RANCANGAN AKTIVITAS TUTORIAL (RAT)
Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Profesional
Kode/SKS : PDGK 4501 / 4 SKS
Nama Tutor : Drs. A. Rosyid Al Atok, M.Pd., MH
Deskripsi
Singkat Mata Kuliah :
Matakuliah ini memberikan kesempatan kepada
mahasiswa untuk berlatih meningkatkan kemampuan mengajarnya melalui berbegai
kegiatan menemukan dan mengatasi masalah pembelajarn yang dikelolanya. Untuk
itu mahasiswa dibimbing untuk melakukan refleksi profesional sehingga mampu
menemukan akar permasalahan pembelajaran yang dihadapi. Kemudian secara
bertahap berupaya mengatasi masalah yang dihadapi melalui langkah-langkah yang
sistematis dan ilmiah. Dengan demikian, maka kegiatan PKP terintegrasi dengan
PTK. Latihan dilakukan baik secara manidiri maupun terbimbing dan dipantau
secara istematid. Melalui PKP kemampuan yang telah dikuasasi mahasiswa akan
bermuara pada perubahan perilaku mengajar yang lebih efektif.
Kompetensi
Umum:
Setelah mengikuti tutorial matakuliah ini mahasiswa mempunyai kemampuan untuk merancang,
melaksanakan, dan menulis laporan hasil perbaikan pembelajaran melalui PTK;
No |
Kompetensi Khusus
|
Pokok
Bahasan
|
Sub
Pokok Bahasan
|
Model
Tutorial
|
Tugas
Tutorial
|
Est.
Waktu
|
Daftar
Pustaka
|
Tutorial
ke
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
6
|
7
|
|
1.
|
Mahasiswa dapat menyusun
Rencana Pembelajaran dengan baik dan benar.
|
Perencanaan Pembelajaran pra
Siklus
|
a. Unsur-unsur Rencana
Pembelajaran.
b. Penyusunan Rencana Pembelajaran
yang baik dan benar
|
Curah Pendapat dan Pemberian
tugas
|
Tugas
latihan menyusun RP
|
120’
|
Panduan PKP
|
1
|
2.
|
Mahasiswa dapat mengidentifikasi
masalah-masalah pembelajaran
|
Permasalahan pembelajaran dalam
kelas
|
a. Pengrtian Masalah pembelajaran
b. Teknik Identifikasi Masalah
Pembelajaran
|
Curah Pendapat
|
-
|
120’
|
Panduan PKP
|
2
|
3.
|
Mahasiswa dapat menyusun
rencana perbaikan pembelajaran
|
Rencana Perbaikan Pembelajaran
|
a. Hakekat PTK sebagai strategi
perbaikan pembelejaran
b. Teknik Penyusunan Rencana
Pembalajaran
|
Diskusi Peme-cahan masalah
|
Tugas
Menyusun RPP 1
|
120’
|
Panduan PKP
|
3
|
4.
|
Mahssiwa dapat melaksanakan
perbaikan pembelajaran 1 matapelajaran eksakta dan non eksakta sesuai dengan
rencana perbaikan yang dibuat
|
Praktek Perbaikan Pembelajaran
Eksakta
|
Praktek perbaikan pembelajaran
mata pelajaran eksakta
|
Pelaksanaan Ujian Praktek
|
Tugas Ujian Praktek 1 dan
Menyusun RPP 2
|
240’
|
Panduan PKP
|
4
|
5.
|
Mahssiwa dapat melaksanakan perbaikan
pembelajaran 2 mata pelajaran eksakta dan non eksakta sesuai dengan rencana
perbaikan yang dibuat
|
Praktek Perbaikan Pembelajaran
non Eksakta
|
Praktek perbaikan pembelajaran
mata pelajaran non eksakta
|
Pelaksanaan Ujian Praktek
|
Tugas Ujian Praktek
|
240’
|
Panduan PKP
|
5
|
6.
|
Mahasiswa dapat memahami sistematika dan
teknik laporan hasil perbaikan
pembelajaran
|
Laporan Perbaikan Pembelajaran
|
a. Sistematikan Laporan Perbaikan
Pembelajaran.
b.Teknik Penyusunan Laporan Perbaikan
Pembelajaran
|
Ceramah Tanya Jawab dan
Pembe-rian Tugas
|
Tugas Menyusun Laporan
|
120’
|
Panduan PKP
|
6
|
7.
|
Mahasiswa dapat menyusun draft
laporan hasil perbaikan pembelajaran
|
Penyusunan draft laporan
perbaikan pembelajaran
|
a. Contoh penyusunan laporan
perbaikan pembelajaran.
b. Revisi draft laporan perbaikan
pembelajaran
|
Konsultasi dan Pembimbingan
|
Tugas Menyusun Laporan
|
120’
|
Panduan PKP
|
7
|
8.
|
Mahasiswa dapat menunjukkan
hasil laporan perbaikan pembelajaran yang sudah selesai dibuat.
|
Pengumpulan laporan perbaikan
pembelajaran
|
Pengumpulan laporan perbaikan
pembelajaran
|
Pengumpulan tugas
|
Tugas Menyusun Laporan
|
120’
|
Panduan PKP
|
8
|
Malang, 27 September 2011
Tutor,
Drs. A.Rosyid Al Atok, M.Pd., MH
NIP 19620428
198701 1 001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar