SUPERVISI KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
||||||||||||
(Berdasarkan Standar Proses)
|
||||||||||||
Nama
Sekolah
|
:
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
Nama Guru
|
:
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
Pangkat
Golongan
|
:
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
Mata
Pelajaran
|
:
|
|
|
|
Jml. Tatap
Muka :
|
|
||||||
Sertifikasi
|
:
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
No
|
Sub Komponen dan Butir Komponen (Tatap Muka )
|
Kondisi
|
Skor Nilai
|
Keterangan
Kesesuaian
|
||||||||
Ya
|
Tidak
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||||||
1
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
a.
|
Menyiapkan
anak didik
|
|
|
|
|
|
|
4 = Baik
Sekali
|
|||
|
b.
|
Melakukan
Apersepsi
|
|
|
|
|
|
|
3 = Baik
|
|||
|
c.
|
Menjelaskan
KD dan tujuan yang ingin dicapai.
|
|
|
|
|
|
|
2 = Cukup
|
|||
|
d.
|
Menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus/kesiapan bahan
ajar.
|
|
|
|
|
|
|
1 = Kurang
|
|||
|
e.
|
Penampilan
guru
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
2
|
Kegiatan
Inti Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
A.
|
EKSPLORASI
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
1.
|
Melibatkan
siswa dalam mencari informasi dan belajar dari aneka sumber dengan menerapkan
prinsip alam takambang jadi guru.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
2.
|
Menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, Media Pembelajaran dan sumber belajar
lainnya.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
3.
|
Memfasilitasi terjadinya interaksi antar
siswa serta antar siswa dengan guru, lingkungan dan sumber belajar lainnya
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
4.
|
Melibatkan siswa secara aktif dalam
berbagai kegiatan pembelajaran.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
5.
|
Memfasilitasi siswa melakukan percobaan
di laboratorium, stodio atau lapangan
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
B.
|
ELABORASI
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
1.
|
Membiasakan siswa membaca dan menulis
yang beragam melalui tugas tugas tertentu yang bermakna
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
2.
|
Memfasilitasi siswa melalui pemberian
tugas, diskusi dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tulisan.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
3.
|
Memberi kesempatan untuk berfikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa ada rasa takut.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
4.
|
Memfasilitasi siswa dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
5.
|
Memfasilitasi siswa berkompetensi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi_belajar
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
6.
|
Memfasilitasi siswa membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis secara individual atau
kelompok.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
No
|
Sub Komponen dan Butir Komponen (Tatap Muka )
|
Kondisi
|
Skor Nilai
|
Keterangan
Kesesuaian
|
||||||||
Ya
|
Tidak
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||||||
|
7.
|
Memfasilitasi siswa melakukan
pameran,turnamenjestival serta produk yang dihasilkan
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
8.
|
Memfasilitasi siswa mefakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri siswa
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
C.
|
KONFIRMASI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.
|
Memberikan umpan balik positif dan
penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan siswa.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
2.
|
Memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi siswa melalui berbagai sumber.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
3.
|
Memfasilitasi siswa melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
4.
|
Berfungsi sebagai nara sumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan siswa yang menghadapi kesulitan.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
5.
|
Membantu menyelesaikan masalah siswa
dalam melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
6.
|
Memberikan motifasi kepada siswa yang
kurang aktif dan memberikan informasi untuk bereksplorasi lebih jauh.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
3
|
PENUTUP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
a.
|
Membuat rangkuman/ simpulan.
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
b.
|
Melakukan penilaian dan atau refleksi
terhadap kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan.
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
c.
|
Memberikan umpan balik terhadap proses
hasil pembelajaran.
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
d.
|
Memberi tugas Terstruktur (PT) dan
kegiatan mandiri tidak terstruktur (KMTT)
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
e.
|
Menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
|
|||||||
Keterangan :
|
Nilai
Akhir =
|
Skor
Perolehan X 100%
|
||||||||||
Skor
Maksimal
|
||||||||||||
Ketercapaian :
|
86% -
100% = Baik Sekali
|
NILAI AKHIR
|
||||||||||
79% -
85 % =
Baik
|
|
|||||||||||
55% -
69% = Cukup
|
||||||||||||
0%
< 55% =
Kurang
|
||||||||||||
TINDAK LANJUT
|
||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ngawi,
..................................
|
||||||||||||
Pengawas
|
Guru Mata Pelajaran
|
|||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
NIP.
|
NIP.
|
Selasa, 23 Februari 2016
SUPERVISI KEGIATAN PEMBELAJARAN
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar