SILABUS MATA PELAJARAN KIMIA
(DASAR BIDANG KEAHLIAN TEKNOLOGI DAN REKAYASA)
Satuan Pendidikan :
SMK
Kelas : X
Kompetensi Inti :
KI 1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2 Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, dan prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Menyadari
adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud kebesaran Tuhan YME
dan pengetahuan tentang struktur partikel materi sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
1.2
Menyadari
keteraturan dalam semua interaksi persenyawaan kimia sebagai wujud kekuasaan
Tuhan YME
1.3
Menyadari
keberadaan energi yang tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan oleh manusia
sebagai wujud kekuasaan Tuhan YME
|
Kimia dalam
Kehidupan
·
Kedudukan
kimia dalam sains
·
Hakikat ilmu kimia
·
Peran kimia
dalam kehidupan.
|
Mengamati
Membaca artikel tentang contoh penggunaan ilmu kimia, seperti bensin, plastik, pembuatan alkohol dari tebu, penggunaan
baterai.
Menanya
Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan hasil
bacaan
Mengeksplorasi
Mengkaji dari berbagai sumber untuk menjawab
pertanyaan dikaitkan dengan kedudukan kimia dalam sains, hakikat ilmu kimia, dan peran kimia dalam kehidupan.
Mengasosiasi
Menyimpulkan tentang kedudukan kimia dalam sains,
hakikat ilmu
kimia, dan peran kimia dalam kehidupan.
Mengkomunikasikan
Mempresentasikan tentang kedudukan kimia dalam
sains, hakikat ilmu
kimia, dan peran kimia dalam kehidupan dengan tata
bahasa yang benar
dan memanfaatkan teknologi informasi.
|
Tugas
Mengkaji
literatur tentang kedudukan kimia dalam
sains, hakikat kimia, dan peran kimia dalam kehidupan.
Pengamatan Sikap
Pada kegiatan:
- Diskusi
- Presentasi
Portofolio
-
Laporan
hasil kajian
|
2 x 2 JP
|
·
Buku Teks Kimia Dasar Bidang Keahlian Teknologi
dan Rekayasa, Kurikulum 2013
·
Buku Teks lainnya
·
Lembar kerja
·
Sumber informasi lainnya (internet jika ada)
|
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet,
teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis,
komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang
diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2
Menunjukkan perilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam
memanfaatkan sumber daya alam.
2.3
Menunjukkan perilaku responsif
dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud
kemampuan memecahkan masalah dan membuat
keputusan
|
|||||
3.1 Memahami peran kimia dalam kehidupan
|
|||||
4.1 Mengevaluasi
berbagai peran kimia dalam kehidupan.
|
|||||
1.1
Menyadari
adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud kebesaran Tuhan YME
dan pengetahuan tentang struktur partikel materi sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
1.2
Menyadari
keteraturan dalam semua interaksi persenyawaan kimia sebagai wujud kekuasaan
Tuhan YME
1.3
Menyadari
keberadaan energi yang tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan oleh manusia
sebagai wujud kekuasaan Tuhan YME
|
Struktur
Atom dan Sistem Periodik:
·
Struktur atom Bohr dan mekanika kuantum.
·
Nomor atom dan nomor massa
·
Konfigurasi elektron
·
Golongan dan periode
·
Massa atom relatif
·
Isotop, isobar, isoton
|
Mengamati
Mencari bahan bacaan terkait atom, partikel-partikel
dalam atom, hubungannya dengan nomor massa dan nomor atom.
Menanya
Mengajukan pertanyaan bagaimana partikel-partikel tersusun
dalam atom.
Mengeksplorasi
- Mendiskusikan bahan ajar terkait perkembangan model atom Bohr dan mekanika kuantum.
- Mendiskusikan
bahan ajar tentang konfigurasi elektron.
- Menganalisis hubungan konfigurasi elektron dengan
nomor atom.
- Menganalisis hubungan antara keperiodikan unsur (golongan
dan periode) dengan nomor atom dan konfigurasi elektron.
- Mempelajari pengertian isotop, isobar dan isoton
melalui analisis nomor atom dan nomor massa beberapa contoh kasus pada unsur.
Mengasosiasi
Menyimpulkan bahwa golongan dan periode unsur ditentukan
oleh nomor atom dan konfigurasi elektron.
Mengkomunikasikan
Mempresentasikan abstraksi hasil pembelajaran
menggunakan tata bahasa yang benar dan memanfaatkan teknologi
informasi.
|
Tugas
-
Mengkaji literatur tentang model atom Bohr dan mekanika kuantum
-
Mengkaji hubungan konfigurasi elektron dengan
tabel periodik
Pengamatan Sikap
Pada kegiatan:
- Diskusi
- Presentasi
Portofolio
- Laporan hasil kajian
Tes
- Tertulis uraian
|
4 x 2 JP
|
·
Buku Teks Kimia Dasar Bidang Keahlian Teknologi
dan Rekayasa, Kurikulum 2013
·
Buku Teks lainnya
·
Lembar kerja
·
Sumber informasi lainnya (seperti internat dan
CD interaktif jika ada)
|
2.1.Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin
tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu
membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif,
inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan
serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2.Menunjukkan perilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam
memanfaatkan sumber daya alam.
2.3.Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah
dan membuat keputusan
|
|||||
3.2 Menganalisis struktur atom berdasarkan model atom Bohr dan teori atom
modern.
3.3
Menganalisis hubungan konfigurasi
elektron untuk menentukan letak unsur dalam tabel periodik.
|
|||||
4.2
Menalar
terjadinya kasus-kasus pembentukan
senyawa dengan menggunakan konsep atom.
4.3
Mengevaluasi hubungan konfigurasi elektron dengan letak unsur dalam tabel
periodik.
|
|||||
1.1 Menyadari adanya keteraturan struktur partikel
materi sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang struktur
partikel materi sebagai hasil pemikiran kreatif manusia
yang kebenarannya bersifat tentatif.
1.2 Menyadari keteraturan dalam semua interaksi
persenyawaan kimia sebagai wujud kekuasaan Tuhan YME
1.3 Menyadari keberadaan energi yang tidak dapat
diciptakan dan dimusnahkan oleh manusia sebagai wujud kekuasaan Tuhan YME
|
Ikatan
Kimia:
·
Struktur Lewis
·
Ikatan ion dan ikatan kovalen
·
Ikatan kovalen koordinasi
·
Ikatan logam
·
Gaya antar molekul
·
Sifat fisik senyawa.
|
Mengamati
-
Membaca tabel
titik leleh beberapa senyawa ion dan senyawa kovalen
-
Mengamati unsur-unsur
logam, seperti tembaga, seng, aluminium.
-
Mengamati
gambar bentuk molekul beberapa senyawa.
.
Menanya
-
Mengajukan
pertanyaan mengapa ada senyawa yang titik lelehnya rendah dan ada yang titik
lelehnya tinggi.
-
Mengapa
logam bersifat konduktor, kuat (ulet), dan
penghantar panas yang baik.
-
Mengajukan
pertanyaan apakah bentuk molekul senyawa bisa diramalkan?
Mengeksplorasi
-
Mempelajari
pembentukan senyawa berdasarkan pembentukan ikatan (berhubungan dengan
kecenderungan untuk mencapai kestabilan).
-
Membandingkan
proses terbentuknya ikatan ion dan ikatan kovalen.
-
Menganalisis
penyebab perbedaan titik leleh antara senyawa ion dan kovalen.
-
Menganalisis
beberapa contoh pembentukan senyawa kovalen dan senyawa ion.
-
Menganalisis
beberapa contoh senyawa kovalen tunggal, kovalen rangkap dua, kovalen rangkap
tiga dan kovalen koordinasi.
-
Menganalisis
sifat logam dengan proses pembentukan ikatan logam.
- Mempelajari/mengkaji literatur untuk meramalkan bentuk molekul
-
Mempelajari literatur untuk mengkaitkan hubungan
bentuk molekul dengan kepolaran senyawa.
Mengasosiasi
-
Menghubungkan
struktur Lewis dalam proses pembentukan ikatan kimia.
-
Menyimpulkan
bahwa proses pembentukan ikatan berpengaruh kepada sifat fisik materi.
-
Menyimpulkan
bentuk
molekul berdasarkan teori jumlah pasangan elektron di sekitar inti atom .
-
Menyimpulkan hubungan bentuk molekul dengan
kepolaran senyawa.
Mengkomunikasikan
-
Menyajikan
hasil analisis perbandingan pembentukan ikatan.
- Menyajikan gambar bentuk molekul berdasarkan teori jumlah
pasangan elektron di sekitar inti atom.
- Menyajikan hubungan kepolaran senyawa dengan bentuk
molekul.
|
Tugas
-
Mengkaji
literatur tentang ikatan kimia dan bentuk molekul.
-
Merancang percobaan untuk menyelidiki kepolaran
senyawa
Pengamatan Sikap
Pada kegiatan:
-
Diskusi
-
Percobaan
-
Presentasi.
Portofolio
-
Laporan
hasil kajian
-
Laporan hasil
praktik
Tes
-
Tertulis uraian
-
Tertulis pilihan ganda.
|
6 x 2 JP
|
·
Buku Teks Kimia Dasar Bidang Keahlian Teknologi
dan Rekayasa, Kurikulum 2013
·
Buku Teks lainnya
·
Lembar kerja
·
Chart/model bentuk molekul
·
Sumber lain (internet jika ada)
|
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet,
teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis,
komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang
diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2
Menunjukkan perilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam
memanfaatkan sumber daya alam.
2.3
Menunjukkan perilaku responsif
dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud
kemampuan memecahkan masalah dan membuat
keputusan
|
|||||
3.4 Memahami proses pembentukan ikatan ion, ikatan
kovalen, dan ikatan logam serta interaksi antar partikel (atom, ion, molekul)
materidan hubungannya dengan sifat fisik materi.
|
|||||
4.4 Mengklasifikasi ikatan kimia dan ikatan ion
berdasarkan sifat fisis senyawa, dan proses pembentukannya
|
|||||
1.1 Menyadari adanya keteraturan struktur partikel
materi sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang struktur
partikel materi sebagai hasil pemikiran kreatif manusia
yang kebenarannya bersifat tentatif.
1.2 Menyadari keteraturan dalam semua interaksi
persenyawaan kimia sebagai wujud kekuasaan Tuhan YME
1.3 Menyadari keberadaan energi yang tidak dapat
diciptakan dan dimusnahkan oleh manusia sebagai wujud kekuasaan Tuhan YME
|
Larutan
elektrolit dan non elektrolit
·
Sifat-sifat larutan elektrolit dan non
elektrolit
|
Mengamati
Mengamati gambar orang yang tersengat arus
listrik ketika banjir dan membaca literatur tentang larutan elektrolit dan
non elektrolit
Menanya
- Mengajukan pertanyaan apakah semua
larutan dapat menghantarkan arus listrik.
- Mengajukan
pertanyaan tentang manfaat larutan elektrolit dalam kehidupan
Mengeksplorasi
-
Merancang percobaan untuk menyelidiki sifat larutan berdasarkan daya hantar listrik dan mempresentasikan hasilnya untuk menyamakan persepsi.
-
Melakukan percobaan.daya hantar listrik pada beberapa larutan.
-
Mengamati dan mencatat hasil
percobaan.daya hantar listrik pada beberapa larutan.
Mengasosiasi
Menganalisis
data untuk menyimpulkan sifat larutan
berdasarkan daya hantar listrik (larutan
ellektrolit dan non-elektrolit)
Mengkomunikasikan
Menyajikan
hasil percobaan sifat larutan berdasarkan daya hantar
listrik (larutan elektrolit dan nonelektrolit)
dalam bentuk laporan dan dipresentasikan.
|
Tugas
-
Mengkaji
literatur tentang larutan elektrolit dan non elektrolit
-
Merancang percobaan untuk mengidentifikasi
sifat-sifat larutan berdasarkan
daya hantar listriknya.
Pengamatan Sikap
pada kegiatan :
- Diskusi
- Percobaan
- Presentasi.
Portofolio
-
Laporan
hasil kajian
-
Laporan hasil
praktik
Tes
-
Tertulis uraian
-
Tertulis
pilihan ganda.
-
Praktik
|
4 x
2
JP
|
·
Buku Teks Kimia
Dasar Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa, Kurikulum 2013
·
Buku Teks lainnya
·
Lembar kerja
·
Sumber lain (internet jika ada)
|
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet,
teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis,
komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang
diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2
Menunjukkan perilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam
memanfaatkan sumber daya alam.
2.3
Menunjukkan perilaku responsif
dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud
kemampuan memecahkan masalah dan membuat
keputusan
|
|||||
3.5 Menganalisis sifat larutan elektrolit dan larutan non-elektrolit berdasarkan
daya hantar listriknya
|
|||||
4.5 Membuktikan sifat-sifat larutan elektrolit dan
larutan non elektrolit
|
|||||
1.1 Menyadari adanya keteraturan struktur partikel
materi sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang struktur
partikel materi sebagai hasil pemikiran kreatif manusia
yang kebenarannya bersifat tentatif.
1.2 Menyadari keteraturan dalam semua interaksi
persenyawaan kimia sebagai wujud kekuasaan Tuhan YME
1.3 Menyadari keberadaan energi yang tidak dapat
diciptakan dan dimusnahkan oleh manusia sebagai wujud kekuasaan Tuhan YME
|
Reaksi
Oksidasi Reduksi:
·
Konsep reaksi oksidasi -
reduksi
·
Bilangan oksidasi unsur dalam senyawa atau ion
·
Tata nama senyawa
|
Mengamati
-
Mengamati buah (apel atau kentang) yang dibelah
dan dibiarkan di udara terbuka.
-
Mengamati karat besi.
-
Mengkaji
literatur tentang konsep reaksi oksidasi-reduksi.
- Mengkaji
literatur tentang bilangan oksidasi unsur dalam senyawa atau ion.
Menanya
- Mengajukan pertanyaan mengapa
buah apel atau kentang yang tadinya berwarna terang (putih kekuningan) menjadi
lebh gelap (coklat)?
- Mengapa
besi bisa berkarat?
-
Mengajukan
pertanyaan yang berkaitan dengan bilangan
oksidasi unsur dalam senyawa atau ion
Mengeksplorasi
-
Merancang percobaan reaksi pembakaran dan serah
terima elektron serta mempresentasikan hasilmya untuk menyamakan persepsi.
-
Melakukan percobaan reaksi pembakaran dan serah terima elektron.
-
Mengamati dan mencatat hasil
percobaan reaksi pembakaran dan serah
terima elektron.
-
Mengkaji
literatur untuk menjawab pertanyaan tentang bilangan oksidasi unsur dalam
senyawa atau ion.
Mengasosiasi
-
Menganalisis data untuk menyimpulkan reaksi
pembakaran dan serah terima elektron
-
Menyimpulkan
tentang bilangan oksidasi unsur dalam senyawa atau ion.
Mengkomunikasikan
-
Menyajikan hasil percobaan .reaksi pembakaran dan serah terima elektron.
Menyajikan penyelesaian penentuan
bilangan oksidasi unsur dalam senyawa atau ion.
Mengamati
Mengkaji
literatur tentang tata nama senyawa anorganik dan organik sederhana
Menanya
Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan. tata nama
senyawa anorganik dan organik sederhana.
Mengeksplorasi
Mengkaji literatur untuk menjawab pertanyaan yang
berkaitan dengan tata nama senyawa anorganik dan organik sederhana.
Mengasosiasi
Menyimpulkan penerapan aturan tata nama senyawa anorganik dan organik sederhana.
Mengkomunikasikan
Mempresentasikan penerapan aturan tata nama senyawa
anorganik dan organik sederhana.
|
Tugas
- Mengkaji literatur tentang konsep reaksi
oksidasi-reduksi.
- Merancang
percobaan reaksi pembakaran dan serah terima elektron
- Memberi nama
senyawa-senyawa kimia
Pengamatan Sikap
pada kegiatan :
- Diskusi
- Percobaan
- Presentasi.
Portofolio
-
Laporan
hasil kajian
-
Laporan hasil
praktik
Tes
-
Tertulis uraian
-
Tertulis
pilihan ganda
-
Lisan
|
8 x 2 JP
|
·
Buku Teks Kimia Dasar Bidang Keahlian Teknologi
dan Rekayasa, Kurikulum 2013
·
Buku Teks lainnya
·
Lembar kerja
·
Sumber lainnya (internet jika ada)
|
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet,
teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis,
komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang
diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2
Menunjukkan perilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam
memanfaatkan sumber daya alam.
2.3
Menunjukkan perilaku responsif
dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud
kemampuan memecahkan masalah dan membuat
keputusan
|
|||||
3.6 Menganalisis perkembangan konsep reaksi oksidasi-reduksi serta
menentukan bilangan oksidasi atom dalam molekul atau ion.
3.7 Menerapkan aturan IUPAC untuk penamaan senyawa anorganik dan organik
sederhana.
|
|||||
4.6 Membuktikan peristiwa reaksi reduksi oksidasi
4.7 Menalar aturan IUPAC untuk penamaan senyawa
anorganik dan organik sederhana.
|
|||||
1.1 Menyadari adanya keteraturan struktur partikel
materi sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang struktur
partikel materi sebagai hasil pemikiran kreatif manusia
yang kebenarannya bersifat tentatif.
1.2 Menyadari keteraturan dalam semua interaksi
persenyawaan kimia sebagai wujud kekuasaan Tuhan YME
1.3 Menyadari keberadaan energi yang tidak dapat
diciptakan dan dimusnahkan oleh manusia sebagai wujud kekuasaan Tuhan YME
|
Hukum Dasar
Ilmu Kimia dan Hitungan Kimia:
· Massa Molekul Relatif (Mr)
· Persamaan reaksi
· Hukum dasar
kimia
-
hukum Lavoisier
-
hukum Proust
-
hukum Dalton
-
hukum Gay Lussac
-
hukum Avogadro
·
Rumus empiris dan rumus molekul.
·
Senyawa hidrat.
·
Konsep Mol
·
Konsentrasi larutan (molaritas, molalitas dan
fraksi mol)
·
Perhitungan kimia
|
Mengamati
-
Mengkaji
literatur tentang massa molekul relatif, persamaan reaksi, hukum dasar kimia, rumus empiris dan rumus molekul, senyawa hidrat dan konsentrasi larutan.
-
Mengkaji
literatur tentang penerapan
konsep mol dalam perhitungan kimia.
Menanya
-
Mengajukan
pertanyaan cara menentukan massa molekul
relatif, bagaimana menentukan persamaan reaksi, bagaimana membedakan rumus
empiris dengan rumus molekul, mengapa terbentuk senyawa hidrat, mengapa
larutan ada yang encer dan ada yang pekat.
-
Mengajukan
pertanyaan tentang hukum dasar kimia yang dikemukakan oleh para ahli .
-
Mengajukan
pertanyaan yang berkaitan dengan penerapan konsep mol dalam
perhitungan kimia.
Mengeksplorasi
- Mendiskusikan cara menentukan massa molekul
relatif,
- Mendiskusikan cara menyetarakan persamaan reaksi,
-
Merancang
percobaan untuk membuktikan hukum Lavoisier serta mempresentasikan
hasilnya untuk menyamakan persepsi.
-
Melakukan percobaan untuk membuktikan hukum
Lavoisier.
-
Mengamati dan mencatat hasil
percobaan hukum Lavoisier.
-
Mendiskusikan
hukum
Proust , hukum Dalton, hukum Gay Lussac dan hukum Avogadro.
- Menentukan rumus empiris dan rumus molekul serta
senyawa hidrat.
-
Mendiskusikan bagaimana cara membuat larutan
dengan konsentrasi tertentu.
-
Mengalisis konsep mol
untuk menyelesaikan perhitungan kimia.
Mengasosiasi
- Berlatih menghitung massa molekul relatif
- Berlatih menyetarakan persamaan reaksi.
-
Menganalisis data untuk menyimpulkan hukum Lavoisier.
-
Menganalisis
hasil kajian untuk membuktikan hukum Proust , hukum Dalton, hukum
Gay Lussac dan hukum Avogadro.
- Menghubungkan rumus empiris dengan rumus molekul
-
Menghitung
banyaknya molekul air dalam senyawa
hidrat
-
Menyimpulkan hubungan banyaknya zat terlarut dalam larutan dengan
konsentrasi larutan.
-
Menyimpulkan
penggunakan konsep mol untuk menyelesaikan perhitungan kimia.
Mengkomunikasikan
- Menyajikan tentang penyelesaian penentuan massa
molekul relatif dan
persamaan reaksi.
-
Menyajikan hasil percobaan untuk
membuktikan hukum Lavoisier.
-
Mempresentasikan
hasil kajian untuk membuktikan hukum Proust , hukum Dalton, hukum
Gay Lussac dan hukum Avogadro.
- Menyajikan tentang penyelesaian penentuan rumus empiris dan rumus molekul serta
senyawa hidrat.
-
Menyajikan pembuatan larutan dengan konsentrasi
tertentu.
-
Menyajikan penyelesaian
penggunaan konsep mol untuk menyelesaikan perhitungan
kimia.
|
Tugas
-
Mengkaji
literatur tentang hukum dasar kimia dan stoikiometri
-
Merancang percobaan untuk membuktikan hukum
Lavoisier
Pengamatan Sikap pada kegiatan
:
-
Diskusi
-
Percobaan
-
Presentasi.
Portofolio
-
Laporan
hasil kajian
-
Laporan hasil
praktik
Tes
-
Tertulis uraian
-
Tertulis
pilihan ganda
-
Praktik
|
8 x 2 JP
|
·
Buku Teks Kimia Dasar Bidang Keahlian Teknologi
dan Rekayasa, Kurikulum 2013
·
Buku Teks lainnya
·
Lembar kerja
·
Sumber lainnya (internet jika ada)
|
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet,
teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis,
komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang
diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2
Menunjukkan perilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam
memanfaatkan sumber daya alam.
2.3
Menunjukkan perilaku responsif
dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud
kemampuan memecahkan masalah dan membuat
keputusan
|
|||||
3.8 Menerapkan konsep massa molekul relatif, persamaan reaksi,
hukum-hukum dasar kimia, dan konsep mol untuk menyelesaikan perhitungan
kimia.
|
|||||
4.8 Mengolah data terkait konsep massa molekul relatif, persamaan reaksi, hukum-hukum dasar
kimia, dan konsep mol untuk menyelesaikan perhitungan kimia.
|
|||||
1.1 Menyadari adanya keteraturan struktur partikel
materi sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang struktur
partikel materi sebagai hasil pemikiran kreatif manusia
yang kebenarannya bersifat tentatif.
1.2 Menyadari keteraturan dalam semua interaksi
persenyawaan kimia sebagai wujud kekuasaan Tuhan YME.
1.3 Menyadari keberadaan energi yang tidak dapat
diciptakan dan dimusnahkan oleh manusia sebagai wujud kekuasaan Tuhan YME
|
Elektrokimia:
· Sel Volta
· Elektrolisis
· Korosi
|
Mengamati
·
Melihat/mengamati
tayangan video/animasi terkait proses pada sel elektrokimia dalam kehidupan
·
Membaca
dan mengkaji artikel/literatur tentang sel elektrokimia
Menanya
Menanyakan
hal-hal yang berhubungan dengan bahan bacaan/observasi (sel volta: apakah akan
dihasilkan potensial bila electrode dipertukarkan?, bagaimana memprediksi
reaksi terjadi atau tidak dalam sel? Apakah akan terjadi reaksi bila arus
listrik diputuskan(elektrolisis)? Apakah ada hubungan antara arus dengan
jumlah zat yang terbentuk pada elektroda (elektrolisis)?
Mengeksplorasi
·
Membuktikan perubahan potensial yang dihasilkan
bila elektrode dalam sel volta
dipertukarkan (menggunakan animasi)
·
Mendiskusikan dan
menganalisis data potensial reduksi/ oksidasi dari suatu reaski
reduksi/oksidasi.
·
Membuktikan terjadi/tidaknya reaksi bila sambungan arus diputuskan (elektrolisis)
·
Menggunakan hukum faraday
untuk menganalisis hubungan antara arus listrik yang digunakan dengan jumlah
hasil reaksi yang terjadi.
Mengasosiasi
·
Menyimpulkan kespontanan reaksi berdasarkan hasil analisis terhadap data pengamatan dan
berbagai sumber
·
Menyimpulkan hubungan
antara arus dengan jumlah zat hasil reaksi dalam proses elektrolisis.
·
Berlatih menentukan
kespontanan reaksi elektrokimia berdasarkan data ppotensial reduksi/oksidasi
dan deret Nernst.
·
Berlatih memecahkan
masalah terkait perhitungan kimia dalam elektrolisis menggunakan hukum
Faraday..
Mengamati
·
Melihat/mengamati
tayangan animasi/video tentang korosi
·
Membaca dan mempelajari
artikel dari berbagai sumber terkait proses korosi
Menanya
Mengajukan pertanyaan
berdasarkan hasil pengamatan:
-
Apa
penyebab terjadinya korosi?
-
Reaksi apa yang terjadi
pada korosi?
-
Bagaimana mencegah terjadinya korosi?
Mengeksplorasi
·
Mendiskusikan reaksi yang
terjadi pada proses korosi
·
Memprediksi/menganalisis faktor-faktor
yang menyebabkan terjadinya korosi menggunakan berbagai sumber.
·
Mengajukan/memprediksi
gagasan untuk mengatasi/mencegah terjadinya korosi (electroplating, pengecatan, perlindungan katodik,
aliasi logam)
Mengasosiasi
·
Menyimpulkan bahwa proses
korosi melibatkan reaksi redoks
·
Menyimpulkan bahwa
kelembaban, sifat elekttolit, asam, dan udara (oksigen), mempengaruhi
terjadinya korosi.
·
Menyimpulkan beberapa
upaya untuk mengatasi/mencegah korosi
·
Menunjukkan kesadaran
terhadap adanya keteraturan terkait konsep redoks kesadaran bahwa pengetahuan
tentang redoks dihasilkan dari proses pemikiran kreatif
Mengkomunikasikan
·
Mengkomunikasikan hasil analisis dan kesimpulan
berdasarkan percobaan/penalaran yang telah dilakukan secara lisan/tertulis
menggunakan kaidah ilmiah, tata
bahasa yang benar, dan teknologi informasi
|
Tugas
·
Merancang percobaan sel volta dan sel elektrolisis
·
Mengkaji tayangan dan artikel/literatur tentang sel elektrokimia, korosi dan penyepuhan
logam
Pengamatan
Sikap pada kegiatan presentasi sel elektrokimia
Portofolio
-
Laporan
hasil kajian
-
Laporan hasil
praktik
Unjuk Kerja
Di lab pada saat melakukan
percobaan (saat merangkai alat percobaan,
melakukan percobaan, pembenahan alat setelah percobaan)
Tes tertulis
Uraian singkat tentang
penye-taraan reaksi redoks pada
sel elektrokimia dan peristiwa
korosi.
|
6 x 2 JP
|
·
Buku Teks Kimia Dasar Bidang Keahlian Teknologi
dan Rekayasa, Kurikulum 2013
·
Buku Teks lainnya
·
Lembar kerja
·
Sumber lainnya ( Lingkungan sekitar dan internet
jika ada)
|
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet,
teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis,
komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang
diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2
Menunjukkan perilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam
memanfaatkan sumber daya alam.
2.3
Menunjukkan perilaku responsif
dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud
kemampuan memecahkan masalah dan membuat
keputusan
|
|||||
3.9
Memahami
gejala atau proses yang terjadi dalam contoh sel volta yang digunakan dalam
kehidupan.
3.10 Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya korosi dan mengajukan
ide/gagasan untuk mengatasinya.
3.11 Memahami gejala atau proses yang terjadi dalam
contoh sel elektrolisis yang digunakan dalam kehidupan
|
|||||
4.9
Menggunakan
sel volta untuk memecahkan kasus-kasus kehidupan.
4.10Membuktikan proses terjadinya korosi untuk
mengatasi masalah korosi
4.11Membuktikan proses terjadinya sel elektrolisis
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar