Jumat, 22 Januari 2016

SOAL UJIAN PRAKTIK KEJURUAN ( APK )



UJIAN NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2014/2015

 

SOAL UJIAN PRAKTIK KEJURUAN


Satuan Pendidikan                     :           Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Kompetensi Keahlian                :           Administrasi Perkantoran
Kode                                          :           6045
Alokasi Waktu                           :           20  jam
Bentuk Soal                               :           Penugasan Perorangan

 


I.     PETUNJUK UMUM

1.      Anda adalah Sekretaris PT. WIRA KARYA SEJATI, Jalan Garuda Raya No. 109, Surabaya ( 60291 ), Telp (031) 70878770, Faks. (031) 70877087,
Pimpinan anda bernama Bapak Rafa Perdana, SH, MM .  Beliau menjabat sebagai Kepala Devisi Umum.
Perusahaan anda bergerak di bidang distributor peralatan kantor.

2.      Dokumen soal ujian praktik ini terdiri dari 9 pekerjaan, yaitu:
a.       Mengetik kecepatan
b.      Membuat surat Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris
c.       Mengatur pertemuan rapat
d.      Menangani arsip
e.       Mengelola kas kecil
f.       Penanganan agenda kerja pimpinan
g.      Mencari informasi melalui internet
h.      Menangani telepon
i.        Melakukan presentasi

3.      Sebelum mengerjakan tugas, bacalah setiap item tugas dengan cermat dan teliti
4.      Periksa seluruh kelengkapan soal pada setiap tugas, jika tidak lengkap segeralah melapor kepada pengawas ujian
5.      Kerjakan tugas yang paling mudah terlebih dahulu
6.      Jangan lupa untuk selalu mencantumkan nomor ujian pada setiap hasil pekerjaan
7.      Periksa kembali hasil pekerjaan sebelum menyerahkan kepada pengawas ujian






ii.    Keselamatan Kerja

1.      Perhatikan unsur-unsur keselamatan kerja selama anda mengerjakan soal ujian praktik ini.
2.      Laporkan jika terdapat kerusakan atau hal lain yang terjadi di luar semestinya kepada pengawas ujian

III.    DAFTAR PERALATAN, KOMPONEN, DAN BAHAN


No.
Nama
Alat/Komponen/Bahan
Spesifikasi
Jumlah
Keterangan
1
2
3
4
5

Alat Tes /Alat tangan



1.
Komputer
Pentium 4
Disesuaikan

2.
Printer
Standar
Disesuaikan

3.
Internet
Jaringan cepat
Jaringan

4.
Perforator

Disesuaikan

5.
Stapler dan isi

Disesuaikan

6.
LCD/Infocus

1

7.
Kalkulator

Disesuaikan

8.
Telepon

Disesuaikan

9.
Gunting

Disesuaikan

10.
Stopwatch

1

11.
Catridge/toner

1


Komponen



1.
Map snelhecter
Ukuran A 4
2
1 untuk arsip dan 1 untuk kas kecil
2.
Guide
Bufallo warna
Disesuaikan
guide untuk arsip dan guide untuk kas kecil
3.
Kalender meja
Tahun 2015
1 / siswa

4.
ATK

Disesuaikan







Bahan



1.
Kertas HVS

A4

13 lembar

Untuk setiap siswa
2.
Amplop
Persegi panjang
3 buah

3.
Form buku agenda kembar

2 lembar
1 Untuk surat masuk dan 1 untuk surat keluar
4.
Lembar agenda  kerja pimpinan

1 lembar


5.
Form bukti penerimaan kas kecil

2

6.
Form bukti pengeluaran kas kecil

20

7.
Form laporan kas kecil

1

8.
Lembar pesan telepon

1

9.
Block note

1

IV.      SOAL / TUGAS


TUGAS   1             :  KECEPATAN MENGETIK


1.             Petunjuk Kerja
a.     Kerjakan tugas  berikut ini dengan menggunakan aplikasi word processing
b.    Bila ada masalah dengan alat atau naskah, tanyakan kepada penguji
c.     Ketiklah naskah pemanasan dengan waktu 5 menit
d.    Ketiklah naskah kecepatan dengan baik dalam waktu 15 menit
e.     Cetak naskah dalam waktu 5 menit
f.     Manfaatkan waktu dengan sebaik-baikya

2.                       Peralatan  dan bahan yang diperlukan
a.     Komputer dengan aplikasi Word Processing
b.    Printer
c.     Stapler kecil
d.    Staples
e.     Stopwatch untuk penguji
f.     Kertas HVS A4
g.    Catridge/toner

3.                       Alur Kegiatan
a.             Mempersiapkan alat dan bahan (ATK) yang akan digunakan
b.             Latihan Pemanasan selama 5 menit dipandu oleh penguji
c.             Mengetik kecepatan dilakukan secara bersama-sama, oleh karena itu perlu diperhatikan aba – aba penguji
d.            Setelah selesai mengetik segera mencetak dan hasilnya serahkan penguji
e.             Gunakan jarak spasi 1,5
f.              Font Calibri
g.             Font size 12

4.             Hasil yang diharapkan
a.             Kecepatan mengetik mencapai antara 125 s.d. 300 epm
( Rentang Nilai lihat di keterangan format Nilai PPsp Kecepatan )
b.             Ketelitian mencapai 92 %










 NASKAH PEMANASAN KECEPATAN MENGETIK

Letak bagian arsip dan tata ruang kearsipan, terutama yang dipusatkan, hendaknya di tempat yang strategis, kalau mungkin di tengah - tengah untuk memudahkan hubungan dengan semua bagian kantor itu. Hal ini perlu mendapat perhatian, dengan maksud agar segala sesuatunya bisa praktis dan mengurangi hambatan yang memakan waktu yang berharga dalam menempuh jarak perjalanan dari ruang ke ruang yang agak jauh.

Tempat bagian kearsipan di ruangan yang luas. Ruangan yang sempit dan panas akan mengakibatkan simpanan benda – benda arsip tak dapat teratur dan aman, sehingga menjadi tumpukan kertas – kertas yang tak berguna. Padahal nilai secarik kertas yang sudah ditulisi bagi arsip lebih berharga dari pada harga sehelai kertas kosong. Selain itu perlu diperhatikan ruangan arsip yang berada di bawah tanah. Pada abad sekarang ini baik di barat maupun di timur dan di Negara yang telah maju hampir tidak dipergunakan penyimpanan arsip di bawah tanah. Menurut penelitian, arsip yang disimpan dalam ruang bawah tanah lebih cepat rusak, jika di banding yang disimpan di ruang atas tanah.


(Bila waktu masih ada kembali ke pengetikan awal)











NASKAH KECEPATAN MENGETIK

 MAKNA ADMINISTRASI SECARA SEDERHANA

Kata Administrasi berasal dari Bahasa latin, Yaitu Ad dan Ministrare. Ad artinya intensif dan ministrare artinya melayani, membantu atau memenuhi. Secara etimologis istilah administrasi berasal dari Bahasa Inggris dari kata Administration yang bentuk infinitifnya to administer, yang artinya mengelola. Dalam Bahasa Belanda diistilahkan dengan administratie yang artinya pengertian tata usaha. Dalam arti sempit administrasi adalah kegiatan penyusunan dan pencatatan data dan informasi secara sistematis dengan tujuan menyediakan keterangan bagi pihak yang membutuhkan serta memudahkan memperoleh kembali informasi secara keseluruhan dalam hubungan satu sama lain, atau dengan kata lain disebut tata usaha.
Dalam melaksanakan segala pekerjaan dan aktifitas guna mencapai tujuan atau ambisi yang diharapkan oleh manusia tentulah membutuhkan kerja sama manusia dengan yang lainnya. Hal ini bisa dijadikan sebagai makna administrasi secara sederhana. Merupakan susuatu yang irasional bila seorang manusia dalam meraih keinginannya tidaklah pernah melakukan interaksi dengan manusia yang lain. Agar tujuan yang telah ditetapkan tersebut dapat dicapai dengan baik maka diperlukanlah sebuah struktur atau tatanan kerja yang saling berhubungan dan merupakan kesatuan dari berbagai komponen karena struktur dalam organisasi merupakan suatu kerangka antar hubungan satuan – satuan pada organisasi yang didalamnya memuat kedudukan tugas dan wewenang, garis koordinasi, tingkatan hirearki dalam satu kesatuan yang baik.
Struktur organisasi merupakan unsur yang sangat penting dalam organisasi. Dalam hal pembentukannya struktur organisasi merujuk pada kebutuhan dari organisasi itu sendiri agar dapat bergerak optimal. Didalam struktur organisasi hendaknya di buat pembagian kerja yang jelas dan terinci. Elemen dari terbentuknya sebuah struktur organisasi adalah pembagian kerja. Keseluruhan pekerjaan dan kegiatan yang telah direncanakan tentunya perlu disederhanakan guna mempermudah bagaimana mengimplementasikannya. Seterusnya profesionalisme kerja secara sederhana bisa berarti terwujudnya suatu pelaksanaan tugas dengan baik dan optimal, mengenai pada sasaran atau tujuan dari suatu organisasi secara cepat dan tepat dengan berbagai sumber daya yang ada. Dimana tujuan organisasi itu bisa berupa disiplin kerja pegawai. Setiap organisasi baik swasta maupun pemerintah memerlukan administrasi yang baik dalam menunjang aktifitas dan tujuan organisasi. Dan secara umum orang mengartikan administrasi sebagai suatu kegiatan yang berkaitan dengan catat-mencatat informasi yang ada secara sistematis untuk disajikan kembali dalam bentuk lain sesuai dengan kebutuhan. Administrasi adalah rangkaian kegiatan penataan. ( The Liang Gie & Sutanto, 1977 ), Administrasi merupakan rangkaian kegiatan ( proses ) yang wujudnya : merencanakan, memutuskan, menyusun, mengatur, memimpin, mengurus, mengarahkan, membimbing, menselaraskan, mengendali-kan, mengawasi, menyempurnakan dalam suatu istilah yaitu yang disebut menata atau penataan.
Administrasi merupakan segenap proses penyelenggaraan kegiatan tata usaha oleh dua orang atau lebih dalam kerja sama untuk mencapai tujuan tertentu. Semakin sedikit orang yang terlibat, akan semakin sederhana tujuan yang hendak dicapai. Semakin sederhana tugas – tugas yang hendak dilaksanakan semakin sederhana pula peralatan dan perlengkapan yang diperlukan. Disamping itu dalam kegiatan administrasi perlu dilakukan pengawasan untuk mengukur seberapa jauh keberhasilan dan seberapa besar kegagalan suatu pekerjaan.



 (Bila waktu masih ada kembali ke pengetikan awal)

71

142
214
286
358
429

497
562
630
699
834
901
968
1035
1102
1169
1175

 
















 

 



 

 

 

 

72

138
207
277
344
411
477
545
610
682
724
793
855
924
993
1055
1123
1191
1259
1324
1396
1462
1531
1573
1639
1707
1779
1848
1918
1984
2040
2109
2181
2251
2317
2385
2455
2523
2593
2659
2731
2796
2861
2933
2999
3070
3137
3166
3238
3305
3372
3439
3510
3571
3637
3701

TUGAS   2 a                              :  MEMBUAT SURAT BAHASA INDONESIA


1.    Petunjuk Kerja
1.         Anda diminta untuk membuat surat balasan atas surat yang diterima, surat dibuat menggunakan Bahasa Indonesia, tanggal surat hari ini,  pengirim PT. KARYA USAHA MANDIRI, Jl. Cokroaminoto No. 104 Surabaya ( 60292 )
2.         Baca dan cermati makna surat yang disediakan.
3.         Anda dianjurkan untuk membuat konsep terlebih dahulu

2.    Alat dan Bahan
a.         Komputer
b.         Printer
c.         Kertas HVS ukuran A4
d.        Kop surat
e.         Amplop persegi panjang
3.    Alur Kegiatan
1.         Mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan
2.         Buatlah balasan surat dalam Bahasa Indonesia tersebut diketik dalam                    bentuk Block Style
3.         Tanggal surat hari ini
4.         Nomor Surat ...........................
5.         Sebelum dicetak simpan pada file anda
6.         Selesai dicetak, selanjutnya dilipat dengan model standard fold dan dimasukkan ke dalam amplop.

4.    Hasil yang diharapkan
Surat Bahasa Indonesia dalam bentuk Block Style, dilipat dalam lipatan                    Standard Fold dan dimasukkan ke dalam amplop.





















PT. KARYA USAHA MANDIRI
Jl. Cokroaminoto No. 104
SURABAYA ( 60292 )

2 Februari 2015

Nomor             : 109/PM/II/2015                                                                                                                                


Kepada
PT. WIRA KARYA SEJATI
Jalan Garuda Raya No. 109
Surabaya ( 60291 )


Hal : Penawaran Laptop


Dengan Hormat,

Perkembangan komputer sudah demikian maju,untuk itu kami ingin menawarkan kepada Saudara Labtop terbaru tipe Intel Pentium Core i3 , yang dapat dipergunakan bagi keperluan kantor, spesifikasi yang telah dirancang untuk dapat langsung memeriksa hasil pekerjaan yang dilaksanakan, seperti pada bagian keuangan atau kepegawaian

Labtop dengan merk TOSHIBA ini mempunyai data spesifikasi Intel Pentium Core i3 2,4 GHz yang telah dilengkapi modem dan hard disk berkapasitas 500 Gb dan dapat dipergunakan baik secara individual maupun secara jaringan pada suatu kantor.

Harga yang kami tawarkan adalah Rp 7 200 000,- sudah termasuk pengiriman barang, meja komputer dan pelayanan purnajual selama 2 tahun

Kami berharap Saudara tertarik dengan penawaran ini dan masa promosi dari penawaran ini  sampai dengan tanggal 28 Februari 2015

Atas perhatian Bapak kami sampaikan terima kasih



Hormat kami,

bAYU perdana

Bayu Perdana, SE
Manager Pemasaran




TUGAS   2b :  MEMBUAT SURAT BAHASA INGGRIS


1.       Petunjuk Kerja
1.  Bacalah dengan cermat MEMO dihalaman berikut :
2.  Buatlah surat pesanan reservasi kepada :

IBIS HOTEL SINGAPORE NOVENA
6 Irrawaddy Road,
Novena /Balestier,
SINGAPORE 329543

3.  Anda dianjurkan untuk membuat konsep terlebih dahulu

2.            Alat dan Bahan
a.    Komputer
b.    Printer
c.    Kertas HVS ukuran A4
d.   Kop Surat
e.    Amplop persegi panjang
3.            Alur Kegiatan
1.    Mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan
2.    Buatlah surat dalam Bahasa Inggris tersebut diketik dalam bentuk                             block style
3.    Surat tersebut ditandatangani oleh Saudara sendiri sebagai Sekretaris
4.    Tanggal Surat 26 Februari 2015
5.    Nomor Surat : ..............................
6.    Sebelum dicetak simpan pada file anda
7.    Selesai dicetak, selanjutnya dilipat dengan model standard fold dan dimasukkan ke dalam amplop.

4.            Hasil yang diharapkan
Surat Bahasa Inggris dalam bentuk Block Style, dilipat dalam lipatan standard fold dan dimasukkan kedalam amplop.

INTEROFFICE MEMORANDUM


To                    : Secretary
From    : Head of Division
Date     : February 26 th, 2015
Subject            : Hotel Reservation

I will be visiting Singapore, and will be there from March 2 – 7, 2015.

I would like to stay at Ibis Hotel Singapore Novena, I prefer deluxe room. Please make a reservation letter for me.

Rafa Perdana


TUGAS   3   :  MENGATUR PERTEMUAN RAPAT


1.       Petunjuk Kerja
a.     Buatlah surat undangan rapat, agenda rapat dan daftar hadir rapat sesuai dengan format yang lengkap dan benar.
b.    Ketik dengan menggunakan aplikasi komputer MS. Word / Excell

            2.         Alat dan Bahan
a.    Komputer
b.    Printer
c.    Kertas HVS ukuran A4
d.   Kop Surat
e.    Alat tulis lainnya
3.            Alur Kegiatan
a.    Mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan
b.    Baca soal dengan cermat
c.    Membuat surat undangan rapat dengan bentuk surat block style  
d.   Membuat agenda rapat secara detail
e.    Membuat daftar hadir rapat sesuai dengan jumlah yang di undang
f.     Sebelum dicetak simpan pada file anda
g.    Cetak hasil ketikan di kertas HVS A4

4.            Hasil yang diharapkan
a.    Surat undangan rapat yang tercetak dengan pengkalimatan yang sesuai dan dilampiri dengan agenda rapatnya
b.    Format daftar hadir peserta rapat sesuai dengan jumlah yang diundang



       MENGATUR PERTEMUAN RAPAT

Melihat kondisi kedisiplinan pegawai yang semakin menurun dan kurangnya pegawai pada staf keuangan, maka Bapak Rafa Perdana, SH menganggap perlu untuk mengadakan rapat dengan seluruh Kepala Devisi terkait.

Rapat akan diadakan pada hari Jumat, tanggal 27 Februari 2015 dari pukul 14.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB bertempat di ruang rapat kantor lantai 2, acara diawali dengan makan siang bersama untuk itu Anda diminta untuk memesankan makanannya di Seafood Restaurant.

Peserta Rapat yang diundang
1. Kepala Devisi Pemasaran
2. Kepala Devisi Produksi
3. Kepala Devisi Keuangan

Materi Rapat    :      Meningkatkan Kinerja pegawai yang cenderung menurun              pada 3 bulan terakhir.



  TUGAS   4   :  MENANGANI ARSIP


1.        Petunjuk Kerja
a.    Saat ini di meja anda ada  8 surat masuk dan 6 surat keluar
b.    Baca soal dengan cermat
c.    Telitilah surat-surat tersebut untuk proses pencatatan

2.        Bahan dan Alat
a.    Format buku agenda kembar
b.    14 lembar surat
c.    Guide ( HVS Warna )
d.   Kertas cover warna ( 2 macam ) untuk  penanda surat masuk / surat keluar
e.    1 map snelhechter
f.     Perforator
g.    Stapler
h.    ATK
3.    Alur Kegiatan
1.  Mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan
2.  Catatlah surat-surat tersebut ke dalam format buku agenda kembar yang telah disediakan
3.  Lanjutkan untuk proses penyimpanannya ( arsip ) dengan menggunakan Sistem
Masalah ( Subject Filing System ) dengan kode masalah utama sebagai berikut :

Um                     :  Umum
Kp                     :  Kepegawaian
Pm                     :  Pemasaran
Op                      :  Operasional

4. Siapkan guide untuk diberi kode sesuai dengan sistem yang digunakan
5. Setelah dicatat dalam buku agenda kembar selanjutnya susunlah guide dan simpanlah surat-surat/arsip tersebut dalam map snelhechter  sesuai dengan sistem yang digunakan

4.    Hasil yang diharapkan
a.    Buku agenda kembar terisi dengan lengkap, benar dan rapi
b.   Surat-surat tersimpan dalam map snelhechter sesuai dengan Sistem Masalah            
  ( Subject Filing System )

     Lampiran Surat Masuk dan Surat Keluar sebagai berikut  :





PT. WIRA KARYA SEJATI
Jalan Garuda Raya No. 109
Surabaya (60291)
Telp. (031) 70878770, Fax. (031) 70877087


SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA
NO. 043/DU-WKS/I/2015


Yang bertanda tangan dibawah ini :

   Nama               : RAFA PERDANA, SH, MM
   Jabatan                        : Kepala Devisi Umum

Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa yang bersangkutan di bawah ini :

   Nama               : DITA LAUDIA SARI
   Alamat                        : Jl. Ikan Lumba – lumba No 39 Perak timur
  Surabaya ( 60164 )

Benar telah bekerja pada perusahaan yang kami pimpin terhitung sejak 01 Maret 2007 sampai dengan 30 Januari 2015, dengan jabatan terakhir Sekretaris Kepala Devisi Pemasaran.

Selama menjadi karyawan kami, Saudari DITA LAUDIA SARI telah menunjukkan dedikasi dan loyalitas yang tinggi terhadap perusahaan dan tidak pernah melakukan              hal- hal yang merugikan perusahaan. Yang bersangkutan mengundurkan diri atas kemauannya sendiri.

Kami berterima kasih dan berharap semoga yang bersangkutan dapat lebih sukses dimasa yang akan datang.

Demikian surat keterangan ini dibuat agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.



                                                                                                          Surabaya, 01 Februari 2015
                                                                  
Rafa Perdana

Rafa Perdana, SH, MM
Kepala Devisi Umum


                                                                  

  PT. WIRA KARYA SEJATI
Jalan Garuda Raya No. 109
Surabaya (60291)
Telp. (031) 70878770, Fax. (031) 70877087


Nomor        : 56/DU-WKS//II/2015                                                        16 Februari 2015


Yth. Saudari Diana Venturima
Jl. Citandui No. 37
Sidoarjo  ( 61212 )


Perihal        :   Panggilan Wawancara



Dengan hormat,

Setelah kami mempelajari surat lamaran Saudari yang di kirim beberapa waktu yang lalu, dengan lamaran Saudari untuk menjadi tenaga Sekretaris di perusahaan kami,  maka kami mengundang  Saudari untuk mengikuti wawancara pada :

Hari/tanggal                   :   Rabu, 3 Februari 2015
Pukul                                         :   09.00 s.d 11.00
Tempat                           :   Ruang Meeting Devisi Umum
                                                    PT Wira Karya Sejati
                                       Jl. Garuda Raya No. 109
                                       Surabaya ( 60291 )

Kami harap Saudari datang tepat waktu. Atas perhatian dan kerja sama Saudari, kami sampaikan terima kasih.




Hormat kami,


Rafa Perdana
 



Rafa Perdana, SH, MM
Kepala Devisi Umum






PT. WIRA KARYA SEJATI
Jalan Garuda Raya No. 109
Surabaya (60291)
Telp. (031) 70878770, Fax. (031) 70877087


Nomor      :        47/DU-WKS/II/2015                                                                              5  Februari 2015


Kepada
PT. COKRO ELEKTRONIK
Jl. Acmad Yani No. 23
Surabaya ( 60239 )


Perihal      :   Pengaduan Kesalahan Pengiriman Mesin



Dengan hormat,

Kiriman Saudara berupa beberapa mesin kantor atas pesanan kami pada beberapa waktu yang lalu telah kami terima pada tanggal 03 Februari 2015.

Namun sayang sekali setelah kami teliti semua, barang yang Saudara kirim adalah binding machine sebanyak 5 buah. Sementara barang yang kami pesan, yaitu mesin pemotong kertas sebanyak 5 buah tidak ada. Untuk itu kami mohon Saudara dapat mengirimkan kekurangan tersebut, mengingat pelanggan kami sudah menunggunya. 

Mengenai kekurangan pembayaran tetap akan kami selesaikan sesuai dengan janji kami, tetapi dikurangi dengan harga mesin pemotong. Sehubungan dengan binding machine, kami siap apabila Saudara meminta kami memasarkannya, namun secara konsinyasi.

Kami menunggu kiriman barang tersebut secepatnya. Besar harapan kami hal tersebut di atas mendapat perhatian Saudara sepenuhnya.
                                          

Hormat kami,

Rafa Perdana

Rafa Perdana, SH, MM
Kepala Devisi Umum







PT. WIRA KARYA SEJATI
Jalan Garuda Raya No. 109
Surabaya (60291)
Telp. (031) 70878770, Fax. (031) 70877087


Reff.                 : 50/DU-WKS/II/2015                                            February 7th, 2015
Subject             : Attendance Confirmation




THE GOLDEN BRIDGE
10, Gentle Road
Singapore 309194



Dear Mr. Benjamin,

          I’am so pleased for your invitation on “How to be A Wonderful Person” seminar. But unfortunately I couldn’t come to your invitation because I have other plans that has scheduled before.
         For further, hopefully I can attend your other wonderful invitation. Thank you very much for your understanding.


                                                                                                            



Sincerely yours,

Rafa Perdana

Rafa Perdana, SH, MM
Head of Devision








PT. WIRA KARYA SEJATI
Jalan Garuda Raya No. 109
Surabaya (60291)
Telp. (031) 70878770, Fax. (031) 70877087

Nomor             : 20/DU-WKS/I/2015                                                                               19 Januari 2015
Hal                   : Sewa Kendaraan



Yth. Manager Sarana Lengkap Travel Agent
Jl. Sulawesi III / 23
Surabaya ( 60281 )




Dengan hormat,

Dengan ini kami memesan kendaraan berupa mobil,  yang   akan  digunakan  pada tanggal    24- 25 Januari 2015 untuk  tujuan Surabaya – Yogyakarta dengan spesifikasi sebagai berikut. :

-        Mobil jenis Avanza / Innova
-        Fasilitas : AC, audio, dan Mini TV
-        Sopir berpengalaman dan memiliki izin

Mengenai pembayaran akan kami lakukan melalui transfer ke rekening Saudara.

Demikian sambil menunggu konfirmasi Saudara, kami sampaikan terima kasih.





Hormat kami,

Rafa Perdana

Rafa Perdana, SH, MM
Kepala Devisi Umum







PT. WIRA KARYA SEJATI
Jalan Garuda Raya No. 109
Surabaya (60291)
Telp. (031) 70878770, Fax. (031) 70877087


            23 Januari 2015

            Nomor             : 24/DU-WKS/I/2015

           

            Bayu Perdana, SE
            Manager Pemasaran
            PT. KARYA USAHA MANDIRI
            Jalan Cokroaminoto No. 104
            Surabaya ( 60264 )


            Dengan Hormat,


            PT. Wira Karya Sejati – Penandatanganan Kontrak Kerja


Terima kasih atas surat Saudara tertanggal 21 Januari 2015  mengenai penandatanganan kontrak kerja. Kami menyetujui waktu penanda- tanganannya yaitu Hari Senin tanggal 26 Januari 2015, pada pukul 10.00,    di Kantor kami di Surabaya.




Hormat kami,

Rafa Perdana

Rafa Perdana, SH, MM
Kepala Devisi Umum










KENCANA MOTOR SALES SERVICE
Jl. Raya CipinangNo. 125 A Telp. ( 021 ) 8856771, Faks. ( 021 ) 8856772
JAKARTA TIMUR ( 13240 )


 
Nomor             : 16/ KMSS/I/2015                                                        `     5 Januari 2015
                            
Kepada
PT. WIRA KARYA SEJATI
Jalan Garuda Raya No. 109
Surabaya (60291)


Hal : Pembayaran Ongkos Service


Dengan Hormat,
Kami beritahukan bahwa perbaikan mobil “ MERCEDES BENZ  “ milik perusahaan Saudara telah selesai dan mobil tersebut sudah kami kirim kembali ke Surabaya
Dan kami beritahukan bahwa total biaya perbaikan seluruhnya sebesar                             Rp 8.700 000,00 ( Delapan  juta tujuh ratus ribu rupiah ). Untuk itu kami harap Saudara dapat mengirimkan pembayaran tersebut melalui Bank Mandiri Cabang Jakarta Selatan.
Atas perhatian Saudara kami Sampaikan terima kasih

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/4/43/Tanda_Tangan_Arif_Nur_Setiawan.jpg                                                                                            Hormat kami,


Surya Atmadja
Manager










PT. COKRO ELEKTRONIK
Jl. Abdul Gani. 23 Fax (0341) 888566, Telp. 997878
Malang ( 65311 )


Nomor   : 435/PM/II/2015                                                                                                  7 Februari 2015



Kepada
PT. WIRA KARYA SEJATI
Jalan Garuda Raya No. 109
Surabaya (60291)



Dengan Hormat,

Terima kasih atas surat pengaduan saudara tertanggal  5 Februari 2015, Tentang Kesalahan pengiriman binding machine sebanyak 5 buah yang kami kirim beberapa waktu yang lalu.

Kami sungguh menyesali kejadian tersebut. Untuk itu seperti apa yang Saudara pesan yaitu pemotong kertas sebanyak 5 buah akan kami kirimkan secepatnya paling lambat hari Selasa tanggal  10 Pebruari 2015

Mengenai pelunasan sisa pembayaran, kami setuju untuk dibayar  setelah barang            tersebut di terima.

Mohon maaf atas kejadian ini, semoga dalam kerja sama ke depan tidak akan terjadi lagi.

Atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terima kasih.




                                                                                                                                                            Hormat kami,

                                                                                                                                                            cokro

                                                                                                                                                            Drs. Cokro Abidin
                                                                                                                                                            Kabag pemasaran









PT. KENCANA GEMILANG
Jl. Raya Pondok Bambu III No. 124
JAKARTA ( 13430 )
Telp. ( 021 ) 8556677, Faks. ( 021 ) 8557878


Nomor : 32/PM/I/2015                                                                                                        23 Januari 2015



Kepada
PT. WIRA KARYA SEJATI
Jl. Garuda Raya No. 109
Surabaya ( 60291 )




Dengan Hormat,

SELAMAT & SUKSES


Kami mengucapkan selamat dan sukses atas dibukanya Kantor Cabang                                         PT WIRA KARYA SEJATI di Jl. Gatot Subroto No. 100 Jakarta Selatan ( 13120 ).

Kami berharap kerja sama yang telah terjalin dengan baik selama ini dapat di lanjutkan untuk masa masa mendatang, baik untuk kepentingan kantor pusat maupun cabang – cabangnya.

Terima Kasih atas perhatian dan kerja sama Saudara.




                                                                                                                                                            Hormat kami,


 
                                                                                                                                                           

                                                                                                                                                            Mahendra, SE
                                                                                                                                                            Manajer Pemasaran









PT. BANGUN GEMILANG
Jl. Mahesa Barat No. 203 ,Telp. (0299) 567890
SEMARANG ( 50192 )


Nomor            : 21/BG/I/2015                                                                                 20 Januari 2015


Kepada
PT. Wira Karya Sejati
Jl. Garuda Raya no. 109
Surabaya ( 60291 )


Perihal    :   Permintaan Penawaran Mesin – Mesin Kantor



Dengan hormat,

Kami informasikan bahwa saat ini kami sedang melakukan perluasan kantor dengan menambah gedung baru.

Untuk itu kami minta Saudara dapat memberikan penawaran kepada kami tentang              mesin – mesin kantor yang memiliki kelebihan, baik dalam operasionalnya maupun dalam segi rendahnya biaya yang harus ditanggung pada saat pengoperasian.

Kami akan sangat menghargai apabila diberikan brosur lengkap dengan daftar harga       yang ada didalamnya.

Apabila memungkinkan, kami berharap ada diskon yang dapat kami peroleh bila                 kami membeli dalam jumlah yang cukup banyak.

Kami tunggu kabar dari Saudara, dan kami sampaikan terima kasih.




                                                                                                                                                Hormat kami,
                                                                                                                                               

                                                                                                                                                Purbo Sutejo, SH
                                                                                                                                                Personalia







http://www.fpburgos.org/imagenes/logo1ITM.jpgPT Indo Tangguh Mulya
General Trading
Jalan  Basuki Rakhmat 212 Surabaya ( 60271)
                                        
Nomor   : 112/SPMS/IM/II/2015                                                                      21  Februari 2015
Hal                     : Pesanan Peralatan kantor



Yth. Kepala Devisi Pemasaran
PT. WIRA KARYA SEJATI
Jl. Garuda Raya no. 109
Surabaya ( 60291 )


Dengan Hormat,

Terima kasih kami sampaikan atas surat penawaran Bapak beserta brosur terlampir , tanggal    8 Februari 2015 yang lalu. Bersama surat ini kami sampaikan bahwa tertarik dengan produk yang Bapak tawarkan, selanjutnya kami mempertimbangkan dengan seksama dan diputuskan bahwa kami memesan barang – barang sebagai berikut :


No
Jenis Barang
Jumlah Barang
1
Binding machine
5 (lima) unit
2
Mesin foto copy merk Bosta  type  Bs F532
1 (satu) unit
3
pemotong kertas merk Bosta type XA 1
5 (lima) unit

Kami berharap barang sudah kami terima sebelum tanggal 25 Februari 2015 dan pembayaran akan kami lakukan setelah barang kami terima.

Atas perhatian Bapak, kami sampaikan terimakasih.



                                                                                                                                       Hormat Kami,
http://aksaralogy.files.wordpress.com/2011/01/varia-sign.gif

                                                                                                                        


                                                                                                                                                     James Pradopo, MBA






Our Contact : Telp. (031) 7416727 Fax.(031) 7416728

IKATAN PENGUSAHA INDONESIA
Wilayah Jawa, Bali dan Sekitarnya
Sekretariat Jl. Raya Darmo No. 145  Surabaya ( 60226 )
Telp. 031 70997099, Fax. (031)70667066


Nomor   : 22/SP/I/2015                                                                                             3 Januari 2015
Lampiran           :
Hal                     : Undangan


Kepada :
Yth. Kepala Devisi Umum
PT. WIRA KARYA SEJATI
Jalan Garuda Raya No. 109
Surabaya (60291)



Kami mengharap kehadiran Saudara selaku Ketua Ikatan Pengusaha Indonesia Wilayah Jawa - Bali dan sekitarnya, pada :

               Hari, tanggal   : Sabtu, 10 Januari 2015
               Pukul               : 08.00 – selesai
               Tempat                        : Hotel Sheraton
                                                     Jl Embong Malang 25-32
                                                     Surabaya ( 60261 )
                   Keperluan                : Pemateri bidang wirausaha untuk pengusaha profesional
  Indonesia

Atas Kehadiran Saudara kami sampaikan terima kasih




                                                                                        Panitia,
                                                                                       

                                                                                        Tamibisono Geral






Malang, 12 Januari 2015


Kepada :
Yth. Bapak / Ibu Pimpinan Personalia
PT. WIRA KARYA SEJATI
Jalan Garuda Raya No. 109
Surabaya (60291)


Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya baca di harian Jawa Pos, tanggal 10 Januari 2015 tentang lowongan pekerjaan, dengan ini saya bermaksud mengajukan permohonan kerja sebagai sekretaris / staf Administrasi di perusahaan yang bapak /ibu pimpin.
  
Nama Saya Anisah Prawesti, usia 22 tahun, alamat Jl, Raya Singosari No.22 Malang        ( 65153 ), Pendidikan lulus SMK program keahlian administrasi Perkantoran dan melanjutkan pendidikan terakhir D1 Sekretaris. Saya mampu berbahasa Inggris secara aktif, dan menguasai beberapa program komputer  MS. Word, MS. Excel, MS. Powerpoint dan Publisher. Saat ini saya baru menyelesaikan pendidikan, tetapi saya yakin dapat bekerja dan melaksanakan tugas dengan baik.

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, bersama ini saya sertakan beberapa berkas, foto copy ijasah dan transkrip, pas foto, daftar riwayat hidup serta beberapa berkas lainnya.
Besar harapan saya untuk mendapatkan kesempatan bekerja di perusahaan Bapak/ibu.

Demikian permohonan kerja dari saya. Atas perhatian Bapak/ibu saya sampaikan terima kasih



                                                                                                                             Hormat saya,
                                                                                                                             Anisah P
                                                                                                                             Anisah Prawesti







PT. KARYA USAHA MANDIRI
Jl. Cokroaminoto No. 104
SURABAYA (60264)

21 Januari 2015

Nomor   : 43/PM/I/2015


Rafa Perdana, SH, MM
Kepala Devisi Umum
PT. WIRA KARYA SEJATI
Jalan Garuda Raya No. 109
Surabaya (60291)


Dengan Hormat,

Terima kasih atas waktu yang telah diberikan untuk membicarakan kemungkinan penanganan layanan system Jaringan IT di perusahaan Bapak.

Bapak telah membaca proposal system Jaringan IT serta menyetujui perancangan informasi antar lokasi cabang dan kantor pusat. Demikian pula Bapak telah menyetujui detail anggaran yang di butuhkan, rencana waktu implementasinya, dan sumber daya yang diperlukan ( operasional jaringan )

Kami telah menyiapkan kontrak kerja Proyek PT. Wira Karya Sejati. Apabila disetujui kontrak kerja ini dapat kita tandatangani hari Senin, 26 Januari 2015 di Surabaya Kantor Pusat PT. Wira Karya Sejati. Kami menunggu konfirmasi dari Bapak.

Atas kerja samanya kami sampaikan terima kasih.



Hormat kami,

bAYU perdana

Bayu Perdana, SE
Manager Pemasaran





TUGAS   5   :  MENGELOLA KAS KECIL

                                                                                                                                                      
1.       Petunjuk Kerja
a.     Baca secara cermat soal terlampir
b.    Lakukan pembukuan sesuai prosedur
c.     Ketik dengan menggunakan aplikasi MS. Excell

2.            Alat dan Bahan
a.    Komputer
b.    Printer
c.    Kertas HVS ukuran A4
d.   Map Snelhechter
e.    Format bukti kas masuk
f.     Format bukti kas keluar
g.    Kertas double folio bergaris
h.    ATK
3.            Alur Kegiatan
a.    Mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan
b.    Catatlah transaksi tersebut menggunakan bukti penerimaan kas dan bukti  
     pengeluaran kas
c.    Buatlah catatan pembukuan kas kecil dengan Sistem Imprest
d.   Cetak hasil ketikan di kertas HVS A4
e.    Simpan bukti transaksi penerimaan kas dan bukti pengeluaran kas pada ordner  yang tersedia sesuai sistem yang digunakan

4.            Hasil yang diharapkan
Laporan pengelolaan kas kecil beserta bukti – bukti transaksi pada bulan Februari 2015 , bukti-bukti tersebut diisi dengan benar dan disusun secara kronologis  simpan dalam map snelhechter yang tersedia.




















SOAL MENGELOLA KAS KECIL

Saudara mengelola petty cash book imprest system setiap bulan sebesar Rp 10.000.000,00 Selama bulan Februari 2015 telah terjadi pengeluaran-pengeluaran dana kas kecil seperti di bawah ini. Catatlah transaksi-transaksi selama bulan Februari 2015 kedalam petty cash book imprest system, Saldo bulan Januari 2015 sebesar Rp. 700.000,00

Akun pengeluaran adalah sebagai berikut :

·         230   Konsumsi
·         231   Alat Tulis Kantor
·         232   Telepon, PDAM, Listrik
·         233   Foto Copy
·         234   Transportasi
·         235   Lain-lain

  Berikut ini transaksi – transaksi yang dilakukan selama bulan Februari 2015  :

1.        Tanggal   2 Februari 2015   Hitunglah penambahan dana yang dibutuhkan
2.        Tanggal   3 Februari 2015   Membeli toner 2 printer laser @ Rp. 250.000,00
3.        Tanggal   5 Februari 2015   Membeli karangan bunga untuk relasi Rp. 225.000,00
4.        Tanggal   4 Februari 2015   Biaya tiket ke Bali PP untuk 2 orang Rp. 3.000.000,00
5.        Tanggal   6 Februari 2015   Membeli gula, coffe dan teh Rp. 115.000,00
6.        Tanggal   7 Februari 2015   Konsumsi rapat pimpinan Rp. 235.500,00
7.        Tanggal   5 Februari 2015   Pengembalian biaya tiket ke bali oleh pimpinan
Rp. 196.000,00
8.        Tanggal   9 Februari 2015   Membeli bensin kendaraan kantor 15 liter                  
@ Rp 8.500,00
9.        Tanggal 10 Februari 2015   Membeli supplies kantor : 3 rim kertas HVS A4               
@ Rp. 42.500,00/rim dan 3 lusin pinsil                        
@ Rp. 25.000,00/lusin
10.    Tanggal 12 Februari 2015   Membeli flash disk 2 buah @ Rp. 45.000,00
11.    Tanggal 13 Februari 2015   Foto copy dan jilid Rp. 97.500,00
12.    Tanggal 11 Februari 2015   Biaya makan siang relasi dari Jakarta Rp. 476.000,00
13.    Tanggal 14 Februari 2015   Membeli 2 buah souvenir untuk relasi @ 275.000,00
14.    Tanggal 18 Februari 2015   Membeli kertas fax 2 roll @ Rp. 30.000,00
15.    Tanggal 16 Februari 2015   Pembayaran listrik Rp. 825.000,00
16.    Tanggal 23 Februari 2015   Pembelian voucher telepon Rp. 102.000,00
17.    Tanggal 20 Februari 2015   Membeli kue untuk konsumsi rapat Rp. 250.000,00
18.    Tanggal 17 Februari 2015   Membeli air mineral dan soft drink Rp. 150.000,00
19.    Tanggal 23 Februari 2015   Pembayaran PDAM Rp. 476.000,00
20.    Tanggal 26 Februari 2015   Biaya entertain tamu Rp. 678.500,00
21.    Tanggal 27 Februari 2015   Membayar biaya internet Rp 1.133.000,00




TUGAS   6   :  PENANGANAN AGENDA KERJA PIMPINAN

                                                                                                                                                      
1.       Petunjuk Kerja
a.       Anda diminta untuk membuat jadwal kegiatan pimpinan dengan data-data dan informasi yang telah tersedia ( terlampir )
b.      Susunlah data-data dan informasi tersebut sehingga memudahkan pimpinan anda untuk melakukan kegiatan.
c.       Ketik dengan menggunakan aplikasi MS Word / MS Excel

2.            Alat dan Bahan
a.       Perangkat komputer dan printer
b.      Kertas HVS ukuran A4
c.       Stapler dan staples
d.      Kalender meja tahun 2015
e.       ATK
3.            Alur Kegiatan
a.        Cermatilah setiap informasi agar jadwal dapat tersusun dengan rapi dan benar
b.       Membuat format agenda kegiatan pimpinan yang lengkap sesuai kebutuhan
c.        Masukkan data – data kegiatan secara kronologis
d.       Cetak hasil ketikan di kertas HVS A4

4.            Hasil yang diharapkan
Jadwal kegiatan pimpinan tersusun dengan benar, jelas, informatif dan lengkap.
























SOAL AGENDA KERJA PIMPINAN


1
Senin tanggal 2 Februari 2015 mengadakan pertemuan rapat dengan Bapak James Pradopo, MBA Manager PT. Indo Tangguh Mulya bertempat diruang meeting Devisi Umum PT. Wira Karya Sejati. Pelaksanaan acara adalah pukul 08.00 sampai pukul 09.00 WIB
2
Tanggal 30 Januari 2015 mengadakan perjalanan dinas ke PT. Wira Karya Sejati  cabang Jakarta, disertai dengan pembuatan laporan , jam pelaksana adalah jam 10.00 – 14.00 WIB
3
Pada hari selasa tanggal 3 Februari 2015, rapat koordinasi dan evaluasi dengan seluruh Kepala Devisi, waktu rapat adalah jam 09.00 – 13.00 WIB,  di ruang meeting devisi pemasaran PT. Wira Karya Sejati.
4
Menerima kunjungan dari Departemen Tenaga Kerja, Departemen Perindustrian dan Perdagangan, bertempat di ruang tamu Kepala Devisi Umum adapun waktunya 09.00 – 11.00 WIB pada hari kamis tanggal 5 Februari 2015
5
Meninjau ke perusahaan cabang Malang, jam 09.00 – 15.00 pada hari rabu tanggal 4 Februari 2015
6
Mengikuti diklat, bertempat di Pusat Diklat Malang Jln Raya Batu Malang, waktu pelaksanaan adalah 2 hari mulai tanggal 8 Februari 2015 sampai tanggal 9 Februari 2015 menginap di Hotel Purnama Batu-Malang. Pelatihan mulai jam 08.00 sampai 16.00 WIB
7
Tadi pagi, pimpinan minta diingatkan bahwa setiap hari sabtu pagi, mengikuti golf di Taman Dayu – Pandaan, dan tolong bilang ke driver saya, hari sabtu tetap masuk , berangkat dari Surabaya jam 06.00 WIB.
8
Acara ramah tamah dan makan siang dengan Bapak Mahendra dari               PT Kencana Gemilang Jakarta pada hari rabu 11 Februari 2015,                    jam 12.00 – selesai di Seafood Restaurant Surabaya
9
Saat anda sedang bekerja, ada telepon dari Bapak Tamibisono Geral, ketua panitia Ikatan Pengusaha Indonesia ( IPI ), meminta pimpinan untuk menjadi narasumber pada seminar “ Prospek Pemasaran Peralatan Kantor Modern secara online “, kegiatan akan diadakan pada tanggal 10 Februari 2015, pukul 13.00 – 15.00, tempat di Hotel Sheraton, Jl. Embong Malang 25-32 Surabaya.
10
Pimpinan menyampaikan bahwa setiap hari Jum’at pukul 14.00 diadakan rapat rutin mingguan bagian pemasaran yang diikuti seluruh staf. Pimpinan minta dibantu untuk menyiapkan laporan tersebut.



TUGAS  7  :  MENCARI INFORMASI MELALUI INTERNET
                          DAN E-MAIL

1.         Petunjuk Kerja
a.    Komputer telah terhubung dengan jaringan internet sesuai dengan kebutuhan untuk membuka program Web Browser,
b.    Anda diminta oleh pimpinan untuk mencari informasi di internet tentang jadwal penerbangan dan harga tiket yang paling murah Surabaya – Singapore PP, berangkat hari minggu, 22 Maret 2015  
c.    Anda bisa mencari melalui google di alamat http://www.google.co.id/

2.         Alat dan Bahan
a.    Komputer yang telah terhubung dengan internet
b.    Printer
c.    Kertas HVS A4

3.   Alur Kegiatan
a.         Buka internet dengan browser anda
b.        Cari informasi tersebut
c.         Pindahkan informasi yang didapat ke dalam word procesing, maksimal 2 halaman dan lakukan pengaturan dengan baik sehingga tampilannya rapi dan menarik.
d.        Simpan menjadi sebuah file dokumen dengan nama file nomor peserta anda
e.         Kirim data tersebut ke alamat e-mail ( penguji menyiapkan alamat e-mail )
f.         Edit dan cetak hasilnya.

4.    Hasil yang diharapkan
a.    Informasi jadwal penerbangan beserta daftar harga tiket pesawat tujuan Surabaya – Singapore dan hotel yang dekat bandara yang sangat informatif dan terkini.
b.    Print out hasil sebagai bukti fisik
c.    Isi pesan pada e-mail dan pengiriman dokumen melalui e-mail


SOAL MENCARI INFORMASI MELALUI INTERNET

Pimpinan anda Bapak Rafa Perdana, SH, MM akan melakukan perjalanan             ke Singapore dalam rangka mengunjungi pameran teknologi mesin–mesin kantor terbaru dengan berbagai merk yang akan diselenggarakan pada tanggal                  23 Maret 2015 bersama Kepala Devisi Pemasaran, anda diminta untuk mencarikan informasi :

1.   Pemesanan tiket yang paling murah Surabaya – Singapore PP berangkat                            
      tanggal 22  Maret 2015
2.   Hotel dan restaurant yang ada di dekat bandara Singapore.






TUGAS   8           :  PENANGANAN TELEPON


1.   Petunjuk Kerja
a.   Menerima panggilan telepon
·             Saat Anda sedang mengerjakan tugas, penguji akan menelepon Anda
·             Siapkan Lembar Pesan Telepon ( LPT ) serta hal lain yang diperlukan.
·             Berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Indonesia.
b.   Melakukan panggilan telepon
·        Anda akan diminta penguji untuk melakukan kegitan menelepon.
·        Siapkan Block Note serta hal lain yang diperlukan
·        Berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Inggris

2.   Bahan dan Alat
a.         Pesawat Telepon
b.        Lembar Pesan Telepon ( LPT )
c.         Block Note
d.        Alat tulis

3.   Alur Kegiatan
a.         Menjawab segala informasi yang diperlukan sipenelepon
b.        Catat  informasi / pesan   yang diterima  pada format  Lembar Pesan Telepon    ( LPT )
c.         Membuat catatan hal – hal apa saja yang akan disampaikan ke relasi melalui telepon pada format block note.
d.        Melakukan panggilan telepon kepada relasi yang di minta pimpinan
e.         Berikan informasi kepada relasi yang ditelepon sesuai kebutuhan

4.   Hasil yang diharapkan
a.        Dapat menerima telepon dengan baik dan benar, dengan sikap dan etika bertelepon yang sesuai dengan standar
b.       Lembar pesan telepon ( LPT ) dapat diisi dengan rapi dan benar
c.        Dapat melakukan panggilan telepon sesuai dengan aturan dan etika dalam bertelepon dan materi yang disampaikan sesuai dengan permasalahan yang diminta
d.       Penggunaan Block Note dilakukan dengan tepat dan isinya sesuai dengan permasalahan yang diminta









SOAL PENANGANAN TELEPON


Sebagai sekretaris selain menangani pekerjaan rutin lainnya anda juga harus menangani telepon masuk maupun telepon keluar untuk mendapatkan informasi yang di butuhkan penelepon maupun melakukan hubungan telepon yang diinstruksikan oleh pimpinan.

A. Menerima panggilan telepon

Saat anda mengerjakan tugas, anda menerima telepon dari Bapak Hendra Wijaya Purchasing Manager of Creative Labs Inc Singapore, yang ingin berbicara dengan pimpinan anda, menanyakan tentang kepastian kehadiran Bapak Rafa Perdana dalam acara pameran teknologi mesin-mesin kantor terbaru dan janji temu untuk membahas tindak lanjut rencana kerja sama pada tanggal 23 Maret 2015 di Singapore.

B. Melakukan Panggilan Telepon

Untuk kali ini anda diminta pimpinan menghubungi Bapak Hendra Wijaya, Purchasing Manager of Creative Labs. Inc Singapore . Guna mengkonfirmasikan kedatangan pimpinan Anda Bapak Rafa Perdana atas undangannya untuk hadir di acara pameran teknologi mesin – mesin kantor terbaru. pimpinan anda akan datang pada tanggal 22 Maret 2015 sekitar pukul 1:30 pm waktu setempat, dengan pesawat Singapore Airlines 931 bersama dengan Kepala Devisi Pemasaran, bila memungkinkan mohon diaturkan penjemputannya.






















TUGAS   9           :  TUGAS PRESENTASI


1.                   Petunjuk Kerja
a.         Kerjakan soal presentasi dengan tema di bawah ini yang merupakan pilihan tema / topic
b.        Tema tersebut bukan keharusan untuk digunakan sebagai judul presentasi, melainkan dapat dikembangkan sesuai dengan cakupan tema
c.         Waktu untuk presentasi adalah kurang lebih 10  menit setiap peserta uji
d.        Anda bisa mencarinya melalui situs http://www.google.co.id/ dan mengunduh salah satu tema atau judul presentasi tersebut.
e.         Buatlah materi presentasi dengan menggunakan aplikasi MS. Power Point.

2.                   Bahan dan Alat
a.         Komputer dengan aplikasi ppt
b.        LCD
c.         Flash Disk
d.        Modem / WIFI area

 3.  Alur kegiatan
a.    Mempersiapkan alat dan bahan yang akan dipresentasikan
b.    Memaparkan tema presentasi dengan menggunakan Bahasa Indonesia / bahasa Inggris didepan penguji atau peserta lain
c.    Jumlah paparan minimal 4 slide dan maksimal 6 slide untuk dipaparkan

 4.  Hasil yang diharapkan
Presentasi dapat dilakukan dengan baik dan menarik, penguasaan materi, penggunaan Bahasa Indonesia / Bahasa Inggris, penampilan, pembuatan slide, etika dan tata cara presentasi dapat dilakukan dengan baik.


Tema Presentasi

1.                   Pemanfaatan internet oleh sekretaris sebagai sumber informasi
2.                   Pentingnya tata krama bagi sekretaris
3.                   Sekretaris sebagai representasi perusahaan
4.                   How to be a good Secretary
5.                   Qualified Secretary
6.                   The Importment of foreign language for a Secretary
7.                   The performance of Secretary

SELAMAT dan SUKSES




Tidak ada komentar:

Posting Komentar