Jumat, 04 Maret 2016

RANCANGAN AKTIVITAS TUTORIAL (RAT) 2011


RANCANGAN AKTIVITAS TUTORIAL (RAT)

Mata Kuliah    : Materi dan Pembelajaran PKn Sekolah Dasar  
Kode/SKS       : PDGK 4401 / 3 SKS
Nama Tutor     : Drs. A. Rosyid Al Atok, M.Pd., MH
Deskripsi Singkat Mata Kuliah :
Matakuliah ini memberikan kompetensi kepada mahasiswa untuk mengkaji materi dan menentukan strategi pembelajaran PKn di Sekolah Dasar yang disesuaikan dengan keperluan masyarakat dewasa ini dan tantangan serta dinamika mendatang. Matakuliah ini memberi bekal kepada mahasiswa tentang pandangan dan wawasan ke depan yang luas, mampu menganalisis berbagai kesulitan di lapangan dan memberi tambahan materi PKn bagi diri  mahasiswa.
Kompetensi Umum:
Setelah mengikuti tutorial matakuliah ini, mahasiswa mempunyai kemampuan untuk:
1.      Memahami paradigma baru PKn di Sekolah Dasar;
2.      Mengidentifikasi materi dan strategi pembelajaran PKn SD yang berkaitan dengan individu sebagai insan Tuhan YME, makhluk sosial dan warga negara Indonesia;
3.      Mengidentifikasi materi dan strategi pembelajaran PKn SD yang berkaitan dengan sejarah perjuangan bangsa Indonesia dan semangat kebangsaan;
4.      Mengidentifikasi materi dan strategi pembelajaran PKn SD yang berkaitan dengan kerangka sosial-budaya masyarakat Indonesia dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia;
5.      Mengidentifikasi materi dan strategi pembelajaran PKn SD tentang Pancasila dan UUD 1945;
6.      Mengidentifikasi materi dan strategi pembelajaran PKn SD yang berkaitan dengan HAM;
7.      Mengidentifikasi materi dan strategi pembelajaran PKn SD yang berkaitan dengan demokrasi;
8.      Mengidentifikasi materi dan strategi pembelajaran PKn SD yang berkaitan dengan hukum dan penegakan hukum;
9.      Mengidentifikasi materi dan strategi pembelajaran PKn SD yang berkaitan dengan komunikasi sosial-budaya Indonesia dan karakter WNI baru.




No

Kompetensi Khusus
Pokok Bahasan
Sub Pokok Bahasan
Model Tutorial
Tugas Tutorial
Est. Waktu
Daftar Pustaka
Tutorial ke
1
2
3
4
5
6
7
8
9
1.

1.     Menjelaskan hakekat PKn dengan paradigma baru;
2.     Menyebutkan ciri-ciri warga negara yang demokratis;
3.     Menyebutkan ciri-ciri pembelajaran PKn untuk  warga negara yang demokratis;
Paradigma Baru PKn di Sekolah Dasar 
a. Warga Negara   Demokratis
b. Pembelajaran     PKn untuk warganegara demokratis

Curah Pendapat

-
  120’
Buku Materi Pokok PDGK 4401
1
2.



1.    Menjelaskan kedudukan individu sebagai insan Tuhan YME,  makhluk sosial, dan warga negara Indonesia;
2.    Mengidentifikasi materi pembelajaran individu sebagai insan Tuhan YME, makhluk sosial dan warga negara Indonesia;
Materi dan Pembelajaran individu sebagai insan Tuhan YME, makhluk sosial dan warga negara Indonesa
a. Kedudukan individu insan Tuhan, Mahluk  Sosial & WNI
b. Pembelajaran individu insan Tuhan, makh. Sosial & WNI.
Ceramah Tanya jawab

-
  120’

Buku Materi Pokok PDGK 4401
2
3.




1.     Menjelaskan sejarah perjuangan bangsa Indonesia dan semangat kebangsaan.
2.     Mengidentifikasi materi dan strategi  pembelajaran sejarah perjuangan bangsa dan semangat kebangsaan.
Materi dan Pembelajaran sejarah perjuangan bangsa Indonesia dan semangat kebangsaan
a. Sejarah perju-angan dan semangat kebangsaan
b. Pembelajaran sejarah perju-angan dan semangat kebangsaan
Diskusi Pemecahan masalah
Pemberian Tugas

Tugas Tutorial 1
120’





Buku Materi Pokok PDGK 4401
3
4.





1.     Menjelaskan keragaman sosial-budaya masyarakat Indonesia;
2.     Menjelaskan alasan keabanggan sebagai bangsa Indonesia;
3.     Mengidentifikasi materi dan strategi pembelajaran keragaman sosial-budaya masyarakat Indonesia dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia;
Materi dan Pembelajaran keragaman sosial-budaya masyarakat Indonesia dan kebanggan sebagai bangsa Indonesia
a. Keragaman sosbud ma-syarakat Indonesia
b. Kebanggaan sbg. Bangsa Indonesia
c. Pembelajaran  ragam sossial budaaya dan kebanggaan nasional
Diskusi kajian nilai




-
120’





Buku Materi Pokok PDGK 4401
4
5.


1.     Menjelaskan hakekat dan fungsi Pancasila.
2.     Menjelaskan UUD 1945 dan perubahannya
3.     Mengidentifikasi materi dan strategi pembelajaran Pancasila dan UUD 1945.
Materi dan Pembelajaran Pancasila dan UUD 1945
a. Hakikat & fungsi Pancasila
b. UUD 1945 & amandemen-  nya
c. Pembelajaran Pancasila & UUD 1945
Curah Pendapat Pemberian Tugas


Tugas Tutorial 2
120’



Buku Materi Pokok PDGK 4401
5
6.


1.     Menjelaskan materi Hak Asasi Manusia;
2.     Mengidentifikasi materi dan strategi pembelajaran Hak Asasi Manusia;
3.     Menjelaskan hakekat demokrasi dan pilar-pilar demokrasi konstitusional;
4.     Mengidentifikasi materi dan strategi pembelajaran demokrasi.

a.    Materi dan Pembela-jaran HAM
b.    Materi dan Pembela-jaran Demokra-si
a.    Materi HAM.
b.    Pembelajaran HAM di SD.
c.    Hakikat dan pilar-pilar demokrasi konstitusio-nal.
d.   Pembelajaran materi demo-krasi di SD.
Curah Pendapat


-
120’

Buku Materi Pokok PDGK 4401
6
7.

1.     Menjelaskan hakekat hukum dan penegakan hukum;
2.     Mengidentifikasi materi dan strategi pembelajaran hukum dan penegakan hukum.
Materi dan Pembelajaran Hukum dan Penegakan Hukum
a. Hukum dan penegakan hukum
b. Pembelajaran materi hukum dan penega-kan hukum di SD.
Diskusi Pemecahan Masalah Pemberian Tugas
Tugas Tutorial 3
120’



Buku Materi Pokok PDGK 4401
7
8.





1.     Menjelaskan hakekat komunikasi antar sosial-budaya;
2.     Menjelaskan karakter warga negara Indonesia baru.
3.     Mengidentifikasi materi dan strategi pembelajaran komunikasi antar sosial-budaya.
Materi dan Pembelajaran Komunikasi Sosial Budaya Indonesia dan Karakter WNI Baru
a. Hakikat komunikasi antar budaya
b. Karakter WN baru Indonesia
c. Pembelajaran materi komunikasi antar sosial budaya
Ceramah  Bervariasi

-
120’


Buku Materi Pokok PDGK 4401
8
                                             

 Malang, 27 September  2011
 Tutor,


                                                                                     Drs. A.Rosyid Al Atok, M.Pd., MH
 NIP 19620428 198701 1 001



SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL  (SAT)

Tutorial ke                               :  1 (satu)
Kode/Nama Mata Kuliah        :  PDGK 4401 / Materi dan Pembelajaran PKn Sekolah Dasar
SKS                                         :  3 SKS
Nama Tutor                             :  Drs. A. Rosyid Al Atok, M.Pd., MH

Kompetensi Umum: 
Mahasiswa dapat memahami paradigma baru PKn di Sekolah Dasar;

Kompetensi Khusus:
1.      Mahasiswa dapat menjelaskan hakekat PKn dengan paradigma baru;
2.      Mahasiswa dapat menyebutkan ciri-ciri warga negara yang demokratis;
3.      Mahasiswa dapat menyebutkan ciri-ciri pembelajaran PKn untuk  warga negara yang demokratis;
                                                 
Pokok Bahasan                       :  Paradigma Baru PKn Di Sekolah Dasar (Modul 1)
Sub Pokok Bahasan                :  1. Warga negara yang demokratis;
2. Pembelajaran PKn untuk warga negara demokratis.

No.
Tahapan
Rincian Kegiatan
Media
Waktu
1.
Persiapan
Menyiapkan materi dengan membaca modul dan membuat rangkuman singkat
2.
Kegiatan Pendahuluan
·      Penjelasan mengenai tujuan, ruang lingkup pokok bahasan, relevansi, dan manfaat materi tutorial yang hendak dibahas.
·      Penyiapan modul dan media pembelajaran yang akan dibahas dan digunakan dalam tutorial.
·      Penyepakatan strategi dan metode pembahasan
-
10 menit
3.
Kegiatan Penyajian
·         Pemberian kesempatan kepada mahasiswa untuk membaca kembali modul secara sakasama dan mencatat hal-hal yang penting.
·         Tutor menyampaikan beberapa pertanyaan penggerak yang dapat menkonstruksi pemahaman mahasiswa.
·         Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk saling memberi tanggapan dan pendapat atas pertanyaan tutor.
Daftar Pertanyaan Penggerak
100 menit
4.
Penutup

·         Penyimpulan hasil pembahasan dalam tutorial.
·         Penugasan untuk tutorial berikutnya.
 -
5 menit



SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL  (SAT)

Tutorial ke                               : 2 (dua)
Kode/Nama Mata Kuliah        :  PDGK 4401 / Materi dan Pembelajaran PKn Sekolah Dasar
SKS                                         :  3 SKS
Nama Tutor                             :  Drs. A. Rosyid Al Atok, M.Pd., MH

Kompetensi Umum: 
Mahasiswa dapat mengidentifikasi materi dan strategi pembelajaran PKn SD yang berkaitan dengan individu sebagai insan Tuhan YME, makhluk sosial dan warga negara Indonesia;
Kompetensi Khusus: 
1.      Mahasiswa dapat menjelaskan kedudukan individu sebagai insan Tuhan YME;
2.      Mahasiswa dapat menjelaskan kedudukan individu sebagai makhluk sosial;
3.      Mahasiswa dapat menjelaskan kedudukan individu sebagai warga negara Indonesia;
4.      Mahasiswa dapat mengidentifikasi materi pembelajaran PKn SD yang berkaitan dengan individu sebagai insan Tuhan YME, makhluk sosial dan warga negara Indonesia;
                                                 
Pokok Bahasan                       :  Materi dan Pembelajaran individu sebagai insan Tuhan YME, makhluk sosial dan warga negara Indonesa (Modul 2)
Sub Pokok Bahasan                :  1. Kedudukan individu sebagai insan Tuhan YME;
2. Kedudukan individu sebagai makhluk sosial;
3. Kedudukan individu sebagai warga negara Indonesia;
4. Pembelajaran individu sebagai insan Tuhan YME, makhluk
    sosial dan warga negara Indonesia.

No.
Tahapan
Rincian Kegiatan
Media
Waktu
1.
Persiapan
Menyiapkan materi dengan membaca modul dan membuat rangkuman singkat
2.
Kegiatan Pendahuluan
·      Penjelasan mengenai tujuan, ruang lingkup pokok bahasan, relevansi, dan manfaat materi tutorial yang hendak dibahas.
·      Penyiapan modul dan media pembelajaran yang akan dibahas dan digunakan dalam tutorial.
·      Penyepakatan strategi dan metode pembahasan
-
10 menit
3.
Kegiatan Penyajian
·         Pemberian kesempatan kepada mahasiswa untuk membaca kembali modul secara sakasama dan mencatat hal-hal yang penting.
·         Tutor menyampaikan beberapa pokok materi untuk membantu pemahaman mahasiswa.
·         Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk menyampaikan pertanyaan saling memberi jawaban dan tanggapan.
-
100 menit
4.
Penutup

·         Penyimpulan hasil pembahasan dalam tutorial.
·         Penugasan untuk tutorial berikutnya.
 -
5 menit


SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL  (SAT)

Tutorial ke                               :  3 (tiga)
Kode/Nama Mata Kuliah        :  PDGK 4401 / Materi dan Pembelajaran PKn Sekolah Dasar
SKS                                         :  3 SKS
Nama Tutor                             :  Drs. A. Rosyid Al Atok, M.Pd., MH

Kompetensi Umum: 
Mahasiswa dapat mengidentifikasi materi dan strategi pembelajaran PKn SD yang berkaitan dengan sejarah perjuangan bangsa Indonesia dan semangat kebangsaan;
Kompetensi Khusus: 
1.      Mahasiswa dapat menjelaskan sejarah perjuangan bangsa Indonesia dan semangat kebangsaan.
2.      Mahasiswa dapat mengidentifikasi materi dan strategi  pembelajaran sejarah perjuangan bangsa dan semangat kebangsaan.

Pokok Bahasan         :  Materi dan Pembelajaran sejarah perjuangan bangsa Indonesia dan semangat kebangsaan (Modul 3)
Sub Pokok Bahasan :  1.   Sejarah perjuangan bangsa Indonesia dan semangat kebangsaan;
2.   Pembelajaran sejarah perjuangan bangsa Indonesia dan semangat kebangsaan.

No.
Tahapan
Rincian Kegiatan
Media
Waktu
1.
Persiapan
Menyiapkan materi dengan membaca modul dan lembar tugas
2.
Kegiatan Pendahuluan
·      Penjelasan mengenai tujuan, ruang lingkup pokok bahasan, relevansi, dan manfaat materi tutorial yang hendak dibahas.
·      Penyiapan modul dan media pembelajaran yang akan dibahas dan digunakan dalam tutorial.
·      Penyepakatan strategi dan metode pembahasan
-
10 menit
3.
Kegiatan Penyajian
·         Pemberian kesempatan kepada mahasiswa untuk membagi diri dalam kelompok-kelompok kecil dengan anggota setiap kelompok maksimal 5 orang.
·         Tutor menyampaikan beberapa lembar tugas diskusi kepada masing-masing kelompok.
·         Mahasiswa mendiskusikan permasalahan yang ditugaskan tutor di kelompok masing-masing.
·         Masing-masing mahasiswa menuliskan hasil diskusi secara individual.
·         Pengumpulan tugas hasil diskusi.
Lembar Tugas Tutorial 1

90 menit
4.
Penutup
·         Penegasan dan penyimpulan hasil pembahasan dalam tutorial.
·         Penugasan untuk tutorial berikutnya.

15 menit


SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL  (SAT)

Tutorial ke                               :  4 (empat)
Kode/Nama Mata Kuliah        :  PDGK 4401 / Materi dan Pembelajaran PKn Sekolah Dasar
SKS                                         :  3 SKS
Nama Tutor                             :  Drs. A. Rosyid Al Atok, M.Pd., MH

Kompetensi Umum: 
Mahasiswa dapat mengidentifikasi materi dan strategi pembelajaran PKn SD yang berkaitan dengan kerangka sosial-budaya masyarakat Indonesia dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia;
Kompetensi Khusus: 
1.      Mahasiswa dapat menjelaskan keragaman sosial-budaya masyarakat Indonesia;
2.      Mahasiswa dapat menjelaskan alasan keabanggan sebagai bangsa Indonesia;
3.      Mahasiswa dapat mengidentifikasi materi dan strategi pembelajaran keragaman sosial-budaya masyarakat Indonesia dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia;
Pokok Bahasan                       :  Materi dan Pembelajaran keragaman sosial-budaya masyarakat Indonesia dan kebanggan sebagai bangsa Indonesia (Modul 4)
Sub Pokok Bahasan                :  1. Keragaman sosial-budaya masyarakat Indonesia;
2. Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia;
3. Pembelajaran keragaman sosial-budaya masyarakat Indonesia dan kebanggan sebagai bangsa  Indonesia.

No.
Tahapan
Rincian Kegiatan
Media
Waktu
1.
Persiapan
Menyiapkan materi dengan membaca modul dan lembar tugas
2.
Kegiatan Pendahuluan
·      Penjelasan mengenai tujuan, ruang lingkup pokok bahasan, relevansi, dan manfaat materi tutorial yang hendak dibahas.
·      Penyiapan modul dan media pembelajaran yang akan dibahas dan digunakan dalam tutorial.
·      Penyepakatan strategi dan metode pembahasan
-
10 menit
3.
Kegiatan Penyajian
·         Pemberian kesempatan kepada mahasiswa untuk membagi diri dalam kelompok-kelompok kecil dengan anggota setiap kelompok maksimal 5 orang.
·         Tutor menyampaikan beberapa lembar tugas diskusi kepada masing-masing kelompok.
·         Mahasiswa mendiskusikan permasalahan yang ditugaskan tutor di kelompok masing-masing.
·         Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya di depan kelas untuk ditanggapi oleh anggota kelompok lain.
·         Penegasan tutor terhadap hasil diskusi kelompok.
Lembar Tugas Diskusi

100 menit
4.
Penutup
·         Penyimpulan hasil pembahasan dalam tutorial.
·         Penugasan untuk tutorial berikutnya.

5 menit
SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL  (SAT)

Tutorial ke                               :  5 (lima)
Kode/Nama Mata Kuliah        :  PDGK 4401 / Materi dan Pembelajaran PKn Sekolah Dasar
SKS                                         :  3 SKS
Nama Tutor                             :  Drs. A. Rosyid Al Atok, M.Pd., MH

Kompetensi Umum: 
Mahasiswa dapat Mengidentifikasi materi dan strategi pembelajaran PKn SD tentang Pancasila dan UUD 1945;
Kompetensi Khusus: 
1.      Mahasiswa dapat menjelaskan hakekat dan fungsi Pancasila.
2.      Mahasiswa dapat menjelaskan UUD 1945 dan perubahannya
3.      Mahasiswa dapat mengidentifikasi materi dan strategi pembelajaran Pancasila dan UUD 1945.

Pokok Bahasan         :  Materi dan Pembelajaran Pancasila dan UUD 1945 (Modul 5)
Sub Pokok Bahasan :  1. Hakikat dan fungsi Pancasila.;
2. UUD 1945 dan Perubahan-perubahannya;
3. Pembelajaran materi  Pancasila dan UUD 1945.

No.
Tahapan
Rincian Kegiatan
Media
Waktu
1.
Persiapan
Menyiapkan materi dengan membaca modul dan membuat membuat tugas tutorial 1
2.
Kegiatan Pendahuluan
·      Penjelasan mengenai tujuan, ruang lingkup pokok bahasan, relevansi, dan manfaat materi tutorial yang hendak dibahas.
·      Penyiapan modul dan media pembelajaran yang akan dibahas dan digunakan dalam tutorial.
·      Penyepakatan strategi dan metode pembahasan
-
10 menit
3.
Kegiatan Penyajian
·      Tutor menyampaikan beberapa pertanyaan penggerak yang dapat menkonstruksi pemahaman mahasiswa.
·      Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk saling memberi tanggapan dan pendapat atas pertanyaan tutor.
·      Tutur menyampaikan Tugas Tutorial 2 untuk dikerjakan oleh mahasiswa secara individual.
·      Mahasiswa mengerjakan Tugas Tutorial 2  dan mengumpulkan hasilnya kepada tutor.
Lembar Tugas
Tutoria 2 (terlampir)
100 menit
4.
Penutup

·         Penyimpulan hasil pembahasan dalam tutorial.
·         Penugasan untuk tutorial berikutnya.

5 menit




SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL  (SAT)

Tutorial ke                               :  6 (enam)
Kode/Nama Mata Kuliah        :  PDGK 4401 / Materi dan Pembelajaran PKn Sekolah Dasar
SKS                                         :  3 SKS
Nama Tutor                             :  Drs. A. Rosyid Al Atok, M.Pd., MH

Kompetensi Umum: 
Mahasiswa dapat mengidentifikasi materi dan strategi pembelajaran PKn SD yang berkaitan dengan HAM dan demokrasi;
Kompetensi Khusus: 
1.      Mahasiswa dapat menjelaskan materi Hak Asasi Manusia;
2.      Mahasiswa dapat mengidentifikasi materi dan strategi pembelajaran Hak Asasi Manusia;
3.      Mahasiswa dapat menjelaskan hakekat demokrasi dan pilar-pilar demokrasi konstitusional;
4.      Mahasiswa dapat mengidentifikasi materi dan strategi pembelajaran demokrasi.
Pokok Bahasan                       :  Materi dan Pembelajaran HAM (Modul 6)
                                                   Materi dan Pembelajaran Demokrasi (Modul 7)
Sub Pokok Bahasan                :  1. Materi Hak Asasi Manusia;
                                                   2. Pembelajaran HAM;
                                                   3. Hakikat demokrasi dan pilar-pilar demokrasi konstitusional;
                                                   4. Pembelajaran materi demokrasi.

No.
Tahapan
Rincian Kegiatan
Media
Waktu
1.
Persiapan
Menyiapkan materi dengan membaca modul dan membuat rangkuman singkat
2.
Kegiatan Pendahuluan
·      Penjelasan mengenai tujuan, ruang lingkup pokok bahasan, relevansi, dan manfaat materi tutorial yang hendak dibahas.
·      Penyepakatan strategi dan metode pembahasan
-
10 menit
3.
Kegiatan Penyajian
·      Tutor menyampaikan beberapa pertanyaan penggerak yang dapat menkonstruksi pemahaman mahasiswa.
·      Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk saling memberi tanggapan dan pendapat atas pertanyaan tutor.
·      Mahasiswa  membagi diri dalam kelompok-kelompok kecil dengan anggota setiap kelompok maksimal 5 orang.
·      Tutor menyampaikan beberapa permasalahan kepada masing-masing kelompok untuk didiskusikan dan setelah selesai hasilnya diserhkan kepada tutor.
·      Tutor membacakan hasil diskusi kelompok mahasiswa yang dipilih secara acak.
-

100 menit
4.
Penutup
·         Penyimpulan hasil pembahasan dalam tutorial.
·         Penugasan untuk tutorial berikutnya.

5 menit
SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL  (SAT)

Tutorial ke                               :  7 (tujuh)
Kode/Nama Mata Kuliah        :  PDGK 4401 / Materi dan Pembelajaran PKn Sekolah Dasar
SKS                                         :  3 SKS
Nama Tutor                             :  Drs. A. Rosyid Al Atok, M.Pd., MH

Kompetensi Umum: 
Mahasiswa dapat mengidentifikasi materi dan strategi pembelajaran PKn SD yang berkaitan dengan hukum dan penegakan hukum;
Kompetensi Khusus: 
1.      Mahasiswa dapat menjelaskan hakekat hukum dan penegakan hukum;
2.      Mahasiswa dapat mengidentifikasi materi dan strategi pembelajaran hukum dan penegakan hukum.
Pokok Bahasan                       :  Materi dan Pembelajaran Hukum dan Penegakan Hukum
                                                   (Modul 8)
Sub Pokok Bahasan                :  1. Hukum dan Penegakan Hukum;
2. Pembelajaran materi hukum dan penegakan hukum bagi siswa di Sekolah Dasar.

No.
Tahapan
Rincian Kegiatan
Media
Waktu
1.
Persiapan
Menyiapkan materi dengan membaca modul dan membuat membuat tugas tutorial 1
2.
Kegiatan Pendahuluan
·      Penjelasan mengenai tujuan, ruang lingkup pokok bahasan, relevansi, dan manfaat materi tutorial yang hendak dibahas.
·      Penyiapan modul dan media pembelajaran yang akan dibahas dan digunakan dalam tutorial.
·      Penyepakatan strategi dan metode pembahasan
-
10 menit
3.
Kegiatan Penyajian
1.    Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk membagi diri dalam beberapa kelompok kecil dengan anggota maksimal 5 orang.
2.    Tutur menyampaikan Tugas Tutorial 3 untuk dikerjakan oleh mahasiswa secara kelompok dalam diskusi dan hasilnya dikumpulkan kepada tutor.
3.    Mahasiswa mengerjakan Tugas Tutorial 3 dan mengumpulkan hasilnya kepada tutor.
Lembar Tugas
Tutorial 3 (terlampir)
100 menit
4.
Penutup

·         Penyimpulan hasil pembahasan dalam tutorial.
·         Penugasan untuk tutorial berikutnya.

5 menit





SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL  (SAT)

Tutorial ke                               :  8 (delapan)
Kode/Nama Mata Kuliah        :  PDGK 4401 / Materi dan Pembelajaran PKn Sekolah Dasar
SKS                                         :  3 SKS
Nama Tutor                             :  Drs. A. Rosyid Al Atok, M.Pd., MH

Kompetensi Umum: 
Mahasiswa dapat mengidentifikasi materi dan strategi pembelajaran PKn SD yang berkaitan dengan komunikasi sosial-budaya Indonesia dan karakter WNI baru.
Kompetensi Khusus: 
1.      Mahasiswa dapat menjelaskan hakekat komunikasi antar sosial-budaya;
2.      Mahasiswa dapat menjelaskan karakter warga negara Indonesia baru.
3.      Mahasiswa dapat mengidentifikasi materi dan strategi pembelajaran komunikasi antar sosial-budaya.
Pokok Bahasan                       :  Materi dan Pembelajaran Komunikasi Sosial Budaya Indonesia dan Karakter WNI Baru (Modul 9)                                            
Sub Pokok Bahasan                :  1. Hakikat komunikasi antar budaya
2. Karakter warga negara baru Indonesia
3. Pembelajaran materi komunikasi antar sosial-budaya.

No.
Tahapan
Rincian Kegiatan
Media
Waktu
1.
Persiapan
Menyiapkan materi dengan membaca modul dan membuat rangkuman singkat
2.
Kegiatan Pendahuluan
·      Penjelasan mengenai tujuan, ruang lingkup pokok bahasan, relevansi, dan manfaat materi tutorial yang hendak dibahas.
·      Penyiapan modul dan media pembelajaran yang akan dibahas dan digunakan dalam tutorial.
·      Penyepakatan strategi dan metode pembahasan
-
10 menit
3.
Kegiatan Penyajian
·         Pemberian kesempatan kepada mahasiswa untuk membaca kembali modul secara sakasama dan mencatat hal-hal yang penting.
·         Tutor menyampaikan beberapa pokok materi untuk membantu pemahaman mahasiswa.
·         Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk menyampaikan pertanyaan saling memberi jawaban dan tanggapan.
-
100 menit
4.
Penutup

·         Penyimpulan hasil pembahasan dalam tutorial.
·         Penugasan untuk tutorial berikutnya.
 -
5 menit





RANCANGAN TUGAS TUTORIAL
Ke: 1  

Kode/Nama Mata Kuliah        :  PDGK 4401 / Materi dan Pembelajaran PKn SD
Pokok Bahasan                       :  Materi dan pembelajaran sejarah perjuangan bangsa Indonesia
                                                   dan semangat kebangsaan
Nama  Tutor                            :  Drs. A.Rosyid Al Atok, M.Pd., MH 
Masa Registrasi                       : 2011.2
Rentang Skor                          : 10 – 100

Kompetensi Khusus/TIK:
1.    Mahasiswa dapat menjelaskan sejarah perjuangan bangsa Indonesia dan semangat kebangsaan.
2.    Mahasiswa dapat mengidentifikasi materi dan strategi  pembelajaran sejarah perjuangan bangsa dan semangat kebangsaan.

Uraian Tugas:
1.    Bentuklah kelompok kecil dengan anggota maksimal 5 orang setiap kelompok dan pilihlah salah satu anggota kelompok menjadi ketua atau juru bicara kelompok.
2.    Diskusikan topik atau permasalahan di bawah ini dengan anggota kelompok:
Topik/Permasalahan untuk didiskusikan dalam kelompok:
a.      Jelaskan alasan secara umum mengenai pentingnya materi sejarah perjuangan bangsa Indonesia bagi pembentukan watak dan karakter siswa SD.
b.      Berikan contoh 3 peristiwa sejarah perjuangan bangsa yang perlu dipelajari oleh siswa SD.
c.      Berilah alasan secara khusus mengenai pentingnya peristiwa sejarah perjuangan bangsa tersebut dipelajari oleh siswa SD.
d.     Nilai-nilai apa saja yang perlu ditanamkan kepada siswa SD dari 3 peristiwa sejarah perjuangan bangsa tersebut?
3.    Masing-masing mahasiswa menuliskan hasil diskusi di kertas folio bergaris lengkap dengan identitas (nama dan NIM).
4.    Setiap mahasiswa harus mengumpulkan hasil tugas diskusi.

Selamat Berdiskusi













KRITERIA PENILAIAN TUGAS TUTORIAL
Ke: 1  

Kode/Nama Mata Kuliah        :  PDGK 4401 / Materi dan Pembelajaran PKn SD
Pokok Bahasan                       :  Materi dan pembelajaran sejarah perjuangan bangsa Indonesia
                                                   dan semangat kebangsaan
Nama  Tutor                            :  Drs. A.Rosyid Al Atok, M.Pd., MH 
Masa Registrasi                       :  2011.2
Rentang Skor                          :  10 – 100


No
Aspek yang dinilai
Skor
1.
Kemampuan menjelaskan alasan secara umum mengenai pentingnya materi sejarah perjuangan bangsa Indonesia bagi pembentukan watak dan karakter siswa SD.
30
2.
Ketepatan memberikan contoh 3 peristiwa sejarah perjuangan bangsa yang perlu dipelajari oleh siswa SD.

20
3.
Kemampuan menjelaskan alasan secara khusus mengenai pentingnya peristiwa sejarah perjuangan bangsa tersebut dipelajari oleh siswa SD.

25
4.
Kemampuan mengidentifikasi nilai-nilai apa saja yang perlu ditanamkan kepada siswa SD dari 3 peristiwa sejarah perjuangan bangsa yang dipilih.

25

Jumlah Skor
100


















RANCANGAN TUGAS TUTORIAL
Ke: 2

Kode/Nama Mata Kuliah        :  PDGK 4401 / Materi dan Pembelajaran PKn SD
Pokok Bahasan                       :  Materi dan Pembelajaran Pancasila dan UUD 1945
Nama  Tutor                            :  Drs. A.Rosyid Al Atok, M.Pd., MH 
Masa Registrasi                       : 2011.2
Rentang Skor                          : 10 – 100

Kompetensi Khusus/TIK:
1.    Mahasiswa dapat menjelaskan hakekat dan fungsi Pancasila.
2.    Mahasiswa dapat menjelaskan UUD 1945 dan perubahannya.
3.    Mahasiswa dapat mengidentifikasi materi dan strategi pembelajaran Pancasila dan UUD 1945.

Uraian Tugas:
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat dan benar. Dalam menjawab pertanyaan Saudara boleh membuka buku Modul, tetapi tidak boleh bekerjasama dengan sesama mahasiswa.

1.    Jelakan pengertian pancasila sebagai pandangan hidup bangsa dan pengertian Pancasila sebagai Dasar Negara RI!
2.    Ceritakan secara kronologis sejarah perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara RI!
3.    Jelaskan pentingnya Dasar Negara bagi kehidupan berbangsa dan bernegara!
4.    Di mana terdapat rumusan Pancasila yang sah dan benar serta bagaimana bunyinya?
5.    UUD 1945 yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945 saat ini sudah mengalami perubahan.
a. Mengapa UUD 1945 perlu dilakukan perubahan?
b. Sebutkan berapa kali dan kapan saja perubahan tersebut terjadi?
c. Apa saja hasil perubahan UUD 1945 yang Saudara ketahui?
d. Hal-hal apa saja dari UUD 1945 yang disepakati tidak boleh diubah?


Selamat Mengerjakan








KRITERIA PENILAIAN TUGAS TUTORIAL
Ke: 2

Kode/Nama Mata Kuliah        :  PDGK 4401 / Materi dan Pembelajaran PKn SD
Pokok Bahasan                       :  Materi dan Pembelajaran Pancasila dan UUD 1945
Nama  Tutor                            :  Drs. A.Rosyid Al Atok, M.Pd., MH 
Masa Registrasi                       : 2011.2
Rentang Skor                          : 10 – 100


No
Aspek yang dinilai
Skor
1.
Kemampuan menjelaskan pengertian pancasila sebagai pandangan hidup bangsa dan pengertian Pancasila sebagai Dasar Negara RI.
15
2.
Kemampuan menceritakan secara kronologis sejarah perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara RI.
10
3.
Kemampuan menjelaskan pentingnya Dasar Negara bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.
10
4.
Ketepatan menunjukkan tempat terdapat rumusan Pancasila yang sah dan benar serta menuliskan rumusannya.
10
5.
Kemampuan menjelaskan alasan dilakukan perubahan terhadap  UUD 1945.
15
6.
Ketepatan menyebutkan berapa kali dan tahun dilakukan perubahan terhadap UUD 1945.
10
7.
Ketepatan menyebutkan hasil-hasil perubahan UUD 1945.
15
8.
Kemampuan menjelaskan hal-hal apa saja dari UUD 1945 yang disepakati tidak boleh diubah.
15

Jumlah Skor
100










RANCANGAN TUGAS TUTORIAL
Ke: 3

Kode/Nama Mata Kuliah        :  PDGK 4401 / Materi dan Pembelajaran PKn SD
Pokok Bahasan                       :  Materi dan Pembelajaran Hukum dan Penegakan Hukum
Nama  Tutor                            :  Drs. A.Rosyid Al Atok, M.Pd., MH 
Masa Registrasi                       : 2011.2
Rentang Skor                          : 10 – 100

Kompetensi Khusus/TIK:
1.    Mahasiswa dapat menjelaskan hakekat hukum dan penegakan hukum;
2.    Mahasiswa dapat mengidentifikasi materi dan strategi pembelajaran hukum dan penegakan hukum.

Uraian Tugas:
1.    Bentuklah kelompok kecil dengan anggota maksimal 5 orang setiap kelompok dan pilihlah salah satu anggota kelompok menjadi ketua atau juru bicara kelompok.
2.    Diskusikan topik atau permasalahan di bawah ini dengan anggota kelompok:
Topik/Permasalahan untuk didiskusikan dalam kelompok:
a.    Jelaskan alasan perlunya hukum dan penegakan hukum bagi kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
b.    Jelaskan dan berikan contoh perbedaan antara norma hukum, norma sopan santun, norma susila, dan norma agama yang terdapat dalam masyarakat.
c.    Sebutkan macam-macam lembaga penegak hukum dan jelaskan apa tugas masing-masing!
d.   Berikan contoh 3 norma hukum yang ada dalam kehidupan sekolah yang harus ditaati oleh siswa!
e.    Jelaskan bagaimana cara yang paling tepat menanamkan sikap kesadaran dan ketaatan terhadap hukum pada siswa SD?
3.    Masing-masing mahasiswa menuliskan hasil diskusi di kertas folio bergaris lengkap dengan identitas (nama dan NIM).
4.    Setiap mahasiswa harus mengumpulkan hasil tugas diskusi.

Selamat mengerjakan dengan diskusi







KRITERIA PENILAIAN TUGAS TUTORIAL
Ke: 3

Kode/Nama Mata Kuliah        :  PDGK 4401 / Materi dan Pembelajaran PKn SD
Pokok Bahasan                       :  Materi dan Pembelajaran Hukum dan Penegakan Hukum
Nama  Tutor                            :  Drs. A.Rosyid Al Atok, M.Pd., MH 
Masa Registrasi                       : 2011.2
Rentang Skor                          : 10 – 100

No
Aspek yang dinilai
Skor
1.
Kemampuan menjelaskan alasan perlunya hukum dan penegakan hukum bagi kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
20
2.
Kemampuan menjelaskan dan memberikan contoh perbedaan antara norma hukum, norma sopan santun, norma susila, dan norma agama yang terdapat dalam masyarakat.
20
3.
Kemampuan menyebutkan macam-macam lembaga penegak hukum dan menjelaskan tugas masing-masing.
20
4.
Ketepatan memberikan contoh 3 norma hukum yang ada dalam kehidupan sekolah yang harus ditaati oleh siswa.
20
5.
Kemampuan menjelaskan cara yang paling tepat menanamkan sikap kesadaran dan ketaatan terhadap hukum pada siswa SD.
20

Jumlah Skor
100

Tidak ada komentar:

Posting Komentar