MAJELIS
PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH MUHAMMADIYAH
SMK MUHAMMADIYAH 1 NGAWI
KOMPETENSI KEAHLIAN
: 1. Teknik
Kendaraan Ringan ( Akreditasi B )
2. Administrasi Perkantoran ( Akreditasi
B ) 3. Akuntansi ( Akreditasi A )
ALAMAT : Jl.
K H. Ahmad Dahlan 26 ((0351)747300 Ngawi 63217
UJIAN KOMPETENSI BERSAMA SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN .....................
Hari/Tanggal :.............................. Kelas
: .......................
Mata Palajaran : Bahasa Indonesia Waktu
: 120 Menit
|
||||||
Nama
Siswa
|
No.
Peserta
|
Nilai
|
Tanda
Tangan
|
Catatan
Hasil Penilaian
|
||
Orang
Tua
|
Guru
|
|||||
|
|
|
|
|
|
Bacalah dengan seksama teks berikut!
PUNTUNG ROKOK
1 Singapura termasuk salah satu negara yang bersih. Siapa pun yang
membuang sampah sembarangan bisa didenda meskipun hanya membuang puntung rokok.
Suatu ketika si Azam sedang berlibur, tetapi tampaknya ia tak tahu akan adanya
peraturan itu. Ia merokok sendirian sambil duduk di bangku. Karena rokoknya
sudah hampir habis, ia membuang puntung rokoknya begitu saja dan jatuh persis
di sisi kaki kanannya.
2 Tanpa
disangka-sangka, tiba-tiba datang petugas dan menegur Azam dengan suara tegas.
“Tahukah Anda bahwa
Anda telah melakukan pelanggaran?”
“Tidak tahu. Apa
gerangan yang telah saya perbuat?” Jawab Azam.
“Anda telah membuang
sampah sembarangan, yaitu puntung rokok”, tegas petugas itu.
Dengan sigap Azam
menjawab, “Oh…, maaf terjatuh.”
Lalu, diambilnya
puntung rokok itu serta langsung diisapnya lagi.
3 Petugas
itu hanya terbelalak keheranan. Kemudian, ia pergi meninggalkan Azam.
(Diadaptasi dari
http://fuadusfa4.blogspot.com/2010/02/anekdot-hukum.html)
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar !
1. a.
Sebutkan dan jelaskan strutur teks anekdot?
b.
Identifikasi struktur teks anekdot yang berjudul “Puntung Rokok” di atas!
2. Buatlah teks anekdot yang berjudul
“Puntung Rokok” di atas menjadi teks
monolog!
3. Buatlah satu teks anekdot! ( tema bebas)
4. a. Apa yang anda ketahui tentang teks
negosiasi. Jelaskan!
b. Apa yang harus dilakukan agar negosiasi berjalan lancar?
5. Buatlah teks negosiasi antara penjual barang
kerajinan dan seorang wisatawan asing!
6. Buatlah surat penawaran! Misalkan anda seorang penerbit buku dan
anda akan menawarkan buku anda ke sebuah sekolah.
*Selamat
Mengerjakan*
Lembar Jawaban
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
KUNCI
JAWABAN
1. a. Struktur teks anekdot adalah abstraksi>orientasi>krisis>reaksi>koda
Abstraksi adalah bagian awal paragraf yang menggambarkan cerita.
Orientasi adalah bagian awal kejadian cerita atau latar belakang
peristiwa terjadi.
Krisis adalah bagian dimana terjadi masalah yang unik atau tidak
biasa yang terjadi pada tokoh.
Reaksi adalah bagian bagaimana cara penulis menyelesaikan masalah
yang timbul di bagian krisis
Koda adalah bagian akhir dari cerita unik tersebut. Bisa dengan
memberi kesimpulan.
b. Abstraksi: Singapura
termasuk salah satu negara yang bersih. Siapa pun yang membuang sampah
sembarangan bisa didenda meskipun hanya membuang puntung rokok.
Orientasi: Suatu ketika si Azam sedang berlibur,
tetapi tampaknya ia tak tahu akan adanya peraturan itu.
Krisis: Azam yang takut kepada petugas langsung mengambil puntung rokok
yang sudah dibuangnya kemudian dihisap lagi.
Reaksi: Petugas itu hanya terbelalak keheranan.
Koda: Kemudian, ia pergi meninggalkan Azam
2. PUNTUNG
ROKOK
Suatu ketika Azam
sedang berlibur di Singapura. Ia merokok
sendirian sambil duduk di bangku. Karena rokoknya sudah hampir habis, ia
membuang puntung rokoknya begitu saja dan jatuh persis di sisi kaki kanannya. Ia
tidak mengetahui bahwa ada peraturan siapa pun yang membuang sampah sembarangan
bisa didenda meskipun hanya membuang puntung rokok. Datanglah petugas menegur
perbuatan Azam yang membuang puntung rokok sembarangan. Azam yang takut kepada
petugas langsung mengambil puntung rokok yang sudah dibuangnya kemudian dihisap
lagi sambil berdalih kalau rokoknya terjatuh. Petugas hanya terbelalak
keheranan. Kemudian ia pergi meninggalkan Azam.
3.
Contoh Teks anekdot
POLITISI BLUSUKAN
BANJIR
1 Pada malam Jumat, paling banyak ditemukan
politisi melakukan blusukan, termasuk Darman (maaf bukan nama sebenarnya dan
bukan sebenarnya nama). Darman mendatangi kampung yang diterjang banjir paling
parah. Kebetulan di sana
banyak wartawan meliput sehingga dia makin semangat menyerahkan bingkisan.
2 Darman juga tidak mau menyia-nyiakan sorotan
kamera wartawan. Dia mencari strategi agar tetap menjadi perhatian media.
Darman berusaha masuk ke tempat banjir dan menceburkan diri ke air. Sial
baginya, dia terperosok ke selokan dan terseret derasnya air. Darman berusaha
sekuat tenaga melawan arus, tetapi tak berdaya, dia hanyut.
3 Untung regu penolong sangat sigap. Meskipun
terseret cukup jauh, Darman masih bisa diselamatkan. Dia dibawa ke posko
kesehatan dan dibaringkan di bangsal. Waktu itu semua bangsal penuh oleh orang
pingsan. Darman kaget melihat orang yang ada di situ. Semuanya dia kenal, para
politisi sedang blusukan. Lebih kaget lagi ketika dia melihat doa tertulis di
dinding: “Ya Allah, hanyutkanlah mereka yang tak ikhlas”. Darman pingsan!
(Diadaptasi dari http://arje.blog.esaunggul.ac.id/anekdot-politisi-blusukan-banjir/)
4. a. Teks negosiasi adalah bentuk interaksi sosial
yang berfungsi untuk mencapai kesepakatan diantara pihak-pihak yang mempunyai
kepentingan yang berbeda. Dalam negosiasi, pihak-pihak tersebut berusaha
menyelesaikan perbedaan itu dengan berdialog.
b. Cara
agar negosiasi berjalan lancar
(1) menyesuaikan
pembicaraan ke arah tujuan praktis,
(2) mengakomodasi
butir-butir perbedaan dari kedua belah pihak,
(3)
mengajukan pandangan baru dan mengabaikan pandangan yang sudah ada tanpa
memalukan kedua belah pihak,
(4) mengalokasikan
tugas dan tanggung jawab masing-masing, dan
(5) memprioritaskan dan mengelompokkan saran atau pendapat
dari kedua belah pihak.
5. Contoh teks negosiasi
Penjual : Good morning, Mam.
Selamat pagi.
Pembeli : Selamat pagi.
Penjual : Mari, mau beli apa?
Pembeli : Ada
patung Garuda Wisnu Kencana yang dibuat dari kayu?
Penjual : Ya, ada. Di sebelah sana,
yang besar atau yang kecil?
(Penjual menunjukkan tempat patung yang ditanyakan
pembeli)
Pembeli : Yang sedang saja. Yang dibuat dari kuningan ada?
Penjual : Ya, ini,
tidak terlalu besar. Tapi, dibuat dari kayu. Yang dari kuningan habis.
Pembeli : Ya, dari kayu tidak apa-apa.
(Patung itu sudah di tangan pembeli dan ia mengamatinya
dengan cermat)
Penjual : Bagus itu, Mam. Cocok untuk dipakai sendiri atau
untuk suvenir.
Pembeli : Saya pakai sendiri. Harganya berapa?
Penjual : Tiga ratus ribu.
Pembeli : Wah, mahal. Dua ratus ribu, ya?
Penjual : Belum boleh. Dua ratus
delapan puluh lima
ribu. Ini sudah murah, Mam. Di tempat lain lebih mahal.
Pembeli : Tidak mau. Kalau boleh, dua ratus lima puluh ribu.
Penjual : Belum boleh. Naik sedikit, Mam.
Pembeli : Dua ratus tujuh puluh lima ribu.
Penjual : Ya, sebenarnya ini belum boleh. Tapi, untuk Nyonya boleh.
Mau beli apa lagi?
Pembeli : Tidak. Itu saja. Ini uangnya.
(Penjual memasukkan patung itu ke dalam tas plastik yang
bertuliskan nama kiosnya. Pembeli memberikan uang pas).
Penjual : Ya, terima kasih.
Pembeli : Terima kasih. Bye, bye.
Penjual : Have a nice day.
(Pembeli pergi meninggalkan kios itu)
6. Surat penawaran
Yth. Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Ngawi
Dengan hormat,
Dengan surat
ini saya ingin mengajak Bapak untuk bekerja sama. Saya adalah penerbit buku Tiga
Ilmu yang menerbitkan buku-buku pelajaran untuk SMK. Buku-buku kami
berkualitas, murah dan berdasarkan kurikulum yang ditetapkan pemerintah.
Berikut ini saya kirimkan daftar buku beserta daftar harganya.
Apabila Bapak tertarik, saya mengharapkan Bapak untuk mengajukan
permintaan. Saya akan memberikan potongan harga yang menarik apabila Bapak
membeli lebih dari seratus lusin.
Demikian surat
penawaran saya. Saya berharap kita dapat bekerja sama dalam waktu yang tidak
terlalu lama.
Jakarta, 5
Februari 2013
Hormat
saya,
Nita Tri
P., S.Pd
KISI-KISI SOAL UJI KOMPETENSI
Nama Sekolah : SMK Muhammadiyah 1 Ngawi
Mata Diklat : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : .............
Program Keahlian : Semua Program Keahlian
Tahun Pelajaran : ................
Bentuk Soal : Esay
Jumlah Soal : 6
Alokasi Waktu : 120 menit
Kompetensi Inti :
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
3. Memahami,
menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan
kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
No.
Soal
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi
Uji
|
Metode
Penilaian
|
Bentuk
Soal
|
Skor
|
||
Mudah
|
Sedang
|
Sulit
|
|
|||||
1
|
3.1 Memahami
struktur dan kaidah teks
anekdot baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Peserta didik mampu memahami struktur dan kaidah teks anekdot melalui tulisan
|
1a. Struktur isi teks anekdot
|
Tes tulis
|
v
|
|
|
5
|
1b. Identifikasi struktur isi teks anekdot
|
Tes tulis
|
|
v
|
|
10
|
|||
2
|
4.5
Mengonversi teks anekdot ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan
kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
·
Peserta didik mampu mengubah
teks anekdot menjadi teks monolog melalui tulisan
|
2. Mengonversi teks anekdot
|
Tes tulis
|
|
v
|
|
15
|
3
|
4.2
Memproduksi teks anekdot yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang
akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
|
·
Peserta
didik mampu membuat teks anekdot melalui tulisan
|
3.
Membuat teks anekdot
|
Tes tulis
|
|
|
v
|
20
|
4
|
3.1 Memahami
struktur dan kaidah teks
negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Peserta didik mampu memahami struktur dan kaidah teks negosiasi melalui tulisan
|
4a.
Memahami teks negosiasi
|
Tes tulis
|
v
|
|
|
5
|
4b.
Memahami cara bernegosiasi
|
Tes tulis
|
v
|
|
|
5
|
|||
No.
Soal
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi
Uji
|
Metode
Penilaian
|
Bentuk
Soal
|
Skor
|
||
Mudah
|
Sedang
|
Sulit
|
|
|||||
5
|
4.2
Memproduksi teks negosiasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang
akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
|
·
Peserta
didik mampu membuat teks negosiasi melalui tulisan
|
5.
Membuat teks negosiasi
|
Tes tulis
|
|
|
v
|
20
|
6
|
4.5 Mengonversi teks anekdot ke dalam bentuk yang lain sesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
·
Peserta didik mampu mengubah
teks negosiasi menjadi surat penawaran
|
6.
Membuat teks negosiasi melalui surat penawaran
|
Tes tulis
|
|
|
v
|
20
|
Mengetahui Ngawi,
Kepala Sekolah Guru
mata pelajaran
Drs.Nur Rokhim Nita Tri P., S.Pd
NBM. 666 671
PEDOMAN PENILAIAN UJI KOMPETENSI
Nama Sekolah : SMK Muhammadiyah 1 Ngawi
Mata Diklat : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : ............
Program Keahlian : Semua Program Keahlian
Tahun Pelajaran : .............
Bentuk Soal : Esay
Jumlah Soal : 6
Alokasi Waktu : 120 menit
No
Soal
|
Jawaban
|
Skor
|
1a.
|
Jawaban benar sempurna.
Jawaban benar kurang
sempurna.
Jawaban salah.
|
5
3
1
|
1.b
|
Jawaban 4-5 benar
Jawaban 3 benar
Jawaban 2 benar
Jawaban 1 benar
Jawaban salah.
|
10
8
6
4
2
|
2
|
Jawaban benar sempurna.
Jawaban benar kurang
sempurna.
Jawaban salah.
|
15
10
5
|
3.
|
Jawaban benar sempurna.
Jawaban benar kurang
sempurna.
Jawaban salah.
|
20
10
5
|
4a.
|
Jawaban benar sempurna.
Jawaban benar kurang
sempurna.
Jawaban salah.
|
5
3
1
|
4b.
|
Jawaban 4-5 benar
Jawaban 3 benar
Jawaban 2 benar
Jawaban 1 benar
Jawaban salah.
|
5
4
3
2
1
|
5.
|
Jawaban benar sempurna.
Jawaban benar kurang
sempurna.
Jawaban salah.
|
20
10
5
|
6.
|
Jawaban benar sempurna.
Jawaban benar kurang
sempurna.
Jawaban salah.
|
20
10
5
|
Mengetahui Ngawi, .......
Kepala Sekolah Guru
mata pelajaran
Drs.Nur Rokhim Nita
Tri P., S.Pd
NBM. 666 671
TERIMA KASIH, SANGAT MEMBANTU SAYA UNTUK BELAJAR BAHASA INDONESIA
BalasHapus