SILABUS SMA/MA
Mata
Pelajaran : Matematika Wajib
Kelas : XI
Kompetensi
Inti
KI 1: Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai
permasalahan
dalam berinteraksi
secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam
serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3: Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural,
dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian
yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam
ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta
mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2 Mampu
mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin
tahu,
jujur dan perilaku peduli lingkungan.
|
Matriks
|
Mengamati
Membaca
dan mengamati operasi matriks, dan sifat-sifatnya, serta pemanfaatan nilai determinan
atau invers matriks
dalam pemecahan masalah nyata.
Menanya
Membuat
pertanyaan mengenai operasi matriks, dan sifat-sifatnya, serta pemanfaatan nilai determinan
atau invers matriks
dalam pemecahan masalah nyata.
Mengeksplorasikan
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada operasi matriks, dan sifat-sifatnya, serta pemanfaatan nilai determinan
atau invers matriks
dalam pemecahan masalah nyata.
Mengasosiasikan
Menganalisis
dan membuat kategori unsur-unsur yang
terdapat pada operasi matriks, dan sifat-sifatnya, serta pemanfaatan nilai determinan
atau invers matriks
dalam pemecahan masalah nyata sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai cara menyelesaikan operasi matriks dengan menggunakan sifat-sifatnya,
serta pemanfaatan nilai determinan
atau invers matriks
dalam pemecahan masalah nyata.
Mengomunikasikan
Menyampaikan
cara menyelesaikan operasi matriks dengan menggunakan sifat-sifatnya, serta pemanfaatan nilai determinan
atau invers matriks
dalam pemecahan masalah nyata dengan lisan, dan tulisan.
|
Tugas
· Membaca dan mengamati operasi matriks, dan sifat-sifatnya, serta pemanfaatan nilai determinan
atau invers matriks
dalam pemecahan masalah nyata.
· Mengerjakan latihan soal-soal mengenai operasi matriks dengan menggunakan
sifat-sifatnya, serta pemanfaatan
nilai determinan atau
invers
matriks
dalam pemecahan masalah nyata.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian mengenai operasi matriks dengan menggunakan
sifat-sifatnya, serta pemanfaatan
nilai determinan atau
invers
matriks
dalam pemecahan masalah nyata.
|
2 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas XI.
· Buku referensi dan artikel yang sesuai.
|
||
3.1 Memahami dan menganalisis konsep dasar operasi matriks
dan sifat-sifat
operasi matriks serta
menerapkannya dalam
pemecahan masalah.operasi
matriks
serta menerapkannya dalam
pemecahan masalah.
|
|||||||
4.1 Memadu berbagai konsep
dan aturan operasi matriks dan menyajikan model matematika dari suatu
masalah nyata dengan
memanfaatkan nilai determinan
atau invers matriks
dalam pemecahannya.
|
|||||||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2 Mampu mentransformasi diri dalam
berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab,
rasa
ingin tahu, jujur dan
perilaku peduli lingkungan.
|
Komposisi Fungsi dan Fungsi
Invers
|
Mengamati
Membaca
mengenai pengertian fungsi dan penerapan operasi aljabar pada fungsi, sifat
suatu fungsi dan teknik manipulasi aljabar dalam menentukan invers fungsi dan
fungsi invers, sifat suatu fungsi hasil operasi dua atau lebih fungsi,
penerapan komposisi fungsi dalam konteks sehari-hari, penerapan aturan
operasi dua fungsi atau lebih dalam masalah nyata, pemecahan masalah nyata
yang terkait dengan fungsi invers dan invers fungsi, penyelesaian masalah
nyata yang terkait dengan komposisi fungsi.
Menanya
Membuat
pertanyaan mengenai pengertian fungsi dan penerapan operasi aljabar pada
fungsi, sifat suatu fungsi dan teknik manipulasi aljabar dalam menentukan
invers fungsi dan fungsi invers, sifat suatu fungsi hasil operasi dua atau
lebih fungsi, penerapan komposisi fungsi dalam konteks sehari-hari, penerapan
aturan operasi dua fungsi atau lebih dalam masalah nyata, pemecahan masalah
nyata yang terkait dengan fungsi invers dan invers fungsi, penyelesaian masalah
nyata yang terkait dengan komposisi fungsi.
Mengeksplorasikan
Menentukan unsur-unsur yang terdapat pada pengertian fungsi dan penerapan operasi aljabar pada
fungsi, sifat suatu fungsi dan teknik manipulasi aljabar dalam menentukan
invers fungsi dan fungsi invers, sifat suatu fungsi hasil operasi dua atau
lebih fungsi, penerapan komposisi fungsi dalam konteks sehari-hari, penerapan
aturan operasi dua fungsi atau lebih dalam masalah nyata, pemecahan masalah
nyata yang terkait dengan fungsi invers dan invers fungsi, penyelesaian
masalah nyata yang terkait dengan komposisi fungsi.
Mengasosiasikan
Menganalisis
dan membuat kategori unsur-unsur yang
terdapat pada pengertian fungsi dan penerapan operasi aljabar pada
fungsi, sifat suatu fungsi dan teknik manipulasi aljabar dalam menentukan
invers fungsi dan fungsi invers, sifat suatu fungsi hasil operasi dua atau
lebih fungsi, penerapan komposisi fungsi dalam konteks sehari-hari, penerapan
aturan operasi dua fungsi atau lebih dalam masalah nyata, pemecahan masalah
nyata yang terkait dengan fungsi invers dan invers fungsi, penyelesaian
masalah nyata yang terkait dengan komposisi fungsi, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan
mengenai pengertian fungsi dan penerapan operasi aljabar pada fungsi,
sifat suatu fungsi dan teknik manipulasi aljabar dalam menentukan invers
fungsi dan fungsi invers, sifat suatu fungsi hasil operasi dua atau lebih
fungsi, penerapan komposisi fungsi dalam konteks sehari-hari, penerapan
aturan operasi dua fungsi atau lebih dalam masalah nyata, pemecahan masalah
nyata yang terkait dengan fungsi invers dan invers fungsi, penyelesaian
masalah nyata yang terkait dengan komposisi fungsi.
Mengomunikasikan
Menyampaikan
pengertian fungsi dan penerapan operasi aljabar pada fungsi, sifat suatu
fungsi dan teknik manipulasi aljabar dalam menentukan invers fungsi dan
fungsi invers, sifat suatu fungsi hasil operasi dua atau lebih fungsi,
penerapan komposisi fungsi dalam konteks sehari-hari, penerapan aturan
operasi dua fungsi atau lebih dalam masalah nyata, pemecahan masalah nyata
yang terkait dengan fungsi invers dan invers fungsi, penyelesaian masalah
nyata yang terkait dengan komposisi fungsi dengan lisan, tulisan, dan bagan.
|
Tugas
· Membaca mengenai pengertian fungsi dan penerapan operasi aljabar pada fungsi, sifat suatu fungsi
dan teknik manipulasi aljabar dalam menentukan
invers fungsi dan fungsi invers,
sifat suatu fungsi hasil operasi
dua atau lebih fungsi, penerapan komposisi fungsi dalam konteks sehari-hari,
penerapan aturan operasi dua fungsi atau lebih dalam masalah nyata, pemecahan
masalah nyata yang terkait dengan fungsi invers dan invers fungsi,
penyelesaian masalah nyata yang terkait dengan komposisi fungsi.
· Mengerjakan latihan soal-soal yang terkait dengan pengertian fungsi dan
penerapan operasi aljabar pada fungsi, sifat suatu fungsi dan teknik
manipulasi aljabar dalam menentukan invers fungsi dan fungsi invers, sifat
suatu fungsi hasil operasi dua atau lebih fungsi, penerapan komposisi fungsi
dalam konteks sehari-hari, penerapan aturan operasi dua fungsi atau lebih
dalam masalah nyata, pemecahan masalah nyata yang terkait dengan fungsi
invers dan invers fungsi, penyelesaian masalah nyata yang terkait dengan
komposisi fungsi.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian yang terkait dengan pengertian fungsi dan penerapan
operasi aljabar pada fungsi, sifat suatu fungsi dan teknik manipulasi aljabar
dalam menentukan invers fungsi dan fungsi invers, sifat suatu fungsi hasil
operasi dua atau lebih fungsi, penerapan komposisi fungsi dalam konteks
sehari-hari, penerapan aturan operasi dua fungsi atau lebih dalam masalah
nyata, pemecahan masalah nyata yang terkait dengan fungsi invers dan invers
fungsi, penyelesaian masalah nyata yang terkait dengan komposisi fungsi.
|
3 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas XI.
· Buku referensi dan artikel yang sesuai.
|
||
3.2 Memahami konsep fungsi
dan menerapkan
operasi aljabar (penjumlahan,
pengurangan, perkalian, dan
pembagian) pada
fungsi
3.3 Menganalisis konsep
dan sifat suatu fungsi
dan melakukan manipulasi aljabar dalam
menentukan invers fungsi dan fungsi
invers.
3.4 Memahami dan menganalisis sifat suatu fungsi sebagai hasil operasi dua
atau lebih fungsi yang lain.
3.5 Memahami konsep komposisi fungsi dengan
menggunakan konteks sehari-hari dan menerapkannya.
|
|||||||
4.2 Mengolah data
masalah nyata dengan menerapkan aturan
operasi dua fungsi atau lebih
dan menafsirkan nilai variabel yang digunakan
untuk memecahkan masalah.
4.3 Memilih strategi yang efektif dan
menyajikan model matematika dalam memecahkan
masalah nyata terkait fungsi invers dan
invers fungsi.
4.4 Menrancang dan mengajukan masalah
dunia nyata yang berkaitan
dengan komposisi fungsi
dan menerapkan
berbagai aturan dalam menyelesaikannya.
|
|||||||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2 Mampu mentransformasi diri dalam
berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab,
rasa
ingin tahu, jujur dan
perilaku peduli lingkungan.
|
Barisan dan Deret Tak
Hingga
|
Mengamati
Membaca
mengenai pengertian barisan dan deret tak hingga sebagai fungsi dengan daerah
asal himpunan bilangan asli, dan penerapannya dalam penyelesaian masalah
sederhana.
Menanya
Membuat
pertanyaan mengenai pengertian barisan dan deret tak hingga, dan penerapannya
dalam penyelesaian masalah sederhana.
Mengeksplorasikan
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada pengertian barisan dan deret tak hingga, dan penerapannya
dalam penyelesaian masalah sederhana.
Mengasosiasikan
Menganalisis
dan membuat kategori dari unsur-unsur yang
terdapat pada pengertian barisan dan deret tak hingga, dan
penerapannya dalam penyelesaian masalah sederhana, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan
mengenai pengertian barisan dan deret tak hingga, dan cara
penerapannya dalam penyelesaian masalah sederhana.
Mengomunikasikan
Menyampaikan
pengertian barisan dan deret tak hingga, dan cara penerapannya dalam
penyelesaian masalah sederhana dengan lisan, dan tulisan.
|
Tugas
· Membaca mengenai pengertian barisan dan deret tak hingga sebagai fungsi
dengan daerah asal himpunan bilangan asli, dan penerapannya dalam penyelesaian
masalah sederhana.
· Mengerjakan latihan soal-soal yang terkait dengan pengertian barisan dan
deret tak hingga, cara penerapannya dalam penyelesaian masalah sederhana.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian mengenai pengertian barisan dan deret tak hingga, dan
penerapannya dalam penyelesaian masalah sederhana.
|
2 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas XI.
· Buku referensi dan artikel yang sesuai.
|
||
3.6 Memahami konsep barisan
tak hingga sebagai fungsi
dengan daerah asal himpunan
bilangan asli.
|
|||||||
4.6 Menerapkan
konsep barisan
dan deret tak hingga dalam penyelesaian
masalah sederhana.
|
|||||||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2 Mampu mentransformasi diri dalam
berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab,
rasa
ingin tahu, jujur dan
perilaku peduli lingkungan.
|
Program Linier
|
Mengamati
Membaca
mengenai pengertian sistem persamaan
dan
pertidaksamaan
linier dua variabel dan penerapannya dalam
pemecahan masalah
program linear, penerapan prosedur untuk
menyelesaikan
masalah program
linear yang terkait
masalah nyata, menentukan
nilai optimum dengan menggunakan fungsi selidik.
Menanya
Membuat
pertanyaan mengenai pengertian sistem persamaan
dan
pertidaksamaan
linier dua variabel dan penerapannya dalam
pemecahan masalah
program linear, penerapan prosedur untuk
menyelesaikan
masalah program
linear yang terkait
masalah nyata, menentukan nilai
optimum dengan menggunakan fungsi selidik.
Mengeksplorasikan
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada pengertian sistem persamaan
dan
pertidaksamaan
linier dua variabel dan penerapannya dalam
pemecahan masalah
program linear, penerapan prosedur untuk
menyelesaikan
masalah program
linear yang terkait
masalah nyata, menentukan
nilai optimum dengan menggunakan fungsi selidik.
Mengasosiasikan
Menganalisis
dan membuat kategori dari unsur-unsur yang
terdapat pada pengertian sistem persamaan
dan
pertidaksamaan
linier dua variabel dan penerapannya dalam
pemecahan masalah
program linear, penerapan prosedur untuk
menyelesaikan
masalah program
linear yang terkait
masalah nyata, menentukan
nilai optimum dengan menggunakan fungsi selidik, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan
mengenai pengertian sistem persamaan
dan
pertidaksamaan
linier dua variabel dan penerapannya dalam
pemecahan masalah
program linear, cara menerapkan prosedur untuk menyelesaikan masalah
program linear yang terkait masalah
nyata, cara
menentukan nilai optimum dengan menggunakan fungsi selidik.
Mengomunikasikan
Menyampaikan
pengertian sistem persamaan
dan
pertidaksamaan
linier dua variabel dan penerapannya dalam
pemecahan masalah
program linear, cara menerapkan prosedur untuk menyelesaikan masalah
program linear yang terkait masalah
nyata, cara
menentukan nilai optimum dengan menggunakan fungsi selidik dengan lisan,
tulisan, dan bagan.
|
Tugas
· Membaca mengenai pengertian sistem persamaan
dan
pertidaksamaan linier dua variabel dan penerapannya dalam
pemecahan masalah
program linear, penerapan prosedur untuk
menyelesaikan
masalah program
linear yang terkait
masalah nyata, menentukan
nilai optimum dengan menggunakan fungsi selidik.
· Mengerjakan latihan soal-soal yang terkait dengan pengertian sistem persamaan
dan
pertidaksamaan
linier dua variabel dan penerapannya dalam
pemecahan masalah
program linear, penerapan prosedur untuk
menyelesaikan
masalah program
linear yang terkait
masalah nyata, menentukan
nilai optimum dengan menggunakan fungsi selidik.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian mengenai pengertian sistem persamaan
dan
pertidaksamaan
linier dua variabel dan penerapannya dalam
pemecahan masalah
program linear, penerapan prosedur untuk
menyelesaikan
masalah program
linear yang terkait
masalah nyata, menentukan
nilai optimum dengan menggunakan fungsi selidik.
|
3 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas XI.
· Buku referensi dan artikel yang sesuai.
|
||
3.7 Memahami konsep sistem
persamaan dan
pertidaksamaan
linier dua variabel dan menerapkannya dalam pemecahan masalah
program linear.
3.8 Menerapkan prosedur yang sesuai
untuk menyelesaikan
masalah program
linear terkait
masalah nyata dan menganalisis kebenaran langkah-langkahnya.
3.9 Menganalisis bagaimana menilai validitas argumentasi logis yang digunakan
dalam matematika yang sudah dipelajari
terkait pemecahan masalah
program linier.
|
|||||||
4.5 Merancang dan mengajukan masalah
nyata
berupa masalah program linear, dan
menerapkan berbagai konsep dan
aturan penyelesaian
sistem pertidaksamaan linier
dan menentukan nilai optimum dengan menggunakan
fungsi selidik yang ditetapkan.
|
|||||||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2 Mampu mentransformasi diri dalam
berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab,
rasa
ingin tahu, jujur dan
perilaku peduli lingkungan.
|
Hubungan Antar Garis
|
Mengamati
Membaca
dan mengamati sifat dua
garis sejajar dan
saling tegak
lurus, dan
penerapannya dalam
menyelesaikan
masalah, dan mengamati kurva-kurva yang melalui beberapa titik
yang membentuk garis lurus, garis-garis
sejajar, atau garis-garis
tegaklurus.
Menanya
Membuat
pertanyaan mengenai sifat dua
garis sejajar dan
saling tegak
lurus, dan
penerapannya dalam
menyelesaikan
masalah, dan bentuk garis dari beberapa titik yang dilalui kurva-kurva.
Mengeksplorasikan
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada sifat dua
garis sejajar dan
saling tegak
lurus, dan
penerapannya dalam
menyelesaikan
masalah, dan bentuk garis dari beberapa titik yang dilalui kurva-kurva.
Mengasosiasikan
Menganalisis
dan membuat kategori dari unsur-unsur yang
terdapat pada sifat dua
garis sejajar dan
saling tegak lurus, dan penerapannya
dalam menyelesaikan masalah, dan bentuk garis dari beberapa titik yang dilalui kurva-kurva, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan
mengenai sifat dua
garis sejajar dan
saling tegak
lurus, dan
penerapannya dalam
menyelesaikan
masalah, dan bentuk garis dari beberapa titik yang dilalui kurva-kurva.
Mengomunikasikan
Menyampaikan
sifat dua garis sejajar dan
saling tegak
lurus, dan
penerapannya dalam
menyelesaikan
masalah, dan bentuk garis dari beberapa titik yang dilalui kurva-kurva. dengan lisan,
dan tulisan.
|
Tugas
· Membaca dan mengamati sifat dua garis sejajar dan
saling tegak
lurus, dan
penerapannya dalam
menyelesaikan
masalah, dan mengamati kurva-kurva yang melalui beberapa titik
yang membentuk garis lurus, garis-garis
sejajar, atau garis-garis
tegaklurus.
· Mengerjakan latihan soal-soal mengenai sifat dua garis sejajar dan
saling tegak
lurus, dan
penerapannya dalam
menyelesaikan
masalah, dan bentuk garis dari beberapa titik yang dilalui kurva-kurva.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian mengenai sifat dua garis sejajar dan
saling tegak
lurus, dan
penerapannya dalam
menyelesaikan
masalah, dan bentuk garis dari beberapa titik yang dilalui kurva-kurva.
|
2 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas XI.
· Buku referensi dan artikel yang sesuai.
|
||
3.10 Menganalisis sifat dua
garis sejajar dan
saling tegak
lurus dan menerapkannya dalam menyelesaikan masalah.
|
|||||||
4.7 Menganalisis kurva-kurva yang melalui beberapa titik
untuk menyimpulkan berupa garis lurus, garis-garis sejajar, atau garis-garis
tegaklurus.
|
|||||||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2 Mampu mentransformasi diri dalam
berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab,
rasa
ingin tahu, jujur dan
perilaku peduli lingkungan.
|
Persamaan Lingkaran
|
Mengamati
Membaca mengenai pengertian persamaan lingkaran, penyelesaian masalah
yang terkait dengan persamaan dan garis lingkaran, mengamati kurva lingkaran,
dan sifat garis singgung lingkaran yang menggunakan metode koordinat.
Menanya
Membuat pertanyaan
mengenai pengertian persamaan lingkaran, penyelesaian masalah yang terkait
dengan persamaan dan garis lingkaran, kurva lingkaran, dan sifat garis
singgung lingkaran yang menggunakan metode koordinat.
Mengeksplorasikan
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada pengertian persamaan lingkaran, penyelesaian masalah yang
terkait dengan persamaan dan garis lingkaran, kurva lingkaran, dan sifat
garis singgung lingkaran yang menggunakan metode koordinat.
Mengasosiasikan
Menganalisis
dan membuat kategori dari unsur-unsur yang
terdapat pada pengertian persamaan lingkaran, penyelesaian masalah
yang terkait dengan persamaan dan garis lingkaran, kurva lingkaran, dan sifat
garis singgung lingkaran yang menggunakan metode koordinat, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang
sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat
kesimpulan mengenai pengertian persamaan lingkaran, penyelesaian
masalah yang terkait dengan persamaan dan garis lingkaran, kurva lingkaran,
dan sifat garis singgung lingkaran yang menggunakan metode koordinat.
Mengomunikasikan
Menyampaikan
pengertian persamaan lingkaran, penyelesaian masalah yang terkait dengan
persamaan dan garis lingkaran, kurva lingkaran, dan sifat garis singgung
lingkaran yang menggunakan metode koordinat dengan lisan, tulisan, dan bagan.
|
Tugas
· Membaca mengenai pengertian persamaan lingkaran, penyelesaian masalah
yang terkait dengan persamaan dan garis lingkaran, mengamati kurva lingkaran,
dan sifat garis singgung lingkaran yang menggunakan metode koordinat.
· Mengerjakan latihan soal-soal mengenai persamaan lingkaran, penyelesaian
masalah yang terkait dengan persamaan dan garis lingkaran, kurva lingkaran,
dan sifat garis singgung lingkaran yang menggunakan metode koordinat.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian mengenai persamaan lingkaran, penyelesaian masalah
yang terkait dengan persamaan dan garis lingkaran, kurva lingkaran, dan sifat
garis singgung lingkaran yang menggunakan metode koordinat.
|
3 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas XI.
· Buku referensi dan artikel yang sesuai.
|
||
3.11 Memahami konsep
persamaan lingkaran
dan
menganalisis sifat
garis singgung lingkaran
dengan menggunakan
metode koordinat.
3.12 Memahami konsep
dan kurva lingkaran
dengan titik pusat
tertentu dan menurunkan persamaan umum
lingkaran dengan
metode koordinat.
|
|||||||
4.8 Mengolah
informasi dari suatu masalah nyata
, mengidentifikasi sebuah titik
sebagai pusat lingkaran yang melalui suatu
titik
tertentu, membuat model matematika berupa
persamaan
lingkaran
dan menyelesaikan
masalah tersebut.
4.9 Merancang dan
mengajukan masalah
nyata
terkait garis singgung lingkaran serta
menyelesaikannya dengan melakukan manipulasi aljabar dan
menerapkan
berbagai konsep lingkaran.
|
|||||||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2 Mampu mentransformasi diri dalam
berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab,
rasa
ingin tahu, jujur dan
perilaku peduli lingkungan.
|
Transformasi Geometri
|
Mengamati
Membaca
dan mengamati sifat-sifat transformasi geometri
(translasi, refleksi
garis, dilatasi dan
rotasi) yang menggunakan pendekatan koordinat dan penerapannya dalam menyelesaikan masalah.
Menanya
Membuat
pertanyaan sifat-sifat
transformasi geometri yang
menggunakan
pendekatan koordinat dan penerapannya dalam menyelesaikan masalah.
Mengeksplorasikan
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada sifat-sifat transformasi geometri
yang menggunakan pendekatan
koordinat dan penerapannya dalam
menyelesaikan
masalah.
Mengasosiasikan
Menganalisis
dan membuat kategori dari unsur-unsur yang
terdapat pada sifat-sifat transformasi geometri
yang menggunakan pendekatan
koordinat dan penerapannya dalam
menyelesaikan
masalah, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan
mengenai sifat-sifat transformasi geometri
yang menggunakan pendekatan
koordinat dan penerapannya dalam
menyelesaikan
masalah.
Mengomunikasikan
Menyampaikan
sifat-sifat
transformasi geometri yang
menggunakan
pendekatan koordinat dan penerapannya dalam menyelesaikan masalah dengan lisan, tulisan, dan bagan.
|
Tugas
· Membaca dan mengamati sifat-sifat transformasi geometri
(translasi, refleksi
garis, dilatasi dan
rotasi) yang menggunakan pendekatan koordinat dan penerapannya dalam menyelesaikan masalah.
· Mengerjakan latihan soal-soal mengenai sifat-sifat
transformasi geometri yang
menggunakan
pendekatan koordinat dan penerapannya dalam menyelesaikan masalah.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian mengenai sifat-sifat
transformasi geometri yang
menggunakan
pendekatan koordinat dan penerapannya dalam menyelesaikan masalah.
|
2 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas XI.
· Buku referensi dan artikel yang sesuai.
|
||
3.13 Menganalisis sifat-sifat
transformasi geometri (translasi,
refleksi garis, dilatasi dan
rotasi) dengan pendekatan
koordinat dan menerapkannya dalam menyelesaikan masalah.
|
|||||||
4.10 Menyajikan
objek kontekstual, menganalisis informasi terkait sifat-sifat objek dan
menerapkan aturan
transformasi geometri
(refleksi, translasi, dilatasi, dan rotasi)
dalam memecahkan masalah.
|
|||||||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2 Mampu mentransformasi diri dalam
berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab,
rasa
ingin tahu, jujur dan
perilaku peduli lingkungan.
|
Rumus-rumus Segitiga
|
Mengamati
Membaca aturan
sinus dan kosinus serta penerapannya dalam
menentukan luas daerah segitiga.
Menanya
Membuat
pertanyaan mengenai aturan sinus dan kosinus serta penerapannya dalam
menentukan luas daerah segitiga.
Mengeksplorasikan
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada aturan sinus dan kosinus serta penerapannya dalam
menentukan luas daerah segitiga.
Mengasosiasikan
Menganalisis
dan membuat kategori dari unsur-unsur yang
terdapat pada aturan sinus dan kosinus serta penerapannya dalam
menentukan luas daerah segitiga, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah
dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai aturan
sinus dan kosinus serta penerapannya
dalam menentukan luas daerah segitiga.
Mengomunikasikan
Menyampaikan
aturan
sinus dan kosinus serta penerapannya dalam
menentukan luas daerah segitiga dengan lisan,
tulisan, dan bagan.
|
Tugas
· Membaca aturan
sinus dan kosinus serta penerapannya dalam
menentukan luas daerah segitiga.
· Mengerjakan latihan soal-soal mengenai aturan sinus dan kosinus serta penerapannya dalam
menentukan luas daerah segitiga.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian mengenai aturan sinus dan kosinus serta penerapannya dalam
menentukan luas daerah segitiga.
|
2 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas XI.
· Buku referensi dan artikel yang sesuai.
|
||
3.14 Memahami dan
menganalisis aturan sinus dan kosinus serta menerapkannya dalam
menentukan luas daerah segitiga.
|
|||||||
4.11 Merancang dan
mengajukan masalah
nyata terkait luas
segitiga dan menerapkan aturan
sinus dan kosinus untuk menyelesaikannya.
|
|||||||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2 Mampu mentransformasi diri dalam
berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab,
rasa
ingin tahu, jujur dan
perilaku peduli lingkungan.
|
Statistika
|
Mengamati
Membaca
dan mengamati cara menyajikan dan
mengolah data
statistik deskriptif
ke dalam tabel distribusi
dan histogram,
pengertian ukuran pemusatan,
letak dan penyebaran.
Menanya
Membuat
pertanyaan mengenai cara menyajikan dan
mengolah data
statistik deskriptif
ke dalam tabel distribusi
dan histogram,
pengertian ukuran pemusatan,
letak dan penyebaran.
Mengeksplorasikan
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada cara menyajikan dan
mengolah data
statistik deskriptif
ke dalam tabel distribusi
dan histogram,
pengertian ukuran pemusatan,
letak dan penyebaran.
Mengasosiasikan
Menganalisis
dan membuat kategori dari unsur-unsur yang
terdapat pada cara menyajikan dan
mengolah data
statistik deskriptif
ke dalam tabel distribusi
dan histogram,
pengertian ukuran pemusatan,
letak dan penyebaran, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan
mengenai cara menyajikan dan
mengolah data
statistik deskriptif
ke dalam tabel distribusi
dan histogram,
pengertian ukuran pemusatan,
letak dan penyebaran.
Mengomunikasikan
Menyampaikan
cara menyajikan
dan mengolah data
statistik deskriptif
ke dalam tabel distribusi
dan histogram,
pengertian ukuran pemusatan,
letak dan penyebaran dengan lisan,
tulisan, dan bagan.
|
Tugas
· Membaca dan mengamati cara menyajikan
dan mengolah data
statistik deskriptif
ke dalam tabel distribusi
dan histogram,
pengertian ukuran pemusatan,
letak dan penyebaran.
· Mengerjakan latihan soal-soal mengenai penyajian dan
pengolahan
data statistik deskriptif ke dalam tabel distribusi
dan histogram,
pengertian ukuran pemusatan,
letak dan penyebaran.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian mengenai penyajian dan
pengolahan
data statistik deskriptif ke dalam tabel distribusi
dan histogram,
pengertian ukuran pemusatan,
letak dan penyebaran.
|
3 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas XI.
· Buku referensi dan artikel yang sesuai.
|
||
3.15 Memahami dan
menggunakan
berbagai ukuran pemusatan, letak
dan penyebaran
data
sesuai dengan
karakteristik
data melalui aturan
dan rumus serta menafsirkan dan
mengomunikasikannya.
|
|||||||
4.12 Menyajikan
dan mengolah data
statistik deskriptif
ke dalam tabel distribusi
dan histogram untuk memperjelas
dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
kehidupan nyata.
|
|||||||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerja-sama,
konsisten, sikap disiplin,
rasa percaya diri, dan
sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2 Mampu
mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab,
rasa
ingin tahu, jujur dan
perilaku peduli lingkungan.
|
Aturan Pencacahan
|
Mengamati
Membaca
dan mengamati aturan pencacahan (perkalian, permutasi, dan kombinasi) dan
penerapannya dalam pemecahan masalah nyata, ruang sampel. peluang, dan
harapan munculnya suatu kejadian pada penerapan masalah nyata.
Menanya
Membuat
pertanyaan mengenai aturan pencacahan dan penerapannya dalam pemecahan
masalah nyata, ruang sampel. peluang, dan harapan munculnya suatu kejadian
pada penerapan masalah nyata.
Mengeksplorasikan
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada aturan pencacahan dan penerapannya dalam pemecahan masalah
nyata, ruang sampel. peluang, dan harapan munculnya suatu kejadian pada
penerapan masalah nyata.
Mengasosiasikan
Menganalisis
dan membuat kategori dari unsur-unsur yang
terdapat pada aturan pencacahan dan penerapannya dalam pemecahan
masalah nyata, ruang sampel. peluang, dan harapan munculnya suatu kejadian
pada penerapan masalah nyata,
kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai aturan
pencacahan dan penerapannya dalam pemecahan masalah nyata, ruang sampel.
peluang, dan harapan munculnya suatu kejadian pada penerapan masalah nyata.
Mengomunikasikan
Menyampaikan
aturan pencacahan dan penerapannya dalam pemecahan masalah nyata, ruang
sampel. peluang, dan harapan munculnya suatu kejadian pada penerapan masalah
nyata dengan lisan, tulisan, dan bagan.
|
Tugas
· Membaca dan mengamati aturan pencacahan (perkalian, permutasi, dan
kombinasi) dan penerapannya dalam pemecahan masalah nyata, ruang sampel.
peluang, dan harapan munculnya suatu kejadian pada penerapan masalah nyata.
· Mengerjakan latihan soal-soal mengenai aturan pencacahan dan penerapannya
dalam pemecahan masalah nyata, ruang sampel. peluang, dan harapan munculnya
suatu kejadian pada penerapan masalah nyata.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian mengenai aturan pencacahan dan penerapannya dalam
pemecahan masalah nyata, ruang sampel. peluang, dan harapan munculnya suatu
kejadian pada penerapan masalah nyata.
|
3 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas XI.
· Buku referensi dan artikel yang sesuai.
|
||
3.16 Memahami dan
menerapkan berbagai aturan pencacahan
melalui
beberapa contoh nyata serta menyajikan alur
perumusan aturan pencacahan
(perkalian, permutasi
dan kombinasi) melalui diagram atau cara lainnya.
3.17 Menerapkan
berbagai konsep dan
prinsip permutasi dan kombinasi dalam pemecahan masalah
nyata.
3.18 Memahami konsep ruang sampel dan menentukan peluang suatu kejadian
dalam suatu percobaan.
3.19 Memahami dan menerapkan aturan/rumus peluang dalam memprediksi terjadinya suatu kejadian dunia
nyata serta menjelaskan alasan- alasannya.
3.20 Memahami konsep
peluang dan harapan
suatu kejadian dan menggunakannya dalam pemecahan masalah.
|
|||||||
4.13 Memilih dan menggunakan aturan pencacahan
yang sesuai
dalam pemecahan masalah
nyata serta memberikan
alasannya.
4.14 Mengidentifikasi
masalah
nyata dan
menerapkan aturan
perkalian, permutasi, dan
kombinasi dalam pemecahan masalah
tersebut.
4.15 Mengidentifikasi,
menyajikan model matematika dan menentukan peluang dan harapan
suatu
kejadian dari masalah
kontektual.
|
|||||||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2 Mampu mentransformasi diri dalam
berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab,
rasa
ingin tahu, jujur dan
perilaku peduli lingkungan.
|
Turunan
|
Mengamati
Membaca
mengenai pengertian, aturan dan sifat turunan fungsi aljabar, fungsi naik dan
fungsi turun, dan penerapannya untuk menentukan gradien garis singgung kurva,
garis tangen, garis normal, dan titik stasioner, dan pemecahan masalah yang
terkait dengan nilai stasioner.
Menanya
Membuat
pertanyaan mengenai pengertian, aturan dan sifat turunan fungsi aljabar,
fungsi naik dan fungsi turun, dan penerapannya untuk menentukan gradien garis
singgung kurva, garis tangen, garis normal, dan titik stasioner, dan
pemecahan masalah yang terkait dengan nilai
stasioner.
Mengeksplorasikan
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada pengertian, aturan dan sifat turunan fungsi aljabar,
fungsi naik dan fungsi turun, dan penerapannya untuk menentukan gradien garis
singgung kurva, garis tangen, garis normal, dan titik stasioner, dan
pemecahan masalah yang terkait dengan nilai
stasioner.
Mengasosiasikan
Menganalisis
dan membuat kategori dari unsur-unsur yang
terdapat pada pengertian, aturan dan sifat turunan fungsi aljabar,
fungsi naik dan fungsi turun, dan penerapannya untuk menentukan gradien garis
singgung kurva, garis tangen, garis normal, dan titik stasioner, dan
pemecahan masalah yang terkait dengan nilai
stasioner, kemudian
menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan
sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian, aturan dan sifat
turunan fungsi aljabar, fungsi naik dan fungsi turun, dan penerapannya untuk
menentukan gradien garis singgung kurva, garis tangen, garis normal, dan
titik stasioner, dan pemecahan masalah yang terkait dengan nilai stasioner.
Mengomunikasikan
Menyampaikan
pengertian, aturan dan sifat turunan fungsi aljabar, fungsi naik dan fungsi
turun, dan penerapannya untuk menentukan gradien garis singgung kurva, garis
tangen, garis normal, dan titik stasioner, dan pemecahan masalah yang terkait
dengan nilai stasioner dengan lisan,
tulisan, dan bagan.
|
Tugas
· Membaca mengenai pengertian, aturan dan sifat turunan fungsi aljabar,
fungsi naik dan fungsi turun, dan penerapannya untuk menentukan gradien garis
singgung kurva, garis tangen, garis normal, dan titik stasioner, dan
pemecahan masalah yang terkait dengan nilai
stasioner.
· Mengerjakan latihan soal-soal mengenai pengertian, aturan dan sifat
turunan fungsi aljabar, fungsi naik dan fungsi turun, dan penerapannya untuk
menentukan gradien garis singgung kurva, garis tangen, garis normal, dan
titik stasioner, dan pemecahan masalah yang terkait dengan nilai stasioner.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian mengenai pengertian, aturan dan sifat turunan fungsi
aljabar, fungsi naik dan fungsi turun, dan penerapannya untuk menentukan
gradien garis singgung kurva, garis tangen, garis normal, dan titik
stasioner, dan pemecahan masalah yang terkait dengan nilai stasioner.
|
3 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas XI.
· Buku referensi dan artikel yang sesuai.
|
||
3.21 Memahami konsep
turunan dengan
menggunakan konteks matematik
atau konteks lain dan menerapkannya.
3.22 Menurunkan
aturan dan sifat turunan
fungsi aljabar dari aturan dan
sifat limit fungsi.
3.23 Memilih dan
menerapkan
strategi menyelesaikan
masalah dunia nyata dan matematika yang melibatkan
turunan dan memeriksa kebenaran
langkah-langkahnya.
3.24 Memahami konsep
turunan dan menggunakannya untuk
menganalisis grafik
fungsi dan menguji sifat-sifat yang dimiliki untuk mengetahui
fungsi
naik dan fungsi turun.
3.25 Menerapkan
konsep dan sifat
turunan fungsi untuk menentukan
gradien garis
singgung kurva,
garis
tangen, dan garis
normal.
3.26 Memahami konsep
dan sifat turunan fungsi terkait dan menerapkannya untuk menentukan titik stasioner
(titik maximum, titik minimum dan
titik belok).
3.27 Menganalisis bentuk model matematika berupa
persamaan fungsi, serta menerapkan
konsep dan sifat turunan fungsi dalam
memecahkan
masalah maximum dan minimum.
|
|||||||
4.16 Memilih strategi yang efektif dan
menyajikan model matematika dalam memecahkan
masalah nyata tentang turunan fungsi aljabar.
4.18 Memilih strategi yang efektif dan
menyajikan model matematika dalam memecahkan
masalah nyata tentang fungsi naik
dan fungsi
turun.
4.19 Merancang dan
mengajukan masalah
nyata serta menggunakan
konsep dan sifat turunan
fungsi terkait dalam
titik stasioner (titik maximum, titik minimum
dan titik belok).
4.20 Menyajikan
data dari situasi nyata,
memilih variabel dan mengomunikasikannya dalam bentuk
model matematika berupa
persamaan
fungsi, serta menerapkan konsep dan
sifat turunan fungsi dalam memecahkan masalah
maximum dan minimum.
|
|||||||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2 Mampu mentransformasi diri dalam
berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab,
rasa
ingin tahu, jujur dan
perilaku peduli lingkungan.
|
Integral
|
Mengamati
Membaca
mengenai pengertian integral tak tentu suatu fungsi sebagai kebalikan dari
turunan fungsi, aturan dan sifat integral tak tentu, dan penerapannya dalam
pemecahan masalah nyata.
Menanya
Membuat
pertanyaan mengenai pengertian integral tak tentu suatu fungsi sebagai
kebalikan dari turunan fungsi, aturan dan sifat integral tak tentu, dan
penerapannya dalam pemecahan masalah nyata.
Mengeksplorasikan
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada pengertian integral tak tentu suatu fungsi sebagai
kebalikan dari turunan fungsi, aturan dan sifat integral tak tentu, dan
penerapannya dalam pemecahan masalah nyata.
Mengasosiasikan
Menganalisis
dan membuat kategori dari unsur-unsur yang
terdapat pada pengertian integral tak tentu suatu fungsi sebagai
kebalikan dari turunan fungsi, aturan dan sifat integral tak tentu, dan
penerapannya dalam pemecahan masalah nyata,
kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai
pengertian integral tak tentu suatu fungsi sebagai kebalikan dari turunan
fungsi, aturan dan sifat integral tak tentu, dan penerapannya dalam pemecahan
masalah nyata.
Mengomunikasikan
Menyampaikan
pengertian integral tak tentu suatu fungsi sebagai kebalikan dari turunan
fungsi, aturan dan sifat integral tak tentu, dan penerapannya dalam pemecahan
masalah nyata dengan lisan, dan tulisan.
|
Tugas
· Membaca mengenai pengertian integral tak tentu suatu fungsi sebagai
kebalikan dari turunan fungsi, aturan dan sifat integral tak tentu, dan
penerapannya dalam pemecahan masalah nyata.
· Mengerjakan latihan soal-soal mengenai pengertian integral tak tentu
suatu fungsi, aturan dan sifat integral tak tentu, dan penerapannya dalam
pemecahan masalah nyata.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian mengenai pengertian integral tak tentu suatu fungsi,
aturan dan sifat integral tak tentu, dan penerapannya dalam pemecahan masalah
nyata.
|
3 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas XI.
· Buku referensi dan artikel yang sesuai.
|
||
3.28 Memahami konsep
integral tak tentu suatu fungsi sebagai
kebalikan dari
turunan fungsi.
3.29 Menurunkan
aturan dan sifat integral tak tentu dari aturan dan sifat
turunan
fungsi.
|
|||||||
4.17 Memilih
strategi yang
efektif
dan menyajikan model matematika dalam memecahkan
masalah nyata tentang integral
tak tentu dari
fungsi aljabar.
|
|||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar