Selasa, 23 Februari 2016

PERSENTASE INSTRUMEN HASIL MONITORING DAN PENILAIAN ADMINISTRASI 2014/2015






 PERSENTASE INSTRUMEN HASIL MONITORING DAN PENILAIAN ADMINISTRASI GURU PROFESIONAL SERTA KESIMPULAN NILAI
TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Nama Sekolah                                  : ……………………………………………………
Alamat                                             : ……………………………………………………
Nomor Telepon                                :…………………………………………................
Jumlah guru seluruhnya                   : ……………………… orang
Jumlah guru yang lulus sertifikasi    : ……………………… orang, terdiri dari:
a.       Guru mata pelajaran            : ………………………. orang
b.      Guru BK                             : ………………………. orang

A.    Persentase Instrumen :
No.
Uraian Dokumen
Persentase (%)
Keterangan
45-60
61-75
76-89
90-100
1
Dokumen Administrasi





2
Dokumen Pembelajaran





3
Dokumen Penilaian





4
Dokumen Pengembangan Diri





5
Dokumen Keaktifan Diri





6
Dokumen Supervisi Kelas




Ditindak lanjuti kemudian
B.     Kesimpulan Nilai :
NO
KATEGORI
JUMLAH/ORANG
1
Profesional

2
Layak

3
Pembinaan

4
Dipertimbangkan

TOTAL


Ngawi,                 2014
Pengawas,                                                                                                   Kepala Sekolah





……………………..                                                                                 ……………………..
NIP.                                                                                                            NIP.

Ketentuan umum :
1.      Semua guru harus ikut kegiatan monitoring dan penilaian, termasuk guru yang mendapat tugas tambahan sebagai kepala sekolah.
2.      Menyiapkan seluruh dokumen dan personal pada jadwal yang ditentukan.
3.      Kepala sekolah mendokumentasikan hasil monitoring dan penilaian dengan ketentuan sebagai berikut :
3.1   Hasil monitoring dan penilaian (Instrumen setiap guru) serta rekapitulasinya
3.2   Diberi sampul  :
 SMP Negeri         : Kuning
 SMP Swasta         : Coklat
 SMA Negeri         : Biru
 SMA Swasta        : Hijau
 SMK Negeri         : Merah
 SMK Swasta        : Orange


INSTRUMEN MONITORING DAN PENILAIAN ADMINISTRASI
GURU PROFESIONAL
TAHUN PELAJARAN   2014/2015


Nama Sekolah                          : ……………..……………..……………………………………………….
Alamat Sekolah                        : ……………..……………..……………………………………………….
Nama Guru                             :  ……………..……………..………………………………………………
NIP                                         : ……………..……………..……………………………………………….
NUPTK                                    : ……………..……………..………………………………………………
Sertifikat Pendidik Mapel        : ……………..……………..……………………………………………….
Mapel yang diajarkan               :   ……..……………………..…  Jumlah Jam/Minggu : .…………………
Tugas Tambahan                      :   ……..………………………..…………………………………………... 
Kelas/Semester                        :  ………………….…/……..… Jumlah kelas yang diampunya : ………..
Pelaksanaan Penilaian              : Hari/tanggal : ………………….. ……… ………….……… ……..…….
Pendidikan                               : D1/D2 Jurusan  : ………….……… S1 Jurusan   : ………………………
                  D3      Jurusan   : ………….……… S2  Jurusan  : ………………………

Keterangan Skor   :    1 =  Kurang,  2 = Cukup,  3 =  Baik,  4 =  Amat Baik


NO
KOMPONEN
INDIKATOR
ANALISIS
SARAN PERBAIKAN

SKOR

1
2
3
4


I
Dokumen
Administrasi

1.    SK Pembagian Tugas Mengajar






2.    Jumlah jam ≥ 24 linier






3.    Ijazah sesuai sertifikasi






II
Dokumen
Pembelajaran
1.    Kalender Pendidikan






2.    Prota , Promes, dan RPE






3.    Jadwal mengajar / tatap muka






4.    Jurnal guru / kegiatan pembelajaran






5.    Presensi/daftar hadir siswa






6.    RPP memuat komponen sesuai Permendiknas 41 Th.2007 / Permendikbud 65 tahun 2013






7.    RPP dilengkapi dengan pedoman penilaian, rubrik dan kunci jawaban






8.    RPP dalam Kegiatan Inti memuat kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara berimbang






9.    RPP memuat ≥ 2 metode pembelajaran






10.     RPP memuat lima kegiatan belajar (mengamati, menanya, menalar, mencoba, mengkomunikasikan/jejaring) dalam Kegiatan Inti atau EEK untuk kelas IX/XII








11.     RPP memuat langkah-langkah pembelajaran melalui tahapan Pendahuluan, Inti, dan Penutup(dilengkapi rincian waktu)






12.     Memiliki buku catatan khusus tentang siswa (kemajuan belajar siswa dan sikap/perilaku siswa)






13.     Mempunyai silabus sesuai mata pelajaran yang diampunya






14.     Mempunyai dokumen penetapan KKM mata pelajaran yang diampunya








III
Dokumen
Penilaian
1.     Mempunyai rancangan penilaian  yang memuat berbagai tehnik penilaian






2.     Mempunyai Daftar Nilai






3.     Mempunyai Rencana Tindak Lanjut






4.     Mempunyai Rencana Remedial dan Pengayaan serta hasilnya






5.     Mempunyai Tugas Terstruktur dan KMTT






6.     Mempunyai portofolio hasil tugas terstruktur atau KMTT






7.     Mempunyai kisi-kisi soal ulangan harian






8.     Mempunyai analisis hasil ulangan harian






9.     Mempunyai bank soal






10. Hasil ulangan dikembalikan ke siswa disertai  komentar yang  mendidik & tanda tangan orang tua/wali siswa






IV
Dokumen Pengembangan Diri
1.    Mempunyai laptop






2.    Menguasai IT






3.    Mendapat tugas tambahan (Wakasek, Urusan, Kepala Perpustakaan, Kepala Lab./Bengkel, Pembina OSIS, Wali Kelas, Kaprogli) dibuktikan dengan SK dan Program Kerja






4.    Mengikuti Diklat Fungsional ( tahun 2012 s.d 2014), min.30 jam






5.    Mengikuti kegiatan kolektif guru (tahun 2012 s.d 2014); lokakarya,seminar,diskusi panel,MGMP






6.    Presentasi pada forum ilmiah (pemrasaran); tahun 2012 s.d 2014






7.    Publikasi hasil penelitian atau gagasan inovatif (tahun 2012 s.d 2014):KTI/PTK






8.    Publikasi buku teks pelajaran, buku pengayaan, dan atau buku pedoman guru(termasuk modul/diktat); tahun 2012 s.d 2014







9.    Mempunyai karya inovatif (teknologi tepat guna, karya seni, alat peraga/praktikum)tahun 2010 s.d 2014






10.  Meningkatkan kualifikasi pendidikan formal ( S 2)








11.  Mempunyai buku referensi yang sesuai dan menunjang tugas guru (minimal 4 eksp, terbitan 5 tahun terakhir) 2010 s.d 2014






V
Dokumen Keaktifan diri
1.  Masuk Kerja ≥ 95% (Surat Keterangan KS, Daftar Hadir, Jurnal Mengajar)






2.  Rata-rata hadir ≥ 95 % tepat waktu (Surat Keterangan KS)






3.  Berprestasi (tingkat sekolah/kecamatan, kabupaten, propinsi, nasional); tahun 2012 s.d 2014






4.  Mendapat penghargaan/tanda jasa (tingkat sekolah/kecamatan, kabupaten, propinsi, nasional); tahun 2010  s.d 2014






5.  Membina siswa dalam kegiatan/lomba tertentu seperti OSN, O2SN, FLSN, LKS, Prakerin, Pramuka, dan ekskul lainnya (tahun 2014); bukti SK, proker,jurnal,daftar hadir siswa






6.  Membina siswa dan pernah menjadi juara (tingkat sekolah/kecamatan, kabupaten, propinsi, nasional) tahun 2013 s.d 2014; bukti SK, fc piagam






7.  Menjadi pengurus dan atau anggota organisasi profesi/kepramukaan (tahun 2010 s.d 2014)






8.  Menjadi tutor/pelatih/instruktur (tahun 2013s.d 2014)






JUMLAH









KETERANGAN  :

Nilai Akhir (N)            = Jumlah Nilai yang diperoleh  x 100
                                                            184
Kategori :
1.      Nilai   91 s/d 100            =   Profesional
2.      Nilai   76 s/d 90              =   Layak
3.      Nilai   61 s/d 75              =   Pembinaan
4.      Nilai          ≤ 60              =   Dipertimbangkan











Mengetahui,
Kepala Sekolah



……………………………
NIP.

Guru Mapel




……………………………
     NIP.


Penyelia II




……………………………
NIP.



Penyelia I




……………………………
NIP.


                                                                             


Rekomendasi :
1.       Kepada Guru



2.       Kepada Kepala sekolah
 
 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar