Minggu, 28 Februari 2016

BAB III METODOLOGI PENELITIAN skripsi 2013


BAB III
METODOLOGI PENELITIAN

3.1 Lokasi Penelitian
            Lokasi penelitian dilakukan di BMT Ikatan Persaudaraan Migran Hongkong (IPMH) Halaqoh yang beralamat di Dusun Bendo, Desa Tempuran, Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi, Propinsi Jawa Timur.
3.2 Identifikasi Dan Pengukuran Variabel
            Pada dasarnya suatu penelitian ilmiah adalah mencari hubungan antara variabel. Agar penyusunan skripsi ini berjalan lancar maka penulis menetapkan jenis variabel yang digunakan, yaitu :
1.   Variabel bebas: Modal Bagi Hasil (X)
      Variabel bebas adalah variabel yang mempengaruhi variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah modal bagi hasil. Sedangkan pengukurannya dihitung rata-rata modal bagi hasil persemester.
2.   Variabel terikat : Simpanan (Y)
      Variabel terikat adalah variabel yang terikat oleh variabel bebas. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah simpanan. Sedangkan pengukurannya dihitung rata-rata simpanan persemester selama lima tahun 2006, 2007, 2008, 2009, 2010.
3.3 Populasi Dan Pengambilan Sampel
30
 

15Saifuddin Azwar, Metode Penelitian, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 1998, hal. 77.
 
            Populasi adalah jumlah lengkap orang, barang atau kegiatan yang dari padanya diambil percontohan untuk pengukuran statistic (populasi)”15.Sebagai
31
 
populasi dalam penelitian ini adalah modal bagi hasil dan simpanan pada BMT Ikatan Persaudaraan Migran Hongkong (IPMH) Halaqoh Kecamatan Paron. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah convenience samples yaitu “pengambilan sampel secara mudah dalam penentuan sampel dilakukan sendiri secara bebas oleh peneliti dengan dasar pertimbangan efisiensi biaya dan kemudahan dalam pengumpulan data”16.
3.4 Sumber Data
            Skripsi ini disusun dengan menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer adalah sumber data yang diperoleh sumber data pertama yaitu data-data tentang modal bagi hasil dan simpanan di BMT Ikatan Persaudaraan Migran Hongkong (IPMH) Halaqoh Kecamatan Paron, sementara sumber data sekunder adalah sumber data kedua atau smber yang lain berupa dokumen yang terdiri dari data modal bagi hasil dan simpanan, selain itu dari juga dari buku dan literatur mengenai modal bagi hasil dan simpanan.
            Sedangkan jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah :
1.   Data Primer.
      Yaitu data yang diperoleh langsung dari sumbernya atau lokasi yang menjadi objek penelitian ini. Dalam hal ini peneliti mencari data langsung dengan mendatangi lokasi penelitian yaitu BMT Ikatan Persaudaraan Migran Hongkong (IPMH) Halaqoh Kecamatan Paron.
2.   Data Sekunder.

16Emory, Metode Penelitian Bisnis, Prentis Hall, Jakarta, 1996, hal. 244.
 
      Yaitu data yang dieproleh bukan dari sumbernya tetapi dari pengumpulan data atau data yang sudah ada dan telah disusun atau diolah pihak lain, dalam hal ini data modal bagi hasil dan data simpanan dengan membandingkan literatur-literatur yang ada sehingga dapat membantu pemecahan masalah.
3.5 
32
 
Teknik Pengumpulan Data
            Teknik pengumpulan data adalah cara khusus yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian. Data sangat diperlukan dalam penelitian guna membuktikan kebenaran suatu peristiwa atau pengetahuan. Oleh karena itu penelitian sangat membutuhkan data yang obyektif. Untuk mendapatkan data yang obyektif  perlu memperhatikan teknik pengumpulan data yang digunakan sebagai alat pengumpulan dan pengambilan data. Dalam penyusunan skripsi ini teknik pengumpulan data yang digunakan dokumentasi yaitu data yang diperoleh dengan melihat dokumen yang ada pada BMT Ikatan Persaudaraan Migran Hongkong (IPMH) Halaqoh Kecamatan Paron.
3.6 Teknik Analisis Data 
Analisis data adalah proses mengorganisasikan dan mengurtkan data ke dalam pola, kategori dalam uraian dasar sehingga dapat dirumuskan hipotesis kerja seperti yang disarankan oleh data. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah :
1.      Analisis Kuantitatif.
            Yaitu mengklasifikasikan data yang diperoleh ke dalam bentuk tabel sesuai dengan kebutuhan, kemudian diolah dan dihubungkan satu dengan yang lain hingga lengkap. Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara modal bagi hasil terhadap simpanan di BMT Ikatan Persaudaraan Migran Hongkong (IPMH) Halaqoh Kecamatan Paron dengan mencari koefisien korelasi r. Dalam penelitian ini digunakan rumus analisis yaitu :
33
 
Rumus Regresi Liner Sederhana :
Y : a + bx
Dimana konstanta dan koefisien dicari berdasarkan persamaan, yaitu :
b =
keterangan : X : Modal Bagi Hasil
        Y : Simpanan
Dengan demikian, maka teknik analisa data tersebut dipakai untuk membuktikan bagaimana pengaruh modal bagi hasil terhadap simpanan di BMT Ikatan Persaudaraan Migran Hongkong (IPMH) Halaqoh Kecamatan Paron dan untuk “menganalisa keeratan hubungan antara kedua varibael tersebut dengan menggunakan rumus koefisien korelasi”17 :
r =
keterangan :
X : Modal Bagi Hasil
Y : Simpanan
n : Banyaknya subyek data
r : Koefisien korelasi
 

34
 
Kriteria :
Bila r = -1 atau mendekati -1 maka korelasinya dikatakan kuat dan negatif.
Bila  r = 0 atau mendekati 0, maka hubungan antara kedua variabel tersebut sangat lemah atau tidak ada hubungan sama sekali.
Bila r = +1  atau mendekati 1, maka korelasi antara kedua variabel dinyatakan positif dan kuat.
Kebenaran dari perhitungan korelasi tersebut diuji lagi dengan menggunakan rumus distribusi nilai t.
t =
Dengan derajat kebebasan sebesar n-2 dan level of significant of test (tingkat beda nyata uji =) sebesar 5%. Apabilat hitung lebih besar dari t tabel (t > t), maka hipotesis nol ditolak dan hipotesis kerja diterima sehingga variabel modal bagi hasil berpengaruh signifikan terhadap simpanan pada BMT Ikatan Persaudaraan Migran Hongkong (IPMH) Halaqoh Kecamatan Paron.
2.   Analisis Kualitatif.
            Teknik analisa data kualitatif digunakan untuk mengolah data kualitatif dan dilakukan melalui cara induktif, yakni pengambilan kesimpulan umum berdasar hasil-hasil observasi yang khusus. Analisa ini tidak digunakan untuk mengolah data mengenai jenis kelamin, pekerjaan dan pendidikan responden.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar