PERSENTASE
INSTRUMEN
HASIL MONITORING DAN PENILAIAN ADMINISTRASI GURU PROFESIONAL SERTA KESIMPULAN
NILAI
TAHUN
PELAJARAN 2014/2015
Nama
Sekolah :
……………………………………………………
Alamat :
……………………………………………………
Nomor
Telepon :…………………………………………................
Jumlah
guru seluruhnya : ………………………
orang
Jumlah
guru yang lulus sertifikasi : ………………………
orang, terdiri dari:
a. Guru
mata pelajaran : ………………………. orang
b. Guru
BK : ………………………. orang
A. Persentase
Instrumen :
No.
|
Uraian
Dokumen
|
Persentase
(%)
|
Keterangan
|
|||
45-60
|
61-75
|
76-89
|
90-100
|
|||
1
|
Dokumen Administrasi
|
|
|
|
|
|
2
|
Dokumen Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
3
|
Dokumen Penilaian
|
|
|
|
|
|
4
|
Dokumen Pengembangan Diri
|
|
|
|
|
|
5
|
Dokumen Keaktifan Diri
|
|
|
|
|
|
6
|
Dokumen Supervisi Kelas
|
|
|
|
|
Ditindak
lanjuti kemudian
|
B. Kesimpulan
Nilai :
NO
|
KATEGORI
|
JUMLAH/ORANG
|
1
|
Profesional
|
|
2
|
Layak
|
|
3
|
Pembinaan
|
|
4
|
Dipertimbangkan
|
|
TOTAL
|
|
Ngawi, 2014
Pengawas, Kepala Sekolah
…………………….. ……………………..
NIP. NIP.
Ketentuan umum :
1. Semua
guru harus ikut kegiatan monitoring dan penilaian, termasuk guru yang mendapat
tugas tambahan sebagai kepala sekolah.
2. Menyiapkan
seluruh dokumen dan personal pada jadwal yang ditentukan.
3. Kepala
sekolah mendokumentasikan hasil monitoring dan penilaian dengan ketentuan sebagai
berikut :
3.1 Hasil monitoring dan penilaian (Instrumen
setiap guru) serta rekapitulasinya
3.2 Diberi sampul
:
SMP Negeri :
Kuning
SMP Swasta :
Coklat
SMA Negeri :
Biru
SMA Swasta :
Hijau
SMK Negeri :
Merah
SMK Swasta :
Orange
INSTRUMEN MONITORING DAN PENILAIAN
ADMINISTRASI
GURU PROFESIONAL
TAHUN
PELAJARAN 2014/2015
Nama Sekolah
: ……………..……………..……………………………………………….
Alamat Sekolah
: ……………..……………..……………………………………………….
Nama Guru
: ……………..……………..………………………………………………
NIP :
……………..……………..……………………………………………….
NUPTK
: ……………..……………..………………………………………………
Sertifikat Pendidik Mapel
: ……………..……………..……………………………………………….
Mapel yang diajarkan : ……..……………………..… Jumlah Jam/Minggu : .…………………
Tugas Tambahan
:
……..………………………..…………………………………………...
Kelas/Semester : ………………….…/……..… Jumlah kelas yang diampunya : ………..
Pelaksanaan
Penilaian : Hari/tanggal :
………………….. ……… ………….……… ……..…….
Pendidikan : D1/D2 Jurusan : ………….……… S1 Jurusan :
………………………
D3 Jurusan : ………….………
S2 Jurusan : ………………………
Keterangan Skor : 1 = Kurang,
2 = Cukup, 3 = Baik,
4 = Amat Baik
NO
|
KOMPONEN
|
INDIKATOR
|
ANALISIS
|
SARAN PERBAIKAN
|
||||
SKOR
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
||||
I
|
Dokumen
Administrasi
|
1. SK
Pembagian Tugas Mengajar
|
|
|
|
|
|
|
2. Jumlah
jam ≥ 24 linier
|
|
|
|
|
|
|||
3. Ijazah
sesuai sertifikasi
|
|
|
|
|
|
|||
II
|
Dokumen
Pembelajaran
|
1. Kalender
Pendidikan
|
|
|
|
|
|
|
2. Prota
, Promes, dan RPE
|
|
|
|
|
|
|||
3. Jadwal
mengajar / tatap muka
|
|
|
|
|
|
|||
4. Jurnal
guru / kegiatan pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|||
5. Presensi/daftar
hadir siswa
|
|
|
|
|
|
|||
6. RPP
memuat komponen sesuai Permendiknas 41 Th.2007 / Permendikbud 65 tahun 2013
|
|
|
|
|
|
|||
7. RPP
dilengkapi dengan pedoman penilaian, rubrik dan kunci jawaban
|
|
|
|
|
|
|||
8. RPP
dalam Kegiatan Inti memuat kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara berimbang
|
|
|
|
|
|
|||
9. RPP
memuat ≥ 2 metode pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|||
10. RPP
memuat lima kegiatan belajar (mengamati,
menanya, menalar, mencoba, mengkomunikasikan/jejaring) dalam Kegiatan
Inti atau EEK untuk kelas IX/XII
|
|
|
|
|
|
|||
11. RPP memuat
langkah-langkah pembelajaran melalui tahapan Pendahuluan, Inti, dan
Penutup(dilengkapi rincian waktu)
|
|
|
|
|
|
|||
12. Memiliki buku catatan khusus tentang siswa (kemajuan
belajar siswa dan sikap/perilaku siswa)
|
|
|
|
|
|
|||
13. Mempunyai silabus sesuai mata pelajaran yang diampunya
|
|
|
|
|
|
|||
14. Mempunyai dokumen penetapan KKM mata pelajaran yang diampunya
|
|
|
|
|
|
|||
III
|
Dokumen
Penilaian
|
1. Mempunyai
rancangan penilaian yang memuat berbagai tehnik penilaian
|
|
|
|
|
|
|
2. Mempunyai
Daftar Nilai
|
|
|
|
|
|
|||
3. Mempunyai
Rencana Tindak Lanjut
|
|
|
|
|
|
|||
4. Mempunyai
Rencana Remedial dan Pengayaan serta hasilnya
|
|
|
|
|
|
|||
5. Mempunyai
Tugas Terstruktur dan KMTT
|
|
|
|
|
|
|||
6. Mempunyai
portofolio hasil tugas terstruktur atau KMTT
|
|
|
|
|
|
|||
7. Mempunyai
kisi-kisi soal ulangan harian
|
|
|
|
|
|
|||
8. Mempunyai
analisis hasil ulangan harian
|
|
|
|
|
|
|||
9. Mempunyai
bank soal
|
|
|
|
|
|
|||
10. Hasil
ulangan dikembalikan ke siswa disertai
komentar yang mendidik &
tanda tangan orang tua/wali siswa
|
|
|
|
|
|
|||
IV
|
Dokumen Pengembangan Diri
|
1. Mempunyai
laptop
|
|
|
|
|
|
|
2. Menguasai
IT
|
|
|
|
|
|
|||
3. Mendapat
tugas tambahan (Wakasek, Urusan, Kepala Perpustakaan, Kepala Lab./Bengkel,
Pembina OSIS, Wali Kelas, Kaprogli) dibuktikan dengan SK dan Program Kerja
|
|
|
|
|
|
|||
4. Mengikuti
Diklat Fungsional ( tahun 2012 s.d
2014), min.30 jam
|
|
|
|
|
|
|||
5. Mengikuti
kegiatan kolektif guru (tahun 2012 s.d
2014); lokakarya,seminar,diskusi
panel,MGMP
|
|
|
|
|
|
|||
6. Presentasi
pada forum ilmiah (pemrasaran); tahun 2012 s.d
2014
|
|
|
|
|
|
|||
7. Publikasi
hasil penelitian atau gagasan inovatif (tahun 2012 s.d
2014):KTI/PTK
|
|
|
|
|
|
|||
8. Publikasi
buku teks pelajaran, buku pengayaan, dan atau buku pedoman guru(termasuk
modul/diktat); tahun 2012 s.d
2014
|
|
|
|
|
|
|||
9. Mempunyai
karya inovatif (teknologi tepat guna, karya seni, alat peraga/praktikum)tahun
2010 s.d 2014
|
|
|
|
|
|
|||
10. Meningkatkan
kualifikasi pendidikan formal ( S 2)
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
11. Mempunyai
buku referensi yang sesuai dan menunjang tugas guru (minimal 4 eksp, terbitan
5 tahun terakhir) 2010 s.d 2014
|
|
|
|
|
|
|
V
|
Dokumen Keaktifan diri
|
1. Masuk
Kerja ≥ 95% (Surat Keterangan KS, Daftar Hadir, Jurnal Mengajar)
|
|
|
|
|
|
|
2. Rata-rata
hadir ≥ 95 % tepat waktu (Surat Keterangan KS)
|
|
|
|
|
|
|||
3. Berprestasi
(tingkat sekolah/kecamatan, kabupaten, propinsi, nasional); tahun 2012 s.d
2014
|
|
|
|
|
|
|||
4. Mendapat
penghargaan/tanda jasa (tingkat sekolah/kecamatan, kabupaten, propinsi,
nasional); tahun 2010 s.d 2014
|
|
|
|
|
|
|||
5. Membina
siswa dalam kegiatan/lomba tertentu seperti OSN, O2SN, FLSN, LKS, Prakerin,
Pramuka, dan ekskul lainnya (tahun 2014);
bukti SK, proker,jurnal,daftar hadir siswa
|
|
|
|
|
|
|||
6. Membina
siswa dan pernah menjadi juara (tingkat sekolah/kecamatan, kabupaten,
propinsi, nasional) tahun 2013 s.d 2014;
bukti SK, fc piagam
|
|
|
|
|
|
|||
7. Menjadi
pengurus dan atau anggota organisasi profesi/kepramukaan (tahun 2010
s.d 2014)
|
|
|
|
|
|
|||
8. Menjadi
tutor/pelatih/instruktur (tahun 2013s.d
2014)
|
|
|
|
|
|
|||
JUMLAH
|
|
|
|
|
|
KETERANGAN :
Nilai
Akhir (N) = Jumlah Nilai
yang diperoleh x 100
184
Kategori
:
1. Nilai 91 s/d
100 = Profesional
2. Nilai 76 s/d
90 = Layak
3. Nilai
61 s/d 75 = Pembinaan
4. Nilai ≤ 60 = Dipertimbangkan
Mengetahui,
Kepala Sekolah
……………………………
NIP.
|
|
Guru Mapel
……………………………
NIP.
|
Penyelia II
……………………………
NIP.
|
|
Penyelia I
……………………………
NIP.
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar