Minggu, 20 Maret 2016

kunci jawaban US Kimia XI 2011


I
Latihan soal 1.1
1.
a. elektrolit kuat
b. elektrolit lemah
c. elektrolit lemah
d. elektrolit lemah
e. elektrolit kuat
f. elektrolit kuat
g. elektrolit lemah
h. elektrolit kuat
i. elektrolit lemah
j. elektrolit kuat
2.
a. asam
b. basa
c. asam
d. asam
e. asam
f. asam
g. asam
h. basa
i. asam
j. basa

Latihan soal 1.2
1.    PO = 23,76 mmHg
P    = 23,16 mmHg
∆P  = (23,76 – 23,16) mmHg
        = 0,60 mmHg
2.    ∆Tb   = Kb x m
                = 0,52 x 
                = 0,104˚C
Tb larutan glukosa = 100,104˚ C
∆Tf    = Kf x m
                = 1,86 x
                = 0,372˚ C
   Tf larutan glukosa = -0,372˚ C
3.    m       =  
=  
= 10/6
= 1,67 m
4.    π     = M x R x T x n
4,77= M x 0,082 x 298 x 2
M    = 0,097 M
5.    p = M x R x T
1 atm =   x 0,082 x 298
g   = 7,35 gram

Latihan soal 1.3
1.    HSO4-(aq)   + CO32-(aq) ® SO42-(aq) + HCO3-(aq)


asam                                             asam                    
basa           bssa
2.    BF3 + NH3 ® NH3BF3


+      



 


+          


asam       basa
Pada reaksi antara BF3 dan NH3, yang merupakan asam Lewis adalah BF3 karena mampu menerima sepasang elektron, sedangkan NH3 merupakan basa Lewis.
3.    HCO3-(aq) +    H2O(l)  D     CO32-(aq)   +    H3O+(aq)
asam           basa             basa             asam
konjugasi
konjuagsi

HCO3-(aq) +    H2O(l)      D   H2CO3(aq)       +         OH-(aq)
basa           asam             asam          basa
konjugasi
konjuagsi




4.    NH3 0,1 M.
α = 1%
[NH3] yang terionisasi = 1% × 0,1 M = 0,01 M
[NH3] setelah ionisasi = 0,1 – 0,01 = 0,09 M
[OH-]     =
              =
              = 9.10-4
pOH = 4 – log 9
pH   = 10 + log 9
5.    HCl       +  NaOH             NaCl    +    H2O
10 mmol   5 mmol               -                  -
5 mmol    5 mmol          5 mmol      5 mmol
5 mmol        -                5 mmol      5 mmol

HCl sisa = 5 mmol
[HCl] =
= 5.10-3 M
[H+] = 5.10-3 M
pH = 3 – log 5

Latihan soal 1.4
1.    Hidrolisis garam adalah terurainya garam dalam air yang menghasilkan asam atau basa.
a.    Garam yang terbentuk dari reaksi asam kuat dengan basa kuat (misalnya NaCl, K2SO4 dan lain-lain) tidak mengalami hidrolisis. Untuk jenis garam yang demikian nilai pH = 7 (bersifat netral).
b.    Garam yang terbentuk dari reaksi asam kuat dengan basa lemah (misalnya NH4Cl, AgNO3 dan lain-lain) hanya kationnya yang terhidrolisis (mengalami hidrolisis parsial). Untuk jenis garam yang demikian nilai pH < 7 (bersifat asam).
c.    Garam yang terbentuk dari reaksi asam lemah dengan basa kuat (misalnya CH3COOK, NaCN dan lain-lain) hanya anionnya yang terhidrolisis (mengalami hidrolisis parsial). Untuk jenis garam yang demikian nilai pH > 7 (bersifat basa).
d.   Garam yang terbentuk dari reaksi asam lemah dengan basa lemah (misalnya CH3COONH4, Al2S3 dan lain-lain) mengalami hidrolisis total (sempurna). Untuk jenis garam yang demikian nilai pH-nya tergantung harga Ka dan Kb.
2.    a.   netral            d.   asam
b.    basa              e.   basa
c.    basa
3.    NaCN(aq) ® Na+(aq) + CN-(aq)
0,01 M                    0,01 M
[OH-] =
[OH-] =
[OH-] = 10-3
pOH                = 3
pH = 11
4.    a.   CH3COONa ® CH3COO- + Na+
                                     
CH3COO- + H2O ® CH3COOH + OH-
        b.     [OH-] =
                         = 10-5
            pOH = 5
            pH   = 9
5.     [H+]   =
[H+]    =
[H+]    =
pH = log (2 x 10-9)½
= ( log 2 x 10-9) = 9

Latihan soal 1.5
1.    AgCl →  Ag+  + Cl
10-5         10-5     10-5
Ksp AgCl = [Ag+] [Cl-]
= 10 -5 .10 -5
= 10 -10

2.    CaSO4                 Ca2+ + SO42-
                                     s                 s
Ksp = [Ca2+] [SO42-]
2,8.10-4 = s . s
s = 1,67.10-2 mol/liter
dalam 2,5 liter s = 1,67.10-2 . 2,5 = 4,175.10-2 mol/liter

3.    Ag2CrO4                 2Ag+        +   CrO42-
        6,5.10-5 M          1,3.10-4 M     6,5.10-5 M
        Ksp = [Ag+]2 [CrO42-]
               = (1,3.10-4)2. 6,5. 10-5
               = 1,098. 10-12

4.    Ksp Ca(OH)2 = 4 x 10-12
Ca(OH)2(s)   D     Ca2+(aq)    +        2OH-(aq)
s mol/liter         s mol/liter        2s mol/liter

Ksp Ca(OH)2 = [Ca2+] [OH-]2
4 x 10-12 = (s)(2s)2
4 x 10-12 = 4s3
10-12 = s3
s = 10-4 mol/liter
5.    a.   s AgCl = 1,435 mg/liter
= 1,435 x 10-3 g/liter
= x 10-3 mol/liter = 10-5 mol/liter
b.    AgCl(s)        D      Ag+(aq)    +      Cl-(aq)
10-5 mol/liter 10-5 mol/liter   10-5 mol/liter
[Ag+] = 10-5 mol/liter
[Cl-]   = 10-5 mol/liter
c.    Ksp AgCl   = [Ag+] [Cl-]
= 10-5 x 10-5 = 10-10

Latihan soal 1.6
1.    Larutan CH3COOH 1 m artinya terdapat 1 mol CH3COOH dalam 1000 gram pelarut air
2.    X NaOH =
3.    m   = = 0,25 m
4.    2 gram NaOH = mol = ra mol = 50 ra mol
M =  = 0,2 M (0,2 molar)
Yang terbentuk adalah larutan NaOH 0,2 M
5.    M   = = 0,33 M

LEMBAR KEGIATAN SISWA 1
Tugas Individu
1.    Zat yang jumlahnya lebih sedikit di dalam larutan disebut (zat) terlarut atau salut, sedangkan zat yang jumlahnya lebih banyak daripada zat-zat lain dalam larutan disebut pelarut atau solven.
2.    massa gula = 30% x 1000 gram (Mr = 342)
Tb = Kb . m
= 0,512 .
= 0,449o C
Jadi, larutan gula tersebut mendidih pada suhu 100, 449o C.
3.    HCOOH merupakan senyawa asam. Reaksi ionisasi: HCOOH ® HCOO- + H+.
4.     
HBr(aq)               +    H2O(l)       ®      H3O+(aq)   +           Br(aq)
 


        asam                                                                    basa  
                                 basa                    asam
5.     [H+] =
=
= 10-7
pH = 7

Tugas kelompok
Kebijakan guru

UJI KOMPETENSI 1
I.       PILIHAN GANDA
1.    D
7.    C
13.  D
19.  D
25.  B
2.    B
8.    E
14.  A
20.  A
26.  D
3.    C
9.    C
15.  D
21.  E
27.  D
4.    C
10.  A
16.  D
22.  D
28.  A
5.    B
11.  E
17.  B
23.  C
29.  E
6.    A
12.  B
18.  E
24.  D
30.  B

II.     ISIAN
1.     tinggi
2.     larutan nonelektrolit
3.     Johanes N. Bronsted dan Thomas M. Lowry
4.     Na2CO3(aq) + 2HCl(aq) ® 2NaCl(aq) + CO2(aq) + H2O(l)
2Na+(aq) + CO32-(aq) + 2H+(aq) + 2Cl-(aq) ® 2Na+(aq) + 2Cl-(aq) + CO2(aq) + H2O(l)
Persamaan reaksi ion bersihnya:
CO32-(aq) + 2H+(aq) ® CO3(g) + H2O(l)
5.     basa kuat dan asam lemah
6.     larutan dengan pelarutnya
7.     (NH4)2SO4      ®         2NH4+          +              SO42-
0,1 M          0,2 M        0,1 M
NH4+  +  H2O ® NH4OH + H+
0,2 M      
[H+] =   
=     
= 0,707 × 10-5
= 7,07 . 10-6
pH = 5,15
8.     [H+]  =
= = 1,3 x 10-3 M
pH = - log 1,3 x 10-3 = 3 – log 1,3
9.     M =
            = 2,5 . 10-3 M
10.   XNaOH = =   

III.    URAIAN
1.     a.     Kenaikan titik didih (∆Td)
b.     Penurunan titik beku (∆Tb)
c.     Tekanan osmotik  (p)
d.     Penurunan tekanan uap (∆p)
2.     Berdasarkan daya hantar listriknya, larutan terbagi menjadi 3 yaitu sebagai berikut.
a.     Larutan elektrolit kuat adalah larutan yang di dalamnya terdapat zat yang terionisasi secara sempurna dalam pelarut air sehingga dapat menghantarkan arus listrik dengan baik. Contohnya: larutan H2SO4, HCl, HNO3, NaOH, Ba(OH)2 dan lain-lain.
b.     Larutan elektrolit lemah adalah larutan yang di dalamnya terdapat zat yang terionisasi sebagian dalam pelarut air sehingga dapat menghantarkan arus listrik yang sifatnya lemah. Contohnya: larutan cuka (CH3COOH) , NH4OH, H3PO4 dan lain-lain.
e.     Larutan nonelektrolit adalah larutan yang yang di dalamnya terdapat zat yang tidak dapat terionisasi sama sekali sehingga tidak dapat menghantarkan arus listrik. Contohnya: larutan urea (CO(NH2)2), larutan gula, dan lain-lain.
3.     ∆Tb = Kb. m
            = 0,52 . = 0,104
      Tb = 100,104˚ C
     ∆Tf = Kf. m
          = 1,86 . = 0,372
Tf = -0,372˚ C

4.     Elektrolit biner, harga n = 2
DTf = 1,55 = m x Kf x i
1,55 = 0,5 x 1,86 x i
i = 1 + (n – 1) a
1,66 = 1 + (2 – 1) a
a = 1,66 – 1 = 0,66
5.      [H+] =
[H+]  =
[H+]  = = 10-3 M
6.     Mcampuran = = 0,24 M
m= =5,4
7.     Tekanan osmosis = M x R x T
= x 0,082 x 300 = 2,46 atm

8.     Ksp Ag2SO4 = 3,2 x 10-5 = 32 x 10-6
Ag2SO4 D   2Ag+ + SO42-
s                2s         s

Ksp = [Ag+]2[SO42-]
= (2s)2 x s = 4s3
s  =
= = 2 x 10-2

9.     HSO4(aq) + CO32-(aq) ® SO4 2-(aq) + HCO3(aq)
 


Asam                           basa
Basa                            asam       
                 
10.   CaCl2    + Na2CO3   ®   CaCO3 +    2NaCl
10 mmol  10 mmol             -                -
10 mmol  10 mmol       10 mmol    20 mmol
-                -             10 mmol   20 mmol
a.     Mol CaCO3 = 10 mmol
        [CaCO3] = 10 mmol / 200 mL = 5 x10-2 M
b.     massa endapan CaCO3 yang terjadi:
9 mmol x 100 gram/mol = 1000 mgram = 1 gram


BAB II
Latihan soal 2.1
1.
a. Larutan elektrolit lemah  
b. Larutan elektrolit lemah
c. Larutan elektrolit kuat
d. Larutan elektrolit kuat
e. Larutan nonelektrolit

2.
a. NaCN            Na++CN-
b. HNO2             H++ NO2-
c. KF                 K+    +    F-
d. CaCl2                  Ca2+   +  2Cl-
e. CO(NH2)2
Latihan soal 2.2
1.    a.   Katode:      Zn (mempunyai E0 lebih tinggi, sehingga kutub positif)
Anode:       Mg (mempunyai E0 lebih rendah)
b.       = E˚katode – E˚anode
= E˚Zn – E˚Mg
= -0,76 – (-2,37) = +1,61
c.    Reaksi yang terjadi
di anode: Mg(s) ® Mg2+(aq) + 2e                E˚ = +2,37              
+
di katode: Zn2+(aq) + 2e ® Zn(s)  E˚ = -0,76
Reaksi sel: Mg(s) + Zn2+(aq) ® Mg2+(aq) + Zn(s) sel = 1,61
Notasi sel: Mg(s) | Mg2+ (1 M) || Zn2+(aq) | Zn(s) sel = 1,61
2.    Elektrolisis leburan KI dengan elektrode grafit

2KI(l) ® 2K+(l) + 2I-(l)
Anode (+)  : 2I-(l) ® I2(g) + I2(g) + I2(g) + 2e
+
Katode (-)  : 2K+(l) + 2e ® 2K(l)
2KI(l) ® 2K(l) + I2(g)
Hasil elektrolisis leburan KI dengan elektrode grafit terdiri atas gas I2 di anode dan logam kalium cair di katode.
3.     
a.    Mengalami oksidasi             = Cu
b.    Mengalami reduksi               = HNO3
c.    Hasil oksidasi                       = Cu(NO3)2
d.   Hasil reduksi                         = NO
e.    Bertindak sebagai oksidator   = HNO3
f.     Bertindak sebagai reduktor = Cu
4.    MnO4-(aq) + H2C2O4(aq) + H+(aq) ® Mn2+(aq) + CO2(g) + H2O(l)
MnO4-(aq) + H2C2O4 (aq) ® Mn2+(aq) + 2CO2(g) 
 


+7           +3                     +2               +4

MnO4-(aq) + H2C2O4 (aq) ® Mn2+(aq) + 2CO2(g) 

turun 5 ×2
+7           +6     naik 2 × 5        +2               +8

2MnO4-(aq) + 5H2C2O4(aq) + 6H+(aq) ® 2Mn2+(aq) + 10CO2(g) + 8H2O(l)
5.    Korosi adalah reaksi redoks antara suatu logam dengan berbagai zat di lingkungannya yang menghasilkan senyawa-senyawa yang tak dikehendaki.
Cara-cara pencegahan korosi di antaranya sebagai berikut.
a.    Mengecat. Jembatan, pagar, dan railing biasanya dicat. Cat menghindarkan kontak besi dengan udara dan air
b.    Melumuri dengan oli atau gemuk. Cara ini diterapkan untuk berbagai perkakas dan mesin. Oli dan gemuk mencegah kontak besi dengan air.
c.    Dibalut dengan plastik. Berbagai macam barang, misalnya rak piring dan keranjang sepeda dibalut dengan plastik. Plastik mencegah kontak besi dengan udara dan air.
d.   Tin plating (pelapisan dengan timah). Kaleng-kaleng kemasan terbuat dari besi yang dilapisi dengan timah. Pelapisan dilakukan secara elektrolisis, yang disebut electroplating.
e.    Galvanisasi (pelapisan dengan zink). Pipa besi, tiang telpon, badan mobil, dan berbagai barang dilapisi dengan zink. Berbeda dengan timah, zink dapat melindungi besi dari korosi sekalipun lapisannya tidak utuh. Hal itu terjadi karena atau mekanisme yang disebut perlindungan katode.
f.     Cromium plating (pelapisan dengan kromium)
g.   Sacrificial protection (pengorbanan anode). Magnesium adalah logam yang jauh lebih aktif (lebih mudah berkarat) daripada besi. Jika magnesium dikontakkan dengan besi, maka magnesium itu akan berkarat tetapi besi tidak. Cara ini dilakukan untuk melindungi pipa baja yang ditanam dalam tanah atau badan kapal laut.

LEMBAR KEGIATAN SISWA 2
Tugas Individu
1.    NH 3(aq) + H2O(aq)↔ NH4+(aq) + OH(aq)
2.    a.   Potensial elektroda standar adalah daya gerak listrik yang timbul karena pelepasan elektron dari reaksi reduksi yang dilakukan pada keadaan standar (suhu 25° C, 1 atm)
 b.  Tanda negatif berarti elektrode yang lebih sukar mengalami reduksi.
3.    Larutan H2SO4;  I = 10 A
t = 965 detik
Gas O2 dibebaskan di anode menurut reaksi:
2H2O(l) ® 4H+(aq) + O2(g) + 4e
Jumlah mol elektron = mol
= mol = 0,1 mol
Jumlah mol O2 = ¼. 0,1 = 0,025 mol
Volume O2 = 0,025 mol . 22,4 L/mol = 0,56 L
4.    Ag+ + PO43- ® Ag3PO4
5.    Dikarenakan elektrolit terurai menjadi ion-ion dalam pelarut air.

Tugas Kelompok: Kebijakan guru
UJI KOMPETENSI 2
I. PILIHAN GANDA
1.    E
7.    D
13.  B
19.  C
25.  E      
2.    B
8.    D
14.  C
20.  B
26.  A
3.    B
9.    B
15.  B
21.  E
27.  D
4.    D
10.  A
16.  D
22.  B
28.  D
5.    D
11.  E
17.  E
23.  A
29.  A
6.    E
12.  B
18.  C
24.  A
30.  D

II.    ISIAN
1.    larutan elektrolit kuat
2.    Pb (anode) dan PbO2 (katode)
3.    elektrokimia
4.    penyepuhan
5.    40,92 gram
6.    Fe2O3 x H2O
7.    H3PO4 ® 3H+  +  PO43-
8.    potensiometer
9.    mengalami kenaikan bilangan oksidasi
10.  lampu mati, gelembung tidak ada

III.   URAIAN
1.    a.   NH4NO3 biloks N pada NH4+ = -3; N pada NO3- = +5;   H = +1; O = -2
b.    FeCO3        biloks Fe = +2; C = + 4; O = -2
c.    CH3COOH biloks C1 = +4; H = +1; O = -2; C2 = -4
d.   KCNS         biloks K = +1; C = +4; N = -3; S = -2
e.    H2Cr2O7      biloks H = +1; Cr = +6; O = -2
2.    a.   H2SO4 ® SO2: reduksi
 

                                  
-8             -4
+6             +4
turun




b.    MnCI2 ® MnO2: oksidasi
 

        
-2            -4
+2             +4
naik

c.    K1C2O4 ® CO2: reduksi
 

 
-2     -8         -4
+6          +4
turun

3.    Dalam padatan, ion-ion tidak dapat bergerak bebas. Sedangkan dalam larutan, akan terbentuk ion-ion yang bergerak bebas. Adanya ion-ion yang bergerak bebas dalam larutan itulah yang menyebabkan larutan elektrolit dapat meghantarkan arus listrik. Semakin banyak jumlah ion yang terkandung dalam larutan elektrolit, maka akan semakin tinggi pula daya hantar listriknya
4.    Cromium plating (pelapisan dengan kromium). Besi atau baja juga dapat dilapisi dengan kromium untuk memberi lapisan pelindung yang mengkilap, misalnya untuk bumper mobil. Cromium plating juga dilakukan dengan elektrolisis. Sama seperti zink, kromium dapat memberi perlindungan sekalipun lapisan kromium itu ada yang rusak.
5.    a.   Elektrolisis NaCl cair (leburan) dengan elektrode grafit
2NaCl(l) ® 2Na+(l) + 2Cl-(l)
Anode (+)  : 2Cl-(l) ® Cl2(g) + 2e
+
Katode (-)  : 2Na+(l) + 2e ® Na(l)
2Na+(l) + 2Cl-(l) ® Cl2(g) + Na(l)
b.    Elektrolisis larutan NaCl pekat dengan elektrode karbon (grafit)
2NaCl(aq) ® 2Na+(aq) + 2Cl-(aq)
Anode (+)  : 2Cl-(aq) ® Cl2(g) + 2e
+
Katode (-)  : 2H2O(l) + 2e ®H2(g) + 2OH-(aq)
2Cl-(aq) +2H2O(l) ® Cl2(g) + H2(g) + 2OH-(aq)

6.    a.   H2S(g) + Cr2O7 2-(aq) + H+(aq) ® S(s) + Cr3+(aq) + H2O(l)
H2S(g) + Cr2O7 2-(aq) ® S(s) + Cr3+(aq) 
 

-2                               0
+6                        +3
H2S(g) + Cr2O7 2-(aq) ® S(s) + 2Cr3+(aq) 
naik 2 × 3
-2                turun 6         0
+12                      +6

3H2S(g) + Cr2O72-(aq) + 8H+(aq) ® 3S(s) + 2Cr3+(aq) + 4H2O (l)

b.    KClO3(s) + H2SO4(l) ® KHSO4(s) + O2(g) + ClO2(g) + H2O(g)
turun 1 × 2
+5                 naik 2                                +4
-2                                          0

2KClO(s) + H2SO4(l) ® KHSO4(s) + O2(g) + 2ClO2(g) + H2O(g)

7.    Larutan CuSO4
Katode: Cu2+ + 2e ® Cu
Anode: 2H2O(l) ® O2(g) + 4H+ + 4e
Massa Cu = 0,4 . = 12,7 gram
2H2O(l) ® O2(g) + 4H+ + 4e
Jumlah mol elektron = 0,4 F = 0,4 mol
Jumlah mol O2 = ¼ . 0,4 mol = 0,1 mol
Jadi volume O2 = 0,1 mol x 22,4 L/mol = 2,24 L

8.    massa Cu = = = 3,2 gram
9.    Reaksi
1.    Mg terletak di sebelah kiri deret volta, maka reaksi tidak dapat berlangsung. Mg harus berbentuk unsur (bukan ion).
2.    Pb terletak di sebelah iri deret volta, maka reaksi tidak dapat berlangsung. Pb harus berbentuk  unsur (bukan ion).
3.    Mg terletak di sebelah kiri deret volta, maka reaksi tidak dapat berlangsung. Mg harus berbentuk unsur (bukan ion).
4.    Mg terletak di sebelah kiri deret volta, maka reaksi berlangsung. Mg berbentuk unsur (bukan ion).
10.  Tanda-tanda perkaratan antara lain:
a.    bertambah massanya
b.    warnanya berubah menjadi kekuningan

PELATIHAN UJIAN TENGAH SEMESTER
I.        PILIHAN GANDA
1.    C
7.    A
13.  C
19.  B
25.  E      
2.    A
8.    B
14.  D
20.  E
26.  E
3.    E
9.    D
15.  E
21.  E
27.  B
4.    E
10.  A
16.  B
22.  B
28.  A
5.    E
11.  B
17.  C
23.  A
29.  C
6.    E
12.  A
18.  A
24.  A
30.  D

II.    ISIAN
1.    nonelektrolit
2.    asam kuat
3.    senyawa yang terlarut dalam air menghasilkan ion hidroksida (OH-)
4.    asam kuat dan basa lemah
5.    [H+] = 0,1 M
6.    electroplating
7.    8 s = 1.10-5 M
8.    pH = 1,37
9.    pH = 10 – log 3
10.  5 = 10-4 mol/liter

III.   URAIAN
1.    a.   Larutan elektrolit yaitu larutan yang dapat menghantarkan arus listrik
b.    Larutan nonelektrolit yaitu larutan yang tidak dapat menghantarkan arus listrik
2.   m = = 0,02 m
∆Tb = Kb . m
= 0,52 . 0,02
= 0,0104° C
Jadi Tb = 100,0104° C

∆Tf  = Kf . m
= 1,86 . 0,02
= 0,0372° C
Jadi Tf = -0,0372° C
3.   Ksp Mg(OH)2 = 3,2 x 10-11
Mg(OH)2(s) D Mg2+(aq) + 2OH-(aq)
s = = 2 x 10-4 mol/liter
Jadi, Mg(OH)2 yang dapat larut dalam 250 ml air sebanyak:
= 2 x 10-4 .
= 5 x 10-5 mol
= 5 x 10-5 mol x Mr Mg(OH)2
= 5 x 10-5 mol x 589 gram/mol
      = 2,9 x 10-3 gram
4.   Jumlah mol NH3 = M x V
= (0,4 x 200) mmol = 80 mmol
Jumlah mol HCl = M x V
= (0,2 x 200) mmol = 40 mmol

                    NH3        +                       HCl          ®          NH4Cl
mula-mula  :                  80 mmol             40 mmol         -
+
reaksi       : -40 mmol   -40 mmol    +40 mmol
akhir         : 40 mmol           0            40 mmol
Pada akhir reaksi, di dalam sistem terdapat 40 mmol NH3 dan NH4Cl yang terurai menghasilkan NH4+ sebanyak 40 mmol.
[OH-] = 1 x 10-5 .
[OH-] = 1 x 10-5
pOH = - log 1 x 10-5 = 5
pH = 14 – 5 = 9
5.   Ksp CaCO3 = 1,6.10-9
1,6.10-9 = s2
s = 4.10-5 M
mol CaCO3 = 4.10-5 M. 0,25 L
= 1.10-5 mol
Massa CaCO3 = 1.10-5 mol x 100 gram/mol
= 1.10-3 gram
                                = 1 mgram
6.   KOH        +    CH3COOH ®   CH3COOK + H2O
25 mmol         25 mmol                  -
25 mmol         25 mmol           25 mmol
-                     -                   25 mmol
[CH3COOK] = 25 mmol / 100 mL = 0,25 M
CH3COOK ® CH3COO- + K+
CH3COO- + H2O ® CH3COOH + OH-
[OH-] = = 5 . 10-5,5
pOH = 4,8
pH = 9,2
7.   Larutan NaOH dan LiBr merupakan larutan eletrolit kuat, karena merupakan senyawa ion (senyawa yang terbentuk antara unsur logam dan nonlogam).
8.   Karena grafit maupun karbon bersifat inert, tidak bereaksi dengan bahan/larutannya.
9.   Diketahui
EO Al3+ I Al = -1,66 volt; DIBALIK EO Al I Al3+ = +1,66 volt  
EO Cu2+ I Cu = +0,34 volt
Al(s)  I  Al3+(aq)  II Cu2+(aq) I Cu(s)   E° = + 2,00 volt
10. Cu(s) + 2H+(aq) ® Cu2+(aq) + H2(g)  E° = -0,34 volt;
reaksi berlangsung tidak spontan

BAB III
Latihan soal 3.1
1.    Sistem adalah bagian spesifik (khusus) yang sedang dipelajari oleh kimiawan. Reaksi kimia yang sedang diujicobakan (reagen-reagen yang sedang dicampurkan) dalam tabung reaksi merupakan sistem. Lingkungan adalah area di luar sistem, area yang mengelilingi sistem. Dalam hal ini, tabung reaksi tempat berlangsungnya reaksi kimia merupakan lingkungan.
Contoh: seorang siswa mereaksikan larutan HCl dan NaOH masing-masing 20 mL dalam gelas kimia  kemudian diukur suhunya.
Sistem = larutan HCl dan NaOH
Lingkungan = gelas kimia
2.    Berdasarkan interaksinya dengan lingkungan, sistem dibedakan, menjadi tiga macam, yaitu sebagai berikut.
a.    Sistem terbuka, yaitu suatu sistem yang memungkinkan terjadinya pertukaran kalor dan zat (materi) antara lingkungan dan sistem.
b.    Sistem tertutup, yaitu suatu sistem yang memungkinkan terjadinya pertukaran kalor antara sistem dan lingkungannya, tetapi tidak terjadi pertukaran materi.
c.    Sistem terisolasi (tersekat), yaitu suatu sistem yang tidak memungkinkan terjadinya pertukaran kalor dan materi antara sistem dan lingkungan.
3.    Panas atau entalpi (H) adalah energi potensial yang terkandung dalam suatu zat. Selisih antara entalpi reaktan dan entalpi hasil pada suatu reaksi disebut perubahan entalpi reaksi (∆H).
4.    Pada reaksi eksoterm, reaktan memiliki tingkat energi yang lebih tinggi dibandingkan produk, sehingga energi dibebaskan pada perubahan reaktan menjadi produk. Sedangkan pada reaksi endoterm, reaktan memiliki tingkat energi yang lebih rendah dibandingkan produk.
5.    Reaksi eksoterm merupakan reaksi yang memancarkan (melepaskan) kalor saat reaktan berubah menjadi produk. Pada reaksi endoterm, terjadi penyerapan kalor pada perubahan dari reaktan menjadi produk.

Latihan soal 3.2
1. Cara menentukan ∆H reaksi
a. Pengukuran ∆H reaksi melalui percobaan
Pengukuran ∆H reaksi melalui percobaan dapat dilakukan dengan alat kalorimeter
b. Perhitungan ∆H menggunakan data
Selain dengan cara percobaan, ∆H reaksi juga dapat dihitung tanpa melakukan percobaan, karena tidak semua reaksi kimia dapat dilangsungkan.
2. a. Kalorimeter klasik
Alat ini disebut juga kalorimeter cangkir kopi karena menggunakan cangkir kopi styrofoam sebagai tempat campuran reaksinya. Mula-mula suhu pereaksi diukur, lalu pereaksi dicampurkan ke dalam cangkir kopi. Sesudah reaksi selesai, suhu dari campuran reaksi ini diukur. Berdasarkan perubahan suhu sebelum dan sesudah reaksi, nilai ∆H reaksi dapat dihitung. Reaksi-reaksi yang dapat diukur dengan kalorimeter klasik adalah reaksi-reaksi yang berlangsung pada tekanan tetap, misalnya reaksi pelarutan, reaksi penetralan, dan reaksi pengendapan.

b. Kalorimeter Bom
Kalorimeter bom biasanya dipakai untuk mempelajari reaksi eksoterm yang tidak akan berjalan bila tidak dipanaskan. Misalnya reaksi pembakaran antara CH4 dengan O2 atau reaksi yang melibatkan gas. Alatnya terdiri dari wadah yang terbuat dari baja yang kuat tempat reaksi berlangsung. Wadah tersebut dimasukkan ke dalam bak yang tersekat dengan dilengkapi pengaduk dan termometer. Suhu awal diukur, kemudian reaksi dijalankan dengan cara menyalakan pemanas kawat kecil yang berada di dalam wadah. Panas yang dikeluarkan oleh reaksi diserap oleh wadah dan bak sehingga menyebabkan suhu alat naik. Berdasarkan perubahan suhu dan kapasitas panas yang telah diukur, jumlah panas yang telah diberikan oleh reaksi dapat dihitung. Dibandingkan kalorimeter klasik, pengukuran dengan kalorimeter bom jauh lebih teliti.
3. Prinsip dasar kalorimeter adalah kalor atau perubahan entalpi (∆H) suatu reaksi kimia. Perhitungan entalpi reaksi berkaitan dengan kapasitas panas dan kalor jenis. Kapasitas kalor (C) adalah jumlah panas yang diperlukan untuk mengubah suhu suatu benda sebesar 1˚ C. Kapasitas panas bersifat ekstensif yang berarti bahwa jumlahnya bergantung pada ukuran zat. Kalor jenis (c) adalah jumlah panas yang diperlukan untuk meningkatkan suhu 1 gram zat sebesar 1˚ C. Panas spesifik bersifat intensif (jumlahnya tidak bergantung pada ukuran zat). Hubungan antara kapasitas panas dan kalor jenis dapat dinyatakan dalam rumus berikut:
C = m × c
Jadi, panas reaksi suatu system dapat diukur dengan menggunakan rumus: Q = m x c x ΔT
m = massa (g atau kg)
c = kalor jenis (J.g-1˚ C-1 atau Jkg-1.K-1)
m c = C = kapasitas kalor (JK-1 atau J˚C-1)
T = suhu (˚C atau K)
4. Hukum Hess menyatakan bahwa entalpi reaksi tidak bergantung pada jalannya reaksi, tetapi hanya bergantung pada kondisi awal (reaktan) dan kondisi akhir (produk)reaksi
Ini merupakan konsekuensi dari sifat fungsi keadaan yang dimilki oleh entalpi. Hal ini berarti, nilai ΔH akan sama, baik reaksi berlangsung dalam satu tahap maupun beberapa tahap”.
5. Diketahui reaksi:
H2O (l)                             H2     +    O2 (g)                   ∆H = +68,3 kkal
H2 (g)       +   O2(g)                              H2O (g)                                             ∆H = - 57,8 kkal
H2O (l)                                  H2O (s)                                                          ∆H = - 1,4 kkal
perubahan entalpi dari es menjadi uap:  H2O (s)                    H2O (g)    ∆H = ?
H2O (s)                           H2O (l)                                     ∆H = + 1,4 kkal
H2O (l)                            H2     +    O2 (g)                     ∆H = +68,3 kkal
H2 (g)       +     O2(g)                       H2O (g)                                  ∆H = - 57,8 kkal
H2O (s)                                 H2O (g)                          ∆H = 11,9 kkal

Latihan soal 3.3
1.    Bahan bakar diartikan sebagai bahan yang apabila dibakar dapat meneruskan proses pembakaran tersebut dengan sendirinya, disertai dengan pengeluaran kalor.
2.    Bahan bakar alamiah ialah: antrasit, batubara bitumen, lignit, kayu api, sisa tumbuhan, gas alam dan gas petroleum.
3.    Pembakaran adalah reaksi kimia yang cepat antara oksigen dan bahan yang dapat terbakar, disertai timbulnya cahaya dan menghasilkan kalor.
C3H8 + 5O2 ® 3CO2 + 4H2O
4.    Kalor pembakaran adalah kalor yang dilepaskan jika 1 mol zat dibakar sempurna dengan gas oksigen (O2).
5.    Contoh penggunan kalor dari proses pembakaran secara langsung adalah:
a.    untuk memasak di dapur-dapur rumah tangga.
b.    untuk instalasi pemanas.
Sedang contoh penggunaan kalor secara tidak langsung adalah:
a.    kalor diubah menjadi energi mekanik, misalnya pada motor bakar.
b.    kalor diubah menjadi energi listrik, misalnya pada pembangkit listrik tenaga diesel, tenaga gas dan tenaga uap.

LEMBAR KEGIATAN SISWA 3
 Tugas Individu
1.    Lingkungan = Seorang siswa dan tabung reaksi
Termasuk reaksi endoterm
2. C6H12O6  +  6O2              6CO2  +  6H2O           ∆H = -2.820 kJ
    C2H5OH  +   3O2              2CO2  +  3H2O          ∆H = -1380 kJ dibalik reaksinya    

C6H12O6  +  6O2                   6CO2  +  6H2O       ∆H = -2.820 kJ
2CO2  +  3H2O         C2H5OH  +   3O2              ∆H = +1380 kJ
dikalikan 2
C6H12O6  +  6O2               6CO2  +  6H2O           ∆H = -2.820 kJ
4CO2  +  6H2O        2C2H5OH  +   6O2                             ∆H = +2760 kJ
C6H12O6                    2C2H5OH  +   2CO2           ∆H = -60 kJ
3.   Reaksi pembakaran etanol:
C2H5OH + O2 (g) → 2 CO2 + 3 H2O
∆ H reaksi = [ 2∆ Hƒ o CO2 + 3 ∆ H ƒ o H2O] – [1∆ H ƒ o C2H5OH + 1∆ H ƒ o O2]
  = [2 (-394) + 3 (-286)] kJ – [1-266)+1 (0) kJ
  = [-1646 +266] kJ
  = -1380 kJ
4.    Dibandingkan kalorimeter klasik, pengukuran dengan kalorimeter bom jauh lebih teliti.
5. yang ditanyakan ∆H untuk reaksi C   +    2H2                 CH4
CH4  +  2O2           CO2   +   2H2O ∆H = -890 kJ      DIBALIK
C      +  O2            CO2         ∆H = -394 kJ      TETAP
H2     + ½  O2          H2O       ∆H = -286 kJ      DIKALIKAN 2
CO2   +  2 H2O         CH4  + 2 O2            ∆H = +890 kJ    
C      +  O2           CO2                           ∆H = -394 kJ     
2H2     +   O2             2H2O                    ∆H = -572 kJ    
C        +      2H2                   CH4               ∆H = 76 kJ

Tugas Kelompok: Kebijakan guru


UJI KOMPETENSI 3
I.        PILIHAN GANDA
1.    C
7.    B
13.  D
19.  D
25.  B      
2.    A
8.    C
14.  B
20.  C
26.  D
3.    D
9.    A
15.  C
21.  A
27.  D
4.    C
10.  D
16.  A
22.  A
28.  D
5.    D
11.  C
17.  A
23.  A
29.  D
6.    A
12.  B
18.  B
24.  D
30.  D

II.    ISIAN
1.   endoterm
2.   kJ/gram
3.   melepaskan
4.   sistem terisolasi
5.   Q= m . c . T
6.   untuk instalasi pemanas
7.   reaksi suatu zat dengan oksigen
8.   bahwa entalpi reaksi tidak bergantung pada jalannya reaksi, tetapi hanya bergantung pada kondisi awal (reaktan) dan kondisi akhir (produk) reaksi
9.   H2O() → H2(g) + ½ O2 (5) ∆H = +286 kJ
10. -66 kJ

III.   URAIAN
1.    a.   Sistem: bagian yang menjadi pusat perhatian.
b.    Lingkungan: daerah yang membatasi sistem.
c.    Reaksi eksoterm: reaksi kimia yang membebaskan kalor.
d.   Reaksi endoterm: reaksi kimia yang menyerap kalor.
2.    Reaksi eksoterm merupakan reaksi yang memancarkan (melepaskan) kalor saat reaktan berubah menjadi produk. Pada reaksi endoterm, terjadi penyerapan kalor pada perubahan dari reaktan menjadi produk
3.    a.   Kalorimeter klasik
Alat ini disebut juga kalorimeter cangkir kopi karena menggunakan cangkir kopi styrofoam sebagai tempat campuran reaksinya. Berdasarkan perubahan suhu sebelum dan sesudah reaksi, nilai ∆H reaksi dapat dihitung. Reaksi-reaksi yang dapat diukur dengan kalorimeter klasik adalah reaksi-reaksi yang berlangsung pada tekanan tetap, misalnya reaksi pelarutan, reaksi penetralan, dan reaksi pengendapan.
b.    Kalorimeter Bom
Kalorimeter bom biasanya dipakai untuk mempelajari reaksi eksoterm yang tidak akan berjalan bila tidak dipanaskan. Misalnya reaksi pembakaran antara CH4 dengan O2 atau reaksi yang melibatkan gas. Alatnya terdiri dari wadah yang terbuat dari baja yang kuat tempat reaksi berlangsung. Wadah tersebut dimasukkan ke dalam bak yang tersekat dengan dilengkapi pengaduk dan termometer. Suhu awal diukur, kemudian reaksi dijalankan dengan cara menyalakan pemanas kawat kecil yang berada di dalam wadah. Panas yang dikeluarkan oleh reaksi diserap oleh wadah dan bak sehingga menyebabkan suhu alat naik. Berdasarkan perubahan suhu dan kapasitas panas yang telah diukur, jumlah panas yang telah diberikan oleh reaksi dapat dihitung. Dibandingkan kalorimeter klasik, pengukuran dengan kalorimeter bom jauh lebih teliti.
4.    Mol ≈ ∆H, perubahan energi berbanding lurus dengan molekul pada zat-zat kimia yang bereaksi atau zat kimia yang dihasilkan
5.    ∆H1 = ∆ H2 + ∆ H3
∆H2 = ∆ H1 - ∆ H3
= (94,1) – (67,7) kkal
= 26,4 kkal
6.    N2(g) + 3H2(g) ® 2NH3(g)     ∆H = -34 kJ
56 gram gas nitrogen bereaksi (Ar N =14) = 56 gram/28 gram/mol = 2 mol N2
∆H = -34 × 2 kJ = - 68 kJ
Jadi kalor yang dibebaskan = + 68 kJ
7.    Reaksi                 : 2 HBr(g) → H2(g) + Br2(g); ∆H= +72 kJ
Dari persamaan : 2 mol gas HBr→diperlukan 72 kJ
Mol = = = 0,5 mol
Jadi = . 0,5 = 18 kJ
8.    2S(s) + 2O2(g) → 2 SO2(g)         ∆H = A kkal
2 SO2(g) + O2(g) → 2SO3(g)       ∆H = B kkal +
2S(g) + 3O2(g) → 2SO3(g)    ∆H= (2A + B) kkal

9.    C2H4(g) + 3O2(g) ® 2CO2(g) + 2H2O ∆H = ?
C + O2 ® CO2        ∆H = -395,2 kJ dikalikan 2
H2 + ½  O2 ® H2O ∆H = -242,76 kJ dikalikan 2
2C + 2H2 ® C2H4     ∆H = -52,75 kJ dibalik

10.  ∆Hf, benzena cair C6H6(l) = +49.,00 kJ/mol; dibalik sehingga ∆H = -49 kJ/mol
∆Hf CO2(g) = -393,5 kJ/mol; dikalikan 6 sehingga ∆H = -2361 kJ/mol
∆Hf H2O(g) = -241,8 kJ/mol; dikalikan 3 sehingga ∆H = -725,4 kJ/mol
kalor pembakaran dari reaksi:
C6H6(l) + 15/2O2(g) ® 6CO2(g) + 3H2O(g)   ∆H = -3135,4 kJ/mol
Jadi kalor pembakaran C6H6 adalah +3135,4 kJ

UJIAN AKHIR SEMESTER
I.        PILIHAN GANDA
1.    C
7.    B
13.  D
19.  D
25.  B      
2.    A
8.    C
14.  B
20.  C
26.  D
3.    D
9.    A
15.  C
21.  A
27.  D
4.    C
10.  D
16.  A
22.  A
28.  D
5.    D
11.  C
17.  A
23.  A
29.  D
6.    A
12.  B
18.  B
24.  D
30.  D


II.    ISIAN
1.   menghantarkan arus listrik
2.   larutan
3.   Asaro
4.   solvent
5.   ∆H = -q
6.   Fe2O3 x H2O
7.   entalpi
8.   pH = 3 – log 1,4
9.   400 mL
10. 3PbO2 + 2MnO + 4H+ ® 3Pb2+ + 2MnO4- + 2H2O

III.   URAIAN
1.   NH4OH ↔NH4+ + OH-
[OH- ] =
                = =
2.   pOH = 3 berarti [OH-] = 1.10-3
[OH-] =
1.10-3 =
1.10-6 = Kb . 0,1
Kb = 1.10-5
V1 . M1 = V2 . M2
5 mL . 0,1 M = 50 mL . M2
M2 = 1.10-2 M
NH3 1.10-2 M; [OH-] = = 1.10-3,5
      pOH = 3,5 ; sehingga pH = 10,5
3.   pH = 11 + log 2 maka pOH = 3 – log 2
[OH-] = 2.10-3
2 .10-3 =
4 .10-6 = Kb . 0,4
Kb = 1.10-5
NH4Br ® NH4+ + Br-
NH4+ + H2O ® NH4OH + H+
[H+] =    
=1.10-5 M
      pH = 5
4.   ∆P =P° - P
Xglukosa =  = 0,025
∆P = P° . Xglukosa
P° - P = P° . Xglukosa
P° - 55 = P° . 0,025
P° - 0,025 P° = 55
      P° = 56,41 mmHg
5.   Reaksi              HCOOH + NaOH → HCOONa + H2O
Mula-mula        33               30                   
Yang bereaksi 30               30               30
sisa                  3                 -                  30
Sisanya asam lemah, maka larutan yang terjadi adalah buffer asam.
[H+] = 10-4 .
= 10-4 . 10-1
= 10-5
pH = - log [H+]
= - log 10-5
           = 5
6.   [OH] =
=
=
                =
7.   a.   X NaCl = = 0,02
b.    m =
8.   Jumlah mol NH3 = M x V
= (0,4 x 200) mmol = 80 mmol
Jumlah mol HCl = M x V
= (0,2 x 200) mmol = 40 mmol

NH3     +      HCl    ®    NH4Cl
mula-mula  :   80 mmol     40 mmol           -
reaksi         :  -40 mmol   -40 mmol   +40 mmol
akhir          :   40 mmol           0            4 mmol

Pada akhir reaksi, di dalam sistem terdapat 40 mmol NH3 dan NH4Cl yang terurai menghasilkan NH4+ sebanyak 40 mmol.
[OH-] = 1 x 10-5 .
[OH-] = 1 x 10-5
pOH = - log 1 x 10-5
      pH = 14 – 5 = 9
9.   Sn2+ + 2e ® Sn                EO = - 0,14 volt
Al3+ + 3e ® Al   EO = - 1,66 volt dibalik
katode : Sn2+ + 2e ® Sn          EO = - 0,14 volt
anode  : Al ® Al3+ + 3e             EO = + 1,66 volt
      Al + Sn2+ ® Al3+ + Sn       EO = + 1,52 volt
10. ∆Td = Kb . m
M =
        ∆Td = Kd . M
∆Td =
= 0,52 .


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar