RANCANGAN AKTIVITAS TUTORIAL (RAT)
Mata Kuliah : Materi dan Pembelajaran PKn Sekolah Dasar
Kode/SKS : PDGK 4401 / 3 SKS
Nama Tutor : Drs. A. Rosyid Al Atok, M.Pd., MH
Deskripsi
Singkat Mata Kuliah :
Matakuliah ini memberikan kompetensi kepada mahasiswa
untuk mengkaji materi dan menentukan strategi pembelajaran PKn di Sekolah Dasar
yang disesuaikan dengan keperluan masyarakat dewasa ini dan tantangan serta
dinamika mendatang. Matakuliah ini memberi bekal kepada mahasiswa tentang
pandangan dan wawasan ke depan yang luas, mampu menganalisis berbagai kesulitan
di lapangan dan memberi tambahan materi PKn bagi diri mahasiswa.
Kompetensi
Umum:
Setelah mengikuti tutorial matakuliah ini, mahasiswa
mempunyai kemampuan untuk:
1. Memahami paradigma baru PKn di Sekolah Dasar;
2. Mengidentifikasi materi dan strategi pembelajaran PKn
SD yang berkaitan dengan individu sebagai insan Tuhan YME, makhluk sosial dan
warga negara Indonesia;
3. Mengidentifikasi materi dan strategi pembelajaran PKn
SD yang berkaitan dengan sejarah perjuangan bangsa Indonesia dan semangat
kebangsaan;
4. Mengidentifikasi materi dan strategi pembelajaran PKn
SD yang berkaitan dengan kerangka sosial-budaya masyarakat Indonesia dan
kebanggaan sebagai bangsa Indonesia;
5. Mengidentifikasi materi dan strategi pembelajaran PKn
SD tentang Pancasila dan UUD 1945;
6. Mengidentifikasi materi dan strategi pembelajaran PKn
SD yang berkaitan dengan HAM;
7. Mengidentifikasi materi dan strategi pembelajaran PKn
SD yang berkaitan dengan demokrasi;
8. Mengidentifikasi materi dan strategi pembelajaran
PKn SD yang berkaitan dengan hukum dan penegakan hukum;
9. Mengidentifikasi materi dan strategi pembelajaran
PKn SD yang berkaitan dengan komunikasi sosial-budaya Indonesia dan karakter
WNI baru.
No |
Kompetensi Khusus
|
Pokok Bahasan
|
Sub Pokok Bahasan
|
Model Tutorial
|
Tugas Tutorial
|
Est. Waktu
|
Daftar Pustaka
|
Tutorial ke
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
1.
|
1.
Menjelaskan
hakekat PKn dengan paradigma baru;
2.
Menyebutkan
ciri-ciri warga negara yang demokratis;
3.
Menyebutkan
ciri-ciri pembelajaran PKn untuk warga
negara yang demokratis;
|
Paradigma
Baru PKn di Sekolah Dasar
|
a. Warga Negara
Demokratis
b. Pembelajaran PKn untuk warganegara demokratis
|
Curah
Pendapat
|
-
|
120’
|
Buku Materi Pokok PDGK 4401
|
1
|
2.
|
1. Menjelaskan kedudukan individu sebagai insan
Tuhan YME, makhluk sosial, dan warga
negara Indonesia;
2. Mengidentifikasi materi pembelajaran individu
sebagai insan Tuhan YME, makhluk sosial dan warga negara Indonesia;
|
Materi
dan Pembelajaran individu sebagai insan Tuhan YME, makhluk sosial dan warga
negara Indonesa
|
a. Kedudukan individu insan Tuhan, Mahluk Sosial & WNI
b. Pembelajaran individu insan Tuhan, makh.
Sosial & WNI.
|
Ceramah
Tanya jawab
|
-
|
120’
|
Buku Materi Pokok PDGK 4401
|
2
|
3.
|
1. Menjelaskan sejarah perjuangan bangsa Indonesia
dan semangat kebangsaan.
2. Mengidentifikasi materi dan strategi pembelajaran sejarah perjuangan bangsa dan
semangat kebangsaan.
|
Materi
dan Pembelajaran sejarah perjuangan bangsa Indonesia dan semangat kebangsaan
|
a. Sejarah perju-angan dan semangat kebangsaan
b. Pembelajaran sejarah perju-angan dan semangat
kebangsaan
|
Diskusi
Pemecahan masalah
Pemberian
Tugas
|
Tugas
Tutorial 1
|
120’
|
Buku Materi Pokok PDGK 4401
|
3
|
4.
|
1. Menjelaskan keragaman sosial-budaya masyarakat
Indonesia;
2. Menjelaskan alasan keabanggan sebagai bangsa Indonesia;
3. Mengidentifikasi materi dan strategi
pembelajaran keragaman sosial-budaya masyarakat Indonesia dan kebanggaan
sebagai bangsa Indonesia;
|
Materi
dan Pembelajaran keragaman sosial-budaya masyarakat Indonesia dan kebanggan
sebagai bangsa Indonesia
|
a. Keragaman sosbud ma-syarakat Indonesia
b. Kebanggaan sbg. Bangsa Indonesia
c. Pembelajaran
ragam sossial budaaya dan kebanggaan nasional
|
Diskusi
kajian nilai
|
-
|
120’
|
Buku Materi Pokok PDGK 4401
|
4
|
5.
|
1. Menjelaskan hakekat dan fungsi Pancasila.
2.
Menjelaskan
UUD 1945 dan perubahannya
3.
Mengidentifikasi
materi dan strategi pembelajaran Pancasila dan UUD 1945.
|
Materi
dan Pembelajaran Pancasila dan UUD 1945
|
a. Hakikat & fungsi Pancasila
b. UUD 1945 & amandemen- nya
c. Pembelajaran Pancasila & UUD 1945
|
Curah
Pendapat Pemberian Tugas
|
Tugas
Tutorial 2
|
120’
|
Buku Materi Pokok PDGK 4401
|
5
|
6.
|
1. Menjelaskan materi Hak Asasi Manusia;
2. Mengidentifikasi materi dan strategi
pembelajaran Hak Asasi Manusia;
3. Menjelaskan hakekat demokrasi dan pilar-pilar
demokrasi konstitusional;
4. Mengidentifikasi materi dan strategi
pembelajaran demokrasi.
|
a. Materi dan Pembela-jaran HAM
b. Materi dan Pembela-jaran Demokra-si
|
a. Materi HAM.
b. Pembelajaran HAM di SD.
c. Hakikat dan pilar-pilar demokrasi
konstitusio-nal.
d. Pembelajaran materi demo-krasi di SD.
|
Curah
Pendapat
|
-
|
120’
|
Buku Materi Pokok PDGK 4401
|
6
|
7.
|
1. Menjelaskan hakekat hukum dan penegakan hukum;
2. Mengidentifikasi materi dan strategi
pembelajaran hukum dan penegakan hukum.
|
Materi
dan Pembelajaran Hukum dan Penegakan Hukum
|
a. Hukum dan penegakan hukum
b. Pembelajaran materi hukum dan penega-kan
hukum di SD.
|
Diskusi
Pemecahan Masalah Pemberian Tugas
|
Tugas
Tutorial 3
|
120’
|
Buku Materi Pokok PDGK 4401
|
7
|
8.
|
1. Menjelaskan hakekat komunikasi antar
sosial-budaya;
2. Menjelaskan karakter warga negara Indonesia
baru.
3. Mengidentifikasi materi dan strategi
pembelajaran komunikasi antar sosial-budaya.
|
Materi
dan Pembelajaran Komunikasi Sosial Budaya Indonesia dan Karakter WNI Baru
|
a. Hakikat komunikasi antar budaya
b. Karakter WN baru Indonesia
c. Pembelajaran materi komunikasi antar sosial
budaya
|
Ceramah Bervariasi
|
-
|
120’
|
Buku Materi Pokok PDGK 4401
|
8
|
Malang, 27
September 2011
Tutor,
Drs. A.Rosyid Al Atok, M.Pd., MH
NIP
19620428 198701 1 001
SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL (SAT)
Tutorial ke : 1 (satu)
Kode/Nama Mata Kuliah :
PDGK 4401 / Materi dan Pembelajaran PKn Sekolah Dasar
SKS : 3
SKS
Nama Tutor : Drs. A. Rosyid Al Atok, M.Pd., MH
Kompetensi Umum:
Mahasiswa dapat memahami paradigma baru PKn di
Sekolah Dasar;
Kompetensi Khusus:
1. Mahasiswa dapat menjelaskan hakekat PKn dengan
paradigma baru;
2. Mahasiswa dapat menyebutkan ciri-ciri warga negara
yang demokratis;
3. Mahasiswa dapat menyebutkan ciri-ciri pembelajaran
PKn untuk warga negara yang demokratis;
Pokok Bahasan :
Paradigma Baru PKn Di Sekolah Dasar
(Modul 1)
Sub Pokok Bahasan : 1. Warga negara yang demokratis;
2. Pembelajaran PKn untuk warga negara demokratis.
No.
|
Tahapan
|
Rincian Kegiatan
|
Media
|
Waktu
|
1.
|
Persiapan
|
Menyiapkan materi dengan membaca modul dan membuat rangkuman singkat
|
||
2.
|
Kegiatan Pendahuluan
|
· Penjelasan mengenai tujuan, ruang lingkup pokok bahasan, relevansi, dan manfaat
materi tutorial yang hendak dibahas.
· Penyiapan modul dan media pembelajaran yang akan dibahas dan digunakan
dalam tutorial.
· Penyepakatan strategi dan metode pembahasan
|
-
|
10 menit
|
3.
|
Kegiatan Penyajian
|
·
Pemberian kesempatan kepada
mahasiswa untuk membaca kembali modul secara sakasama dan mencatat hal-hal
yang penting.
·
Tutor menyampaikan beberapa
pertanyaan penggerak yang dapat menkonstruksi pemahaman mahasiswa.
·
Memberi kesempatan kepada
mahasiswa untuk saling memberi tanggapan dan pendapat atas pertanyaan tutor.
|
Daftar Pertanyaan
Penggerak
|
100 menit
|
4.
|
Penutup
|
·
Penyimpulan hasil pembahasan
dalam tutorial.
·
Penugasan untuk tutorial
berikutnya.
|
-
|
5 menit
|
SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL (SAT)
Tutorial ke : 2 (dua)
Kode/Nama Mata Kuliah :
PDGK 4401 / Materi dan Pembelajaran PKn Sekolah Dasar
SKS : 3
SKS
Nama Tutor : Drs. A. Rosyid Al Atok, M.Pd., MH
Kompetensi Umum:
Mahasiswa dapat mengidentifikasi materi dan
strategi pembelajaran PKn SD yang berkaitan dengan individu sebagai insan Tuhan
YME, makhluk sosial dan warga negara Indonesia;
Kompetensi Khusus:
1. Mahasiswa dapat menjelaskan kedudukan individu
sebagai insan Tuhan YME;
2. Mahasiswa dapat menjelaskan kedudukan individu
sebagai makhluk sosial;
3. Mahasiswa dapat menjelaskan kedudukan individu
sebagai warga negara Indonesia;
4. Mahasiswa dapat mengidentifikasi materi
pembelajaran PKn SD yang berkaitan dengan individu sebagai insan Tuhan YME,
makhluk sosial dan warga negara Indonesia;
Pokok Bahasan : Materi dan Pembelajaran individu sebagai insan
Tuhan YME, makhluk sosial dan warga negara Indonesa (Modul 2)
Sub Pokok Bahasan : 1. Kedudukan individu sebagai insan Tuhan
YME;
2. Kedudukan individu sebagai makhluk sosial;
3. Kedudukan individu sebagai warga negara
Indonesia;
4. Pembelajaran individu sebagai
insan Tuhan YME, makhluk
sosial dan warga negara Indonesia.
No.
|
Tahapan
|
Rincian Kegiatan
|
Media
|
Waktu
|
1.
|
Persiapan
|
Menyiapkan materi dengan membaca modul dan membuat rangkuman singkat
|
||
2.
|
Kegiatan Pendahuluan
|
· Penjelasan mengenai tujuan, ruang lingkup pokok bahasan, relevansi, dan
manfaat materi tutorial yang hendak dibahas.
· Penyiapan modul dan media pembelajaran yang akan dibahas dan digunakan
dalam tutorial.
· Penyepakatan strategi dan metode pembahasan
|
-
|
10 menit
|
3.
|
Kegiatan Penyajian
|
·
Pemberian kesempatan kepada
mahasiswa untuk membaca kembali modul secara sakasama dan mencatat hal-hal
yang penting.
·
Tutor menyampaikan beberapa pokok
materi untuk membantu pemahaman mahasiswa.
·
Memberi kesempatan kepada
mahasiswa untuk menyampaikan pertanyaan saling memberi jawaban dan tanggapan.
|
-
|
100 menit
|
4.
|
Penutup
|
·
Penyimpulan hasil pembahasan
dalam tutorial.
·
Penugasan untuk tutorial
berikutnya.
|
-
|
5 menit
|
SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL (SAT)
Tutorial ke : 3 (tiga)
Kode/Nama Mata Kuliah :
PDGK 4401 / Materi dan Pembelajaran PKn Sekolah Dasar
SKS : 3
SKS
Nama Tutor : Drs. A. Rosyid Al Atok, M.Pd., MH
Kompetensi Umum:
Mahasiswa dapat mengidentifikasi materi dan
strategi pembelajaran PKn SD yang berkaitan dengan sejarah perjuangan bangsa
Indonesia dan semangat kebangsaan;
Kompetensi Khusus:
1. Mahasiswa dapat menjelaskan sejarah perjuangan
bangsa Indonesia dan semangat kebangsaan.
2. Mahasiswa dapat mengidentifikasi materi dan
strategi pembelajaran sejarah perjuangan
bangsa dan semangat kebangsaan.
Pokok Bahasan : Materi dan Pembelajaran sejarah perjuangan
bangsa Indonesia dan semangat kebangsaan (Modul 3)
Sub Pokok Bahasan : 1. Sejarah
perjuangan bangsa Indonesia dan semangat kebangsaan;
2. Pembelajaran
sejarah perjuangan bangsa Indonesia dan semangat kebangsaan.
No.
|
Tahapan
|
Rincian Kegiatan
|
Media
|
Waktu
|
1.
|
Persiapan
|
Menyiapkan materi dengan membaca modul dan lembar tugas
|
||
2.
|
Kegiatan Pendahuluan
|
· Penjelasan mengenai tujuan, ruang lingkup pokok bahasan, relevansi, dan
manfaat materi tutorial yang hendak dibahas.
· Penyiapan modul dan media pembelajaran yang akan dibahas dan digunakan
dalam tutorial.
· Penyepakatan strategi dan metode pembahasan
|
-
|
10 menit
|
3.
|
Kegiatan Penyajian
|
·
Pemberian kesempatan kepada
mahasiswa untuk membagi diri dalam kelompok-kelompok kecil dengan anggota
setiap kelompok maksimal 5 orang.
·
Tutor menyampaikan beberapa
lembar tugas diskusi kepada masing-masing kelompok.
·
Mahasiswa mendiskusikan
permasalahan yang ditugaskan tutor di kelompok masing-masing.
·
Masing-masing mahasiswa
menuliskan hasil diskusi secara individual.
·
Pengumpulan tugas hasil diskusi.
|
Lembar Tugas Tutorial 1
|
90 menit
|
4.
|
Penutup
|
·
Penegasan dan penyimpulan hasil
pembahasan dalam tutorial.
·
Penugasan untuk tutorial
berikutnya.
|
|
15 menit
|
SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL (SAT)
Tutorial ke : 4 (empat)
Kode/Nama Mata Kuliah :
PDGK 4401 / Materi dan Pembelajaran PKn Sekolah Dasar
SKS : 3
SKS
Nama Tutor : Drs. A. Rosyid Al Atok, M.Pd., MH
Kompetensi Umum:
Mahasiswa dapat mengidentifikasi materi dan strategi
pembelajaran PKn SD yang berkaitan dengan kerangka sosial-budaya masyarakat
Indonesia dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia;
Kompetensi Khusus:
1. Mahasiswa dapat menjelaskan keragaman
sosial-budaya masyarakat Indonesia;
2. Mahasiswa dapat menjelaskan alasan keabanggan sebagai
bangsa Indonesia;
3. Mahasiswa dapat mengidentifikasi materi dan
strategi pembelajaran keragaman sosial-budaya masyarakat Indonesia dan
kebanggaan sebagai bangsa Indonesia;
Pokok Bahasan : Materi dan Pembelajaran keragaman sosial-budaya
masyarakat Indonesia dan kebanggan sebagai bangsa Indonesia (Modul 4)
Sub Pokok Bahasan : 1. Keragaman sosial-budaya masyarakat
Indonesia;
2. Kebanggaan sebagai bangsa
Indonesia;
3. Pembelajaran keragaman
sosial-budaya masyarakat Indonesia dan kebanggan sebagai bangsa Indonesia.
No.
|
Tahapan
|
Rincian Kegiatan
|
Media
|
Waktu
|
1.
|
Persiapan
|
Menyiapkan materi dengan membaca modul dan lembar tugas
|
||
2.
|
Kegiatan Pendahuluan
|
· Penjelasan mengenai tujuan, ruang lingkup pokok bahasan, relevansi, dan
manfaat materi tutorial yang hendak dibahas.
· Penyiapan modul dan media pembelajaran yang akan dibahas dan digunakan
dalam tutorial.
· Penyepakatan strategi dan metode pembahasan
|
-
|
10 menit
|
3.
|
Kegiatan Penyajian
|
·
Pemberian kesempatan kepada
mahasiswa untuk membagi diri dalam kelompok-kelompok kecil dengan anggota
setiap kelompok maksimal 5 orang.
·
Tutor menyampaikan beberapa
lembar tugas diskusi kepada masing-masing kelompok.
·
Mahasiswa mendiskusikan
permasalahan yang ditugaskan tutor di kelompok masing-masing.
·
Masing-masing kelompok
menyampaikan hasil diskusinya di depan kelas untuk ditanggapi oleh anggota
kelompok lain.
·
Penegasan tutor terhadap
hasil diskusi kelompok.
|
Lembar Tugas Diskusi
|
100 menit
|
4.
|
Penutup
|
·
Penyimpulan hasil pembahasan
dalam tutorial.
·
Penugasan untuk tutorial
berikutnya.
|
|
5 menit
|
SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL (SAT)
Tutorial ke : 5 (lima)
Kode/Nama Mata Kuliah :
PDGK 4401 / Materi dan Pembelajaran PKn Sekolah Dasar
SKS : 3
SKS
Nama Tutor : Drs. A. Rosyid Al Atok, M.Pd., MH
Kompetensi Umum:
Mahasiswa dapat Mengidentifikasi materi dan
strategi pembelajaran PKn SD tentang Pancasila dan UUD 1945;
Kompetensi Khusus:
1. Mahasiswa dapat menjelaskan hakekat dan fungsi
Pancasila.
2. Mahasiswa dapat menjelaskan UUD 1945 dan
perubahannya
3. Mahasiswa dapat mengidentifikasi materi dan
strategi pembelajaran Pancasila dan UUD 1945.
Pokok Bahasan :
Materi dan Pembelajaran Pancasila dan UUD 1945 (Modul 5)
Sub Pokok Bahasan : 1. Hakikat dan fungsi Pancasila.;
2. UUD 1945 dan Perubahan-perubahannya;
3. Pembelajaran materi Pancasila dan UUD 1945.
No.
|
Tahapan
|
Rincian Kegiatan
|
Media
|
Waktu
|
1.
|
Persiapan
|
Menyiapkan materi dengan membaca modul dan membuat membuat tugas tutorial
1
|
||
2.
|
Kegiatan Pendahuluan
|
· Penjelasan mengenai tujuan, ruang lingkup pokok bahasan, relevansi, dan
manfaat materi tutorial yang hendak dibahas.
· Penyiapan modul dan media pembelajaran yang akan dibahas dan digunakan
dalam tutorial.
· Penyepakatan strategi dan metode pembahasan
|
-
|
10 menit
|
3.
|
Kegiatan Penyajian
|
· Tutor menyampaikan beberapa pertanyaan penggerak yang dapat menkonstruksi
pemahaman mahasiswa.
· Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk saling memberi tanggapan dan
pendapat atas pertanyaan tutor.
· Tutur menyampaikan Tugas Tutorial 2 untuk dikerjakan oleh mahasiswa
secara individual.
· Mahasiswa mengerjakan Tugas Tutorial 2
dan mengumpulkan hasilnya kepada tutor.
|
Lembar Tugas
Tutoria 2 (terlampir)
|
100 menit
|
4.
|
Penutup
|
·
Penyimpulan hasil pembahasan
dalam tutorial.
·
Penugasan untuk tutorial
berikutnya.
|
|
5 menit
|
SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL (SAT)
Tutorial ke : 6 (enam)
Kode/Nama Mata Kuliah :
PDGK 4401 / Materi dan Pembelajaran PKn Sekolah Dasar
SKS : 3
SKS
Nama Tutor : Drs. A. Rosyid Al Atok, M.Pd., MH
Kompetensi Umum:
Mahasiswa dapat mengidentifikasi materi dan
strategi pembelajaran PKn SD yang berkaitan dengan HAM dan demokrasi;
Kompetensi Khusus:
1. Mahasiswa dapat menjelaskan materi Hak Asasi
Manusia;
2. Mahasiswa dapat mengidentifikasi materi dan
strategi pembelajaran Hak Asasi Manusia;
3. Mahasiswa dapat menjelaskan hakekat demokrasi dan
pilar-pilar demokrasi konstitusional;
4. Mahasiswa dapat mengidentifikasi materi dan
strategi pembelajaran demokrasi.
Pokok Bahasan : Materi dan Pembelajaran HAM (Modul 6)
Materi dan Pembelajaran Demokrasi (Modul 7)
Sub Pokok Bahasan : 1. Materi Hak Asasi Manusia;
2. Pembelajaran HAM;
3. Hakikat demokrasi dan pilar-pilar demokrasi
konstitusional;
4. Pembelajaran materi demokrasi.
No.
|
Tahapan
|
Rincian Kegiatan
|
Media
|
Waktu
|
1.
|
Persiapan
|
Menyiapkan materi dengan membaca modul dan membuat rangkuman singkat
|
||
2.
|
Kegiatan Pendahuluan
|
· Penjelasan mengenai tujuan, ruang lingkup pokok bahasan, relevansi, dan
manfaat materi tutorial yang hendak dibahas.
· Penyepakatan strategi dan metode pembahasan
|
-
|
10 menit
|
3.
|
Kegiatan Penyajian
|
· Tutor menyampaikan beberapa pertanyaan penggerak yang dapat menkonstruksi
pemahaman mahasiswa.
· Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk saling memberi tanggapan dan
pendapat atas pertanyaan tutor.
· Mahasiswa membagi diri dalam
kelompok-kelompok kecil dengan anggota setiap kelompok maksimal 5 orang.
· Tutor menyampaikan beberapa permasalahan kepada masing-masing kelompok
untuk didiskusikan dan setelah selesai hasilnya diserhkan kepada tutor.
· Tutor membacakan hasil diskusi kelompok mahasiswa yang dipilih secara acak.
|
-
|
100 menit
|
4.
|
Penutup
|
·
Penyimpulan hasil pembahasan
dalam tutorial.
·
Penugasan untuk tutorial
berikutnya.
|
|
5 menit
|
SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL (SAT)
Tutorial ke : 7 (tujuh)
Kode/Nama Mata Kuliah :
PDGK 4401 / Materi dan Pembelajaran PKn Sekolah Dasar
SKS : 3
SKS
Nama Tutor : Drs. A. Rosyid Al Atok, M.Pd., MH
Kompetensi Umum:
Mahasiswa dapat mengidentifikasi materi dan
strategi pembelajaran PKn SD yang berkaitan dengan hukum dan penegakan hukum;
Kompetensi Khusus:
1. Mahasiswa dapat menjelaskan hakekat hukum dan
penegakan hukum;
2. Mahasiswa dapat mengidentifikasi materi dan
strategi pembelajaran hukum dan penegakan hukum.
Pokok Bahasan : Materi dan Pembelajaran Hukum dan Penegakan
Hukum
(Modul 8)
Sub Pokok Bahasan : 1. Hukum dan Penegakan Hukum;
2. Pembelajaran materi hukum dan
penegakan hukum bagi siswa di Sekolah Dasar.
No.
|
Tahapan
|
Rincian Kegiatan
|
Media
|
Waktu
|
1.
|
Persiapan
|
Menyiapkan materi dengan membaca modul dan membuat membuat tugas tutorial
1
|
||
2.
|
Kegiatan Pendahuluan
|
· Penjelasan mengenai tujuan, ruang lingkup pokok bahasan, relevansi, dan
manfaat materi tutorial yang hendak dibahas.
· Penyiapan modul dan media pembelajaran yang akan dibahas dan digunakan
dalam tutorial.
· Penyepakatan strategi dan metode pembahasan
|
-
|
10 menit
|
3.
|
Kegiatan Penyajian
|
1. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk
membagi diri dalam beberapa kelompok kecil dengan anggota maksimal 5 orang.
2. Tutur menyampaikan Tugas Tutorial 3 untuk
dikerjakan oleh mahasiswa secara kelompok dalam diskusi dan hasilnya
dikumpulkan kepada tutor.
3. Mahasiswa mengerjakan Tugas Tutorial 3 dan
mengumpulkan hasilnya kepada tutor.
|
Lembar Tugas
Tutorial 3 (terlampir)
|
100 menit
|
4.
|
Penutup
|
·
Penyimpulan hasil pembahasan
dalam tutorial.
·
Penugasan untuk tutorial
berikutnya.
|
|
5 menit
|
SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL (SAT)
Tutorial ke : 8 (delapan)
Kode/Nama Mata Kuliah :
PDGK 4401 / Materi dan Pembelajaran PKn Sekolah Dasar
SKS : 3
SKS
Nama Tutor : Drs. A. Rosyid Al Atok, M.Pd., MH
Kompetensi Umum:
Mahasiswa dapat mengidentifikasi materi dan
strategi pembelajaran PKn SD yang berkaitan dengan komunikasi sosial-budaya
Indonesia dan karakter WNI baru.
Kompetensi Khusus:
1. Mahasiswa dapat menjelaskan hakekat komunikasi
antar sosial-budaya;
2. Mahasiswa dapat menjelaskan karakter warga negara
Indonesia baru.
3. Mahasiswa dapat mengidentifikasi materi dan
strategi pembelajaran komunikasi antar sosial-budaya.
Pokok Bahasan : Materi dan Pembelajaran Komunikasi Sosial
Budaya Indonesia dan Karakter WNI Baru (Modul 9)
Sub Pokok Bahasan : 1. Hakikat komunikasi antar budaya
2. Karakter warga negara baru
Indonesia
3. Pembelajaran materi komunikasi
antar sosial-budaya.
No.
|
Tahapan
|
Rincian Kegiatan
|
Media
|
Waktu
|
1.
|
Persiapan
|
Menyiapkan materi dengan membaca modul dan membuat rangkuman singkat
|
||
2.
|
Kegiatan Pendahuluan
|
· Penjelasan mengenai tujuan, ruang lingkup pokok bahasan, relevansi, dan
manfaat materi tutorial yang hendak dibahas.
· Penyiapan modul dan media pembelajaran yang akan dibahas dan digunakan
dalam tutorial.
· Penyepakatan strategi dan metode pembahasan
|
-
|
10 menit
|
3.
|
Kegiatan Penyajian
|
·
Pemberian kesempatan kepada
mahasiswa untuk membaca kembali modul secara sakasama dan mencatat hal-hal
yang penting.
·
Tutor menyampaikan beberapa pokok
materi untuk membantu pemahaman mahasiswa.
·
Memberi kesempatan kepada
mahasiswa untuk menyampaikan pertanyaan saling memberi jawaban dan tanggapan.
|
-
|
100 menit
|
4.
|
Penutup
|
·
Penyimpulan hasil pembahasan
dalam tutorial.
·
Penugasan untuk tutorial
berikutnya.
|
-
|
5 menit
|
RANCANGAN TUGAS TUTORIAL
Ke: 1
Kode/Nama Mata Kuliah :
PDGK 4401 / Materi dan Pembelajaran PKn SD
Pokok Bahasan : Materi dan pembelajaran sejarah perjuangan
bangsa Indonesia
dan semangat kebangsaan
Nama Tutor : Drs. A.Rosyid Al Atok, M.Pd., MH
Masa Registrasi : 2011.2
Rentang Skor : 10 – 100
Kompetensi Khusus/TIK:
1.
Mahasiswa
dapat menjelaskan sejarah perjuangan bangsa Indonesia dan semangat kebangsaan.
2.
Mahasiswa
dapat mengidentifikasi materi dan strategi
pembelajaran sejarah perjuangan bangsa dan semangat kebangsaan.
Uraian Tugas:
1.
Bentuklah
kelompok kecil dengan anggota maksimal 5 orang setiap kelompok dan pilihlah
salah satu anggota kelompok menjadi ketua atau juru bicara kelompok.
2.
Diskusikan
topik atau permasalahan di bawah ini dengan anggota kelompok:
Topik/Permasalahan untuk didiskusikan dalam
kelompok:
a.
Jelaskan
alasan secara umum mengenai pentingnya materi sejarah perjuangan bangsa
Indonesia bagi pembentukan watak dan karakter siswa SD.
b.
Berikan
contoh 3 peristiwa sejarah perjuangan bangsa yang perlu dipelajari oleh siswa
SD.
c.
Berilah
alasan secara khusus mengenai pentingnya peristiwa sejarah perjuangan bangsa
tersebut dipelajari oleh siswa SD.
d.
Nilai-nilai
apa saja yang perlu ditanamkan kepada siswa SD dari 3 peristiwa sejarah
perjuangan bangsa tersebut?
3.
Masing-masing
mahasiswa menuliskan hasil diskusi di kertas folio bergaris lengkap dengan
identitas (nama dan NIM).
4.
Setiap
mahasiswa harus mengumpulkan hasil tugas diskusi.
Selamat Berdiskusi
KRITERIA PENILAIAN TUGAS TUTORIAL
Ke: 1
Kode/Nama Mata Kuliah :
PDGK 4401 / Materi dan Pembelajaran PKn SD
Pokok Bahasan : Materi dan pembelajaran sejarah perjuangan
bangsa Indonesia
dan
semangat kebangsaan
Nama Tutor : Drs. A.Rosyid Al Atok, M.Pd., MH
Masa Registrasi : 2011.2
Rentang Skor : 10 – 100
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1.
|
Kemampuan
menjelaskan alasan secara umum mengenai pentingnya materi sejarah perjuangan
bangsa Indonesia bagi pembentukan watak dan karakter siswa SD.
|
30
|
2.
|
Ketepatan
memberikan contoh 3 peristiwa sejarah perjuangan bangsa yang perlu dipelajari
oleh siswa SD.
|
20
|
3.
|
Kemampuan
menjelaskan alasan secara khusus mengenai pentingnya peristiwa sejarah
perjuangan bangsa tersebut dipelajari oleh siswa SD.
|
25
|
4.
|
Kemampuan
mengidentifikasi nilai-nilai apa saja yang perlu ditanamkan kepada siswa SD
dari 3 peristiwa sejarah perjuangan bangsa yang dipilih.
|
25
|
|
Jumlah Skor
|
100
|
RANCANGAN TUGAS TUTORIAL
Ke: 2
Kode/Nama Mata Kuliah :
PDGK 4401 / Materi dan Pembelajaran PKn SD
Pokok Bahasan : Materi dan Pembelajaran Pancasila dan UUD
1945
Nama Tutor : Drs. A.Rosyid Al Atok, M.Pd., MH
Masa Registrasi : 2011.2
Rentang Skor : 10 – 100
Kompetensi Khusus/TIK:
1. Mahasiswa dapat menjelaskan hakekat dan fungsi
Pancasila.
2. Mahasiswa dapat menjelaskan UUD 1945 dan
perubahannya.
3. Mahasiswa dapat mengidentifikasi materi dan
strategi pembelajaran Pancasila dan UUD 1945.
Uraian Tugas:
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat dan benar. Dalam menjawab
pertanyaan Saudara boleh membuka buku Modul, tetapi tidak boleh bekerjasama
dengan sesama mahasiswa.
1.
Jelakan
pengertian pancasila sebagai pandangan hidup bangsa dan pengertian Pancasila
sebagai Dasar Negara RI!
2.
Ceritakan
secara kronologis sejarah perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara RI!
3.
Jelaskan
pentingnya Dasar Negara bagi kehidupan berbangsa dan bernegara!
4.
Di mana
terdapat rumusan Pancasila yang sah dan benar serta bagaimana bunyinya?
5.
UUD 1945 yang
disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945 saat ini sudah mengalami perubahan.
a.
Mengapa UUD 1945 perlu dilakukan perubahan?
b.
Sebutkan berapa kali dan kapan saja perubahan tersebut terjadi?
c. Apa
saja hasil perubahan UUD 1945 yang Saudara ketahui?
d.
Hal-hal apa saja dari UUD 1945 yang disepakati tidak boleh diubah?
Selamat Mengerjakan
KRITERIA PENILAIAN TUGAS TUTORIAL
Ke: 2
Kode/Nama Mata Kuliah :
PDGK 4401 / Materi dan Pembelajaran PKn SD
Pokok Bahasan : Materi dan Pembelajaran Pancasila dan UUD
1945
Nama Tutor : Drs. A.Rosyid Al Atok, M.Pd., MH
Masa Registrasi : 2011.2
Rentang Skor : 10 – 100
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1.
|
Kemampuan
menjelaskan pengertian pancasila sebagai pandangan hidup bangsa dan
pengertian Pancasila sebagai Dasar Negara RI.
|
15
|
2.
|
Kemampuan
menceritakan secara kronologis sejarah perumusan Pancasila sebagai Dasar
Negara RI.
|
10
|
3.
|
Kemampuan
menjelaskan pentingnya Dasar Negara bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.
|
10
|
4.
|
Ketepatan
menunjukkan tempat terdapat rumusan Pancasila yang sah dan benar serta menuliskan
rumusannya.
|
10
|
5.
|
Kemampuan
menjelaskan alasan dilakukan perubahan terhadap UUD 1945.
|
15
|
6.
|
Ketepatan
menyebutkan berapa kali dan tahun dilakukan perubahan terhadap UUD 1945.
|
10
|
7.
|
Ketepatan
menyebutkan hasil-hasil perubahan UUD 1945.
|
15
|
8.
|
Kemampuan
menjelaskan hal-hal apa saja dari UUD 1945 yang disepakati tidak boleh
diubah.
|
15
|
|
Jumlah Skor
|
100
|
RANCANGAN TUGAS TUTORIAL
Ke: 3
Kode/Nama Mata Kuliah :
PDGK 4401 / Materi dan Pembelajaran PKn SD
Pokok Bahasan : Materi dan Pembelajaran Hukum dan Penegakan
Hukum
Nama Tutor : Drs. A.Rosyid Al Atok, M.Pd., MH
Masa Registrasi : 2011.2
Rentang Skor : 10 – 100
Kompetensi Khusus/TIK:
1.
Mahasiswa
dapat menjelaskan hakekat hukum dan penegakan hukum;
2.
Mahasiswa
dapat mengidentifikasi materi dan strategi pembelajaran hukum dan penegakan
hukum.
Uraian Tugas:
1.
Bentuklah
kelompok kecil dengan anggota maksimal 5 orang setiap kelompok dan pilihlah
salah satu anggota kelompok menjadi ketua atau juru bicara kelompok.
2.
Diskusikan
topik atau permasalahan di bawah ini dengan anggota kelompok:
Topik/Permasalahan untuk didiskusikan dalam
kelompok:
a.
Jelaskan
alasan perlunya hukum dan penegakan hukum bagi kehidupan bermasyarakat dan
bernegara.
b.
Jelaskan dan
berikan contoh perbedaan antara norma hukum, norma sopan santun, norma susila,
dan norma agama yang terdapat dalam masyarakat.
c.
Sebutkan
macam-macam lembaga penegak hukum dan jelaskan apa tugas masing-masing!
d.
Berikan
contoh 3 norma hukum yang ada dalam kehidupan sekolah yang harus ditaati oleh
siswa!
e.
Jelaskan
bagaimana cara yang paling tepat menanamkan sikap kesadaran dan ketaatan
terhadap hukum pada siswa SD?
3.
Masing-masing
mahasiswa menuliskan hasil diskusi di kertas folio bergaris lengkap dengan
identitas (nama dan NIM).
4.
Setiap
mahasiswa harus mengumpulkan hasil tugas diskusi.
Selamat mengerjakan
dengan diskusi
KRITERIA PENILAIAN TUGAS TUTORIAL
Ke: 3
Kode/Nama Mata Kuliah :
PDGK 4401 / Materi dan Pembelajaran PKn SD
Pokok Bahasan : Materi dan Pembelajaran Hukum dan Penegakan
Hukum
Nama Tutor : Drs. A.Rosyid Al Atok, M.Pd., MH
Masa Registrasi : 2011.2
Rentang Skor : 10 – 100
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1.
|
Kemampuan menjelaskan alasan perlunya hukum dan penegakan hukum bagi
kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
|
20
|
2.
|
Kemampuan menjelaskan dan memberikan contoh perbedaan antara norma hukum,
norma sopan santun, norma susila, dan norma agama yang terdapat dalam
masyarakat.
|
20
|
3.
|
Kemampuan menyebutkan macam-macam lembaga penegak hukum dan menjelaskan
tugas masing-masing.
|
20
|
4.
|
Ketepatan memberikan contoh 3 norma hukum yang ada dalam kehidupan
sekolah yang harus ditaati oleh siswa.
|
20
|
5.
|
Kemampuan menjelaskan cara yang paling tepat menanamkan sikap kesadaran
dan ketaatan terhadap hukum pada siswa SD.
|
20
|
|
Jumlah Skor
|
100
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar