pelayanan, jasa, ataupun ide yang dapat sukses dijual.
9.     Perintah untuk berani bermimpi dan pantang menyerah jika ingin sukses.
10.  Kebijaksanaan guru.

BAB 3
UJI KOMPETENSI 3
A. Pilihan Ganda
1.   B
6.   D
11. D
16. B
2.   A
7.   A
12. A
17. C
3.   E
8.   D
13. C
18. E
4.   C
9.   E
14. A
19. C
5.   B
10. A
15. A
20. C

B.   Isian
1.   Manual kerja
2.   Efisien
3.   Surat edaran umum
4.   Surat
5.   Kaki memo
6.   Pengumuman
7.   Surat perintah kerja
8.   Pedoman
9.   Petunjuk kerja
10. Disposisi

C    Uraian
1.   a.    Pengumuman lisan
      b.   Pengumuman tertulis
      c.    Pengumuman dari instansi
2.   a.    Membaca perintah kerja secara teliti, hati-hati, dan saksama.
      b.   Membuat catatan informasi penting dari perintah kerja tersebut.
      c.    Membuat rencana tindak lanjut berdasarkan perintah.
      d.   Merancang bagan atau prosedur kerja yang diperintahkan
      e.    Meminta konfirmasi kepada pemberi perintah akan ketepatan rencana kerja.
3.   Pengumuman adalah pemberitahuan kepada orang banyak tentang sesuatu masalah, agar diketahui dan dilaksanakan oleh orang banyak yang berkepentingan.
4.   a.    Disposisi langsung
      b.   Disposisi tidak langsung
5.   a.    Himbauan/larangan
      b.   Petunjuk
      c.    Peraturan
      d.   Pedoman
      e.    Undang-undang
6.         Surat edaran perintah, surat edaran instansi pemerintah, dan surat edaran dari perusahaan
7.    Langkah yang ditempuh saat membuat bagian atau prosedur kerja
       a.   Cermat dalam klasifikasi tugas dan kewajiban
       b.   Cermat dalam penentuan hubungan kerja dari masing-masing bagian
      c.    Cermat dalam penjabaran bagian
8.         Harus ditindaklanjuti/diselesaikan oleh staf tentang urusan yang ada dalam surat masuk, dapat berupa balasan surat atau tindakan-tindakan lain dalam rangka menyelesaikan urusan tersebut.
9.    Kebijaksanaan guru
10. Kepala surat, hal, tanggal surat, alamat surat atau alamat yang dituju, salam pembuka, isi surat, salam penutup dan pengirim surat

UJIAN TENGAH SEMESTER

A. Pilihan Ganda
1.   D
6.   D
11. B
16. A
21. B
2.   B
7.   C
12. E
17. E
22. B
3.   D
8.   E
13. D
18. A
23. D
4.   D
9.   C
14. C
19. D
24. E
5.   B
10. A
15. A
20. E
25. D

B.   Isian
1.   Silogisme
2.   Seru
3.   Berpola inverse (Ps)
4.   Surat edaran khusus
5.   Memo
6.   Penalaran akibat sebab
7.   Diagram garis
8.   Disposisi
9.   Diagram, grafik, matriks, dll
10. Deduktif

C.   Uraian
1.   Subjek dari premis minor dan objek dari premis mayor.
2.   Kebijaksanaan guru
3.   Membuat bagan/skema dari perintah kompleks yang disampaikan
4.   Kepala memo, isi memo, kaki memo
5.   Bersifat umum dan terbuka untuk setiap orang.
6.   Awang wajib menaati tata tertib sekolah.
7.   Kebijaksanaan guru
8.   Membuat kesimpulan dengan mengemukakan peristiwa khusus dahulu baru kemudian kesimpulan umum. Generalisasi dan analogi
9.   Agar susunan rencana yang telah disusun sesuai dengan rencana yang diinginkan oleh pemberi perintah.
10. Informasi yang disampaikan kepada seluruh masyarakat yang sifatnya terbuka dan umum.

BAB 4
UJI KOMPETENSI 4
A. Pilihan Ganda
1.    D
6.   C
11. B
16. A
2.   D
7.   D
12. A
17. B
3.   E
8.   B
13. A
18. D
4.   A
9.   E
14. D
19. C
5.   B
10. E
15. B
20. A

B.   Isian
1.   Sinonim
2.   Kata
3.   Tidak
4.   Predikat
5.   Denotatif
6.   Reduplikasi/kata ulang
7.   Kata ganti orang kedua
8.   Generalisasi/perluasan
9.   Uang suap
10. Infiks

C.   Uraian
1.     Kebijaksanaan guru
2.     Kebijaksanaan guru
3.     Kebijaksanaan guru
4.     Peyorasi adalah suatu proses perubahan makna kata dari yang semula bermakna baik menjadi lebih rendah.
5.     Kalimat adalah satuan bahasa berupa kata atau rangkaian kata yang dapat berdiri sendiri dan menyatakan makna yang lengkap.
6.     Kata yang timbul akibat proses pengulangan. Kata yang berimbuhan, pengulangan kata dasar, pengulangan dengan berubah bunyi, dan kata ulang sebagian.
7.     Karena proses meminjam (borrowing), karena penyerapan kata-kata daerah ke dalam bahasa Indonesia, dan karena emotif
8.     Denotasi: makna sebenarnya. Contoh: Ayah membeli kursi tamu
      Konotasi: makna kias. Contoh: Politisi saling berebut kursi pada pemilu kemarin
9.     Kata sifat (adjektif)

Ditandai oleh kemungkinan bergabung dengan kata tidak, lebih, sangat, dan agak
Misalnya: Adil, tidak adil, sangat adil, lebih adil
Kata benda (Nomina)
Kata benda atau nomina berhubungan dengan manusia (makhluk hidup), benda atau sesuatu yang dibendakan
Contoh: Terbuat dari batu
10.  Macam-macam afiksasi.
Prefiks, contoh : dimakan

Infiks, contoh : telunjuk
Sufiks, contoh : makanan
Konfiks, contoh : keracunan

BAB 5
UJI KOMPETENSI 5
A. Pilihan Ganda
1.    A
6.   D
11. D
16. E
2.   A
7.   B
12. D
17. D
3.   E
8.   E
13. D
18. B
4.   E
9.   E
14. B
19. E
5.   A
10. E
15. E
20. A

B.   Isian
1.   Pertanyaan retoris
2.   Kalimat tanya retoris
3.   Cara/keadaan
4.   Responsi
5.   Narasumber
6.   Kapankah
7.   Kalimat tanya total
8.   Meyakinkan
9.   Penjelasan
10. Kalimat Tanya biasa

C.   Uraian
1.     a.    Mampu membaca situasi komunikasi
b.   Memahami permasalahan yang akan ditanyakan
c.    Bisa memungkinkan pertanyaan yang akan diajukan, dicatat atau direncanakan terlebih dahulu. Sehingga terhindar dari kesalahan
2.     a. Kalimat tanya total
b. Kalimat tanya parsial
3.     Kebijaksanaan guru
4.     Kebijaksanaan guru
5.     Kebijaksanaan guru
6.     Agar mendapatkan respons yang baik dari pihak yang diterima
7.     Menggunakan kata tanya, menggunakan tanda tanya, mempunyi pola tekanan turun pada akhir kalimat
8.     Teknik menggali informasi secara langsung
a.      Mengajukan pertanyaan secara tidak langsung kepada inti permasalahan
b.     Pertanyaan menggunakan kalimat jelas, singkat, tegas, dan tepat.
c.      Pertanyaan tidak meluas kepada permasalahan lain
9.     Teknik menggali informasi secara tidak langsung
a.      Mengajukan pertanyaan secara tidak langsung kepada inti permasalahan.
b.     Menggunakan kalimat yang bersifat diplomatis
c.      Pertanyaan dapat meluas kepada hal-hal lain
10.  Ciri-ciri kalimat retorik sebagai berikut.
a.      Berisi pertanyaan
b.     Terdapat intonasi tanya
c.      Menggunakan kata tanya
d.     Tidak memerlukan jawaban
e.      Orang yang bertanya dan yang ditanya sama-sama mengetahui jawabannya

BAB 6
UJI KOMPETENSI 6
A. Pilihan Ganda
1.  A
6.   D
11. C
16. D
2.   B
7.   C
12. E
17. E
3.   B
8.   E
13. A
18. B
4.   A
9.   D
14. A
19. A
5.   A
10. E
15. B
20. A


B. Isian
1.     Pidato
2.     Pembicaraan yang monoton
3.     Roda dua
4.     Parafrasa lisan
5.     Informasi
6.     Kiasan/ungkapan

7.     Bekerja keras
8.     Sebenarnya
9.     Pola urutan kronologis
10.  Pola urutan sebab akibat

C.   Uraian
1.     Menyampaikan parafrasa lisan berdasarkan urutan waktu terjadinya peristiwa/kejadian
2.     Menyampaikan parafrasa lisan yang menjelaskan sesuatu hal berdasarkan fungsinya masing-masing.
3.     Untuk menghindari pengulangan kata dalam sebuah kalimat/paragraf.
4.     Kebijaksanaan guru.
5.     Proses/hasil pengungkapan kembali suatu tuturan/teks (karangan) dalam bentuk (susunan kata) yang lain dengan maksud untuk menjelaskan makna tersembunyi
6.     Menemukan ide pokok, mencatat kalimat utama tiap paragraf, memahami makna tersurat dan tersirat, membedakan fakta-fakta dan detail wacana, menuliskan kembali inti pikiran orang lain dengan kalimat sendiri.
7.     Memahami setting/latar cerita, memahami dialog dan menyimpulkannya, memahami penjelasan tokoh.
8.     Hal-hal yang harus diperhatikan
a.      Membaca/mendengarkan pembacaan puisi dengan saksama
b.     Memahami isi atau kandungan puisi secara utuh
c.      Menjelaskan/menguraikan kiasan-kiasan atau ungkapan-ungkapan dalam puisi
d.     Menguraikan kembali isi puisi secara tertulis dalam bentuk prosa dengan kalimat sendiri
9.     a.    Menggunakan obat nyamuk Moski dapat mengusir nyamuk-nyamuk yang mengganggu
b.     Dengan memakai parfum Scent, akan membuat pemakainya merasa cantik karena selalu wangi
10.  Sejak pagi langit mendung

UJIAN AKHIR SEMESTER

A. Pilihan Ganda
1.   D
6.     E
11.  C
16.   C
21.   D
26.   A
2.   D
7.     E
12.   E
17.   B
22.   E
27.   E
3.   A
8.     A
13.   A
18.   A
23.   E
28.   B
4.   D
9.     A
14.   E
19.   D
24.   C
29.   E
5.   E
10.   B
15.   B
20.   A
25.   A
30.   B

B. Isian
1.     Parafrasa puisi
2.     Menggali informasi
3.     Pidato atau percakapan
4.     Konotatif
5.     Produsen
6.     Analogi
7.     Memorandum
8.     Mendapat rejeki berlimpah secara tiba-tiba
9.     Ungkapan atau idiom
10.  Perintah

C.   Uraian
1.   Kebijaksanaan guru
2.   Kebijaksanaan guru
3.   Kebijaksanaan guru
4.   Kebijaksanaan guru
5.   Kebijaksanaan guru
6.   Kebijaksanaan guru
7.   Kebijaksanaan guru
8.   Informasi adalah keseluruhan makna dari sebuaf data, Informasi verbal adalah semua data yang berupa kata, frasa, kalimat, maupun wacana. Informasi nonverbal adalah semua data dalam bentuk gambar visual, diagram, grafik, sketsa, dll.
9.   Kata dasar dan kata turunan: kata berimbuhan, kata ulang, dan kata majemuk
10. Tidak memotong pembicaraan dan menggunakan kata-kata yang menyinggung lawan bicara





Tidak ada komentar:

Posting Komentar