Sabtu, 12 Maret 2016

Proposal Pendahuluan PTK



UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn
MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL
STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION)
PADA SISWA KELAS ……………………..
TAHUN ………………..


KARYA TULIS ILMIAH

OLEH
………………………
NIP : ………………..




DINAS PENDIDIKAN KOTA ……………………
………………………………………………


HALAMAN PENGESAHAN

KARYA ILMIAH

BERJUDUL :
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI
METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD
(STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION)
PADA SISWA KELAS ………………………..
TAHUN …………………..


OLEH
…………………………..

TELAH DISETUJUI,
Pengelola Perpustakaan                                                          Ketua PGRI
Kota



        …………………………                                            …………………………        NIP : ………………….                                                NIP : ………………….



KATA PENGANTAR

Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan karya ilmiah dengan judul “ Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Model STAD (Student Teams Achievement Division ) Pada siswa Kelas ……………………………………. Tahun ……………., penyusunan karya ilmiah ini kami susun untuk memenuhi persyaratan kenaikan golongan profesi guru dari …….
Dalam penyusunan karya ilmiah ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak, untuk ityu terima kasih ucapkan dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada :
1.      Yth. Kepala Dinas Pendidikan Kota …………………..
2.      Yth. Ketua PGRI Kota …………………..
3.      yth. Rekan-rekan Guru …………………..
4.      Semua pihak yang telah banyak membantu, sehingga penulisan ini selesai.
Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.

…………, Desember 2005


Penulis


ABSTRAK

.........., ………, 2005. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Model STAD (Student Teams Achievement Division ) Pada siswa Kelas ……………………………………. Tahun …………….,


Kata Kunci : PKn, metode pembelajaran kooperatif

Kegiatan belajar bersama dapat membantu memacu belajar aktif. Kegiatan belajar dan mengajar di kelas memang dapat menstimulasi belajar aktif, namun kemampuan untuk mengajar melalui kegiatan kerjasama kelompok kecil akan memungkinkan untuk menggalakkan kegiatan belajar aktif dengan cara khusus. Apa yang didiskusikan siswa dengan teman-temannya dan apa yang diajarkan siswa kepada teman-temannya memungkinkan mereka untuk memperoleh pemahaman dan penguasaan materi pelajaran.
Penelitian ini berdasarkan permasalahan : (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar PKn dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model STAD ? (b) Bagaimanakah pengaruh Metode Pembelajaran kooperatif terhadap motivasi belajar PKn?.
Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar PKn setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif. (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar PKn setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif. (c) memberikan gambaran metode pembelajaran yang tepat dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa dan menjadikan siswa aktif dalam kegiatan belajar mengajar.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran . setiap putaran terdiri dari empat tahap, yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas …………... …………………….…….. tahun pelajaran …………….. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III, yaitu siklus I (68,42%), siklus II (81,58%), siklus III (94,74%).
Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa ………………… ………., serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran PKn.

DAFTAR ISI


Halama
Halaman Judul ..........................................................................................................
Halaman Pengesahan ................................................................................................
Kata pengantar ..........................................................................................................
Abstrak .....................................................................................................................
Daftar Isi....................................................................................................................
Daftar Lampiran........................................................................................................
BAB       I       PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah..............................................................
B.     Rumusan Masalah........................................................................
C.     Tujuan Penelitian.........................................................................
D.    Manfaat Penelitian.......................................................................
E.     Penjelasan istilah..........................................................................
F.      Batasan Masalah..........................................................................
BAB      II       KAJIAN PUSTAKA
A.    Menarik Minat dan Perhatian Siswa............................................
B.     Membangkitkan Motivasi Siswa..................................................
C.     Definisi Pembelajaran..................................................................

D.    Pembelajaran Kooperatif.............................................................
E.     Keterampilan-Keterampilan Kooperatif......................................
F.      Metode Pembelajaran Kooperatif Model STAD.........................
BAB      III     METODOLOGI PENELITIAN
A.    Tempat, Waktu, dan Subyek Penelitian.......................................
B.     Rancangan Penelitian...................................................................
C.     Alat Pengumpil Data...................................................................
D.    Analisis Data................................................................................
BAB      IV     HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.    Analisis Data Penelitian Persiklus................................................
B.     Pembahasan.................................................................................
BAB       V     SIMPULAN DAN SARAN
A.    Simpulan......................................................................................
B.     Saran............................................................................................
DAFTAR PUSTAKA...............................................................................................







DAFTAR LAMPIRAN


Halaman

Lampiran 1.   Rencana Pembelajaran 1......................................................................
Lampiran 2.   Rencana Pembelajaran 2......................................................................
Lampiran 3.   Rencana Pembelajaran 3......................................................................
Lampiran 4.   Lembar Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran
                      Kooperatif Model STAD.....................................................................
Lampiran 5.   Lembar Pengamatan Aktivitas Siswa dan Guru dalam KBM.............
Lampiran 6.   Data Pengamatan Aktivitas Guru dan Siswa Putaran I......................
Lampiran 7.   Data Pengamatan Aktivitas Guru dan Siswa Putaran II.....................
Lampiran 8.   Data Pengamatan Aktivitas Guru dan Siswa Putaran III...................
Lampiran 9.   Penelitian Cooperatif Learning Pada Siklus I.....................................
Lampiran 10. Penelitian Cooperatif Learning Pada Siklus II....................................
Lampiran 11. Penelitian Cooperatif Learning Pada Siklus III..................................





Tidak ada komentar:

Posting Komentar