Lampiran
1
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN 1
(RPP
1)
Nama Sekolah :
SMP Negeri 19 Makassar
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / semester : VII / I
Standar Kompetensi : 1 Menunjukan sikap poisitif terhadap
norma-norma yang
berlaku dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan
bernegara
Kompetensi dasar :
1.1.
Mendiskripsikan hakekat norma-norma
kebiasaan
adat
istiadat
peraturan yang berlaku dalam masyarakat
Indikator :
• Mendiskrisikan
hakikat norma
• Mendiskripsikan
pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat
• Mengidentifikasikan
macam-macam
norma
• Membedakan berbagai macam norma
Alokasi Waktu :
2 x 40 menit ( 1 x pertemuan )
A. Tujuan
Pembelajaran
Setelah selesai Proses pembelajaran siswa dapat :
1. Mendiskripsikan
pengertian norma
2. Mendiskripsikan tujuan norma
3. Mendiskripsikan
pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat
4. Menguraikan macam norma
B. Materi pembelajaran
:
1. Pengertian
norma
2. Tujuan
norma
3. Pentingnya norma
4. Macam norma
5. Perbedaan
norma
yang ada dalam masyarakat
C. Metode
pembelajaran
1. Model :
Model pembelajaran cooperative learning.
2. Metode :
Student Fasilitator and Explaining, diskusi, informasi.
D. Langkah-langkah kegiatan dan pembelajaran
No
|
Pertemuan
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Ket
|
2
3. .
|
|
Pendahuluan
a. Apersepsi :
Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( Absen, kebersihan kelas DLL )
b. Motifasi
:
• Penjajagan
kesiapan belajar siswa dengan
memberikan
pertanyaan
• Informasi
kompetensi yang ingin dicapai
Kegiatan Inti
a. Penjelasan konsep secara umum tentang
berbagai norma yang berlaku kususnya di lingkungan
sekitar siswa
b. Dengan
menelaah buku siswa dapat menjelaskan/ menguraikan tentang arti norma,
tujuan norma, pentingnya norma
c. Siswa membagi diri dalam kelompok a kelompok
5( lima
) siswa
d. Dengan
model pembelajaran Jigsaw, setiap siswa diberi satu pertanyaan dalam satu lembar kertas yang di beri nomor ( kelompok asal / kooperatif )
e. Siswa
yang nomor sama membentuk satu kelompok untuk membahas permasalahan
yang sama ( kelompok ahli )
f. Setelah
selesai siswa yang ada di kelompok
ahli kembali ke kelompok asal Kooperatif untuk berpresentasi
hasil diskusi
Penutup
a.
Dengan dibawah bimbingan
guru siswa
b.
Menyimpulkan
kopentensi atau tujuan pembelajaran yang telah dibahas bersama.
c.
Post Test
|
10 menit
60 menit
10 menit
|
|
E. Sumber
Belajar
a. Buku materi PKN Kelas VII
b. Buku PKN Kelas VII, PT. Tiga Serangkai
c. Artikel atau berita dimedia masa
F. Penilaian
Penilaian dilakukan sebelum, selam dan sesudah proses pembelajaran
a.
Sebelum atau proses test memberi pertanyaan secara lisan untuk melakukan
penjajakan materi atau kopetensi yang
akan di pelajari
b. Selama proses pembelajaran yaitu pelaksanaan
aktifitas siswa berdiskusi dengan
instrumen rubik pengamatan.
No
|
Nama siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
||||
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek yang dinilai
a.
Kerjasama dalam
kelompok / keaktifan
b. Uraian yang disampaikan jelas dan tepat
c. Mudah dimengerti/ dipahami
d. Suara
jelas
e. Distribusi
pendapat dalam kelompok
C. Sesudah proses pembelajaran dengan post tes tertulis
Petunjuk :
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan tepat
1. Jelaskan
apa yang dimaksut dengan norma
2. Sebutkan
2 ( dua ) tujuan norma
3. Sebutkan macam-macam
norma
4. Bedakan
antara norma kesopanan dan norma kesusilaan
5.
Jelaskan
mengapa dalam masyarakat masih diperlukan adanya norma hukum pada sudah ada tiga norma lain
Makassar,
Agustus 2008
Mengetahui
Kepala
SMPN 19 Makassar Guru Mata Pelajaran
Abd.Hamid
Hakim, S.Pd, MM Markus
Tumbu, S.Pd
NIP. 19591128 197903 1 003 NIP. 19611231
198512 1 021 1 003
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN 2
(RPP
2)
Nama Sekolah :
SMP Negeri 19 Makassar
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / semester : VII / I
Standar
Kompetensi : 1. Menunjukan sikap positif terhadap norma-norma
yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa dan bernegara
Kompetensi Dasar : 1.2. Menjelaskan hakekat
norma kebiasaan adat istiadat peraturan
yang berlaku dalam masyarakat
Indikator :
* Menjelaskan pentingnya norma hukum
dalam kegidupan bernegara
* Mendiskripsikan jenis hukum
* Menjelaskan tujuan ditetapkan hukum dalam suatu negara
Alokasi Waktu :
( 4 x 40 Menit ) ( 2x Pertemuan )
A. Tujuan
Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa dapat
:
1. Menjelaskan pentingnya norma hukum dalam kehidupan bernegara
2. Menjelaskan
jenis hukum
3. Menjelaskan
tujuan ditetapkan hukum
4. Menjelaskan perbedaan antara hukum publik dan hukum privat
5. Menjelaskan
prinsip negara hukum
B. Materi Pembelajaran
1.
Pentingnya
hukum dalam kehidupan bernegara
2.
jenis
hukum
3.
Tujuan
ditetapkannya hukum
4.
Perbedaan
antara hukum publik dan hukum privat
5. prinsip negara hukum
C. Metode Pembelajaran
1. Model :
Model pembelajaran cooperative learning.
2. Metode :
Student Fasilitator and Explaining, diskusi, informasi.
D. Langkah-Langkah Kegiatan
Pembelajaran
No
|
Pertmuan
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Ket
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
E. Sumber belajar
a. Buku
materi PKn VII
b.
Buku
PKN Kelas VII, PT. Tiga Serangkai
c. Buku lain
d.
KUHP.
F. PENILAIAN
Penilaian di lakukan sebelum selama setindak
proses pembelajaran.
a.
Sebelum / pro test, memberi pertanyan secara lesan sebagai penjajakan kopetensi yang di bahas bersama,
b.
Selama proses pembelajaran yaitu fasilitas
siswa dalam mengkaji buku dengan materi kurikulum
c. Penilaian proyek hasil
rangkuman
No
|
Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
Nilai
|
|||
|
|
A
|
B
|
C
|
D
|
||
Aspek yang di nilai :
a. Ketepatan
waktu mengupulkan tugas
b.
Kerapian tugas
c.
Kelengkapan
hasil rangkuman
d. Tulisan dapat
terbaca
e. Sesudah
proses pembelajaran dengan post tes
tertulis
A. Petunjuk :
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !
1. Tujuan ditetapkannya hukum adalah
. . . . .
a. Terwujudnya keadilan dan ketertipan
b. Memperkokoh
persatuan dan kesatuan
c. Lancarnya
roda pemerintahan
d. Tercukupnya
kebutuhan hidup
2. Tindak kriminal pencurian termasuk
pelanggaran hukum
a. Pidana
b.
Perdata
c. Sipil
d. Publik
3. Ciri
utama norma hukum adalah . . . . . .
a.
Luas dan memaksa
b. Tegas
dan memaksa
c. Feksibel
dan mengikat
d. Terhimpit dan disahkan oleh pihak berwenag
4. Pernyataan
1. Utang
piutang
2. Sewa menyewa
3. Pembagian
warisan
4. Penganiyayaan
Pernyataan diatas yang termasuk permasalahan
hukum perdata sesuai dengan nomor . . . .
a. 1, 2, dan tiga
b.
2
dan 4
c. 1 dan 3
d. 4
5. Tugas jaksa adalah . . . . .
a. Mengadakan
penyelidikan hukum
b.
Melakukan penagkapan seseorang yang dianggap melanggar
hokum
c. Memutuskan suatu perkara
d. Melakukan penuntutan suatu perkara
B. Petunjuk :
Jawablah pertanyan di bawah ini dengan tepat dan
jelas
1. Diskripsikan mengapa
hukum sangat diperlukan dalam kehidupan bernegara !
2. Bedakan
antara hukum privat dan hokum publik !
3. Bedakan
antara terdakwa dan terpidana !
4. Sebutkan
2 ( dua ) tujuan ditetapkannnya hukum !
Makassar, Agustus 2008
Mengetahui
Kepala
SMPN 19 Makassar Guru
Mata Pelajaran
Abd.Hamid
Hakim, S.Pd, MM Markus
Tumbu, S.Pd
NIP. 19591128 197903 1 003 NIP.
19611231 198512 1 021 1 003
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN 3
(RPP 3)
Nama Sekolah :
SMP Negeri 19 Makassar
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / semester : VII / I
Standar Kompetensi :
1. Menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam
kehidupan bermasyarakat,
berbangsa dan bernegara.
Kompetensi Dasar : 1.3 Menerapkan norma-norma, kebiasaan-kebiasaan, adat istiadat dan peraturan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa dan bernegara.
Indikator : - Menjelaskan pentingnya penerapan norma, kebiasaan dan adat
istiadat yang berlaku dalam masyarakat
- Mengamati kasus-kasus pelanggaran norma
yang terjadi dalam masyarakat
Alokasi waktu :
4 x 40 Menit ( 2 x Pertemuan )
A.Tujuan Pembelajaraan
Setelah proses pembelajaran
selesai, siswa dapat :
- Menguraikan
contoh-contoh penerapan norma,
kebiasaan dan adat istiadat dalam kehidupan masyarakat
- Menjelaskan
pentingnya penerapan norma, kebiasaan dan adat istiadat dalam
kehidupan masyarakat
- Mengidentifikasi kasus-kasus pelanggaran
norma yang terjadi dalam masyarakat
B. Materi Pembelajaran
:
- Contoh-contoh
penerapan norma, kebiasaan dan adat dalam kehidupan masyarakat
- Pentingnya
penerapan norma, kebiasaan dan adat istiadat dalam kehidupan masyarakat
- Kasus-kasus pelanggaran norma yang
terjadi dalam masyarakat
C. Metode
Ceramah bervariasi, Penugasan, Diskusi kelas
D. Langkah-langkah kegiatan pembelajaraan
Pertemuan 1
a. Pendahuluan (10 Menit)
·
Siswa menyimak penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai
melalui kegiatan pembelajaran tentang kehidupan bermasyarakat
·
Siswa mencermati dan menjawab pertanyaan-pertanyaan
yang dikemukakan guru berkenaan
dengan penjelasan guru mengenai
kehidupan bermasyarakat
·
Siswa menyimak penjelasan atau klarifikasi guru tentang jawaban-jawaban yang diberikan
siswa.
·
Siswa membagi diri ke dalam kelompok-kelompok yang diminta guru untuk mengerjakan dan menjawab berbagai
pertanyaan yang ada dalam LKS
b.Kegiatan Inti (60 Menit)
·
Siswa membaca dan mendiskusikan serta mengerjakan tugas-tugas yang ada dalam LKS
·
Siswa dengan difasilitasi oleh guru mendiskusikan dan membahas LKS
·
Siswa menyimak
dan mencermati uraian materi
pokok tentang pentingnya penerapan norma,
kebiasaan, dan adat istiadat yang berlaku dalam
masyarakat serta
contoh-contoh penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
·
Siswa dengan difasilitasi guru, mengerjakan dan mendiskusikan
soal-soal yang ada dalam LKS
·
Siswa menyimak
penjelasan dan klarifikasi guru mengenai konsep-konsep inti yang berkaitan
dengan pentingnya penerapan norma,
kebiasaan dan adat istiadat yang
berlaku dalam masyarakat
·
Siswa berperan aktif
dalam kegiatan tanya jawab kelas yang
difasilitasi oleh guru
·
Siswa mengerjakan
tugas-tugas kelompok
·
Siswa mempresentasikan hasil tugas kelompok.
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
·
Siswa dengan dibimbing dan difasilitasi guru membuat rangkuman materi tentang
pentingnya penerapan norma, kebiasaan
, adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat serta contoh-contoh penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari
·
Siswa mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan
guru
Pertemuan 2
Pendahuluan (10 menit)
a.
Siswa
menyimak penjelasan guru tentang indikator
yang akan dicapai melalui kegiatan penugasan tentang
kasus-kasus pelanggaran norma yang terjadi dalam masyarakat
b. Siswa membagi diri kedalam kelompok-kelompok yang diminta guru untuk melaporkan dan mempresentasikan tugas
tentang kasus-kasus pelanggaran norma yang terjadi dalam masyarakat
Kegiatan Inti (60 menit)
a.
Siswa
dengan difasilitasi oleh guru mempresentasikan laporan tentang jenis dan jumlah
pelanggaran terhadap norma, kebiasaan
dan adat istiadat yang terjadi di masyarakat sekitar tempat tinggalnya secara berkelompok
b.
Siswa
berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab kelas yang difasilitasi oleh
guru c. Siswa menyimak
penjelasaan atau klarifikasi guru
tentang jawaban yang diberikan siswa
Kegiatan Penutup (10 menit)
a.
Siswa
dengan dibimbing dan difasilitasi
guru membuat rangkuman materi
tentang pentingnya penerapan norma,
kebiasaan dan adat istiadat yang
berlaku dalam masyarakat
b. Siswa
mencatat
tugas-tugas kegiatan yang diberikan
guru
E. Sumber Belajar
- Buku Teks Siswa Kelas VII
- Buku PKN Kelas VII, PT. Tiga Serangkai
- Tokoh masyarakat
setempat
- Artikel/ berita di media massa
- Orang tua
F. Penilaian
Penilaian
dilakukan
sebelum, selama
dan
sesudah
proses
pembelajaraan.
Penilaian
lebih
ditekankan melalui kegiatan tanyajawab dikelas, aktifitas siswa saat diskusi dan mengerjakan
tugas-tugas. Adapun teknik penilaian yang digunakan adalah tes tertulis berbentuk uraian.
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan tepat !
1. Norma dalam
masyarakat diciptakan dengan tujuan …
a. menciptakan
ketertiban , keamanan dan kebahagiaan
b. menumbuhkan
aturan – aturan baru dalam masyarakat
c. memberikan dukungan kepada pemerintah
d. menumbuhkan
kesetiaan masyarakat terhadap norma
2. Norma agama
menuntut kepada kita untuk …
a. memiliki
hati nurani yang baik
b. berlaku sopan santun
c. mentaati
undang-undang
d. memiliki
akhlak mulia
3. Akibat yang muncul akibat tidak dapat
mengendalikan diri adalah …
a. ketenangan
b.
egoisme
c. keharmonisan
d.
kerukunan
4. Berikut ini sikap kita yang benar terhadap hukum adalah …
a. mentaati
dan melaksanakan
b. memberi teladan kepada masyarakat
c.
memberi
contoh perbuatan hukum
d. mempelajari
norma hukum
5. Tata urutan peraturan perundang-undangan di Indonesia yang paling rendah,
sesuai dengan undang-undang No.10
tahun 2004 adalah …
a. undang-undang dasar
b.
peraturan daerah
c. peraturan pemerintah
d. peraturan presiden
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan jelas !
1. Diskripsikan pentingnya melaksanakan norma-norma dalam
hidup bermasyarakat !
2. Identifikasikan 3 contoh kasus pelanggaran
norma dalam kehidupan bermasyarakat !
3. Identifikasikan apa yang
dapat kamu lakukan dalam
rangka melaksanakan norma- norma dalam
kehidupan bermasyarakat. !
Makassar, Agustus 2008
Mengetahui
Kepala
SMPN 19 Makassar Guru
Mata Pelajaran
Abd.Hamid
Hakim, S.Pd, MM Markus
Tumbu, S.Pd
NIP. 19591128 197903 1 003 NIP.
19611231 198512 1 021 1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar