Kamis, 17 Maret 2016

Kunci Jawaban US IPA X 2011


BAB I

Uji Kompetensi 1

A.      Pilihan ganda                                                                                                                                                                             
1.
C
11.
D
21.
D

2.
B
12.
A
22.
C

3.
B
13.
C
23.
B

4.
A
14.
A
24.
A

5.
C
15.
E
25.
C

6.
B
16.
A
26.
E

7.
C
17.
D
27.
E

8.
C
18.
B
28.
D

9.
D
19.
E
29.
D

10.
E
20.
A
30.
A

            
B.      Isian
1.       method dan logos
2.       ilmu untuk menemukan ataupun memecahkan suatu hal.
3.       2 (dua) yaitu : Rancangan Acak Lengkap (RAL) & Rancangan Acak Kelompok (RAK)
4.       penelitian yang mempunyai alasan praktis, keinginan untuk mengetahui, bertujuan agar dapat melakukan sesuatu yang lebih baik, efektif, & efisien
5.       -  bisnis (akunting, keuangan, manajemen, pemasaran)
-  komunikasi (massa, bisnis, kehumasan, periklanan)
-  hukum (perdata, pidana, tata negara, internasional)
-  teknik & ekonomi (mikro, pembangunan, dll.)
6.       konseptual
7.       memiliki kepedulian
8.       field research
9.       bebas
10.     Rancangan Acak Lengkap (RAL)

C.      Uraian
1.      -  field research
         -  library research
         -  laboratory research
2.      Seorang peneliti harus tekun dan tidak mudah putus asa jika menghadapi masalah dalam penelitiannya.
3.      Penelitian merupakan usaha untuk menemukan, mengembangkan, dan menguji kebenaran suatu pengetahuan.
4.      -  objektif
         -  metodik
         -  sistematis
         -  berlaku umum
5.      Menggunakan kaidah-kaidah ilmiah (mengemukakan pokok-pokok pikiran, menyimpulkan dengan melalui prosedur yang sistematis dengan menggunakan pembuktian ilmiah/ meyakinkan).
6.      Penelitian survei dan penelitian percobaan.
7.      Sumber-sumber dalam identitas masalah penelitian
a.    bacaan
b.    seminar
c.    pemegang otoritas ilmiah
d.   pengamatan selintas
e.    pengamatan pribadi
f.     perasaan intuitif
8.      Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penelitian
b.    pilih masalah yang menarik
c.    peneliti memilih keahlian teknik
d.   dapat dilaksanakan sesuai waktu
e.    layak diteliti
f.     tidak berbahaya bagi peneliti
9.      Fungsi ulangan dalam suatu penelitian:
a.   menyediakan alat percobaan;
b.   meningkatkan presesi dengan menurunkan simpangan baku
c.   meningkatkan generalisasi
10.    Langkah-langkah dalam melakukan percobaan
a.    mengidentifikasi masalah
b.    menetapkan hipotesis
c.    menetapkan langkah-langkah
d.   melaksanakan percobaan
e.    mencatat data
f.     menyusun laporan

BAB II

Uji Kompetensi 2

A.      Pilihan ganda
1.
D
11.
E
21.
E

2.
C
12.
A
22.
E

3.
A
13.
D
23.
D

4.
B
14.
B
24.
B

5.
A
15.
A
25.
B

6.
E
16.
D
26.
A

7.
D
17.
A
27.
C

8.
C
18.
E
28.
D

9.
E
19.
A
29.
E

10.
D
20.
E
30.
C


B.      Isian
1.       jelas dan tidak ambiguitas
2.       mengadakan generalisasi empiris, menetapkan konsep-konsep, membuktikan teori dan mengembangkan teori
3.       -  rumusan harus jelas dan tegas
-  tidak ambiguitas
-  mengekspresikan hubungan antara dua variabel/lebih
-  rumusan masalah dalam suatu penelitian dapat berupa lebih dari satu pertanyaan.
4.       Mencarikan penjelasan & jawaban terhadap permasalahan sebagai alternatif pemecahan masalah
5.       penelitian tahan uji
6.       penelitian penjelasan
7.       eksploratif
8.       perumusan masalah
9.       penelitian
10.     penelitian kuantitatif

C.      Uraian
1.       -     desain penelitian
-     pengumpulan data
-     display data
-     analisa data
-     membandingkan literatur
2.       -     masalah yang dihadapkan pada suatu kebutuhan/ tantangan bagi peneliti
-     masalah yang mudah dirumuskan sehingga menjadi jelas batasannya, kedudukan, & alternatif cara pemecahannya.
-     memiliki hipotesis yang jelas
-     mudah dalam pengumpulan data
-     mudah dalam menarik kesimpulan
3.       Dalam mempelajari suatu kasus/ gejala, maka perlu untuk membandingkan gejala/ kasus tersebut dengan kasus/ gejala serupa. Perbandingan demikian akan menjelaskan unsur-unsur baru khas dari kasus yang sedang dipelajari
4.       -     memberikan batas/ jangkauan/ lingkup penelitian
-     sebagai panduan memilih metode analisis data
-     menyatukan data yang tercerai-berai
-     sebagai acuan untuk memilih data.
5.       Hipotesis alternatif & hipotesis nol.
6.       -     memerlukan sesuatu yang baru
-     menguji kebenaran
-     mengembangkan sesuatu yang telah ada
7.      -     penguraian latar belakang masalah
-     perumusan masalah
8.      a.   menanyakan mengenai hubungan antara dua variabel atau lebih
         b.   dinyatakan dengan jelas dalam bentuk kalimat tanya
         c.   dapat diuji oleh metode empirik
         d.   tidak berisi pertanyaan mengenai moral
9.      -     bertujuan
         -     sistematik
         -     objektif
         -     tahap uji
10.    Hipotesis dua arah berisi semata-mata pernyataan mengenai adanya perbedaan atau adanya hubungan.
Contoh:
“Ada perbedaan tingkat agresitivitas antara siswa yang bersekolah di sekolah koedukasi dan yang bersekolah nonkoedukasi.”
“Ada hubungan antara tingkat kecemasan dengan prestasi belajar.
Hipotesis satu arah merupakan hipotesis yang mempunyai formulasi lebih spesifik.
Contoh.
“Tingkat agresivitas siswa yang bersekolah di sekolah koedukasi lebih rendah daripada yang bersekolah di sekolah nonkoedukasi.


PELATIHAN UJIAN TENGAH SEMESTER

A.   Pilihan ganda
1.
D
11.
C
21.
B

2.
C
12.
C
22.
C

3.
A
13.
E
23.
A

4.
E
14.
D
24.
B

5.
B
15.
C
25.
D

6.
A
16.
A
26.
B

7.
B
17.
E
27.
E

8.
E
18.
B
28.
B

9.
C
19.
D
29.
A

10.
A
20.
E
30.
E


B.      Isian
1.       pengacakan
2.       3 (tiga) : ulangan, pengacakan, & pengelompokan
3.       meningkatkan presisi & meningkatkan informasi
4.       2 (dua) : - Rancangan Acak Lengkap (RAL)
              - Rancangan Acak Kelompok (RAK)                                                                                                                                          
5.       penelitian prediksi
6.       eksakta
7.       objektif
8.       mengantarkan dan menjelaskan latar belakang
9.       studi kasus
10.     consistency

C.      Uraian
1.       -     Identifikasi, pemilihan, & perumusan masalah    penelitian
-                                                      Penelaahan kepustakaan
-                                                      Perumusan hipotesis
-                                                      Identifikasi, klasifikasi, & pendefinisian variabel
-                                                      Pemilihan/pengembangan alat pengambilan data
-                                                      Penyusunan rancangan penelitian
-                                                      Penentuan sampel
-                                                      Pengumpulan data
-                                                      Pengolahan dan analisis data
-                                                      Interpretasi hasil analisis
-                                                      Penyusunan laporan
2.       Ekonomi, pendidikan, hukum, dsb.
3.       exactitude            dilakukan dengan hati-hati, cermat, teliti
testability             dapat diuji/ dikaji
objectivity            bersifat objektif
parismony           hemat, tidak berlebihan
replicability           dapat diulang oleh peneliti lain
4.       Langkah-langkah yang ditempuh sejak persiapan, pelaksanaan, sampai pada penyelesaian laporan penelitian harus terencana secara baik & mengikuti metodologi yang benar
5.       -     Penelitian deskriptif
-     Penelitian perkembangan
-     Penelitian korelasional
-     Penelitian kausal komporatif
-     Penelitian eksperimental murni
-     Penelitian semieksperimental
-     Studi kasus
6.       Kriteria metode ilmiah:
a.    berdasarkan fakta;
b.    bebas dari prasangka;
c.    menggunakan prinsip-prinsip analisis;
d.   menggunakan hipotesis;
e.    menggunakan ukuran objektif;
f.     menggunakan teknik kuantifikasi.
7.       Fungsi pengacakan:
a.    Menghindarkan bias yaitu menjamin penduga tidak bias untuk nilai tengah perlakuan dan galat percobaan;
b.    Menjamin adanya kebebasan antarpengamat;
c.    Mengatasi sumber keragaman yang diketahui namun tidak dapat diduga pengaruhnya.
8.      -     Rasa ingin tahu
-     Objektif
-     Jujur
-     Tekun
-     Teliti
-     Tebuka
9.      -     Mengikuti konsep ilmiah
-     Sistematis
-     Terencana
10      Spekulasi merupakan penemuan kebenaran berdasarkan suatu pertimbangan yang kurang matang sehingga penuh dengan risiko dan memerlukan pandangan yang lebih tajam.


BAB III

Uji Kompetensi 3
A.   Pilihan ganda
1.
E
11.
E
21.
D

2.
B
12.
A
22.
D

3.
E
13.
D
23.
A

4.
E
14.
C
24.
D

5.
D
15.
B
25.
B

6.
C
16.
E
26.
C

7.
C
17.
B
27.
D

8.
D
18.
A
28.
B

9.
E
19.
D
29.
E

10.
B
20.
C
30.
A


B.      Isian
1.       rumusan masalah
2.       variabel bebas
3.       -     penelitian dasar
-     penelitian terapan
-     penelitian evaluasi
-     penelitian pengembangan
-     penelitian aksi                      
4.       penelitian korelasional
5.       pengamatan kuantitatif
6.       sampel
7.       objektif
8.       American Psychological Associations Manual
9.       pendahuluan
10.     metode pengamatan

C.      Uraian
1.       -     Deskripsikan yang hanya dapat diamati
-     Buat deskripsi yang singkat
-     Gunakan bahasa yang tepat & teliti
-     Hanya menulis deskripsi hasil pengamatan, bukan penjelasan atas hasil pengamatan
2.       -     Menggunakan kosa kata teknis
-     Mengemukakan fakta serta deduksi & induksi berdasar fakta
-     Tidak bias dalam memilih fakta demi menciptakan kesan tertentu
3.       Dalam bab ini akan dilakukan kegiatan analisis, sintesis pembahasan, interpretasi, jalan keluar, & beberapa pengolahan data secara tuntas.
4.       Pengamatan dengan meraba digunakan untuk mengenal panas, dingin, keras, lunak, kasar, & halus suatu benda yang merupakan sifat fisik.
5.       Pengelompokan biasanya membantu para ilmuwan memuaskan maksud-maksud tertentu, yaitu untuk membantu:
-     menunjukkan hubungan antara subkelompok yang berbeda (seperti spesies/ genus dalam biologi),
-     berkomunikasi tentang benda-benda secara jelas & akurat
6.       Populasi adalah sejumlah objek dengan ciri yang sama yang banyaknya dapat atau tidak diketahui yang akan dikenakan/diterapi hasil penelitiannya. Sampel adalah sejumlah kecil dari objek penelitian.
7.      a.   Latar belakang masalah    d.   Tujuan penelitian
b.   Identifikasi masalah          e.   Manfaat penelitian
c.   Pembatasan masalah
8.      a.    Penelitian korelasional
b.   Studi longitudinal
c.   Experimentasi lapangan
9.     Pengamatan dengan mencium banyak digunakan untuk mengenal zat-zat kimia. Kita dapat mengenal bensin, mintak tanah, dan minyak kayu putih dari baunya.
10.    Kerangka penulisan laporan penelitian kuantitatif
BAB I Pendahuluan
A.   Latar Belakang Permasalahan
B.   Tujuan Penelitian
C.   Definisi Variabel
BAB II Landasan Teori
A.   Telaah Pustaka
B.   Hipotesis Penelitian
BAB III Metode Penelitian
A.   Variabel dan Operasionalisasinya
B.   Sasaran Penelitian
C.   Alat Pengumpulan Data
D.   Prosedur Penelitian
E.   Cara Analisis Data
BAB IV Hasil Analisis
A.   Deskripsi Data
B.   Pengujian Hipotesis
BAB V Pembahasan dan Kesimpulan
A.   Pembahasan
B.   Kesimpulan dan Saran


PELATIHAN UJIAN AKHIR SEMESTER
A.      Pilihan ganda
1.
E
11.
D
21.
A

2.
C
12.
E
22.
D

3.
B
13.
A
23.
D

4.
B
14.
A
24.
B

5.
D
15.
B
25.
C

6.
A
16.
C
26.
A

7.
E
17.
D
27.
C

8.
C
18.
E
28.
B

9.
D
19.
B
29.
A

10.
C
20.
A
30.
E


B.      Uraian
1.      Suatu dugaan yang merupakan jawaban sementara terhadap suatu masalah yang perlu diuji secara empiris.
2.      a.   Penelitian kuantitatif: Menekankan analisisnya pada data-data numerik.
b.   Penelitian kualitatif: Menekankan penelitian secara empiris rasional.
3.      a.   Menyusun tujuan penelitian
b.   Menyusun hipotesis yang akan diuji
c.   Menyusun variabel
d.   Memilih alat dan bahan yang akan digunakan
e.   Menentukan langkah kerja
f.    Menentukan populasi dan sampul
g.   Menetapkan cara menganalisis data
4.      a.   Kemampuan memberikan pengertian yang jelas tentang masalah yang diteliti.
b. Kemampuan untuk meramalkan sampai di mana kesimpulan yang sama dapat dicapai apabila data yang sama ditemukan di tempat/waktu lain.
5.      a.   Penelitian dasar: dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan.
b.   Penelitian terapan: dapat melakukan sesuatu yang lebih baik, efektif, dan efisien.
6.      a.   Memilih masalah
b.   Studi pendahuluan
c.   Merumuskan masalah
d.   Merumuskan anggapan dasar
e.   Memilih pendekatan
f.    Menentukan variabel dan sumber data
g.   Menentukan dan menyusun instrumen
h.   Mengumpulkan data
i.    Analisis data
j.    Menarik kesimpulan
k.   Menyusun laporan
7.      -     Komunikasi yang  jelas
-     Alur pernyataan yang baik
-     Hemat kata-kata
-     Tidak bermakna ganda
-     Tidak menggunakan kata-kata yang sensitif
8.      a.   Menyatakan suatu hubungan
b.   Berhubungan dengan ilmu
c.   Dapat diuji
d.   Sederhana
e.   Dapat menerapkan fakta
9.      a.   Tujuan exploratif            c.   Tujuan developmental
b.   Tujuan verifikatif             d.   Penulisan karya ilmiah
10.    a.    Variabel Manipulasi: sengaja diubah-ubah oleh peneliti.
b.   Variabel respon: variabel yang berubah sebagai akibat pemanipulasian variabel manipulasi.
c.   Variabel kontrol : variabel yang dapat memengaruhi hasil experimen tetapi dijaga agar tidak memberikan pengaruh.
11.    a.   Variabel  tergantung       d.   Variabel kendali
b.   Variabel bebas                e.   Variabel ambang
c.   Variabel moderator
12.    Akal sehat, wahyu, coba-coba, spekulasi, pendekatan otoritas ilmiah.
13.    Mengetahui keeratan hubungan di antara variabel-variabel yang diteliti tanpa melakukan intervensi terhadap variabel-variabel yang bersangkutan.
14.    a.   Latar belakang masalah d.   Tujuan penelitian
b.   Identifikasi masalah       e.   Manfaat penelitian
c.   Pembatasan masalah
15.    a.   Deskripsikan yang hanya diamati
b.   Buat deskripsi yang singkat
c.   Gunakan bahasa yang tepat dan teliti
d.   Hanya menulis deskripsi hasil pengamatan, bukan penjelasan atas hasil pengamatan









 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar