Jumat, 04 Maret 2016

CATATAN PERTEMUAN TUTORIAL


UM00-RK04-R2
CATATAN PERTEMUAN TUTORIAL

Kode MK
Nama MK
Tutor
: PDGK 4401
: Materi dan Pembelajaran PKn SD
: Drs. A.Rosyid Al Atok, M.Pd., MH
Semester
Lokasi/Pokjar
Kode Kelas
: VII
: Kec. Wajak Kab. Malang
: -

RAT-SAT
Tanggal
Catatan Kegiatan
Untuk Ditindaklanjuti
Paraf
Pertemuan ke
Materi
Tutor
Pengelola
1
a.   Paradigma baru PKN
b.   Karakteristik WN dlm. mencapai masyarakat demokratis
c.   Pembelajaran PKn berbasis portofolio.
2 Oktober 2011
Tutor dan mahasiswa melakukan curah pendapat tentang Paradigma baru PKn.
Masih banyak mahasiswa yang merasa kebingungan dalam menyikapi pergantian nama dari PMP ke PKn.
Mahasiswa diminta memcermati kembali SKL, SK, dan KD PKn SD.


2
a.   Kedudukan manusia sebagai Insan Tuhan, makhluk sosial dan WNI
b.   Pembelajaran tentang Individu sebagai Insan Tuhan, makhluk sosial dan WNI.
9 Oktober 2011
Tutor memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menanyakan hal-hal yang sulit atau kurang dimengerti dari materi Modul 2.
Masih banyak mahasiswa yang belum siap atau belum membaca materi Modul 2.
Mahasiswa perlu dimotivasi untuk mempersiapkan diri lebih baik dalam mengikuti tutorial dengan membaca modul.


3
a.   Sejarah perjuangan bangsa Indonesia
b.   Pembelajaran sejarah perjuangan bangsa Indonesia
16 Oktober 2011
Tutor menyampaikan beberapa permasalahan yang berkaitan dengan pokok bahasan. Selanjutnya tutor memberikan tugas pemecahan masalah melalui didiskusikan secara kelompok.
Masih banyak mahasiswa yang kurang aktif secara sungguh-sungguh dalam melakukan diskusi kelompok.
Mahasiswa perlu diberikan motivasi untuk lebih aktif dan serius dalam melaksanakan diskusi kelompok


4
a.   Keragaman sosial budaya masyarakat Indonesia
b.   Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
c.   Pembelajaran keragaman sosbud dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
23 Oktober 2011
Tutor memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menyampaikan berbagai permasalahan untuk kemudian dikaji bersama.
Masih banyak mahasiswa yang kurang dapat menyampaikan permasalahan dengan baik dan benar.
Mahasiswa perlu diberikan latihan untuk merumuskan dan menyampaikan permasalahan dengan baik dan benar.


5
a.   Kedudukan Pancasila dalam kehidupan bangsa dan negara Indonesia
b.   Kedudukan UUD 1945 dalam kehidupan bernegara Indonesia
c.   Pembelajaran nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 di SD.
30 Oktober 2011
Tutor dan mahasiswa melakukan curah pendapat mengenai berbagai permasalahan dan jawabannya secara bergantian.
Tutor memberikan tugas tes kepada mahasiswa untuk dikerjakan di tempat secara individual.
Masih terdapat beberapa mahasiswa yang kurang serius dalam mengerjakan tugas tes.
Mahasiswa perlu diberikan motivasi untuk lebih serius dalam mengerjakan tugas tes.


6
a.   Macam-macam HAM dalam UUD 1945 dan pilar-pilar demokrasi
b.   Peraturan perundangan tentang HAM dan NKRI sebagai negara demokrasi konstitusional
c.   Pembelajaran HAM dan demokrasi di SD
6 Nopember  2011
Tutor memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menyampaikan berbagai permasalahan secara bergantian untuk kemudian dianalisis bersama.




7
a.   Pengertian dan fungsi penegakan hukum
b.   Tugas dan fungsi lembaga penegak hukum
c.   Pembelajaran hukum dan penegakan hukum di SD.
13 Nopember  2011




8
a.   Pentingnya komunikasi antar sosial-budaya
b.   Karakteristik manusia antar budaya
c.   Pembelajaran materi komunikasi antar sosial-budaya di SD.
20 Nopember  2011





Pengelola,


  
Tutor,


A. Rosyid Al Atok
UM00-RK04-R2
CATATAN PERTEMUAN TUTORIAL

Kode MK
Nama  MK
Tutor
: PDGK 4401
: Materi dan Pembelajaran PKn SD
: Drs. A.Rosyid Al Atok, M.Pd., MH
Semester
Lokasi/Pokjar
Kode Kelas
: VII
: Kec. Kepanjen Kab. Malang 
: M

RAT-SAT
Tanggal
Catatan Kegiatan
Untuk Ditindaklanjuti
Paraf
Pertemuan ke
Materi
Tutor
Pengelola
1
a.   Paradigma baru PKN
b.   Karakteristik WN dlm. mencapai masyarakat demokratis
c.   Pembelajaran PKn berbasis portofolio.
2 Oktober 2011
Tutor dan mahasiswa melakukan curah pendapat tentang Paradigma baru PKn.
Masih banyak mahasiswa yang merasa kebingungan dalam menyikapi pergantian nama dari PMP ke PKn.
Tutor dan mahasiswa melakukan curah pendapat tentang Paradigma baru PKn.
Masih banyak mahasiswa yang merasa kebingungan dalam menyikapi pergantian nama dari PMP ke PKn.


2
a.   Kedudukan manusia sebagai Insan Tuhan, makhluk sosial dan WNI
b.   Pembelajaran tentang Individu sebagai Insan Tuhan, makhluk sosial dan WNI.
9 Oktober 2011
Tutor memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menanyakan hal-hal yang sulit atau kurang dimengerti dari materi Modul 2.
Masih banyak mahasiswa yang belum siap atau belum membaca materi Modul 2.
Tutor memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menanyakan hal-hal yang sulit atau kurang dimengerti dari materi Modul 2.
Masih banyak mahasiswa yang belum siap atau belum membaca materi Modul 2.


3
a.   Sejarah perjuangan bangsa Indonesia
b.   Pembelajaran sejarah perjuangan bangsa Indonesia
16 Oktober 2011
Tutor menyampaikan beberapa permasalahan yang berkaitan dengan pokok bahasan. Selanjutnya tutor memberikan tugas pemecahan masalah melalui didiskusikan secara kelompok.
Masih banyak mahasiswa yang kurang aktif secara sungguh-sungguh dalam melakukan diskusi kelompok.
Tutor menyampaikan beberapa permasalahan yang berkaitan dengan pokok bahasan. Selanjutnya tutor memberikan tugas pemecahan masalah melalui didiskusikan secara kelompok.
Masih banyak mahasiswa yang kurang aktif secara sungguh-sungguh dalam melakukan diskusi kelompok.


4
a.   Keragaman sosial budaya masyarakat Indonesia
b.   Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
c.   Pembelajaran keragaman sosbud dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
23 Oktober 2011
Tutor memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menyampaikan berbagai permasalahan untuk kemudian dikaji bersama.
Masih banyak mahasiswa yang kurang dapat menyampaikan permasalahan dengan baik dan benar.
Tutor memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menyampaikan berbagai permasalahan untuk kemudian dikaji bersama.
Masih banyak mahasiswa yang kurang dapat menyampaikan permasalahan dengan baik dan benar.


5
a.   Kedudukan Pancasila dalam kehidupan bangsa dan negara Indonesia
b.   Kedudukan UUD 1945 dalam kehidupan bernegara Indonesia
c.   Pembelajaran nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 di SD.
30 Oktober 2011
Tutor dan mahasiswa melakukan curah pendapat mengenai berbagai permasalahan dan jawabannya secara bergantian.
Tutor memberikan tugas tes kepada mahasiswa untuk dikerjakan di tempat secara individual.
Masih terdapat beberapa mahasiswa yang kurang serius dalam mengerjakan tugas tes.
Tutor dan mahasiswa melakukan curah pendapat mengenai berbagai permasalahan dan jawabannya secara bergantian.
Tutor memberikan tugas tes kepada mahasiswa untuk dikerjakan di tempat secara individual.
Masih terdapat beberapa mahasiswa yang kurang serius dalam mengerjakan tugas tes.


6
a.    Macam-macam HAM dalam UUD 1945 dan pilar-pilar demokrasi
b.    Peraturan perundangan tentang HAM dan NKRI sebagai negara demokrasi konstitusional
c.    Pembelajaran HAM dan demokrasi di SD
6 Nopember  2011
Tutor memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menyampaikan berbagai permasalahan secara bergantian untuk kemudian dianalisis bersama.

Tutor memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menyampaikan berbagai permasalahan secara bergantian untuk kemudian dianalisis bersama.



7
a.   Pengertian dan fungsi penegakan hukum
b.   Tugas dan fungsi lembaga penegak hukum
c.   Pembelajaran hukum dan penegakan hukum di SD.
13 Nopember  2011
Tutor dan mahasiswa melakukan curah pendapat tentang Paradigma baru PKn.
Masih banyak mahasiswa yang merasa kebingungan dalam menyikapi pergantian nama dari PMP ke PKn.
Tutor dan mahasiswa melakukan curah pendapat tentang Paradigma baru PKn.
Masih banyak mahasiswa yang merasa kebingungan dalam menyikapi pergantian nama dari PMP ke PKn.


8
a.   Pentingnya komunikasi antar sosial-budaya
b.   Karakteristik manusia antar budaya
c.   Pembelajaran materi komunikasi antar sosial-budaya di SD.
20 Nopember  2011
Tutor memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menanyakan hal-hal yang sulit atau kurang dimengerti dari materi Modul 2.
Masih banyak mahasiswa yang belum siap atau belum membaca materi Modul 2.
Tutor memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menanyakan hal-hal yang sulit atau kurang dimengerti dari materi Modul 2.
Masih banyak mahasiswa yang belum siap atau belum membaca materi Modul 2.



Pengelola,



Tutor,


A. Rosyid Al Atok









UM00-RK04-R2
CATATAN PERTEMUAN TUTORIAL

Kode MK
Nama MK
Tutor
: PDGK 4501
: Pemantapan Kemampuan Profesional
: Drs. A.Rosyid Al Atok, M.Pd., MH
Semester
Lokasi/Pokjar
Kode Kelas
: X
: Kec. Tirtoyudo Kab. Malang
: A

RAT-SAT
Tanggal
Catatan Kegiatan
Untuk Ditindaklanjuti
Paraf
Pertemuan ke
Materi
Tutor
Pengelola
1
Hakekat PKP
1 Oktober 2011
Curah Pendapat dan Pemberian tugas

Tugas latihan menyusun RP


2
Prosedur Pelaksanaan PKP
8 Oktober 2011
Curah Pendapat
-


3
Diskripsi Tugas Mahasiwa dalam PKP
15 Oktober 2011
Diskusi Pemecahan masalah


Tugas Menyusun RPP 1


4
Praktek Pembelajaran IPA
22 Oktober 2011
Pelaksanaan Ujian Praktek
Tugas Ujian Praktek 1 dan Menyusun RPP 2


5
Parktek Pembelajaran Non IPA
29 Oktober 2011
Pelaksanaan Ujian Praktek
Tugas Ujian Praktek


6
Pembimbingan Penyusunan  Laporan Perbaikan Pembelajaran
5 Nopember  2011
Ceramah Tanya Jawab dan Pembe-rian Tugas


Tugas Menyusun Laporan


7
Pengoreksian Draft Laporan Perbaikan Pembelajaran
12 Nopember  2011
Konsultasi dan Pembimbingan


Tugas Menyusun Laporan


8
Penandatanganan dan pengumpulan Laporan Perbaikan Pembelajaran
19 Nopember  2011
Pengumpulan tugas

Tugas Menyusun Laporan




Pengelola,



Tutor,


A. Rosyid Al Atok

UM00-RK04-R2
CATATAN PERTEMUAN TUTORIAL

Kode MK
Nama MK
Tutor
: PDGK 4500
: Tugas Akhir Program (TAP)
: Drs. A.Rosyid Al Atok, M.Pd., MH
Semester
Lokasi
Kode Kelas
: X
: Kec. Tirtoyudo Kab. Malang
: A

RAT-SAT
Tanggal
Catatan Kegiatan
Untuk Ditindaklanjuti
Paraf
Pertemuan ke
Materi
Tutor
Pengelola
1
a.     Memahami hakekat dan konsep dasar  tugas akhir program ;
b.    Memahami masalah pembelajaran yang dialami di sekolah masing-masing;
c.     Memahami pentingnya mengetahui permasalah pembelajaran yang dihadapi;
1 Oktober 2011
Masih ada sebagian mahasiswa yang belum mempunyai modul
Pengefektifan pembagian modul kepada mahasiswa


2
a.     Mengidentifikasi masalah pengembangan silabus dan RPP
b.    Mengidentifikasi masalah strategi dan metode pembelajaran;
8 Oktober 2011
Masih ada sebagian kecil mahasiswa yang belum aktif
Perlu motivasi keaktifan mahasiswa


3
Mengidentifikasi masalah pengembangan media dan sumber belajar
15 Oktober 2011
Masih ada yg terlambat mengumpulkan tugas
Perlu motivasi


4
Mengidentifikasi masalah pengembangan materi pembelajaran

22  Oktober 2011
Semua mahasiswa sudah aktif mengikuti kegiatan tutorial
-


5
Mengidentifikasi masalah pengembangan evaluasi pembelajaran

29 Oktober 2011
Sebagian sudah mengumpul-kan tugas tepat waktu
-


6
Mengidentifikasi masalah motivasi dan minat siswa dalam pembelajaran

5 Nopember  2011
Semua mahasiswa sudah mengumpulkan tugas tepat waktu
-


7
Menganalisis permasalah pembelajaran IPA SD dan mencari solusinya
12 Nopember  2011
Tidak ada permasalahan
-


8
Menganalisis permasalah pembelajaran IPS SD dan mencari solusinya
19 Nopember  2011
Tidak ada permasalahan
-



Pengelola,


 Bambang Sudiarto, S.Pd.
Tutor,


A. Rosyid Al Atok










UM00-RK04-R2
CATATAN PERTEMUAN TUTORIAL

Kode MK
Nama MK
Tutor
: PDGK 4501
: Pemantapan Kemampuan Profesional
: Drs. A.Rosyid Al Atok, M.Pd., MH
Semester
Lokasi/Pokjar
Kode Kelas
: X
: Kec. Tirtoyudo Kab. Malang
: A

RAT-SAT
Tanggal
Catatan Kegiatan
Untuk Ditindaklanjuti
Paraf
Pertemuan
Materi
Tutor
Pengelola
ke 1
Hakekat PKP
1 Oktober 2011




ke 2
Prosedur Pelaksanaan PKP
8 Oktober 2011




ke 3
Diskripsi Tugas Mahasiwa dalam PKP
15 Oktober 2011




ke 4
Praktek Pembelajaran IPA
22 Oktober 2011




ke 5
Parktek Pembelajaran Non IPA
29 Oktober 2011




ke 6
Pembimbingan Penyusunan  Laporan Perbaikan Pembelajaran
5 Nopember  2011




ke 7
Pengoreksian Draft Laporan Perbaikan Pembelajaran
12 Nopember  2011




ke 8
Penandatanganan dan pengumpulan Laporan Perbaikan Pembelajaran
19 Nopember  2011





Kord. BBLBA


Dra. Darwiyati, M.Pd.
NIP. 19580311 198203 2 001
Tutor,


A. Rosyid Al Atok
UM00-RK04-R2
CATATAN PERTEMUAN TUTORIAL
Kode MK
Nama MK
Tutor
: PDGK 4500
: Tugas Akhir Program (TAP)
: Drs. A.Rosyid Al Atok, M.Pd., MH
Semester
Lokasi
Kode Kelas
: X
: Kec. Tirtoyudo Kab. Malang
: A

RAT-SAT
Tanggal
Catatan Kegiatan
Untuk Ditindaklanjuti
Paraf
Pertemuan
Materi
Tutor
Pengelola
ke 1
Hakekat dan Konsep Dasar TAP
1 Oktober 2011




ke 2
Review subatansi mata kuliah PTK
8 Oktober 2011




ke 3
Masalah pembelajaran dalam kelas
15 Oktober 2011




ke 4
Kerangka berpikir pemecahan kasus pembelajaran dalam kelas
22  Oktober 2011




ke 5
Kasus pembelajaran mata pelajaran eksakta  
29 Oktober 2011




ke 6
Kasus pembelajaran mata pelajaran   non eksakta  
5 Nopember  2011




ke 7
Pemecahan masalah pembelajaran mata pelajaran eksakta  
12 Nopember  2011




ke 8
Pemecahan masalah pembelajaran mata pelajaran  non eksakta  
19 Nopember  2011





Kord. BBLBA



Dra. Darwiyati, M.Pd.
NIP. 19580311 198203 2 001
Tutor,



A. Rosyid Al Atok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar