Jumat, 04 Maret 2016

RANCANGAN AKTIVITAS TUTORIAL (RAT)


RANCANGAN AKTIVITAS TUTORIAL (RAT)

Mata Kuliah    : Pemantapan Kemampuan Profesional
Kode/SKS       : PDGK 4501 / 4 SKS
Nama Tutor     : Drs. A. Rosyid Al Atok, M.Pd., MH
Deskripsi Singkat Mata Kuliah :
Matakuliah ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berlatih meningkatkan kemampuan mengajarnya melalui berbegai kegiatan menemukan dan mengatasi masalah pembelajarn yang dikelolanya. Untuk itu mahasiswa dibimbing untuk melakukan refleksi profesional sehingga mampu menemukan akar permasalahan pembelajaran yang dihadapi. Kemudian secara bertahap berupaya mengatasi masalah yang dihadapi melalui langkah-langkah yang sistematis dan ilmiah. Dengan demikian, maka kegiatan PKP terintegrasi dengan PTK. Latihan dilakukan baik secara manidiri maupun terbimbing dan dipantau secara istematid. Melalui PKP kemampuan yang telah dikuasasi mahasiswa akan bermuara pada perubahan perilaku mengajar yang lebih efektif.
Kompetensi Umum:
Setelah mengikuti tutorial matakuliah ini  mahasiswa mempunyai kemampuan untuk merancang, melaksanakan, dan menulis laporan hasil perbaikan pembelajaran melalui PTK;

No

Kompetensi Khusus
Pokok Bahasan
Sub Pokok Bahasan
Model Tutorial
Tugas Tutorial
Est. Waktu
Daftar Pustaka
Tutorial ke
1
2
3
4
5

6
7

1.

Mahasiswa dapat menyusun Rencana Pembelajaran dengan baik dan benar.
Perencanaan Pembelajaran pra Siklus
a.   Unsur-unsur Rencana Pembelajaran.
b.   Penyusunan Rencana Pembelajaran yang baik dan benar
Curah Pendapat dan Pemberian tugas

Tugas latihan menyusun RP
  120’
Panduan PKP
1
2.



Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah-masalah pembelajaran
Permasalahan pembelajaran dalam kelas

a.   Pengrtian Masalah pembelajaran
b.   Teknik Identifikasi Masalah Pembelajaran
Curah Pendapat
-
  120’

Panduan PKP
2
3.




Mahasiswa dapat menyusun rencana  perbaikan pembelajaran
Rencana Perbaikan Pembelajaran

a.   Hakekat PTK sebagai strategi perbaikan pembelejaran
b.   Teknik Penyusunan Rencana Pembalajaran
Diskusi Peme-cahan masalah


Tugas Menyusun RPP 1
120’


Panduan PKP
3
4.
Mahssiwa dapat melaksanakan perbaikan pembelajaran 1 matapelajaran eksakta dan non eksakta sesuai dengan rencana perbaikan yang dibuat
Praktek Perbaikan Pembelajaran Eksakta
Praktek perbaikan pembelajaran mata pelajaran eksakta
Pelaksanaan Ujian Praktek
Tugas Ujian Praktek 1 dan Menyusun RPP 2
240’
Panduan PKP
4
5.
Mahssiwa dapat melaksanakan perbaikan pembelajaran 2 mata pelajaran eksakta dan non eksakta sesuai dengan rencana perbaikan yang dibuat
Praktek Perbaikan Pembelajaran non Eksakta
Praktek perbaikan pembelajaran mata pelajaran non eksakta
Pelaksanaan Ujian Praktek
Tugas Ujian Praktek
240’
Panduan PKP
5
6.






Mahasiswa dapat memahami sistematika dan teknik  laporan hasil perbaikan pembelajaran
Laporan Perbaikan Pembelajaran
a. Sistematikan Laporan Perbaikan Pembelajaran.
b.Teknik Penyusunan Laporan Perbaikan Pembelajaran
Ceramah Tanya Jawab dan Pembe-rian Tugas


Tugas Menyusun Laporan
120’




Panduan PKP
6
7.





Mahasiswa dapat menyusun draft laporan hasil perbaikan pembelajaran
Penyusunan draft laporan perbaikan pembelajaran

a. Contoh penyusunan laporan perbaikan pembelajaran.
b. Revisi draft laporan perbaikan pembelajaran
Konsultasi dan Pembimbingan


Tugas Menyusun Laporan
120’



Panduan PKP
7
8.




Mahasiswa dapat menunjukkan hasil laporan perbaikan pembelajaran yang sudah selesai dibuat.
Pengumpulan laporan perbaikan pembelajaran

Pengumpulan laporan perbaikan pembelajaran
Pengumpulan tugas

Tugas Menyusun Laporan
120’



Panduan PKP
8

    Malang, 27 September 2011
                                   Tutor,


                                                                                    Drs.  A.Rosyid Al Atok, M.Pd., MH
                                                                        NIP 19620428 198701 1 001


Tidak ada komentar:

Posting Komentar