Format Penilaian Konsep Diri Peserta
Didik
(Menggunakan Daftar Cek)
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti :
Nama :
Kelas :
Sikap
yang dinilai : Sikap Beriman Kepada Kitab-kitab Allah
No
|
Pernyataan
|
Alternatif
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Saya percaya Kitab-kitab Allah
|
||
2
|
Yakin bahwa Al-Quran adalah wahyu Allah
|
||
3
|
Saya yakin bahw a membaca
Al-Quran mendapat pahala
|
||
4
|
Saya membaca Al-Quran Setiap Hari
|
||
5
|
Saya berusaha
menjalankan semua petunjuk yang ada dalam
Al-Quran.
|
||
6
|
Saya yakin bahwa Al-Quran sebagai penentram jiwa dan penenang hati
|
||
7
|
Saya
menjalankan shalat tepat waktu dan tidak
pernah bolong
|
||
8
|
Saya yakin bahwa Al-Quran tidak dapat menyelesaikan masalah manusia
|
||
Skor
Perolehan
|
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus :
Contoh
:
Skor
diperoleh 16, skor tertinggi 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir :
0
Daftar Cek Penilaian Antar Peserta
Didik
Nama penilai : (Tidak diisi)
Nama peserta didik
yang dinilai :
Kelas :
Mata pelajaran : PAI dan Budi Pekerti
Sikap Spiritual
yang diamati : Sikap Iman Kepada Kitab Allah Swt.
Berilah tanda cek pada kolom pilihan berikut dengan
4
= selalu, apabila
selalu melakukan sesuai pernyataan
3
= sering, apabila
sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2
= kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak
pernah melakukan
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Membaca Al
Qur’an setiap hari
|
||||
2
|
Rajin
beribdah shalat fardhu maupun sunnah
|
||||
3
|
Menjauhi perilaku tercela yang
bertentangan dengan ajaran Al-qur’an
|
||||
4
|
Melakukan perilaku terpuji dalam
kehidupan sehari- hari
|
||||
5
|
Mempelajari makna ayat- ayat al-Qur’an
|
||||
JUMLAH
|
Petunjuk Penskoran :
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :
Skor diperoleh 16, skor tertinggi 4
x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir :
Jurnal
Nama
Peserta Didik : Kafcka
Silvia Azzura
Sikap
yang diamati : Sikap Beriman kepada Allah Swt.
No.
|
Hari/ Tanggal
|
Kejadian
|
Nilai
|
S1
|
Senantiasa melaksanakan shalat dhuha dan dhuhur di
sekolah dengan kesadaran sendiri tanpa perintah dari guru
|
90
|
|
Jumlah
|
|||
Rata- rata
|
Petunjuk
penskoran :
a)
SB
= Sangat Baik = 80 - 100
b)
B
= Baik = 70 - 79
c)
C
= Cukup = 60 – 69
d) K =
Kurang =
< 60
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap jujur yang
ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
Pedoman Observasi Sikap Jujur
Petunjuk
:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial
peserta didik dalam
4 = selalu, apabila selalu
melakukan sesuai pernyataan
3 = sering,
apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila
kadang-kadang melakukan dan sering tidak
melakukan
1 = tidak pernah, apabila
tidak pernah melakuka
Nama Peserta Didik :
Kelas :
Tanggal Pengamatan :
Sikap Sosial yang diamati : Perilaku Jujur
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Tidak
mencontek saat mengerjakan ujian/ulangan/tugas
|
||||
2
|
Tidak
melakukan plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan
sumber) dalam mengerjakan setiap tugas
|
||||
3
|
Mengungkapkan
perasaan terhadap sesuatu apa adanya
|
||||
4
|
Melaporkan
data atau informasi apa adanya
|
||||
5
|
Mengakui
kesalahan atau kekurangan yang dimiliki
|
||||
Jumlah Skor
|
Petunjuk
Penskoran :
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :
Skor diperoleh 17, skor tertinggi 4 x 5 pernyataan =
20, maka skor akhir :
Test Praktik
Penilaian Ketrampilan Membaca Q.S. Al Anfal (8):72
Nama peserta didik :
Kelas :
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti
Kompetensi : dengan tartil
Indikator : Membaca Q.S. Al- Anfal (8):72 dengan tartil
No
|
Aspek
Yang Dinilai
|
Baik
|
Tidak
baik
|
1.
|
Kelancaran
bacaan
|
||
2.
|
Ketepatan
tajwid
|
||
3.
|
Ketepatan
Pengucapan Makhraj Huruf
|
||
4.
|
Sikap ketika Membaca al-Qur’an
|
||
5.
|
Penghayatan
terhadap bacaan Qur’an
|
||
6.
|
Melagukan Membaca secara tartil
|
||
Skor yang dicapai
|
|||
Skor maksimum
|
Keterangan
Baik mendapat skor 2
Tidak baik mendapat skor 1
Petunjuk Penskoran :
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus :
Contoh
:
Skor
diperoleh 10, skor tertinggi 2 x 6 pernyataan = 12, maka skor akhir :
Kelas / Semester
|
:
|
Tes Lisan
|
Kompetensi Inti
|
:
|
Men Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
4.1.Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Anfal (8): 72; Q.S. al-Hujurat (49): 12; dan Q.S. al-Hujurat (49): 10,
dengan lancar
|
Indikator
|
:
|
4.1.1 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Anfal (8): 72 dengan lancar
1.
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Hujurat (49): 12 dengan lancar
dengan lancar.
|
No.
|
Aspek Yang
Dinilai
|
Sempurna
|
Tidak Sempurna
|
1.
|
Ta’awudz
|
||
2.
|
Lafal ihfa
|
||
3.
|
Lafal idgham
|
||
4.
|
Lafal idzhar
|
||
5.
|
Lafal iqlab
|
||
6.
|
Lafal qalqalah
|
||
7.
|
Lafal maad
|
||
8.
|
Hukum waqaf
|
||
9.
|
Makhrajul khuruf
|
||
10.
|
Adabul qiraah
|
||
Skor
yang dicapai
|
Keterangan
Sempurna mendapat skor 2
Tidak sempurna mendapat skor 1
Petunjuk
Penskoran :
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus :
Contoh
:
Skor
diperoleh 18, skor
tertinggi 2 x 11
pernyataan = 22, maka
skor akhir:
CTeknik
Penilaian Proyek PAI dan Budi Pekerti
Membuat
Laporan
……………………………………………………..
Nama
Kelompok :
Anggota :
Kelas :
No
|
ASPEK
|
SKOR (1-5)
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Perencanaan
|
|||||
a.
Persiapan
|
||||||
b.
Rumusan Judul
|
||||||
2
|
Pelaksanaan
|
|||||
a.
Sistematika
|
||||||
b.
Keakuratan Sumber Data
|
||||||
c.
Ketepatan
Sumber Data
|
||||||
d.
Analisis Data
|
||||||
e.
Penarikan Kesimpulan
|
||||||
3
|
Laporan
Proyek
|
|||||
a.
Performans
|
||||||
b.
Presentasi/Penguasaan
|
||||||
Total Sko
|
Keterangan
penilaian:
1 = sangat tidak baik
2 = tidak baik
3 = cukup baik
4 = Baik
5 = Sangat baik
Petunjuk Penskoran :
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus :
Contoh
:
Skor
diperoleh 32, skor tertinggi 5 x 9 pernyataan = 45, maka skor akhir :
Membuat Video Tayangan
Contoh Perilaku Pergaulan Bebas ?
Contoh
dampak prilaku pergaulan bebas
Nama
Kelompok : Ali bin Abi Thalib
Anggota : A. Sahid, Andri, Indra dan Rifqi
Kelas : X/IPA.1
Nama
Produk : Lembah Nestapa
No
|
ASPEK
|
SKOR (1-5)
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Perencanaan
|
|||||
a.
Persiapan
|
√
|
|||||
b.
Rumusan Judul Video
|
√
|
|||||
2
|
Tahapan
Proses Pembuatan
|
|||||
a.
Persiapan Alat dan Bahan
|
√
|
|||||
b.
Teknik Pengolahan
|
√
|
|||||
c.
Kerjasama Kelompok
|
√
|
|||||
3
|
Tahap Akhir
|
|||||
a.
Bentuk Penayangan
|
√
|
|||||
b.
Inovasi
|
√
|
|||||
c.
Kreatifitas
|
√
|
|||||
Total Skor
|
31
|
Keterangan
penilaian:
1 = sangat tidak baik
2 = tidak baik
3 = cukup baik
4 = baik
5 = sangat baik
Petunjuk
Penskoran :
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus :
Contoh
:
Skor
diperoleh 31, skor tertinggi 5 x 8 pernyataan = 40, maka skor akhir :
Contoh Penilaian Portofolio PAI dan Budi Pekerti
Hasil Karya Siswa
tentang Contoh Perilaku Sesuai KD
Kompetensi Dasar: 4.1 Menyajikan contoh perilaku yang
mencerminkan orang yang meneladani al-Asmaul-Husna: Al-Mu’min, al-Wakiil, al-Jami’, dan al-‘Adl
4.2 Menyajikan
contoh perilaku yang mencerminkan iman kepada malaikat.
Alokasi Waktu : 1 Semester
Nama Peserta Didik : Kayla
Sakina Aghafia
Kelas/Semester :
X-IPS.1/Ganjil
No
|
Karya
peserta didik
|
Skor
|
Prestasi
|
Ket.
|
|
(1 – 4)
|
T
|
BT
|
|||
1.
|
Contoh
perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani al-Asmaul-Husna: Al-’Alim
|
3
|
√
|
||
2.
|
Contoh
perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani al-Asmaul-Husna: Al-Khabir
|
4
|
√
|
||
3.
|
Contoh
perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani al-Asmaul-Husna: As- Sami’
|
4
|
√
|
||
.4.
|
Contoh
perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani al-Asmaul-Husna: Al-Bashir
|
3
|
√
|
||
5.
|
Contoh
perilaku yang mencerminkan iman kepada malaikat.
|
4
|
√
|
||
Total
Skor
|
18
|
Keterangan:
T
= tuntas
BT
= Belum tuntas
Petunjuk
Penskoran :
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus :
Contoh
:
Skor
diperoleh 18, skor tertinggi 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir :
Makasih ini sangat bermanfaat, terutama bagi sekolah yang mau akreditasi. Kebetulan sekolah saya mau akreditasi. Ijin copy
BalasHapus