Selasa, 23 Februari 2016

SUPERVISI KEGIATAN PEMBELAJARAN


SUPERVISI KEGIATAN PEMBELAJARAN
(Berdasarkan Standar Proses)
















Nama Sekolah
:











Nama Guru
:











Pangkat Golongan
:











Mata Pelajaran
:



Jml. Tatap Muka :





Sertifikasi
:





















No
Sub Komponen dan Butir Komponen             (Tatap Muka )
Kondisi
Skor Nilai
Keterangan  Kesesuaian
Ya
Tidak
4
3
2
1
1
Kegiatan Pendahuluan








a.
Menyiapkan anak didik






4 = Baik Sekali

b.
Melakukan Apersepsi






3 = Baik

c.
Menjelaskan KD dan tujuan yang ingin dicapai.






2 = Cukup

d.
Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus/kesiapan bahan ajar.






1 = Kurang

e.
Penampilan guru







2
Kegiatan Inti Pembelajaran








A.
EKSPLORASI








1.
Melibatkan siswa dalam mencari informasi dan belajar dari aneka sumber dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru.








2.
Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, Media Pembelajaran dan sumber belajar lainnya.








3.
Memfasilitasi terjadinya interaksi antar siswa serta antar siswa dengan guru, lingkungan dan sumber belajar lainnya








4.
Melibatkan siswa secara aktif dalam berbagai kegiatan pembelajaran.








5.
Memfasilitasi siswa melakukan percobaan di laboratorium, stodio atau lapangan








B.
ELABORASI








1.
Membiasakan siswa membaca dan menulis yang beragam melalui tugas tugas tertentu yang bermakna








2.
Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas, diskusi dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tulisan.








3.
Memberi kesempatan untuk berfikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa ada rasa takut.








4.
Memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif.








5.
Memfasilitasi siswa berkompetensi secara sehat untuk meningkatkan prestasi_belajar








6.
Memfasilitasi siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis secara individual atau kelompok.







No
Sub Komponen dan Butir Komponen  (Tatap Muka )
Kondisi
Skor Nilai
Keterangan  Kesesuaian
Ya
Tidak
4
3
2
1

7.
Memfasilitasi siswa melakukan pameran,turnamenjestival serta produk yang dihasilkan








8.
Memfasilitasi siswa mefakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri siswa








C.
KONFIRMASI










1.
Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan siswa.








2.
Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi siswa melalui berbagai sumber.








3.
Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan








4.
Berfungsi sebagai nara sumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan siswa yang menghadapi kesulitan.








5.
Membantu menyelesaikan masalah siswa dalam melakukan pengecekan hasil eksplorasi.








6.
Memberikan motifasi kepada siswa yang kurang aktif dan memberikan informasi untuk bereksplorasi lebih jauh.







3
PENUTUP









a.
Membuat rangkuman/ simpulan.







b.
Melakukan penilaian dan atau refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan.







c.
Memberikan umpan balik terhadap proses hasil pembelajaran.







d.
Memberi tugas Terstruktur (PT) dan kegiatan mandiri tidak terstruktur (KMTT)







e.
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.







Jumlah Skor
































Keterangan :
Nilai Akhir   =
Skor Perolehan  X  100%







Skor Maksimal

















Ketercapaian :
86% -   100%  =   Baik Sekali

NILAI AKHIR






79% -   85  %  =   Baik









55% -   69%    =   Cukup








0%   <    55%   =   Kurang

















TINDAK LANJUT












































































































Ngawi, ..................................















Pengawas




Guru Mata Pelajaran























































NIP.





NIP.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar