Sabtu, 12 Maret 2016

Proposal RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1 PTK


Lampiran 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  1
(RPP 1)


Nama Sekolah          : SMP Negeri 19 Makassar
Mata Pelajaran         : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / semester       : VII / I

Standar Kompetensi    : 1 Menunjukan sikap poisitif terhadap norma-norma  yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat  berbangsa dan bernegara
Kompetensi dasar       :  1.1. Mendiskripsikan  hakekat  norma-norma  kebiasaan  adat  istiadat peraturan yang berlaku dalam masyarakat
Indikator                      :
   Mendiskrisikan hakikat norma

   Mendiskripsikan pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat

   Mengidentifikasikan macam-macam norma

   Membedakan berbagai macam norma

Alokasi Waktu             : 2 x 40 menit ( 1 x pertemuan )



A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai Proses pembelajaran siswa dapat :
1.  Mendiskripsikan pengertian norma

2.  Mendiskripsikan tujuan norma

3.  Mendiskripsikan pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat

4.  Menguraikan macam norma


B. Materi pembelajaran :

1.  Pengertian norma

2.  Tujuan norma

3.  Pentingnya norma

4.  Macam norma

5.  Perbedaan norma yang ada dalam masyarakat

C. Metode pembelajaran
1.    Model           : Model pembelajaran cooperative learning.
2.    Metode         : Student Fasilitator and Explaining, diskusi, informasi.













































D. Langkah-langkah kegiatan dan pembelajaran

No
Pertemuan
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
















2




































3. .

Pendahuluan
a. Apersepsi :
Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( Absen, kebersihan kelas DLL )
b. Motifasi :
     Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan
     Informasi kompetensi yang ingin dicapai
Kegiatan Inti
a. Penjelasan konsep secara umum tentang berbagai norma yang berlaku kususnya di lingkungan sekitar siswa
b. Dengan menelaah buku siswa dapat menjelaskan/ menguraikan tentang arti norma, tujuan norma, pentingnya norma
c. Siswa membagi diri dalam kelompok a kelompok
5( lima ) siswa
d. Dengan model pembelajaran Jigsaw, setiap siswa diberi satu pertanyaan dalam satu lembar kertas yang di beri nomor ( kelompok asal / kooperatif )
e. Siswa yang nomor sama membentuk satu kelompok untuk membahas permasalahan yang sama ( kelompok ahli )
f. Setelah selesai siswa yang ada di kelompok ahli kembali ke kelompok asal Kooperatif untuk berpresentasi hasil diskusi
Penutup
a.    Dengan dibawah bimbingan guru siswa
b.   Menyimpulkan kopentensi  atau tujuan pembelajaran yang telah dibahas bersama.
c.    Post Test
10 menit







60 menit


























10 menit


E. Sumber Belajar

a.  Buku materi PKN Kelas VII

b.  Buku PKN Kelas VII, PT. Tiga Serangkai
c.   Artikel atau berita dimedia masa


F. Penilaian
Penilaian dilakukan sebelum, selam dan sesudah proses pembelajaran

a.  Sebelum atau proses test memberi pertanyaan secara lisan untuk melakukan penjajakan materi atau kopetensi yang akan di pelajari
b.  Selama proses pembelajaran yaitu pelaksanaan aktifitas siswa berdiskusi dengan

instrumen rubik pengamatan.



No
Nama siswa
Aspek yang dinilai
Jumlah skor
Nilai
A
B
C
D
E











Aspek yang dinilai

a.  Kerjasama dalam kelompok / keaktifan
b.   Uraian yang disampaikan jelas dan tepat
c.   Mudah dimengerti/ dipahami
d.  Suara jelas

e.  Distribusi pendapat dalam kelompok








C. Sesudah proses pembelajaran dengan post tes tertulis

Petunjuk :

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan tepat

1.  Jelaskan apa yang dimaksut dengan norma

2.  Sebutkan 2 ( dua ) tujuan norma

3.  Sebutkan macam-macam  norma

4.  Bedakan antara norma kesopanan dan norma kesusilaan

5.  Jelaskan mengapa dalam masyarakat masih diperlukan adanya norma hukum pada sudah ada tiga norma lain






  Makassar,      Agustus 2008
Mengetahui
Kepala SMPN 19 Makassar                                                           Guru Mata Pelajaran


Abd.Hamid Hakim, S.Pd, MM                                           Markus Tumbu, S.Pd
 NIP. 19591128 197903 1 003                                          NIP. 19611231 198512 1 021 1 003  





















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  2
(RPP 2)


Nama Sekolah          : SMP Negeri 19 Makassar
Mata Pelajaran         : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / semester       : VII / I

Standar Kompetensi     : 1. Menunjukan sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

Kompetensi Dasar       : 1.2. Menjelaskan hakekat norma kebiasaan adat istiadat peraturan yang berlaku dalam masyarakat
Indikator                      : *  Menjelaskan pentingnya norma hukum dalam kegidupan bernegara

* Mendiskripsikan jenis hukum

* Menjelaskan tujuan ditetapkan hukum dalam suatu negara

Alokasi Waktu              : ( 4 x 40 Menit ) ( 2x Pertemuan )



A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa dapat :

1.  Menjelaskan pentingnya norma hukum dalam kehidupan bernegara

2.  Menjelaskan jenis hukum

3.  Menjelaskan tujuan ditetapkan hukum

4.  Menjelaskan perbedaan antara hukum publik dan hukum privat

5.  Menjelaskan prinsip negara hukum


B. Materi Pembelajaran
1.  Pentingnya hukum dalam kehidupan bernegara
2.  jenis hukum
3.  Tujuan ditetapkannya hukum
4.  Perbedaan antara hukum publik dan hukum privat
5.  prinsip negara hukum


C. Metode Pembelajaran
1.    Model           : Model pembelajaran cooperative learning.
2.    Metode         : Student Fasilitator and Explaining, diskusi, informasi.


D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

No
Pertmuan
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket

















E. Sumber belajar
a.  Buku materi PKn VII

b.  Buku PKN  Kelas VII, PT. Tiga Serangkai
c.   Buku lain
d. KUHP.

F. PENILAIAN
Penilaian di lakukan sebelum selama setindak proses pembelajaran.

a.  Sebelum / pro test, memberi pertanyan secara lesan sebagai penjajakan kopetensi yang di bahas bersama,
b.  Selama proses pembelajaran yaitu fasilitas siswa dalam mengkaji buku dengan materi kurikulum
c.  Penilaian proyek hasil rangkuman







No
Siswa
Aspek yang dinilai
Skor
Nilai


A
B
C
D










Aspek yang di nilai :
a.  Ketepatan waktu mengupulkan tugas
 b.   Kerapian tugas

c.  Kelengkapan hasil rangkuman
d.   Tulisan dapat terbaca
e.  Sesudah proses pembelajaran dengan post tes tertulis



A. Petunjuk :

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !

1. Tujuan ditetapkannya hukum adalah  . . . . .
a.   Terwujudnya keadilan dan ketertipan
b.   Memperkokoh persatuan dan kesatuan
 c.   Lancarnya roda pemerintahan
d.  Tercukupnya kebutuhan hidup

2. Tindak kriminal pencurian termasuk pelanggaran hukum

a.   Pidana
b.  Perdata
c.   Sipil
d.  Publik


3. Ciri utama norma hukum adalah . . . . . .

a.   Luas dan memaksa
b.  Tegas dan memaksa

c.  Feksibel dan mengikat

d.  Terhimpit dan disahkan oleh pihak berwenag


4. Pernyataan
1.  Utang piutang

2.  Sewa menyewa

3.  Pembagian warisan

4.  Penganiyayaan

Pernyataan diatas yang termasuk permasalahan hukum perdata sesuai dengan nomor . . . .

a.   1, 2, dan tiga
b.  2 dan 4
 c.  1 dan 3
d.  4


5. Tugas jaksa adalah  . . . . .

a.  Mengadakan penyelidikan hukum

b.  Melakukan penagkapan seseorang yang dianggap melanggar hokum
 c.   Memutuskan suatu perkara
d.  Melakukan penuntutan suatu perkara


B. Petunjuk :

Jawablah pertanyan di bawah ini dengan tepat dan jelas

1.  Diskripsikan  mengapa hukum sangat diperlukan dalam kehidupan bernegara !

2.  Bedakan antara hukum privat dan hokum publik !

3.  Bedakan antara terdakwa dan terpidana !

4.  Sebutkan 2 ( dua ) tujuan ditetapkannnya hukum !




              Makassar,      Agustus 2008
Mengetahui
Kepala SMPN 19 Makassar                                         Guru Mata Pelajaran


Abd.Hamid Hakim, S.Pd, MM                                     Markus Tumbu, S.Pd
 NIP. 19591128 197903 1 003                                                NIP. 19611231 198512 1 021 1 003  


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 3
(RPP 3)



Nama Sekolah          : SMP Negeri 19 Makassar
Mata Pelajaran         : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / semester       : VII / I


Standar Kompetensi       :  1.    Menunjukkan  sikap  positif  terhadap  norma-norma  yang  berlaku dalam
kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Kompetensi Dasar          : 1.3 Menerapkan norma-norma, kebiasaan-kebiasaan, adat istiadat dan peraturan yang  berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Indikator                        :   -  Menjelaskan pentingnya penerapan norma, kebiasaan dan adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat
- Mengamati kasus-kasus pelanggaran norma yang terjadi dalam masyarakat
Alokasi waktu                : 4 x 40 Menit ( 2 x Pertemuan )



A.Tujuan Pembelajaraan

Setelah proses pembelajaran selesai, siswa dapat :

-      Menguraikan contoh-contoh penerapan norma, kebiasaan dan adat istiadat dalam kehidupan masyarakat
-      Menjelaskan pentingnya penerapan norma, kebiasaan dan adat istiadat dalam kehidupan masyarakat
-      Mengidentifikasi kasus-kasus pelanggaran norma yang terjadi dalam masyarakat


B. Materi Pembelajaran :

-      Contoh-contoh penerapan norma, kebiasaan dan adat dalam kehidupan masyarakat
-      Pentingnya penerapan norma, kebiasaan dan adat istiadat dalam kehidupan masyarakat


-     Kasus-kasus pelanggaran norma yang terjadi dalam masyarakat



C. Metode

Ceramah bervariasi, Penugasan, Diskusi kelas



D. Langkah-langkah kegiatan pembelajaraan

Pertemuan 1

a. Pendahuluan (10 Menit)

·         Siswa menyimak  penjelasan  guru  tentang  indikator  yang  akan  dicapai  melalui  kegiatan pembelajaran tentang kehidupan bermasyarakat
·         Siswa mencermati dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dikemukakan guru berkenaan dengan penjelasan guru mengenai kehidupan bermasyarakat
·         Siswa menyimak penjelasan atau klarifikasi guru tentang jawaban-jawaban yang diberikan siswa.
·         Siswa membagi diri ke dalam kelompok-kelompok yang diminta guru untuk mengerjakan dan menjawab berbagai pertanyaan yang ada dalam LKS
b.Kegiatan Inti (60 Menit)

·         Siswa membaca dan mendiskusikan serta mengerjakan tugas-tugas yang ada dalam LKS

·         Siswa dengan difasilitasi oleh guru mendiskusikan dan membahas LKS

·         Siswa menyimak dan mencermati uraian materi pokok tentang pentingnya penerapan norma, kebiasaan, dan adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat serta contoh-contoh penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
·         Siswa dengan difasilitasi guru, mengerjakan dan mendiskusikan soal-soal yang ada dalam LKS


·         Siswa menyimak penjelasan dan klarifikasi guru mengenai konsep-konsep inti yang berkaitan dengan pentingnya penerapan norma, kebiasaan dan adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat
·         Siswa berperan aktif dalam kegiatan tanya jawab kelas yang difasilitasi oleh guru
·          Siswa mengerjakan tugas-tugas kelompok
·         Siswa mempresentasikan hasil tugas kelompok.



c. Kegiatan Penutup (10 menit)

·         Siswa dengan dibimbing dan difasilitasi guru membuat rangkuman materi tentang pentingnya penerapan norma, kebiasaan , adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat serta contoh-contoh penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
·         Siswa mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan guru




Pertemuan 2

Pendahuluan (10 menit)

a.  Siswa menyimak penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai melalui kegiatan penugasan tentang kasus-kasus pelanggaran norma yang terjadi dalam masyarakat
b.  Siswa membagi diri kedalam kelompok-kelompok yang diminta guru untuk melaporkan dan mempresentasikan tugas tentang kasus-kasus pelanggaran norma yang terjadi dalam masyarakat




Kegiatan Inti (60 menit)

a.  Siswa dengan difasilitasi oleh guru mempresentasikan laporan tentang jenis dan jumlah pelanggaran terhadap norma, kebiasaan dan adat istiadat yang terjadi di masyarakat sekitar tempat tinggalnya secara berkelompok
b.  Siswa berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab kelas yang difasilitasi oleh guru c.   Siswa menyimak penjelasaan atau klarifikasi guru tentang jawaban yang diberikan siswa


Kegiatan Penutup (10 menit)

a.  Siswa dengan dibimbing dan difasilitasi guru membuat rangkuman materi tentang pentingnya penerapan norma, kebiasaan dan adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat
b.  Siswa mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan guru







E. Sumber Belajar

-      Buku Teks Siswa Kelas VII

-      Buku PKN Kelas VII, PT. Tiga Serangkai

-      Tokoh masyarakat setempat

-      Artikel/ berita di media massa

-      Orang tua



F. Penilaian

Penilaian  dilakukan  sebelum,  selama  dan  sesudah  proses  pembelajaraan.  Penilaian  lebih ditekankan melalui kegiatan tanyajawab dikelas, aktifitas siswa saat diskusi dan mengerjakan tugas-tugas. Adapun teknik penilaian yang digunakan adalah tes tertulis berbentuk uraian.
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan  tepat !

1. Norma dalam masyarakat diciptakan dengan tujuan …

a. menciptakan ketertiban , keamanan dan kebahagiaan

b. menumbuhkan aturan – aturan baru dalam masyarakat
 c. memberikan dukungan kepada pemerintah
d. menumbuhkan kesetiaan masyarakat terhadap norma

2. Norma  agama menuntut kepada kita untuk

a. memiliki hati nurani yang baik
 b. berlaku sopan santun
c. mentaati undang-undang
 d. memiliki akhlak mulia
3. Akibat yang muncul akibat tidak dapat mengendalikan diri adalah …

a. ketenangan
b. egoisme
c. keharmonisan
d. kerukunan
4. Berikut ini sikap kita yang benar terhadap hukum adalah …

a. mentaati dan melaksanakan

b. memberi teladan kepada masyarakat
 c. memberi contoh perbuatan hukum
d. mempelajari norma hukum

5. Tata urutan peraturan perundang-undangan di Indonesia yang paling rendah, sesuai dengan undang-undang No.10 tahun 2004 adalah …

a. undang-undang dasar
b. peraturan daerah
c. peraturan pemerintah

d. peraturan presiden




Jawablah pertanyaan berikut ini dengan jelas !

1. Diskripsikan pentingnya melaksanakan norma-norma dalam hidup bermasyarakat !

2. Identifikasikan 3 contoh kasus pelanggaran norma dalam kehidupan bermasyarakat !
3. Identifikasikan apa  yang dapat kamu lakukan dalam rangka melaksanakan norma- norma dalam   kehidupan bermasyarakat. !





Makassar,      Agustus 2008
Mengetahui
Kepala SMPN 19 Makassar                                         Guru Mata Pelajaran


Abd.Hamid Hakim, S.Pd, MM                                     Markus Tumbu, S.Pd
 NIP. 19591128 197903 1 003                                                NIP. 19611231 198512 1 021 1























Tidak ada komentar:

Posting Komentar