BAB
I
Uji
Kompetensi 1
A. Pilihan ganda
1.
|
C
|
11.
|
D
|
21.
|
D
|
|
2.
|
B
|
12.
|
A
|
22.
|
C
|
|
3.
|
B
|
13.
|
C
|
23.
|
B
|
|
4.
|
A
|
14.
|
A
|
24.
|
A
|
|
5.
|
C
|
15.
|
E
|
25.
|
C
|
|
6.
|
B
|
16.
|
A
|
26.
|
E
|
|
7.
|
C
|
17.
|
D
|
27.
|
E
|
|
8.
|
C
|
18.
|
B
|
28.
|
D
|
|
9.
|
D
|
19.
|
E
|
29.
|
D
|
|
10.
|
E
|
20.
|
A
|
30.
|
A
|
|
B.
Isian
1.
method
dan logos
2.
ilmu untuk menemukan ataupun memecahkan suatu hal.
3.
2
(dua) yaitu : Rancangan Acak Lengkap (RAL) &
Rancangan Acak Kelompok (RAK)
4.
penelitian yang mempunyai alasan praktis, keinginan untuk
mengetahui, bertujuan agar dapat melakukan sesuatu yang lebih baik, efektif,
& efisien
5.
- bisnis
(akunting, keuangan, manajemen, pemasaran)
-
komunikasi (massa, bisnis, kehumasan,
periklanan)
- hukum (perdata, pidana, tata negara,
internasional)
- teknik & ekonomi (mikro, pembangunan,
dll.)
6.
konseptual
7.
memiliki kepedulian
8.
field
research
9.
bebas
10.
Rancangan Acak Lengkap (RAL)
C. Uraian
1. - field
research
- library
research
- laboratory
research
2. Seorang peneliti harus
tekun dan tidak mudah putus asa jika menghadapi masalah dalam penelitiannya.
3. Penelitian merupakan
usaha untuk menemukan, mengembangkan, dan menguji kebenaran suatu pengetahuan.
4. - objektif
- metodik
- sistematis
- berlaku umum
5. Menggunakan
kaidah-kaidah ilmiah (mengemukakan pokok-pokok pikiran, menyimpulkan dengan
melalui prosedur yang sistematis dengan menggunakan pembuktian ilmiah/ meyakinkan).
6. Penelitian survei dan
penelitian percobaan.
7. Sumber-sumber dalam
identitas masalah penelitian
a.
bacaan
b.
seminar
c.
pemegang otoritas ilmiah
d.
pengamatan selintas
e.
pengamatan pribadi
f.
perasaan intuitif
8. Hal-hal
yang perlu diperhatikan dalam penelitian
b.
pilih masalah yang menarik
c.
peneliti memilih keahlian teknik
d.
dapat dilaksanakan sesuai waktu
e.
layak diteliti
f.
tidak berbahaya bagi peneliti
9. Fungsi ulangan dalam suatu penelitian:
a. menyediakan
alat percobaan;
b. meningkatkan
presesi dengan menurunkan simpangan baku
c. meningkatkan
generalisasi
10. Langkah-langkah dalam melakukan percobaan
a.
mengidentifikasi masalah
b.
menetapkan hipotesis
c.
menetapkan langkah-langkah
d.
melaksanakan percobaan
e.
mencatat data
f.
menyusun laporan
BAB II
Uji
Kompetensi 2
A. Pilihan ganda
1.
|
D
|
11.
|
E
|
21.
|
E
|
|
2.
|
C
|
12.
|
A
|
22.
|
E
|
|
3.
|
A
|
13.
|
D
|
23.
|
D
|
|
4.
|
B
|
14.
|
B
|
24.
|
B
|
|
5.
|
A
|
15.
|
A
|
25.
|
B
|
|
6.
|
E
|
16.
|
D
|
26.
|
A
|
|
7.
|
D
|
17.
|
A
|
27.
|
C
|
|
8.
|
C
|
18.
|
E
|
28.
|
D
|
|
9.
|
E
|
19.
|
A
|
29.
|
E
|
|
10.
|
D
|
20.
|
E
|
30.
|
C
|
|
B. Isian
1.
jelas dan tidak ambiguitas
2.
mengadakan generalisasi empiris, menetapkan
konsep-konsep, membuktikan teori dan mengembangkan teori
3.
- rumusan harus
jelas dan tegas
- tidak ambiguitas
- mengekspresikan hubungan antara dua variabel/lebih
- rumusan masalah dalam suatu penelitian dapat
berupa lebih dari satu pertanyaan.
4.
Mencarikan penjelasan & jawaban terhadap permasalahan
sebagai alternatif pemecahan masalah
5.
penelitian tahan uji
6.
penelitian penjelasan
7.
eksploratif
8.
perumusan masalah
9.
penelitian
10.
penelitian kuantitatif
C. Uraian
1.
- desain penelitian
- pengumpulan
data
- display data
- analisa data
- membandingkan
literatur
2.
- masalah yang dihadapkan pada suatu kebutuhan/ tantangan bagi
peneliti
- masalah yang
mudah dirumuskan sehingga menjadi jelas batasannya, kedudukan, & alternatif
cara pemecahannya.
- memiliki
hipotesis yang jelas
- mudah dalam
pengumpulan data
- mudah dalam
menarik kesimpulan
3.
Dalam mempelajari suatu kasus/ gejala, maka perlu untuk
membandingkan gejala/ kasus tersebut dengan kasus/ gejala serupa. Perbandingan
demikian akan menjelaskan unsur-unsur baru khas dari kasus yang sedang
dipelajari
4.
- memberikan batas/ jangkauan/ lingkup penelitian
- sebagai
panduan memilih metode analisis data
- menyatukan
data yang tercerai-berai
- sebagai acuan
untuk memilih data.
5.
Hipotesis alternatif & hipotesis nol.
6.
- memerlukan sesuatu yang baru
- menguji
kebenaran
- mengembangkan
sesuatu yang telah ada
7. - penguraian
latar belakang masalah
- perumusan
masalah
8. a. menanyakan mengenai hubungan antara dua variabel
atau lebih
b. dinyatakan dengan jelas dalam bentuk kalimat
tanya
c. dapat diuji oleh metode empirik
d. tidak berisi pertanyaan mengenai moral
9. - bertujuan
- sistematik
- objektif
- tahap uji
10. Hipotesis
dua arah berisi semata-mata pernyataan mengenai adanya perbedaan atau adanya
hubungan.
Contoh:
“Ada
perbedaan tingkat agresitivitas antara siswa yang bersekolah di sekolah
koedukasi dan yang bersekolah nonkoedukasi.”
“Ada
hubungan antara tingkat kecemasan dengan prestasi belajar.
Hipotesis
satu arah merupakan hipotesis yang mempunyai formulasi lebih spesifik.
Contoh.
“Tingkat
agresivitas siswa yang bersekolah di sekolah koedukasi lebih rendah daripada
yang bersekolah di sekolah nonkoedukasi.
PELATIHAN
UJIAN TENGAH SEMESTER
A. Pilihan ganda
1.
|
D
|
11.
|
C
|
21.
|
B
|
|
2.
|
C
|
12.
|
C
|
22.
|
C
|
|
3.
|
A
|
13.
|
E
|
23.
|
A
|
|
4.
|
E
|
14.
|
D
|
24.
|
B
|
|
5.
|
B
|
15.
|
C
|
25.
|
D
|
|
6.
|
A
|
16.
|
A
|
26.
|
B
|
|
7.
|
B
|
17.
|
E
|
27.
|
E
|
|
8.
|
E
|
18.
|
B
|
28.
|
B
|
|
9.
|
C
|
19.
|
D
|
29.
|
A
|
|
10.
|
A
|
20.
|
E
|
30.
|
E
|
|
B. Isian
1.
pengacakan
2.
3 (tiga) : ulangan, pengacakan, & pengelompokan
3.
meningkatkan presisi & meningkatkan informasi
4.
2 (dua) : - Rancangan Acak Lengkap (RAL)
- Rancangan Acak Kelompok (RAK)
5.
penelitian prediksi
6.
eksakta
7.
objektif
8.
mengantarkan dan menjelaskan latar belakang
9.
studi kasus
10.
consistency
C. Uraian
1. - Identifikasi, pemilihan, & perumusan
masalah penelitian
-
Penelaahan kepustakaan
-
Perumusan hipotesis
-
Identifikasi, klasifikasi, & pendefinisian
variabel
-
Pemilihan/pengembangan alat pengambilan data
-
Penyusunan rancangan penelitian
-
Penentuan sampel
-
Pengumpulan data
-
Pengolahan dan analisis data
-
Interpretasi hasil analisis
-
Penyusunan laporan
2. Ekonomi,
pendidikan, hukum, dsb.
3. exactitude
dilakukan
dengan hati-hati, cermat, teliti
testability dapat
diuji/ dikaji
objectivity
bersifat
objektif
parismony
hemat,
tidak berlebihan
replicability
dapat
diulang oleh peneliti lain
4. Langkah-langkah
yang ditempuh sejak persiapan, pelaksanaan, sampai pada penyelesaian laporan
penelitian harus terencana secara baik & mengikuti metodologi yang benar
5. - Penelitian deskriptif
- Penelitian
perkembangan
- Penelitian
korelasional
- Penelitian
kausal komporatif
- Penelitian
eksperimental murni
- Penelitian
semieksperimental
- Studi kasus
6. Kriteria
metode ilmiah:
a. berdasarkan
fakta;
b. bebas dari
prasangka;
c. menggunakan
prinsip-prinsip analisis;
d. menggunakan
hipotesis;
e. menggunakan
ukuran objektif;
f. menggunakan
teknik kuantifikasi.
7. Fungsi
pengacakan:
a. Menghindarkan bias yaitu menjamin penduga tidak bias untuk nilai tengah
perlakuan dan galat percobaan;
b. Menjamin
adanya kebebasan antarpengamat;
c. Mengatasi
sumber keragaman yang diketahui namun tidak dapat diduga pengaruhnya.
8. - Rasa ingin
tahu
- Objektif
- Jujur
- Tekun
- Teliti
- Tebuka
9. - Mengikuti
konsep ilmiah
- Sistematis
- Terencana
10
Spekulasi merupakan penemuan kebenaran
berdasarkan suatu pertimbangan yang kurang matang sehingga penuh dengan risiko
dan memerlukan pandangan yang lebih tajam.
BAB III
Uji
Kompetensi 3
A. Pilihan ganda
1.
|
E
|
11.
|
E
|
21.
|
D
|
|
2.
|
B
|
12.
|
A
|
22.
|
D
|
|
3.
|
E
|
13.
|
D
|
23.
|
A
|
|
4.
|
E
|
14.
|
C
|
24.
|
D
|
|
5.
|
D
|
15.
|
B
|
25.
|
B
|
|
6.
|
C
|
16.
|
E
|
26.
|
C
|
|
7.
|
C
|
17.
|
B
|
27.
|
D
|
|
8.
|
D
|
18.
|
A
|
28.
|
B
|
|
9.
|
E
|
19.
|
D
|
29.
|
E
|
|
10.
|
B
|
20.
|
C
|
30.
|
A
|
|
B. Isian
1.
rumusan masalah
2.
variabel bebas
3.
- penelitian
dasar
- penelitian
terapan
- penelitian
evaluasi
- penelitian
pengembangan
- penelitian
aksi
4.
penelitian korelasional
5.
pengamatan kuantitatif
6.
sampel
7.
objektif
8. American Psychological Associations
Manual
9.
pendahuluan
10.
metode pengamatan
C. Uraian
1.
- Deskripsikan
yang hanya dapat diamati
-
Buat deskripsi yang singkat
-
Gunakan bahasa yang tepat & teliti
-
Hanya menulis deskripsi hasil pengamatan, bukan
penjelasan atas hasil pengamatan
2.
- Menggunakan
kosa kata teknis
-
Mengemukakan fakta serta deduksi & induksi berdasar
fakta
-
Tidak bias dalam memilih fakta demi menciptakan kesan
tertentu
3.
Dalam bab ini akan dilakukan kegiatan analisis, sintesis
pembahasan, interpretasi, jalan keluar, & beberapa pengolahan data secara
tuntas.
4.
Pengamatan dengan meraba digunakan untuk mengenal panas,
dingin, keras, lunak, kasar, & halus suatu benda yang merupakan sifat
fisik.
5.
Pengelompokan biasanya membantu para ilmuwan memuaskan
maksud-maksud tertentu, yaitu untuk membantu:
- menunjukkan
hubungan antara subkelompok yang berbeda (seperti spesies/ genus dalam
biologi),
- berkomunikasi
tentang benda-benda secara jelas & akurat
6.
Populasi adalah sejumlah objek dengan ciri
yang sama yang banyaknya dapat atau tidak diketahui yang akan dikenakan/diterapi
hasil penelitiannya. Sampel adalah sejumlah kecil dari objek penelitian.
7. a. Latar belakang masalah d. Tujuan
penelitian
b. Identifikasi
masalah e. Manfaat penelitian
c. Pembatasan masalah
8. a. Penelitian
korelasional
b. Studi
longitudinal
c. Experimentasi
lapangan
9. Pengamatan
dengan mencium banyak digunakan untuk mengenal zat-zat kimia.
Kita dapat mengenal bensin, mintak tanah, dan minyak kayu putih dari baunya.
10. Kerangka penulisan laporan penelitian
kuantitatif
BAB I
Pendahuluan
A. Latar Belakang Permasalahan
B. Tujuan Penelitian
C. Definisi Variabel
BAB II
Landasan Teori
A. Telaah Pustaka
B. Hipotesis Penelitian
BAB III
Metode Penelitian
A. Variabel dan Operasionalisasinya
B. Sasaran Penelitian
C. Alat Pengumpulan Data
D. Prosedur Penelitian
E. Cara Analisis Data
BAB IV
Hasil Analisis
A. Deskripsi Data
B. Pengujian Hipotesis
BAB V
Pembahasan dan Kesimpulan
A. Pembahasan
B. Kesimpulan dan Saran
PELATIHAN UJIAN AKHIR SEMESTER
A. Pilihan ganda
1.
|
E
|
11.
|
D
|
21.
|
A
|
|
2.
|
C
|
12.
|
E
|
22.
|
D
|
|
3.
|
B
|
13.
|
A
|
23.
|
D
|
|
4.
|
B
|
14.
|
A
|
24.
|
B
|
|
5.
|
D
|
15.
|
B
|
25.
|
C
|
|
6.
|
A
|
16.
|
C
|
26.
|
A
|
|
7.
|
E
|
17.
|
D
|
27.
|
C
|
|
8.
|
C
|
18.
|
E
|
28.
|
B
|
|
9.
|
D
|
19.
|
B
|
29.
|
A
|
|
10.
|
C
|
20.
|
A
|
30.
|
E
|
|
B. Uraian
1. Suatu dugaan yang
merupakan jawaban sementara terhadap suatu masalah yang perlu diuji secara
empiris.
2. a. Penelitian kuantitatif: Menekankan
analisisnya pada data-data numerik.
b. Penelitian
kualitatif: Menekankan penelitian secara empiris rasional.
3. a. Menyusun tujuan penelitian
b. Menyusun
hipotesis yang akan diuji
c. Menyusun
variabel
d. Memilih alat
dan bahan yang akan digunakan
e. Menentukan
langkah kerja
f. Menentukan
populasi dan sampul
g. Menetapkan cara
menganalisis data
4. a. Kemampuan memberikan pengertian yang jelas
tentang masalah yang diteliti.
b. Kemampuan untuk meramalkan sampai di mana kesimpulan
yang sama dapat dicapai apabila data yang sama ditemukan di tempat/waktu lain.
5. a. Penelitian dasar: dalam rangka pengembangan
ilmu pengetahuan.
b. Penelitian
terapan: dapat melakukan sesuatu yang lebih baik, efektif, dan efisien.
6. a. Memilih masalah
b. Studi pendahuluan
c. Merumuskan
masalah
d. Merumuskan
anggapan dasar
e. Memilih
pendekatan
f. Menentukan
variabel dan sumber data
g. Menentukan dan
menyusun instrumen
h. Mengumpulkan
data
i. Analisis data
j. Menarik
kesimpulan
k. Menyusun
laporan
7. - Komunikasi yang jelas
- Alur
pernyataan yang baik
- Hemat
kata-kata
- Tidak bermakna
ganda
- Tidak
menggunakan kata-kata yang sensitif
8. a. Menyatakan suatu hubungan
b. Berhubungan
dengan ilmu
c. Dapat diuji
d. Sederhana
e. Dapat
menerapkan fakta
9. a.
Tujuan exploratif c. Tujuan developmental
b. Tujuan verifikatif d. Penulisan
karya ilmiah
10. a. Variabel Manipulasi: sengaja diubah-ubah
oleh peneliti.
b. Variabel
respon: variabel yang berubah sebagai akibat pemanipulasian variabel
manipulasi.
c. Variabel
kontrol : variabel yang dapat memengaruhi hasil experimen tetapi dijaga agar
tidak memberikan pengaruh.
11. a. Variabel
tergantung d. Variabel kendali
b. Variabel bebas e. Variabel ambang
c. Variabel
moderator
12. Akal
sehat, wahyu, coba-coba, spekulasi, pendekatan otoritas ilmiah.
13. Mengetahui keeratan hubungan di antara variabel-variabel yang
diteliti tanpa melakukan intervensi terhadap variabel-variabel yang
bersangkutan.
14. a. Latar belakang masalah d. Tujuan penelitian
b. Identifikasi
masalah e. Manfaat penelitian
c. Pembatasan
masalah
15. a. Deskripsikan yang hanya diamati
b. Buat deskripsi
yang singkat
c. Gunakan bahasa
yang tepat dan teliti
d. Hanya menulis
deskripsi hasil pengamatan, bukan penjelasan atas hasil pengamatan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar