RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH/SATUAN PENDIDIKAN : .......................
MATA PELAJARAN
: PRAKARYA DAN KEWIRA USAHAAN.
KELAS/SEMESTER
: X / I
MATERI POKOK
: Mengenal produk kerajinan
berbagai daerah
ALOKASI WAKTU
: 2 X 40 MENIT.
A.KOMPETENSI INTI :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur ,disiplin,tanggung
jawab,peduligotong royong),
Kerja sama,toleran,damai,santun,responsif,dan pro aktif dan menunjukkan
sikap sebagai ba-
gian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cermin bangsa dalam
pergaulan dunia.
3. Memahami ,menerapkan dan menganalisis pengetahuan
factual,konseptual,procedural,berdasar-
kan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan ,teknologi,seni budaya dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan,kebangsaan,kenegaraan,dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan
kejadian ,serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah,menata dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengem-
bangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri ,dan mampu
menggunakan method
sesuai kaidah keilmuan.
B.KOMPETENSI DASAR.
1.1.Menghayati keberhasilan dan kegagalan wirausahawan dan keberagaman
produk kerajinan
Di wilayah setempat dan lainnya sebagai anugerah tuhan.
2.1.Menunjukkan motivasi internal dan peduli lingkungan dalam menggali
informasi tentang kebera-
gaman produk kerajinan dan wirausahawan di wilayah setempat dan lainnya
.
2.3.Menghayati perilaku jujur percaya diri dan mandiri dalam
memperkenalkan karya kerajinan di
wilayah setempat dan lainnya dan menerapkan wirausaha.
2.3.Menghayati sikap bekerjasama,gotongroyong
,bertoleransi,disiplin,bertanggung jawab,kreatif dan
inovatif dalam memahami kewirausahaan dan membuat karya kerajinan di
wilayah setempat
dan lainnya dengan memperhatikan
estetika produk akhir untuk membangun semangat usaha.
3.1.Mengidentifikasi desain produk dan pengemasan karya seni kerajinan
tekstil berdasarkan kon-
sep berkarya dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya.
4.1.mendesain produk dan pengemasan karya kerajinan tekstil berdasarkan
konsep berkarya dengan
pendekatan budaya setempat dan lainnya.
C.INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI.
3.1.1.Mengidentifikasi macam macam produk kerajinan batik yang ada di
Indonesia.
4.1.1.Menunjukkan 2 contoh desain produk kerajinan daerah.
D.TUJUAN PEMBELAJARAN.
Setelah mengikuti kegiatan pemebelajaran ini peserta didik mampu :
1.Mengamalkan perilaku
jujur,disiplin,tanggungjawab,peduli(,gotong royong,kerjasama ,toleran,da-
mai) ,sntun,responsive,dan pro aktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
2.Mengidentifikasi macam macam produk kerajianan batik yang ada di
Indonesia.
3.Menunjukkan 2 contoh desain produk kerajinan daerah
4.Menjelaskan pengertian batik
5.Menunjukkan 2 contoh tehnik seni rupa dua dimensi.
E.MATERI PEMBELAJARAN.
1.Pengertian batik
2.macam macam produk batik yang ada di Indonesia.
3.Contoh desain produk kerajianan daerah
4.Contoh teknik seni rupa dua dimensi.
F.METODE PEMBELAJARAN.
*Metode:diskusi,Tanya jawab,dan penugasan.
G.MEDIA,ALAT DAN SUMBER BELAJAR.
1.MEDIA: a.buku paket
b.internet
2.alat: a.laptop
b.LCD
3.SUMBER BELAJAR :
1.Buku siswa
2.lembar kerja isiwa
3.modul prakarya dan kewirausahaan ,RUDY DARMAWAN,SPd,penerbit CV HAYATI
TUMBUH
SUBUR.
H.LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
|
ALOKASI WAKTU
|
Awal
|
1.membuka pelajaran dengan mengucapkan salam
2.Berdoa bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik
3.menanyakan kehadiran peserta didik
4.menyampaikan topic pembelajaran tentang mengenal produk
kerajinanan berbagai daerah
5.menanyakan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai
|
5 menit
|
inti
|
Mengamati:
-peserta didik membaca buku tentang
mengenal produk kerajinan berbagai daerah di Indonesia.
Menanyakan:
-bertanya dan saling Tanya jawab
kepada peserta didik tentangpendapat,gagasan pengetahuan mengenai produk
kerajianan berbagai daerah di Indonesia
-peserta didik mendapat penjelasan
tentang proses pelaksanaan teknik diskusi
-peserta didik dibagi kedalam 4
kelompok yang beranggotakan 4-5 orang.
Menalar:
-setiap kelompok mendapatkan tugas membahas
mandeskripsikan :
1.pengertian batik
2.macam macam produk kerajinan batik
3.contoh desain produk kerajianan
daerah.
4.contoh teknik seni rupa dua dimensi.
Mencoba:
-membuat lapor4an hasil kerja kelompok
-tiap kelompok secara bergilir tampil menyajikan
tugas kelompoknya dengan ditanggapi oleh kelompok lainnya dalam batas waktu
yang telah disepakati.
-setiap pertanyaan yang diajukan
kelompok lain,didiskusikan kelompok penyaji dan selanjutnya diberi tanggapan
bila
tanggapan belum bisa diterima kelompok
penanya ,penyaji bisa melemparkan pertanyaan tersebut pada kelompok lain.
Membentuk jejaring:
-peserta didik mendengarkan umpan
balik dan penguatan dari guru.
|
70 menit
|
PENUTUP
|
-peserta didik bersama guru
menyimpulkan pembelajaran.
-peserta didik melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
-peserta didik menjawab pertanyaan
yang dibuat oleh guru.
-guru menutup pembelajaran dengan do’a.
-guru menjelaskan rencana tindak
lanjut pembelajaran selanjutnya.
|
5 menit
|
I.PENILAIAN HASIL BELAJAR .
a.Tes tertulis (uraian )
b.Non tes:-lembar pengamatan sikap
-lembar pengamatan
presentasi
Lampiran I :
TES
URAIAN :
1.Jelaskan pengertian dari batik ?
2.Berikan 2 contoh desain produk kerajinan daerah!
3.Menurut pendapatmu bagaimanakah macam macam produk kerajianan yang ada
di Indonesia ?
Kunci jawaban :
1.Batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan
menerapkan malam pada
Kain itu
2.teknik kerajinan kain batik
Teknik kerajinan wayang kulit
3.kerajinan batik darijawa tengah dan Yogyakarta
Kerajinan batik dari jawa timur
Penskekoran :
1.masing masing soal memiliki bobot skor nilai maksimum yaitu:
No.1 -- 20
No.2----40
No,3----40
Nilai total ==jumlah perolehan skor
: skor total. X 100
LAMPIRAN II
Penilaian kinerja pengamatan
NO
|
Aspek yang dinilai/nama siswa
|
K.berkomunikasi
|
Menyam.pendapat
|
Kekuatan
argumentasi
|
Menghargai
pendapat orang lain
|
Penggunaan
waktu
|
Total skor
|
Nilai
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan penilaian:
Rentang skor penilaian untuk masing masing item penilaian adalah :
1.kurang
2.cukup
3.baik
4.baik sekali
NILAI = JUMLAH SKOR PEROLEHAN / JUMLAH SKOR MAKSIMUM X 100
Nilai/predikat nilai A-85 S/d 100
B-70 S/d
84
c.60 s/d
69
d.< 60
LAMPIRAN III
Penilaian kinerja presen
No
|
Aspek yang dinilai/nama siswa
|
Kemampuan
menyampaikan materi
|
Kemampuan
menjawab
|
Kemampuan
mengorganisasi diskusi
|
Keaktifan
anggota yang menyampaiakan materi
|
Pengelolaan
waktu
|
Total skor
|
nilai
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan penilaian
-Rentang skor penilaian untuk masing masing item penilaian adalah :
1.kurang
2.cukup
3.baik
4.baik sekali
- Nilai = jumlah skor perolehan/jumlah skor maksimum x 100
-predikat nilai : nilai A-: 85 s/d 100
B: 70
s/d 84
c.:60
s/d 69
d:
< 60
Mengetahui
.....,.....................
Kepala Sekolah
Guru Mata pelajaran
...................
.......................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar