MAJELIS PENDIDIKAN DASAR dan
MENENGAH MUHAMMADIYAH
SMK
MUHAMMADIYAH 1 NGAWI
KOMPETENSI
KEAHLIAN :
1. Teknik Kendaraan Ringan ( Akreditasi
B )
2. Administrasi Perkantoran
( Akreditasi B ) 3. Akuntansi ( Akreditasi A )
ALAMAT : Jl. K H. Ahmad Dahlan 26 ((0351)747300 Ngawi 63217
UJI
KOMPETENSI BERSAMA SEMESTER GENAP
Tahun
Pelajaran ..............................
Hari /tanggal : .............................. Kelas : ......................
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Waktu
: ..............................
NAMA SISWA
|
NO. PESERTA
|
NILAI
|
TANDA TANGAN
|
CATATAN HASIL PENILAIAN
|
|
ORANG TUA
|
GURU
|
||||
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan baik dan
benar !
1.
Dengan menggunakan cara
faktorisasi dan rumus abc tentukan akar-akar persamaan kuadrat dari 12x2 + 26x + 12 = 0!
2.
Tentukan p agar persamaan kuadrat
4x2 – px + 4 = 0 mempunyai dua akar kembar!
3.
Salah satu akar dari persamaan
kuadrat x2 + px – 6 = 0 adalah 3, tentukanlah p dan salah satu akar
yang lain!
4.
Gambarkan grafik fungsi kuadrat y = x2 -
4x - 5
5.
Tentukan fungsi kuadrat yang
melalui titik ( 1, -4), ( 0, -3 ), dan (4,5 )
Selamat
Mengerjakan
Lembar
Jawab
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………,…………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………,…………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………,…………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………,…………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………,…………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………,…………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………,…………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………,…………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………,…………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………,…………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………,…………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………,…………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………,…………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………,…………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………,…………..……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………,……………….
KUNCI JAWABAN
No.
|
Kunci jawaban
|
Skor
|
1.
|
akar-akar
persamaan kuadrat dari x2 - 2x + 3 = 0
a. Faktorisasi
x2 - 2x - 3 = 0
( x -
3 ) ( x
+ 1 ) = 0
X
- 3 =
0 atau x
+ 1 = 0
X =
3 atau x
= -1
b. Rumus
abc
|
25
|
2.
|
4x2 – px + 4 = 0
Syarat akar
kembar D = 0
b2
– 4 a.c = 0
(-p)2
– 4.4.4 = 0
p2
= 64
p = ± 8
Jadi nilai p = 8 atau p = -8
|
10
|
3
|
x2
+ px – 6 = 0 x1
= 3
|
10
|
4
|
grafik fungsi
kuadrat y = x2 - 4x
- 5
y = x2
– 4x – 5 → a = 1,
b = -4 dan c = -5
karena a
= 1 maka a ˃ 0
, maka grafik akan terbuka ke atas
v
Titik potong sumbu x maka
y =
0
x2 -
4x - 5
= 0
( x +
1 ) ( x -
5 ) = 0
X
= -1 atau
x = 5
Jadi , titik potong
grafik dengan sumbu x adalah titik ( -1,
0 ) dan ( 5, 0 )
v
Titik potong sumbu y maka
x =
0
02 - 4 ( 0 ) – 5 = 0
Y = -5
Jadi , titik potong
grafik dengan sumbu y adalah titik ( 0, -5 )
v
Sumbu simetri dan koordinat
titik balik
X = = = = 2
y = = = -9
jadi, sumbu
simetrinya x = 2 dan koordinat titk baliknya ( 2 , -9 )
v
Menentukan beberapa titik bantu
X = 1 → y
= -8
X = 2 → y
= -1
Gambar
|
5
5
5
5
|
5
|
fungsi
kuadrat yang melalui titik ( 1, -4), ( 0, -3 ), dan (4,5 )
f(x)
= ax2 + bx + c
f(1)
= a (1)2 + b(1) + c = -4
a + b + c =
-4 …………….1
f(0)
= a(0)2 + b(0) + c = -3
C = - 3 ………………2
F(4)
= a.42 + b.4
+ c = 5
16a +
4b + c
= 5 ………………3
Pers.
1 dan 2
a + b + c = -4
a + b - 3 =
-4
a +
b = -1…………….4
pers.
1 dan 3
16a +
4b + c
= 5
C = - 3
16a +
4b - 3
= 5
16a
+ 4b = 5 + 3
16a
+ 4b = 8 ………………..5
Pers
4 dan 5
a +
b = -1
x4
16a +
4b = 8 x 1
4a + 4
b =
-4
16a +
4b = 8
_
--------------------
-12 a =
-12
A = 1
A
+ b = -1
1
+ b =
-1
B = -1 -1
B
= -2
F(x) = x2
-2x -3
|
15
|
Skor Maximem = 80
Nilai = X 100 %
PEDOMAN / RUBRIK PENILAIAN.
No. SOAL
|
Kriteria dan Skor
|
1
|
Jawaban benar sesuai dengan
kunci jawaban Skor = 25
|
Dapat mengerjakan ¾ sesuai
dengan kunci jawaban Skor =20
|
|
Dapat mengerjakan ½ sesuai
dengan kunci jawaban = 10
|
|
Jawaban salah Skor = 2
|
|
Tidak Menjawab Skor = 0
|
|
2
|
Jawaban benar sesuai dengan
kunci jawaban Skor = 10
|
Dapat mengerjakan ¾ sesuai
dengan kunci jawaban Skor =8
|
|
Dapat mengerjakan ½ sesuai
dengan kunci jawaban = 5
|
|
Jawaban salah Skor = 2
|
|
Tidak Menjawab Skor = 0
|
|
3
|
Jawaban benar sesuai dengan
kunci jawaban Skor = 10
|
Dapat mengerjakan ¾ sesuai
dengan kunci jawaban Skor =8
|
|
Dapat mengerjakan ½ sesuai
dengan kunci jawaban = 5
|
|
Jawaban salah Skor = 2
|
|
Tidak Menjawab Skor = 0
|
|
4
|
Jawaban benar sesuai dengan
kunci jawaban Skor = 10
|
Dapat mengerjakan ¾ sesuai
dengan kunci jawaban Skor =8
|
|
Dapat mengerjakan ½ sesuai
dengan kunci jawaban = 5
|
|
Jawaban salah Skor = 2
|
|
Tidak Menjawab Skor = 0
|
|
5
|
Jawaban benar sesuai dengan
kunci jawaban Skor = 15
|
Dapat mengerjakan ¾ sesuai dengan
kunci jawaban Skor =12
|
|
Dapat mengerjakan ½ sesuai
dengan kunci jawaban = 8
|
|
Jawaban salah Skor = 2
|
|
Tidak Menjawab Skor = 0
|
KISI – KISI SOAL ULANGAN HARIAN
Nama Sekolah : SMK MUHAMMADIYAH 1 NGAWI Bentuk soal : Essay
Kompetensi Keahlian : APK,AK,TKR Alokasi waktu : 90 menit
Mata Pelajaran : Matematika Jumlah soal : 5 (Lima )
Kelas/Semester : X / 2
No
|
Standar
Kompetensi (SK)
|
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator/Kriteria
Kinerja
|
Indikator Soal
|
Nomor Soal
|
Kunci Jawaban
|
|||
|
Memecahkan
masalah berkaitan sistem persamaan dan pertidaksamaan linier dan kuadrat
|
1.
Menentukan himpunan
penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
2.
Menetukan himpunan penyelesaian
persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
|
1. Persamaan
kuadrat mampu ditentukan penyelesaiannya
2. Pertidaksamaan
kuadrat mampu ditentukan penyelesaiannya
3.
Menerapkan persamaan dan
pertidaksamaan kuadrat
|
1.
Mampu menentukan akar-akar
persamaan kuadrat dengan cara faktorisasi dan rumus abc
2.
Mampu menentukan suatu lambang agar persamaan kuadrat 4x2 – px +
4 = 0 mempunyai dua akar kembar
3. Mampu
menentukan Salah satu akar dari persamaan kuadrat x2 + px – 6 = 0
adalah 3, meneentukan p dan salah satu akar yang lain!
4. Mampu
menggambarkan grafik fungsi kuadrat y
= x2 - 4x
- 5
5. Tentukan
fungsi kuadrat yang melalui titik ( 1, -4), ( 0, -3 ), dan (4,5 )
|
1
2
3
4
5
|
· Terlampir
|
|||
Mengetahui,
Ngawi,
Kepala
Sekolah Guru Mata Pelajaran
Drs. NUR
ROKHIM SUMARSIH, S.Pd
NBM: 666 671 NBM.1 055 329
Tidak ada komentar:
Posting Komentar