Selasa, 09 Februari 2016

Soal penjaskes paket B


Soal penjaskes paket B

1.      Perumusan SKL dalam kurikulum 2013 diturunkan dari . . . .
A.             kebutuhan
B.             standar kompetensi
C.             kompetensi dasar
D.            kompetensi inti

2.      Pada Kurikulum 2013, penyusunan kurikulum dimulai dengan menetapkan standar kompetensi lulusan berdasarkan kesiapan peserta didik, tujuan pendidikan nasional, dan . . . .
A.             kompetensi inti
B.             indikator pencapaian kompetensi
C.             materi pembelajaran
D.            kebutuhan

3.      Pengembangan kurikulum perlu dilakukan karena adanya berbagai tantangan yang dihadapi, baik tantangan internal maupun tantangan eksternal. Tantangan internal terkait dengan kondisi pendidikan dikaitkan dengan tuntutan . . . . .
A.             Standar kompetensi lulusan
B.             Standar proses
C.             Standar penilaian
D.            Delapan standar nasional pendidikan

4.      Pengembangan kurikulum perlu dilakukan karena adanya berbagai tantangan yang dihadapi, baik tantangan internal maupun tantangan eksternal. Tantangan eksternal terkait dengan kondisi pendidikan dikaitkan dengan tuntutan . . . . .
A.             pemenuhan tenaga pendidik dan kependidikan
B.             pemenuhan sarana dan prasarana pendidikan
C.             tantangan masa depan
D.            terpenuhinya pengelolaan pendidikan yang baik

5.      Pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan masa depan hanya akan dapat terwujud apabila terjadi pergeseran . . . .
A.             perubahan kebutuhan
B.             perubahan pola pikir
C.             perubahan daya nalar
D.            tuntutan zaman


6.      Kurikulum 2013 adalah dirancang dengan tujuan untuk mempersiapkan insan Indonesia supaya memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warganegara yang . . . .
A.             beriman, produktif, kreatif, inovatif dan afektif
B.             mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara
C.             mengikuti peradaban dunia
D.            beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara  dan peradaban dunia

7.      Pedoman yang digunakan untuk mengembangkan dokumen kurikulum, implementasi kurikulum, dan evaluasi kurikulum merupakan . . . .
A.             prinsip-prinsip pengembangan kurikulum
B.             tujuan pengembangan kurikulum
C.             kerangka dasar kurikulum
D.            karakteristik pengembangan kurikulum

8.      Landasan yang mengarahkan kurikulum kepada manusia apa yang akan dihasilkan kurikulum merupakan landasan . . . .
A.             filosofis dan landasan yuridis
B.             empiric dan landasan teoritik
C.             filosofis dan landasan empirik
D.            filosofis dan teoritik
                                       
9.      Landasan teoritik yang memberikan dasar-dasar teoritik pengembangan  kurikulum sebagai . . . .
A.             dokumen dan proses
B.             dokumen dan penilaian
C.             proses dan penilaian
D.            dokumen, proses dan penilaian
10.  Kurikulum berbasis kompetensi adalah outcomes-based curriculum dan oleh karena itu pengembangan kurikulum diarahkan pada pencapaian kompetensi yang dirumuskan dari . . . .
A.             standar nasional pendidikan
B.             tujuan pendidikan nasional
C.             standar kompetensi lulusan
D.            standar inti

11.  Pendidikan jasmani memiliki berbagai pengertian menurut pandangan berbagai ahli maupun organisasi. Pengertian pendidikan jasmani pada prinsipnya berupa….
A.             pendidikan olahraga yang dilakukan oleh masyarakat dengan kegemaran dan kemampuan yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan kondisi dan nilai budaya
B.             pendidikan olahraga yang membina dan mengembangkan olahragawan secara terencana benjenjang dan berkelanjutan
C.             pendidikan olahraga yang dilakukan atas dasar kecintaan atau kegemaran berolahraga
D.            bagian intergral dari pendidikan secara umum, yang direncanakan secara sistematik bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan individu secara organic, neuromuskuler, persepsual, kognitif, dan emosional, dalam kerangka sisitem pendidikan nasional

12.         Pengertian olahraga pendidikan menurut UU No. 3 tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional, adalah….
A.             pendidikan secara keseluruhan yang bertujuan untuk mengembangkan individu secara organis, neuromuskuler, intelektual dan emosional melalui aktivitas jasmani
B.             pendidikan jasmani dan olahraga yang dilaksanakan sebagai bagian proses pendidikan yang teratur dan berkelanjutan untuk memperoleh pengetahuan, kepribadian, keterampilan, kesehatan dan kebugaran jasmani
C.             olahraga yang membina dan mengembangkan olahraga secara terencana, berjenjang dan berkelanjutan melalui kompetisi untuk mencapai prestasi dengan dukungan ilmu pengetahuan dan teknologi keolahragaan
D.            pendidikan jasmani dan olahraga kompetitif yang dilaksanakan sebagai bagian proses pendidikan yang teratur dan berkelanjutan untuk memperoleh pengetahuan, kepribadian, keterampilan, kesehatan dan kebugaran jasmani

13.         Ciri pembeda antara pendidikan jasmani, dan olahraga kompetitif antara lain….
A.             pendidikan jasmani menitikberatkan pada sistem penilaian final score, sedangkan olahraga kompetitif gain score
B.             pendidikan jasmani memiliki fokus orientasi pada anak (child oriented), sedangkan olahraga kompetitif pada materi latihan (subject oriented)
C.             pendidikan jasmani membentuk individu sesuai dengan kebutuhan fungsional cabang olahraga, sedangkan olahraga kompetitif tidak
D.            olahraga kompetitif selalu dipertandingkan, sedangkan pendidikan jasmani tidak boleh sama sekali ada pertandingan

14.         Pengertian pendidikan kesehatan dibawah ini yang benar adalah:
A.             suatu upaya pendidikan untuk mencapai kesehatan lingkungan
B.             pendidikan yang mengutamakan kesehatan
C.             upaya mempelajari bagaimana menciptakan kesehatan diri
D.            suatu upaya atau kegiatan untuk mencipkatan perilaku masyarakat (di sekolah, anak didik) yang kondusif untuk kesehatan

15.         Berikut yang bukan merupakan pernyataan tujuan pendidikan jasmani adalah...
A.             meletakan landasan yang kuat melalui internalisasi nilai dalam penjas
B.             mampu mengisi waktu luang dengan aktivitas jasmani yang bersifat rekreatif
C.             mencapai prestasi olahraga yang inggi di event resmi seperti PON
D.            menumbuhkan kemampuan berfikir kritis melalui tugas-tugas pembelajaran pendidikan jasmani

16.         Pernyataan mengenai pendidikan jasmani yang sesuai dengan yang dikembangkan pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan adalah….
A.             bagian integral dari pendidikan secara umum, berupa aktivitas jasmani, yang bertujuan meningkatkan individu secara organik, dan neuromuskular
B.             bagian parsial dari pendidikan secara umum, berupa aktivitas jasmani, yang bertujuan meningkatkan individu secara intelektual, dan sosial
C.             bagian parsial dari pendidikan secara umum, berupa aktivitas jasmani, yang bertujuan meningkatkan individu secara organik, dan neuromuskular, intelektual, dan sosial
D.            bagian integral dari pendidikan secara umum, berupa aktivitas jasmani, yang bertujuan meningkatkan individu secara organik, neuromuskular, intelektual, dan sosial

17.         Berikut aspek/ranah yang tidak  termasuk dalam penyampaian materi pendidikan jasmni adalah . . . .
A.             kognitif (pengetahuan/pemahaman)
B.             afektif (sikap)
C.             lokomotor (gerak dasar)
D.            psikomotor (keterampilan gerak)

18.         Dalam kenyataannya pendidikan kesehatan disekolah bertujuan untuk membangun karakter anak didik supaya...
A.             menambah atau memperkaya pengetahuan kesehatan
B.             memiliki dan menerapkan budaya hidup sehat
C.             mendapatkan pelayanan kesehatan
D.            menambah sikap hidup yang kreatif dan sosial

19.         Kegiatan jasmani  dilakukan mengandung   unsur permainan, perjuangan atau kompetisi baik dengan diri sendiri, orang lain maupun alam dan dilakukan secara sportif dan fair, merupakan ciri umum dari….
A.             pendidikan olahraga
B.             pendidikan jasmani
C.             penjasorkes
D.            olahraga kompetitif

20.         Perbedaan yang nyata antara pendidikan jasmani, dan pendidikan kesehatan adalah….
A.             pendidikan jasmani menitikberatkan pada sistem penilaian final score, sedangkan pendidikan kesehatan tidak
B.             pendidikan jasmani memiliki fokus pada materi kebugaran jasmani terkait dengan kesehatan dan keterampilan, sedangkan pendidikan kesehatan pada materi kebugaran jasmani terkait dengan kesehatan saja
C.             pendidikan jasmani membentuk individu sesuai dengan kebutuhan aktivitas pengisian waktu luang saja dan keterampilan psikomotorik, sedangkan pendidikan kesehatan tidak
D.            pendidikan jasmani tidak dapat mengembangkan kesehatan, sedangkan pendidikan kesehatan sebaliknya

21.         Perangkat pertama (pre-impact) yang memberikan rangkaian keputusan-keputusan dalam berbagai transaksi belajar mengajar adalah…..
A.             meliputi keputusan-keputusan yang harus dibuat sebelum berhadapan di        antara guru  dan siswa.
B.             meliputi keputusan-keputusan yang harus dibuat selama penampilan atau  pelaksanaan  tugas.
C.             meliputi keputusan-keputusan yang harus dibuat yang berkaitan dengan  evaluasi pelaksanaan dan feedback kepada siswa.
D.            meliputi keputusan – keputusan yang diambil oleh guru

22.         Perangkat kedua (impact) yang memberikan rangkaian keputusan-keputusan dalam berbagai transaksi belajar mengajar adalah…..
adalah…..
A.             meliputi keputusan-keputusan yang harus dibuat sebelum berhadapan di        antara guru dan siswa.
B.             meliputi keputusan-keputusan yang harus dibuat selama penampilan atau  pelaksanaan tugas.
C.             meliputi keputusan-keputusan yang harus dibuat yang berkaitan dengan  evaluasi pelaksanaan dan feedback kepada siswa.
D.            meliputi keputusan – keputusan yang diambil oleh guru

23.  Perangkat ketiga (post-impact) yang memberikan rangkaian keputusan-keputusan dalam berbagai transaksi belajar mengajar adalah…...
A.             meliputi keputusan-keputusan yang harus dibuat sebelum berhadapan di        antara guru dan siswa.
B.             meliputi keputusan-keputusan yang harus dibuat selama penampilan atau  pelaksanaan tugas.
C.             meliputi keputusan-keputusan yang harus dibuat yang berkaitan dengan  evaluasi pelaksanaan dan feedback kepada siswa.
D.            meliputi keputusan – keputusan yang diambil oleh guru

24.         Dalam gaya mengajar ………. tanggung jawab memberikan umpan balik bergeser dari guru ke teman sebaya. Pergeseran peranan ini memungkinkan: Peningkatan interaksi sosial antara teman sebaya dan umpan balik langsung.
A.             resiprokal
B.             komando
C.             latihan
D.            periksa sendiri
E.             divergen

25.         Gaya mengajar ………… merupakan suatu bentuk pemecahan masalah. Dalam gaya ini siswa memperoleh kesempatan untuk mengambil keputusan mengenai suatu tugas yang khusus di dalam pokok bahasan. Gaya ini memungkinkan jawaban-jawaban pilihan.
A.             resiprokal
B.             komando
C.             periksa sendiri
D.            divergen

26.         Gaya penemuan terpimpin (konvergen) dan gaya Divergen (berlainan), yang penekanannya terpusat pada perkembangan …….. Mosston menyatakan bahwa dengan menggunakan strategi-strategi mengajar tersebut ini, maka kita telah melampaui “ambang penemuan”.
A.             Lokomotor
B.             Kognitif
C.             Afektif
D.            Non lokomotor

27.         Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan . . . .
A.             perencanaan pembelajaran
B.             pelaksanaan pembelajaran
C.             evaluasi pembelajaran
D.            indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian

28.         Rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar disebut . . . .
A.             standar kompetensi mata pelajaran
B.             indikator pencapaian pembelajaran
C.             silabus
D.            rencana pelaksanaan pembelajaran
                         
29.         Keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus harus benar dan dapat dipertanggung jawabkan secara keilmuan. Hal ini merupakan prinsip pengembangan silabus dilihat dari unsur . . . .
A.             ilmiah
B.             relevan
C.             sistemis dan sistematik
D.            konsisten

30.         Silabus yang dikembangkan memiliki kesesuaian dengan mata pelajaran, materi pokok yang akan diajarkan, serta kebutuhan peserta didik. Hal ini merupakan prinsip pengembangan silabus dilihat dari unsur . . . .
A.             ilmiah
B.             relevan
C.             sistemis dan sistematik
D.            konsisten

31.         Silabus yang dianggap memadai adalah silabus yang memiliki kecukupan dan ketercakupan. Hal ini merupakan prinsip pengembangan silabus dilihat dari unsur . . .
A.             memadai
B.             relevan
C.             sistemis dan sistematik
D.            konsisten
                       
32.  Tujuan pembelajaran Penjasorkes tidak hanya bersentuhan dengan ranah keterampilan saja, melainkan juga meliputi aspek pengetahuan, dan pembentukan sikap, untuk itu komponen silabus yang dituliskan hendaknya juga mencakup keseluruhan ranah kompetensi tersebut (kognitif, afektif, psikomotor). Hal ini merupakan prinsip pengembangan silabus dilihat dari unsur . . . .
A.             menyeluruh
B.             relevan
C.             fleksibel
D.            konsisten

33.         Kegiatan penyusunan RPP didasari dengan landasan teoretik yang benar, melalui tahapan yang seharusnya ditempuh, dan hasil yang diperoleh dapat diterapkan dalam pengalaman nyata di sekolah. Hal ini merupakan prinsip pengembangan RPP dilihat dari unsur . . . .
A.             ilmiah
B.             relevan
C.             fleksibel
D.            konsisten
           
34.         Terkait dengan pengembangan kurikulum, tugas utama guru penjasorkes adalah mengembangkan….
A.             dokumen I kurikulum
B.             dokumen II kurikulum
C.             visi, misi, tujuan sekolah
D.            kurikulum secara utuh
                                                         
35.         Komponen yang ada pada silabus dan juga ada pada RPP adalah….
A.             Kompetensi Inti, kompetensi dasar
B.             kompetensi dasar, indikator, materi ajar
C.             indikator, dan tujuan pembelajaran
D.            kompetensi dasar, dan materi ajar

36.         Unsur langkah-langkah pembelajaran yang tertuang dalam RPP adalah….
A.             identitas, sandar kompetensi, kompetensi dasar
B.             indikator, tujuan, metode
C.             kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan akhir
D.            kegiatan awal, inti, akhir,evaluasi, sumber belajar

37.         Jenis olahraga terdiri dari olahraga prestasi, olahraga pendidikan, dan olahraga rekreasi, pembagian jenis tersebut merupakan muatan dari.
A.             UU No. 3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional
B.             UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
C.             PP No. 19 Th 2005 Pasal 17 Ayat (2)
D.            Permendiknas No. 41 Th 2007

38.         Merumuskan kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir merupakan rincian dari pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) pada komponen….
A.             standar kompetensi
B.             materi pokok/pembelajaran
C.             langkah-langkah pembelajaran
D.            alokasi waktu

39.        Seorang guru dituntut untuk menguasai kompetensi secara konsep mengenai pengembangan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran, namun yang lebih penting adalah:
A.             Konsep tersebut diejawantahkan dalam bentuk keterampilan
B.             Menerapkannya dalam pembelajaran di sekolah
C.             Membawa pengetahuan dan keterampilan ini dalam kehidupan nyata
D.            Sebagai budaya dalam kehidupan sehari-hari

40.                     Pendidikan Karakter Budaya Bangsa dapat dimasukkan di silabus /RPP dapat melalui :
A.      Meyisipkan
B.      Memaksakan
C.      Mengintegrasikan
D.      Mengiterogasikan

41.                     Kunci pertama yang harus dikuasai oleh pelari jarak pendek/sprint adalah . . . .
A.             pertolokkan kaki
B.             ayunan lengan
C.             langkah kaki
D.            start

42.        Kaki yang lututnya tidak menempel di tanah, terletak di depan lutut yang menempel pada tanah. Ini merupakan gerakan . . . . .
A.             medium start
B.             long start
C.             short start
D.            alloround start

43.        Kaki yang lututnya tidak menempel di tanah terletak di samping lutut yang menempel di tanah dengan jarak ± satu kepal. Ini merupakan gerakan . . . . .
A.             medium start
B.             long start
C.             short start
D.            alloround start

44.        Kaki yang lututnya tidak menempel di tanah terletak di antara kaki dan lutut lainnya. Ini merupakan gerakan . . . . .
A.             medium start
B.             long start
C.             short start
D.            alloround start

45.        Badan membungkuk ke depan, kedua tangan terletak di tanah di belakang garis start, keempat jari rapat, ibu jari terbuka (membentuk huruf V). Ini merupakan gerakan start aba-aba . . . .
A.             persiapan
B.             bersedia
C.             siap
D.            ya

46.        Kepala tetap tunduk, leher rileks, pandangan ke bawah dan konsentrasi pada aba-aba berikutnya. Ini merupakan gerakan start aba-aba . . . .
A.   persiapan
B.   bersedia
C.   siap
D.   ya

47.        Menolak ke depan dengan kekuatan penuh atau gerakan meluncur, tetapi jangan melompat. Ini merupakan gerakan start aba-aba . . . .
A.             persiapan
B.             bersedia
C.             siap
D.            ya

48.        Langkah diperlebar dan sikap badan dicondongkan ke depan tetap dipertahankan serta ayunan lengan dan gerakan langkah juga dipertahankan kecepatan serta kekuatan bahkan harus ditingkatkan. Gerakan ini dilakukan setelah kira-kira menempuh jarak berapa dari garis start . . . .
A.             10 meter
B.             20 meter
C.             30 meter
D.            50 meter
      
49.        Dalam melakukan gerakan lari jarak pendek gerakan kaki yang sempurna dengan melangkah secara. . . . .
A.             horizontal
B.             vertikal
C.             dilangkahkan ke depan panjang-panjang
D.            langkah kaki harus secara ritmis

50.        Awalan, kaki lurus dengan bola, kaki tumpu diletakkan di samping bola dengan jari kaki menghadap ke depan dan lutut sedikit ditekuk. Gerakan dengan menggunakan sisi perkenaan yang luas merupakan gerak menendang bola menggunakan. . . .
A.             kaki bagian dalam
B.             kaki bagian luar
C.             punggung kaki bagian dalam
D.            punggung kaki bagian luar

51.        Pergelangan kaki sepak ditekuk ke bawah dan diputar ke dalam.  Selanjutnya, bola ditendang dengan punggung kaki bagian luar. Gerakan ini merupakan gerak menendang bola dengan menggunakan . . . .
A.             kaki bagian dalam
B.             kaki bagian luar
C.             punggung kaki bagian dalam
D.            punggung kaki bagian luar

52.        Kaki yang digunakan untuk menghentikan bola diputar ke luar, sehingga kaki bagian dalam menghadap ke arah datangnya bola. Gerakan ini merupakan gerak menghentikan bola dengan menggunakan . . . .
A.             kaki bagian dalam
B.             kaki bagian luar
C.             kura-kura kaki
D.            paha

53.        Ketika bola akan kontak dengan kaki, maka kaki diturunkan dan pemain berusaha menghentikan bola pada kura-kura kaki. Gerakan ini merupakan gerak menghentikan bola dengan menggunakan . . . .
A.             kaki bagian dalam
B.             kaki bagian luar
C.             punggung kaki
D.            paha

54.        Mengembangkan silabus pembelajaran sepakbola dilakukan dengan merencanakan penyusunan, melaksanakan, melakukan uji kelayakan, perbaikan, mengujicobakan silabus, perbaikan, dan dilakukan . . . .
A.             Musyawarah guru mata pelajaran
B.             Guru teman sejawat
C.             Guru yang bersangkutan
D.            Penilaian

55.        Hal yang pertama yang harus dikuasai oleh guru terkait dengan pelaksanaan pembelajaran dalam permaianan sepakbola adalah  . . . .
A.             Persiapan pembelajaran
B.             Merencanakan proses pembelajaran
C.             Menyusun program pembelajaran
D.            Mengevaluasi proses pembelajaran

56.        Kegiatan yang pertama harus dilakukan oleh guru sebelum pelaksanaan suatu keputusan aktivitas pembelajaran sepakbola dibuat adalah  . . .
A.             Pokok/bahasan pelajaran
B.             Gaya mengajar
C.             Tujuan/sasaran pelajaran
D.            Lamanya waktu pembelajaran

57.        Aspek-aspek kategori waktu pembelajaran yang harus dibuat dalam pelaksanaan pembelajaran sepakbola adalah  . . . .
A.             Persiapan pembelajaran
B.             Proses pembelajaran
C.             Pengalokasian waktu pembelajaran
D.            Memulai, kecepatan, lama proses, waktu berhenti, interval, waktu mengakhiri
                                                                                                      
58.        Elemen dasar dalam pelaksanaan passing bawah yang baik, termasuk dibawah ini, kecuali :
A.      Gerakan mengambil bola               B.     Mengatur posisi
C.      Tingginya bola                                 D.     Mengarahkan bola ke sasaran

59.        Dalam perkembangannya permainan bolavoli mengalami beberapa perubahan, yang menyangkut beberapa hal pokoktermasuk dibawah, kecuali :
A.             peraturan pertandingan
B.             teknik
C.             peraturan permainan
D.            sarana dan perlengkapan

60.        Apa yang dimaksud dengan libero dalam permainan bola voli ?
A.             pemain yang bertugas mengumpan bola dari belakang.
B.             pemain yang oleh regunya dinilai memiliki keahlian khusus dalam menerima sentuhan pertama dari serangan lawan.
C.             pemain yang selalu melakukan smash di belakang garis serang.
D.            pemain yang yang fungsinya mengatur serangan.

61.        Kesalahan umum yang sering terjadi dalam melakukan passing bawah adalah….
A.             kedua tangan lurus
B.             kaki mengeper
C.             pandangan ke arah bola
D.            tangan dibengkokkan

62.        Kesalahan umum dalam melakukan dribbling ( menggirinng bola ) pada permainan bola basket adalah
A.             badan condong ke depan.
B.             salah satu kaki berada di depan
C.             pandangan kearah depan
D.            pergelangan tangan menepuk bola
                                      
63.        Kesalahan umum dalam melakukan dribbling passing dadapada permainan bola basket adalah
A.             Salah satu kaki berada di depan
B.             Adanya gerak lanjut
C.             Arah bola kearah perut lawan
D.            Pandangan kea rah depan

64.        Dribbling bola dengan cara memindahkan bola dari tangan kiri ke tangan kanan pada permainan bola basket disebut
A.           In and out dribble
B.           Cross over dribble
C.           Back dribble
D.          Speed dribble

65.        Kemampuan dasar yang harus dikuasai dalam permainan bulutangkis adalah . .
A.             Pukulan drive
B.             Pukulan servis
C.             Pukulan smash
D.            Pukulan net

66.        Cara-cara melakukan pada permainan bulutangkis dengan tujuan menerbangkan shuttlecock ke bidang lapangan lawan disebut . . . .
A.             Strategi permainan
B.             Teknik penempatan bola
C.             Teknik pukulan
D.            Akurasi pukulan
                                                     
67.        Pukulan dengan raket yang menerbangkan shuttlecock ke bidang lapangan lain secara diagonal dan bertujuan sebagai pembuka permainan dan merupakan suatu pukulan yang penting dalam permainan bulutangkis disebut . . . .
A.             Pukulan drive
B.             Pukulan servis
C.             Pukulan smash
D.            Pukulan net

68.        Pukulan dalam permainan bulutangkis yang dilakukan dengan tujuan untuk menerbangkan shuttlecock setinggi mungkin mengarah jauh ke belakang garis lapangan adalah . . . .
A.             Pukulan drive
B.             Pukulan servis
C.             Pukulan smash
D.            Pukulan lob

69.        Pukulan yang dilakukan dengan cara menyeberangkan shuttlecock ke daerah lawan dengan menjatuhkan shuttlecock sedekat mungkin dengan net disebut . .
A.             Pukulan drive
B.             Pukulan servis
C.             Pukulan dropshot
D.            Pukulan lob

70.        Suatu gerakan ayunan tangan yang cepat, mendadak dan menghasilkan pukulan yang keras serta menerjunkan shuttlecock secara curam merupakan gerakan pukulan . . . .
A.             pukulan drive
B.             pukulan smash
C.             pukulan dropshot
D.            pukulan lob

71.        Salah satu lingkup pembelajaran dalam program pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan adalah aktivitas pengembangan, unsur yang dikembangkan  dalam aspek pengembangan  adalah:
A.             Daya tahan
B.             Kelenturan
C.             Kekuatan
D.            Kebugaran

72.        Komponen kebugaran dikelompokan menjadi dua, yang pertama kebugaran yang berhubungan dengan kesehatan (physical fitness related health) dan kedua  Kebugaran yang berhubungan dengan keterampilan (physical fitness related skill). dibawah ini adalah komponen kebugaran yang berhubungan dengan kesehatan, kecuali:
A.             Daya tahan jantung dan paru-paru (cardiorespiratory)
B.             Komposisi tubuh (body composition)
C.             Daya tahan otot (muscle endurance)
D.            Daya ledak (explosive power),

73.        Kemampuan tubuhmengerahkan tenaga untuk menahan beban yang diberikan adalah:
A.             Kekuatan
B.             Kecepatan
C.             Kelincahan
D.            Daya tahan

74.        Kemampuan untuk menggerakkan anggota tubuh secara bersamaan dengan padu padan adalah definisi dari:
A.             Keseimbangan
B.             Kordinasi
C.             Kelincahan
D.            Kekuatan

75.        Memberikan pertolongan pada gerakan roll depan dengan cara berikut:
A.      memegang tangan                B.      memegang panggul
C.      memegang pinggang             D.      memegang tengkuk

76.        Gerakan tangan memegang kaki merupakan momentum gerakan     roll depan. Memegang kaki ini dilakukan pada saat……
A.             pundak mendarat di matras 
B.             punggung mendarat dimatras
C.             panggul mendarat di matras
D.            ujung kaki mendarat di matras

77.        Pertolongan yang benar pada roll belakang  adalah:
A.             menahan pundak dan mendorong panggul
B.             memegang tangan dan mendorong panggul
C.             menahan pundak dan mendorong punggung
D.            menahan punggung dan mendorong pinggul

78.        Pernyataaan berikut yang bukan merupakan Tehnik roll belakang adalah ……
A.             pada saat panggul mendarat di matras, kedua tangan dilipat disamping telinga.
B.             pada saat punggung mendarat di matras tangan menumpu, kemudian menolak
C.             kaki diayun ke belakang melewati kepala, tangan menumpu disamping telinga
D.            tangan menolak kaki dilipat sampai ujung kaki mendarat ke  sikap jongkok

79.        Roll belakang dari sikap berdiri sering gagal karena…
A.             awalan dilakukan dari sikap berdiri, tangan lurus siap menumpu di matras
B.             gerakan kaki kebelakang kurang cepat
C.             kepala terlambat menunduk
D.            setelah ujung kaki melewati kepala bersamaan dengan tangan menolakdan berakhir dalam sikap berdiri

80.        Kata gymnastic berasal dari bahasa yunani yang berarti
A.      terbuka                                   C.      senam
          B.      telanjang                                D.      aktivitas

81.        Senam lantai sering disebut dengan istilah..
A.     gymnastic                                C.      acrobatic
B.     gymnasium                             D.      calisthenic

82.        Unsur-unsur komponen kebugaran jasmani yang mendukung untuk gerakan dalam senam lantai termasuk dibawah ini, kecuali…
A.      kekuatan                                          C.      kelenturan
          B.      kelincahan                                        D.      keindahan

83.        Titik tumpuan dalam gerakan berguling ke belakang adalah..
A.     tangan                                              C.      kaki
B.     punggung                                          D.      kepala

84.        Gerakan berguling kedepan menggunakan titik tumpuan dengan..
A.     punggung                                          C.      tengkuk
          B.     kepala                                               D.      kaki

85.        Di bawah ini adalah limgkup aktivitas ritmik dalam kurikulum pendidikan jasmani, kecuali:
A.           SPI
B.           SKJ
C.           Senam Aerobik
D.          Senam artistic

86.        Kegiatan yang melibatkan proses berfikir dan bertindak dengan menggunakan gerakan-gerakan tertentu secara  berturut–turut dan teratur dinamakan
A.             Senam aerobik
B.             Aktivitas ritmik
C.             Senam artistik
D.            Senam Pagi Indonesia

87.        Di bawah ini adalah nama-nama teknik gerakan langkah dasar senam aerobik, kecuali:
A.             Jumping Jack
B.             Double Step
C.             Knee Lift
D.            up right row

88.        Ada berapakah  langkah dasar atau basic step dalam senam aerobik
          A.      5
          B.      6
          C.      7
          D.      8

89.        Gerak dasar aerobik yang berguna untuk melatih otot dan persendian bahu adalah:
A.             Bicep curl
B.             Jumping jack
C.             Shoulder press up
D.            Grapevine

90.        Gerak dasar senam aerobik  yang bisa dilakukan  hanya dengan high impact atau benturan keras saja   adalah...
A.             Knee Up
B.             marching
C.             Jumping jack
D.            lunge

91.                Gerakan  dalam senam aerobik yang dilakukan dengan intensitas tinggi tetapi keduakaki atau salah satu kaki tetap berhubungan dengan lantai disebut
A.             Low Impact
B.             Mix Impact
C.             High Impact
D.            Low impact High Intensity

92.        Berdasarkan musik standar yang digunakan untuk mengiringi gerakan senam aerobik. Berapa  ketukan atau hitungan paling banyak   yang terdapat pada satu blok musik...
A.             4 hitungan
B.             8 hitungan
C.             16 hitungan
D.            32 hitungan

93.        Berdasarkan sistematika mengajar senam aerobik, sesi latihan yang  dilakukan tanpa memindahkan posisi tubuh, tetapi hanya melatih otot atau persendian lokal  di namakan
A.             Isolation
B.             Full body Movment
C.             Pre aerobik
D.            Cool Down

94.        Gerakan renang gaya dada menirukan gaya binatang . . . . .
A.             katak
B.             kupu-kupu
C.             lumba-lumba
D.            kera

95.        Satu siklus (cycle) lengkap renang gaya dada dalam perlombaan adalah...
A.             dua tendangan kaki satu tarikan tangan pada kejadian itu bagian kepala harus harus memecah permukaan air.
B.             satu tarikan tangan satu tendangan kaki  pada kejadian itu bagian kepala harus harus memecah permukaan air.
C.             satu tendangan kaki satu tarikan tangan.
D.            satu tarikan tangan satu tendangan kaki dolphin.

96.        Segala bentuk perilaku yang muncul berkaitan dengan dorongan seksual disebut
A.             penyimpangan perilaku
B.             perilaku seksual
C.             penyimpangan seksual
D.            perilaku yang menyimpang

97.        Penyebab terjadinya seks bebas pada setiap remaja mungkin berbeda, akan tetapi semuanya berakar dari penyebab utamanya yaitu . . . .
A.             keimanan yang menipis
B.             kurangnya perhatian orang tua
C.             kurangnya pegangan hidup
D.            pergaulan yang bebas dan tidak terkendali

98.        Tingginya kasus penyakit Human Immunodeficiany Virus/Acquired Immnune Deficiency Syndrome (HIV/AIDS), khususnya pada kelompok umur remaja, salah satu penyebabnya akibat . . . .
A.             keimanan yang menipis
B.             kurangnya perhatian orang tua
C.             kurangnya pegangan hidup
D.            pergaulan yang bebas dan tidak terkendali

99.        Yang tidak termasuk bahaya utama terhadap bahaya seks pra-nikah dan seks bebas (free sex) di bawah ini adalah . . . .
A.             menjadi remaja yang pemurung/pendiam
B.             pengguguran kandungan dan pembunuhan bayi
C.             kehamilan dan akibatnya
D.            menciptakan kenangan buruk

100.    Yang tidak termasuk pelanggaran terhadap pergaulan bebas di bawah ini adalah
A.             risiko aborsi
B.             kurang dihormati orang
C.             bertentangan dengan pancasila
D.            bertentangan dengan nilai agama

101.    Sexuality transmitted dissease merupakan penyakit-penyakit yang disebarkan melalui . . . .
A.             lingkungan yang tercemar
B.             binatang-binatang penyebar bibit penyakit
C.             virus-virus dan bakteri
D.            kontak seksual dan kelamin

1 komentar: