RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
Kelas/Semester : X/Gasal
Mata
Pelajaran : Pen. Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Materi
Pokok : Senam Lantai
Alokasi
Waktu : 2 pertemuan @ 3x45 Menit
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya
sebagai anugrah Tuhan yang tidak
ternilai
2.5 Berperilaku tolenrasi dalam bermain.
3.6
Menganalisis dua jenis rangkaian keterampilan senam lantai untuk
menghasilkan koordinasi gerak yang baik.
4.5 Menyajikan peragaan dua
jenis gerak dasar senam lantai (dengan alat )
|
1.1.1
Bersyukur
1.1.2
Berdoa
2.5.1 Mau memaafkan
temennya yang bersalah
2.5.2 Tidak mencari kesalahan teman 2.5.3
Menghargai pendapat teman
3.6.1 Menjelaskan tahapan gerakan senam lantai (roll depan, roll
belakang).
3.6.2Menemukan Variasi dan kombinasi teknik gerakan
senam lantai (roll depan , roll
belakang dan kayang).
3.6.3 Menganalisa kelebihan dan kelemahan Variasi
dan kombinasi teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (roll depan , roll
belakang).
4.5.1Melakukan Latihan teknik gerakan senam
lantai (roll depan , roll belakang).
4.5.2Melakukan Variasi dan kombinasi teknik gerakan senam lantai (roll depan , roll belakang ).
4.5.3Melakukan
pola keterampilan gerakan senam lantai (roll depan ,
roll belakang ) dengan koordinasi yang baik.
|
C.
Materi
Pembelajaran
- GERAK DASAR SENAM LANTAI
A.
.
Guling ke depan (forward roll)
Cara melakukan guling ke depan
sebagai berikut.
a. Sikap awal dimulai dengan jongkok, kedua lengan lurus ke depan,
kemudian simpan kedua telapak tangan di atas matras selebar bahu dan dagu
kenakan ke dada.
b. Kedua tungkai diluruskan, usahakan berat badan ada pada kedua
tangan.
c. Kemudian, letakkan pundak di atas matras. Setelah itu, tolakkan
kedua tungkai sampai badan tubuh mengguling. Sebelum kedua kaki mendarat,
peganglah lutut dengan kedua tangan.
d. Sikap akhir guling depan ialah jongkok seperti sikap semula.
Gambar 4.6 Guling depan
B.
Guling
ke belakang
Cara melakukan guling ke belakang
sebagai berikut.
a. Sikap awal
jongkok, kedua tangan dibengkokkan, telapak tangan
b. menghadap ke
atas di samping telinga, dagu dikenakan ke dada, dan badan dibulatkan.
C. Gulingkan badan
ke belakang, dimulai dari tumit, lurus menyusur ke panggul, pinggang, punggung,
dan pundak.
.d. Ketika pundak menyentuh pada matras, tolak
kedua kaki sehinggan badan mengguling.
e, Doronglah badan oleh kedua tangan yang
berada di samping telingabsehingga kembali ke sikap jongkok.
·
Fakta
1. Perlombaan senam lantai dengan alat
baik langsung atau melalui media elektronik
2. Melihat Latihan teknik senam lantai dengan alat melalui media elektronik
·
Konsep
1.
Teknik Roll depan
2.
Teknik Roll belakang
3.
Posisi badan
·
Prinsip
1.
Melakukan teknik Roll depan
2.
Melakukan teknik Roll Belakang
3.
Menempatkan
posisi badan yang baik dan benar
·
Prosedur
1.
Sikap awal
2.
Ketepatan gerakan lompat
3.
Sikap akhir
atau gerakan lanjutan
4.
Sikap tubuh
D. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke 1 ( 3 X 45 Menit )
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
· Menyampaikan kompetensi (KD) yang akan diajarkan.
· Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
· Meminta beberapa orang peserta didik mengemukakan
pengalaman setelah melihat/melakukan latihan teknik gerakan senam
lantai (Roll Depan) dari berbagai sumber.
· Mengaitkan apa dikemukakan peserta didik dengan materi yang akan
dipelajari.
· Melakukan pemanasan.
· Guru Membagi peserta didik dalam kelompok-kelompok
|
15 menit
|
Kegiatan
Inti
Mengamati
·
Siswa menyimak peragaan teknik gerakan senam
lantai menggunakan alat (Roll Depan,rol belakang ) yang dilakukan oleh peserta didik lain.
Menanya
·
Siwa mengajukan pertanyaan berdasarkan pengamatan
mereka.
·
Siwa mengajukan pertanyaan mengenai teknik gerakan
senam lantai dengan menggunakan matras
( Roll Depan ) yang belum dipahami.
·
Guru memberi kesempatan bagi peserta didik lain yang ingin menanggapi
atau menjawab pertanyaan siswa.
Mencoba
·
Peserta didik dalam kelompok diminta melakukan latihan gerakan
senam lantai menggunakan matras (roll depan,rol belakang ) dengan baik dan benar.
.
Mengasosiasi
·
Disajikan peragaan teknik dari peserta didik
yang teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (rol depan,rol belakang) dengan baik dan benar atau menyajikan beberapa gambar dan video klip
berisi latihan teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (Roll Depan,rol belakang).
·
Masing-masing kelompok berdiskusi mengurutkan
tahapan teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (Roll Depan,rol belakang) yang benar dan memberikan alasan/argumen..
Mengomunikasikan
·
Secara bergilir setiap kelompok diberi
kesempatan memperagakan latihan gerakan senam lantai menggunakan
alat (Roll depan,rol belakang) yang benar.
·
Kelompok lain dapat memberi tanggapan dan pertanyaan
|
105 menit
|
Penutup
·
Meminta peserta didik menyimpulkan teknik gerakan senam
lantai menggunakan alat (rol depan,rol belakang) yang baik dan benar.
·
Evaluasi
·
Memberikan tugas pengamatan variasi latihan teknik
gerakan senam lantai menggunakan alat (Roll Depan,rol belakang) melalui media baca, video atau internet.
·
Mengingatkan materi pertemuan berikutnya tentang latihan gerakan senam
lantai menggunakan alat (rol depan,Roll Belakang).
|
15 menit
|
Pertemuan Ke 2 ( 3 X 45 Menit )
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
· Merefleksi
kembali pelajaran pertemuan
sebelumnya.
· Membahas tugas pengamatan yang telah dikerjakan di rumah.
· Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
· Mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan
materi yang akan dipelajari yaitu latihan teknik gerakan senam
lantai menggunakan alat (Roll Belakang).
· Membagi peserta didik ke dalam kelompok.
|
15 menit
|
Kegiatan
Inti
Mengamati
dan Menanya
· Dua
orang siswa dari kelompok berbeda diminta untuk memaparkan hasil tugas baca
tentang latihan teknik gerakan
senam lantai menggunakan alat (Roll Belakang ) melalui
media baca , video atau internet.
Mencoba
· Kelompok
diminta untuk mencoba
mempraktekkan latihan teknik gerakan senam lantai menggunakan
alat (Roll Belakang).
·
Guru menilai kreatifitas dan kerjasama latihan teknik gerakan
senam lantai menggunakan alat (Roll Belakang).
Mengasosiasi
· Setiap Kelompok mencoba latihan teknik gerakan senam lantai menggunakan
alat (Roll Belakang).
· Siswa mempraktekkan variasi latihan
teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (Roll Belakang).
· Guru menilai kerjasama antar kelompok, menilai keterampilan mengolah dan menalar.
Mengomunikasikan
· Perwakilan
kelompok memaparkan hasil latihan teknik gerakan
senam lantai menggunakan alat (Roll Belakang).
·
Guru menilai keterampilan menyaji dan
berkomunikasi.
|
105 menit
|
Penutup
· Bersama siswa menyimpulkangerakan senam
lantai menggunakan alat (Roll Belakang) yang baik dan benar.
· Evaluasi.
· Memberikan tugas pengamatan variasi latihan teknik gerakan senam lantai menggunakan
alat (Roll Belakang) melalui media baca, video atau internet.
· Mengingatkan materi pertemuan berikutnya tentang latihan gerakan senam
lantai menggunakan alat.
|
15 Menit
|
Pertemuan Ke 2 ( 3 X 45 Menit )
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
· Merefleksi
kembali pelajaran pertemuan
sebelumnya.
· Membahas tugas pengamatan yang telah dikerjakan di rumah.
· Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
· Berdoa
· Mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan
materi yang akan dipelajari yaitu latihan teknik gerakan senam
lantai menggunakan alat.
· Melakukan
pemanasan.
· Membagi peserta didik ke dalam kelompok.
|
15 menit
|
Kegiatan
Inti
Mengamati
dan Menanya
· Dua
orang siswa dari kelompok berbeda diminta untuk memaparkan hasil tugas baca
tentang latihan teknik gerakan
senam lantai menggunakan alat melalui media baca , video atau internet.
Mencoba
· Kelompok
diminta untuk mencoba
mempraktekkan latihan teknik gerakan senam lantai berguling ke
depan dan berguling ke belakang menggunakan alat
·
Guru menilai kreatifitas dan kerjasama latihan teknik gerakan
senam lantai menggunakan alat .
Mengasosiasi
· Setiap Kelompok mencoba latihan teknik gerakan senam lantai menggunakan
alat.
· Siswa mempraktekkan variasi latihan
teknik gerakan senam lantai menggunakan alat.
· Guru menilai kerjasama antar kelompok, menilai keterampilan mengolah dan menalar.
Mengomunikasikan
· Perwakilan
kelompok memaparkan hasil latihan teknik gerakan
senam lantai menggunakan alat.
·
Guru menilai keterampilan menyaji dan
berkomunikasi.
|
105 menit
|
Penutup
· Menyimpulkan
· Memberikan tugas
· Evaluasi
· Mengabsen
· Berdoa
|
15 Menit
|
E.
Penilaian
Hasil Belajar
Lampiran 1 Instrumen KI:1
Lembar observasi
penilaian sikap sepiritual
NO
|
Perilaku yang diharapkan
|
V
|
|
1
|
2
|
||
1
|
Melakukan berdoa sebelum dan sesudah pelajaran
|
|
|
2
|
Tujukan sikap bersukur atas hasil pembelajaran
|
|
|
|
Jumlah skor
|
|
N=Jumlah skor X
Skor Max 4
ASPEK SIKAP
Lampiran 2 Instrumen Penilaian KI: 2
Aspek yang diukur
|
Deskripsi sikap yang diukur
|
V
|
|
1
|
2
|
||
TOLERANSI
|
Mau memaafkan
temennya yang bersalah
|
|
|
Tidak mencari kesalahan teman
|
|
|
|
Menghargai
pendapat teman
|
|
|
N=Jumlah skor
X 4
Skor Max 6
Lampiran 3 Instrumen Penilaian KI: 3
NO
|
PERTANYAAN
|
1
|
2
|
|
Menjelaskan tahapan gerakan senam
lantai (roll depan,roll belakang).
|
|
|
Menjelaskan Variasi dan kombinasi teknik gerakan
senam lantai (roll depan,roll belakang
|
|
|
|
Menganalisa kelebihan dan kelemahan Variasi
dan kombinasi teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (roll depan , roll
belakang).
|
|
|
N=Jumlah skor
X 4
Skor Max 4
Jawab:1.Sikap awal jongkok dengan sempurna , letakkan ketiak diatas lutut,kedua
lengan lurus kedepan,letakkan kedua tangan di atas matras dengan jari – jari
terbuka
2.Siswa memberikan
gerakan tambahan dari rol depan dilanjutkan ke rol belakang.
3.Kelemahan :Posisi tanagn,tengkuk tidak bertumpu pada martras
mengakibatkan rol depan,rol belakang tidak sempurna
Kelebihan : Apabila posisi
tumpuan tangan,tengkuk benar maka gerakan rol depan,rol belakang sempurna
LAMPIRAN 4 INTRUMEN
KI 4
NO
|
PERTANYAAN
|
1
|
2
|
|
Melakukan Latihan teknik gerakan senam lantai (roll
depan ,
Rol belakang)
|
|
|
Melakukan Variasi dan kombinasi teknik gerakan senam lantai (roll depan,rol belakang)
|
|
|
|
Melakukan pola keterampilan gerakan senam lantai (roll depan , roll belakang ) dengan
koordinasi yang baik
|
|
|
N=Jumlah skor
X 4
Skor Max 4
Jawaban: 1.Siswa
melakukan gerakan tangan di letakkan di matras,k,tengkuk masuk
Kedalam
,dilanjutkan badan berguling kedepan
2.Siswa melakukan gerakan jongkok
kedua kaki rapat kedua tumit di
angkat kedua
tangan
Tanagan dengan
siku di tekuk berada diatas bahu di samping telinga
Dan kedua
telapak tangan menghadapke atas dagu diraptkan ke dada.
A. Alat/Media/Bahan
Alat :
matras, peti lompat.
Bahan ajar : Buku pegangan Penjasorkes
jilid 1,Video pembelajaran teknik senam lantai, dan lainnya.
PROGRAM REMIDIAL
Sekolah :
Kelas
/ Semester : X
(Sepuluh) / 1
Mata Pelajaran : PJOK
Ulangan
Harian ke : 1
Bentuk
Soal
UH :
KKM : 2,67
Materi
(KD/Indikator) :
3.6.1 Menjelaskan tahapan gerakan senam
lantai (roll depan, roll belakang).
3.6.2 Menjelaskan Variasi dan kombinasi teknik gerakan senam lantai (roll depan , roll belakang ).
3.6.3 Menganalisa kelebihan dan kelemahan Variasi
dan kombinasi teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (roll depan , roll belakang).
A.
Peserta remidi
Peserta
remidi adalah peserta didik yang nilainyanya belum mencapai KKM
B.
Jenis kesulitan
Memahami arti
Menganalisis taktik dan
strategi (pola menyerang dan bertahan) permainan bola voli
C.
Tujuan
Agar peserta
didik mampu memahami Menganalisis
taktik dan strategi (pola menyerang dan bertahan) permainan bola voli
D.
Kegiatan
Melakukan remedial dengan mengerjakan latihan-latihan soal dan
gerakan-garakan
E.
Instrument
Tes
tertulis
No.
|
Nilai Tes Rem
|
Nomor Soal yang dikerjakan dalam Tes Remidial
|
Bentuk Pelaksanaan Pembelajaran Remidial
|
Indikator yg tdk dikuasai
|
Nilai Ulg
|
Nama Siswa
|
Ket
|
1.
|
75
|
2, 3, 4, 5
|
Diberikan Bimbingan Khusus dan tugas Individu
|
3.1.2
|
46
|
Agam Mujahidin
|
Tuntas
|
2.
|
77
|
4, 5
|
Diberikan Tugas khusus
|
3.1.2
|
48
|
Andre Septianto
|
Tuntas
|
3.
|
77
|
2, 3
|
Diberikan Tugas khusus
|
3.1.2
|
50
|
Pandu Pradana
|
Tuntas
|
4
|
77
|
2, 3, 4, 5
|
Diberikan Bimbingan Khusus dan tugas Individu
|
3.1.2
|
46
|
Surya Rahman
|
Tuntas
|
5
|
78
|
1, 3, 4, 5
|
Diberikan Bimbingan Khusus dan tugas Individu
|
3.1.2
|
40
|
Dwi Aulia F
|
Tuntas
|
Bentuk Pelaksanaan Pembelajaran Remedial
1.
Cara yang dapat ditempuh
a. Pemberian
bimbingan secara khusus dan perorangan bagi peserta didik yang belum atau
mengalami kesulitan dalam penguasaan KD tertentu.
b. Pemberian
tugas-tugas atau perlakuan (treatment)
secara khusus, yang sifatnya penyederhanaan dari pelaksanaan pembelajaran
regular.
Bentuk penyederhanaan itu dapat dilakukan guru antara lain melalui:
a. Penyederhanaan strategi pembelajaran untuk KD tertentu
b. Penyederhanaan cara penyajian (misalnya: menggunakan gambar,
model, memberikan rangkuman yang
sederhana, dll.)
c. Penyederhanaan soal/pertanyaan yang diberikan.
2.
Materi dan waktu pelaksanaan program remedial
a. Program remedial
diberikan hanya pada KD atau indikator yang belum tuntas.
b. Program
remedial dilaksanakan setelah mengikuti tes/ulangan KD tertentu atau
sejumlah KD dalam satu kesatuan
Teknik pelaksanaan
penugasan/pembelajaran remedial:
● Penugasan individu diakhiri dengan tes
(lisan/tertulis) bila jumlah peserta didik yang mengikuti remedial maksimal 20%.
● Penugasan kelompok diakhiri dengan tes
individual (lisan/tertulis) bila jumlah peserta didik yang mengikuti remedi
lebih dari 20% tetapi kurang dari 50%. Pembelajaran ulang diakhiri dengan tes
individual (tertulis) bila jumlah peserta didik yang mengikuti remedi lebih
dari 50 %.
PROGRAM PENGAYAAN
Sekolah :
Kelas / Semester : X / 1
Mata Pelajaran : PJOK
KKM
Mata Pelajaran : 2,
67
Materi
(KD/Indikator) :
Indikator
3.6.1 Menjelaskan
tahapan gerakan senam lantai (roll depan, roll belakang).
3.6.2 Menjelaskan Variasi dan kombinasi teknik gerakan senam lantai (roll depan , roll belakang ).
3.6.3 Menganalisa kelebihan dan kelemahan Variasi
dan kombinasi teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (roll depan , roll belakang).
Nilai
Praktek
|
Nama
Siswa
|
Bentuk
Pengayaan
|
94
|
Syaifulloh huda
|
1. Memberikan soal-soal
pemecahan masalah, misalnya soal-soal yang lebih bersifat HOTS
2. Memanfaatkan Mei Nur
Lestari, Tri Cahyawati, Willy Alanbiadan Muhammad Asolihin untuk menjadi
Tutor Sebayara
3
contoh kegiatan melakukan gerakan rol depan dengan mengunakan rintangan
4
melakukan 3 gerakan rol ke depan langsung berdiri
|
94
|
Nyamat
|
|
94
|
Agus
supriano
|
|
90
|
Misharuni
|
Pelaksanaan Program Pengayaan
1.
Cara yang dapat ditempuh:
a. Pemberian bacaan tambahan
atau berdiskusi yang bertujuan memperluas wawasan bagi KD tertentu
b. Pemberian
tugas untuk melakukan analisis dari contoh Makalah dll.
c. Memberikan
soal-soal latihan tambahan yang bersifat pengayaan
d. Membantu
guru dalam membimbing teman-temannya yang belum mencapai ketuntasan.
2.
Materi dan waktu pelaksanaan program pengayaan
a. Materi Program pengayaan
diberikan sesuai dengan KD-KD atau indikator yang dipelajari , bisa berupa penguatan materi yang dipelajari
maupun berupa pengembangan materi
b. Waktu pelaksanaan program
pengayaan adalah:
● setelah mengikuti tes/ulangan KD
tertentu atau kesatuan KD tertentu, dan atau
● pada saat pembelajaran dimana siswa
yang lebih cepat tuntas dibanding dengan teman lainnya maka dilayani dengan
program pengayaan
Sebagai
bagian integral dari kegiatan pembelajaran, kegiatan pengayaan tidak
lepas kaitannya dengan penilaian. Penilaian hasil belajar kegiatan pengayaan,
tentu tidak sama dengan kegiatan pembelajaran biasa, tetapi cukup dalam bentuk portofolio,
dan harus dihargai sebagai nilai tambah (lebih) dari peserta didik yang normal.
A.
Media, alat Bahan, dan Sumber
Belajar
1. Media
: Bola Plastik / Bola standart Bola voli ,Vidio pertandingan bola voli
2. Alat bahan :LCD , Laptop, Screen monitor, CD
pertandingan voli, Sound sistem
3. Sumber Belajar :Buku Guru hal 38-44 dan Buku Siswa hal
12-20Pendidikan Jasmani,Olahraga,dan Kesehatan, Kementerian Pendidikan Dan
Kebudayaan Republik Indonesia 2015
Sidoarjo 27 Juli 2015
Mengetahui
Kepala sekolah
………………………………………….. ……………………………………………………..
B. LEMBAR
PENGAMATAN OBSERVASI DAN KINERJA FORTOFOLIO
Mata Pelajaran : Penjasorkes
Kelas : X
Kompetensi : KD 3.6 dan 4.6
Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
|
Nama
Peserta didik
|
Sikap
|
|||||||||||||||
|
Bekerjasama
|
Toleran
|
|
||||||||||||||
SB
|
B
|
C
|
K
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
...
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K :
Kurang, C : Cukup, B : Baik, SB : Sangat baik
Indikator sikap bekerjasama
1.
Kurang jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan pembelajaran
penjaskes.
2.
Cukup jika kadang-kadang menunjukkan ada
usaha bekerjasama dalam kegiatan pembelajaran penjaskes tetapi belum konsisten
3. Baik jika menunjukkan sudah ada
usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan pembelajaran penjaskes tetapi masih belum ajeg/konsisten.
4. Sangat baik jika menunjukkan adanya
usaha bekerjasama dalam kegiatan pembelajaran penjaskes secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Indikator
sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah dan kreatif.
1. Kurang jika sama
sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
2. Cukup jika kadang-kadang bersikap toleran terhadap proses pemecahan
masalah yang berbeda dan kreatif.
3. Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk
bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
tetapi masih belum konsisten.
4. Sangat
baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk
bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
secara terus menerus dan konsisten.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar