BAB
1
A.
Pilihan Ganda
1. C
|
6. E
|
11. C
|
16. C
|
21. A
|
2. B
|
7. E
|
12. A
|
17. C
|
22. D
|
3. C
|
8. B
|
13. A
|
18. B
|
23. B
|
4. A
|
9. C
|
14. A
|
19. A
|
24. E
|
5. B
|
10. E
|
15. B
|
20. C
|
25. C
|
B. Uraian
1. Faktor yang memengaruhi kegiatan menyimak:
1) Segi fisik: aspek
kesehatan pendengar, organ bicara, dan alat pendengaran.
2) Segi psikis: Perasaan
egois, prasangka, bosan, picik pengetahuan, keras hati.
3) Segi eksporimentasi: pengalaman-pengalaman masa lalu.
2. b, b, v, f, d, t, z,
s, l, r, j, e, syarat, g, k, kh, dan h.
3. a. Anak-anak c. Gigi
b. Langit-langit d. Bibir
4. Yang termasuk bunyi nasal
(sengau) adalah m, n, ny, ng. Konsonal nasal atau sengau adalah fonem yang
direalisasikan melalui bantuan rongga hidung.
5. Yang termasuk alat ucap dalam
rongga mulut adalah bibir, lidah, gigi, lengkung kaki gigi, langit-langit
lembut, anak tekak, lambium, dan langit-langit keras.
6. Kebijaksanaan guru
7. Konsonan frikatif tak bersuara
(/f/, /s/, /s’/, /x/, dan /h/) dilafalkan bibir bawah didekatkan pada bagian bawah
gigi atas sehingga udara dari paru-paru dapat melewati lubang yang sempit
antara gigi dan bibir dengan menimbulkan bunyi desis.
8. Lafal adalah pengucapan bunyi
bahasa agar mudah dipahami oleh orang lain.
9. Kategori bahasa biasa dikenal
dengan nama kelas kata, yaitu dengan satuan bahasa dibedakan atas bentuk,
fungsi, dan makna.
10. Semivokal bilabial (/w/)
dilafalkan dengan mendekatkan kedua bibir tanpa menghalangi udara yang
dihembuskan dari paru-paru.
BAB 2
A.
Pilihan Ganda
1. C
|
6. C
|
11. C
|
16. D
|
21. E
|
2. C
|
7. A
|
12. A
|
17. E
|
22. D
|
3. E
|
8. B
|
13. D
|
18. E
|
23. B
|
4. E
|
9. C
|
14. B
|
19. D
|
24. E
|
5. D
|
10. A
|
15. A
|
20. A
|
25. B
|
B.
Uraian
1. Kebijaksanaan guru
2. Kebijaksanaan guru
3. Kebijaksanaan guru
4. Cara mencatat hal-hal yang
penting dari sumber informasi.
a. Menyimak informasi secara cermat.
b. Menulis inti
sari atau hal-hal penting untuk mendapat pikiran utama.
c. Menulis sumber dan data informasi tersebut.
5. Kesimpulan induktif adalah
pernyataan yang dimulai dengan menyebutkan peristiwa-peristiwa yang khusus
kemudian diakhiri dengan kesimpulan umum yang meliputi semua yang khusus tadi.
6. Kesimpulan deduktif adalah
pernyataan yang dimulai dengan menyebutkan peristiwa yang umum diakhiri dengan
uraian yang khusus.
7. Informasi bersifat faktual adalah informasi yang berdasarkan
kenyataan atau sesuatu yang benar-benar
8. Macam-macam ragam bahasa Indonesia, yaitu:
-
ragam bahasa yang bersifat
perseorangan (idiolek)
-
ragam bahasa yang digunakan
oleh dua orang di daerah tertentu atau oleh sekelompok orang (dialek/loger)
-
ragam bahasa yang digunakan
oleh kelompok anggota masyarakat dan golongan sosial tertentu.
9. Fungsi imbuhan pe-an dalam suatu kata, yaitu untuk menyatakan
proses.
Contoh: pendidikan yang harus dijalaninya selama tiga bulan.
10. Informasi adalah kecenderungan makna dari sebuah penjelasan.
BAB 3
A. Pilihan Ganda
1. A
|
6. A
|
11. D
|
16. E
|
21. A
|
2. E
|
7. C
|
12. A
|
17. B
|
22. D
|
3. B
|
8. E
|
13. E
|
18. C
|
23. C
|
4. D
|
9. D
|
14. D
|
19. B
|
24. D
|
5. B
|
10. E
|
15. D
|
20. C
|
25. B
|
B. Uraian
1. a. vokalisasi
b. menggerakkan bibir
c. menunjuk kata demi kata dengan jari/alat lain
d. menggerakkan arah muka mengikuti tulisan yang
dibaca
e. regresi
f. subvokalisasi
2. Regresi adalah hal yang harus dihindari dalam membaca cepat yaitu
mengulang bacaan/membaca bagian yang terlewati.
3. Kamus adalah buku yang berisi pilihan kata-kata suatu bahasa, atau
suatu kelas kata khusus, biasanya disusun secara alfabetis, dengan
penjelasan-penjelasan mengenai maknanya serta informasi lainnya mengenai
kata-kata, dinyatakan atau diekspresikan dalam bahasa yang sama atau dalam
bahasa lain.
4. Horizontal, vertikal, diagonal, zig-zag, spiral, blok.
5. Kebijakan guru.
6. Timbulnya salah pengertian, rancu/tidak dapat dimengerti sama
sekali.
7. Untuk mencari informasi secara cepat pada suatu teks.
8.
No
|
Waktu
(per menit)
|
Jumlah kata (per kata)
|
Kecepatan membaca
|
Keterangan
|
1
|
1.00
|
100 – 200
|
Sangat rendah
|
Pembaca yang kurang efektif
|
2
|
1.00
|
175 – 250
|
Rendah
|
-
|
3
|
1.00
|
250 – 350
|
Sedang atau memadai
|
-
|
4
|
1.00
|
400 – 500
|
Cepat dan efektif
|
Pembaca yang berhasil
|
9. Membaca sekilas: mencari ide pokok dengan cara melewati
bagian-bagian penjelas dalam bacaan.
10. - Menyiapkan
konsentrasi.
-
Meminimalkan gangguan yang mungkin timbul.
-
Duduk dengan sikap tegak.
-
Ragut (browsing)
bacaan sebelum selesai mulai membaca.
UJIAN TENGAH SEMESTER
A. Pilihan Ganda
1. C
|
6. D
|
11. D
|
16. B
|
21. B
|
26. B
|
2. A
|
7. B
|
12. C
|
17. C
|
22. C
|
27. E
|
3. B
|
8. A
|
13. B
|
18. C
|
23. B
|
28. D
|
4. A
|
9. D
|
14. B
|
19. D
|
24. B
|
29. D
|
5. A
|
10. A
|
15. B
|
20. A
|
25. E
|
30. E
|
B. Isian
1.
Dialek
2.
Scanning
3.
Diksi
4.
Opini
5.
Idiolek
6.
Timbal balik.
7.
Bunyi bahasa dapat dimengerti dengan baik.
8.
Pidato.
9.
Membaca.
10.
Bahasa baku/standar.
C. Uraian
1.
Kebijaksanaan guru.
2.
Kebijaksanaan guru.
3.
Kebijaksanaan guru.
4.
Kebijaksanaan guru.
5.
Kebijaksanaan guru.
6.
Menurut pengamatan/guru anak
itu memang cerdas.
7.
/w/ dan /y/.
8.
Kebijaksanaan guru.
9.
Idiolek: ragam bahasa yang
bersifat perseorangan.
Dialek: ragam bahasa yang
digunakan oleh orang di daerah tertentu atau oleh sekelompok orang.
10.
Lafal, intonasi, jeda,
tekanan.
BAB 4
A.
Pilihan Ganda
1. B
|
6. D
|
11. C
|
16. A
|
21. A
|
2. D
|
7. E
|
12. D
|
17. E
|
22. B
|
3. B
|
8. B
|
13. B
|
18. A
|
23. D
|
4. D
|
9. D
|
14. C
|
19. D
|
24. E
|
5. D
|
10. D
|
15. A
|
20. A
|
25. E
|
B.
Uraian
1.
Kebijaksanaan guru.
2.
Kebijaksanaan guru.
3.
Kebijaksanaan guru.
4.
Narasi adalah sebuah bentuk
wacana yang menggambarkan dengan sejelas-jelasnya kepada pembaca mengenai suatu
peristiwa yang telah terjadi.
Contoh: novel, roman, cerpen.
5.
Cara membaca bagan:
a. membaca
judul bagan
b. bacalah informasi yang terdapat dalam
setiap bagian bagan
c. buatlah pertanyaan tentang
tujuan bagian tersebut
d. bacalah bagan itu secara
keseluruhan lalu simpulkanlah.
6.
Gambar, bagan, diagram,
matriks, tabel, grafik dan sebagainya.
7.
Kesesuaian kaidah, kalimat
bernalar dan ketersampaian pesan.
8.
Opini, ditandai dengan kata
‘sebaiknya’. Opini adalah pendapat/gagasan/pikiran yang belum dibuktikan
kebenarannya.
9.
Denah adalah gambar yang
menunjukkan letak kota, jalan, gambar rancangan rumah, dan sebagainya.
10. Untuk menjelaskan wacana verbal.
BAB 5
A. Pilihan Ganda
1. C
|
6. C
|
11. A
|
16. C
|
21. A
|
2. A
|
7. D
|
12. D
|
17. B
|
22. E
|
3. A
|
8. B
|
13. E
|
18. D
|
23. D
|
4. C
|
9. D
|
14. D
|
19. E
|
24. E
|
5. B
|
10. B
|
15. D
|
20. A
|
25. C
|
B.
Uraian
1. Fonetik adalah ilmu yang mempelajari atau menganalisis bunyi ujar
serta mempelajari bagaimana alat ujar itu dapat menghasilkan bunyi. Fonemik
yaitu ilmu yang mempelajari bunyi ujar dalam fungsinya sebagai pembeda arti.
2. Hal-hal yang harus diperhatikan ketika berbicara, antara lain
sebagai berikut.
1.
Gerakan
anggota tubuh atau sikap yang luwes.
2.
Tidak
tergesa-gesa dan tidak terlalu lambat.
3.
Volume
suara tidak terlalu keras (melengking), tidak terlalu lemah, dan tidak terlalu
datar.
4.
Intonasi
suara turut menentukan makna informasi yang disampaikan di dalam pembicaraan.
5.
Melafalkan
kata dengan artikulasi yang tepat.
6.
Struktur
kebahasaan harus sesuai kaidah bahasa.
7.
Pilihan
kata (diksi) harus sesuai dengan lingkungan pembicaraan, topik pembicaraan, dan
tingkatan penerima pembicaraan (lawan bicara).
3. a. lafal: cara mengucapkan
bunyi bahasa
b. tekanan: aksen
(tekanan suara)
c. intonasi: lagu
kalimat
d. jeda: hentian
sebentar dalam ujaran
4. Fonem adalah satuan bunyi bahasa terkecil yang dapat membedakan
arti.
5. Artikulator adalah bagian alat ucap yang dapat bergerak, misal
bagian lidah dan bibir bawah.
6. a, i, u, e, o, ¶
7. Bunyi yang terjadi jika pita suara terbuka agak lebar.
8. Tekanan keras pada sebuah kata yang dipentingkan dalam
kalimat/pembicaraan.
9. Bunyi ujaran juga tidak sempurna.
10. Diftong: dua vokal rangkap yang diucapkan dalam satu kesatuan waktu.
Contoh: lantai, pantai, amboi dan lan-lain.
Monoftong: dua vokal rangkap yang diujarkan menjadi
satu vokal.
Contoh: pantai ® pante
Bab 6
A. Pilihan Ganda
1. C
|
6. C
|
11. D
|
16. B
|
21. D
|
2. D
|
7. A
|
12. B
|
17. E
|
22. C
|
3. D
|
8. E
|
13. B
|
18. D
|
23. B
|
4. C
|
9. D
|
14. B
|
19. E
|
24. B
|
5. A
|
10. E
|
15. D
|
20. E
|
25. E
|
B.
Uraian
1.
Ciri-ciri kalimat efektif sebagai berikut.
a.
Kalimat tidak rancu
b.
Kalimat yang tidak mengandung pleonasme atau penggunaan
kata-kata yang berlebihan.
c.
Kalimat tidak terpengaruh bahasa asing.
d.
Kalimat tidak terpengaruh bahasa daerah.
e.
Sesuai kaidah bahasa.
2.
Informasi verbal yaitu
penguasaan informasi dalam bentuk verbal, misalnya pemberian nama-nama suatu
benda, definisi, dan sebagainya.
Informasi nonverbal adalah informasi yang disajikan
dengan bentuk visual, seperti gambar, bagan, grafik, diagram, matriks, dan
tabel.
3.
Kalimat efektif adalah kalimat
yang berisi gagasan yang singkat, jelas, dapat dipahami, sesuai situasi
komunikasi, dan sesuai kaidah bahasa yang berlaku.
4.
Kebijaksanaan guru.
5.
Kebijaksanaan guru.
6.
Contoh: kebijakan guru.
Ragam resmi dipakai dalam situasi formal.
7.
Tidak, karena tidak semua kata
bersinonim mempunyai kadar rasa yang sama dalam kalimat.
Contoh: Kucing itu mati.
Kucing itu meninggal.
8.
Kebijakan guru.
9.
Ungkapan.
10.
Ragam santai/tidak resmi.
UJIAN AKHIR SEMESTER
A. Pilihan Ganda
1. A
|
9. A
|
17. D
|
25. C
|
33. E
|
2. E
|
10. B
|
18. D
|
26. D
|
34. C
|
3. B
|
11. B
|
19. B
|
27. A
|
35. E
|
4. A
|
12. B
|
20. C
|
28. A
|
36. A
|
5. E
|
13. E
|
21. C
|
29. C
|
37. C
|
6. B
|
14. E
|
22. A
|
30. A
|
38. B
|
7. B
|
15. C
|
23. A
|
31. B
|
39. D
|
8.
D
|
16. A
|
24. C
|
32. C
|
40. E
|
B. Isian
1.
Faktual
2.
Aksen
3.
Bukan fakta
4.
Proses/cara
5.
Skimming
6.
Intonasi.
7.
Bilabial.
8.
Kalimat bernalar/logis.
9.
Sinonim.
10.
Ungkapan.
C. Uraian
1.
Kebijaksanaan guru.
2.
a. kata tugas
b. kata sifat
c. kata benda
d. kata kerja
3.
Agar apa yang kita ucapkan
mempunyai bobot makna yang akurat/mudah dimengerti dan tidak menimbulkan salah
pengertian.
4.
Berfungsi membentuk kata
benda, bermakna menunjukkan hasil.
Contoh: kebijakan guru
5.
Induktif: yaitu disusun mulai
dari pengumpulan data/fakta dan berakhir pada kesimpulan yang merupakan ciri
umum data/fakta yang diamati.
Deduktif yaitu teknik membuat simpulan yang
bertolak dari suatu kesimpulan umum kemudian dijabarkan contoh-contoh yang
mengandung ciri-ciri umum itu.
6.
Jika udara yang keluar dari
paru-paru saat mengucapkan bunyi ujaran mendapat rintangan dari alat ucap
lainnya.
7.
Memeras.
8.
Kebijaksanaan guru.
9.
Kalimat efektif yang benar sebagai berikut.
a.
Acara perlombaan ini harus dimeriahkan dengan ajang kreativitas seni.
b.
Semua murid dan guru di sekolah dilarang merokok.
10.
Cara atau teknik membaca layap yang efektif.
a.
Menentukan materi yang akan dicari
kemudian temukan dengan cara mencermati ide pokok paragraf.
b.
Mata bergerak pada bagian paragraf lain.
c.
Berhenti pada bagian yang penting.
d. Membuat catatan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar