UM00-RK04-R2
CATATAN PERTEMUAN TUTORIAL
Kode MK
Nama MK
Tutor
|
: PDGK 4401
: Materi dan Pembelajaran PKn SD
: Drs. A.Rosyid Al Atok, M.Pd., MH
|
Semester
Lokasi/Pokjar
Kode Kelas
|
: VII
: Kec. Wajak Kab. Malang
: -
|
RAT-SAT
|
Tanggal
|
Catatan Kegiatan
|
Untuk Ditindaklanjuti
|
Paraf
|
||
Pertemuan ke
|
Materi
|
Tutor
|
Pengelola
|
|||
1
|
a. Paradigma baru PKN
b. Karakteristik WN dlm. mencapai masyarakat demokratis
c. Pembelajaran PKn berbasis portofolio.
|
2 Oktober 2011
|
Tutor dan mahasiswa
melakukan curah pendapat tentang Paradigma baru PKn.
Masih banyak mahasiswa
yang merasa kebingungan dalam menyikapi pergantian nama dari PMP ke PKn.
|
Mahasiswa diminta
memcermati kembali SKL, SK, dan KD PKn SD.
|
|
|
2
|
a. Kedudukan manusia sebagai Insan Tuhan, makhluk sosial dan WNI
b. Pembelajaran tentang Individu sebagai Insan Tuhan, makhluk sosial dan WNI.
|
9 Oktober 2011
|
Tutor memberikan
kesempatan kepada mahasiswa untuk menanyakan hal-hal yang sulit atau kurang
dimengerti dari materi Modul 2.
Masih banyak mahasiswa
yang belum siap atau belum membaca materi Modul 2.
|
Mahasiswa perlu
dimotivasi untuk mempersiapkan diri lebih baik dalam mengikuti tutorial
dengan membaca modul.
|
|
|
3
|
a. Sejarah perjuangan bangsa Indonesia
b. Pembelajaran sejarah perjuangan bangsa Indonesia
|
16 Oktober 2011
|
Tutor menyampaikan
beberapa permasalahan yang berkaitan dengan pokok bahasan. Selanjutnya tutor
memberikan tugas pemecahan masalah melalui didiskusikan secara kelompok.
Masih banyak mahasiswa
yang kurang aktif secara sungguh-sungguh dalam melakukan diskusi kelompok.
|
Mahasiswa perlu diberikan
motivasi untuk lebih aktif dan serius dalam melaksanakan diskusi kelompok
|
|
|
4
|
a. Keragaman sosial budaya masyarakat Indonesia
b. Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
c.
Pembelajaran keragaman sosbud dan
kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
|
23 Oktober 2011
|
Tutor memberikan
kesempatan kepada mahasiswa untuk menyampaikan berbagai permasalahan untuk
kemudian dikaji bersama.
Masih banyak mahasiswa
yang kurang dapat menyampaikan permasalahan dengan baik dan benar.
|
Mahasiswa perlu
diberikan latihan untuk merumuskan dan menyampaikan permasalahan dengan baik
dan benar.
|
|
|
5
|
a. Kedudukan Pancasila dalam kehidupan bangsa dan negara Indonesia
b. Kedudukan UUD 1945 dalam kehidupan bernegara Indonesia
c.
Pembelajaran nilai-nilai Pancasila
dan UUD 1945 di SD.
|
30 Oktober 2011
|
Tutor dan mahasiswa
melakukan curah pendapat mengenai berbagai permasalahan dan jawabannya secara
bergantian.
Tutor memberikan tugas
tes kepada mahasiswa untuk dikerjakan di tempat secara individual.
Masih terdapat
beberapa mahasiswa yang kurang serius dalam mengerjakan tugas tes.
|
Mahasiswa perlu
diberikan motivasi untuk lebih serius dalam mengerjakan tugas tes.
|
|
|
6
|
a. Macam-macam HAM dalam UUD 1945 dan pilar-pilar demokrasi
b. Peraturan perundangan tentang HAM dan NKRI sebagai negara demokrasi
konstitusional
c. Pembelajaran HAM dan demokrasi di SD
|
6 Nopember
2011
|
Tutor memberikan
kesempatan kepada mahasiswa untuk menyampaikan berbagai permasalahan secara
bergantian untuk kemudian dianalisis bersama.
|
|
|
|
7
|
a. Pengertian dan fungsi penegakan hukum
b. Tugas dan fungsi lembaga penegak hukum
c. Pembelajaran hukum dan penegakan hukum di SD.
|
13 Nopember
2011
|
|
|
|
|
8
|
a. Pentingnya komunikasi antar sosial-budaya
b. Karakteristik manusia antar budaya
c. Pembelajaran materi komunikasi antar sosial-budaya di SD.
|
20 Nopember
2011
|
|
|
|
|
Pengelola,
|
Tutor,
A. Rosyid Al Atok
|
UM00-RK04-R2
CATATAN PERTEMUAN TUTORIAL
Kode MK
Nama MK
Tutor
|
: PDGK 4401
: Materi dan Pembelajaran PKn SD
: Drs. A.Rosyid Al Atok, M.Pd., MH
|
Semester
Lokasi/Pokjar
Kode Kelas
|
: VII
: Kec. Kepanjen Kab. Malang
: M
|
RAT-SAT
|
Tanggal
|
Catatan Kegiatan
|
Untuk Ditindaklanjuti
|
Paraf
|
||
Pertemuan ke
|
Materi
|
Tutor
|
Pengelola
|
|||
1
|
a. Paradigma baru PKN
b. Karakteristik WN dlm. mencapai masyarakat demokratis
c. Pembelajaran PKn berbasis portofolio.
|
2 Oktober 2011
|
Tutor dan mahasiswa
melakukan curah pendapat tentang Paradigma baru PKn.
Masih banyak mahasiswa
yang merasa kebingungan dalam menyikapi pergantian nama dari PMP ke PKn.
|
Tutor dan mahasiswa
melakukan curah pendapat tentang Paradigma baru PKn.
Masih banyak mahasiswa
yang merasa kebingungan dalam menyikapi pergantian nama dari PMP ke PKn.
|
|
|
2
|
a. Kedudukan manusia sebagai Insan Tuhan, makhluk sosial dan WNI
b. Pembelajaran tentang Individu sebagai Insan Tuhan, makhluk sosial dan WNI.
|
9 Oktober 2011
|
Tutor memberikan
kesempatan kepada mahasiswa untuk menanyakan hal-hal yang sulit atau kurang
dimengerti dari materi Modul 2.
Masih banyak mahasiswa
yang belum siap atau belum membaca materi Modul 2.
|
Tutor memberikan
kesempatan kepada mahasiswa untuk menanyakan hal-hal yang sulit atau kurang
dimengerti dari materi Modul 2.
Masih banyak mahasiswa
yang belum siap atau belum membaca materi Modul 2.
|
|
|
3
|
a. Sejarah perjuangan bangsa Indonesia
b. Pembelajaran sejarah perjuangan bangsa Indonesia
|
16 Oktober 2011
|
Tutor menyampaikan
beberapa permasalahan yang berkaitan dengan pokok bahasan. Selanjutnya tutor
memberikan tugas pemecahan masalah melalui didiskusikan secara kelompok.
Masih banyak mahasiswa
yang kurang aktif secara sungguh-sungguh dalam melakukan diskusi kelompok.
|
Tutor menyampaikan
beberapa permasalahan yang berkaitan dengan pokok bahasan. Selanjutnya tutor
memberikan tugas pemecahan masalah melalui didiskusikan secara kelompok.
Masih banyak mahasiswa
yang kurang aktif secara sungguh-sungguh dalam melakukan diskusi kelompok.
|
|
|
4
|
a. Keragaman sosial budaya masyarakat Indonesia
b. Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
c. Pembelajaran keragaman sosbud dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
|
23 Oktober 2011
|
Tutor memberikan
kesempatan kepada mahasiswa untuk menyampaikan berbagai permasalahan untuk
kemudian dikaji bersama.
Masih banyak mahasiswa
yang kurang dapat menyampaikan permasalahan dengan baik dan benar.
|
Tutor memberikan
kesempatan kepada mahasiswa untuk menyampaikan berbagai permasalahan untuk
kemudian dikaji bersama.
Masih banyak mahasiswa
yang kurang dapat menyampaikan permasalahan dengan baik dan benar.
|
|
|
5
|
a. Kedudukan Pancasila dalam kehidupan bangsa dan negara Indonesia
b. Kedudukan UUD 1945 dalam kehidupan bernegara Indonesia
c. Pembelajaran nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 di SD.
|
30 Oktober 2011
|
Tutor dan mahasiswa
melakukan curah pendapat mengenai berbagai permasalahan dan jawabannya secara
bergantian.
Tutor memberikan tugas
tes kepada mahasiswa untuk dikerjakan di tempat secara individual.
Masih terdapat
beberapa mahasiswa yang kurang serius dalam mengerjakan tugas tes.
|
Tutor dan mahasiswa
melakukan curah pendapat mengenai berbagai permasalahan dan jawabannya secara
bergantian.
Tutor memberikan tugas
tes kepada mahasiswa untuk dikerjakan di tempat secara individual.
Masih terdapat
beberapa mahasiswa yang kurang serius dalam mengerjakan tugas tes.
|
|
|
6
|
a. Macam-macam HAM dalam UUD 1945 dan pilar-pilar demokrasi
b. Peraturan perundangan tentang HAM dan NKRI sebagai negara demokrasi
konstitusional
c. Pembelajaran HAM dan demokrasi di SD
|
6 Nopember
2011
|
Tutor memberikan kesempatan
kepada mahasiswa untuk menyampaikan berbagai permasalahan secara bergantian
untuk kemudian dianalisis bersama.
|
Tutor memberikan
kesempatan kepada mahasiswa untuk menyampaikan berbagai permasalahan secara
bergantian untuk kemudian dianalisis bersama.
|
|
|
7
|
a. Pengertian dan fungsi penegakan hukum
b. Tugas dan fungsi lembaga penegak hukum
c. Pembelajaran hukum dan penegakan hukum di SD.
|
13 Nopember
2011
|
Tutor dan mahasiswa
melakukan curah pendapat tentang Paradigma baru PKn.
Masih banyak mahasiswa
yang merasa kebingungan dalam menyikapi pergantian nama dari PMP ke PKn.
|
Tutor dan mahasiswa
melakukan curah pendapat tentang Paradigma baru PKn.
Masih banyak mahasiswa
yang merasa kebingungan dalam menyikapi pergantian nama dari PMP ke PKn.
|
|
|
8
|
a. Pentingnya komunikasi antar sosial-budaya
b. Karakteristik manusia antar budaya
c. Pembelajaran materi komunikasi antar sosial-budaya di SD.
|
20 Nopember
2011
|
Tutor memberikan
kesempatan kepada mahasiswa untuk menanyakan hal-hal yang sulit atau kurang
dimengerti dari materi Modul 2.
Masih banyak mahasiswa
yang belum siap atau belum membaca materi Modul 2.
|
Tutor memberikan
kesempatan kepada mahasiswa untuk menanyakan hal-hal yang sulit atau kurang
dimengerti dari materi Modul 2.
Masih banyak mahasiswa
yang belum siap atau belum membaca materi Modul 2.
|
|
|
Pengelola,
|
Tutor,
A. Rosyid Al Atok
|
UM00-RK04-R2
CATATAN PERTEMUAN TUTORIAL
Kode MK
Nama MK
Tutor
|
: PDGK 4501
: Pemantapan Kemampuan Profesional
: Drs. A.Rosyid Al Atok, M.Pd., MH
|
Semester
Lokasi/Pokjar
Kode Kelas
|
: X
: Kec. Tirtoyudo Kab. Malang
: A
|
RAT-SAT
|
Tanggal
|
Catatan Kegiatan
|
Untuk Ditindaklanjuti
|
Paraf
|
||
Pertemuan ke
|
Materi
|
Tutor
|
Pengelola
|
|||
1
|
Hakekat PKP
|
1 Oktober 2011
|
Curah Pendapat dan Pemberian tugas
|
Tugas latihan menyusun RP
|
|
|
2
|
Prosedur Pelaksanaan
PKP
|
8 Oktober 2011
|
Curah Pendapat
|
-
|
|
|
3
|
Diskripsi Tugas
Mahasiwa dalam PKP
|
15 Oktober 2011
|
Diskusi Pemecahan masalah
|
Tugas Menyusun RPP 1
|
|
|
4
|
Praktek Pembelajaran
IPA
|
22 Oktober 2011
|
Pelaksanaan Ujian Praktek
|
Tugas Ujian Praktek 1 dan Menyusun RPP 2
|
|
|
5
|
Parktek Pembelajaran
Non IPA
|
29 Oktober 2011
|
Pelaksanaan Ujian Praktek
|
Tugas Ujian Praktek
|
|
|
6
|
Pembimbingan Penyusunan
Laporan Perbaikan Pembelajaran
|
5 Nopember
2011
|
Ceramah Tanya Jawab dan Pembe-rian Tugas
|
Tugas Menyusun Laporan
|
|
|
7
|
Pengoreksian Draft Laporan
Perbaikan Pembelajaran
|
12 Nopember
2011
|
Konsultasi dan Pembimbingan
|
Tugas Menyusun Laporan
|
|
|
8
|
Penandatanganan dan
pengumpulan Laporan Perbaikan Pembelajaran
|
19 Nopember
2011
|
Pengumpulan tugas
|
Tugas Menyusun Laporan
|
|
|
Pengelola,
|
Tutor,
A. Rosyid Al Atok
|
UM00-RK04-R2
CATATAN PERTEMUAN TUTORIAL
Kode MK
Nama MK
Tutor
|
: PDGK 4500
: Tugas Akhir Program (TAP)
: Drs. A.Rosyid Al Atok, M.Pd., MH
|
Semester
Lokasi
Kode Kelas
|
: X
: Kec. Tirtoyudo Kab. Malang
: A
|
RAT-SAT
|
Tanggal
|
Catatan Kegiatan
|
Untuk Ditindaklanjuti
|
Paraf
|
||
Pertemuan ke
|
Materi
|
Tutor
|
Pengelola
|
|||
1
|
a.
Memahami
hakekat dan konsep dasar tugas akhir
program ;
b. Memahami masalah pembelajaran yang dialami di sekolah
masing-masing;
c.
Memahami
pentingnya mengetahui permasalah pembelajaran yang dihadapi;
|
1 Oktober 2011
|
Masih ada sebagian
mahasiswa yang belum mempunyai modul
|
Pengefektifan
pembagian modul kepada mahasiswa
|
|
|
2
|
a.
Mengidentifikasi
masalah pengembangan silabus dan RPP
b. Mengidentifikasi masalah strategi dan metode
pembelajaran;
|
8 Oktober 2011
|
Masih ada sebagian
kecil mahasiswa yang belum aktif
|
Perlu motivasi
keaktifan mahasiswa
|
|
|
3
|
Mengidentifikasi masalah pengembangan media dan sumber belajar
|
15 Oktober 2011
|
Masih ada yg terlambat
mengumpulkan tugas
|
Perlu motivasi
|
|
|
4
|
Mengidentifikasi masalah pengembangan materi pembelajaran
|
22 Oktober
2011
|
Semua mahasiswa sudah
aktif mengikuti kegiatan tutorial
|
-
|
|
|
5
|
Mengidentifikasi masalah pengembangan evaluasi pembelajaran
|
29 Oktober 2011
|
Sebagian sudah
mengumpul-kan tugas tepat waktu
|
-
|
|
|
6
|
Mengidentifikasi masalah motivasi dan minat siswa dalam pembelajaran
|
5 Nopember
2011
|
Semua mahasiswa sudah
mengumpulkan tugas tepat waktu
|
-
|
|
|
7
|
Menganalisis permasalah pembelajaran IPA SD dan mencari solusinya
|
12 Nopember
2011
|
Tidak ada permasalahan
|
-
|
|
|
8
|
Menganalisis permasalah pembelajaran IPS SD dan mencari solusinya
|
19 Nopember
2011
|
Tidak ada permasalahan
|
-
|
|
|
Pengelola,
Bambang Sudiarto, S.Pd.
|
Tutor,
A. Rosyid Al Atok
|
UM00-RK04-R2
CATATAN PERTEMUAN TUTORIAL
Kode MK
Nama MK
Tutor
|
: PDGK 4501
: Pemantapan Kemampuan Profesional
: Drs. A.Rosyid Al Atok, M.Pd., MH
|
Semester
Lokasi/Pokjar
Kode Kelas
|
: X
: Kec. Tirtoyudo Kab. Malang
: A
|
RAT-SAT
|
Tanggal
|
Catatan
Kegiatan
|
Untuk
Ditindaklanjuti
|
Paraf
|
||
Pertemuan
|
Materi
|
Tutor
|
Pengelola
|
|||
ke 1
|
Hakekat PKP
|
1 Oktober 2011
|
|
|
|
|
ke 2
|
Prosedur Pelaksanaan PKP
|
8 Oktober 2011
|
|
|
|
|
ke 3
|
Diskripsi Tugas Mahasiwa dalam PKP
|
15 Oktober 2011
|
|
|
|
|
ke 4
|
Praktek Pembelajaran IPA
|
22 Oktober 2011
|
|
|
|
|
ke 5
|
Parktek Pembelajaran Non IPA
|
29 Oktober 2011
|
|
|
|
|
ke 6
|
Pembimbingan Penyusunan
Laporan Perbaikan Pembelajaran
|
5 Nopember 2011
|
|
|
|
|
ke 7
|
Pengoreksian Draft Laporan Perbaikan Pembelajaran
|
12
Nopember 2011
|
|
|
|
|
ke 8
|
Penandatanganan dan pengumpulan Laporan Perbaikan
Pembelajaran
|
19
Nopember 2011
|
|
|
|
|
Kord. BBLBA
Dra. Darwiyati, M.Pd.
NIP. 19580311 198203 2 001
|
Tutor,
A. Rosyid Al Atok
|
UM00-RK04-R2
CATATAN PERTEMUAN
TUTORIAL
Kode MK
Nama MK
Tutor
|
: PDGK 4500
: Tugas Akhir Program (TAP)
: Drs. A.Rosyid Al Atok, M.Pd., MH
|
Semester
Lokasi
Kode Kelas
|
: X
: Kec. Tirtoyudo Kab. Malang
: A
|
RAT-SAT
|
Tanggal
|
Catatan
Kegiatan
|
Untuk
Ditindaklanjuti
|
Paraf
|
||
Pertemuan
|
Materi
|
Tutor
|
Pengelola
|
|||
ke 1
|
Hakekat dan Konsep Dasar TAP
|
1 Oktober 2011
|
|
|
|
|
ke 2
|
Review subatansi mata kuliah PTK
|
8 Oktober 2011
|
|
|
|
|
ke 3
|
Masalah pembelajaran dalam kelas
|
15 Oktober 2011
|
|
|
|
|
ke 4
|
Kerangka berpikir pemecahan kasus pembelajaran dalam
kelas
|
22 Oktober 2011
|
|
|
|
|
ke 5
|
Kasus pembelajaran mata pelajaran eksakta
|
29 Oktober 2011
|
|
|
|
|
ke 6
|
Kasus pembelajaran mata pelajaran non
eksakta
|
5 Nopember 2011
|
|
|
|
|
ke 7
|
Pemecahan masalah pembelajaran mata pelajaran eksakta
|
12
Nopember 2011
|
|
|
|
|
ke 8
|
Pemecahan masalah pembelajaran mata pelajaran non eksakta
|
19
Nopember 2011
|
|
|
|
|
Kord. BBLBA
Dra. Darwiyati, M.Pd.
NIP. 19580311 198203 2 001
|
Tutor,
A. Rosyid Al Atok
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar