Soal penjaskes paket B
1. Perumusan SKL
dalam kurikulum 2013 diturunkan dari . . . .
A.
kebutuhan
B.
standar kompetensi
C.
kompetensi dasar
D.
kompetensi inti
2. Pada Kurikulum
2013, penyusunan kurikulum dimulai dengan menetapkan standar kompetensi lulusan
berdasarkan kesiapan peserta didik, tujuan pendidikan nasional, dan . . . .
A.
kompetensi inti
B.
indikator pencapaian kompetensi
C.
materi pembelajaran
D.
kebutuhan
3. Pengembangan
kurikulum perlu dilakukan karena adanya berbagai tantangan yang dihadapi, baik
tantangan internal maupun tantangan eksternal. Tantangan internal terkait
dengan kondisi pendidikan dikaitkan dengan tuntutan . . . . .
A.
Standar kompetensi lulusan
B.
Standar proses
C.
Standar penilaian
D.
Delapan standar nasional pendidikan
4. Pengembangan
kurikulum perlu dilakukan karena adanya berbagai tantangan yang dihadapi, baik
tantangan internal maupun tantangan eksternal. Tantangan eksternal terkait
dengan kondisi pendidikan dikaitkan dengan tuntutan . . . . .
A.
pemenuhan tenaga pendidik dan kependidikan
B.
pemenuhan sarana dan prasarana pendidikan
C.
tantangan masa depan
D.
terpenuhinya pengelolaan pendidikan yang baik
5. Pendidikan yang
sesuai dengan kebutuhan masa depan hanya akan dapat terwujud apabila terjadi
pergeseran .
. . .
A.
perubahan kebutuhan
B.
perubahan pola pikir
C.
perubahan daya nalar
D.
tuntutan zaman
6. Kurikulum 2013
adalah dirancang dengan tujuan untuk mempersiapkan insan Indonesia supaya
memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warganegara yang . . . .
A.
beriman, produktif, kreatif, inovatif dan afektif
B.
mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara
C.
mengikuti peradaban dunia
D.
beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu
berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban dunia
7. Pedoman yang
digunakan untuk mengembangkan dokumen kurikulum, implementasi kurikulum, dan
evaluasi kurikulum merupakan . . . .
A.
prinsip-prinsip pengembangan kurikulum
B.
tujuan pengembangan kurikulum
C.
kerangka dasar kurikulum
D.
karakteristik pengembangan kurikulum
8. Landasan yang
mengarahkan kurikulum kepada manusia apa yang akan dihasilkan kurikulum
merupakan landasan . . . .
A.
filosofis dan landasan yuridis
B.
empiric dan landasan teoritik
C.
filosofis dan landasan empirik
D.
filosofis dan teoritik
9. Landasan teoritik
yang memberikan dasar-dasar teoritik pengembangan kurikulum sebagai . . . .
A.
dokumen dan proses
B.
dokumen dan penilaian
C.
proses dan penilaian
D.
dokumen, proses dan penilaian
10. Kurikulum berbasis
kompetensi adalah outcomes-based
curriculum dan oleh karena itu pengembangan kurikulum diarahkan pada
pencapaian kompetensi yang dirumuskan dari . . . .
A.
standar nasional pendidikan
B.
tujuan pendidikan nasional
C.
standar kompetensi lulusan
D.
standar inti
11. Pendidikan jasmani memiliki berbagai pengertian
menurut pandangan berbagai ahli maupun organisasi. Pengertian pendidikan
jasmani pada prinsipnya berupa….
A.
pendidikan
olahraga yang dilakukan oleh masyarakat dengan kegemaran dan kemampuan yang
tumbuh dan berkembang sesuai dengan kondisi dan nilai budaya
B.
pendidikan
olahraga yang membina dan mengembangkan olahragawan secara terencana benjenjang
dan berkelanjutan
C.
pendidikan
olahraga yang dilakukan atas dasar kecintaan atau kegemaran berolahraga
D.
bagian
intergral dari pendidikan secara umum, yang direncanakan secara sistematik
bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan individu secara organic,
neuromuskuler, persepsual, kognitif, dan emosional, dalam kerangka sisitem
pendidikan nasional
12.
Pengertian
olahraga pendidikan menurut UU No. 3 tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan
Nasional, adalah….
A.
pendidikan secara
keseluruhan yang bertujuan untuk mengembangkan individu secara organis,
neuromuskuler, intelektual dan emosional melalui aktivitas jasmani
B.
pendidikan jasmani
dan olahraga yang dilaksanakan sebagai bagian proses pendidikan yang teratur
dan berkelanjutan untuk memperoleh pengetahuan, kepribadian, keterampilan,
kesehatan dan kebugaran jasmani
C.
olahraga yang
membina dan mengembangkan olahraga secara terencana, berjenjang dan
berkelanjutan melalui kompetisi untuk mencapai prestasi dengan dukungan ilmu
pengetahuan dan teknologi keolahragaan
D.
pendidikan
jasmani dan olahraga kompetitif yang dilaksanakan sebagai bagian proses
pendidikan yang teratur dan berkelanjutan untuk memperoleh pengetahuan,
kepribadian, keterampilan, kesehatan dan kebugaran jasmani
13.
Ciri pembeda
antara pendidikan jasmani, dan olahraga kompetitif antara lain….
A.
pendidikan jasmani
menitikberatkan pada sistem penilaian final
score, sedangkan olahraga kompetitif gain
score
B.
pendidikan
jasmani memiliki fokus orientasi pada anak (child
oriented), sedangkan olahraga kompetitif pada materi latihan (subject oriented)
C.
pendidikan jasmani
membentuk individu sesuai dengan kebutuhan fungsional cabang olahraga,
sedangkan olahraga kompetitif tidak
D.
olahraga
kompetitif selalu dipertandingkan, sedangkan pendidikan jasmani tidak boleh
sama sekali ada pertandingan
14.
Pengertian pendidikan kesehatan dibawah ini yang
benar adalah:
A.
suatu upaya pendidikan untuk mencapai kesehatan
lingkungan
B.
pendidikan yang mengutamakan kesehatan
C.
upaya mempelajari bagaimana menciptakan kesehatan
diri
D.
suatu upaya atau kegiatan untuk mencipkatan
perilaku masyarakat (di sekolah, anak
didik) yang kondusif untuk kesehatan
15.
Berikut yang bukan merupakan
pernyataan tujuan pendidikan jasmani adalah...
A.
meletakan landasan yang kuat melalui internalisasi
nilai dalam penjas
B.
mampu mengisi waktu luang dengan aktivitas jasmani
yang bersifat rekreatif
C.
mencapai prestasi olahraga yang inggi di
event resmi seperti PON
D.
menumbuhkan kemampuan berfikir kritis melalui
tugas-tugas pembelajaran pendidikan jasmani
16.
Pernyataan
mengenai pendidikan jasmani yang sesuai dengan yang dikembangkan pada Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan adalah….
A.
bagian integral
dari pendidikan secara umum, berupa aktivitas jasmani, yang bertujuan
meningkatkan individu secara organik, dan neuromuskular
B.
bagian parsial
dari pendidikan secara umum, berupa aktivitas jasmani, yang bertujuan
meningkatkan individu secara intelektual, dan sosial
C.
bagian parsial
dari pendidikan secara umum, berupa aktivitas jasmani, yang bertujuan
meningkatkan individu secara organik, dan neuromuskular, intelektual, dan
sosial
D.
bagian
integral dari pendidikan secara umum, berupa aktivitas jasmani, yang bertujuan
meningkatkan individu secara organik, neuromuskular, intelektual, dan sosial
17.
Berikut aspek/ranah yang tidak termasuk dalam penyampaian materi pendidikan
jasmni adalah . . . .
A.
kognitif (pengetahuan/pemahaman)
B.
afektif (sikap)
C.
lokomotor (gerak dasar)
D.
psikomotor (keterampilan gerak)
18.
Dalam kenyataannya pendidikan kesehatan disekolah
bertujuan untuk membangun karakter anak didik supaya...
A.
menambah atau memperkaya pengetahuan kesehatan
B.
memiliki dan menerapkan budaya hidup sehat
C.
mendapatkan pelayanan
kesehatan
D.
menambah sikap hidup yang kreatif dan sosial
19.
Kegiatan
jasmani dilakukan mengandung unsur permainan, perjuangan atau kompetisi
baik dengan diri sendiri, orang lain maupun alam dan dilakukan secara sportif
dan fair, merupakan ciri umum dari….
A.
pendidikan
olahraga
B.
pendidikan jasmani
C.
penjasorkes
D.
olahraga
kompetitif
20.
Perbedaan yang nyata antara pendidikan jasmani, dan pendidikan
kesehatan adalah….
A.
pendidikan jasmani menitikberatkan pada sistem penilaian final score, sedangkan pendidikan
kesehatan tidak
B.
pendidikan jasmani memiliki fokus pada materi kebugaran
jasmani terkait dengan kesehatan dan keterampilan, sedangkan pendidikan
kesehatan pada materi kebugaran jasmani terkait dengan kesehatan saja
C.
pendidikan jasmani membentuk individu sesuai dengan kebutuhan aktivitas
pengisian waktu luang saja dan keterampilan psikomotorik, sedangkan pendidikan
kesehatan tidak
D.
pendidikan jasmani tidak dapat mengembangkan kesehatan, sedangkan
pendidikan kesehatan sebaliknya
21.
Perangkat pertama (pre-impact)
yang memberikan rangkaian keputusan-keputusan dalam berbagai transaksi belajar
mengajar adalah…..
A.
meliputi keputusan-keputusan yang harus dibuat sebelum
berhadapan di antara guru dan siswa.
B.
meliputi keputusan-keputusan yang harus dibuat selama penampilan
atau pelaksanaan tugas.
C.
meliputi keputusan-keputusan yang harus dibuat yang berkaitan dengan evaluasi pelaksanaan dan feedback
kepada siswa.
D.
meliputi keputusan – keputusan yang diambil oleh guru
22.
Perangkat kedua (impact)
yang memberikan rangkaian keputusan-keputusan dalam berbagai transaksi belajar
mengajar adalah…..
adalah…..
A.
meliputi keputusan-keputusan yang harus dibuat sebelum berhadapan
di antara guru dan siswa.
B.
meliputi keputusan-keputusan yang harus dibuat selama
penampilan atau pelaksanaan tugas.
C.
meliputi keputusan-keputusan yang harus dibuat yang berkaitan
dengan evaluasi pelaksanaan dan feedback
kepada siswa.
D.
meliputi keputusan – keputusan yang diambil oleh guru
23. Perangkat ketiga (post-impact) yang memberikan
rangkaian keputusan-keputusan dalam berbagai transaksi belajar mengajar
adalah…...
A.
meliputi keputusan-keputusan yang harus dibuat sebelum berhadapan
di antara guru dan siswa.
B.
meliputi keputusan-keputusan yang harus dibuat selama penampilan
atau pelaksanaan tugas.
C.
meliputi keputusan-keputusan yang harus dibuat yang berkaitan
dengan evaluasi pelaksanaan dan feedback
kepada siswa.
D.
meliputi keputusan – keputusan yang diambil oleh guru
24.
Dalam gaya mengajar ………. tanggung jawab memberikan umpan balik bergeser
dari guru ke teman sebaya. Pergeseran peranan ini memungkinkan: Peningkatan
interaksi sosial antara teman sebaya dan umpan balik langsung.
A.
resiprokal
B.
komando
C.
latihan
D.
periksa sendiri
E.
divergen
25.
Gaya mengajar ………… merupakan suatu bentuk pemecahan masalah. Dalam gaya
ini siswa memperoleh kesempatan untuk mengambil keputusan mengenai suatu tugas
yang khusus di dalam pokok bahasan. Gaya ini memungkinkan jawaban-jawaban
pilihan.
A.
resiprokal
B.
komando
C.
periksa sendiri
D.
divergen
26.
Gaya penemuan terpimpin (konvergen) dan gaya Divergen (berlainan), yang
penekanannya terpusat pada perkembangan …….. Mosston menyatakan bahwa dengan
menggunakan strategi-strategi mengajar tersebut ini, maka kita telah melampaui
“ambang penemuan”.
A.
Lokomotor
B.
Kognitif
C.
Afektif
D.
Non lokomotor
27.
Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke
dalam materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan . . . .
A.
perencanaan pembelajaran
B.
pelaksanaan pembelajaran
C.
evaluasi pembelajaran
D.
indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian
28.
Rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema
tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi
pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi
untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar disebut . . . .
A.
standar kompetensi mata pelajaran
B.
indikator pencapaian pembelajaran
C.
silabus
D.
rencana pelaksanaan pembelajaran
29.
Keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus harus
benar dan dapat dipertanggung jawabkan secara keilmuan. Hal ini merupakan
prinsip pengembangan silabus dilihat dari unsur . . . .
A.
ilmiah
B.
relevan
C.
sistemis dan sistematik
D.
konsisten
30.
Silabus yang dikembangkan memiliki kesesuaian dengan mata pelajaran,
materi pokok yang akan diajarkan, serta kebutuhan peserta didik. Hal ini
merupakan prinsip pengembangan silabus dilihat dari unsur . . . .
A.
ilmiah
B.
relevan
C.
sistemis dan sistematik
D.
konsisten
31.
Silabus yang dianggap memadai adalah silabus yang memiliki kecukupan dan
ketercakupan. Hal ini merupakan prinsip pengembangan silabus dilihat dari unsur
. . .
A.
memadai
B.
relevan
C.
sistemis dan sistematik
D.
konsisten
32. Tujuan
pembelajaran Penjasorkes tidak hanya bersentuhan dengan ranah keterampilan
saja, melainkan juga meliputi aspek pengetahuan, dan pembentukan sikap, untuk
itu komponen silabus yang dituliskan hendaknya juga mencakup keseluruhan ranah
kompetensi tersebut (kognitif, afektif, psikomotor). Hal ini merupakan prinsip
pengembangan silabus dilihat dari unsur . . . .
A.
menyeluruh
B.
relevan
C.
fleksibel
D.
konsisten
33.
Kegiatan penyusunan RPP didasari dengan landasan teoretik yang benar,
melalui tahapan yang seharusnya ditempuh, dan hasil yang diperoleh dapat diterapkan
dalam pengalaman nyata di sekolah. Hal ini merupakan prinsip pengembangan RPP
dilihat dari unsur . . . .
A.
ilmiah
B.
relevan
C.
fleksibel
D.
konsisten
34.
Terkait dengan pengembangan kurikulum, tugas utama guru penjasorkes
adalah mengembangkan….
A.
dokumen I kurikulum
B.
dokumen II kurikulum
C.
visi, misi, tujuan sekolah
D.
kurikulum secara utuh
35.
Komponen yang ada pada silabus dan juga ada pada RPP adalah….
A.
Kompetensi Inti, kompetensi dasar
B.
kompetensi dasar, indikator, materi ajar
C.
indikator, dan tujuan pembelajaran
D.
kompetensi dasar, dan materi ajar
36.
Unsur langkah-langkah pembelajaran yang tertuang dalam RPP adalah….
A.
identitas, sandar kompetensi, kompetensi dasar
B.
indikator, tujuan, metode
C.
kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan akhir
D.
kegiatan awal, inti, akhir,evaluasi, sumber belajar
37.
Jenis olahraga terdiri dari olahraga prestasi, olahraga pendidikan, dan
olahraga rekreasi, pembagian jenis tersebut merupakan muatan dari.
A.
UU No. 3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional
B.
UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
C.
PP No. 19 Th 2005 Pasal 17 Ayat (2)
D.
Permendiknas No. 41 Th 2007
38.
Merumuskan kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir merupakan
rincian dari pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) pada
komponen….
A.
standar kompetensi
B.
materi pokok/pembelajaran
C.
langkah-langkah pembelajaran
D.
alokasi waktu
39.
Seorang guru dituntut untuk menguasai kompetensi secara konsep mengenai
pengembangan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran, namun yang lebih
penting adalah:
A.
Konsep tersebut diejawantahkan dalam bentuk keterampilan
B.
Menerapkannya dalam pembelajaran di sekolah
C.
Membawa pengetahuan dan keterampilan ini dalam kehidupan nyata
D.
Sebagai budaya dalam kehidupan sehari-hari
40.
Pendidikan Karakter Budaya Bangsa dapat dimasukkan di silabus /RPP dapat
melalui :
A. Meyisipkan
B. Memaksakan
C. Mengintegrasikan
D. Mengiterogasikan
41.
Kunci pertama yang harus dikuasai oleh pelari jarak pendek/sprint adalah
. . . .
A.
pertolokkan kaki
B.
ayunan lengan
C.
langkah kaki
D.
start
42.
Kaki yang lututnya tidak menempel di tanah, terletak di
depan lutut yang menempel pada tanah. Ini merupakan gerakan . . . . .
A.
medium
start
B.
long
start
C.
short
start
D.
alloround
start
43.
Kaki yang lututnya tidak menempel di tanah terletak di
samping lutut yang menempel di tanah dengan jarak ± satu kepal. Ini merupakan
gerakan . . . . .
A.
medium
start
B.
long
start
C.
short
start
D.
alloround
start
44.
Kaki yang lututnya tidak menempel di tanah terletak di
antara kaki dan lutut lainnya. Ini merupakan gerakan . . . . .
A.
medium
start
B.
long
start
C.
short
start
D.
alloround
start
45.
Badan membungkuk ke depan, kedua tangan terletak di tanah di
belakang garis start, keempat jari rapat, ibu jari terbuka (membentuk huruf V).
Ini merupakan gerakan start aba-aba . . . .
A.
persiapan
B.
bersedia
C.
siap
D.
ya
46.
Kepala tetap tunduk, leher rileks, pandangan ke bawah dan
konsentrasi pada aba-aba berikutnya. Ini merupakan gerakan start aba-aba . . .
.
A.
persiapan
B.
bersedia
C.
siap
D.
ya
47.
Menolak ke depan dengan kekuatan penuh atau gerakan
meluncur, tetapi jangan melompat. Ini merupakan gerakan start aba-aba . . . .
A.
persiapan
B.
bersedia
C.
siap
D.
ya
48.
Langkah diperlebar dan sikap badan dicondongkan ke depan
tetap dipertahankan serta ayunan lengan dan gerakan langkah juga dipertahankan
kecepatan serta kekuatan bahkan harus ditingkatkan. Gerakan ini dilakukan
setelah kira-kira menempuh
jarak berapa dari garis start . . . .
A.
10 meter
B.
20 meter
C.
30 meter
D.
50 meter
49.
Dalam melakukan gerakan lari jarak pendek gerakan kaki yang sempurna
dengan melangkah secara. . . . .
A.
horizontal
B.
vertikal
C.
dilangkahkan ke depan panjang-panjang
D.
langkah kaki harus secara ritmis
50.
Awalan, kaki lurus dengan bola, kaki tumpu diletakkan di samping bola
dengan jari kaki menghadap ke depan dan lutut sedikit ditekuk. Gerakan dengan
menggunakan sisi perkenaan yang luas merupakan gerak menendang bola
menggunakan. . . .
A.
kaki bagian dalam
B.
kaki bagian luar
C.
punggung kaki bagian dalam
D.
punggung kaki bagian luar
51.
Pergelangan kaki sepak ditekuk ke bawah dan diputar ke dalam. Selanjutnya, bola ditendang dengan punggung
kaki bagian luar. Gerakan ini merupakan gerak menendang bola dengan menggunakan
. . . .
A.
kaki bagian dalam
B.
kaki bagian luar
C.
punggung kaki bagian dalam
D.
punggung kaki bagian luar
52.
Kaki yang digunakan untuk menghentikan bola
diputar ke luar, sehingga kaki bagian dalam menghadap ke arah datangnya bola. Gerakan ini
merupakan gerak menghentikan bola dengan menggunakan . . . .
A.
kaki bagian dalam
B.
kaki bagian luar
C.
kura-kura kaki
D.
paha
53.
Ketika bola akan kontak dengan kaki, maka kaki
diturunkan dan pemain berusaha menghentikan bola pada kura-kura kaki. Gerakan ini
merupakan gerak menghentikan bola dengan menggunakan . . . .
A.
kaki bagian dalam
B.
kaki bagian luar
C.
punggung kaki
D.
paha
54.
Mengembangkan silabus pembelajaran sepakbola dilakukan dengan
merencanakan penyusunan, melaksanakan, melakukan uji kelayakan, perbaikan,
mengujicobakan silabus, perbaikan, dan dilakukan . . . .
A.
Musyawarah guru mata pelajaran
B.
Guru teman sejawat
C.
Guru yang bersangkutan
D.
Penilaian
55.
Hal yang pertama yang harus dikuasai oleh guru terkait dengan
pelaksanaan pembelajaran dalam permaianan sepakbola adalah . . . .
A.
Persiapan pembelajaran
B.
Merencanakan proses pembelajaran
C.
Menyusun program pembelajaran
D.
Mengevaluasi proses pembelajaran
56.
Kegiatan yang pertama harus dilakukan oleh guru sebelum pelaksanaan
suatu keputusan aktivitas pembelajaran sepakbola dibuat adalah . . .
A.
Pokok/bahasan pelajaran
B.
Gaya mengajar
C.
Tujuan/sasaran pelajaran
D.
Lamanya waktu pembelajaran
57.
Aspek-aspek kategori waktu pembelajaran yang harus dibuat dalam
pelaksanaan pembelajaran sepakbola adalah . . .
.
A.
Persiapan pembelajaran
B.
Proses pembelajaran
C.
Pengalokasian waktu pembelajaran
D.
Memulai, kecepatan, lama proses, waktu berhenti, interval,
waktu mengakhiri
58.
Elemen dasar dalam pelaksanaan passing bawah yang
baik, termasuk dibawah ini, kecuali :
A. Gerakan
mengambil bola B. Mengatur
posisi
C. Tingginya bola D. Mengarahkan bola ke sasaran
59.
Dalam perkembangannya permainan bolavoli mengalami
beberapa perubahan, yang menyangkut beberapa hal pokoktermasuk dibawah, kecuali
:
A.
peraturan pertandingan
B.
teknik
C.
peraturan permainan
D.
sarana dan perlengkapan
60.
Apa yang dimaksud dengan libero dalam permainan
bola voli ?
A.
pemain yang bertugas mengumpan bola dari belakang.
B.
pemain yang oleh regunya dinilai
memiliki keahlian khusus dalam menerima sentuhan pertama dari serangan lawan.
C.
pemain yang selalu melakukan smash di belakang
garis serang.
D.
pemain yang yang fungsinya mengatur serangan.
61.
Kesalahan umum yang sering terjadi dalam melakukan
passing bawah adalah….
A.
kedua tangan lurus
B.
kaki mengeper
C.
pandangan ke arah bola
D.
tangan dibengkokkan
62.
Kesalahan umum dalam melakukan dribbling ( menggirinng bola ) pada
permainan bola basket adalah
A.
badan condong ke depan.
B.
salah satu kaki berada di depan
C.
pandangan kearah depan
D.
pergelangan tangan menepuk bola
63.
Kesalahan umum dalam melakukan dribbling passing dadapada permainan bola
basket adalah
A.
Salah satu kaki berada di depan
B.
Adanya gerak lanjut
C.
Arah bola kearah perut lawan
D.
Pandangan kea rah depan
64.
Dribbling bola dengan cara memindahkan bola dari tangan kiri ke tangan
kanan pada permainan bola basket disebut
A.
In and out dribble
B.
Cross over dribble
C.
Back dribble
D.
Speed dribble
65.
Kemampuan dasar yang harus dikuasai dalam permainan bulutangkis adalah .
.
A.
Pukulan drive
B.
Pukulan servis
C.
Pukulan smash
D.
Pukulan net
66.
Cara-cara melakukan pada permainan bulutangkis
dengan tujuan menerbangkan shuttlecock ke
bidang lapangan lawan disebut . . . .
A.
Strategi permainan
B.
Teknik penempatan bola
C.
Teknik pukulan
D.
Akurasi pukulan
67.
Pukulan dengan raket yang menerbangkan shuttlecock ke bidang lapangan lain secara diagonal dan bertujuan
sebagai pembuka permainan dan merupakan suatu pukulan yang penting dalam
permainan bulutangkis disebut . . . .
A.
Pukulan drive
B.
Pukulan servis
C.
Pukulan smash
D.
Pukulan net
68.
Pukulan dalam permainan bulutangkis yang dilakukan
dengan tujuan untuk menerbangkan shuttlecock
setinggi mungkin mengarah jauh ke belakang garis lapangan adalah . . . .
A.
Pukulan drive
B.
Pukulan servis
C.
Pukulan smash
D.
Pukulan lob
69.
Pukulan yang dilakukan dengan cara menyeberangkan shuttlecock ke daerah lawan dengan menjatuhkan shuttlecock sedekat mungkin dengan net disebut . .
A.
Pukulan drive
B.
Pukulan servis
C.
Pukulan dropshot
D.
Pukulan lob
70.
Suatu gerakan ayunan tangan yang cepat, mendadak
dan menghasilkan pukulan yang keras serta menerjunkan shuttlecock secara curam merupakan gerakan pukulan . . . .
A.
pukulan drive
B.
pukulan smash
C.
pukulan dropshot
D.
pukulan lob
71.
Salah satu lingkup
pembelajaran dalam program pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan adalah
aktivitas pengembangan, unsur yang dikembangkan
dalam aspek pengembangan adalah:
A.
Daya tahan
B.
Kelenturan
C.
Kekuatan
D.
Kebugaran
72.
Komponen kebugaran dikelompokan menjadi dua, yang pertama kebugaran yang
berhubungan dengan kesehatan (physical fitness related health) dan
kedua Kebugaran yang berhubungan dengan
keterampilan (physical fitness related skill). dibawah ini adalah
komponen kebugaran yang berhubungan dengan kesehatan, kecuali:
A.
Daya tahan jantung dan paru-paru (cardiorespiratory)
B.
Komposisi tubuh (body composition)
C.
Daya tahan otot (muscle endurance)
D.
Daya ledak (explosive power),
73.
Kemampuan tubuhmengerahkan tenaga untuk menahan
beban yang diberikan adalah:
A.
Kekuatan
B.
Kecepatan
C.
Kelincahan
D.
Daya tahan
74.
Kemampuan untuk menggerakkan anggota tubuh secara bersamaan dengan padu
padan adalah definisi
dari:
A.
Keseimbangan
B.
Kordinasi
C.
Kelincahan
D.
Kekuatan
75.
Memberikan pertolongan pada gerakan roll depan dengan cara berikut:
A. memegang tangan B. memegang panggul
C. memegang pinggang D. memegang
tengkuk
76.
Gerakan tangan memegang kaki merupakan momentum gerakan roll depan. Memegang kaki ini dilakukan
pada saat……
A.
pundak mendarat di matras
B.
punggung mendarat dimatras
C.
panggul mendarat di matras
D.
ujung kaki mendarat di matras
77.
Pertolongan yang benar pada roll belakang adalah:
A.
menahan pundak dan mendorong panggul
B.
memegang tangan dan mendorong panggul
C.
menahan pundak dan mendorong punggung
D.
menahan punggung dan mendorong pinggul
78.
Pernyataaan berikut yang bukan merupakan Tehnik roll belakang adalah ……
A.
pada saat panggul mendarat di matras, kedua tangan dilipat disamping
telinga.
B.
pada saat punggung mendarat di matras tangan menumpu,
kemudian menolak
C.
kaki diayun ke belakang melewati kepala, tangan menumpu disamping
telinga
D.
tangan menolak kaki dilipat sampai ujung kaki mendarat ke sikap jongkok
79.
Roll belakang dari sikap berdiri sering gagal karena…
A.
awalan dilakukan dari sikap berdiri, tangan lurus siap menumpu di matras
B.
gerakan kaki kebelakang kurang cepat
C.
kepala terlambat menunduk
D.
setelah ujung kaki melewati kepala bersamaan dengan tangan menolakdan
berakhir dalam sikap berdiri
80.
Kata gymnastic berasal dari bahasa yunani yang berarti
A. terbuka C. senam
B. telanjang D. aktivitas
81.
Senam lantai sering disebut dengan istilah..
A. gymnastic C. acrobatic
B. gymnasium D. calisthenic
82.
Unsur-unsur komponen kebugaran jasmani yang mendukung untuk gerakan
dalam senam lantai termasuk dibawah ini, kecuali…
A. kekuatan C. kelenturan
B. kelincahan D. keindahan
83.
Titik tumpuan dalam gerakan berguling ke belakang adalah..
A. tangan C.
kaki
B. punggung D. kepala
84.
Gerakan berguling kedepan menggunakan titik tumpuan dengan..
A. punggung C. tengkuk
B. kepala D. kaki
85.
Di bawah ini adalah limgkup aktivitas ritmik dalam kurikulum pendidikan
jasmani, kecuali:
A.
SPI
B.
SKJ
C.
Senam Aerobik
D.
Senam artistic
86.
Kegiatan yang melibatkan proses berfikir dan bertindak dengan
menggunakan gerakan-gerakan tertentu secara
berturut–turut dan teratur dinamakan
A.
Senam aerobik
B.
Aktivitas ritmik
C.
Senam artistik
D.
Senam Pagi Indonesia
87.
Di bawah ini adalah nama-nama teknik gerakan langkah dasar senam
aerobik, kecuali:
A.
Jumping Jack
B.
Double Step
C.
Knee Lift
D.
up right row
88.
Ada berapakah langkah dasar atau
basic step dalam senam aerobik
A. 5
B. 6
C. 7
D. 8
89.
Gerak dasar aerobik yang berguna untuk melatih otot dan persendian bahu
adalah:
A.
Bicep curl
B.
Jumping jack
C.
Shoulder press up
D.
Grapevine
90.
Gerak dasar senam aerobik yang
bisa dilakukan hanya dengan high impact
atau benturan keras saja adalah...
A.
Knee Up
B.
marching
C.
Jumping jack
D.
lunge
91.
Gerakan dalam senam aerobik yang
dilakukan dengan intensitas tinggi tetapi keduakaki atau salah satu kaki tetap
berhubungan dengan lantai disebut
A.
Low Impact
B.
Mix Impact
C.
High Impact
D.
Low impact High Intensity
92.
Berdasarkan musik standar yang digunakan untuk mengiringi gerakan senam
aerobik. Berapa ketukan atau hitungan
paling banyak yang terdapat pada satu
blok musik...
A.
4 hitungan
B.
8 hitungan
C.
16 hitungan
D.
32 hitungan
93.
Berdasarkan sistematika mengajar senam aerobik, sesi latihan yang dilakukan tanpa memindahkan posisi tubuh,
tetapi hanya melatih otot atau persendian lokal
di namakan
A.
Isolation
B.
Full body Movment
C.
Pre aerobik
D.
Cool Down
94.
Gerakan renang gaya dada menirukan gaya binatang . . . . .
A.
katak
B.
kupu-kupu
C.
lumba-lumba
D.
kera
95.
Satu siklus (cycle) lengkap renang gaya dada dalam perlombaan adalah...
A.
dua tendangan kaki satu tarikan tangan pada
kejadian itu bagian kepala harus harus memecah permukaan air.
B.
satu tarikan tangan satu tendangan
kaki pada kejadian itu bagian kepala
harus harus memecah permukaan air.
C.
satu tendangan kaki satu tarikan tangan.
D.
satu tarikan tangan satu tendangan kaki dolphin.
96.
Segala bentuk perilaku yang muncul berkaitan dengan dorongan seksual disebut
A.
penyimpangan perilaku
B.
perilaku seksual
C.
penyimpangan seksual
D.
perilaku yang menyimpang
97.
Penyebab terjadinya seks bebas pada setiap remaja mungkin berbeda, akan
tetapi semuanya berakar dari
penyebab utamanya yaitu . . . .
A.
keimanan yang menipis
B.
kurangnya perhatian orang tua
C.
kurangnya pegangan hidup
D.
pergaulan yang bebas dan tidak terkendali
98.
Tingginya kasus penyakit Human
Immunodeficiany Virus/Acquired Immnune Deficiency Syndrome (HIV/AIDS),
khususnya pada kelompok umur remaja, salah satu penyebabnya akibat . . . .
A.
keimanan yang menipis
B.
kurangnya perhatian orang tua
C.
kurangnya pegangan hidup
D.
pergaulan yang bebas dan tidak terkendali
99.
Yang tidak termasuk bahaya utama terhadap bahaya seks pra-nikah dan seks
bebas (free sex) di bawah ini adalah
. . . .
A.
menjadi remaja yang pemurung/pendiam
B.
pengguguran kandungan dan
pembunuhan bayi
C.
kehamilan dan akibatnya
D.
menciptakan kenangan buruk
100. Yang tidak
termasuk pelanggaran terhadap pergaulan bebas di bawah ini adalah
A.
risiko aborsi
B.
kurang
dihormati orang
C.
bertentangan dengan pancasila
D.
bertentangan dengan nilai agama
101. Sexuality
transmitted dissease merupakan penyakit-penyakit yang disebarkan melalui . . . .
A.
lingkungan yang tercemar
B.
binatang-binatang
penyebar bibit penyakit
C.
virus-virus dan bakteri
D.
kontak seksual dan kelamin
ok
BalasHapus