Jumat, 04 Maret 2016

FORMAT DESAIN PEMBELAJARAN


FORMAT
DESAIN PEMBELAJARAN

A.      IDENTITAS
Mata Pelajaran         : ___________________
Kelas                             : ___________________
Sekolah                        : ___________________
Semester                    : ___________________
Alokasi waktu           : ___________________ ( … jam pelajran)

B.      ANALISIS KURIKULUM
Gambaran Isi topic:

Keterkaitan antar jenjang/kelas:

Indikator kompetensi:


C.      ANALISIS SITUASI DAN KONDISI SISWA
Tingkat pemahaman/minat:


Ketersediaan sarana/media/sumber belajar pendukung:


D.      SILABUS SEDERHANA
Contoh: EKOSISTEM (6 x 40 menit)
Pertemuan ke  dan  alokasi waktu
Indikator Kompetensi
Kegiatan Belajar
 Materi ajar
Teknik Penilaian
I
(2 x 40 menit)
1)   Mengidentifikasi komponen abiotik  dan biotic ekosistem kebun sekolah secara cermat
2)   Mengukur/menghitung setiap komponen ekosistem sesuai kerersedian alat/media
3)   Membuat daftar komponen biotik dan abiotik dari ekosistem kebun sekolah
4)   Mendiskusikan hubungan antar komponen biotik dan abiotik
5)   Mendeskripsikan pengertian ekosistem secara sederhana

·   Pengamatan Ekosistem Kebun Sekolah

·   Bediskusi untuk:

menyusun tabel

menganalisis bentuk hubungan antar faktor biotik dan abiotik

merumuskan pengertian ekosistem
Komponen ekosistem
Mengobservasi keterampilan mengamati dan membuat tabel data

Menganlisis Jumlah/variasi dan ketepatan deskripsi bentuk-bentuk hubungan antar komponen biotik dan abiotik

Mengalisis ketepatan pengertian yang dibuat oleh siswa





II – 2 x 40 menit
6)   Menyusun beberapa rantai makanan berdasarkan jenis hewan dan tumbuha yang ditemukan di kebun sekolah
7)   Menyusun jarring makanan beradasarkan rantai yang telah dibuat
Mengamati hubungan makan antara hewan dan tumbuhan yang ada di kebun

Menduga hubungan makan pada beberapa jenis tumbuhan dan hewan

Berdiskusi untuk menyusun beberapa rantai dan jarring makanan yang ada di ekosistem kebun sekolah
Rantai dan Jaring makana makanan
Mengobservasi kesungguhan dan keterampilan mengamati hubungan makan antara tumbuhan dan hewan di kebun

Menganlisis ketepatan jarring dan rantai makanan yang disusun.





III – 2 x 40 menit
8)      Menysun piramida ekologi berdasarkan hasil pengamatan ekosistem kebun sekolah

9)      Mendeskripsikan hubungan konsep jarring makanan dengan kestabilan ekosistem
Berdiskusi untuk: menyusun piramida ekologi berdasarkan perkiraan biomasa masing-masing tingakatn tropfik

Membuat/deskripsi  atau simpulan hubungan antara jarring makanan dan kestabilan ekosistem
Kestabilan ekosistem Ekosistem






E.       RPP UNTUK PERTEMUAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar