Rabu, 13 Januari 2016

Contoh Kisi Kisi, Soal dan Jawaban Produktif ( APK )


muhiLOGO1
MAJELIS PENDIDIKAN DASAR dan MENENGAH MUHAMMADIYAH
SMK MUHAMMADIYAH 1 NGAWI
KOMPETENSI KEAHLIAN  :  1. Teknik Kendaraan Ringan ( Akreditasi  B )
2. Administrasi Perkantoran  ( Akreditasi  B )    3. Akuntansi  ( Akreditasi  A )
ALAMAT  :  Jl. K H. Ahmad Dahlan 26 ((0351)747300  Ngawi 63217
 

           
UJI KOMPETENSI BERSAMA SEMESTER GENAP
Tahun Pelajaran 2013/2014



Hari / Tanggal    : ........................
Mata Pelajaran  : Menangani Penggandaan
    Dokumen
Kelas               : ................
Waktu              :................



NAMA SISWA
NO. PESERTA
NILAI
TANDA TANGAN
CATATAN HASIL PENILAIAN
ORANG TUA
GURU











Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan baik dan benar !
1.      Sebutkan 6 cara pendistribusian atau pengiriman dokumen yang kalian ketahui !
2.      Jelaskan perbedaan klasifikasi fasilitatif dengan klasifikasi subtantif yang kalian ketahui !
3.      Sebutkan 3 tujuan filling system yang kalian ketahui !
4.      Sebutkan 7 keuntungan sistem penyimpanan yang baik yang kalian ketahui !
5.      Sebutkan 5 ciri – ciri pokok sistem penyimpanan yang baik yang kalian ketahui !
6.      Sebutkan 5 jenis – jenis peralatan dan perlengkapan sistem penyimpanan yang baik yang kalian ketahui !
7.      Sebutkan 5 prosedur penyimpanan yang kalian ketahui !
8.      Apa yang dimaksud dengan mesin faksimile (fax) ?
9.      Jelaskan perbedaan filling system abjad dengan filling system subjek yang kalian ketahui !
10.  Apa yang dimaksud dengan buku ekspedisi ?

    ..........SELAMAT MENGERJAKAN.............

LEMBAR JAWAB :
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................


............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................


............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................


............................................................................................................................................................



NO
KUNCI JAWABAN MENANGANI PENGGANDAAN
DOKUMEN (BU DIAN )
SKOR NILAI
1
6 Cara Pendistribusian Atau Pengiriman Dokumen
1.    Pengiriman melalui petugas pengantar surat perusahaan / kurir
2.    Pengiriman melalui perusahaan jasa pengiriman barang
3.    Pengiriman melalui pos
4.    Pengiriman melalui faksimile
5.    Pengiriman melalui email
6.    Pengiriman melalui telex
12
2
Perbedaan Klasifikasi Fasilitatif Dengan Klasifikasi Subtantif :
Klasifikasi Fasilitatif : Klasifikasi dari permasalahan arsip sebagai penunjang dan bukan merupakan tugas pokok organisasi
Klasifikasi Subtantif : Klasifikasi berdasarkan masalah pokok organisasi atau tugas pokok dari suatu organisasi yang membedakan dengan kegiatan organisasi lainnya
10
3
3 Tujuan Filling System :
1.    Menghemat waktu
2.    Menghemat tenaga
3.    Menghemat tempat
12
4
7 Keuntungan Sistem Penyimpanan Yang Baik :
1.    Surat menyurat, dokumen, dan arsip dapat diselenggarakan
2.    Sistematis
3.    Melengkapi bukti
4.    Memberikan keterangan
5.    Dapat memberitahukan kegiatan – kegiatan yang bersaing
6.    Membantu perumusan kebijakan
7.    Pengambilan keputusan dapat didasarkan atas sistem kearsipan yang baik
14
5
5 Ciri – Ciri Pokok Sistem Penyimpanan Yang Baik :
1.    Mudah dilaksanakan
2.    Sesuai dengan fungsi dan tugas pokok organisasi
3.    Mudah dilaksanakan dan digunakan
4.    Hemat waktu
5.    Hemat biaya
6.    Hemat tenaga dan hemat peralatan
7.    Fleksibel dan mudah dikembangkan
8.    Sederhana
10
6
5 Jenis – Jenis Peralatan Dan Perlengkapan Sistem Penyimpanan Yang Baik :
1.    Filling cabinet (lemari kabinet)
2.    Map arsip (folder)
3.    Guide card (tanda batas/sekat petunjuk)
4.    Rak penggaris
5.    Kartu indeks
6.    Klasifikasi
7.    Lembaran petunjuk silang
8.    Referensi
9.    Out slip
10
7
5 Prosedur Penyimpanan :
1.    Memeriksa tanda lepas
2.    Membaca waktu untuk menetapkan judul surat
3.    Pemberian kode
4.    Pembuatan lembaran petunjuk silang
5.    Pembuatan follow up slip
6.    Pembukaan follow up slip
7.    Rounting slip
8.    Penggolongan warkat
9.    Penyimpanan warkat
10
8
Mesin faksimile (fax) :
Alat untuk mengirim dan menerima data atau dokumen sesuai dengan aslinya, baik berupa tulisan maupun gambar melalui saluran telepon (telecopier) dalam waktu singkat tanpa merusak file/naskah asli
5
9
Perbedaan Filling System Abjad Dengan Filling System Subjek :
Filling System Abjad : Sistem penyimpanan arsip yang didasarkan atas urutan abjad
Filling System Subjek : sistem penyimpanan dan penemuan kembali arsip didasarkan atas pokok masalah
12
10
Buku Ekspedisi : Buku yang digunakan sebagai tanda terima bahwa pengiriman dokumen telah dilakukan melalui kurir perusahaan
5

TOTAL SKOR
100

PEDOMAN PENILAIAN
NO
KRITERIA PENILAIAN
SKOR NILAI
1
Jawaban lengkap

Jawaban kurang lengkap

Jawaban tidak lengkap

Tidak dijawab

2






















KISI KISI SOAL

Satuan Pendidikan                                           : SMK MUHAMMADIYAH 1 NGAWI         
Tingkat                                                          : ...........................
Program Keahlian                                      : Administrasi Perkantoran                                            
Bentuk soal                                                      : Essay (UAS)
Mata Diklat                                                : Menangani Penggandaan Dokumen                              Jumlah soal                                                : 10
Alokasi Waktu                                            : 120 ment                                                                                      Semester                                                           : Genap
Kompetensi Inti                                        : Menangani Penggandaan Dokumen
No
Kompetensi/Sub Kompetensi
Kriteria Kinerja
Metode Penilaian
Materi
Bobot Soal
No. urut soal
SIKAP
PENGETAHUAN
KETRAMPILAN
Mudah
Sedang
Sukar
1
Membagikan dokumen
Dokumen yang sudah lengkap dikirimkan kepada yang berkepentingan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan
Tes tertulis

Teliti
Cermat
Terampil
Cara pembagian dokumen
Membagikan dokumen yang dibutuhkan

Ö

1
2
Membagikan dokumen
Dokumen asli disimpan ditempat yang telah ditentukan sesuai dengan isinya
Tes tertulis

Teliti
Cermat
Terampil
Klasifikasi dan pengko dean dokumen
Menentukan tempat penyimpanan yang aman

Ö

2
3
Membagikan dokumen
Dokumen yang sudah lengkap dikirimkan kepada yang berkepentingan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan
Tes tertulis

Teliti
Cermat
Terampil
Sistem penyimpanan
Menyimpan dokumen sesuai sistem
Ö


3
4
Membagikan dokumen
Dokumen yang sudah lengkap dikirimkan kepada yang berkepentingan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan
Tes tertulis

Teliti
Cermat
Terampil
Sistem penyimpanan
Menyimpan dokumen sesuai sistem
Ö


4
5
Membagikan dokumen
Dokumen yang sudah lengkap dikirimkan kepada yang berkepentingan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan
Tes tertulis

Teliti
Cermat
Terampil
Sistem penyimpanan
Menyimpan dokumen sesuai sistem

Ö

5
6
Memilih alat yang sesuai
Alat serta materi yang sesuai diidentifikasi dan dipilih untuk melaksanakan tugas
Tes tertulis

Teliti
Cermat
Terampil
Spesifikasi alat / mesin dibutuhkan dalam penggandaan dokumen
Mengidentifikasi alat

Ö

6
7
Memilih alat yang sesuai
Menggandakan dan mengumpul kan dokumen
Tes tertulis

Teliti
Cermat
Terampil
Jenis – jenis alat / mesin
Memilih alat sesuai kebutuhan
Ö


7
8
Memilih alat yang sesuai
Menggandakan dan mengumpul kan dokumen
Tes tertulis

Teliti
Cermat
Terampil
Jenis – jenis alat / mesin
Memilih alat sesuai kebutuhan

Ö

8
9
Membagikan dokumen
Dokumen yang sudah lengkap dikirimkan kepada yang berkepentingan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan
Tes tertulis

Teliti
Cermat
Terampil
Sistem penyimpanan
Menyimpan dokumen sesuai sistem

Ö

9
10
Membagikan dokumen
Dokumen yang sudah lengkap dikirimkan kepada yang berkepentingan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan
Tes tertulis

Teliti
Cermat
Terampil
Sistem penyimpanan
Menyimpan dokumen sesuai sistem

Ö

10


Mengetahui,                                                                                                                                                                                                                         Ngawi,
KepalaSekolah                                                                                                                                                                                                                  Guru Mata Diklat





Drs. NUR ROKHIM                               DIAN FITRI YULIANTI, S.Pd
NBM.666671                                          NBM. 1 047 256





MAJELIS PENDIDIKAN DASAR dan MENENGAH MUHAMMADIYAH
SMK MUHAMMADIYAH 1 NGAWI
KOMPETENSI KEAHLIAN  :  1. Teknik Kendaraan Ringan ( Akreditasi  B )
2. Administrasi Perkantoran  ( Akreditasi  B )    3. Akuntansi  ( Akreditasi  A )
ALAMAT  :  Jl. K H. Ahmad Dahlan 26 ((0351)747300  Ngawi 63217
 

           
UJI KOMPETENSI BERSAMA SEMESTER GENAP
Tahun Pelajaran .........................


Hari / Tanggal    :  ..............................
Mata Pelajaran  : Pengantar Adm. Perkantoran
Kelas               : ...............
Waktu              :.....................



NAMA SISWA
NO. PESERTA
NILAI
TANDA TANGAN
CATATAN HASIL PENILAIAN
ORANG TUA
GURU











Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan baik dan benar !
1.      Apa yang dimaksud dengan tata ruang kantor menurut George R. Terry ?
2.      Sebutkan 7 tujuan tata ruang kantor yang kalian ketahui !
3.      Jelaskan perbedaan azas jarak terpendek dengan azas rangkaian kerja !
4.      Apa yang dimaksud dengan tata ruang kantor berkamar ?
5.      Sebutkan 4 keuntungan tata ruang kantor berkamar yang kalian ketahui !
6.      Apa yang dimaksud dengan tata ruang kantor terbuka ?
7.      Sebutkan 5 kerugian tata ruang kantor terbuka yang kalian ketahui !
8.      Apa yang dimaksud dengan tata ruang kantor berpanorama ?
9.      Sebutkan 4 keuntungan tata ruang kantor berhias atau berpanorama yang kalian ketahui !
10.  Sebutkan 3 kerugian tata ruang kantor berhias atau berpanorama yang kalian ketahui !

    ..........SELAMAT MENGERJAKAN.............

LEMBAR JAWAB :
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................


............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................


............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................


............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................


............................................................................................................................................................


NO
Kunci Jawaban Pengantar Adm. Perkantoran (Bu Dian)
SKOR NILAI
1
Tata Ruang Kantor Menurut George R. Terry :
Penentuan mengenai kebutuhan-kebutuhan ruang dan tentang penggunaannya secara terinci dari ruangan tersebut untuk menyiapkan suatu susunan praktis dari faktor-faktor fisik yang dianggap perlu bagi pelaksanaan kerja perkantoran dengan biaya yang layak
5
2
7 Tujuan Tata Ruang Kantor :
1.    Mencegah penghamburan tenaga dan waktu para pegawai karena prosedur kerja dapat dipersingkat.
2.    Menjamin kelancaran proses pekerjaan yang bersangkutan.
3.    Memungkinkan pemakaian ruang kerja secara efesien.
4.    Mencegah para pegawai di bagian lain terganggu oleh publik yang akan menemui suatu bagian tertentu, atau oleh suara bising lainnya.
5.    Menciptakan kenyamanan bekerja bagi para pegawai.
6.    Memberikan kesan yang baik terhadap para pengunjung.
7.    Mengusahakan adanya keleluasaan
14
3
Perbedaan Azas Jarak Terpendek Dengan Azas Rangkaian Kerja :
1.    asas Jarak Terpendek:
Merupakan jarak terpendek antara 2 titik dalam garis lurus.
2.      asas Rangkaian Kerja:
Yaitu penempatan para pegawai dan alat-alat kantor menurut rangkaian yang sejalan dengan urut-urutan penyelesaian pekerjaan.
8
4
Tata Ruang Kantor Berkamar :
Ruangan untuk bekerja yang dipisahkan atau dibagi dalam kamar-kamar kerja
3
5
Keuntungan Tata Ruang Kantor Berkamar :
1.   Konsentrasi kerja lebih terjamin.
2.   Pekerjaan yang bersifat rahasia, dapat lebih terjamin atau terlindungi.
3.   Untuk menambah kewibawaan, status pejabat sehingga selalu terpelihara adanya kewibawaan pejabat/pimpinan.
4.   Untuk menjamin keberhasilan kerja dan merasa ikut bertanggung jawab atas ruangan dan merasa ikut memiliki
16
6
Tata Ruang Kantor Terbuka :
Ruangan besar untuk bekerja yang ditempati oleh beberapa pegawai yang bekerja bersama-sama di ruangan tersebut tanpa dipisahkan oleh penyekat.
3
7
5 Kerugian Tata Ruang Kantor Terbuka :
1.     Kemungkinan timbul atau terjadi kegaduhan atau kebisingan.
2.     Pegawai sulit untuk melakukan pekerjaan dengan penuh konsentrasi.
3.     Batas kedudukan antara pimpinan dan bawahan tidak nampak jelas.
4.     Pekerjaan yang bersifat rahasia sulit dilakukan.
5.     Kemungkinan nampak adanya tumpukan-tumpukan berkas atau kertas dan peralatan kerja lain, sehingga mengakibatkan pemandangan yang kurang baik
20
8
Tata ruang kantor berpanorama
Ruangan untuk bekerja yang dihiasi oleh taman, dekorasi dan lainnya
3
9
Keuntungan tata ruang kantor berhias atau berpanorama :
1.     Para pegawai akan merasa nyaman dan betah bekerja.
2.     Ketegangan syaraf dapat berkurang atau dihindarkan.
3.     Kebisingan dan kegaduhan dapat berkurang atau dihindarkan.
4.     Produktivitas kerja dapat meningkat, pekerjaan dilaksanakan dengan efesien sehingga tujuan organisasi dapat mudah dicapai.
16
10
Kerugian tata ruang kantor berhias atau bertaman/berpanorama :
1.    Biaya cukup tinggi untuk mengadakan taman dan dekorasi lainnya.
2.    Biaya pemeliharaan tinggi.
3.    Memerlukan tenaga ahli yang tidak mudah dan tidak murah
12

TOTAL SKOR
100


KISI KISI SOAL

Satuan Pendidikan                                           : SMK MUHAMMADIYAH 1 NGAWI     
Tingkat                                                          : X AK
Program Keahlian                                      : Administrasi Perkantoran                                             
Bentuk soal                                                      : Essay (UAS)
Mata Diklat                                               : Pengantar Administrasi Perkantoran                                     Jumlah soal                                                : 10
Alokasi Waktu                                          : 120 menit                                          
Semester                                                          : Genap
Kompetensi Inti                                       : Pengantar Administrasi Perkantoran 
No
Kompetensi/Sub Kompetensi
Kriteria Kinerja
Metode Penilaian
Materi
Bobot Soal
No. urut soal
SIKAP
PENGETAHUAN
KETRAMPILAN
Mudah
Sedang
Sukar
1
Memahami azas, tujuan, dan jenis tata ruang kantor
Tes tertulis

Menilai tanggapan dan pandangan peserta didik terhadap keberadaan tata ruang kantor di suatu instansi
Mengamati asas asas peng organisasian kantor yang terjadi di sekolah atau kantor terdekat dengan kajian pemikiran secara efektif dan efisien berdasarkan nilai-nilai agama yang dianut
Mengidentifikasi keuntung an dan kelemahan setiap asas yang digunakan

Ö

1
2
Memahami azas, tujuan, dan jenis tata ruang kantor
Tujuan tata ruang kantor

Tes tertulis

Menilai tanggapan dan pandangan peserta didik terhadap keberadaan tata ruang kantor di suatu instansi
Secara berkelompok membuat layout tata ruang kantor yang digunakan di kantor dari berbagai sumber
Melakukan tes untuk me ngetahui pemahaman peserta didik terhadap  asas-asas pengorganisasian kantor, tujuan tata ruang kantor dan jenis-jenis tata ruang kantor

Ö

2
3
Memahami azas, tujuan, dan jenis tata ruang kantor
Tes tertulis

Menilai tanggapan dan pandangan peserta didik terhadap keberadaan tata ruang kantor di suatu instansi
Mengamati asas asas pengorganisasi an kantor yang terjadi di sekolah atau kantor terdekat dengan kajian pemikiran secara efektif dan efisien berdasarkan nilai-nilai agama yang dianut
Mengidentifikasi keuntung an dan kelemahan setiap asas yang digunakan
Ö


3
4
Menata ruang kantor
Jenis-jenis tata ruang kantor
Tes tertulis

Menilai tanggapan dan pandangan peserta didik terhadap keberadaan tata ruang kantor di suatu instansi
Mengaitkan konsep asas peng organisasian kantor dengan praktik tata ruang yang dilakukan di perkantoran dari berbagai sumber
Secara berkelompok mem buat layout tata ruang kantor yang digunakan di kantor dari berbagai sumber

Ö

4
5
Menata ruang kantor
Jenis-jenis tata ruang kantor
Tes tertulis

Menilai tanggapan dan pandangan peserta didik terhadap keberadaan tata ruang kantor di suatu instansi
Mengidentifikasi keuntungan dan kelemahan setiap asas yang digunakan
Secara berkelompok membuat layout tata ruang kantor yang digunakan di kantor dari berbagai sumber


Ö
5
6
Menata ruang kantor
Jenis-jenis tata ruang kantor
Tes tertulis

Menilai tanggapan dan pandangan peserta didik terhadap keberadaan tata ruang kantor di suatu instansi
Mengaitkan konsep asas pengorganisasi an kantor dengan praktik tata ruang yang dilakukan di perkantoran dari berbagai sumber
Mengkomunikasikan pen dapat secara individu dan kelompok tentang jenis

Ö

6
7
Menata ruang kantor
Jenis-jenis tata ruang kantor
Tes tertulis

Menilai tanggapan dan pandangan peserta didik terhadap keberadaan tata ruang kantor di suatu instansi
Mengidentifikasi keuntungan dan kelemahan setiap asas yang digunakan
Mengkomunikasikan pen dapat secara individu dan kelompok tentang jenis

Ö

7
8
Menata ruang kantor
Jenis-jenis tata ruang kantor
Tes tertulis

Menilai tanggapan dan pandangan peserta didik terhadap keberadaan tata ruang kantor di suatu instansi
Mengaitkan konsep asas pengorganisasi an kantor dengan praktik tata ruang yang dilakukan di perkantoran dari berbagai sumber
Secara berkelompok mem buat layout tata ruang kantor yang digunakan di kantor dari berbagai sumber

Ö

8
9
Menata ruang kantor
Jenis-jenis tata ruang kantor
Tes tertulis

Menilai tanggapan dan pandangan peserta didik terhadap keberadaan tata ruang kantor di suatu instansi
Mengidentifikasi keuntungan dan kelemahan setiap asas yang digunakan
Secara berkelompok mem buat layout tata ruang kantor yang digunakan di kantor dari berbagai sumber
Ö


9
10
Menata ruang kantor
Jenis-jenis tata ruang kantor
Tes tertulis

Menilai tanggapan dan pandangan peserta didik terhadap keberadaan tata ruang kantor di suatu instansi
Mengidentifikasi keuntungan dan kelemahan setiap asas yang digunakan
Mengkomunikasikan pendapat secara individu dan kelompok tentang jenis-jenis bentuk tata ruang kantor
Ö


10


Mengetahui,                                                                                                                                                                                                                               Ngawi,
Kepala Sekolah                                                                                                                                                                                                          Guru Mata Diklat





Drs. NUR ROKHIM                                            DIAN FITRI YULIANTI, S.P
NBM. 666 671                                                      NBM. 1 047 256






MAJELIS PENDIDIKAN DASAR dan MENENGAH MUHAMMADIYAH
SMK MUHAMMADIYAH 1 NGAWI
KOMPETENSI KEAHLIAN  :  1. Teknik Kendaraan Ringan ( Akreditasi  B )
2. Administrasi Perkantoran  ( Akreditasi  B )    3. Akuntansi  ( Akreditasi  A )
ALAMAT  :  Jl. K H. Ahmad Dahlan 26 ((0351)747300  Ngawi 63217
 

           
UJI KOMPETENSI BERSAMA SEMESTER GENAP
Tahun Pelajaran ................



Hari / Tanggal    : ............................
Mata Pelajaran  : Korespondensi
Kelas               : .......................
Waktu              :......................



NAMA SISWA
NO. PESERTA
NILAI
TANDA TANGAN
CATATAN HASIL PENILAIAN
ORANG TUA
GURU











Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan baik dan benar !
1.      Apa yang dimaksud dengan surat permintaan penawaran ?
2.      Sebutkan 3 fungsi surat permintaan penawaran yang kalian ketahui !
3.      Apa yang dimaksud dengan surat penawaran ?
4.      Sebutkan 4 fungsi surat penawaran yang kalian ketahui !
5.      Sebutkan 8 isi surat penawaran yang kalian ketahui !
6.      Jelaskan 3 perbedaan sifat penawaran yang kalian ketahui !
7.      Apa yang dimaksud dengan surat pesanan ?
8.      Sebutkan 2 fungsi surat pesanan yang kalian ketahui !
9.      Sebutkan 7 isi surat pesanan yang kalian ketahui !
10.  Sebutkan 5 cara menyusun surat pesanan yang kalian ketahui !

    ..........SELAMAT MENGERJAKAN.............

LEMBAR JAWAB :
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................


............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................


............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................


............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................


............................................................................................................................................................


NO
KUNCI JAWABAN KORESPONDENSI (BU DIAN)
SKOR NILAI
1
Surat Permintaan Penawaran :
Surat yang dibuat oleh calon pembeli yang ditujukan kepada calon pembeli yang ditujukan kepada calon penjual, dengan maksud meminta keterangan mengenai barang – barang yang akan dibeli
3
2
3 Fungsi Surat Permintaan Penawaran :
a.    Bahan pertimbangan dalam menentukan pembelian barang
b.    Untuk menyesuaikan kemampuan keadaan keuangan
c.    Untuk memilih barang yang sesuai dengan selera
9
3
Surat Penawaran :
Surat yang dibuat oleh calon penjual, yang ditujukan kepada calon pembeli dengan maksud untuk memberikan keterangan / menawarkan barang yang akan dijual
3
4
4 Fungsi Surat Penawaran :
a.    Memajukan pemasaran barang
b.    Memperkenalkan barang kepada masyarakat khususnya produksi baru
c.    Memperluas jaringan pemasaran hasil produksi
d.    Memelihara hubungan atau relasi dagang agar jangan terputus
12
5
8 Isi Surat Penawaran :
a.    Nama dan macam barang
b.    Kualitas barang
c.    Harga barang
d.    Cara pembayaran
e.    Cara penyerahan barang
f.     Potongan harga
g.    Sifat penawaran
h.    Kemudahan – kemudahan lain, misalnya garansi, service gratis, dan sebagainya
16
6
Perbedaan Sifat Penawaran :
a.    Penawaran tetap, yaitu penawaran yang tidak berubah atas syarat – syarat dan keadaan barang yang ditawarkan
b.    Penawaran bebas, yaitu penawaran yang dapat berubah atas barang yang ditawarkan tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu
c.    Penawaran dengan jangka waktu yang telah ditentukan, misalnya hanya berlaku satu bulan, dua bulan, dan seterusnya
9
7
Surat Pesanan :
Surat yang dibuat oleh calon pembeli yang ditujukan kepada calon penjual untuk memesan suatu barang yang diinginkan
3
8
2 Fungsi Surat Pesanan :
a.    Sebagai tolak ukur kualitas suatu barang
b.    Sebagai pedoman untuk pengiriman suatu barang
c.    Sebagai barometer maju tidaknya suatu perusahaan
d.    Sebagai pedoman untuk menentukan besar kecilnya pembayaran
16
9
7 Isi Surat Pesanan :
a.    Nama dan macam barang
b.    Kualitas barang
c.    Jumlah barang
d.    Harga barang
e.    Cara pembayaran
f.     Cara pengiriman barang
g.    kemung
h.    kemungkinan lain bila barang yang dipesan habis atau tidak ada
14
10
5 Cara Menyusun Surat Pesanan :
a.    Hubungkan dengan surat penawaran yang datang
b.    Sebutkan nama dan jenis barang – barang yang dipesankan
c.    Sebutkan cara pengiriman barang yang diinginkan
d.    Sebutkan cara pembayaran yang akan dilakukan
e.    Akhiri surat dengan ucapan terima kasih
15

TOTAL SKOR
100


KISI KISI SOAL

Satuan Pendidikan                                           : SMK MUHAMMADIYAH 1 NGAWI                          Tingkat                                                            : ...........
Program Keahlian                                           : Administrasi Perkantoran                                               Bentuk soal                                                       : Essay
Mata Diklat                                                      : Korespondensi                                                                Jumlah soal                                                      : 10
Alokasi Waktu                                                 : 120 menit                                          
Semester                                                                 : Genap
Kompetensi Inti                                             : Korespondensi 
No
Kompetensi/Sub Kompetensi
Kriteria Kinerja
Metode Penilaian
Materi
Bobot Soal
No. urut soal
SIKAP
PENGETAHUAN
KETRAMPILAN
Mudah
Sedang
Sukar
1
Menerima dan mendis tribusikan surat keluar
Surat keluar diperiksa dan didaftar lalu dikirimkan sesuai prosedur perusahaan
Tes tertulis

Rajin
Teliti
Disiplin
Macam – macam surat : (pribadi, niaga, dinas)
Memproses surat keluar

Ö

1
2
Menerima dan men distribusikan surat keluar
Surat keluar diambil, diperiksa dan disortir untuk memastikan bahwa semua siap untuk dikirimkan sesuai prosedur perusahaan
Tes tertulis

Rajin
Teliti
Disiplin
Macam – macam surat : pribadi, niaga, dinas
Memproses surat keluar

Ö

2
3
Menerima dan men distribusikan surat keluar
Surat keluar didistribusikan sesuai waktu yang telah ditentukan
Tes tertulis

Rajin
Teliti
Disiplin
Macam – macam surat : pribadi, niaga, dinas
Memproses surat keluar
Ö


3
4
Mengelola surat yang penting dan harus diterima pada hari yang sama
Pilihan pengiriman diseleksi dengan hati – hati dan sesuai prosedur perusahaan
Tes tertulis

Rajin
Teliti
Disiplin
Identifikasi perlakuan terhadap bermacam – macam surat
Memproses surat segera

Ö

4
5
Proses dokumen – dokumen kantor
Dokumen – dokumen diproses sesuai dengan prosedur perusahaan dengan batas waktu
Tes tertulis

Ramah
Responsif
Cekatan
Teliti
Tanggung jawab
Menyebutkan bagian – bagian surat / naskah
Menulis naskah / surat


Ö
5
6
Dasar surat menyurat
Kata – kata ditulis dengan benar dan bahasa yang singkat dan jelas
Tes tertulis

Ramah
Responsif
Cekatan
Teliti
Tanggung jawab
Mengetahui jenis – jenis dokumen / naskah
Menulis naskah / surat

Ö

6
7
Mengurus / menjaga sistem dokumen
Dokumen disimpan / difile sesuai dengan prosedur keamanan perusahaan
Tes tertulis

Ramah
Responsif
Cekatan
Teliti
Tanggung jawab
Menjelaskan macam – macam dokumen – dokumen kantor
Menggunakan indeks sesuai dengan sistem yang digunakan perusahaan

Ö

7
8
Memastikan akan kebutuhan dokumen
Tujuan dokuemen, pembaca dan kebutuhan presentasi diklari fikasikan dengan pihak yang memiliki kewenangan sesuai peraturan perusahaan
Tes tertulis

Etika
Cermat
Sopan
Perhatian
Rendah hati
Tata cara menulis, membaca, dan me nyalin dengan baik dan benar
Menulis dan menyusun naskah melalui alat perekam suara

Ö

8
9
Memastikan akan kebutuhan dokumen
Tujuan dokuemen, pembaca dan kebutuhan presentasi diklari fikasikan dengan pihak yang memiliki kewenangan sesuai peraturan perusahaan
Tes tertulis

Etika
Cermat
Sopan
Perhatian
Rendah hati
Tata cara menulis, membaca, dan me nyalin dengan baik dan benar
Menulis dan menyusun naskah melalui alat perekam suara
Ö


9
10
Memastikan akan kebutuhan dokumen
Tujuan dokuemen, pembaca dan kebutuhan presentasi diklari fikasikan dengan pihak yang memiliki kewenangan sesuai peraturan perusahaan
Tes tertulis

Etika
Cermat
Sopan
Perhatian
Rendah hati
Tata cara menulis, membaca, dan me nyalin dengan baik dan benar
Menulis dan menyusun naskah melalui alat perekam suara
Ö


10


Mengetahui,                                                                                                                                                                                                                                          Ngawi,
Kepala Sekolah                                                                                                                                  Guru Mata Diklat





Drs. NUR ROKHIM                                                 DIAN FITRI YULIANTI, S.Pd
NBM. 666 671                                                           NBM. 1 047 256





MAJELIS PENDIDIKAN DASAR dan MENENGAH MUHAMMADIYAH
SMK MUHAMMADIYAH 1 NGAWI
KOMPETENSI KEAHLIAN  :  1. Teknik Kendaraan Ringan ( Akreditasi  B )
2. Administrasi Perkantoran  ( Akreditasi  B )    3. Akuntansi  ( Akreditasi  A )
ALAMAT  :  Jl. K H. Ahmad Dahlan 26 ((0351)747300  Ngawi 63217

           
UJI KOMPETENSI BERSAMA SEMESTER GENAP
Tahun Pelajaran ........................


Hari / Tanggal    : ........................
Mata Pelajaran  : Kearsipan
Kelas               : ........................
Waktu              : ........................



NAMA SISWA
NO. PESERTA
NILAI
TANDA TANGAN
CATATAN HASIL PENILAIAN
ORANG TUA
GURU











Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan baik dan benar !
1.      Apa yang dimaksud dengan pemeliharaan arsip yang kalian ketahui ?
2.      Jelaskan perbedaan faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik penyebab kerusakan arsip serta berikan contohnya !
3.      Sebutkan 3 usaha pemeliharaan arsip yang kalian ketahui !
4.      Jelaskan perbedaan restorasi arsip dengan laminasi arsip yang kalian ketahui !
5.      Jelaskan perbedaan enkapsulisasi dengan microfilmasi arsip yang kalian ketahui !
6.      Apa yang dimaksud dengan penyusutan arsip yang kalian ketahui ?
7.      Jelaskan perbedaan antara retensi arsip dengan jadwal retensi arsip yang kalian ketahui ?
8.      Sebutkan 5 cara pemusnahan arsip yang kalian ketahui !
9.      Sebutkan rumus angka kecermatan yang kalian ketahui !
10.  Jika dalam satu tahun warkat yang diminta sebanyak 1000 buah, ditemukan sebanyak 995 buah, berapa angka kecermatannya ! Hitunglah angka kecermatan dengan menggunakan rumus yang kalian tulis di nomor soal 9.

    ..........SELAMAT MENGERJAKAN.............

LEMBAR JAWAB :
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................


............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................


............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................


............................................................................................................................................................



NO
KUNCI JAWABAN KEARSIPAN (BU DIAN )
SKOR NILAI
1
Pemeliharaan Arsip
Suatu usaha yang dilakukan untuk menjaga agar arsip – asrsip terhindar dari segala kerusakan dan kemusnahan.
3
2
Faktor Intrinsik
Penyebab kerusakan yang berasal dari benda itu sendiri, misalnya kualitas kertas, pengaruh tinta, pengaruh lem perekat, dan lain – lain
Faktor Ekstrinsik
Penyebab kerusakan yang berasal dari luar benda arsip, yakni lingkungan fisik, organisme perusak, dan kelalaian manusia
10
3
3 Usaha Pemeliharaan Arsip
1.    Memilih bahan arsip
2.    Mengatur ruangan
3.    Pemeliharaan tempat penyimpanan arsip
16
4
Perbedaan Restorasi Arsip Dengan Laminasi Arsip :
Restorasi Arsip : Memperbaiki arsip – arsip yang sudah rusak yang sulit dipergunakan kembali, sehingga dapat digunakan dan disimpan lagi dalam jangka waktu yang lama
Laminasi Arsip : Menutup kertas arsip di antara 2 lembar plastik sehingga arsip itu terlindung dan aman dari bahaya air, udara (lembab , kering), dan serangga. Cara demikian mampu memperlama penyimpanan arsip
8
5
Perbedaan Enkapsulisasi Dengan Microfilmasi Arsip :
Enkapsulisasi : Suatu cara untuk memelihara arsip dengan menggunakan bahan pelindung guna menghindari arsip dari kerusakan yang bersifat fisik, bahan garapan pelaksanaannya adalah arsip – arsip yang rusak karena faktor usia dan pengaruh polusi udara dan zat asam serta arsip yang berlubang karena dimakan rayap.
Microfilmasi Arsip : Suatu cara dimana arsip itu dipotret dengan film kecil sehingga bila ingin diketahui isinya, film tersebut dapat dipasang dengan suatu alat yang dilengkapi dengan lampu sorot yang dapat memperbesar tampilan film tersebut pada suatu layar (display) sehingga dapat dibaca.
10
6
Penyusutan arsip
Kegiatan mengurangi jumlah arsip yang dikelola dengan cara memindahkan, menyerahkan, dan memusnahkan arsip
3
7
Retensi Arsip
Penentuan jangka waktu simpan suatu arsip berdasarkan nilai guna yang terkandung di dalam arsip tersebut
Jadwal Retensi Arsip
Suatu daftar yang berisi sekurang – kurangnya ada jenis arsip, jangka waktu penyimpan, dan keterangan simpan
8
8
5 Cara Pemusnahan Arsip :
1.    Dengan melebur lembaran arsip – arsip menggunakan mesin pelebur kertas, misalnya melalui pabrik – pabrik kertas
2.    Dengan membakar sampai tuntas / habis hingga menjadi abu. Apabila jumlah arsip yang dimusnahkan cukup banyak, cara ini kurang efektif
3.    Dengan menimbun di dalam tanah, cara ini juga kurang efektif
4.    Dengan merobek atau menyobek secara manual menjadi sobekan kecil sehingga tidak dapat dimanfaatkan. Apabila arsip yang dimusnahkan jumlahnya banyak, maka cara ini juga tidak efektif
5.    Dalam kemajuan teknologi dewasa ini, cara yang paling tepat memusnahkan arsip ialah dengan menggunakan mesin penghancur kertas
10
9
Angka kecermatan :
12
10
Angka kecermatan =
Jadi, pengelolaan arsip dinyatakan baik
20

TOTAL SKOR
100

KISI KISI SOAL

Satuan Pendidikan                                           : SMK MUHAMMADIYAH 1 NGAWI     
Tingkat                                                                
Program Keahlian                                            : Administrasi Perkantoran                                        
Bentuk soal                                                             : Essay (UAS)
Mata Diklat                                                      : Kearsipan                                         
Jumlah soal                                                      : 10
Alokasi Waktu                                                 : 120 menit                                             
Semester                                                                 : Genap
Kompetensi Inti                                             : Kearsipan
No
Kompetensi/Sub Kompetensi
Kriteria Kinerja
Metode Penilaian
Materi
Bobot Soal
No. urut soal
SIKAP
PENGETAHUAN
KETRAMPILAN
Mudah
Sedang
Sukar
1
Mengimplementasikan sistem kearsipan
Sistem yang sudah diperbaiki diimplementasi dan dimonitor agar operasinya sesuai dengan kebutuhan
Tes tertulis

Jujur
Teliti
Cermat
Tanggung jawab
Langkah penyimpanan dan temu kembali
Memelihara isi dan fisik dokumen

Ö

1
2
Mengimplementasikan sistem kearsipan
Pemindahan dokumen dan catatan dimonitor agar terjamin integritasnya
Tes tertulis

Jujur
Teliti
Cermat
Tanggung jawab
Penyortiran surat / dokumen masuk
Menyortir surat masuk

Ö

2
3
Mengimplementasikan sistem kearsipan
Sistem yang sudah diperbaiki diimplementasi dan dimonitor agar operasinya sesuai dengan kebutuhan
Tes tertulis

Jujur
Teliti
Cermat
Tanggung jawab
Langkah penyimpanan dan temu kembali
Memelihara isi dan fisik dokumen
Ö


3
4
Mengimplementasikan sistem kearsipan
Penggunaan sistem yang diperbarui dimonitor agar sistem diakses sesuai dengan panduan
Tes tertulis

Jujur
Teliti
Cermat
Tanggung jawab
Penciptaan dokumen / surat keluar
Menyimpan dan menemu kan kembali

Ö

4
5
Mengimplementasikan sistem kearsipan
Penggunaan sistem yang diperbarui dimonitor agar sistem diakses sesuai dengan panduan
Tes tertulis

Jujur
Teliti
Cermat
Tanggung jawab
Penciptaan dokumen / surat keluar
Menyimpan dan menemu kan kembali


Ö
5
6
Mengimplementasikan sistem kearsipan
Penggunaan sistem yang diperbarui dimonitor agar sistem diakses sesuai dengan panduan
Tes tertulis

Jujur
Teliti
Cermat
Tanggung jawab
Jadwal retensi
Menyusutkan dokumen

Ö

6
7
Mengimplementasikan sistem kearsipan
Penggunaan sistem yang diperbarui dimonitor agar sistem diakses sesuai dengan panduan
Tes tertulis

Jujur
Teliti
Cermat
Tanggung jawab
Jadwal retensi
Menyusutkan dokumen

Ö

7
8
Mengimplementasikan sistem kearsipan
Sistem yang sudah diperbaiki diimplementasi dan dimonitor agar operasinya sesuai dengan kebutuhan
Tes tertulis

Jujur
Teliti
Cermat
Tanggung jawab
Prosedur pemusnahan
Menyortir surat masuk

Ö

8
9
Menetapkan kebutuhan bahan dan alat kearsipan
Kebutuhan organisasi diidenti fikasikan
Tes tertulis

Jujur
Teliti
Cermat
Tanggung jawab
Analisis kebutuhan bahan dan alat
Menghitung kebutuhan bahan dan alat kearsipan
Ö


9
10
Menetapkan kebutuhan bahan dan alat kearsipan
Kebutuhan organisasi diidenti fikasikan
Tes tertulis

Jujur
Teliti
Cermat
Tanggung jawab
Analisis kebutuhan bahan dan alat
Menghitung kebutuhan bahan dan alat kearsipan
Ö


10


Mengetahui,                                                                                                                                                                                                                                                               Ngawi,
Kepala Sekolah                                                                                Guru Mata Diklat





Drs. NUR ROKHIM                                                                  DIAN FITRI YULIANTI, S.Pd
NBM. 666 671                                                                            NBM. 1 047 256



Tidak ada komentar:

Posting Komentar