INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA GURU
|
|||||||
Nama Guru
|
:
|
|
|
|
|
||
Nama
Sekolah
|
:
|
|
|
|
|
||
Alamat
Sekolah
|
:
|
|
|
|
|
||
Kabupaten/
Kota
|
:
|
|
|
|
|
||
Provinsi
|
:
|
|
|
|
|
||
Nama
Kepala Sekolah
|
:
|
|
|
|
|
||
Cara Pengisian : Berikan tanda v pada kolom pilihan
|
|||||||
No.
|
Komponen
|
Pilihan
|
Alat Ukur
|
Skor
|
|||
A
|
Pendidikan dan Pengalaman
|
|
|
|
|
||
1
|
Pendidikan
Guru
|
|
1
|
S3
|
0
|
||
|
2
|
S2 Bidang
Pendidikan
|
|||||
|
3
|
S2 Non
Pendidikan
|
|||||
|
4
|
S1
Pendidikan
|
|||||
|
5
|
S1 Non
Pendidikan
|
|||||
2
|
Pengalaman
Bekerja
|
|
1
|
> 20
Tahun
|
0
|
||
|
2
|
Lebih dari
15 s/d- 20 Tahun
|
|||||
|
3
|
Lebih dari
10 tahun - 15 Tahun
|
|||||
|
4
|
Lebih dari
5 Tahun s/d 10 tahun
|
|||||
|
5
|
Kurang
dari 5 tahun
|
|||||
3
|
Jabatan
Tambahan
|
|
1
|
Wakil
Kepala sekolah
|
0
|
||
|
2
|
Staf Wakil
Kepsek
|
|||||
|
3
|
Pembina
Kegiatan Ekstra Kurikuler
|
|||||
|
4
|
Walikelas
|
|||||
|
5
|
Pengelola
Program Tertentu
|
|||||
B
|
Pengembangan Profesi
|
|
|||||
4
|
Pelatihan/Kursus/Workhop
|
|
1
|
641 -
960 jam
|
0
|
||
|
2
|
481 -
640 jam
|
|||||
|
3
|
161 -
480 jam
|
|||||
|
4
|
81
- 160 jam
|
|||||
|
5
|
30 -
80 jam
|
|||||
5
|
Sebagai
Pembicara dalam Seminar/Lokakarya
|
|
1
|
Tingkat
Internasional
|
0
|
||
|
2
|
Tingkat
Nasional
|
|||||
|
3
|
Tingkat
Provinsi
|
|||||
|
4
|
Tingkat
Kabupaten/ Kota
|
|||||
|
5
|
Tingkat
Sekolah/kecamatan
|
|||||
6
|
Sebagai
Moderator dalam Seminar/Lokakarya
|
|
1
|
Tingkat
Internasional
|
0
|
||
|
2
|
Tingkat
Nasional
|
|||||
|
3
|
Tingkat
Provinsi
|
|||||
|
4
|
Tingkat
Kabupaten/ Kota
|
|||||
|
5
|
Tingkat
Sekolah/kecamatan
|
|||||
7
|
Sebagai
Peserta dalam Seminar/Lokakarya
|
|
1
|
Tingkat
Internasional
|
0
|
||
|
2
|
Tingkat
Nasional
|
|||||
|
3
|
Tingkat
Provinsi
|
|||||
|
4
|
Tingkat
Kabupaten/ Kota
|
|||||
|
5
|
Tingkat
Sekolah/kecamatan
|
|||||
8
|
Sebagai
Panitia dalam Seminar/Lokakarya
|
|
1
|
Tingkat
Internasional
|
0
|
||
|
2
|
Tingkat
Nasional
|
|||||
|
3
|
Tingkat
Provinsi
|
|||||
|
4
|
Tingkat
Kabupaten/ Kota
|
|||||
|
5
|
Tingkat
Sekolah/kecamatan
|
|||||
9
|
Menulis
Buku
|
|
1
|
Tingkat
Internasional
|
0
|
||
|
2
|
Tingkat
Nasional
|
|||||
|
3
|
Tingkat
Provinsi
|
|||||
|
4
|
Tingkat
Kabupaten/ Kota
|
|||||
|
5
|
Tingkat
Sekolah/kecamatan
|
|||||
10
|
Menulis
Modul
|
|
1
|
Tingkat
Internasional
|
0
|
||
|
2
|
Tingkat
Nasional
|
|||||
|
3
|
Tingkat
Provinsi
|
|||||
|
4
|
Tingkat
Kabupaten/ Kota
|
|||||
|
5
|
Tingkat
Sekolah/kecamatan
|
|||||
11
|
Membuat
Tulisan Karya Ilmiah
|
|
1
|
Tingkat
Internasional
|
0
|
||
|
2
|
Tingkat
Nasional
|
|||||
|
3
|
Tingkat
Provinsi
|
|||||
|
4
|
Tingkat
Kabupaten/ Kota
|
|||||
|
5
|
Tingkat
Sekolah/kecamatan
|
|||||
12
|
Mendapat
Penghargaan sebagai guru berprestasi
|
|
1
|
Tingkat
Internasional
|
0
|
||
|
2
|
Tingkat
Nasional
|
|||||
|
3
|
Tingkat
Provinsi
|
|||||
|
4
|
Tingkat Kabupaten/
Kota
|
|||||
|
5
|
Tingkat
Sekolah/kecamatan
|
|||||
13
|
Penampilan
dan potensi diri
|
|
1
|
Berpakaian
rapih
|
0
|
||
|
2
|
Menggunakan
bahasa yang baik dalam berkomunikasi
|
|||||
|
3
|
Bersikap
ramah
|
|||||
|
4
|
Tepat
waktu
|
|||||
|
5
|
Suppel
dalam bergaul
|
|||||
14
|
Mendorong
hasil produk inovatif siswa
|
|
1
|
Menghasilkan
nilai ujian sangat tinggi
|
0
|
||
|
2
|
Menghasilkan
produk penerapan ilmu
|
|||||
|
3
|
Mempublikasikan
karya kreatif
|
|||||
|
4
|
Juara dalam
bidang akademik
|
|||||
|
5
|
Juara
dalam aplikasi teknologi terapan
|
|||||
15
|
Menghasilkan
siswa peraih prestasi
|
|
1
|
Tingkat
Internasional
|
0
|
||
|
2
|
Tingkat
Nasional
|
|||||
|
3
|
Tingkat
Provinsi
|
|||||
|
4
|
Tingkat Kabupaten/
Kota
|
|||||
|
5
|
Tingkat
Sekolah/kecamatan
|
|||||
C
|
Perencanaan Belajar
|
|
|
||||
16
|
Merumuskan
Silabus dan RPP dengan indikator;
|
|
1
|
Memiliki
dokumen KTSP
|
0
|
||
|
2
|
Memiliki
dokumen silabus
|
|||||
|
3
|
Memiliki
dokumen RPP
|
|||||
|
4
|
Memiliki
model RPP pembanding
|
|||||
|
5
|
Miliki
Kalender Pendidikan
|
|||||
17
|
Memperbaiki
Silabus dan RPP
|
|
1
|
Melakukan
perbaikan silabus dan dan RPP
|
0
|
||
|
2
|
Memiliki dokumen
pelaksanaan kegiatan perbaikan
|
|||||
|
3
|
Memiliki
dokumen yang diperbaiki
|
|||||
|
4
|
Memiliki
catatan komponen yang diperbaiki
|
|||||
|
5
|
Memiliki
dokumen hasil perbaikan.
|
|||||
18
|
Merumuskan indikator pembelajaran
|
|
1
|
Menggambarkan
prilaku
|
0
|
||
|
2
|
Menggambarkan
kondisi
|
|||||
|
3
|
Mengandung
kriteria kegiatan
|
|||||
|
4
|
Mencerminkan
yang dapat siswa capai
|
|||||
|
5
|
Berupa
pengaman belajar peserta didik
|
|||||
19
|
Merumuskan
materi
|
|
1
|
Sesuai
dengan kompetensi dasar
|
0
|
||
|
2
|
Mendeskripsikan
pentahapan materi yang siswa kuasai
|
|||||
|
3
|
Mendeskripsikan
multi kecerdasan
|
|||||
|
4
|
Menunjukan
sumber belajar yang jelas
|
|||||
|
5
|
Fleksibel dan
menjadi bagian dari dunia siswa
|
|||||
20
|
Merumuskan
metode
|
|
1
|
Memilih metode variatif
|
0
|
||
|
2
|
Menggambarkan
pengalaman belajar siswa secara aktif
|
|||||
|
3
|
Berpusat
pada aktivitas siswa
|
|||||
|
4
|
Metode sesuai
dengan kebutuhan siswa belajar.
|
|||||
|
5
|
Medorong
siswa membangun kesimpulan hasil belajar
|
|||||
21
|
Menentukan
peraga
|
|
1
|
Memilih
alat peraga sesuai dengan tujuan
|
0
|
||
|
2
|
Kesesuaian
media pengembangan kreativitas siswa
|
|||||
|
3
|
Membangun
tantangan baru inovatif
|
|||||
|
4
|
Memanfaatkan
sumber daya lingkungan dan alam sekitar
|
|||||
|
5
|
Memanfaatkan
teknologi informasi
|
|||||
22
|
Menentukan
sumber belajar
|
|
1
|
Memilih
materi sesuai dengan tujuan
|
0
|
||
|
2
|
Menyediakan
sumber belajar yang variatif
|
|||||
|
3
|
Sumber
belajar bilingual.
|
|||||
|
4
|
Mendayagunakan
perpustakaan
|
|||||
|
5
|
Memberdayakan
TIK
|
|||||
23
|
Merumuskan
evaluasi
|
|
1
|
Merumuskan
instrumen penilaian
|
0
|
||
|
2
|
Menentukan
prosedur evaluasi proses.
|
|||||
|
3
|
Mengadministrasikan
hasil penilaian
|
|||||
|
4
|
Melakukan
analisis butir soal
|
|||||
|
5
|
Menggunakan
informasi hasil penilaian untuk menyusun program perbaikan dan pengayaan.
|
|||||
24
|
Kesesuaian
dengan KTSP
|
|
1
|
Menentukan
tujuan sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.
|
0
|
||
|
2
|
Menggunakan
pola perancangan pembelajaran secara sistematik.
|
|||||
|
3
|
Mengembangkan
RPP mengacu pada pedoman penulisian RPP
|
|||||
|
4
|
Menggunakan
perancangan belajar tatap muka dan perancangan belajar mandiri
|
|||||
|
5
|
Memanfaatkan
model perancangan acuan pembanding bertaraf internasional.
|
|||||
25
|
Relevan
dengan kehidupan
|
|
1
|
Menyediakan
pengalaman belajar yang diintegrasikan
pada kehidupan di masyarakat.
|
0
|
||
|
2
|
Memanfaatkan
fenomena lingkungan untuk meningkatkan kinerja belajar siswa.
|
|||||
|
3
|
Meningkatkan
kerja sama sebagai basis kolaborasi
|
|||||
|
4
|
Menetapkan
standar produk hasil belajar sebagai modal dalam berkompetisi.
|
|||||
|
5
|
Mengkomunikasikan
hasil belajar berkeunggulan kepada halayak.
|
|||||
D
|
Melaksanakan
Pembelajaran
|
|
|||||
26
|
Kehadiran
melaksanakan tugas
|
|
1
|
Di atas
99% = 5
|
0
|
||
|
2
|
97 -
98,9% = 4
|
|||||
|
3
|
95 –
96,9% = 3
|
|||||
|
4
|
93 - 94,9%
= 2
|
|||||
|
5
|
Di bawah
93% = 1
|
|||||
27
|
Menggunakan RPP
|
|
1
|
Membawa
RPP dalam kegiatan pembelajaran
|
0
|
||
|
2
|
Menetapkan
tujuan pembelajaran sebagai target transaksional kegiatan
|
|||||
|
3
|
Mensosialisasikan
indikator hasil belajar
|
|||||
|
4
|
Menyajikan
materi sesuai rencana.
|
|||||
|
5
|
Menerapkan
strategi pembelajaran sesuai dengan rencana.
|
|||||
28
|
Menggunakan
sumber belajar yang variatif
|
|
1
|
Memiliki
standar minimum untuk sumber balajar guru
|
0
|
||
|
2
|
Menetukan
standar minimum sumber belajar siswa
|
|||||
|
3
|
Menggunakan
sumber belajar variatif.
|
|||||
|
4
|
Menggunakan
sumber belajar berbasis TIK
|
|||||
|
5
|
Menggunakan
sumber belajar berbahas asing.
|
|||||
29
|
Melakukan
kegiatan pendahuluan
|
|
1
|
Mencatat
siswa yang tidak hadir
|
0
|
||
|
2
|
Melakukan
tergur sapa untuk mencairkan suasana kelas
|
|||||
|
3
|
Memastikan
seluruh sumber daya kelas siap belajar
|
|||||
|
4
|
Menyampaikan
tujuan dan target pembelajaran
|
|||||
|
5
|
Mengawali
pembelajaran dengan mengaitkan pada materi sebelumnya dan materi pelajaran
lain.
|
|||||
30
|
Penyampaikan
konsep materi sesuai RPP
|
|
1
|
Menetapkan
standar ketuntasan minimal
|
0
|
||
|
2
|
Mengacu
pada materi yang terdapat pada RPP
|
|||||
|
3
|
Mengolah
materi pelajaran secara kreatif
|
|||||
|
4
|
Menyajikan
materi untuk meningkatkan penguasaan teori dan mempraktekannya
|
|||||
|
5
|
Mengevaluasi
kompetensi siswa sesuai dengan konsep pada RPP.
|
|||||
31
|
Menggunakan
konsep dengan bahasa yang jelas dan sistematis
|
|
1
|
Menunjukan
kerangka materi yang membantu siswa lebih mudah memahaminya.
|
0
|
||
|
2
|
Menyampaikan
materi dengan bahasa yang efisien
|
|||||
|
3
|
Menggunakan
bahasa yang sesuai dengan karakter siswa.
|
|||||
|
4
|
Suara
terdengar jelas oleh seluruh siswa
|
|||||
|
5
|
Dapat
menjelaskan materi yang bersumber daya sumber belajar berbahasa asing.
|
|||||
32
|
Menggunakan
alat peraga
|
|
1
|
Menggunakan
alat peraga sesuai kebutuhan
|
0
|
||
|
2
|
Penggunaan
alat peraga melibatkan siswa
|
|||||
|
3
|
Menggunakan
alat peraga efisien
|
|||||
|
4
|
Menggunakan
alat peraga pratis
|
|||||
|
5
|
Penggunaan
alat peraga membantu siswa memahami dan dapat menerapkan konsep.
|
|||||
33
|
Mendayagunakan
teknologi informasi
|
|
1
|
Menggunakan
TIK untuk mengadministrasikan perencanaan pembelajaran
|
0
|
||
|
2
|
Menggunakan
TIK dalam sebagai sumber belajar guru
|
|||||
|
3
|
Menggunakan
teknologi sebagai sumber belajar siswa
|
|||||
|
4
|
Mendayagunakan
teknologi sebagai alat analisis soal.
|
|||||
|
5
|
Mendayagunakan
TIK sebagai pendukung pengelolaan hasil evaluasi belajar siswa.
|
|||||
34
|
Menggunakan
bahasa asing dalam pembelajaran
|
|
1
|
Menggunakan
bahasa asing pembukaan pembelajaran
|
0
|
||
|
2
|
Menggunakan
bahasa asing sebagai bahasa kelas
|
|||||
|
3
|
Menggunakan
strategi bilingual dalam menjelaskan materi
|
|||||
|
4
|
Menuliskan
bahasa asing diperlukan untuk penjelasan kepada siswa
|
|||||
|
5
|
Menggunakan
bahasa asing sebagai bahasa pengantar
pada keseluruhan kegiatan pembelajaran.
|
|||||
35
|
Membangun
pengalaman belajar peserta didik
|
|
1
|
membangun
berpikir kritis
|
0
|
||
|
2
|
membangun
pikiran yang baru
|
|||||
|
3
|
mengasilkan
produk belajar yang baru
|
|||||
|
4
|
mengembangkan
semangat merumuskan konsep baru
|
|||||
|
5
|
menantang
multi kecerdasan.
|
|||||
36
|
Peserta
didik aktif
|
|
1
|
Merespon
pernyataan guru secara positif
|
0
|
||
|
2
|
Mengajukan
pertanyaan
|
|||||
|
3
|
Menjawab pertanyaan
|
|||||
|
4
|
Mengusulkan
gagasan
|
|||||
|
5
|
Menyelesaikan
tugas.
|
|||||
37
|
Peserta
didik interaktif
|
|
1
|
Memperhatikan
pernyataan teman
|
0
|
||
|
2
|
Menyempurnakan
gagasan teman
|
|||||
|
3
|
Benunjukan
kekuatan pikiran teman
|
|||||
|
4
|
Menyetujui
pendapat teman
|
|||||
|
5
|
Menolak
pernyataan teman dengan sopan
|
|||||
38
|
Melakukan
penilaian proses
|
|
1
|
Guru
memiliki dokumen hasil penilaian proses
|
0
|
||
|
2
|
Guru memiliki
rencana pelaksanaan penilaian proses
|
|||||
|
3
|
Guru
menentukan standar penilaian
|
|||||
|
4
|
Guru
mencatat hasil penilaian proses.
|
|||||
|
5
|
Guru
menggunakan hasil penilaian proses
|
|||||
39
|
Membangun
suasana kelas yang menyenangkan
|
|
1
|
kegiatan
belajar diselingi dengan canda siswa
|
0
|
||
|
2
|
guru
bercanda dengan siswa
|
|||||
|
3
|
siswa
dapat menyelesikan tugas secara kompetitif
|
|||||
|
4
|
suasana
menujukan semangat menciptakan hasil terbaik
|
|||||
|
5
|
menyatakan
penghargaan terhadap setiap ide yang dikemukakan
|
|||||
40
|
Melaksanakan
tes akhir kegiatan pembelajaran
|
|
1
|
Menetapkan
waktu untuk tes akhir pembelajaran dengan tepat
|
0
|
||
|
2
|
Menggunakan
waktu tes pembelajaran secara efektif
|
|||||
|
3
|
Menggunakan
perangkat evaluasi sesuai tujuan
|
|||||
|
4
|
Hasil
evaluasi dapat segera diketahui
|
|||||
|
5
|
Hasil
evaluasi digunakan mengukur target KKM
|
|||||
41
|
Memenuhi
target ketuntasan
|
|
1
|
Memiliki
target ketuntasan
|
0
|
||
|
2
|
Tingkat
ketuntasan pada penguasaan konsep
|
|||||
|
3
|
Tingkat
ketuntasan penerapkan konsep
|
|||||
|
4
|
Ada data
ketuntasan kelas
|
|||||
|
5
|
Ada
administrasi mengenai ketuntasan
|
|||||
42
|
Mendisain
remedial dan pengayaan
|
|
1
|
Terdapat
data acuan dalam penetapan program
|
0
|
||
|
2
|
Memiliki
catatan rencana pelaksanaan remedial dan pengayaan
|
|||||
|
3
|
Terdapat
catatan siswa yang mendapat remedial
|
|||||
|
4
|
Terdapat catatan
siswa yang mendapat pengayaan
|
|||||
|
5
|
Terdapat
data hasil pelaksanaan remedial dan pengayaan
|
|||||
43
|
Memiliki
data penilaian hasil belajar peserta didik
|
|
1
|
Buku nilai
guru rapih
|
0
|
||
|
2
|
Data hasil
belajar siswa lengkap
|
|||||
|
3
|
Terdapat
sampel siswa hasil karya belajar terbaik
|
|||||
|
4
|
Terdapat
sampel hasil belajar siswa yang paling kurang
|
|||||
|
5
|
Data
disimpan dalam dokumen digital.
|
|||||
44
|
Memiliki
catatan kehadiran peserta didik
|
|
1
|
Dokumen
rapih
|
0
|
||
|
2
|
Data
lengkap
|
|||||
|
3
|
Mudah
dibaca
|
|||||
|
4
|
Diolah
sebagai bahan refleksi.
|
|||||
|
5
|
Dilaporkan
kepada pemangku kepentingan
|
|||||
45
|
Mendokumenkan bukti keberhasilan belajar peserta didik
|
|
1
|
Memilih
samper bukti prestasi belajar siswa
|
0
|
||
|
2
|
Menyimpan
sampel portofolio siswa
|
|||||
|
3
|
Mendokomentasikan
karya siswa terbaik dalam dokumen digital
|
|||||
|
4
|
Memiliki
dukumen data
|
|||||
|
5
|
Mempublikasikan
data karya terbaik
|
|||||
E
|
Mengevaluasi Pembelajaran
|
|
|||||
46
|
Panitia UN
|
|
1
|
Sebagai anggota panitia (lintas sekolah 5, ketua di
sekolah 4, wk ketua 3, sekret &bend 2, anggota 1)
|
0
|
||
|
2
|
Sebagai pengawas ruangan
|
|||||
|
3
|
Sebagai penyusun kisi-kisi
|
|||||
|
4
|
Sebagai
penyusun soal
|
|||||
|
5
|
Sebagai
pemeriksa jawaban
|
|||||
47
|
Panitia
Ulum
|
|
1
|
Sebagai anggota panitia (lintas sekolah 5, ketua di
sekolah 4, wk ketua 3, sekret &bend 2, anggota 1)
|
0
|
||
|
2
|
Sebagai pengawas ruangan
|
|||||
|
3
|
Sebagai penyusun kisi-kisi
|
|||||
|
4
|
Sebagai
penyusun soal
|
|||||
|
5
|
Sebagai
pemeriksa jawaban
|
|||||
48
|
Panitia
PSB
|
|
1
|
Sebagai anggota panitia (lintas sekolah 5, ketua di
sekolah 4, wk ketua 3, sekret &bend 2, anggota 1)
|
0
|
||
|
2
|
Sebagai pengawas ruangan
|
|||||
|
3
|
Sebagai penyusun kisi-kisi
|
|||||
|
4
|
Sebagai
penyusun soal
|
|||||
|
5
|
Sebagai
pemeriksa jawaban
|
|||||
49
|
Menganalisis
Soal
|
|
1
|
Memiliki
dokumen data soal yang dianalisis
|
0
|
||
|
2
|
Memiliki
data tingkat kesukaran soal
|
|||||
|
3
|
Memiliki
data soal yang diterima
|
|||||
|
4
|
Memiliki
data soal yang direvisi
|
|||||
|
5
|
Memiliki
data soal yang ditolak
|
|||||
50
|
Menyusun
laporan kinerja belajar peserta didik.
|
|
1
|
Memiliki
data nilai siswa dalam satu semester
|
0
|
||
|
2
|
Memiliki
data siswa nilai siswa hasil ujian akhir
|
|||||
|
3
|
Memiliki
data tingkat kehadiran
|
|||||
|
4
|
Memiliki data
hasil perbaikan dan pengayaan
|
|||||
|
5
|
Memiliki
nilai yang telah diranking
|
Rabu, 24 Februari 2016
INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA GURU
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar