Rabu, 17 Februari 2016

Format Penilaian Konsep Diri Peserta Didik


Format Penilaian Konsep Diri Peserta Didik
(Menggunakan Daftar Cek)

     Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti : 
     Nama                           :
     Kelas                           :
     Sikap yang dinilai       :  Sikap Beriman Kepada Kitab-kitab Allah
No
Pernyataan
Alternatif
Ya
Tidak
1
Saya percaya Kitab-kitab Allah


2
Yakin bahwa Al-Quran adalah wahyu Allah


3
Saya yakin bahw a  membaca Al-Quran mendapat pahala


4
Saya membaca Al-Quran Setiap Hari


5
Saya berusaha menjalankan semua petunjuk yang ada dalam Al-Quran.


6
Saya yakin bahwa Al-Quran sebagai penentram jiwa dan penenang hati


7
Saya menjalankan shalat tepat waktu dan tidak pernah bolong


8
Saya yakin bahwa Al-Quran tidak dapat menyelesaikan masalah  manusia



Skor Perolehan

Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :
Skor diperoleh 16, skor tertinggi 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir :
0


Daftar Cek Penilaian Antar Peserta Didik

Nama penilai                               : (Tidak diisi)
Nama peserta didik yang dinilai : 
Kelas                                           : 
Mata pelajaran                             :  PAI dan Budi Pekerti
Sikap Spiritual yang diamati       :  Sikap Iman Kepada Kitab Allah Swt.
Berilah tanda cek pada kolom pilihan berikut dengan
4 =    selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 =    sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 =    kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan  sering tidak melakukan
1 =    tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

No
Aspek Pengamatan
Skor
4
3
2
1
1
Membaca Al Qur’an setiap hari




2
Rajin beribdah shalat fardhu maupun sunnah




3
Menjauhi perilaku tercela yang bertentangan dengan ajaran Al-qur’an




4
Melakukan perilaku terpuji dalam kehidupan sehari- hari




5
Mempelajari makna ayat- ayat al-Qur’an





JUMLAH


Petunjuk Penskoran :
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :
Skor diperoleh 16, skor tertinggi 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir :


Jurnal

Nama Peserta Didik    :  Kafcka Silvia Azzura
Sikap yang diamati     :  Sikap Beriman kepada Allah Swt.
No.
Hari/ Tanggal
Kejadian
Nilai
S1

Senantiasa melaksanakan shalat dhuha dan dhuhur di sekolah dengan kesadaran sendiri tanpa perintah dari guru

90






















Jumlah



Rata- rata

Petunjuk penskoran :
a)        SB     = Sangat Baik        = 80 - 100
b)        B       =  Baik                    = 70 - 79
c)        C       =  Cukup                = 60 – 69
d)        K       =  Kurang                         = < 60
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap jujur yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
Pedoman Observasi Sikap Jujur
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam
4  =      selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3  =      sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2   =     kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan  sering tidak melakukan
1   =     tidak pernah, apabila tidak pernah melakuka

Nama Peserta Didik                        :
Kelas                                                     :
Tanggal Pengamatan                      :
Sikap Sosial yang diamati              : Perilaku Jujur


No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Tidak mencontek saat mengerjakan ujian/ulangan/tugas




2
Tidak melakukan plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas




3
Mengungkapkan perasaan terhadap sesuatu apa adanya




4
Melaporkan data atau informasi apa adanya




5
Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki




Jumlah Skor












            Petunjuk Penskoran :
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :
Skor diperoleh 17, skor tertinggi 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir :
Test Praktik
Penilaian Ketrampilan Membaca Q.S. Al Anfal (8):72
Nama peserta didik       :                    
Kelas                             :  
Mata Pelajaran              :  Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kompetensi                   :   dengan tartil
Indikator                       :  Membaca Q.S. Al- Anfal (8):72 dengan tartil

No
Aspek Yang Dinilai
Baik
Tidak baik
1.
Kelancaran bacaan


2.
Ketepatan tajwid


3.
Ketepatan Pengucapan Makhraj Huruf


4.
Sikap  ketika  Membaca al-Qur’an


5.
Penghayatan terhadap bacaan Qur’an


6.
Melagukan Membaca secara tartil


Skor yang dicapai

Skor maksimum

Keterangan
Baik mendapat skor 2
Tidak baik mendapat skor 1

Petunjuk Penskoran :
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :
Skor diperoleh 10, skor tertinggi 2 x 6 pernyataan = 12, maka skor akhir :






Kelas / Semester
:
Tes Lisan
Kompetensi Inti
:  
Men  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar
:
4.1.Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Anfal (8): 72; Q.S. al-Hujurat (49): 12; dan Q.S. al-Hujurat (49): 10, dengan lancar
Indikator
:
4.1.1  Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Anfal (8): 72 dengan lancar
1.     Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Hujurat (49): 12 dengan lancar dengan lancar.
No.
Aspek Yang Dinilai
Sempurna
Tidak Sempurna
1.
Ta’awudz


2.
Lafal ihfa


3.
Lafal idgham


4.
Lafal idzhar


5.
Lafal iqlab


6.
Lafal qalqalah


7.
Lafal maad


8.
Hukum waqaf


9.
Makhrajul khuruf


10.
Adabul qiraah


Skor yang dicapai

Keterangan
Sempurna mendapat skor 2
Tidak sempurna mendapat skor 1

Petunjuk Penskoran :
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :
Skor diperoleh 18, skor tertinggi 2 x 11 pernyataan = 22, maka skor akhir:

CTeknik Penilaian Proyek PAI dan Budi Pekerti

Membuat Laporan
……………………………………………………..

Nama Kelompok         :
Anggota                      :
Kelas                           :

No
ASPEK

SKOR (1-5)
1
2
3
4
5
1
Perencanaan






a.       Persiapan






b.      Rumusan Judul





2
Pelaksanaan






a.       Sistematika






b.      Keakuratan Sumber Data






c.       Ketepatan  Sumber Data






d.      Analisis Data






e.       Penarikan Kesimpulan





3
Laporan Proyek






a.         Performans






b.       Presentasi/Penguasaan






Total Sko


Keterangan penilaian:
1 = sangat tidak baik
2 = tidak baik
3 = cukup baik
4 = Baik
5 = Sangat baik
Petunjuk Penskoran :
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :
Skor diperoleh 32, skor tertinggi 5 x 9 pernyataan = 45, maka skor akhir :
Membuat Video Tayangan
Contoh Perilaku Pergaulan Bebas ?
Contoh dampak  prilaku pergaulan bebas

Nama Kelompok         : Ali bin Abi Thalib
Anggota                      : A. Sahid, Andri, Indra dan Rifqi
Kelas                           : X/IPA.1
Nama Produk              : Lembah Nestapa

No
ASPEK
SKOR (1-5)
1
2
3
4
5
1
Perencanaan






a.       Persiapan





b.      Rumusan Judul Video




2
Tahapan Proses Pembuatan






a.       Persiapan Alat dan Bahan





b.      Teknik Pengolahan





c.       Kerjasama Kelompok




3
Tahap Akhir






a.       Bentuk Penayangan





b.      Inovasi





c.       Kreatifitas





Total Skor
31

Keterangan penilaian:
1 = sangat tidak baik
2 = tidak baik
3 = cukup baik
4 = baik
5 = sangat baik
Petunjuk Penskoran :
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :
Skor diperoleh 31, skor tertinggi 5 x 8 pernyataan = 40, maka skor akhir :

Contoh Penilaian Portofolio PAI dan Budi Pekerti
Hasil Karya Siswa tentang Contoh Perilaku Sesuai KD
Kompetensi Dasar: 4.1 Menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani al-Asmaul-Husna: Al-Mu’min, al-Wakiil, al-Jami’, dan al-‘Adl
                                 4.2 Menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan iman kepada malaikat.
Alokasi Waktu         :      1 Semester
Nama Peserta Didik :      Kayla Sakina Aghafia
Kelas/Semester         :      X-IPS.1/Ganjil

No
Karya peserta didik
Skor
Prestasi
Ket.
(1 – 4)
T
BT
1.
Contoh perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani al-Asmaul-Husna: Al-’Alim
3


2.
Contoh perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani al-Asmaul-Husna: Al-Khabir

4


3.
Contoh perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani al-Asmaul-Husna: As- Sami’

4


.4.
Contoh perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani al-Asmaul-Husna: Al-Bashir

3


5.

Contoh perilaku yang mencerminkan iman kepada malaikat.

4



Total Skor
18



Keterangan:
T = tuntas
BT = Belum tuntas
Petunjuk Penskoran :
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :
Skor diperoleh 18, skor tertinggi 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir :

1 komentar:

  1. Makasih ini sangat bermanfaat, terutama bagi sekolah yang mau akreditasi. Kebetulan sekolah saya mau akreditasi. Ijin copy

    BalasHapus