Rabu, 24 Februari 2016

INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA GURU


INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA GURU








Nama Guru
:





Nama Sekolah
:





Alamat Sekolah
:





Kabupaten/ Kota
:





Provinsi
:





Nama Kepala Sekolah
:













Cara Pengisian : Berikan tanda v pada kolom pilihan



No.
Komponen
Pilihan
Alat Ukur
Skor
A
Pendidikan dan Pengalaman






1
Pendidikan Guru

1
S3
0

2
S2 Bidang Pendidikan

3
S2 Non Pendidikan

4
S1 Pendidikan

5
S1 Non Pendidikan
2
Pengalaman Bekerja

1
> 20 Tahun
0

2
Lebih dari 15 s/d- 20 Tahun

3
Lebih dari 10 tahun - 15 Tahun

4
Lebih dari 5 Tahun s/d 10 tahun

5
Kurang dari 5 tahun
3
Jabatan Tambahan

1
Wakil Kepala sekolah
0

2
Staf Wakil Kepsek

3
Pembina Kegiatan Ekstra Kurikuler

4
Walikelas

5
Pengelola Program Tertentu
B
Pengembangan Profesi






4
Pelatihan/Kursus/Workhop

1
  641 -  960 jam
0

2
  481 -  640 jam

3
  161 -  480 jam

4
   81  -  160 jam

5
   30  -    80 jam
5
Sebagai Pembicara dalam Seminar/Lokakarya

1
Tingkat Internasional
0

2
Tingkat Nasional

3
Tingkat Provinsi

4
Tingkat Kabupaten/ Kota

5
Tingkat Sekolah/kecamatan
6
Sebagai Moderator dalam Seminar/Lokakarya

1
Tingkat Internasional
0

2
Tingkat Nasional

3
Tingkat Provinsi

4
Tingkat Kabupaten/ Kota

5
Tingkat Sekolah/kecamatan
7
Sebagai Peserta dalam Seminar/Lokakarya

1
Tingkat Internasional
0

2
Tingkat Nasional

3
Tingkat Provinsi

4
Tingkat Kabupaten/ Kota

5
Tingkat Sekolah/kecamatan
8
Sebagai Panitia dalam Seminar/Lokakarya

1
Tingkat Internasional
0

2
Tingkat Nasional

3
Tingkat Provinsi

4
Tingkat Kabupaten/ Kota

5
Tingkat Sekolah/kecamatan
9
Menulis Buku

1
Tingkat Internasional
0

2
Tingkat Nasional

3
Tingkat Provinsi

4
Tingkat Kabupaten/ Kota

5
Tingkat Sekolah/kecamatan
10
Menulis Modul

1
Tingkat Internasional
0

2
Tingkat Nasional

3
Tingkat Provinsi

4
Tingkat Kabupaten/ Kota

5
Tingkat Sekolah/kecamatan
11
Membuat Tulisan Karya Ilmiah

1
Tingkat Internasional
0

2
Tingkat Nasional

3
Tingkat Provinsi

4
Tingkat Kabupaten/ Kota

5
Tingkat Sekolah/kecamatan
12
Mendapat Penghargaan sebagai guru berprestasi

1
Tingkat Internasional
0

2
Tingkat Nasional

3
Tingkat Provinsi

4
Tingkat Kabupaten/ Kota

5
Tingkat Sekolah/kecamatan
13
Penampilan dan potensi diri

1
Berpakaian rapih
0

2
Menggunakan bahasa yang baik dalam berkomunikasi

3
Bersikap ramah

4
Tepat waktu

5
Suppel dalam bergaul
14
Mendorong hasil produk inovatif siswa

1
Menghasilkan nilai ujian sangat tinggi
0

2
Menghasilkan produk penerapan ilmu

3
Mempublikasikan karya kreatif

4
Juara dalam bidang akademik

5
Juara dalam aplikasi teknologi terapan
15
Menghasilkan siswa peraih prestasi

1
Tingkat Internasional
0

2
Tingkat Nasional

3
Tingkat Provinsi

4
Tingkat Kabupaten/ Kota

5
Tingkat Sekolah/kecamatan
C
Perencanaan Belajar






16
Merumuskan Silabus dan RPP dengan indikator;

1
Memiliki dokumen KTSP
0

2
Memiliki dokumen silabus

3
Memiliki dokumen RPP

4
Memiliki model RPP pembanding

5
Miliki Kalender Pendidikan
17
Memperbaiki Silabus dan RPP

1
Melakukan perbaikan silabus dan dan RPP
0

2
Memiliki dokumen pelaksanaan kegiatan perbaikan

3
Memiliki dokumen yang diperbaiki

4
Memiliki catatan komponen yang diperbaiki

5
Memiliki dokumen hasil perbaikan.
18
Merumuskan  indikator pembelajaran

1
Menggambarkan prilaku
0

2
Menggambarkan kondisi

3
Mengandung kriteria kegiatan

4
Mencerminkan yang dapat siswa capai

5
Berupa pengaman belajar peserta didik
19
Merumuskan materi

1
Sesuai dengan kompetensi dasar
0

2
Mendeskripsikan pentahapan materi yang siswa kuasai

3
Mendeskripsikan multi kecerdasan

4
Menunjukan sumber belajar yang jelas

5
Fleksibel dan menjadi bagian dari dunia siswa
20
Merumuskan metode

1
Memilih  metode variatif
0

2
Menggambarkan pengalaman belajar siswa secara aktif

3
Berpusat pada aktivitas siswa

4
Metode sesuai dengan kebutuhan siswa belajar.

5
Medorong siswa membangun kesimpulan hasil belajar
21
Menentukan peraga

1
Memilih alat peraga sesuai dengan tujuan
0

2
Kesesuaian media pengembangan kreativitas siswa

3
Membangun tantangan baru inovatif

4
Memanfaatkan sumber daya lingkungan dan alam sekitar

5
Memanfaatkan teknologi informasi
22
Menentukan sumber belajar

1
Memilih materi  sesuai dengan tujuan
0

2
Menyediakan sumber belajar yang variatif

3
Sumber belajar bilingual.

4
Mendayagunakan perpustakaan

5
Memberdayakan TIK
23
Merumuskan evaluasi

1
Merumuskan instrumen penilaian
0

2
Menentukan prosedur evaluasi proses.

3
Mengadministrasikan hasil penilaian

4
Melakukan analisis butir soal

5
Menggunakan informasi hasil penilaian untuk menyusun program perbaikan dan pengayaan.
24
Kesesuaian dengan KTSP

1
Menentukan tujuan sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.
0

2
Menggunakan pola perancangan pembelajaran secara sistematik.

3
Mengembangkan RPP mengacu pada pedoman penulisian RPP

4
Menggunakan perancangan belajar tatap muka dan perancangan belajar mandiri

5
Memanfaatkan model perancangan acuan pembanding bertaraf internasional.
25
Relevan dengan kehidupan

1
Menyediakan pengalaman belajar  yang diintegrasikan pada kehidupan di masyarakat.
0

2
Memanfaatkan fenomena lingkungan untuk meningkatkan kinerja belajar siswa.

3
Meningkatkan kerja sama sebagai basis kolaborasi

4
Menetapkan standar produk hasil belajar sebagai modal dalam berkompetisi.

5
Mengkomunikasikan hasil belajar berkeunggulan kepada halayak.
D
Melaksanakan Pembelajaran






26
Kehadiran melaksanakan tugas

1
Di atas 99%     = 5
0

2
97 - 98,9%       = 4

3
95 – 96,9%      = 3

4
93 -  94,9%      = 2

5
Di bawah 93% = 1
27
Menggunakan  RPP

1
Membawa RPP dalam kegiatan pembelajaran
0

2
Menetapkan tujuan pembelajaran sebagai target transaksional kegiatan

3
Mensosialisasikan indikator hasil belajar

4
Menyajikan materi sesuai rencana.

5
Menerapkan strategi pembelajaran sesuai dengan rencana.
28
Menggunakan sumber belajar yang variatif

1
Memiliki standar minimum untuk sumber balajar guru
0

2
Menetukan standar minimum sumber belajar siswa

3
Menggunakan sumber belajar variatif.

4
Menggunakan sumber belajar berbasis TIK

5
Menggunakan sumber belajar berbahas asing.
29
Melakukan kegiatan pendahuluan

1
Mencatat siswa yang tidak hadir
0

2
Melakukan tergur sapa untuk mencairkan suasana kelas

3
Memastikan seluruh sumber daya kelas siap belajar

4
Menyampaikan tujuan dan target pembelajaran

5
Mengawali pembelajaran dengan mengaitkan pada materi sebelumnya dan materi pelajaran lain.
30
Penyampaikan konsep materi sesuai RPP

1
Menetapkan standar ketuntasan minimal
0

2
Mengacu pada materi yang terdapat pada RPP

3
Mengolah materi pelajaran secara kreatif

4
Menyajikan materi untuk meningkatkan penguasaan teori dan mempraktekannya

5
Mengevaluasi kompetensi siswa sesuai dengan konsep pada RPP.
31
Menggunakan konsep dengan bahasa yang jelas dan sistematis

1
Menunjukan kerangka materi yang membantu siswa lebih mudah memahaminya.
0

2
Menyampaikan materi dengan bahasa yang efisien

3
Menggunakan bahasa yang sesuai dengan karakter siswa.

4
Suara terdengar jelas oleh seluruh siswa

5
Dapat menjelaskan materi yang bersumber daya sumber belajar berbahasa asing.
32
Menggunakan alat peraga

1
Menggunakan alat peraga sesuai kebutuhan
0

2
Penggunaan alat peraga melibatkan siswa

3
Menggunakan alat peraga efisien

4
Menggunakan alat peraga pratis

5
Penggunaan alat peraga membantu siswa memahami dan dapat menerapkan konsep.
33
Mendayagunakan teknologi informasi

1
Menggunakan TIK untuk mengadministrasikan perencanaan pembelajaran
0

2
Menggunakan TIK dalam sebagai sumber belajar guru

3
Menggunakan teknologi sebagai sumber belajar siswa

4
Mendayagunakan teknologi sebagai alat analisis soal.

5
Mendayagunakan TIK sebagai pendukung pengelolaan hasil evaluasi belajar siswa.
34
Menggunakan bahasa asing dalam pembelajaran

1
Menggunakan bahasa asing pembukaan pembelajaran
0

2
Menggunakan bahasa asing sebagai bahasa kelas

3
Menggunakan strategi bilingual dalam menjelaskan materi

4
Menuliskan bahasa asing diperlukan untuk penjelasan kepada siswa

5
Menggunakan bahasa asing  sebagai bahasa pengantar pada keseluruhan kegiatan pembelajaran.
35
Membangun pengalaman belajar peserta didik

1
membangun berpikir kritis
0

2
membangun pikiran yang baru

3
mengasilkan produk belajar yang baru

4
mengembangkan semangat merumuskan konsep baru

5
menantang multi kecerdasan.
36
Peserta didik aktif

1
Merespon pernyataan guru secara positif
0

2
Mengajukan pertanyaan

3
Menjawab pertanyaan

4
Mengusulkan gagasan

5
Menyelesaikan tugas.
37
Peserta didik interaktif

1
Memperhatikan pernyataan teman
0

2
Menyempurnakan gagasan teman

3
Benunjukan kekuatan pikiran teman

4
Menyetujui pendapat teman

5
Menolak pernyataan teman dengan sopan
38
Melakukan penilaian proses

1
Guru memiliki dokumen hasil penilaian proses
0

2
Guru memiliki rencana pelaksanaan penilaian proses

3
Guru menentukan standar penilaian

4
Guru mencatat hasil penilaian proses.

5
Guru menggunakan hasil penilaian proses
39
Membangun suasana kelas yang menyenangkan

1
kegiatan belajar diselingi dengan canda siswa
0

2
guru bercanda dengan siswa

3
siswa dapat menyelesikan tugas secara kompetitif

4
suasana menujukan semangat menciptakan hasil terbaik

5
menyatakan penghargaan terhadap setiap ide yang dikemukakan
40
Melaksanakan tes akhir kegiatan pembelajaran

1
Menetapkan waktu untuk tes akhir pembelajaran dengan tepat
0

2
Menggunakan waktu tes pembelajaran secara efektif

3
Menggunakan perangkat evaluasi sesuai tujuan

4
Hasil evaluasi dapat segera diketahui

5
Hasil evaluasi digunakan mengukur target KKM
41
Memenuhi target ketuntasan

1
Memiliki target ketuntasan
0

2
Tingkat ketuntasan pada penguasaan konsep

3
Tingkat ketuntasan penerapkan konsep

4
Ada data ketuntasan kelas

5
Ada administrasi mengenai ketuntasan
42
Mendisain remedial dan pengayaan

1
Terdapat data acuan dalam penetapan program
0

2
Memiliki catatan rencana pelaksanaan remedial dan pengayaan

3
Terdapat catatan siswa yang mendapat remedial

4
Terdapat catatan siswa yang mendapat pengayaan

5
Terdapat data hasil pelaksanaan remedial dan pengayaan
43
Memiliki data penilaian hasil belajar peserta didik

1
Buku nilai guru rapih
0

2
Data hasil belajar siswa lengkap

3
Terdapat sampel siswa hasil karya belajar terbaik

4
Terdapat sampel hasil belajar siswa yang paling kurang

5
Data disimpan dalam dokumen digital.
44
Memiliki catatan kehadiran peserta didik

1
Dokumen rapih
0

2
Data lengkap

3
Mudah dibaca

4
Diolah sebagai bahan refleksi.

5
Dilaporkan kepada pemangku kepentingan
45
Mendokumenkan  bukti keberhasilan  belajar peserta didik

1
Memilih samper bukti prestasi belajar siswa
0

2
Menyimpan sampel portofolio siswa

3
Mendokomentasikan karya siswa terbaik dalam dokumen digital

4
Memiliki dukumen data

5
Mempublikasikan data karya terbaik
E
Mengevaluasi Pembelajaran






46
Panitia UN

1
Sebagai  anggota panitia (lintas sekolah 5, ketua di sekolah 4, wk ketua 3, sekret &bend 2, anggota 1)
0

2
Sebagai  pengawas ruangan

3
Sebagai  penyusun kisi-kisi

4
Sebagai penyusun soal

5
Sebagai pemeriksa jawaban
47
Panitia Ulum

1
Sebagai  anggota panitia (lintas sekolah 5, ketua di sekolah 4, wk ketua 3, sekret &bend 2, anggota 1)
0

2
Sebagai  pengawas ruangan

3
Sebagai  penyusun kisi-kisi

4
Sebagai penyusun soal

5
Sebagai pemeriksa jawaban
48
Panitia PSB

1
Sebagai  anggota panitia (lintas sekolah 5, ketua di sekolah 4, wk ketua 3, sekret &bend 2, anggota 1)
0

2
Sebagai  pengawas ruangan

3
Sebagai  penyusun kisi-kisi

4
Sebagai penyusun soal

5
Sebagai pemeriksa jawaban
49
Menganalisis Soal

1
Memiliki dokumen data soal yang dianalisis
0

2
Memiliki data tingkat kesukaran soal

3
Memiliki data soal yang diterima

4
Memiliki data soal yang direvisi

5
Memiliki data soal yang ditolak
50
Menyusun laporan kinerja belajar peserta didik.

1
Memiliki data nilai siswa dalam satu semester
0

2
Memiliki data siswa nilai siswa hasil ujian akhir

3
Memiliki data tingkat kehadiran

4
Memiliki data hasil perbaikan dan pengayaan

5
Memiliki nilai yang telah diranking

Tidak ada komentar:

Posting Komentar