MAJELIS PENDIDIKAN DASAR dan
MENENGAH MUHAMMADIYAH
SMK
MUHAMMADIYAH 1 NGAWI
KOMPETENSI KEAHLIAN : 1.
Teknik Kendaraan Ringan ( Akreditasi B )
2. Administrasi Perkantoran ( Akreditasi
B ) 3. Akuntansi ( Akreditasi A )
ALAMAT : Jl.
K H. Ahmad Dahlan 26 ((0351)747300
Ngawi 63217
UJI
KOMPETENSI BERSAMA SEMESTER GENAP
Tahun
Pelajaran 2013/2014
Hari / Tanggal : ........................
Mata Pelajaran : Menangani Penggandaan
Dokumen
Kelas : ................
Waktu :................
NAMA SISWA
|
NO. PESERTA
|
NILAI
|
TANDA TANGAN
|
CATATAN HASIL PENILAIAN
|
|
ORANG TUA
|
GURU
|
||||
Jawablah pertanyaan dibawah ini
dengan baik dan benar !
1.
Sebutkan 6 cara pendistribusian atau pengiriman dokumen
yang kalian ketahui !
2.
Jelaskan perbedaan klasifikasi fasilitatif dengan
klasifikasi subtantif yang kalian ketahui !
3.
Sebutkan 3 tujuan filling system yang kalian ketahui !
4.
Sebutkan 7 keuntungan sistem penyimpanan yang baik yang
kalian ketahui !
5.
Sebutkan 5 ciri – ciri pokok sistem penyimpanan yang baik
yang kalian ketahui !
6.
Sebutkan 5 jenis – jenis peralatan dan perlengkapan
sistem penyimpanan yang baik yang kalian ketahui !
7.
Sebutkan 5 prosedur penyimpanan yang kalian ketahui !
8.
Apa yang dimaksud dengan mesin faksimile (fax) ?
9.
Jelaskan perbedaan filling system abjad dengan filling
system subjek yang kalian ketahui !
10. Apa yang
dimaksud dengan buku ekspedisi ?
..........SELAMAT
MENGERJAKAN.............
LEMBAR JAWAB
:
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
NO
|
KUNCI JAWABAN MENANGANI PENGGANDAAN
DOKUMEN (BU DIAN )
|
SKOR NILAI
|
1
|
6 Cara Pendistribusian Atau
Pengiriman Dokumen
1.
Pengiriman melalui petugas
pengantar surat perusahaan / kurir
2.
Pengiriman melalui perusahaan
jasa pengiriman barang
3.
Pengiriman melalui pos
4.
Pengiriman melalui faksimile
5.
Pengiriman melalui email
6.
Pengiriman melalui telex
|
12
|
2
|
Perbedaan Klasifikasi
Fasilitatif Dengan Klasifikasi Subtantif :
Klasifikasi Fasilitatif : Klasifikasi dari permasalahan arsip sebagai penunjang dan bukan
merupakan tugas pokok organisasi
Klasifikasi Subtantif : Klasifikasi berdasarkan masalah pokok organisasi atau tugas pokok dari
suatu organisasi yang membedakan dengan kegiatan organisasi lainnya
|
10
|
3
|
3 Tujuan Filling System :
1.
Menghemat waktu
2.
Menghemat tenaga
3.
Menghemat tempat
|
12
|
4
|
7 Keuntungan Sistem Penyimpanan
Yang Baik :
1.
Surat menyurat, dokumen, dan
arsip dapat diselenggarakan
2.
Sistematis
3.
Melengkapi bukti
4.
Memberikan keterangan
5.
Dapat memberitahukan kegiatan
– kegiatan yang bersaing
6.
Membantu perumusan kebijakan
7.
Pengambilan keputusan dapat
didasarkan atas sistem kearsipan yang baik
|
14
|
5
|
5 Ciri – Ciri Pokok Sistem
Penyimpanan Yang Baik :
1.
Mudah dilaksanakan
2.
Sesuai dengan fungsi dan
tugas pokok organisasi
3.
Mudah dilaksanakan dan
digunakan
4.
Hemat waktu
5.
Hemat biaya
6.
Hemat tenaga dan hemat
peralatan
7.
Fleksibel dan mudah
dikembangkan
8.
Sederhana
|
10
|
6
|
5 Jenis – Jenis Peralatan Dan
Perlengkapan Sistem Penyimpanan Yang Baik :
1.
Filling cabinet (lemari
kabinet)
2.
Map arsip (folder)
3.
Guide card (tanda batas/sekat
petunjuk)
4.
Rak penggaris
5.
Kartu indeks
6.
Klasifikasi
7.
Lembaran petunjuk silang
8.
Referensi
9.
Out slip
|
10
|
7
|
5 Prosedur Penyimpanan :
1.
Memeriksa tanda lepas
2.
Membaca waktu untuk
menetapkan judul surat
3.
Pemberian kode
4.
Pembuatan lembaran petunjuk
silang
5.
Pembuatan follow up slip
6.
Pembukaan follow up slip
7.
Rounting slip
8.
Penggolongan warkat
9.
Penyimpanan warkat
|
10
|
8
|
Mesin faksimile (fax) :
Alat untuk mengirim dan menerima data atau dokumen sesuai dengan aslinya,
baik berupa tulisan maupun gambar melalui saluran telepon (telecopier) dalam
waktu singkat tanpa merusak file/naskah asli
|
5
|
9
|
Perbedaan Filling System
Abjad Dengan Filling System Subjek :
Filling System Abjad : Sistem penyimpanan arsip yang didasarkan atas urutan abjad
Filling System Subjek : sistem penyimpanan dan penemuan kembali arsip didasarkan atas pokok
masalah
|
12
|
10
|
Buku Ekspedisi : Buku yang digunakan sebagai tanda terima bahwa pengiriman dokumen
telah dilakukan melalui kurir perusahaan
|
5
|
TOTAL SKOR
|
100
|
PEDOMAN PENILAIAN
NO
|
KRITERIA PENILAIAN
|
SKOR NILAI
|
1
|
Jawaban lengkap
|
|
Jawaban kurang lengkap
|
||
Jawaban tidak lengkap
|
||
Tidak dijawab
|
||
2
|
||
KISI – KISI SOAL
Satuan Pendidikan :
SMK MUHAMMADIYAH 1 NGAWI
Tingkat : ...........................
Program Keahlian :
Administrasi Perkantoran
Bentuk soal : Essay (UAS)
Mata Diklat : Menangani Penggandaan Dokumen Jumlah
soal :
10
Alokasi Waktu :
120 ment Semester : Genap
Kompetensi Inti :
Menangani
Penggandaan Dokumen
No
|
Kompetensi/Sub
Kompetensi
|
Kriteria
Kinerja
|
Metode
Penilaian
|
Materi
|
Bobot
Soal
|
No.
urut soal
|
||||
SIKAP
|
PENGETAHUAN
|
KETRAMPILAN
|
Mudah
|
Sedang
|
Sukar
|
|||||
1
|
Membagikan dokumen
|
Dokumen yang sudah lengkap
dikirimkan kepada yang berkepentingan sesuai dengan waktu yang telah
ditentukan
|
Tes tertulis
|
Teliti
Cermat
Terampil
|
Cara
pembagian dokumen
|
Membagikan dokumen yang
dibutuhkan
|
Ö
|
1
|
||
2
|
Membagikan dokumen
|
Dokumen asli disimpan ditempat
yang telah ditentukan sesuai dengan isinya
|
Tes tertulis
|
Teliti
Cermat
Terampil
|
Klasifikasi
dan pengko dean dokumen
|
Menentukan tempat penyimpanan
yang aman
|
Ö
|
2
|
||
3
|
Membagikan dokumen
|
Dokumen yang sudah lengkap
dikirimkan kepada yang berkepentingan sesuai dengan waktu yang telah
ditentukan
|
Tes tertulis
|
Teliti
Cermat
Terampil
|
Sistem
penyimpanan
|
Menyimpan dokumen sesuai sistem
|
Ö
|
3
|
||
4
|
Membagikan dokumen
|
Dokumen yang sudah lengkap
dikirimkan kepada yang berkepentingan sesuai dengan waktu yang telah
ditentukan
|
Tes tertulis
|
Teliti
Cermat
Terampil
|
Sistem
penyimpanan
|
Menyimpan dokumen sesuai sistem
|
Ö
|
4
|
||
5
|
Membagikan dokumen
|
Dokumen yang sudah lengkap
dikirimkan kepada yang berkepentingan sesuai dengan waktu yang telah
ditentukan
|
Tes tertulis
|
Teliti
Cermat
Terampil
|
Sistem
penyimpanan
|
Menyimpan dokumen sesuai sistem
|
Ö
|
5
|
||
6
|
Memilih alat yang sesuai
|
Alat serta materi yang sesuai
diidentifikasi dan dipilih untuk melaksanakan tugas
|
Tes tertulis
|
Teliti
Cermat
Terampil
|
Spesifikasi alat / mesin
dibutuhkan dalam penggandaan dokumen
|
Mengidentifikasi
alat
|
Ö
|
6
|
||
7
|
Memilih alat yang sesuai
|
Menggandakan dan mengumpul kan
dokumen
|
Tes tertulis
|
Teliti
Cermat
Terampil
|
Jenis – jenis alat / mesin
|
Memilih alat sesuai kebutuhan
|
Ö
|
7
|
||
8
|
Memilih alat yang sesuai
|
Menggandakan dan mengumpul kan
dokumen
|
Tes tertulis
|
Teliti
Cermat
Terampil
|
Jenis – jenis alat / mesin
|
Memilih alat sesuai kebutuhan
|
Ö
|
8
|
||
9
|
Membagikan dokumen
|
Dokumen yang sudah lengkap
dikirimkan kepada yang berkepentingan sesuai dengan waktu yang telah
ditentukan
|
Tes tertulis
|
Teliti
Cermat
Terampil
|
Sistem
penyimpanan
|
Menyimpan dokumen sesuai sistem
|
Ö
|
9
|
||
10
|
Membagikan dokumen
|
Dokumen yang sudah lengkap
dikirimkan kepada yang berkepentingan sesuai dengan waktu yang telah
ditentukan
|
Tes tertulis
|
Teliti
Cermat
Terampil
|
Sistem
penyimpanan
|
Menyimpan dokumen sesuai sistem
|
Ö
|
10
|
Mengetahui, Ngawi,
KepalaSekolah Guru Mata
Diklat
Drs. NUR ROKHIM DIAN FITRI YULIANTI,
S.Pd
NBM.666671 NBM. 1 047 256
MAJELIS PENDIDIKAN DASAR dan
MENENGAH MUHAMMADIYAH
SMK
MUHAMMADIYAH 1 NGAWI
KOMPETENSI KEAHLIAN : 1.
Teknik Kendaraan Ringan ( Akreditasi B )
2. Administrasi Perkantoran ( Akreditasi
B ) 3. Akuntansi ( Akreditasi A )
ALAMAT : Jl.
K H. Ahmad Dahlan 26 ((0351)747300
Ngawi 63217
UJI
KOMPETENSI BERSAMA SEMESTER GENAP
Tahun
Pelajaran .........................
Hari / Tanggal : ..............................
Mata Pelajaran : Pengantar Adm. Perkantoran
Kelas : ...............
Waktu :.....................
NAMA SISWA
|
NO. PESERTA
|
NILAI
|
TANDA TANGAN
|
CATATAN HASIL PENILAIAN
|
|
ORANG TUA
|
GURU
|
||||
Jawablah pertanyaan dibawah ini
dengan baik dan benar !
1.
Apa yang dimaksud dengan tata ruang kantor menurut George R. Terry ?
2.
Sebutkan 7 tujuan
tata ruang kantor yang kalian ketahui
!
3.
Jelaskan perbedaan azas jarak terpendek dengan azas rangkaian
kerja !
4.
Apa yang dimaksud dengan tata ruang kantor berkamar ?
5.
Sebutkan 4 keuntungan tata ruang kantor berkamar yang kalian ketahui !
6.
Apa yang dimaksud dengan tata ruang kantor terbuka ?
7.
Sebutkan 5 kerugian tata ruang kantor terbuka yang kalian ketahui !
8.
Apa yang dimaksud dengan tata ruang kantor berpanorama ?
9.
Sebutkan 4 keuntungan tata ruang kantor berhias atau berpanorama yang kalian ketahui !
10. Sebutkan
3 kerugian tata ruang kantor berhias atau berpanorama yang kalian ketahui !
..........SELAMAT
MENGERJAKAN.............
LEMBAR JAWAB
:
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
NO
|
Kunci Jawaban Pengantar Adm.
Perkantoran (Bu Dian)
|
SKOR NILAI
|
1
|
Tata Ruang Kantor Menurut
George R. Terry :
Penentuan mengenai kebutuhan-kebutuhan ruang dan
tentang penggunaannya secara terinci dari ruangan tersebut untuk menyiapkan
suatu susunan praktis dari faktor-faktor fisik yang dianggap perlu bagi
pelaksanaan kerja perkantoran dengan biaya yang layak
|
5
|
2
|
7 Tujuan
Tata Ruang Kantor :
1.
Mencegah
penghamburan tenaga dan waktu para pegawai karena prosedur kerja dapat
dipersingkat.
2.
Menjamin
kelancaran proses pekerjaan yang bersangkutan.
3.
Memungkinkan
pemakaian ruang kerja secara efesien.
4.
Mencegah
para pegawai di bagian lain terganggu oleh publik yang akan menemui suatu
bagian tertentu, atau oleh suara bising lainnya.
5.
Menciptakan
kenyamanan bekerja bagi para pegawai.
6.
Memberikan
kesan yang baik terhadap para pengunjung.
7.
Mengusahakan
adanya keleluasaan
|
14
|
3
|
Perbedaan Azas Jarak
Terpendek Dengan Azas Rangkaian Kerja :
1.
asas Jarak Terpendek:
Merupakan jarak terpendek antara 2 titik
dalam garis lurus.
2.
asas Rangkaian Kerja:
Yaitu penempatan para pegawai dan alat-alat
kantor menurut rangkaian yang sejalan dengan urut-urutan penyelesaian
pekerjaan.
|
8
|
4
|
Tata
Ruang Kantor Berkamar :
Ruangan untuk bekerja yang dipisahkan atau
dibagi dalam kamar-kamar kerja
|
3
|
5
|
Keuntungan Tata
Ruang Kantor Berkamar :
1.
Konsentrasi
kerja lebih terjamin.
2.
Pekerjaan
yang bersifat rahasia, dapat lebih terjamin atau terlindungi.
3.
Untuk
menambah kewibawaan, status pejabat sehingga selalu terpelihara adanya
kewibawaan pejabat/pimpinan.
4.
Untuk
menjamin keberhasilan kerja dan merasa ikut bertanggung jawab atas ruangan
dan merasa ikut memiliki
|
16
|
6
|
Tata
Ruang Kantor Terbuka :
Ruangan besar untuk bekerja yang ditempati oleh
beberapa pegawai yang bekerja bersama-sama di ruangan tersebut tanpa
dipisahkan oleh penyekat.
|
3
|
7
|
5 Kerugian Tata Ruang Kantor Terbuka :
1.
Kemungkinan
timbul atau terjadi kegaduhan atau kebisingan.
2.
Pegawai
sulit untuk melakukan pekerjaan dengan penuh konsentrasi.
3.
Batas
kedudukan antara pimpinan dan bawahan tidak nampak jelas.
4.
Pekerjaan
yang bersifat rahasia sulit dilakukan.
5.
Kemungkinan
nampak adanya tumpukan-tumpukan berkas atau kertas dan peralatan kerja lain,
sehingga mengakibatkan pemandangan yang kurang baik
|
20
|
8
|
Tata ruang kantor
berpanorama
Ruangan
untuk bekerja yang dihiasi oleh taman, dekorasi dan lainnya
|
3
|
9
|
Keuntungan tata
ruang kantor berhias atau berpanorama :
1.
Para
pegawai akan merasa nyaman dan betah bekerja.
2.
Ketegangan
syaraf dapat berkurang atau dihindarkan.
3.
Kebisingan
dan kegaduhan dapat berkurang atau dihindarkan.
4.
Produktivitas
kerja dapat meningkat, pekerjaan dilaksanakan dengan efesien sehingga tujuan
organisasi dapat mudah dicapai.
|
16
|
10
|
Kerugian tata
ruang kantor berhias atau bertaman/berpanorama :
1.
Biaya
cukup tinggi untuk mengadakan taman dan dekorasi lainnya.
2.
Biaya
pemeliharaan tinggi.
3.
Memerlukan
tenaga ahli yang tidak mudah dan tidak murah
|
12
|
TOTAL SKOR
|
100
|
KISI – KISI SOAL
Satuan Pendidikan :
SMK MUHAMMADIYAH 1 NGAWI
Tingkat :
X AK
Program Keahlian :
Administrasi Perkantoran
Bentuk soal : Essay (UAS)
Mata Diklat : Pengantar Administrasi
Perkantoran Jumlah soal : 10
Alokasi Waktu :
120 menit
Semester : Genap
Kompetensi Inti :
Pengantar
Administrasi Perkantoran
No
|
Kompetensi/Sub
Kompetensi
|
Kriteria
Kinerja
|
Metode
Penilaian
|
Materi
|
Bobot
Soal
|
No.
urut soal
|
||||
SIKAP
|
PENGETAHUAN
|
KETRAMPILAN
|
Mudah
|
Sedang
|
Sukar
|
|||||
1
|
Memahami azas, tujuan, dan jenis tata
ruang kantor
|
Tes tertulis
|
Menilai tanggapan dan pandangan peserta didik terhadap keberadaan tata ruang kantor di
suatu instansi
|
Mengamati asas – asas peng organisasian kantor yang terjadi di sekolah atau kantor terdekat dengan kajian pemikiran secara efektif dan efisien berdasarkan nilai-nilai agama yang dianut
|
Mengidentifikasi keuntung an
dan kelemahan setiap asas
yang digunakan
|
Ö
|
1
|
|||
2
|
Memahami azas, tujuan, dan jenis tata
ruang kantor
|
Tujuan tata ruang kantor
|
Tes tertulis
|
Menilai tanggapan dan pandangan peserta didik terhadap keberadaan tata ruang kantor di
suatu instansi
|
Secara berkelompok membuat layout tata
ruang kantor yang digunakan di kantor dari berbagai sumber
|
Melakukan tes untuk me ngetahui pemahaman peserta didik terhadap
asas-asas
pengorganisasian kantor, tujuan tata ruang kantor dan
jenis-jenis tata ruang kantor
|
Ö
|
2
|
||
3
|
Memahami azas, tujuan, dan jenis tata
ruang kantor
|
Tes tertulis
|
Menilai tanggapan dan pandangan peserta didik terhadap keberadaan tata ruang kantor di
suatu instansi
|
Mengamati asas – asas pengorganisasi an kantor yang terjadi di sekolah atau
kantor terdekat dengan
kajian pemikiran secara efektif dan efisien berdasarkan nilai-nilai agama yang dianut
|
Mengidentifikasi keuntung an
dan kelemahan setiap asas
yang digunakan
|
Ö
|
3
|
|||
4
|
Menata ruang kantor
|
Jenis-jenis tata ruang kantor
|
Tes tertulis
|
Menilai tanggapan dan pandangan peserta didik terhadap keberadaan tata ruang kantor di
suatu instansi
|
Mengaitkan konsep asas peng organisasian kantor dengan praktik tata ruang yang dilakukan di perkantoran dari berbagai sumber
|
Secara berkelompok mem buat layout tata ruang kantor yang
digunakan di kantor dari berbagai sumber
|
Ö
|
4
|
||
5
|
Menata ruang kantor
|
Jenis-jenis tata ruang kantor
|
Tes tertulis
|
Menilai tanggapan dan pandangan peserta didik terhadap keberadaan tata ruang kantor di
suatu instansi
|
Mengidentifikasi keuntungan dan
kelemahan setiap asas yang
digunakan
|
Secara berkelompok membuat layout tata
ruang kantor yang digunakan di kantor dari berbagai sumber
|
Ö
|
5
|
||
6
|
Menata ruang
kantor
|
Jenis-jenis tata ruang kantor
|
Tes tertulis
|
Menilai tanggapan dan pandangan peserta didik terhadap keberadaan tata ruang kantor di
suatu instansi
|
Mengaitkan konsep asas
pengorganisasi an kantor dengan praktik tata ruang yang dilakukan di perkantoran dari berbagai
sumber
|
Mengkomunikasikan pen dapat secara individu dan kelompok
tentang jenis
|
Ö
|
6
|
||
7
|
Menata ruang
kantor
|
Jenis-jenis tata ruang kantor
|
Tes tertulis
|
Menilai tanggapan dan pandangan peserta didik terhadap keberadaan tata ruang kantor di
suatu instansi
|
Mengidentifikasi keuntungan dan
kelemahan setiap asas yang
digunakan
|
Mengkomunikasikan pen dapat secara individu dan kelompok
tentang jenis
|
Ö
|
7
|
||
8
|
Menata ruang
kantor
|
Jenis-jenis tata ruang kantor
|
Tes tertulis
|
Menilai tanggapan dan pandangan peserta didik terhadap keberadaan tata ruang kantor di
suatu instansi
|
Mengaitkan konsep asas
pengorganisasi an kantor dengan praktik tata ruang yang dilakukan di perkantoran dari berbagai
sumber
|
Secara berkelompok mem buat layout tata ruang kantor yang
digunakan di kantor dari berbagai sumber
|
Ö
|
8
|
||
9
|
Menata ruang
kantor
|
Jenis-jenis tata ruang kantor
|
Tes tertulis
|
Menilai tanggapan dan pandangan peserta didik terhadap keberadaan tata ruang kantor di
suatu instansi
|
Mengidentifikasi keuntungan dan
kelemahan setiap asas yang
digunakan
|
Secara berkelompok mem buat layout tata ruang kantor yang
digunakan di kantor dari berbagai sumber
|
Ö
|
9
|
||
10
|
Menata ruang
kantor
|
Jenis-jenis tata ruang kantor
|
Tes tertulis
|
Menilai tanggapan dan pandangan peserta didik terhadap keberadaan tata ruang kantor di
suatu instansi
|
Mengidentifikasi keuntungan dan
kelemahan setiap asas yang
digunakan
|
Mengkomunikasikan pendapat secara
individu dan kelompok tentang jenis-jenis bentuk tata
ruang kantor
|
Ö
|
10
|
Mengetahui, Ngawi,
Kepala Sekolah Guru Mata
Diklat
Drs. NUR ROKHIM DIAN FITRI YULIANTI, S.P
NBM. 666 671 NBM. 1 047 256
MAJELIS PENDIDIKAN DASAR dan
MENENGAH MUHAMMADIYAH
SMK
MUHAMMADIYAH 1 NGAWI
KOMPETENSI KEAHLIAN : 1.
Teknik Kendaraan Ringan ( Akreditasi B )
2. Administrasi Perkantoran ( Akreditasi
B ) 3. Akuntansi ( Akreditasi A )
ALAMAT : Jl.
K H. Ahmad Dahlan 26 ((0351)747300
Ngawi 63217
UJI
KOMPETENSI BERSAMA SEMESTER GENAP
Tahun
Pelajaran ................
Hari / Tanggal : ............................
Mata Pelajaran : Korespondensi
Kelas : .......................
Waktu :......................
NAMA SISWA
|
NO. PESERTA
|
NILAI
|
TANDA TANGAN
|
CATATAN HASIL PENILAIAN
|
|
ORANG TUA
|
GURU
|
||||
Jawablah pertanyaan dibawah ini
dengan baik dan benar !
1.
Apa yang dimaksud dengan surat permintaan penawaran ?
2.
Sebutkan 3 fungsi surat permintaan penawaran yang kalian
ketahui !
3.
Apa yang dimaksud dengan surat penawaran ?
4.
Sebutkan 4 fungsi surat penawaran yang kalian ketahui !
5.
Sebutkan 8 isi surat penawaran yang kalian ketahui !
6.
Jelaskan 3 perbedaan sifat penawaran yang kalian ketahui
!
7.
Apa yang dimaksud dengan surat pesanan ?
8.
Sebutkan 2 fungsi surat pesanan yang kalian ketahui !
9.
Sebutkan 7 isi surat pesanan yang kalian ketahui !
10. Sebutkan 5
cara menyusun surat pesanan yang kalian ketahui !
..........SELAMAT
MENGERJAKAN.............
LEMBAR JAWAB
:
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
NO
|
KUNCI JAWABAN KORESPONDENSI
(BU DIAN)
|
SKOR NILAI
|
1
|
Surat Permintaan Penawaran :
Surat yang dibuat oleh calon pembeli yang ditujukan kepada calon pembeli
yang ditujukan kepada calon penjual, dengan maksud meminta keterangan
mengenai barang – barang yang akan dibeli
|
3
|
2
|
3 Fungsi Surat Permintaan
Penawaran :
a.
Bahan pertimbangan dalam
menentukan pembelian barang
b.
Untuk menyesuaikan kemampuan
keadaan keuangan
c.
Untuk memilih barang yang
sesuai dengan selera
|
9
|
3
|
Surat Penawaran :
Surat yang dibuat oleh calon penjual, yang ditujukan kepada calon pembeli
dengan maksud untuk memberikan keterangan / menawarkan barang yang akan
dijual
|
3
|
4
|
4 Fungsi Surat Penawaran :
a.
Memajukan pemasaran barang
b.
Memperkenalkan barang kepada
masyarakat khususnya produksi baru
c.
Memperluas jaringan pemasaran
hasil produksi
d.
Memelihara hubungan atau
relasi dagang agar jangan terputus
|
12
|
5
|
8 Isi Surat Penawaran :
a.
Nama dan macam barang
b.
Kualitas barang
c.
Harga barang
d.
Cara pembayaran
e.
Cara penyerahan barang
f.
Potongan harga
g.
Sifat penawaran
h.
Kemudahan – kemudahan lain,
misalnya garansi, service gratis,
dan sebagainya
|
16
|
6
|
Perbedaan Sifat Penawaran :
a.
Penawaran tetap, yaitu
penawaran yang tidak berubah atas syarat – syarat dan keadaan barang yang
ditawarkan
b.
Penawaran bebas, yaitu
penawaran yang dapat berubah atas barang yang ditawarkan tanpa adanya
pemberitahuan terlebih dahulu
c.
Penawaran dengan jangka waktu
yang telah ditentukan, misalnya hanya berlaku satu bulan, dua bulan, dan
seterusnya
|
9
|
7
|
Surat Pesanan :
Surat yang dibuat oleh calon pembeli yang ditujukan kepada calon penjual
untuk memesan suatu barang yang diinginkan
|
3
|
8
|
2 Fungsi Surat Pesanan :
a.
Sebagai tolak ukur kualitas
suatu barang
b.
Sebagai pedoman untuk
pengiriman suatu barang
c.
Sebagai barometer maju
tidaknya suatu perusahaan
d.
Sebagai pedoman untuk
menentukan besar kecilnya pembayaran
|
16
|
9
|
7 Isi Surat Pesanan :
a.
Nama dan macam barang
b.
Kualitas barang
c.
Jumlah barang
d.
Harga barang
e.
Cara pembayaran
f.
Cara pengiriman barang
g.
kemung
h.
kemungkinan lain bila barang
yang dipesan habis atau tidak ada
|
14
|
10
|
5 Cara Menyusun Surat Pesanan
:
a.
Hubungkan dengan surat
penawaran yang datang
b.
Sebutkan nama dan jenis
barang – barang yang dipesankan
c.
Sebutkan cara pengiriman
barang yang diinginkan
d.
Sebutkan cara pembayaran yang
akan dilakukan
e.
Akhiri surat dengan ucapan
terima kasih
|
15
|
TOTAL SKOR
|
100
|
KISI – KISI SOAL
Satuan Pendidikan :
SMK MUHAMMADIYAH 1 NGAWI Tingkat : ...........
Program Keahlian :
Administrasi Perkantoran Bentuk soal : Essay
Mata Diklat : Korespondensi Jumlah soal : 10
Alokasi Waktu :
120 menit
Semester : Genap
Kompetensi Inti :
Korespondensi
No
|
Kompetensi/Sub
Kompetensi
|
Kriteria
Kinerja
|
Metode
Penilaian
|
Materi
|
Bobot
Soal
|
No.
urut soal
|
||||
SIKAP
|
PENGETAHUAN
|
KETRAMPILAN
|
Mudah
|
Sedang
|
Sukar
|
|||||
1
|
Menerima dan mendis tribusikan
surat keluar
|
Surat keluar diperiksa dan
didaftar lalu dikirimkan sesuai prosedur perusahaan
|
Tes tertulis
|
Rajin
Teliti
Disiplin
|
Macam – macam surat : (pribadi,
niaga, dinas)
|
Memproses
surat keluar
|
Ö
|
1
|
||
2
|
Menerima dan men distribusikan
surat keluar
|
Surat keluar diambil, diperiksa
dan disortir untuk memastikan bahwa semua siap untuk dikirimkan sesuai
prosedur perusahaan
|
Tes tertulis
|
Rajin
Teliti
Disiplin
|
Macam – macam surat : pribadi,
niaga, dinas
|
Memproses
surat keluar
|
Ö
|
2
|
||
3
|
Menerima dan men distribusikan
surat keluar
|
Surat keluar didistribusikan
sesuai waktu yang telah ditentukan
|
Tes tertulis
|
Rajin
Teliti
Disiplin
|
Macam – macam surat : pribadi,
niaga, dinas
|
Memproses
surat keluar
|
Ö
|
3
|
||
4
|
Mengelola surat yang penting
dan harus diterima pada hari yang sama
|
Pilihan pengiriman diseleksi
dengan hati – hati dan sesuai prosedur perusahaan
|
Tes tertulis
|
Rajin
Teliti
Disiplin
|
Identifikasi perlakuan terhadap
bermacam – macam surat
|
Memproses
surat segera
|
Ö
|
4
|
||
5
|
Proses dokumen – dokumen kantor
|
Dokumen – dokumen diproses
sesuai dengan prosedur perusahaan dengan batas waktu
|
Tes tertulis
|
Ramah
Responsif
Cekatan
Teliti
Tanggung jawab
|
Menyebutkan bagian – bagian
surat / naskah
|
Menulis
naskah / surat
|
Ö
|
5
|
||
6
|
Dasar surat menyurat
|
Kata – kata ditulis dengan
benar dan bahasa yang singkat dan jelas
|
Tes tertulis
|
Ramah
Responsif
Cekatan
Teliti
Tanggung jawab
|
Mengetahui jenis – jenis
dokumen / naskah
|
Menulis
naskah / surat
|
Ö
|
6
|
||
7
|
Mengurus / menjaga sistem dokumen
|
Dokumen disimpan / difile
sesuai dengan prosedur keamanan perusahaan
|
Tes tertulis
|
Ramah
Responsif
Cekatan
Teliti
Tanggung jawab
|
Menjelaskan macam – macam
dokumen – dokumen kantor
|
Menggunakan
indeks sesuai dengan sistem yang digunakan perusahaan
|
Ö
|
7
|
||
8
|
Memastikan akan kebutuhan
dokumen
|
Tujuan dokuemen, pembaca dan
kebutuhan presentasi diklari fikasikan dengan pihak yang memiliki kewenangan
sesuai peraturan perusahaan
|
Tes tertulis
|
Etika
Cermat
Sopan
Perhatian
Rendah hati
|
Tata cara menulis, membaca, dan
me nyalin dengan baik dan benar
|
Menulis
dan menyusun naskah melalui alat perekam suara
|
Ö
|
8
|
||
9
|
Memastikan akan kebutuhan
dokumen
|
Tujuan dokuemen, pembaca dan
kebutuhan presentasi diklari fikasikan dengan pihak yang memiliki kewenangan
sesuai peraturan perusahaan
|
Tes tertulis
|
Etika
Cermat
Sopan
Perhatian
Rendah hati
|
Tata cara menulis, membaca, dan
me nyalin dengan baik dan benar
|
Menulis
dan menyusun naskah melalui alat perekam suara
|
Ö
|
9
|
||
10
|
Memastikan akan kebutuhan
dokumen
|
Tujuan dokuemen, pembaca dan
kebutuhan presentasi diklari fikasikan dengan pihak yang memiliki kewenangan
sesuai peraturan perusahaan
|
Tes tertulis
|
Etika
Cermat
Sopan
Perhatian
Rendah hati
|
Tata cara menulis, membaca, dan
me nyalin dengan baik dan benar
|
Menulis dan
menyusun naskah melalui alat perekam suara
|
Ö
|
10
|
Mengetahui, Ngawi,
Kepala Sekolah Guru Mata
Diklat
Drs. NUR ROKHIM DIAN FITRI YULIANTI,
S.Pd
NBM. 666 671 NBM. 1 047 256
MAJELIS
PENDIDIKAN DASAR dan MENENGAH MUHAMMADIYAH
SMK
MUHAMMADIYAH 1 NGAWI
KOMPETENSI KEAHLIAN : 1.
Teknik Kendaraan Ringan ( Akreditasi B )
2. Administrasi Perkantoran ( Akreditasi
B ) 3. Akuntansi ( Akreditasi A )
ALAMAT : Jl.
K H. Ahmad Dahlan 26 ((0351)747300
Ngawi 63217
UJI
KOMPETENSI BERSAMA SEMESTER GENAP
Tahun
Pelajaran ........................
Hari / Tanggal : ........................
Mata Pelajaran : Kearsipan
Kelas : ........................
Waktu : ........................
NAMA SISWA
|
NO. PESERTA
|
NILAI
|
TANDA TANGAN
|
CATATAN HASIL PENILAIAN
|
|
ORANG TUA
|
GURU
|
||||
Jawablah pertanyaan dibawah ini
dengan baik dan benar !
1. Apa yang
dimaksud dengan pemeliharaan arsip yang kalian ketahui ?
2. Jelaskan
perbedaan faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik penyebab kerusakan arsip serta
berikan contohnya !
3. Sebutkan 3
usaha pemeliharaan arsip yang kalian ketahui !
4. Jelaskan
perbedaan restorasi arsip dengan laminasi arsip yang kalian ketahui !
5. Jelaskan perbedaan
enkapsulisasi dengan microfilmasi arsip yang kalian ketahui !
6. Apa yang
dimaksud dengan penyusutan arsip yang kalian ketahui ?
7. Jelaskan
perbedaan antara retensi arsip dengan jadwal retensi arsip yang kalian ketahui
?
8. Sebutkan 5
cara pemusnahan arsip yang kalian ketahui !
9. Sebutkan
rumus angka kecermatan yang kalian ketahui !
10. Jika dalam
satu tahun warkat yang diminta sebanyak 1000 buah, ditemukan sebanyak 995 buah,
berapa angka kecermatannya ! Hitunglah angka kecermatan dengan menggunakan
rumus yang kalian tulis di nomor soal 9.
..........SELAMAT
MENGERJAKAN.............
LEMBAR JAWAB
:
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
NO
|
KUNCI JAWABAN KEARSIPAN (BU DIAN )
|
SKOR NILAI
|
1
|
Pemeliharaan Arsip
Suatu usaha yang dilakukan untuk menjaga agar arsip – asrsip terhindar
dari segala kerusakan dan kemusnahan.
|
3
|
2
|
Faktor Intrinsik
Penyebab kerusakan yang berasal dari benda itu sendiri, misalnya kualitas
kertas, pengaruh tinta, pengaruh lem perekat, dan lain – lain
Faktor Ekstrinsik
Penyebab kerusakan yang berasal dari luar benda arsip, yakni lingkungan
fisik, organisme perusak, dan kelalaian manusia
|
10
|
3
|
3 Usaha Pemeliharaan Arsip
1.
Memilih bahan arsip
2.
Mengatur ruangan
3.
Pemeliharaan tempat
penyimpanan arsip
|
16
|
4
|
Perbedaan Restorasi Arsip
Dengan Laminasi Arsip :
Restorasi Arsip : Memperbaiki arsip – arsip yang sudah rusak yang sulit dipergunakan
kembali, sehingga dapat digunakan dan disimpan lagi dalam jangka waktu yang
lama
Laminasi Arsip : Menutup kertas arsip di antara 2 lembar plastik sehingga arsip itu
terlindung dan aman dari bahaya air, udara (lembab , kering), dan serangga.
Cara demikian mampu memperlama penyimpanan arsip
|
8
|
5
|
Perbedaan Enkapsulisasi
Dengan Microfilmasi Arsip :
Enkapsulisasi : Suatu cara untuk memelihara arsip dengan menggunakan bahan pelindung guna
menghindari arsip dari kerusakan yang bersifat fisik, bahan garapan
pelaksanaannya adalah arsip – arsip yang rusak karena faktor usia dan
pengaruh polusi udara dan zat asam serta arsip yang berlubang karena dimakan
rayap.
Microfilmasi Arsip : Suatu cara dimana arsip itu dipotret dengan film kecil sehingga bila
ingin diketahui isinya, film tersebut dapat dipasang dengan suatu alat yang
dilengkapi dengan lampu sorot yang dapat memperbesar tampilan film tersebut
pada suatu layar (display) sehingga
dapat dibaca.
|
10
|
6
|
Penyusutan arsip
Kegiatan mengurangi jumlah arsip yang dikelola dengan cara memindahkan,
menyerahkan, dan memusnahkan arsip
|
3
|
7
|
Retensi Arsip
Penentuan jangka waktu simpan suatu arsip berdasarkan nilai guna yang
terkandung di dalam arsip tersebut
Jadwal Retensi Arsip
Suatu daftar yang berisi sekurang – kurangnya ada jenis arsip, jangka
waktu penyimpan, dan keterangan simpan
|
8
|
8
|
5 Cara Pemusnahan Arsip :
1.
Dengan melebur lembaran arsip
– arsip menggunakan mesin pelebur kertas, misalnya melalui pabrik – pabrik
kertas
2.
Dengan membakar sampai tuntas
/ habis hingga menjadi abu. Apabila jumlah arsip yang dimusnahkan cukup
banyak, cara ini kurang efektif
3.
Dengan menimbun di dalam
tanah, cara ini juga kurang efektif
4.
Dengan merobek atau menyobek
secara manual menjadi sobekan kecil sehingga tidak dapat dimanfaatkan.
Apabila arsip yang dimusnahkan jumlahnya banyak, maka cara ini juga tidak
efektif
5.
Dalam kemajuan teknologi
dewasa ini, cara yang paling tepat memusnahkan arsip ialah dengan menggunakan
mesin penghancur kertas
|
10
|
9
|
Angka kecermatan :
|
12
|
10
|
Angka kecermatan =
Jadi,
pengelolaan arsip dinyatakan baik
|
20
|
TOTAL SKOR
|
100
|
KISI – KISI SOAL
Satuan Pendidikan :
SMK MUHAMMADIYAH 1 NGAWI
Tingkat :
Program Keahlian :
Administrasi Perkantoran
Bentuk soal : Essay (UAS)
Mata Diklat : Kearsipan
Jumlah soal : 10
Alokasi Waktu :
120 menit
Semester : Genap
Kompetensi Inti :
Kearsipan
No
|
Kompetensi/Sub
Kompetensi
|
Kriteria
Kinerja
|
Metode
Penilaian
|
Materi
|
Bobot
Soal
|
No.
urut soal
|
||||
SIKAP
|
PENGETAHUAN
|
KETRAMPILAN
|
Mudah
|
Sedang
|
Sukar
|
|||||
1
|
Mengimplementasikan sistem
kearsipan
|
Sistem yang sudah diperbaiki
diimplementasi dan dimonitor agar operasinya sesuai dengan kebutuhan
|
Tes tertulis
|
Jujur
Teliti
Cermat
Tanggung jawab
|
Langkah penyimpanan dan temu
kembali
|
Memelihara
isi dan fisik dokumen
|
Ö
|
1
|
||
2
|
Mengimplementasikan sistem
kearsipan
|
Pemindahan dokumen dan catatan
dimonitor agar terjamin integritasnya
|
Tes tertulis
|
Jujur
Teliti
Cermat
Tanggung jawab
|
Penyortiran surat / dokumen
masuk
|
Menyortir surat masuk
|
Ö
|
2
|
||
3
|
Mengimplementasikan sistem kearsipan
|
Sistem yang sudah diperbaiki
diimplementasi dan dimonitor agar operasinya sesuai dengan kebutuhan
|
Tes tertulis
|
Jujur
Teliti
Cermat
Tanggung jawab
|
Langkah penyimpanan dan temu
kembali
|
Memelihara
isi dan fisik dokumen
|
Ö
|
3
|
||
4
|
Mengimplementasikan sistem
kearsipan
|
Penggunaan sistem yang
diperbarui dimonitor agar sistem diakses sesuai dengan panduan
|
Tes tertulis
|
Jujur
Teliti
Cermat
Tanggung jawab
|
Penciptaan dokumen / surat
keluar
|
Menyimpan
dan menemu kan kembali
|
Ö
|
4
|
||
5
|
Mengimplementasikan sistem
kearsipan
|
Penggunaan sistem yang
diperbarui dimonitor agar sistem diakses sesuai dengan panduan
|
Tes tertulis
|
Jujur
Teliti
Cermat
Tanggung jawab
|
Penciptaan dokumen / surat
keluar
|
Menyimpan
dan menemu kan kembali
|
Ö
|
5
|
||
6
|
Mengimplementasikan sistem
kearsipan
|
Penggunaan sistem yang
diperbarui dimonitor agar sistem diakses sesuai dengan panduan
|
Tes tertulis
|
Jujur
Teliti
Cermat
Tanggung jawab
|
Jadwal retensi
|
Menyusutkan
dokumen
|
Ö
|
6
|
||
7
|
Mengimplementasikan sistem
kearsipan
|
Penggunaan sistem yang
diperbarui dimonitor agar sistem diakses sesuai dengan panduan
|
Tes tertulis
|
Jujur
Teliti
Cermat
Tanggung jawab
|
Jadwal retensi
|
Menyusutkan
dokumen
|
Ö
|
7
|
||
8
|
Mengimplementasikan sistem
kearsipan
|
Sistem yang sudah diperbaiki diimplementasi
dan dimonitor agar operasinya sesuai dengan kebutuhan
|
Tes tertulis
|
Jujur
Teliti
Cermat
Tanggung jawab
|
Prosedur pemusnahan
|
Menyortir
surat masuk
|
Ö
|
8
|
||
9
|
Menetapkan kebutuhan bahan dan
alat kearsipan
|
Kebutuhan organisasi diidenti fikasikan
|
Tes tertulis
|
Jujur
Teliti
Cermat
Tanggung jawab
|
Analisis kebutuhan bahan dan
alat
|
Menghitung
kebutuhan bahan dan alat kearsipan
|
Ö
|
9
|
||
10
|
Menetapkan kebutuhan bahan dan
alat kearsipan
|
Kebutuhan organisasi diidenti
fikasikan
|
Tes tertulis
|
Jujur
Teliti
Cermat
Tanggung jawab
|
Analisis kebutuhan bahan dan
alat
|
Menghitung
kebutuhan bahan dan alat kearsipan
|
Ö
|
10
|
Mengetahui, Ngawi,
Kepala Sekolah Guru Mata
Diklat
Drs. NUR ROKHIM DIAN FITRI YULIANTI,
S.Pd
NBM. 666 671 NBM. 1 047 256
Tidak ada komentar:
Posting Komentar