Jumat, 04 Maret 2016

Kompetensi Dasar PKN SMP K13


KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn)
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)

KELAS VII

No
KOMPETENSI INTI
KD YANG DIUSULKAN
1
Menanggapi dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
1.1    Menampilkan perilaku beriman,dan bertaqwa kepada TuhanYME dalam kehidupan di sekolah dan masyarakat
2
Menghargai perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun; rasa ingin tahu, percaya diri, toleran, motivasi internal, pola hidup sehat, dan ramah lingkungan) dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya[T1] .










2.2    Menunjukkan sikap jujur dalam mengamati  keberagaman dalam realita kehidupan (suku, agama, ras, sosial budaya, gender) di Indonesia dalam bingkai  Bhinneka Tunggal Ika

2.3    Menunjukkan  semangat persatuan dan kesatuan  dalam memahami sejarah daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI

2.4    Menunjukan [T3] perilaku sesuai norma-norma dalam berinteraksi dengan kelompok sebaya dan masyarakat sekitar

2.5    Menampilkan perilaku sesuai norma-norma dalam berinteraksi dengan kelompok sebaya dan masyarakat
3
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) dalam, ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan keagamaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata.

3.1    Mengetahui sejarah perumusan Pancasila sebagai dasar negara melalui membaca, mengamati
3.2    Memahami peran para Pendiri Negara dalam merumuskan Pancasila sebagai dasar negara melalui membaca,mengamati
3.3    Memahami norma dalam kehidupan bermasyarakat melalui membaca, mengamati
3.4    Memahami sejarah perumusan dan pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 melalui membaca, mengamati

3.5    Mengetahui  isi  alinea Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945  dengan membaca

3.6    Memahami  keberagaman dalam realita kehidupan (suku, agama, ras, sosial budaya, gender) di Indonesia dalam bingkai  Bhinneka Tunggal Ika melalui mengamati, membaca

3.7    Mengetahui sejarah daerah tempat tinggalnya dalam kerangkan NKRI melalui membaca, bertanya

3.8    Mengetahui pengertian dan makna Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) melalui membaca

4
Mencoba,  mengolah, dan menyaji berbagai hal dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.


4.1    Menyajikan sejarah perumusan Pancasila sebagai dasar negara  dan peran pendiri negara dalam merumuskan Pancasila sebagai dasar sosial dengan  membuat display, gambar, cerita, bermain peran

4.2    Menampilkan semangat dan komitmen para pendiri sosial [T4] dalam merumuskan Pancasila sebagai dasar sosial melalui partisipasi kegiatan masyarakat, ikrar, dan janji

4.3    Membiasakan berperilaku rela berkorban di lingkungan sekolah dan masyarakat

4.4    Menyajikan  sejarah perumusan dan pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 945 , dan isi Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 dengan membuat display, gambar, cerita

4.5    Menampilkan perilaku sesuai  keberagaman dalam realita kehidupan (suku, agama, ras,  sosial budaya, gender) di Indonesia melalui bermain peran

4.6    Menyajikan  sejarah daerah tempat tinggalnya sebagai bagian dari NKRI melalui pembuatan aporan wawancara, cerita, gambar, display

4.7    Menyajikan  pengertian dan makna Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) melalui pembuatan display dan gambar






KELAS VIII

No
KOMPETENSI INTI
KD YANG DIUSULKAN
1
Menghargai dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

1.1    Menghargai toleransi sesama  umat beragama


2
Menghargai perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, estetika, percaya diri, toleran, motivasi internal, pola hidup sehat , ramah lingkungan gotong royong) dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
2.1    Menghargai semangat kebangsaan dalam menetapkan Pancasila sebagai dasar negara


2.2    Menunjukkan sikap kebersamaan dalam masyarakat sekitar yang beragam


2.3    Menghargai semangat dan komitmen sumpah pemuda dalam kehidupan bermasyarakat

2.4    Menunjukkan perilaku sesuai  semangat dan komitmen persatuan dan kesatuan nasional untuk pengokohan NKRI

3
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam, ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan keagamaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata.
3.1    Mengetahui sejarah pengesahan Pancasila sebagai dasar negara melalui membaca, mengamati

3.2    Memahami perbedaan norma,  kebiasaan,  dan tradisi antar daerah di Indonesia melalui pengamatan

3.3    Mengetahui lembaga -lembaga negara dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 melalui membaca

3.4    mengetahui cakupan hak asasi manusia dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 melalui membaca

3.5    Memahami makna keberagaman dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika dengan mengamati dan mengaitkan fakta keberagaman

3.6    Mengetahui unsur-unsur NKRI melalui membaca

4
Mengolah,  menyaji, dan menalar berbagai hal dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.














4.1    Menyajikan  sejarah pengesahan Pancasila sebagai dasar negara melalui pembuatan display/ gambar/ cerita/ bermain peran

4.2    Membiasakan berperilaku rela berkorban dalam lingkungan kelompok sebaya dan masyarakat

4.3    Menampilkan  norma, kebiasaan dan tradisi/adat antardaerah di Indonesia melalui bermain peran atau simulasi

4.4    Menyajikan  lembaga -lembaga negara dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 melalui pembuatan display

4.5    Menampilkan  perilaku sebagai bentuk penghargaan hak asasi manusia dalam UUD 1945 dengan membuat display/ gambar, bermain peran

4.6    Melakukan kerjasama dalam masyarakat yang beragam dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika dengan membangun koalisi

4.7    Menyajikan  unsur-unsur  NKRI melalui membuat display/ gambar







KELAS IX

No
KOMPETENSI INTI
KD YANG DIUSULKAN
1
Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.

2
Menghargai dan menghayati perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, rasa ingintahu, estetika, percaya diri, toleran, motivasi internal, pola hidup sehat, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai) dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

2.1    Menghargai hukum yang berlaku dalam masyarakat

2.2    Menunjukkan  sikap semangat persatuan dan kesatuan nasional dalam kerangka NKRI dalam kehidupan bermasyarakat

2.3    Menampilkan komitmen mempertahankan NKRI melalui membuat gagasan, tulisan,  ikrar

2.4    Meneladani semangat dan komitmen sumpah pemuda dalam kehidupan bermasyarakat

3
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam, ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan keagamaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata.

3.1     Memahami  perbedaan antara baik dan buruk dalam bertutur kata, berperilaku, dan bersikap dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara melalui mengamati

3.2     Memahami norma hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat  melalui mengamati, membaca

3.3     Memahami pokok pikiran Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 melalui membaca

3.4     Mengetahui  masalah-masalah yang muncul dalam keberagaman masyarakat melalui pengamatan

3.5     Menganalis  masalah-masalah yang muncul dalam keberagaman masyarakat melalui bertanya dan mengaitkan, mengolah

3.6     Memahami NKRI dalam konteks Sejarah Indonesia melalui membaca, mengamati

3.7     Memahami konsep dan prinsip NKRI melalui mengamati, membaca

4
Mengolah,  menyaji, dan menalar berbagai hal dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, membuat, dan mencipta) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.









4.1     Membiasakan bertutur kata, berperilaku, dan bersikap yang baik dalam lingkungan sekolah dan masyarakat melalui pembiasaan, bermain peran

4.2     Membiasakan berperilaku rela berkorban dalam kehidupan bermasyarakat  melalui pembiasaan, pengabdian masyarakat

4.3     Menampilkan perilaku mentaati hukum dalam kehidupan bermasyarakat

4.4     Menerapkan penghargaan dan penegakan HAM dalam kehidupan sehari-hari melalui bermain peran, pengabdian masyarakat

4.5     Menyajikan gagasanpenyelesaian masalah -masalah yang muncul dalam keberagaman masyarakat   melalui portofolio (praktik belajar kewarganegaraan)

4.6     Menampilkan komitmen mempertahankan NKRI melalui gagasan, tulisan,  ikrar







 [T1]Tidak jelas
 [T2]Siapa yg menunjukkan? Bukankah yg penting peserta didik?
 [T3]Menunjukkan
 [T4]Maksudnya?
 [T5]Mengapa konsep sama dgn kls VIII (toleransi)?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar