1.
Nama komponen yang ditunjukkan nomor 2 – 3 – 4 pada gambar berikut
adalah……….
|
A.
Shifting
key – clutch hub – hub sleeve
B.
Clutch
hub - Shifting key - hub sleeve
C.
Synchronizer
ring - key spring - hub sleeve
D.
Synchronizer
ring - key spring - Clutch hub
E.
Synchronizer
ring - Shifting key - hub sleeve
|
2.
Pada gambar berikut ini yakni jumlah gigi pada roda gigi A = 6 gigi, B =
9 gigi, C = 5 gigi, D = 10 gigi, bila
putaran input shaft 3000 rpm, maka putaran output shaft adalah ….
A. 125 rpm
B. 128 rpm
C. 500 rpm
D. 1000 rpm
E.
1280
rpm
|
|
3.
Perakitan gigi defernsial berikut ini adalah……..
A. Hypoid bevel gear
B. Bevel gear
C. Spiral bevel gear
D. Bevel and spiral gear
E.
Worm
and gear
|
|
4.
Fungsi pegas pada kendaraan adalah………
A.
Meredam goncangan akibat permukaan jalan dan getaran roda agar tidak diteruskan
ke body secara langsung
B.
Untuk meredam oskilasi dengan cepat agar memperoleh kenyamanan
berkendaraan
C.
Sebagai sumbu putaran roda pada saat kendaraan membelok dan menerima
beban vertical maupun lateral
D.
Mengurangi kemiringan kendaraan akibat gaya sentrifugal pada saat
kendaraan membelok
E.
Untuk menahan axle pada posisinya terhadap beban dari samping
5.
Angka “1” dan “4” pada gambar propeller adalah…
A.
Universal
joint dan Flange yoke
B.
Slip
join dan balance weight
C.
Balance
weight dan Flange yoke
D.
Balance
weight dan universal joint
E.
Flange
yoke dan Slip join
|
|
6.
Gambar
di bawah ini adalah poros penggerak roda tipe…
a. CV joint
b. Axel shaft rigid
c. Front axel inner shaft
d. Axel outer shaft
e. Independen axel shaft
|
·
|
7.
Berfungsi
untuk mengurangi
kemiringan kendaraan akibat gaya sentrifugal pada kendaraan saat belok ialah …
a.
Lower arm c.
Sturt bar e.
Frame
b.
Stabiliser bar d.
Bumper
8.
Gas yang
digunakan pada shock absorber type gas adalah…
a.
Sulfur c.
Hidrogen e.
Amoniak
b.
Frame d.
Nitrogen
9.
Kondisi
gerakan bodi kendaraan mengarah memanjang ke kanan dan ke kiri terhadap titik
berat disebut …
a.
Yawing c.
Bottoming e.
Pitching
b.
Bouncing d.
Rolling
10. Pegas yang berfungsi untuk menahan momen puntir adalah …
a.
Shaft spring c.
Coil spring e.
Pegas batang torsi
b.
Control Arm d.
Leaf spring
11. Ban dengan carcass yang disusun dari benang yang membentuk sudut 30
– 400 terhadap garis tengah ban disebut …
a. ban bias c. ban
radial e.
tubed tire
b.
ban tubeless d.
ply tire
12. Pada spesifikasi
ban 80 / 90 – 17 44 P yang menyatakan diameter pelek adalah …
a.
80 c.
90 e.
44 P
b. 80 / 90 d.
17
13. Nilai oktan (octane number) yaitu …………..
a. Nilai kandungan panas serta titik nyala
yang dimiliki oleh bensin.
b. Nilai kandungan panas serta titik nyala
yang dimiliki oleh solar.
c. Tingkatan ketahanan bensin terhadap
terjadinya engine knocking.
d. Tingkatan ketahanan solar terhadap
terjadinya engine knocking.
e. Tingkatan berat jenis bahan bakar.
14. Pernyataan berikut yang merupakan fungsi dari
sistem rem kecuali…
a. mengurangi kecepatan laju kendaraan
b. menghentikan kendaraan
c. memungkinkan kendaraan di parkir di tempat
yang miring
d. untuk menambah kenyamanan kendaraan
e. sebagai alat keselamatan dan keamanan
berkendaraan.
15. Komponen system rem berikut yang
ditunjukkan oleh no 1, 2, 3 dan 5 adalah …..
a. pedal rem, rem tromol, rem cakram, dan rem
parkir
b.
booster rem, pedal rem, master silinder, dan rem tromol
c. booster rem, rem parker, rem tromol dan
pedal rem
d.
pedal rem, master silinder, proportioning valve, dan rem cakram
e. master
silinder, booster rem, pedal rem, dan rem tromol
|
|
16. Peralatan rem yang mengubah tenaga injakan
pedal menjadi tenaga hidrolis yaitu….
a. master silinder c.
master caliper e.
silinder rem roda
b. booster rem d.
sepatu rem
17. Pada sistem rem hidrolis terkadang dipasang
komponen yang digunakan untuk melipat gandakan daya penekanan pedal, sehingga
daya pengereman yang lebih besar dapat diperoleh. Komponen tersebut yaitu……
a. master silinder c.
master caliper e.
silinder rem roda
b. booster rem d.
sepatu rem
18. Nama komponen 1, 3, 4 secara
berurutan adalah ....
a.
diaphragm spring, pressure plate, release bearing
b. diaphragm spring, pressure lever,
release bearing
c. cluth plate, pressure plate, release
bearing
d. pressure plate, cluth plate, release
bearing
e. diafragm spring, pressure plate
|
|
19. Komponen kopling yang berfungsi untuk menekan plat
kopling adalah…
a.
Bantalan pembebas c. Silinder pembebas e. Garpu pembebas
b. Pegas diagfragma d.
Pressure plate
20. Apabila plat kopling sudah aus maka akan
menyebabkan ....
a. pada saat pedal diinjak pelat kopling tidak bisa bebas
b. pada saat pedal diinjak pelat penekan tidak bisa bebas
c. pada saat pedal dilepas pelat kopling tidak terhubung
d. pada saat pedal dilepas mesin tersendat
e. pada saat pedal dilepas kopling selip
21. Pada mesin bensin dengan sistem EFI, yang mendeteksi
jumlah udara yang masuk :
a.
Manifold pressure sensor c. Intake air temperature sensor e. water temperature sensor
b.
Air flow meter d. Speed sensor
22. Pernyataan di bawah ini tentang water temperature sensor
pada sistem EFI
a. Berfungsi sebagai penyaring
udara sebelum masuk manifold
b. Mengkalkulasi jumlah udara
yang masuk kedalam intake manifold
c. Memberi input data pada vacuum
sensor
d. Mendeteksi temperatur pendingin
e. Mengatur tekanan bahan bakar
pada tangki bensin
23. Pada system EFI terdapat peralatan yang berfungsi untu
mengontrol jumlah udara yang masuk dan mendeteksi posisi throttle valve yaitu…
a.
Throttle Position Sensor c. Manifold
pressure snesor e. air
temperature sensor
b.
Oxigen sensor d.
Air Flow Meter
24. Oxygen sensor berfungsi :
a. Mengatur aliran oxygen yang
masuk ke air cleaner
b. Mendeteksi jumlah sisa oxygen
dalam gas buang
c. Mendeteksi jumlah oxygen yang
masuk ke intake manifold
d. mengatur aliran oxygen yang
melalui air flow meter
e. Mengkalkulasi jumlah oxygen yang
masuk kedalam intake manifold
25. Sistem bahan bakar (fuel system) berfungsi untuk ………
a.
Mensuplay kebutuhan pengapian pada mesin bensin
b.
Mensuplay kebutuhan bahan bakar kedalam silinder sesuai
dengan kebutuhan kerja
mesin
c.
Mensuplay kebutuhan pengisian pada
mesin
d.
Mensuplay kebutuhan kelistrikan pada mesin
e.
Mencegah terjadinya over heating pada
mesin
26. Nama komponen yang ditunjukkan nomor 3 – 2 –
9 – 1 – 2 pada gambar berikut
adalah……….
|
a.
Carburetor - Fuel line – fuel return– charcoal canister
b.
Fuel tank – fuel filter – fuel pump – carburetor – charcoal canister
c.
Carburator – fuel filter – fuel tank – fuel line – fuel return
line
d.
Fuel tank – fuel pump – carburetor – charcoal canister – fuel filter
e. Fuel tank – fuel return - carburetor – charcoal
canister
|
27. Untuk mencegah bahan bakar turun–naik pada saat
mobil berjalan, dalam
tangki bahan bakar dipasang ………..
a. Separator c. Drain
plug e.
Carburetor
b.
Fuel inlet tube d.
Fuel
filter
28. Yang berfungsi untuk membentuk / menyediakan
campuran bahan bakar yang sesuai dengan kondisi kerja mesin adalah ……..
a. Separator c. Drain
plug e.
Carburetor
b.
Fuel inlet tube d.
Fuel
filter
29. Berikut merupakan
penyebab arus listrik baterai cepat habis adalah, kecuali…….
a. Beban kelistrikan
berlebihan d.
Regulator/rectifier rusak
b. hubungan kabel pengisian longgar e. Kumparan stator rusak
c. menggunakan alternator 3 phase
30. Nomor 5, 6, dan 7 pada rangkaian pengisian
berikut adalah terminal...
a. E alternator, F regulator,
dan B regulator
b. B alternator, F regulator,
dan L regulator
c. F alternator, B regulator,
dan IG regulator
d. B alternator, N regulator,
dan IG regulator
e. N alternator, F regulator,
dan B regulator
|
|
31. Yang berguna untuk menarik plunger melawan
pegas hingga kontak terhubung pada motor starter adalah…..
a. field coil
c.
pull-in coil e.
relay coil
b. armature coil d. hold-in coil
32. Yang berfungsi sebagai tempat pemasangan pole
core adalah……..
a. yoke c.
brush e.
starter relay
b. overrunning clutch d.
armature
33. Gambar di bawah ini menunjukkan cara
memeriksa ….
|
a.
hubungan
singkat armature coil
b.
hubungan
antar komutator
c.
kebocoran
armature
d.
tahanan
armature coil
e.
tahanan
komutator
|
34. Yang dimaksud dengan mesin 4 langkah
(four-stroke engine) adalah mesin yang………………….
a.
satu siklus kerjanya membutuhkan 4 langkah piston dan menghasilkan 2 putaran
poros engkol
b.
satu siklus kerjanya membutuhkan 4 langkah piston dan menghasilkan 1 putaran
poros engkol
c.
satu siklus kerjanya membutuhkan 2 langkah piston dan menghasilkan 1 putaran
poros engkol
d.
satu siklus kerjanya membutuhkan 2 langkah piston dan menghasilkan 2 putaran
poros engkol
e.
satu siklus kerjanya membutuhkan 2 langkah piston dan menghasilkan 4 putaran
poros engkol
35. Pernyataan mana yang benar dari “PERBANDINGAN
KOMPRESI” dibawah ini
a. Perbandingan kompresi = Volume silinder +
volume ruang bakar
Volume
ruang bakar
b. Perbandingan kompresi = Volume silinder +
volume ruang bakar
Volume
silinder
c. Perbandingan kompresi = Volume silinder
Volume ruang bakar
d. Perbanding kompresi = Volume ruang
bakar
Volume silinder
e. Perbanding kompresi = Volume silinder
Volume silinder + volume ruang bakar
36. Salah satu langkah penyetelan celah katup
pada motor bensin 4 silinder adalah…
a. Memutar poros engkol sampai silinder nomor 1 berada
pada posisi titik mati atas dari langkah kompresi
b. Memutar poros engkol sampai silinder nomor 1 berada
pada posisi titik mati atas dari langkah pengisian
c. Menempatkan silinder nomor 1 pada titik mati atas dari
langkah usaha
d. Memutar puli poros engkol silinder nomor 1 berada pada
titik mati bawah
e. Menempatkan silinder nomor 1 pada titik mati bawah
dari langkah kompresi
37. Alat untuk mengukur saat pengapian
disebut……………..
a. dwell tester
c. tacho meter
e. timing light
b. multimeter d. compression tester
38.
Langkah dalam pemeriksaan
sentrifugal advancer dapat dilaksanakan yaitu dengan langkah ..........
a. Memutar poros engkol searah jarum sambil menekan rotor
b. Memutar rotor berlawanan arah
jarum jam sejauh 10o selanjutnya melapaskan secara otomatis rotor
akan kembali ke posisi semula
c. Memutar rotor searah arah jarum
jam sejauh 10o selanjutnya melapaskan secara otomatis rotor akan
kembali ke posisi semula
d. Memutar distributor berlawanan
arah jarum jam sejauh 10o selanjutnya melapaskan secara otomatis rotor akan
kembali ke posisi semula
e. Memutar distributor searah arah
jarum jam sejauh 10o selanjutnya melapaskan secara otomatis rotor akan kembali
ke posisi semula
39.
Pada gambar sistem AC berikut komponen no 1 , 2 , 3
adalah ....
a. Receiver/driyer, expansion valve dan evaporator
b. Heat Sensitizing tube, compressor dan condenser
c. Heat Sensitizing tube, compressor dan Receiver/driyer
d. Receiver/driyer, expansion valve dan condenser
e. compressor dan Receiver/driyer dan expansion valve
40. Fungsi evaporator pada sistem AC adalah ....
a.
menyaring refrigerant
b.
membersihkan refrigeran
c.
menyerap panas dari ruangan
d.
menaikkan tekanan refrigeran
e. membuang panas ke udara luar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar