Selasa, 12 Januari 2016

Contoh Kisi - Kisi, Soal dan jawaban MATEMATIKA

muhiLOGO1MAJELIS PENDIDIKAN DASAR dan MENENGAH MUHAMMADIYAH
SMK MUHAMMADIYAH 1 NGAWI
KOMPETENSI KEAHLIAN  :  1. Teknik Kendaraan Ringan ( Akreditasi  B )
2. Administrasi Perkantoran  ( Akreditasi  B )    3. Akuntansi  ( Akreditasi  A )
ALAMAT  :  Jl. K H. Ahmad Dahlan 26 ((0351)747300  Ngawi 63217
 

           
UJI KOMPETENSI BERSAMA SEMESTER GENAP
Tahun Pelajaran ..............................
Hari /tanggal       : ..............................                       Kelas       :  ......................
Mata Pelajaran   :  MATEMATIKA                         Waktu      :  ..............................
NAMA  SISWA
NO. PESERTA
NILAI
TANDA TANGAN
CATATAN HASIL PENILAIAN
ORANG TUA
GURU









Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan baik dan benar !
1.         Dengan menggunakan cara faktorisasi dan rumus abc tentukan akar-akar persamaan kuadrat dari    12x2 + 26x + 12 = 0!
2.         Tentukan p agar persamaan kuadrat 4x2 – px + 4 = 0 mempunyai dua akar kembar!
3.         Salah satu akar dari persamaan kuadrat x2 + px – 6 = 0 adalah 3, tentukanlah p dan salah satu akar yang lain!
4.         Gambarkan  grafik fungsi kuadrat y = x2  -  4x  -  5
5.         Tentukan fungsi kuadrat yang melalui titik ( 1, -4), ( 0, -3 ), dan (4,5 )

Selamat Mengerjakan
Lembar Jawab
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………,…………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………,…………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………,…………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………,…………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………,…………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………,…………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………,…………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………,…………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………,…………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………,…………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………,…………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………,…………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………,…………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………,…………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………,…………..……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………,……………….

KUNCI JAWABAN

No.
Kunci jawaban
Skor
1.       
akar-akar persamaan kuadrat dari   x2  - 2x + 3  = 0
a.       Faktorisasi
x2  -  2x   -    3  = 0
( x    -     3  ) (  x  +  1 )  =  0
 X  -  3   =  0      atau      x  +  1  =  0
X   =  3              atau      x  =  -1

b.      Rumus abc

25
2.       
            4x2 – px + 4 = 0
   Syarat akar kembar D = 0
                 b2 – 4 a.c = 0
                 (-p)2 – 4.4.4 = 0
                 p2 = 64
                 p  = ± 8
                         Jadi nilai p = 8 atau p = -8
10
3
x2 + px – 6 = 0       x1 =  3
                                          
10
4
grafik fungsi kuadrat y = x2  -  4x  -  5
y  =  x2 – 4x – 5  →    a = 1,   b = -4  dan c = -5
karena  a  =  1 maka a  ˃  0 , maka grafik akan terbuka ke atas
v   Titik potong sumbu x maka y   =   0
                            x2  -  4x  -  5  =   0
                ( x  +  1  ) ( x  -  5  )  =   0
              X  =  -1   atau  x  =  5
Jadi , titik potong grafik dengan sumbu x adalah titik ( -1,  0 ) dan ( 5, 0 )

v   Titik potong sumbu y maka x   =  0
                        02 -  4 ( 0 ) – 5   =  0
                                              Y  = -5
Jadi , titik potong grafik dengan sumbu y adalah titik ( 0, -5 )

v   Sumbu simetri dan koordinat titik balik

X  =    =    =     = 2
y  =    =     =  -9
jadi, sumbu simetrinya x = 2 dan koordinat titk baliknya ( 2 , -9 )

v   Menentukan beberapa titik bantu
X = 1  →  y = -8
X = 2 →    y  =  -1
Gambar
5







5





5






5

5
fungsi kuadrat yang melalui titik ( 1, -4), ( 0, -3 ), dan (4,5 )
f(x) = ax2 + bx + c
f(1) = a (1)2 + b(1) + c  =  -4
                       a + b + c =  -4  …………….1
f(0) = a(0)2  +  b(0) + c = -3
                                   C =  - 3 ………………2
F(4) = a.42  +  b.4  +  c  =  5
            16a  +  4b  +  c  =  5 ………………3
Pers. 1 dan 2
a + b + c =  -4 
a + b -  3 =  -4 
a  +  b  =  -1…………….4

pers. 1 dan 3
16a  +  4b  +  c  =  5 
                     C =  - 3
16a  +  4b  -  3  =  5
       16a  +  4b  = 5 + 3
       16a  +  4b  = 8 ………………..5
Pers 4 dan 5
a  +  b  =  -1         x4
16a  +  4b  = 8    x 1

4a  +  4 b  =  -4
16a  +  4b  =  8     _
--------------------
       -12 a     =  -12
               A  =  1
       A  +  b  =  -1
1        +  b  = -1
          B = -1 -1
         B  =  -2
F(x)  =  x2 -2x  -3



15
Skor Maximem = 80
                 Nilai =  X 100 %








PEDOMAN / RUBRIK PENILAIAN.
No. SOAL
Kriteria dan Skor
1
Jawaban benar sesuai dengan kunci jawaban Skor = 25
Dapat mengerjakan ¾ sesuai dengan kunci jawaban Skor =20
Dapat mengerjakan ½ sesuai dengan kunci jawaban = 10
Jawaban salah Skor = 2
Tidak Menjawab Skor = 0
2
Jawaban benar sesuai dengan kunci jawaban Skor = 10
Dapat mengerjakan ¾ sesuai dengan kunci jawaban Skor =8
Dapat mengerjakan ½ sesuai dengan kunci jawaban = 5
Jawaban salah Skor = 2
Tidak Menjawab Skor = 0
3
Jawaban benar sesuai dengan kunci jawaban Skor = 10
Dapat mengerjakan ¾ sesuai dengan kunci jawaban Skor =8
Dapat mengerjakan ½ sesuai dengan kunci jawaban = 5
Jawaban salah Skor = 2
Tidak Menjawab Skor = 0
4
Jawaban benar sesuai dengan kunci jawaban Skor = 10
Dapat mengerjakan ¾ sesuai dengan kunci jawaban Skor =8
Dapat mengerjakan ½ sesuai dengan kunci jawaban = 5
Jawaban salah Skor = 2
Tidak Menjawab Skor = 0
5
Jawaban benar sesuai dengan kunci jawaban Skor = 15
Dapat mengerjakan ¾ sesuai dengan kunci jawaban Skor =12
Dapat mengerjakan ½ sesuai dengan kunci jawaban = 8
Jawaban salah Skor = 2
Tidak Menjawab Skor = 0





















KISI – KISI SOAL ULANGAN HARIAN

Nama Sekolah                  : SMK MUHAMMADIYAH 1 NGAWI                                                                                    Bentuk soal     : Essay
Kompetensi Keahlian       : APK,AK,TKR                                                                                                                           Alokasi waktu : 90 menit
Mata Pelajaran                 : Matematika                                                                                                                                Jumlah soal      : 5 (Lima )
Kelas/Semester                 : X / 2


No
Standar Kompetensi (SK)
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator/Kriteria Kinerja
Indikator Soal
Nomor Soal
Kunci Jawaban


  1.  
Memecahkan masalah berkaitan sistem persamaan dan pertidaksamaan linier dan kuadrat
1.      Menentukan himpunan penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
2.      Menetukan himpunan penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan kuadrat

1.      Persamaan kuadrat mampu ditentukan penyelesaiannya
2.      Pertidaksamaan kuadrat mampu ditentukan penyelesaiannya
3.      Menerapkan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
1.      Mampu menentukan akar-akar persamaan kuadrat dengan cara faktorisasi dan rumus abc
2.      Mampu menentukan suatu lambang  agar persamaan kuadrat 4x2 – px + 4 = 0 mempunyai dua akar kembar
3.      Mampu menentukan Salah satu akar dari persamaan kuadrat x2 + px – 6 = 0 adalah 3, meneentukan p dan salah satu akar yang lain!
4.      Mampu menggambarkan   grafik fungsi kuadrat y = x2  -  4x  -  5
5.      Tentukan fungsi kuadrat yang melalui titik ( 1, -4), ( 0, -3 ), dan (4,5 )

1
2
3
4
5

·    Terlampir




Mengetahui,                                                                                                                                                                Ngawi,       
Kepala Sekolah                                                                     Guru Mata Pelajaran





Drs. NUR ROKHIM                                                            SUMARSIH, S.Pd

NBM: 666 671                                                                       NBM.1 055 329

Tidak ada komentar:

Posting Komentar