Rabu, 16 Maret 2016

Kunci Jawaban US Bahasa Indonesia X 2011


 
BAB 1
A. Pilihan Ganda
1.    C
6.     E
11.    C
16. C
21. A
2.    B
7.     E
12.    A
17. C
22. D
3.    C
8.     B
13.    A
18. B
23. B
4.    A
9.     C
14.    A
19. A
24. E
5.    B
10.   E
15.    B
20. C
25. C

B.    Uraian
1.   Faktor yang memengaruhi kegiatan menyimak:
1)  Segi fisik:       aspek kesehatan pendengar, organ bicara, dan alat pendengaran.
2)  Segi psikis:    Perasaan egois, prasangka, bosan, picik pengetahuan, keras hati.
3)   Segi eksporimentasi: pengalaman-pengalaman masa lalu.
2.   b, b, v, f, d, t, z, s, l, r, j, e, syarat, g, k, kh, dan h.
3.   a.    Anak-anak                    c.    Gigi
b.   Langit-langit                  d.   Bibir
4.   Yang termasuk bunyi nasal (sengau) adalah m, n, ny, ng. Konsonal nasal atau sengau adalah fonem yang direalisasikan melalui bantuan rongga hidung.
5.   Yang termasuk alat ucap dalam rongga mulut adalah bibir, lidah, gigi, lengkung kaki gigi, langit-langit lembut, anak tekak, lambium, dan langit-langit keras.
6.   Kebijaksanaan guru
7.   Konsonan frikatif tak bersuara (/f/, /s/, /s’/, /x/, dan /h/) dilafalkan bibir bawah didekatkan pada bagian bawah gigi atas sehingga udara dari paru-paru dapat melewati lubang yang sempit antara gigi dan bibir dengan menimbulkan bunyi desis.
8.   Lafal adalah pengucapan bunyi bahasa agar mudah dipahami oleh orang lain.
9.   Kategori bahasa biasa dikenal dengan nama kelas kata, yaitu dengan satuan bahasa dibedakan atas bentuk, fungsi, dan makna.
10. Semivokal bilabial (/w/) dilafalkan dengan mendekatkan kedua bibir tanpa menghalangi udara yang dihembuskan dari paru-paru.

BAB 2
A. Pilihan Ganda
1.    C
6.     C   
11.    C
16. D
21. E
2.    C
7.     A
12.    A
17. E
22. D
3.    E
8.     B
13.    D
18. E
23. B
4.    E
9.     C
14.    B
19. D
24. E
5.    D
10.   A
15.    A
20. A
25. B
B. Uraian
1.   Kebijaksanaan guru
2.   Kebijaksanaan guru
3.   Kebijaksanaan guru
4.   Cara mencatat hal-hal yang penting dari sumber informasi.
a.    Menyimak informasi secara cermat.
b.   Menulis inti sari atau hal-hal penting untuk mendapat pikiran utama.
c.    Menulis sumber dan data informasi tersebut.
5.   Kesimpulan induktif adalah pernyataan yang dimulai dengan menyebutkan peristiwa-peristiwa yang khusus kemudian diakhiri dengan kesimpulan umum yang meliputi semua yang khusus tadi.
6.   Kesimpulan deduktif adalah pernyataan yang dimulai dengan menyebutkan peristiwa yang umum diakhiri dengan uraian yang khusus.
7.   Informasi bersifat faktual adalah informasi yang berdasarkan kenyataan atau sesuatu yang benar-benar
8.   Macam-macam ragam bahasa Indonesia, yaitu:
-        ragam bahasa yang bersifat perseorangan (idiolek)
-        ragam bahasa yang digunakan oleh dua orang di daerah tertentu atau oleh sekelompok orang (dialek/loger)
-        ragam bahasa yang digunakan oleh kelompok anggota masyarakat dan golongan sosial tertentu.
9.   Fungsi imbuhan pe-an dalam suatu kata, yaitu untuk menyatakan proses.
      Contoh: pendidikan yang harus dijalaninya selama tiga bulan.
10. Informasi adalah kecenderungan makna dari sebuah penjelasan.

BAB 3
A.  Pilihan Ganda
1.    A
6.     A
11.    D
16. E
21. A
2.    E
7.     C
12.    A
17. B
22. D
3.    B
8.     E
13.    E
18. C
23. C
4.    D
9.     D
14.    D
19. B
24. D
5.    B
10.   E
15.    D
20. C
25. B

B. Uraian
1.   a.    vokalisasi
      b.   menggerakkan bibir
      c.    menunjuk kata demi kata dengan jari/alat lain
      d.   menggerakkan arah muka mengikuti tulisan yang dibaca
      e.    regresi
      f.    subvokalisasi
2.   Regresi adalah hal yang harus dihindari dalam membaca cepat yaitu mengulang bacaan/membaca bagian yang terlewati.
3.   Kamus adalah buku yang berisi pilihan kata-kata suatu bahasa, atau suatu kelas kata khusus, biasanya disusun secara alfabetis, dengan penjelasan-penjelasan mengenai maknanya serta informasi lainnya mengenai kata-kata, dinyatakan atau diekspresikan dalam bahasa yang sama atau dalam bahasa lain.
4.   Horizontal, vertikal, diagonal, zig-zag, spiral, blok.
5.   Kebijakan guru.
6.   Timbulnya salah pengertian, rancu/tidak dapat dimengerti sama sekali.
7.   Untuk mencari informasi secara cepat pada suatu teks.
8.  
No
Waktu
(per menit)
Jumlah kata (per kata)
Kecepatan membaca
Keterangan
1
1.00
100 – 200
Sangat rendah
Pembaca yang kurang efektif
2
1.00
175 – 250
Rendah
-
3
1.00
250 – 350
Sedang atau memadai
-
4
1.00
400 – 500
Cepat dan efektif
Pembaca yang berhasil
9.   Membaca sekilas: mencari ide pokok dengan cara melewati bagian-bagian penjelas dalam bacaan.
10. -     Menyiapkan konsentrasi.
-      Meminimalkan gangguan yang mungkin timbul.
-      Duduk dengan sikap tegak.

-      Ragut (browsing) bacaan sebelum selesai mulai membaca.

UJIAN TENGAH SEMESTER
A. Pilihan Ganda
1.  C
6.  D
11.    D
16. B
21. B
26. B
2.  A
7.  B
12.    C
17. C
22. C
27. E
3.  B
8.  A
13.    B
18. C
23. B
28. D
4.  A
9.  D
14.    B
19. D
24. B
29. D
5.  A
10. A
15.    B
20. A
25. E
30. E
B. Isian
1.        Dialek
2.        Scanning
3.        Diksi
4.        Opini
5.        Idiolek
6.        Timbal balik.
7.        Bunyi bahasa dapat dimengerti dengan baik.
8.        Pidato.
9.        Membaca.
10.     Bahasa baku/standar.

C.  Uraian
1.     Kebijaksanaan guru.
2.     Kebijaksanaan guru.
3.     Kebijaksanaan guru.
4.     Kebijaksanaan guru.
5.     Kebijaksanaan guru.
6.     Menurut pengamatan/guru anak itu memang cerdas.
7.     /w/ dan /y/.
8.     Kebijaksanaan guru.
9.     Idiolek: ragam bahasa yang bersifat perseorangan.
      Dialek: ragam bahasa yang digunakan oleh orang di daerah tertentu atau oleh sekelompok orang.
10.     Lafal, intonasi, jeda, tekanan.

BAB 4
A. Pilihan Ganda
1.    B
6.     D   
11.    C
16. A
21. A
2.    D
7.     E
12.    D
17. E
22. B
3.    B
8.     B
13.    B
18. A
23. D
4.    D
9.     D
14.    C
19. D
24. E
5.    D
10.   D
15.    A
20. A
25. E
B. Uraian
1.     Kebijaksanaan guru.
2.     Kebijaksanaan guru.
3.     Kebijaksanaan guru.
4.     Narasi adalah sebuah bentuk wacana yang menggambarkan dengan sejelas-jelasnya kepada pembaca mengenai suatu peristiwa yang telah terjadi.
      Contoh: novel, roman, cerpen.
5.     Cara membaca bagan:
a.    membaca judul bagan
b.   bacalah informasi yang terdapat dalam setiap bagian bagan
c.    buatlah pertanyaan tentang tujuan bagian tersebut
d.   bacalah bagan itu secara keseluruhan lalu simpulkanlah.
6.     Gambar, bagan, diagram, matriks, tabel, grafik dan sebagainya.
7.     Kesesuaian kaidah, kalimat bernalar dan ketersampaian pesan.
8.     Opini, ditandai dengan kata ‘sebaiknya’. Opini adalah pendapat/gagasan/pikiran yang belum dibuktikan kebenarannya.
9.     Denah adalah gambar yang menunjukkan letak kota, jalan, gambar rancangan rumah, dan sebagainya.
10.  Untuk menjelaskan wacana verbal.
BAB 5
A.  Pilihan Ganda
1.  C
6.  C
11.    A
16. C
21. A
2.  A
7.  D
12.    D
17. B
22. E
3.  A
8.  B
13.    E
18. D
23. D
4.  C
9.  D
14.    D
19. E
24. E
5.  B
10. B
15.    D
20. A
25. C

B. Uraian
1.   Fonetik adalah ilmu yang mempelajari atau menganalisis bunyi ujar serta mempelajari bagaimana alat ujar itu dapat menghasilkan bunyi. Fonemik yaitu ilmu yang mempelajari bunyi ujar dalam fungsinya sebagai pembeda arti.
2.   Hal-hal yang harus diperhatikan ketika berbicara, antara lain sebagai berikut.
1.     Gerakan anggota tubuh atau sikap yang luwes.
2.     Tidak tergesa-gesa dan tidak terlalu lambat.
3.     Volume suara tidak terlalu keras (melengking), tidak terlalu lemah, dan tidak terlalu datar.
4.     Intonasi suara turut menentukan makna informasi yang disampaikan di dalam pembicaraan.
5.     Melafalkan kata dengan artikulasi yang tepat.
6.     Struktur kebahasaan harus sesuai kaidah bahasa.
7.     Pilihan kata (diksi) harus sesuai dengan lingkungan pembicaraan, topik pembicaraan, dan tingkatan penerima pembicaraan (lawan bicara).
3.   a.    lafal: cara mengucapkan bunyi bahasa
      b.   tekanan: aksen (tekanan suara)
      c.    intonasi: lagu kalimat
      d.   jeda: hentian sebentar dalam ujaran
4.   Fonem adalah satuan bunyi bahasa terkecil yang dapat membedakan arti.
5.   Artikulator adalah bagian alat ucap yang dapat bergerak, misal bagian lidah dan bibir bawah.
6.   a, i, u, e, o,
7.   Bunyi yang terjadi jika pita suara terbuka agak lebar.
8.   Tekanan keras pada sebuah kata yang dipentingkan dalam kalimat/pembicaraan.
9.   Bunyi ujaran juga tidak sempurna.
10. Diftong: dua vokal rangkap yang diucapkan dalam satu kesatuan waktu.
Contoh: lantai, pantai, amboi dan lan-lain.
Monoftong: dua vokal rangkap yang diujarkan menjadi satu vokal.
      Contoh: pantai ® pante
Bab 6
A.  Pilihan Ganda
1.  C
6.  C
11.   D
16. B   
21. D
2.  D
7.  A
12.   B
17. E
22. C
3.  D
8.  E
13.   B
18. D
23. B
4.  C
9.  D
14.   B
19. E
24. B
5.  A
10. E
15.   D
20. E
25. E
B. Uraian
1.       Ciri-ciri kalimat efektif sebagai berikut.
a.   Kalimat tidak rancu
b.   Kalimat yang tidak mengandung pleonasme atau penggunaan kata-kata yang berlebihan.
c.   Kalimat tidak terpengaruh bahasa asing.
d.   Kalimat tidak terpengaruh bahasa daerah.
e.   Sesuai kaidah bahasa.
2.        Informasi verbal yaitu penguasaan informasi dalam bentuk verbal, misalnya pemberian nama-nama suatu benda, definisi, dan sebagainya.
Informasi nonverbal adalah informasi yang disajikan dengan bentuk visual, seperti gambar, bagan, grafik, diagram, matriks, dan tabel.
3.        Kalimat efektif adalah kalimat yang berisi gagasan yang singkat, jelas, dapat dipahami, sesuai situasi komunikasi, dan sesuai kaidah bahasa yang berlaku.
4.        Kebijaksanaan guru.
5.        Kebijaksanaan guru.
6.        Contoh: kebijakan guru.
         Ragam resmi dipakai dalam situasi formal.
7.        Tidak, karena tidak semua kata bersinonim mempunyai kadar rasa yang sama dalam kalimat.
Contoh:        Kucing itu mati.
                    Kucing itu meninggal.
8.        Kebijakan guru.
9.        Ungkapan.
10.     Ragam santai/tidak resmi.

UJIAN AKHIR SEMESTER
A.  Pilihan Ganda
1.  A
9.  A
17.   D
25. C
33. E
2.  E
10. B   
18.   D
26. D
34. C
3.  B
11. B
19.   B
27. A
35. E
4.  A
12. B
20.   C
28. A
36. A
5.  E
13. E
21.   C
29. C
37. C
6.  B
14. E
22.   A
30. A
38. B
7. B
15. C
23.   A
31. B
39. D
8.   D
16. A
24.   C
32. C
40. E
B.  Isian
1.        Faktual
2.        Aksen
3.        Bukan fakta
4.        Proses/cara
5.        Skimming
6.        Intonasi.
7.        Bilabial.
8.        Kalimat bernalar/logis.
9.        Sinonim.
10.     Ungkapan.

C. Uraian
1.        Kebijaksanaan guru.
2.        a. kata tugas
b. kata sifat
c.  kata benda
d. kata kerja
3.        Agar apa yang kita ucapkan mempunyai bobot makna yang akurat/mudah dimengerti dan tidak menimbulkan salah pengertian.
4.        Berfungsi membentuk kata benda, bermakna menunjukkan hasil.
Contoh: kebijakan guru
5.        Induktif: yaitu disusun mulai dari pengumpulan data/fakta dan berakhir pada kesimpulan yang merupakan ciri umum data/fakta yang diamati.
Deduktif yaitu teknik membuat simpulan yang bertolak dari suatu kesimpulan umum kemudian dijabarkan contoh-contoh yang mengandung ciri-ciri umum itu.
6.        Jika udara yang keluar dari paru-paru saat mengucapkan bunyi ujaran mendapat rintangan dari alat ucap lainnya.
7.        Memeras.
8.        Kebijaksanaan guru.
9.        Kalimat efektif yang benar sebagai berikut.
a.        Acara perlombaan ini harus dimeriahkan dengan ajang kreativitas seni.
b.       Semua murid dan guru di sekolah dilarang merokok.
10.     Cara atau teknik membaca layap yang efektif.
a.        Menentukan materi yang akan dicari kemudian temukan dengan cara mencermati ide pokok paragraf.
b.       Mata bergerak pada bagian paragraf lain.
c.        Berhenti pada bagian yang penting.
d.       Membuat catatan.





 
Selesai!






Tidak ada komentar:

Posting Komentar