FORMAT ANALISIS SKL, KI DAN KD SMP
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Dan Budi Pekerti
Kelas : X
Bab : Meneladani Perjuangan Rasulullah di Mekah
Aspek
|
Standar Kompetensi Lulusan
Permendikbud no 54
|
Kompetensi Inti
no 69/70 sma/smk
|
Kompetensi Dasar no 69/70 sma/smk
|
Materi/ Konsep esensial
no 65 ttg standar isi
|
Aktivitas yang harus dilakukan untuk
memperoleh kompetensi
No 65 th 2013 ttg standar proses
|
Penilaian Autentik
(Teknik dan Bentuk)
No 66 th 2013 ttg penilaian
|
Sikap
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia,
berilmu, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
|
2.7 Menunjukkan
sikap tangguh dan semangat menegakkan kebenaran sebagai implementasi dari
pemahaman strategi dakwah Nabi di Mekah.
|
8. Meneladani
Perjuangan
Rasulullah
SAW di Mekah
|
Mengamati
· Mencermati bacaan teks tentang
substansi dan strategi dakwah
Rasullullah SAW
· Meyimak penjelasan materi
tersebut di atas melalui
tayangan
vidio atau media lainnya.
Menanya
· Apa substansi dakwah Rasulullah
di Mekah?
· Apa strategi dakwah Rasulullah di
Mekah?
Mengumpulkan data/eksplorasi
· Peserta didik mendiskusikan
substansi dan strategi dakwah
Rasullullah SAW di Mekah.
· Guru mengamati perilaku tangguh
dan semangat menegakkan
kebenaran dalam kehidupan
sehari-hari.
· Guru berkolaborasi dengan orang
tua untuk mengamati perilaku
tangguh dan semangat
menegakkan kebenaran dalam
kehidupan sehari-haridi rumah.
Menalar/Mengasosiasi
· Membuat kesimpulan tentang
substansi dan strategi dakwah
Rasullullah SAW di Mekah.
Mengkomunikasikan
· Mempresentasikan
/menyampaikan hasil diskusi
tentang substansi dan strategi
dakwah Rasullullah SAW di Mekah.
|
Sikap
· Mengamati
pelaksanaan
diskusi dengan
menggunakan
lembar observasi
yang memuat isi
diskusi dan sikap
saat diskusi.
· Mengamati
perilaku orangorang
yang
memiliki sikap
tangguh dan
semangat
menegakkan
kebenaran sebagai
implementasi dari
pemahaman
tentang strategi
dakwah
Rasulullah SAW di
Mekah.
· Membuat paparan
tentang substansi
dan strategi
dakwah
Rasullullah SAW
di Mekah.
· Membuat paparan
tentang perilaku
orang-orang yang
memiliki sikap
tangguh dan
semangat
menegakkan
kebenaran.
Pengetahuan
|
2.8 Menunjukkan
sikap semangat ukhuwah sebagai implementasi dari pemahaman strategi dakwah
Nabi di Madinah.
|
||||||
Pengetahuan
|
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta
dampak fenomena dan kejadian.
|
3.10.1 Memahami substansi
dan strategi dakwah
Rasullullah SAW di
Mekah.
4.8.1 Mendeskripsikan
substansi dan
strategi dakwah
Rasullullah SAW di
Mekah.
|
Pengetahuan
· Tes kemampuan
kognitif dengan
menjawab soal soal pilihan
ganda
dan uraian
tentang substansi
dan strategi
dakwah
Rasullullah SAW
di Mekah.
· Tes lisan
· Memaparkan hasil
pengamatan
tentang perilaku
orang-orang yang
memiliki sikap
tangguh dan
semangat
menegakkan
kebenaran sebagai
implementasi dari
pemahaman
tentang strategi
dakwah
Rasulullah SAW di
Mekah.
|
|||
Keterampilan
|
Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah
abstrak dan konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah
secara mandiri.
|
.
.
|
3-9 Memahami substansi
dan strategi dakwah
Rasullullah SAW di
Madinah.
4-5 Mendeskripsikan
substansi dan strategi
dakwah Rasullullah SAW di Madinah.
|
Keterampilan
· Mengumpulkan
data (gambar,
berita, artikel
tentang substansi
dan strategi
dakwah
|
NAMA :
…………………………………..
INSTANSI :
……………………………………..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar