Jumat, 15 Januari 2016

Silabus Pekerjaan Dasar teknik otomotif


SILABUS

BIDANG STUDI KEAHLIAN      :    TEKNOLOGI DAN REKAYASA
PROGRAM STUDI KEAHLIAN :    TEKNIK OTOMOTIF
KOMPETENSI KEAHLIAN         :    1.  TEKNIK KENDARAAN RINGAN (020)
                                                           2.  TEKNIK SEPEDA MOTOR (021)
                                                           3.  TEKNIK PERBAIKAN BODI OTOMOTIF (022)
                                                           4.  TEKNIK ALAT BERAT (023)
MATA PELAJARAN                   :    PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF
Kelas                                             :    X (Semester 1 dan 2)
K1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianut.
K2
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleransi, damai), santun, responsive, dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
K3
Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
K4
Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri dan mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.









Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran*
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1      Lingkungan hidup dan sumber daya alam sebagai anugrah Tuhan yang maha Esa harus dijaga keletarian dan kelangsungan hidupnya.
Keterangan:
Nilai-nilai spiritual dan sosial merupakan proses pembelajaran nilai secara tidak langsung (indirect values teaching). Dalam arti bahwa keterkaitan KI 1 dan KI 2 hanya akan terjadi dalam proses pembelajaran KI 3 dan KI 4.
2.1  Menunjukkan sikap cermat dan teliti dalam melaksanakan pekerjaan yang berhubungan handtools, powertools, specialtools, workshop equipment, alat ukur mekanik, pneumatic dan elektrik
2.2. Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan melalui kegiatan yang berhubungan handtools, powertools, specialtools, workshop equipment dan alat ukur mekanik, pneumatic dan elektrik
2.3. Menunjukkan sikap cermat dan teliti dalam pelaksanaan pekerjaan dengan mesin pres hidrolik
2.4. Menunjukkan sikap disiplin dan tanggung jawab dalam melaksanakan langkah-langkah kerja sesuai SOP
2.5. Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan melalui kegiatan yang berhubungan dengan pemeriksaan, perawatan dan perbaikan handtools, powertools, specialtools, workshop equipment, alat ukur mekanik , penumatik dan elektrik
2.6.  Menunjukkan sikap cermat dan peduli terhadap keselamatan kerja melalui kegiatan yang berhubungan dengan handtools, powertools, specialtools, workshop equipment, alat ukur mekanik , pneumatik dan elektrik
Keterangan:
Nilai-nilai spiritual dan sosial merupakan proses pembelajaran nilai secara tidak langsung (indirect values teaching). Dalam arti bahwa keterkaitan KI 1 dan KI 2 hanya akan terjadi dalam proses pembelajaran KI 3 dan KI 4.
3.1  Menggunakan peralatan dan perlengkapan perbaikan









4.1.    Menggunakan peralatan dan perlengkapan perbaikan
·      Hand tools dan penerapannya
·      Power tools  dan penerapannya
·      Workshop equipment  dan aplikasinya
·      Special tools  dan penerapannya


·      Pelepasan bearing dengan hidraulik press
·      Pemasangan bearing dengan hidraulik press
·      Pembuatan benda sederhana dengan alat potong, kikir, pahat dan kelengkapan alat kerja bangku lain
·      Penguliran benda kerja secara manual
·      Pengetapan benda kerja
·      Mengamati
·      Menanya
·      Menalar
·      Mencoba
·      Eksplorasi
(Eksperimen)
·      Mengkomunikasikan
Penilaian Otentik :
·  Penilaian Proses
· Penilaian Tertulis
· Penilaian Kinerja
· Penilaian Proyek
· Observasi
· Portofolio
52  JP
(13  x 4 JP)








 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ü  Buku Paket
ü  Buku manual /SOP
ü  Buku bacaan yang relevan sesuai dengan materi pokok
ü  Media/CD interaktif
ü  Peralatan terkait
ü  Obyek langsung
ü  LKS
ü  Wallchart












4.2  Merawat peralatan dan perlengkapan perbaikan di tempat kerja
·        Pemeriksaan kondisi hand tools dan menentukan kelayakannya.
·      Pemeriksaan kondisi power tools dan menentukan kelayakannya.
·      Pemeriksaan kondisi workshop equipment dan menentukan kelayakannya.
·         Pembersihan, pelumasan dan penataan hand tools
·      Pembersihan, pelumasan dan penataan power  tools
·      Pembersihan, pelumasan dan penataan  workshop
 equipment
·      Mengamati
·      Menanya
·      Menalar
·      Mencoba
·      Eksplorasi
(Eksperimen)
·      Mengkomunikasikan
Penilaian Otentik :
·      Penilaian Proses
·      Penilaian Tertulis
·      Penilaian Kinerja
·      Penilaian Proyek
·      Observasi
·      Portofolio

36  JP

(9  x 4 JP

 





















ü  Buku Paket
ü  Buku manual /SOP
ü  Buku bacaan yang relevan sesuai dengan materi pokok
ü  Media/CD interaktif
ü  Peralatan terkait
ü  Obyek langsung
ü  LKS
ü  Wallchart

ü   
3.2   Menggunakan alat-alat ukur (measuring tools)


4.3  Menggunakan alat-alat ukur (measuring tools)

·      Jenis, spesifikasi dan fungsi alat ukur


·      Penggunaan alat – alat ukur mekanik
·       Penggunaan alat – alat ukur pneumatik
·      Penggunaan alat – alat ukur elektrik/elektronik
·      Perawatan alat-alat ukur
·    Mengamati
·    Menanya
·    Menalar
·    Mencoba
·    Eksplorasi
(Eksperimen)
·     Mengkomunikasikan
Penilaian Otentik :
·  Penilaian Proses
·  Penilaian Tertulis
·  Penilaian Proyek / Proyek Base Learning
·  Penilaian Kinerja

36  JP

(9  x 4 JP)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ü  Buku Paket
ü  Buku manual /SOP
ü  Buku bacaan yang relevan sesuai dengan materi pokok
ü  Media/CD interaktif
ü  Peralatan terkait
ü  Obyek langsung
ü  LKS
ü  Wallchart


3.3   Menerapkan prosedur keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan tempat kerja













4.4  Menerapkan prosedur keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan tempat kerja


·      Undang-undang K3 dan turunannya
·      Potensi bahaya pada lingkungan kerja
·      Prosedur dan perlengkapan P3K
·      Potensi kontaminasi pada bahan bakar; olie dan bodi kendaraan
·      Peralatan klasifikasi kebakaran dan prosedur pemadaman

·      Teknik dan Prosedur pengangkatan benda kerja secara manual
·    Mengamati
·    Menanya
·    Menalar
·    Mencoba
·    Eksplorasi
(Eksperimen)
·    Mengkomunikasikan






Penilaian Otentik :
·  Penilaian Proses
·  Penilaian Tertulis
·  Penilaian Proyek / Proyek Base Learning
·  Penilaian Kinerja








20  JP
(5  x 4 JP)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ü   Buku Paket
ü  Buku K3 yang relevan
ü  UU K3 yang berlaku
ü  SOP di tempat kerja
ü  SOP Pemadaman kebakaran
ü  Peralatan kebakaran
ü  Peralatan P3K
ü  Tabung pemadam
ü  Wallchart





Tidak ada komentar:

Posting Komentar