Jumat, 04 Maret 2016

RPP Matematika 2011/2012


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan               :     Madrasah Tsanawiyah/SMP
Mata Pelajaran                     :     Matematika
Kelas / Semester                   :     VII/Ganjil
Alokasi Waktu                     :     2 x 40 menit (1 Pertemuan)
Tahun Pelajaran                    :     2011/2012
Tempat Open Class              :     MTsN Malang I
Pengajar                               :     Rohmad Hariadi, M.Pd (Guru MTsN Prigen)

Standar Kompetensi : ALJABAR     
                                      3. Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear   satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar     : 3.4.Menggunakan perbandingan untuk pemecahan masalah.
Indikator                    :
Ø Memberikan contoh masalah sehari-hari yang merupakan perbandingan berbalik harga (nilai).
Ø Menyelesaikan soal masalah sehari-hari yang melibatkan perbandingan berbalik harga (nilai).

A. Tujuan Pembelajaran
F Siswa dapat menyelesaikan contoh kasus (soal) yang melibatkan perbandingan berbalik harga (nilai) dalam kehidupan sehari-hari.

v Karakter yang diharapkan :    Jujur, disiplin, tekun, tanggung jawab, rasa hormat, perhatian, dan berbagi dengan sesama.

B. Materi Ajar
Perbandingan berbalik nilai:
Perbandingan berbalik nilai adalah perbandingan yang apabila nilai/besaran pertama bertambah maka nilai/besaran kedua berkurang atau sebaliknya, jika nilai/besaran pertama berkurang maka nilai/besaran kedua bertambah.
Contoh :
Seorang siswa mempunyai sebungkus permen untuk dibagikan kepada 20 temannya. Ternyata setiap anak menerima 9 permen. Jika sebungkus permen itu dibagikan kepada 15 anak, berapa permen yang diterima setiap anak?
Jawab:
Banyak Anak
Banyak permen yang diterima
20
9
15
x?
1.      Perhitungan berdasarkan perbandingan:


 
=



20 x 9
15

 
 
                                                                                     x  =
x  = 180 : 15                
Jadi, permen tersebut jika dibagikan kepada 15 anak masing-masing akan mendapatkan 12 permen.
 
x  = 12
2.       Perhitungan berdasarkan hasil kali:
                                                                                      15 x x  =  20 x 9                                                                     x  = 180 : 15
                                                                                                     x  = 12
C.  Metode Pembelajaran
·   Ekspositori (demonstrasi, tanya jawab, dan pemberian tugas)
·   Diskusi




D.  Skenerio / Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal / Pendahuluan : (10 menit)
Ø  Memeriksa kesiapan siswa untuk belajar
Ø  Apersepsi   :  Mengingatkan kembali arti perbandingan senilai, arti perbandingan  berbalik nilai dan sifat komutatif perkalian.
Ø  Motivasi     : Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka siswa akan lebih mudah menyelesaikan soal yang melibatkan perbandingan berbalik harga (nilai) dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Kegiatan Inti : (55 menit)

Kegiatan Belajar
Respon Siswa yang Diperkirakan dan Bantuan Guru
Bentuk Kegiatan
Keterangan
Kegiatan Awal
Siswa memecahkan masalah berikut secara individu.

 Saya mempunyai satu toples permen untuk dibagikan kepada 20 siswa. Ternyata setiap siswa menerima 9 permen. Jika satu toples permen itu saya bagikan kepada 15 siswa. Tolong bantu saya menghitung berapa banyak permen yang diterima setiap siswa?

Siswa dapat menjawab bahwa banyak permen yang diterima setiap siswa = 12 permen, kemudian guru menuliskan hasil tersebut (sebagai hipotesa) di papan tulis dan mengajak siswa membuktikannya.

Jika siswa masih banyak siswa yang kesulitan guru mengingatkan tentang  …. Perbandingan…?

Klasikal

Kerja individual


Tanya Jawab

Pertanyaan (ditulis pada papan tulis) ditujukan kepada seluruh siswa agar terjadi konflik kognitif pada masing-masing siswa.
Kegiatan Inti

Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 3-4 siswa.

Siswa mengerjakan LKS 1 dengan disertakan media permen pada kelompoknya (LKS terlampir)



Siswa bekerja secara berkelompok dengan media permen.
Guru berkeliling untuk menemukan siswa mengalami kesulitan dan membantu atau meminta temannya untuk membantu.   

Semua siswa mampu menuliskan hasil/nilai dengan benar  pada LKS 1 menggunakan media permen, dan menuliskan simpulannya


Demontrasi kelompok




Diskusi kelompok

Masing-masing anak dapat 1 lembar LKS  

Terjadi pertukaran pendapat sesama anggota kelompok, bahkan diharapkan mampu berkolaborasi dengan kelompok yang lain.

Siswa menuliskan hasil LKS 1 nomor 1 dan 2 di papan tulis dari hasil diskusi kelompoknya.



Menjelaskan pendapat sendiri

Semua

Guru melakukan konfirmasi dengan cara membandingkan hasil masing-masing kelompok.
Siswa diminta memahami pendapat teman.
Siswa menyimpulkan LKS 1 nomor 3 dengan cara konfirmasi ke masing-masing kelompok.
Menjelaskan pendapat sendiri
Semua
Guru menuliskan pendapat siswa di papan tulis.

Diberikan LKS 2 dengan disertakan white board (sebagai media menuliskan hasil diskusi) pada masing-masing kelompok     (1 lembar LKS untuk 2 siswa/LKS terlampir).

Kesimpulan yang diharapkan:
F Berdasar hasil kali: nilai baris 1 (kolom 1) x nilai baris 1 (kolom 2) = nilai baris 2(kolom 1) x nilai baris 2 (kolom 2) atau hasil kali nilai baris 1 = hasil kali nilai baris 2

F Berdasar perbandingan: perbandingan nilai baris 1 kolom 1 dengan nilai baris 2 kolom 1 = perbandingan nilai baris 2 kolom 2 dengan baris 1 kolom 2

 
Memikirkan cara menyelesaikan soal-soal perbandingan berbalik harga (nilai) dari hasil kesimpulan LKS 1 nomor 3.

Jika ada siswa yang kesulitan dalam menyelesaikan soal, guru menyuruh siswa berdiskusi dengan anggota kelompoknya cara menyelesaikan soal atau ke kelompok yang telah selesai mengerjakan

Guru berkeliling kelas dan memberi bimbingan (bukan untuk mengajari tapi memotivasi siswa untuk bertanya pada anggota kelompoknya atau dengan anggota kelompok lain)

Jika ada kelompok yang selesai lebih cepat, guru akan memberikan variasi soal lain yang lebih menantang.
Diskusi kelompok
Membagi LKS 2 kepada masing-masing kelompok.
Secara berpasangan (pair), siswa mendiskusikan soal-soal perbandingan berbalik harga (nilai) dan menuliskan hasilnya pada white board.

Terjadi pertukaran pendapat sesama anggota kelompok, bahkan diharapkan mampu berkolaborasi dengan kelompok yang lain.


Siswa mempresentasikan hasil diskusinya  

Guru memberi penghargaan kepada kelompok yang telah presentasi.


Menjelaskan pendapat sendiri

Semua

Guru melakukan konfirmasi dengan cara membandingkan hasil masing-masing kelompok.
Siswa diminta memahami pendapat teman.

3. Kegiatan Penutup : (15 menit)
Ø  Dengan bimbingan guru, siswa diminta untuk membuat kesimpulan tentang  hasil pembelajaran dan melakukan refleksi kegiatan pembelajaran.
Ø  Guru memberi soal evaluasi sebagai tindak lanjut pembelajaran.


E.     Alat dan Sumber Belajar
Buku Teks Matematika BSE, Matematika Untuk SMP kelas VII UM Press, Seribu Pena Matematika Penerbit Erlangga dan Membangun Kompetensi Matematika 1 PT. Wangsa Jatra Lestari-Solo, LKS, permen, board maker and white board.

F.     Penilaian
a.      Teknik                         : Tes tulis
b.      Bentuk Instrumen       : Tes Tertulis Uraian
c.      Contoh Bentuk Instrumen :

Pemahaman Konsep
1.      Anton mempunyai sekantong kelereng untuk dibagikan kepada 40 anak. Ternyata masing-masing anak menerima 8 kelereng. Jika sekantong kelereng itu dibagikan kepada 32 anak, berapa kelereng yang diterima masing-masing anak?
2.      Dua kardus mie instan cukup untuk dibagikan kepada 16 orang, masing-masing mendapat 5 bungkus. Jika dibagikan kepada 20 orang, berapa bungkus mie instan yang diterima masing-masing orang?
3.      Sebuah panti asuhan mempunyai persediaan beras untuk 20 anak yatim selama 15 hari. Jika penghuni panti asuhan bertambah 5 anak yatim, berapa hari persediaan beras itu akan habis?
4.      Seorang peternak mempunyai persediaan makanan untuk 30 ekor kambing selama 15 hari. Jika peternak itu menjual 5 ekor kambing, berapa hari persediaan makanan itu akan habis?
5.      Seorang pemborong akan membangun rumah dalam waktu 48 hari jika dikerjakan oleh 18 pekerja. Jika ia menghendaki selesai dalam waktu 32 hari, berapa banyak tambahan pekerja?

Kunci Jawaban :                                                                  
a.       10 kelereng   (skor 15)
b.      4 bungkus   (skor 15)
c.       12 hari   (skor 20)
d.      18 hari   (skor 20)
e.       9 pekerja   (skor 30)
                                                                                         


 
Nilai  =                                       x 100
                                                                                                                                                                                                                                                            Dilaksanakan pada: 11 Nopember 2011
                                                                                    Guru mata pelajaran                                                                                                                                                                                                                                                                                                               
                 

                                                                                    ROHMAD HARIADI, M.Pd
                                                                                                NIP.197806292006041009





Model 1
 
LEMBAR KERJA SISWA 1

Mata Pelajaran            : MATEMATIKA                               Kelompok       : ....................
Sub Pokok Bahasan    : Perbandingan berbalik nilai               Kelas/Semester : VII/Ganjil
 

Alokasi Waktu : ....  menit
Perintah :
1.      Ambilah permen dari toples sebanyak 18 buah, demontrasikan bersama temanmu dengan cara membagikan permen tersebut sesuai perintah yang ada pada tabel di bawah. Kemudian lengkapi tabel dengan mengisi jumlah permen yang diterima.
Banyak siswa
Jumlah permen yang diterima
2
3
6
9
...............
...............
...............
...............

2.      Ambilah permen dari toples sebanyak 24 buah, demontrasikan bersama temanmu dengan cara membagikan permen tersebut sesuai perintah yang ada pada tabel di bawah. Kemudian lengkapilah tabelnya.
Banyak siswa
Jumlah permen yang diterima
...............
...............
4
...............
...............
...............
12
8
...............
4
3
2

3.      Amatilah nilai tiap baris dan kolom hasil dari percobaan nomor 1 dan nomor 2, kemudian tentukan cara atau sebuah kesimpulan untuk memperoleh nilai yang ditanyakan!
 


Model 2
 
LEMBAR KERJA SISWA 1
Mata Pelajaran            : MATEMATIKA                               Kelompok       : ....................
Sub Pokok Bahasan    : Perbandingan berbalik nilai               Kelas/Semester : VII/Ganjil
 

Alokasi Waktu : ....  menit
Perintah :
1.      Ambilah permen dari toples sebanyak 20 buah, demontrasikan bersama temanmu dengan cara membagikan permen tersebut sesuai perintah yang ada pada tabel di bawah. Kemudian lengkapi tabel dengan mengisi jumlah permen yang diterima.
Banyak siswa
Jumlah permen yang diterima
2
4
5
10
...............
...............
...............
...............

2.      Ambilah permen dari toples sebanyak 28 buah, demontrasikan bersama temanmu dengan cara membagikan permen tersebut sesuai perintah yang ada pada tabel di bawah. Kemudian lengkapilah tabelnya.
Banyak siswa
Jumlah permen yang diterima
...............
...............
7
...............
14
7
...............
2

3.      Amatilah nilai tiap baris dan kolom hasil dari percobaan nomor 1 dan nomor 2, kemudian tentukan cara atau sebuah kesimpulan untuk memperoleh nilai yang ditanyakan!
 


Model 3
 
LEMBAR KERJA SISWA 1
Mata Pelajaran            : MATEMATIKA                               Kelompok       : ....................
Sub Pokok Bahasan    : Perbandingan berbalik nilai               Kelas/Semester : VII/Ganjil
 

Alokasi Waktu : ....  menit
Perintah :
1.      Ambilah permen dari toples sebanyak 24 buah, demontrasikan bersama temanmu dengan cara membagikan permen tersebut sesuai perintah yang ada pada tabel di bawah. Kemudian lengkapi tabel dengan mengisi jumlah permen yang diterima.
Banyak siswa
Jumlah permen yang diterima
2
3
4
6
8
12
...............
...............
...............
...............
...............
...............

2.      Ambilah permen dari toples sebanyak 20 buah, demontrasikan bersama temanmu dengan cara membagikan permen tersebut sesuai perintah yang ada pada tabel di bawah. Kemudian lengkapilah tabelnya.
Banyak siswa
Jumlah permen yang diterima
...............
...............
5
...............
10
5
...............
2

3.      Amatilah nilai tiap baris dan kolom hasil dari percobaan nomor 1 dan nomor 2, kemudian tentukan cara atau sebuah kesimpulan untuk memperoleh nilai yang ditanyakan!
 


Model 4
 
LEMBAR KERJA SISWA 1
Mata Pelajaran            : MATEMATIKA                               Kelompok       : ....................
Sub Pokok Bahasan    : Perbandingan berbalik nilai               Kelas/Semester : VII/Ganjil
 

Alokasi Waktu : ....  menit
Perintah :
1.      Ambilah permen dari toples sebanyak 28 buah, demontrasikan bersama temanmu dengan cara membagikan permen tersebut sesuai perintah yang ada pada tabel di bawah. Kemudian lengkapi tabel dengan mengisi jumlah permen yang diterima.
Banyak siswa
Jumlah permen yang diterima
2
4
7
14
...............
...............
...............
...............

2.      Ambilah permen dari toples sebanyak 18 buah, demontrasikan bersama temanmu dengan cara membagikan permen tersebut sesuai perintah yang ada pada tabel di bawah. Kemudian lengkapilah tabelnya.
Banyak siswa
Jumlah permen yang diterima
...............
...............
6
...............
9
6
...............
2

3.      Amatilah nilai tiap baris dan kolom hasil dari percobaan nomor 1 dan nomor 2, kemudian tentukan cara atau sebuah kesimpulan untuk memperoleh nilai yang ditanyakan!
 


Tipe 1
 
LEMBAR KERJA SISWA 2
Mata Pelajaran : MATEMATIKA                                          Nama siswa : ........................             
Sub Pokok Bahasan    : Perbandingan berbalik nilai               Kelas/Semester : VII/Ganjil
 

Alokasi Waktu : ....  menit
Perintah :  
F Kerjakan secara  berdiskusi dengan anggota kelompokmu, kemudian tuliskan hasilnya pada white board yang telah disediakan!
F Presentasikan secara bergantian dalam kelompokmu cara memperoleh nilai yang ditanyakan.

1.    Empat kilogram apel yang sama besar dibagikan kepada 12 anak, sehingga setiap anak menerima 4 apel. Berapakah apel yang diterima setiap anak jika 4 kg apel itu dibagikan kepada 16 anak?





 

















2.    Anton mempunyai sekantong kelereng untuk dibagikan kepada 40 anak. Ternyata masing-masing anak menerima 8 kelereng. Jika sekantong kelereng itu dibagikan kepada 32 anak, berapa kelereng yang diterima masing-masing anak?



Tipe 2
 
LEMBAR KERJA SISWA 2
Mata Pelajaran : MATEMATIKA                                          Nama siswa : ........................             
Sub Pokok Bahasan    : Perbandingan berbalik nilai               Kelas/Semester : VII/Ganjil
 

Alokasi Waktu : ....  menit
Perintah : 
F Kerjakan secara  berdiskusi dengan anggota kelompokmu, kemudian tuliskan hasilnya pada white board yang telah disediakan!
F Presentasikan secara bergantian dalam kelompokmu cara memperoleh nilai yang ditanyakan.

1.    Dua kardus mie instan cukup untuk dibagikan kepada 16 orang, masing-masing mendapat 5 bungkus. Jika dibagikan kepada 20 orang, berapa bungkus mie instan yang diterima masing-masing orang?


 

















2.    Suatu pekerjaan dapat diselesaikan oleh 40 pekerja dalam waktu 20 hari. Berapa harikah pekerjaan itu dapat diselesaikan, jika dikerjakan oleh 25 pekerja?



 

Tipe 3
 
LEMBAR KERJA SISWA 2
Mata Pelajaran : MATEMATIKA                                          Nama siswa : ........................             
Sub Pokok Bahasan    : Perbandingan berbalik nilai               Kelas/Semester : VII/Ganjil
 

Alokasi Waktu : ....  menit
Perintah : 
F Kerjakan secara  berdiskusi dengan anggota kelompokmu, kemudian tuliskan hasilnya pada white board yang telah disediakan!
F Presentasikan secara bergantian dalam kelompokmu cara memperoleh nilai yang ditanyakan.

1.    Anton mempunyai sekantong kelereng untuk dibagikan kepada 40 anak. Ternyata masing-masing anak menerima 8 kelereng. Jika sekantong kelereng itu dibagikan kepada 32 anak, berapa kelereng yang diterima masing-masing anak?


 


















2.    Dua kardus mie instan cukup untuk dibagikan kepada 16 orang, masing-masing mendapat 5 bungkus. Jika dibagikan kepada 20 orang, berapa bungkus mie instan yang diterima masing-masing orang?


 





Tipe 4
 
LEMBAR KERJA SISWA 2
Mata Pelajaran : MATEMATIKA                                          Nama siswa : ........................             
Sub Pokok Bahasan    : Perbandingan berbalik nilai               Kelas/Semester : VII/Ganjil
 

Alokasi Waktu : ....  menit
Perintah : 
F Kerjakan secara  berdiskusi dengan anggota kelompokmu, kemudian tuliskan hasilnya pada white board yang telah disediakan!
F Presentasikan secara bergantian dalam kelompokmu cara memperoleh nilai yang ditanyakan.

1.    Suatu pekerjaan dapat diselesaikan oleh 40 pekerja dalam waktu 20 hari. Berapa harikah pekerjaan itu dapat diselesaikan, jika dikerjakan oleh 25 pekerja?



 


















2.    Empat kilogram apel yang sama besar dibagikan kepada 12 anak, sehingga setiap anak menerima 4 apel. Berapakah apel yang diterima setiap anak jika 4 kg apel itu dibagikan kepada 16 anak?


 


SOAL TANTANGAN
Nama siswa : ............................................................              Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Sub Pokok Bahasan    : Perbandingan berbalik nilai               Kelas/Semester : VII/Ganjil
 

Kreteria: Mudah
1.    Sejumlah uang habis dibagikan kepada 4 orang yang masing-masing mendapat Rp 15.000,00. Jika dibagikan kepada 10 anak, berapa bagian masing-masing anak?
2.    Untuk menyelesaikan pekerjaan membutuhkan waktu 16 minggu dengan 6 pekerja. Jika pekerjaan tersebut ingin dikerjakan selama 12 minggu, berapa pekerja yang dibutuhkan?
3.    Dengan mengendarai sepada Iqbal memerlukan waktu 15 menit untuk sampai di sekolah dengan kecepatan 20 km/jam. Jika waktu yang diperlukan 20 menit, berapa kecepatan Iqbal untuk sampai di sekolah?
4.    Sebuah bak mandi dapat dipenuhi air dengan 20 timba air, setiap timba berisi 5 liter. Jika bak tersebut dipenuhi dengan timba lain sebanyak 25 timba, berapa volume timba yang dipakai mengisi?
5.    Jarak kota Malang dan Banyuwangi dapat ditempuh selama 6 jam dengan kecepatan rata-rata 50 km/jam. Tentukan kecepatan rata-rata untuk dapat menempuh jarak tersebut selama 4 jam!

Kreteria: Sedang
6.        Seorang pemborong mempunyai perkiraan dapat menyelesaikan pembangunan jembatan selama 2 bulan (1 bulan = 30 hari) dengan 100 pekerja. Jika hanya tersedia 30 pekerja berapa hari jembatan itu dapat diselesaikan?
7.        Sebuah panti asuhan mempunyai persediaan beras untuk 20 anak yatim selama 15 hari. Jika penghuni panti asuhan bertambah 5 anak yatim, berapa hari persediaan beras itu akan habis?
8.        Seorang peternak mempunyai persediaan makanan untuk 30 ekor kambing selama 15 hari. Jika peternak itu menjual 5 ekor kambing, berapa hari persediaan makanan itu akan habis?
9.        Seorang pemborong akan membangun rumah dalam waktu 48 hari jika dikerjakan oleh 18 pekerja. Jika ia menghendaki selesai dalam waktu 32 hari, berapa banyak tambahan pekerja?

Kreteria: Sulit
10.    Seorang pemborong memperkirakan dapat menyelesaikan suatu bangunan sekolah selama 72 hari dengan banyak pekerja 24 orang. Setelah 30 hari, pekerjaan terhenti selama 6 hari karena bahan bangunan habis. Jika kemampuan bekerja setiap orang sama dan agar pekerjaan tersebut selesai sesuai jadwal semula, berapa banyak tambahan pekerja yang dibutuhkan?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar