BAB 1
UJI
KOMPETENSI
1
A. Pilihan Ganda
1. B
2. D
3. C
4. E
5. A
6. E
7. A
8. A
9. C
10. B
|
11. D
12. E
13. E
14. A
15. C
16. E
17. E
18. D
19. B
20. D
|
21. A
22. A
23. A
24. D
25. E
26. A
27. D
28. C
29. A
30. B
|
B.
Uraian
1. - Komunitas
akuatik: merupakan kelompok
makhluk hidup yang hidup di air. Contoh: laut, danau, sungai, dan kolam.
- Komunitas terestrial: merupakan kelompok
makhluk hidup di darat. Contoh: hutan, padang pasir, padang rumput.
2.
Ekosistem suksesi: ekosistem yang
merupakan hasil suksesi lingkungan yang didahului oleh kerusakan.
3.
- Contoh
ekosistem alami: gurun pasir, hutan tropis, hutan gugur.
-
Contoh ekosistem buatan: kolam,
waduk, sawah, ladang, dan taman.
-
Contoh ekosistem suksesi: suatu
daerah tertimpa bencana gunung meletus hingga seluruh makhluk hidup yang
menghuni punah. Setelah sekian lama, lingkungan itu akan menjadi ekosistem
baru.
4.
- Habitat:
tempat hidup organisme
-
Nisia: peranan/pekerjaan organisme
5. Dekomposer:
organisme yang berperan menguraikan senyawa organik (makhluk hidup yang telah
mati/sampah organik) menjadi senyawa anorganik yang lebih sederhana.
6. Komponen ekosistem
yang terdiri dari benda mati, seperti: tanah, air, udara, iklim, sinar
matahari, suhu, dan kelembapan.
7.
- Hewan
-
Tumbuhan
-
Manusia
-
Organisme
8. a. Autotrof: tumbuhan
yang mampu menyusun zat makanan sendiri.
b. Fotoautotrof : organisme autotrof yang menggunakan energi matahari untuk
memperoleh makanannya.
9. Fotosintesis
adalah proses pembentukan makanan pada tumbuhan dan organisme berklorofil
dengan bantuan cahaya matahari.
Reaksi fotosintesis:
6CO2
+ 6H2O C6H12O6
+ 6O2
10. Fungsi
glukosa bagi tumbuhan
a.
Memperbaiki bagian-bagian tubuh yang rusak
b.
Pembelahan sel
c.
Cadangan makanan, yaitu glukosa yang belum
dipakai akan disimpan pada bagian-bagian tubuh tertentu, misalnya di batang
(tebu), akar (singkong, ubi, talas, biji, dan buah).
BAB 2
UJI
KOMPETENSI 2
A. Pilihan Ganda
1. A
2. B
3. A
4. E
5. A
6. E
7. B
8. C
9. A
10. C
|
11. D
12. D
13. E
14. A
15. D
16. C
17. A
18. E
19. A
20. C
|
21. A
22. C
23. A
24. D
25. D
26. A
27. B
28. D
29. B
30. A
|
B.
Uraian
1. - piramida
jumlah
- piramida biomassa
- piramida energi
2. Setiap
tubuh organisme, komponen terbesarnya adalah air. Oleh karena
itu, semua organisme memerlukan air. Kekurangan air dalam jumlah tertentu dapat
mengancam kelangsungan hidup organisme yang bersangkutan.
3.
- netralisme
-
antibiosis
-
predatorisme
-
simbiosis
4.
- kacang tanah dan bakteri Rhizobium
- manusia dan bakteri Escherichia coli
- jamur dan ganggang
5.
Proses fotosintesis
6. Daur hidrologi adalah
perpindahan air yang berkesinambungan dan menyebabkan keseimbangan jumlah air
yang terdapat di lautan, daratan, dan atmosfer.
7. Tumbuhan mengambil
unsur nitrogen dalam bentuk nitrat atau NO3 dari dalam tanah. Di dalam
tubuh tumbuhan, unsur N digunakan untuk membentuk protein nabati.
8. Peristiwa makan dan
dimakan dengan urutan dan arah tertentu.
9.
a. Darat : tumbuhan ® herbivora ®
karnivora
Padi
®
belalang ®
tikus ®
ular ®
elang
b. Laut : fitoplankton ® zooplankton ®
karnivora
10.
– Kutu kepala dan manusia
- Cacing pita di usus manusia
- Tumbuhan rafflesia
UJIAN TENGAH SEMESTER
A. Pilihan Ganda
1. C
2. A
3. D
4. C
5. D
6. C
7. D
8. E
9. E
10. E
|
11. A
12. E
13. A
14. B
15. A
16. D
17. C
18. B
19. E
20. E
|
21. A
22. B
23. A
24. C
25. C
26. D
27. D
28. E
29. E
30. C
|
B. Uraian
1. Gravitasi bumi, cahaya
matahari, dan tekanan udara.
2. keadaan
tinggi/rendahnya permukaan bumi pada suatu tempat.
3. kemampuan ekosistem untuk pulih kembali ke keadaan seimbang.
4. - fiksasi nitrogen
- nitrifikasi
- asimilasi
- amonifikasi
- denitrifikasi
5. Perpindahan unsur karbon
dari lingkungan ke dalam organisme dan kembali lagi ke lingkungan.
6. Individu adalah
makhluk hidup tunggal yang dapat hidup secara fisiologi yang merupakan satuan
fungsional terkecil penyusun ekosistem.
Populasi adalah kumpulan individu sejenis (satu spesies)
yang menempati suatu daerah tertentu.
7.
a. Herbivora : pemakan tumbuhan
b. Karnivora : pemakan daging
c. Omnivora : pemakan segala
d. Scavenger : pemakan bangkai
e. Detritivor : pemakan serpihan-serpihan daun, batang atau
potongan hewan.
8.
a. Organisme autotrof
dapat membuat makanan
sendiri
b. Organisme heterotrof
tidak mampu menyusun zat anorganik menjadi zat organik
sehingga harus mendapatkan makanannya dengan cara memakan organisme lain.
9. Alelopati adalah
hubungan atau interaksi antarorganisme, yang mana keberadaan satu organisme
dapat menghambat pertumbuhan atau perkembangan organisme lainnya melalui
pelepasan toksin atau racun.
10.
- Cacing memakan daun-daunan yang telah mati
di permukaan tanah.
- Makanan yang telah dicerna dikeluarkan dalam
bentuk kotoran yang kemudian dilahap oleh cendawan atau bakteri.
BAB 3
UJI KOMPETENSI 3
A. Pilihan Ganda
1. D
2. A
3. D
4. B
5. E
6. B
7. E
8. D
9. B
10. A
|
11. D
12. A
13. E
14. C
15. D
16. B
17. D
18. B
19. D
20. D
|
21. D
22. B
23. D
24. A
25. A
26. A
27. E
28. A
29. D
30. B
|
B. Uraian
1. Akibat dari eksploitasi
terjadi perubahan yang akan berakibat terhadap keseimbangan lingkungan, hal ini
juga mengganggu keseimbangan manusia, maka manusia berusaha untuk balas budi
terhadap lingkungan.
2. - melakukan reboisasi;
- pembuatan paru-paru kota;
- membuat sengkedan;
- mengadakan pemupukan secara teratur
3. Karena cacing tanah adalah
detritivor yang memakan serpihan bahan organik yang ada di dalam tanah. Ketika
cacing tanah memakan bahan organik tersebut, tanah ikut tertelan, kotoran yang
dikeluarkannya pun dapat menggemburkan dan menyuburkan tanah. Selain itu lewat
jejak cacing tanah, membentuk rongga udara mempermudah oksigen masuk ke dalam
tanah dan membantu tumbuhan untuk bernapas.
4. Feroman ® zat kimia
yang digunakan sebagai alat komunikasi hewan.
5. - Penicillium
® penghasil penisilin
- Streptomyces
griceus ® penghasil
streptomisin
- Streptomyces venezuela ® penghasil
kloromisin dan kloramphenicol
6. Cara mengatasi
pencemaran air
a. Bahan buangan jangan
mengotori air
b. Bahan buangan dapat
ditanam
c. Mengubahnya menjadi
bahan yang bermanfaat
d. Pabrik harus punya bak
penampung limbah industri
7.
a. Tebang pilih
b. Reboisasi
c. Penangkapan musiman
d. Penganekaragaman
bahan pangan
8. Cara pelestarian satwa
langka
a.
Dibuat
undang-undang perburuan yang memuat peraturan-peraturan berburu serta tindakan
hukuman bagi pelanggar undang-undang.
b.
Membiakkan
hewan-hewan langka yang hampir punah.
c.
Memindahkan
hewan langka yang hampir punah ke habitat yang lebih cocok.
9. - Komodo di Flores
- Banteng di Jawa dan Kalimantan
- Anoa di Sulawesi Tengah
- Badak di Ujung Kulon
- Tapir di Sumatra
10. a. Memanfaatkan SDA yang dapat diperbaharui
secara hati-hati dan efisien.
b. Menggunakan bahan pengganti.
c. Mendaur ulang.
d. Melaksanakan etika lingkungan.
UJIAN AKHIR SEMESTER
A. Pilihan Ganda
1. A
2. C
3. B
4. E
5. E
6. C
7. E
8. A
9. D
10. C
|
11. A
12. A
13. C
14. D
15. B
16. B
17. C
18. E
19. C
20. D
|
21. C
22. C
23. A
24. D
25. C
26. B
27. C
28. D
29. D
30. E
|
C. Uraian
1. Penyebab perubahan
populasi:
a.
mortalitas
(angka kematian)
b.
natalitas
(angka kelahiran)
c.
imigrasi
(kedatangan individu baru ke dalam batas tempat populasi)
d.
emigrasi
(kepergian individu ke luar dari batas tempat populasi)
2.
- Cacing memakan daun-daunan yang telah mati
di permukaan tanah.
- Makanan
yang telah dicerna dikeluarkan dalam bentuk kotoran yang kemudian dilahap oleh
cendawan atau bakteri.
3. Piramida
biomassa adalah piramida yang menggambarkan total biomassa yang terdapat pada
tiap tingkat trofik. Piramida ini menunjukkan berat suatu tingkat trofik dalam
ukuran gram pada suatu waktu.
4. Predasi
adalah hubungan atau interaksi antarorganisme yang mana satu organisme memakan
organisme lainnya. Contoh: hubungan singa dengan zebra, kuda dengan rumput, dan
ular dengan tikus.
5.
a. Sacharomyces : pembuatan roti,
anggur, dan bir
b. Lactobacillus
resei : pembuatan yoghurt
c. Rhizopus
oryzae : pembuatan tempe
d. Aspergillus
wenti’i : pembuatan kecap
e. Chlorella : sumber makanan bergizi tinggi
6.
- Herbivora :
pemakan tumbuhan
- Karnivora :
pemakan daging
- Omnivora :
pemakan segala
- Scavenger :
pemakan bangkai
7.
a. Sumber daya alam biotik
tumbuhan, hewan, dan
mikroorganisme
b. Sumber daya alam abiotik
air, mineral, tanah,
udara, dan benda mati lainnya.
8. Komponen yang terdiri
dari benda mati, seperti: tanah, air, udara, iklim, sinar matahari, suhu, dan
kelembapan.
9.
a. Polusi tanah : disebabkan oleh buangan limbah rumah tangga.
b. Polusi air :
disebabkan oleh pestisida, limbah
industri, sisa deterjen.
c. Polusi udara : disebabkan oleh asap kendaraan dan pabrik.
d. Polusi suara :
disebabkan oleh suara bising.
10.
Fotoautotrof : organisme
autotrof yang menggunakan energi matahari untuk memperoleh makanannya.
Kemoautotrof : organisme yang menggunakan energi kimia
dalam penyusunan makanan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar