Selasa, 09 Februari 2016

RPP Senam Lantai Penjaskes




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                       :
Kelas/Semester            : X/Gasal        
Mata Pelajaran            : Pen. Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Materi Pokok              : Senam Lantai
Alokasi Waktu            : 2  pertemuan @ 3x45 Menit  



A.    Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
2.      Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
1.1  Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah   Tuhan yang tidak ternilai

2.5 Berperilaku tolenrasi dalam bermain.





3.6    Menganalisis dua jenis rangkaian keterampilan senam lantai untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik.









4.5  Menyajikan peragaan dua jenis gerak dasar senam lantai (dengan alat )






1.1.1        Bersyukur
1.1.2        Berdoa



2.5.1 Mau memaafkan temennya yang bersalah
2.5.2  Tidak mencari kesalahan teman 2.5.3  Menghargai pendapat teman


3.6.1 Menjelaskan tahapan gerakan senam lantai (roll depan, roll belakang).
3.6.2Menemukan Variasi dan kombinasi teknik gerakan senam lantai  (roll depan , roll belakang dan kayang).
3.6.3 Menganalisa kelebihan dan kelemahan Variasi dan kombinasi teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (roll depan , roll belakang).
4.5.1Melakukan Latihan teknik gerakan senam lantai  (roll depan , roll belakang).
4.5.2Melakukan Variasi dan kombinasi teknik gerakan senam lantai (roll depan , roll belakang ).
4.5.3Melakukan pola keterampilan gerakan senam lantai (roll depan , roll belakang ) dengan koordinasi yang baik.


C.    Materi Pembelajaran

  1. GERAK DASAR SENAM LANTAI
A.    . Guling ke depan (forward roll)
Cara melakukan guling ke depan sebagai berikut.
a. Sikap awal dimulai dengan jongkok, kedua lengan lurus ke depan, kemudian simpan kedua telapak tangan di atas matras selebar bahu dan dagu kenakan ke dada.
b. Kedua tungkai diluruskan, usahakan berat badan ada pada kedua tangan.
c. Kemudian, letakkan pundak di atas matras. Setelah itu, tolakkan kedua tungkai sampai badan tubuh mengguling. Sebelum kedua kaki mendarat, peganglah lutut dengan kedua tangan.
d. Sikap akhir guling depan ialah jongkok seperti sikap semula.


               Gambar 4.6 Guling depan


B.     Guling ke belakang

Cara melakukan guling ke belakang sebagai berikut.
a.    Sikap awal jongkok, kedua tangan dibengkokkan, telapak tangan
b.    menghadap ke atas di samping telinga, dagu dikenakan ke dada, dan badan dibulatkan.
C.  Gulingkan badan ke belakang, dimulai dari tumit, lurus menyusur ke panggul, pinggang, punggung, dan pundak.
.d.   Ketika pundak menyentuh pada matras, tolak kedua kaki sehinggan badan mengguling.
e,   Doronglah badan oleh kedua tangan yang berada di samping telingabsehingga kembali ke sikap jongkok.








·         Fakta
1. Perlombaan senam lantai dengan alat baik langsung atau melalui media elektronik
2. Melihat Latihan teknik senam lantai dengan alat melalui media elektronik
·         Konsep
1.    Teknik Roll depan
2.    Teknik Roll belakang
3.    Posisi badan
·         Prinsip
1.    Melakukan teknik Roll depan
2.    Melakukan teknik Roll Belakang
3.    Menempatkan posisi badan yang baik dan benar
·         Prosedur
1.    Sikap awal
2.    Ketepatan gerakan lompat
3.    Sikap akhir atau gerakan lanjutan
4.    Sikap tubuh
D.    Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke 1 ( 3 X 45 Menit )
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·      Menyampaikan kompetensi (KD) yang akan diajarkan.
·      Menyampaikan tujuan pembelajaran.
·      Meminta beberapa orang peserta didik mengemukakan pengalaman setelah melihat/melakukan latihan teknik gerakan senam lantai  (Roll Depan) dari berbagai sumber.
·      Mengaitkan apa dikemukakan peserta didik dengan materi yang akan dipelajari.
·      Melakukan pemanasan.
·      Guru Membagi peserta didik dalam kelompok-kelompok

15 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
·          Siswa menyimak peragaan teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (Roll Depan,rol belakang ) yang dilakukan oleh peserta didik lain.

Menanya
·           Siwa mengajukan pertanyaan berdasarkan pengamatan mereka.
·           Siwa mengajukan pertanyaan mengenai teknik gerakan senam lantai dengan menggunakan matras  ( Roll Depan ) yang belum dipahami.
·           Guru memberi kesempatan bagi peserta didik lain yang ingin menanggapi atau menjawab pertanyaan siswa.
Mencoba
·        Peserta didik dalam kelompok diminta melakukan latihan  gerakan senam lantai menggunakan matras (roll depan,rol belakang ) dengan baik dan benar.
.
Mengasosiasi
·           Disajikan peragaan teknik dari peserta didik yang teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (rol depan,rol belakang) dengan baik dan benar atau menyajikan beberapa gambar dan video klip berisi latihan teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (Roll Depan,rol belakang).
·           Masing-masing kelompok berdiskusi mengurutkan tahapan teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (Roll Depan,rol belakang) yang benar dan memberikan alasan/argumen..
Mengomunikasikan
·         Secara bergilir setiap kelompok diberi kesempatan memperagakan latihan gerakan senam lantai menggunakan alat (Roll depan,rol belakang) yang benar.
·         Kelompok lain dapat memberi tanggapan dan pertanyaan
105 menit
Penutup
·           Meminta peserta didik menyimpulkan teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (rol depan,rol belakang) yang baik dan benar.
·           Evaluasi
·           Memberikan tugas pengamatan variasi latihan teknik  gerakan senam lantai menggunakan alat (Roll Depan,rol belakang) melalui media baca, video atau internet.
·           Mengingatkan materi pertemuan berikutnya tentang latihan gerakan senam lantai menggunakan alat (rol depan,Roll Belakang).
15 menit

Pertemuan Ke 2 ( 3 X 45 Menit )
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·      Merefleksi kembali pelajaran pertemuan sebelumnya.
·      Membahas tugas pengamatan yang telah dikerjakan di rumah.
·      Menyampaikan tujuan pembelajaran.
·      Mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan materi yang akan dipelajari yaitu latihan teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (Roll Belakang).
·      Membagi peserta didik ke dalam kelompok.
15 menit
Kegiatan Inti
Mengamati dan Menanya
·      Dua orang siswa dari kelompok berbeda diminta untuk memaparkan hasil tugas baca tentang latihan teknik  gerakan senam lantai menggunakan alat (Roll Belakang ) melalui media baca , video atau internet.
Mencoba
·     Kelompok diminta untuk mencoba  mempraktekkan latihan teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (Roll Belakang).


·     Guru menilai kreatifitas dan kerjasama latihan teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (Roll Belakang).
Mengasosiasi
·     Setiap Kelompok mencoba latihan teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (Roll Belakang).
·     Siswa mempraktekkan variasi latihan teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (Roll Belakang).
·     Guru menilai kerjasama antar kelompok, menilai keterampilan mengolah dan menalar.
Mengomunikasikan
·     Perwakilan kelompok memaparkan hasil latihan teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (Roll Belakang).
·     Guru menilai keterampilan menyaji dan berkomunikasi.
105 menit
Penutup
·     Bersama siswa menyimpulkangerakan senam lantai menggunakan alat (Roll Belakang) yang baik dan benar.
·     Evaluasi.
·     Memberikan tugas pengamatan variasi latihan teknik  gerakan senam lantai menggunakan alat (Roll Belakang) melalui media baca, video atau internet.
·     Mengingatkan materi pertemuan berikutnya tentang latihan gerakan senam lantai menggunakan alat.
15 Menit

Pertemuan Ke 2 ( 3 X 45 Menit )
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·      Merefleksi kembali pelajaran pertemuan sebelumnya.
·      Membahas tugas pengamatan yang telah dikerjakan di rumah.
·      Menyampaikan tujuan pembelajaran.
·      Berdoa
·      Mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan materi yang akan dipelajari yaitu latihan teknik gerakan senam lantai menggunakan alat.
·      Melakukan pemanasan.
·      Membagi peserta didik ke dalam kelompok.
15 menit
Kegiatan Inti
Mengamati dan Menanya
·      Dua orang siswa dari kelompok berbeda diminta untuk memaparkan hasil tugas baca tentang latihan teknik  gerakan senam lantai menggunakan alat melalui media baca , video atau internet.
Mencoba
·     Kelompok diminta untuk mencoba  mempraktekkan latihan teknik gerakan senam lantai berguling ke depan dan berguling ke belakang menggunakan alat
·     Guru menilai kreatifitas dan kerjasama latihan teknik gerakan senam lantai menggunakan alat .
Mengasosiasi
·     Setiap Kelompok mencoba latihan teknik gerakan senam lantai menggunakan alat.
·     Siswa mempraktekkan variasi latihan teknik gerakan senam lantai menggunakan alat.
·     Guru menilai kerjasama antar kelompok, menilai keterampilan mengolah dan menalar.
Mengomunikasikan
·     Perwakilan kelompok memaparkan hasil latihan teknik gerakan senam lantai menggunakan alat.
·     Guru menilai keterampilan menyaji dan berkomunikasi.
105 menit
Penutup
·     Menyimpulkan
·     Memberikan tugas
·     Evaluasi
·     Mengabsen
·     Berdoa

15 Menit

E.     Penilaian Hasil Belajar
Lampiran 1 Instrumen KI:1
  Lembar observasi penilaian sikap sepiritual
NO
Perilaku yang diharapkan
V
1
2
1
Melakukan berdoa sebelum dan sesudah pelajaran


2
Tujukan sikap bersukur atas hasil pembelajaran



Jumlah skor


N=Jumlah skor    X 
 Skor Max                4
ASPEK SIKAP
Lampiran 2 Instrumen Penilaian KI: 2   
Aspek yang diukur
Deskripsi sikap yang diukur
  V
1
2

TOLERANSI
Mau memaafkan temennya yang bersalah


Tidak mencari kesalahan teman


Menghargai pendapat teman



N=Jumlah skor   X  4
 Skor Max               6
Lampiran 3 Instrumen Penilaian KI: 3
NO
PERTANYAAN
1
2


Menjelaskan tahapan gerakan senam lantai (roll depan,roll belakang).


Menjelaskan Variasi dan kombinasi teknik gerakan senam lantai  (roll depan,roll belakang


Menganalisa kelebihan dan kelemahan Variasi dan kombinasi teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (roll depan , roll belakang).




N=Jumlah skor   X  4
 Skor Max               4

Jawab:1.Sikap awal jongkok dengan sempurna , letakkan ketiak diatas lutut,kedua lengan lurus kedepan,letakkan kedua tangan di atas matras dengan jari – jari terbuka
2.Siswa memberikan gerakan tambahan dari rol depan dilanjutkan ke rol belakang.
3.Kelemahan :Posisi tanagn,tengkuk tidak bertumpu pada martras mengakibatkan rol depan,rol belakang tidak sempurna
   Kelebihan : Apabila posisi tumpuan tangan,tengkuk benar maka gerakan rol depan,rol belakang sempurna





LAMPIRAN  4 INTRUMEN  KI 4
NO
PERTANYAAN
1
2

Melakukan Latihan teknik gerakan senam lantai  (roll depan ,
Rol belakang)


Melakukan Variasi dan kombinasi teknik gerakan senam lantai (roll depan,rol belakang)


Melakukan pola keterampilan gerakan senam lantai (roll depan , roll belakang ) dengan koordinasi yang baik



N=Jumlah skor     X  4
 Skor Max                 4


Jawaban: 1.Siswa melakukan gerakan tangan di letakkan di matras,k,tengkuk masuk
           Kedalam ,dilanjutkan badan berguling kedepan
         2.Siswa melakukan gerakan jongkok kedua kaki rapat kedua tumit di
           angkat kedua tangan
           Tanagan dengan siku di tekuk berada diatas bahu di samping telinga
              Dan kedua telapak tangan menghadapke atas dagu diraptkan ke dada.

A.    Alat/Media/Bahan
Alat                      : matras, peti lompat.
Bahan ajar            : Buku pegangan Penjasorkes jilid 1,Video pembelajaran teknik senam lantai, dan lainnya.























PROGRAM REMIDIAL

Sekolah                                  : 
Kelas / Semester                  :  X (Sepuluh) / 1
Mata Pelajaran                     :  PJOK
Ulangan Harian  ke               :  1
Bentuk Soal UH                     :  
KKM                                        : 2,67
Materi  (KD/Indikator)         :   
 3.6.1 Menjelaskan tahapan gerakan senam lantai (roll depan, roll belakang).
3.6.2 Menjelaskan Variasi dan kombinasi teknik gerakan senam lantai  (roll depan , roll belakang ).
3.6.3 Menganalisa kelebihan dan kelemahan Variasi dan kombinasi teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (roll depan , roll belakang).
                                                                                                                               
A.       Peserta remidi
Peserta remidi adalah peserta didik yang nilainyanya belum mencapai KKM
B.       Jenis kesulitan
Memahami arti Menganalisis taktik dan strategi (pola menyerang dan bertahan) permainan  bola voli
C.       Tujuan
Agar peserta didik mampu memahami Menganalisis taktik dan strategi (pola menyerang dan bertahan) permainan  bola voli
D.       Kegiatan
Melakukan  remedial dengan  mengerjakan latihan-latihan soal dan gerakan-garakan
E.        Instrument
Tes tertulis

No.
Nilai Tes Rem
Nomor Soal yang dikerjakan dalam Tes  Remidial
Bentuk Pelaksanaan Pembelajaran Remidial
Indikator yg tdk dikuasai
Nilai Ulg
Nama Siswa
Ket
1.
75
2, 3, 4, 5
Diberikan Bimbingan Khusus dan tugas Individu
3.1.2
46
Agam Mujahidin
Tuntas
2.
77
4, 5
Diberikan Tugas khusus
3.1.2
48
Andre Septianto
Tuntas
3.
77
2, 3
Diberikan Tugas khusus
3.1.2
50
Pandu Pradana
Tuntas
4
77
2, 3, 4, 5
Diberikan Bimbingan Khusus dan tugas Individu
3.1.2
46
Surya Rahman
Tuntas
5
78
1, 3, 4, 5
Diberikan Bimbingan Khusus dan tugas Individu
3.1.2
40
Dwi Aulia F
Tuntas

Bentuk Pelaksanaan Pembelajaran Remedial

1.    Cara yang dapat ditempuh
a.  Pemberian bimbingan secara khusus dan perorangan bagi peserta didik yang belum atau mengalami kesulitan dalam penguasaan KD tertentu.
b.  Pemberian tugas-tugas atau perlakuan (treatment) secara khusus, yang sifatnya penyederhanaan dari pelaksanaan pembelajaran regular.
      Bentuk penyederhanaan itu dapat dilakukan guru antara lain melalui:
      a.  Penyederhanaan strategi pembelajaran untuk KD tertentu
      b.  Penyederhanaan cara penyajian (misalnya: menggunakan gambar, model,  memberikan rangkuman yang sederhana, dll.)
       c.  Penyederhanaan soal/pertanyaan yang diberikan.
2.    Materi dan waktu pelaksanaan program remedial
a.  Program remedial diberikan hanya pada KD atau indikator  yang belum tuntas.
b.  Program remedial dilaksanakan setelah mengikuti  tes/ulangan KD tertentu atau sejumlah KD dalam  satu kesatuan
Teknik pelaksanaan penugasan/pembelajaran  remedial:
      Penugasan individu diakhiri dengan tes (lisan/tertulis) bila jumlah peserta didik yang mengikuti remedial maksimal 20%.
      Penugasan kelompok diakhiri dengan tes individual (lisan/tertulis) bila jumlah peserta didik yang mengikuti remedi lebih dari 20% tetapi kurang dari 50%. Pembelajaran ulang diakhiri dengan tes individual (tertulis) bila jumlah peserta didik yang mengikuti remedi lebih dari 50 %.



PROGRAM PENGAYAAN

Sekolah                                                  : 
Kelas / Semester                                  :  X / 1
Mata Pelajaran                                     : PJOK
KKM Mata Pelajaran                            : 2, 67
Materi  (KD/Indikator)                         :   

Indikator
3.6.1 Menjelaskan tahapan gerakan senam lantai (roll depan, roll belakang).
3.6.2 Menjelaskan Variasi dan kombinasi teknik gerakan senam lantai  (roll depan , roll belakang ).
3.6.3 Menganalisa kelebihan dan kelemahan Variasi dan kombinasi teknik gerakan senam lantai menggunakan alat (roll depan , roll belakang).
                                                                                                                               
  
Nilai Praktek
Nama Siswa
Bentuk Pengayaan
94

Syaifulloh huda

1. Memberikan soal-soal  pemecahan masalah, misalnya soal-soal yang lebih bersifat HOTS
2. Memanfaatkan  Mei Nur Lestari, Tri Cahyawati, Willy Alanbiadan Muhammad Asolihin untuk menjadi Tutor Sebayara
3 contoh kegiatan melakukan gerakan rol depan dengan mengunakan rintangan
4 melakukan 3 gerakan rol ke depan langsung berdiri
94
Nyamat
94
Agus supriano
90
Misharuni

Pelaksanaan Program Pengayaan
1.      Cara yang dapat ditempuh:
a.  Pemberian bacaan tambahan atau berdiskusi yang bertujuan memperluas wawasan bagi KD tertentu
b.  Pemberian tugas untuk melakukan analisis dari contoh Makalah dll.
c.  Memberikan soal-soal latihan tambahan yang bersifat pengayaan
d.  Membantu guru dalam membimbing teman-temannya yang belum mencapai ketuntasan.

2.      Materi dan waktu pelaksanaan program pengayaan
a. Materi Program pengayaan diberikan sesuai dengan KD-KD atau indikator  yang dipelajari ,  bisa berupa penguatan materi yang dipelajari maupun berupa pengembangan materi
b. Waktu pelaksanaan program pengayaan adalah:
      setelah mengikuti tes/ulangan  KD tertentu  atau  kesatuan KD tertentu, dan  atau
      pada saat pembelajaran dimana siswa yang lebih cepat tuntas dibanding dengan teman lainnya maka dilayani dengan program pengayaan

Sebagai bagian integral dari kegiatan pembelajaran,  kegiatan pengayaan tidak lepas kaitannya dengan penilaian. Penilaian hasil belajar kegiatan pengayaan, tentu tidak sama dengan kegiatan pembelajaran biasa, tetapi cukup dalam bentuk portofolio, dan harus dihargai sebagai nilai tambah (lebih) dari peserta didik yang normal.

A.    Media, alat Bahan, dan Sumber Belajar
1.   Media    : Bola Plastik / Bola standart Bola voli ,Vidio pertandingan bola voli
2.   Alat  bahan         :LCD , Laptop, Screen monitor, CD pertandingan voli, Sound sistem
3.   Sumber Belajar      :Buku Guru hal 38-44 dan Buku Siswa hal 12-20Pendidikan Jasmani,Olahraga,dan Kesehatan, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia 2015

                                                                                                                                Sidoarjo 27 Juli 2015
         Mengetahui
        Kepala sekolah



…………………………………………..                                                        ……………………………………………………..






































B.  LEMBAR PENGAMATAN OBSERVASI DAN KINERJA FORTOFOLIO
Mata Pelajaran      : Penjasorkes
Kelas                     : X
Kompetensi           : KD 3.6 dan 4.6
Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No

Nama Peserta didik
Sikap

Bekerjasama
Toleran

SB
B
C
K
SB
B
C
K
SB
B
C
K
SB
B
C
K
1

















2

















3

















4

















5

















...

















Keterangan:
K    : Kurang,         C         : Cukup,          B         : Baik,              SB       : Sangat baik


Indikator sikap bekerjasama
1.    Kurang jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan pembelajaran penjaskes.
2.    Cukup jika kadang-kadang menunjukkan ada usaha bekerjasama dalam kegiatan pembelajaran penjaskes tetapi belum konsisten
3.    Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan pembelajaran penjaskes tetapi masih belum ajeg/konsisten.
4.    Sangat baik jika menunjukkan adanya  usaha bekerjasama dalam kegiatan pembelajaran penjaskes secara terus menerus dan ajeg/konsisten.

Indikator sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah dan kreatif.
1.    Kurang  jika sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah  yang berbeda dan kreatif.
2.    Cukup  jika kadang-kadang  bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah  yang berbeda dan kreatif.
3.    Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masih belum konsisten.
4.    Sangat baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan konsisten.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar