ABSTRAK
Markus Tumbu
2008. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Melalui Metode Pembelajaran
Kooperatif Model STAD (Student Teams Achievement Division ) Pada siswa Kelas VII
C SMP Negeri 19 Makassar Tahun Pelajaran 2008/2009.
Kata Kunci :
PKn, metode pembelajaran kooperatif
Kegiatan belajar bersama dapat membantu memacu belajar aktif.
Kegiatan belajar dan mengajar di kelas memang dapat menstimulasi belajar aktif,
namun kemampuan untuk mengajar melalui kegiatan kerjasama kelompok kecil akan
memungkinkan untuk menggalakkan kegiatan belajar aktif dengan cara khusus. Apa
yang didiskusikan siswa dengan teman-temannya dan apa yang diajarkan siswa
kepada teman-temannya memungkinkan mereka untuk memperoleh pemahaman dan
penguasaan materi pelajaran.
Penelitian ini berdasarkan permasalahan : (a) Bagaimanakah
peningkatan prestasi belajar PKn dengan diterapkannya metode pembelajaran
kooperatif model STAD ? (b) Bagaimanakah pengaruh Metode Pembelajaran
kooperatif terhadap motivasi belajar PKn?.
Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui
peningkatan prestasi belajar PKn setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif.
(b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar PKn setelah diterapkannya
pembelajaran kooperatif. (c) memberikan gambaran metode pembelajaran yang tepat
dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa dan menjadikan siswa aktif
dalam kegiatan belajar mengajar.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research)
sebanyak tiga putaran . setiap putaran terdiri dari empat tahap, yaitu :
rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian
ini adalah siswa kelas VII C SMP Negeri
19 Makassar tahun pelajaran 2008/2009.
Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan
belajar mengajar.
Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa
mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III, yaitu siklus I (68,42%),
siklus II (81,58%), siklus III (94,74%).
Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif
dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa kelas
VIIC SMP negeri 19 Makassae serta model pembelajaran ini dapat digunakan
sebagai salah satu alternative pembelajaran PKn.
KATA PENGANTAR
Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Tuhan
Yang Maha sehingga penulis dapat
menyelesaikan tugas penyusunan karya ilmiah dengan judul “ Upaya Meningkatkan
Prestasi Belajar PKn Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Model STAD (Student
Teams Achievement Division ) Pada siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Makassar Tahun Pelajaran 2008/2009.
Dalam penyusunan Penelitian Tindakan Kelas ini penulis
banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak, untuk ityu terima kasih ucapkan
dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada semua pihak yang telah banyak membantu,
sehingga penulisan ini selesai.
Penulis menyadari bahwa penulisan Penelitian Tindakan
Kelas ini ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang
bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.
Makassar, Oktober 2008
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
Kata pengantar ..........................................................................................................
Abstrak .....................................................................................................................
Daftar Isi....................................................................................................................
Daftar Lampiran........................................................................................................
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah..............................................................
B.
Rumusan Masalah........................................................................
C.
Tujuan Penelitian.........................................................................
D.
Manfaat Penelitian.......................................................................
E.
Penjelasan istilah..........................................................................
F.
Batasan Masalah..........................................................................
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A.
Menarik Minat dan Perhatian
Siswa............................................
B.
Membangkitkan Motivasi Siswa..................................................
C.
Definisi Pembelajaran..................................................................
D.
Pembelajaran Kooperatif.............................................................
E.
Keterampilan-Keterampilan
Kooperatif......................................
F.
Metode Pembelajaran Kooperatif
Model STAD.........................
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
A.
Tempat, Waktu, dan Subyek
Penelitian.......................................
B.
Rancangan Penelitian...................................................................
C.
Alat Pengumpil Data...................................................................
D.
Analisis Data................................................................................
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.
Analisis Data Penelitian
Persiklus................................................
B.
Pembahasan.................................................................................
BAB V SIMPULAN DAN SARAN
A.
Simpulan......................................................................................
B.
Saran............................................................................................
DAFTAR PUSTAKA...............................................................................................
DAFTAR LAMPIRAN
Halaman
Lampiran 1. Rencana
Pembelajaran 1......................................................................
Lampiran 2. Rencana
Pembelajaran 2......................................................................
Lampiran 3. Rencana
Pembelajaran 3......................................................................
Lampiran 4. Lembar
Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran
Kooperatif Model STAD.....................................................................
Lampiran 5. Lembar
Pengamatan Aktivitas Siswa dan Guru dalam KBM.............
Lampiran 6. Data Pengamatan
Aktivitas Guru dan Siswa Putaran I......................
Lampiran 7. Data Pengamatan
Aktivitas Guru dan Siswa Putaran II.....................
Lampiran 8. Data Pengamatan
Aktivitas Guru dan Siswa Putaran III...................
Lampiran 9. Penelitian
Cooperatif Learning Pada Siklus I.....................................
Lampiran 10. Penelitian Cooperatif Learning Pada Siklus II....................................
Lampiran 11. Penelitian Cooperatif Learning Pada Siklus III..................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar