Selasa, 08 Maret 2016

Materi SKT SMK MUTU Penyakit Menular


Jenis-Jenis Penyakit Menular dan Penyebabnya dan Cara Pencegahannya


Dewasa ini semakin banyak daftar penyakit yang berevolusi dan menyerang manusia. Kategori penyakit menular pun kian bertambah akibat berevolusinya virus penyebab penyakit. Anda harus selalu waspada karena penyakit yang menular bisa saja menyerang Anda sewaktu-waktu tanpa Anda sadari sebelumnya.
Hal ini dikarenakan jenis-jenis penyakit menular beberapa diantaranya termasuk ke dalam penyakit yang berbahaya bahkan mematikan. Penyakit menular beberapa diantaranya diakibatkan oleh virus dan pembawaan hospes atau perantara. Sehingga penyebarannya bisa meluas hingga lintas negara sekalipun.

Jenis – Jenis Penyakit Menular dan Cara Pencegahannya

Penyakit menular ini bisa diderita akibat kurang kuatnya daya tahan tubuh yang berkaitan dengan sistem imun manusia itu sendiri. Meskipun penyakit menular ini dibawa oleh hospes, yakni melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti yang menyebabkan penyakit demam berdarah tidak akan menyerang tubuh dengan sistem imun yang kuat.
Sama halnya dengan penyakit influenza dan TBC yang media penularannya dari udara bervirus yang terhirup. Sehingga sistem imun merupakan pertahanan yang terpenting bagi tubuh dalam melawan serangan penyakit. Anda dan keluarga bisa mendapatkan sistem imun yang kuat ini dengan mengandalkan konsumsi banyak sumber vitamin C dan protein.
Pengetahuan jenis-jenis penyakit menular dan cara pencegahannya juga perlu untuk diketahui oleh masyarakat awam sehingga dapat mencegah menyebar luasnya masalah tersebut. Seperti penyakit menular yang terdiri dari HIV AIDS, sifilis, gonorrhea, chlamydia dan lain-lain yang bisa dicegah dengan sikap saling setia dan tidak berganti-ganti pasangan . Pencegahan ini juga bisa dilakukan dengan penghindaran kemungkinan kontak dengan cairan tubuh seperti darah, cairan area tertentu, ASI, dan keringat atau air ludah untuk penyakit hepatitis.

Jenis – Jenis Penyakit Menular dan Penyebabnya

Kontak langsung ini harus dihindari untuk mencegah penularan. Menjaga kebersihan, membuat tempat sanitasi, dan selalu mengkonsumsi makanan yang bergizi untuk meningkatkan sistem imun. Menghindari penyebaran penyakit juga harus didasari dengan pengetahuan jenis-jenis penyakit menular dan penyebabnya, karena penyakit bisa dihindari berdasarkan penyebabnya.
Ketika mengetahui penyebab pasti penyakit menular, Anda bisa berfokus pada agar tidak mendekati faktor resiko. Secara berkala memeriksakan kesehatan ke klinik atau tempat praktik dokter adalah solusi yang paling tepat untuk pendeteksian dini penyakit menular sehingga lebih mudah ditangani.
Penyakit menular bukanlah sesuatu yang harus ditakuti, dijauhi atau bahkan penderitanya diintimidasi sehingga kehilangan haknya. Namun lebih kepada pada sesuatu yang harus diperangi demi kebaikan bersama.
Seperti contoh mudah yakni dengan mengetahui jenis-jenis penyakit menular merupakan cara yang paling mendasar yang bisa dilakukan di masyarakat untuk membentuk kepedulian massa. Kepedulian massa ini nantinya akan berguna membentuk kesadaran lebih membentuk masyarakat yang sehat. Pandangan mencegah lebih baik dari pada mengobati juga harus ditanamkan pada masyarakat agar penyebarluasan berbagai jenis penyakit menular ataupun tidak dapat diminimalisir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar