KOMPETENSI
INTI DAN KOMPETENSI DASAR
MATA
PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn)
SEKOLAH
MENENGAH PERTAMA (SMP)
KELAS
VII
No
|
KOMPETENSI INTI
|
KD YANG DIUSULKAN
|
1
|
Menanggapi
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1 Menampilkan perilaku beriman,dan bertaqwa kepada TuhanYME dalam
kehidupan di sekolah dan masyarakat
|
2
|
Menghargai perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli, santun; rasa ingin tahu, percaya diri, toleran, motivasi internal,
pola hidup sehat, dan ramah lingkungan) dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya[T1] .
|
2.1
Menunjukkan
semangat kebangsaan dan komitmen para Pendiri Negara dalam perumusan
Pancasila sebagai dasar negara[T2]
2.2 Menunjukkan sikap jujur dalam mengamati keberagaman dalam realita kehidupan (suku,
agama, ras, sosial budaya, gender) di Indonesia dalam bingkai
Bhinneka Tunggal Ika
2.3
Menunjukkan semangat persatuan dan kesatuan dalam memahami sejarah daerah tempat
tinggalnya dalam kerangka NKRI
2.4
Menunjukan [T3] perilaku
sesuai norma-norma dalam berinteraksi dengan kelompok sebaya dan masyarakat
sekitar
2.5
Menampilkan
perilaku sesuai norma-norma dalam berinteraksi dengan kelompok sebaya dan
masyarakat
|
3
|
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) dalam, ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan keagamaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian
yang tampak mata.
|
3.1
Mengetahui sejarah perumusan
Pancasila sebagai dasar negara melalui membaca, mengamati
3.2
Memahami peran para
Pendiri Negara dalam merumuskan Pancasila sebagai dasar negara melalui
membaca,mengamati
3.3 Memahami norma dalam kehidupan bermasyarakat melalui membaca,
mengamati
3.4
Memahami sejarah perumusan
dan pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 melalui membaca,
mengamati
3.5 Mengetahui isi alinea Pembukaan UUD Negara Republik
Indonesia Tahun 1945 dengan membaca
3.6 Memahami keberagaman dalam realita kehidupan (suku, agama, ras, sosial
budaya, gender) di Indonesia dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika melalui
mengamati, membaca
3.7
Mengetahui sejarah daerah
tempat tinggalnya dalam kerangkan NKRI melalui membaca, bertanya
3.8
Mengetahui pengertian dan
makna Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) melalui membaca
|
4
|
Mencoba, mengolah, dan menyaji berbagai hal dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lain yang
sama dalam sudut pandang/teori.
|
4.1
Menyajikan sejarah perumusan Pancasila sebagai dasar
negara dan peran pendiri negara dalam merumuskan Pancasila sebagai dasar sosial
dengan membuat display, gambar, cerita, bermain peran
4.2 Menampilkan semangat dan komitmen para pendiri sosial [T4] dalam merumuskan Pancasila sebagai dasar sosial
melalui partisipasi kegiatan masyarakat, ikrar, dan janji
4.3 Membiasakan berperilaku rela berkorban di lingkungan sekolah dan
masyarakat
4.4 Menyajikan sejarah perumusan dan pengesahan UUD Negara
Republik Indonesia Tahun 945 , dan isi
Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 dengan membuat display, gambar, cerita
4.5
Menampilkan
perilaku sesuai keberagaman dalam realita kehidupan (suku, agama,
ras, sosial budaya, gender) di Indonesia melalui bermain peran
4.6
Menyajikan sejarah daerah tempat tinggalnya sebagai
bagian dari NKRI melalui pembuatan aporan wawancara,
cerita, gambar, display
4.7
Menyajikan pengertian dan makna Negara Kesatuan Republik
Indonesia (NKRI) melalui pembuatan display dan gambar
|
KELAS
VIII
No
|
KOMPETENSI INTI
|
KD YANG DIUSULKAN
|
1
|
Menghargai
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1 Menghargai toleransi sesama umat
beragama
|
2
|
Menghargai perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli, santun, rasa ingin tahu, estetika, percaya diri, toleran, motivasi
internal, pola hidup sehat , ramah lingkungan gotong royong) dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
2.1 Menghargai semangat
kebangsaan dalam menetapkan Pancasila sebagai dasar negara
2.2 Menunjukkan sikap
kebersamaan dalam masyarakat sekitar yang beragam
2.3
Menghargai
semangat dan komitmen sumpah pemuda dalam kehidupan bermasyarakat
2.4
Menunjukkan
perilaku sesuai semangat dan komitmen persatuan dan kesatuan nasional
untuk pengokohan NKRI
|
3
|
Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam, ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan keagamaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang
tampak mata.
|
3.1 Mengetahui sejarah
pengesahan Pancasila sebagai dasar negara melalui membaca, mengamati
3.2 Memahami perbedaan norma, kebiasaan, dan tradisi
antar daerah di Indonesia melalui pengamatan
3.3 Mengetahui lembaga -lembaga negara dalam UUD Negara Republik
Indonesia Tahun 1945 melalui membaca
3.4
mengetahui
cakupan hak asasi manusia dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 melalui
membaca
3.5
Memahami makna keberagaman dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika dengan mengamati dan mengaitkan fakta keberagaman
3.6 Mengetahui unsur-unsur
NKRI melalui membaca
|
4
|
Mengolah, menyaji, dan menalar berbagai hal dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lain yang
sama dalam sudut pandang/teori.
|
4.1
Menyajikan sejarah pengesahan Pancasila sebagai dasar
negara melalui pembuatan display/ gambar/ cerita/ bermain peran
4.2
Membiasakan
berperilaku rela berkorban dalam lingkungan kelompok sebaya dan masyarakat
4.3
Menampilkan norma, kebiasaan dan tradisi/adat
antardaerah di Indonesia melalui bermain peran atau simulasi
4.4
Menyajikan lembaga -lembaga negara dalam UUD Negara
Republik Indonesia Tahun 1945 melalui pembuatan display
4.5
Menampilkan perilaku sebagai bentuk penghargaan hak
asasi manusia dalam UUD 1945 dengan membuat
display/ gambar, bermain peran
4.6
Melakukan
kerjasama dalam masyarakat yang beragam dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
dengan membangun koalisi
4.7
Menyajikan unsur-unsur
NKRI melalui membuat display/ gambar
|
KELAS
IX
No
|
KOMPETENSI INTI
|
KD YANG DIUSULKAN
|
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
|
||
2
|
Menghargai dan menghayati perilaku (jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli, santun, rasa ingintahu, estetika, percaya diri,
toleran, motivasi internal, pola hidup sehat, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai) dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
2.1
Menghargai hukum yang
berlaku dalam masyarakat
2.2
Menunjukkan sikap semangat persatuan dan kesatuan
nasional dalam kerangka NKRI dalam kehidupan bermasyarakat
2.3
Menampilkan komitmen
mempertahankan NKRI melalui membuat gagasan,
tulisan, ikrar
2.4
Meneladani semangat dan
komitmen sumpah pemuda dalam kehidupan bermasyarakat
|
3
|
Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam, ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
keagamaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata.
|
3.1
Memahami
perbedaan antara baik dan buruk dalam bertutur kata, berperilaku, dan
bersikap dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara melalui
mengamati
3.2
Memahami norma hukum yang berlaku dalam
kehidupan bermasyarakat melalui
mengamati, membaca
3.3 Memahami pokok pikiran
Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 melalui membaca
3.4 Mengetahui masalah-masalah
yang muncul dalam keberagaman masyarakat melalui pengamatan
3.5 Menganalis masalah-masalah
yang muncul dalam keberagaman masyarakat melalui bertanya dan mengaitkan, mengolah
3.6 Memahami NKRI dalam konteks
Sejarah Indonesia melalui membaca, mengamati
3.7 Memahami konsep dan prinsip NKRI melalui mengamati, membaca
|
4
|
Mengolah, menyaji, dan menalar berbagai hal dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, membuat, dan
mencipta) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
|
4.1
Membiasakan
bertutur kata, berperilaku, dan bersikap yang baik dalam lingkungan sekolah
dan masyarakat melalui pembiasaan, bermain peran
4.2
Membiasakan
berperilaku rela berkorban dalam kehidupan bermasyarakat melalui pembiasaan, pengabdian masyarakat
4.3
Menampilkan perilaku mentaati hukum dalam
kehidupan bermasyarakat
4.4
Menerapkan penghargaan dan penegakan HAM dalam
kehidupan sehari-hari melalui bermain peran, pengabdian masyarakat
4.5
Menyajikan
gagasanpenyelesaian masalah -masalah yang muncul dalam keberagaman
masyarakat melalui portofolio (praktik belajar kewarganegaraan)
4.6
Menampilkan komitmen mempertahankan NKRI melalui
gagasan, tulisan, ikrar
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar