Jumat, 24 November 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
     SEKOLAH/SATUAN PENDIDIKAN  : .......................
     MATA PELAJARAN                          :  PRAKARYA DAN KEWIRA USAHAAN.
     KELAS/SEMESTER                           :  X /  I
     MATERI POKOK                              :  Mengenal produk kerajinan berbagai daerah
     ALOKASI WAKTU                            :  2 X 40 MENIT.

   A.KOMPETENSI INTI :
    1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
    2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur ,disiplin,tanggung jawab,peduligotong royong),
        Kerja sama,toleran,damai,santun,responsif,dan pro aktif dan menunjukkan sikap sebagai ba-
        gian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
        sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cermin bangsa dalam pergaulan dunia.
   3. Memahami ,menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual,konseptual,procedural,berdasar-
       kan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan ,teknologi,seni budaya dan humaniora dengan
       wawasan kemanusiaan,kebangsaan,kenegaraan,dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
       kejadian ,serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
       dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
   4. Mengolah,menata dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengem-
       bangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri ,dan mampu menggunakan method
       sesuai kaidah keilmuan.

   B.KOMPETENSI DASAR.
  
   1.1.Menghayati keberhasilan dan kegagalan wirausahawan dan keberagaman produk kerajinan
          Di wilayah setempat dan lainnya sebagai anugerah tuhan.
   2.1.Menunjukkan motivasi internal dan peduli lingkungan dalam menggali informasi tentang kebera-
          gaman produk kerajinan dan wirausahawan di wilayah setempat dan lainnya .
   2.3.Menghayati perilaku jujur percaya diri dan mandiri dalam memperkenalkan karya kerajinan di
          wilayah setempat dan lainnya dan menerapkan wirausaha.
   2.3.Menghayati sikap bekerjasama,gotongroyong ,bertoleransi,disiplin,bertanggung jawab,kreatif dan
          inovatif dalam memahami kewirausahaan dan membuat karya kerajinan di wilayah setempat
          dan lainnya dengan memperhatikan estetika produk akhir untuk membangun semangat usaha.
   3.1.Mengidentifikasi desain produk dan pengemasan karya seni kerajinan tekstil berdasarkan kon-
          sep berkarya dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya.
   4.1.mendesain produk dan pengemasan karya kerajinan tekstil berdasarkan konsep berkarya dengan
          pendekatan budaya setempat dan lainnya.

   C.INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI.

   3.1.1.Mengidentifikasi macam macam produk kerajinan batik yang ada di Indonesia.
   4.1.1.Menunjukkan 2 contoh desain produk kerajinan daerah.


    D.TUJUAN PEMBELAJARAN.

       Setelah mengikuti kegiatan pemebelajaran ini peserta didik mampu :
    
     1.Mengamalkan perilaku jujur,disiplin,tanggungjawab,peduli(,gotong royong,kerjasama ,toleran,da-
         mai) ,sntun,responsive,dan pro aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
         berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
         serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
      2.Mengidentifikasi macam macam produk kerajianan batik yang ada di Indonesia.
      3.Menunjukkan 2 contoh desain produk kerajinan daerah
      4.Menjelaskan pengertian batik
      5.Menunjukkan 2 contoh tehnik seni rupa dua dimensi.

     E.MATERI PEMBELAJARAN.

      1.Pengertian batik
      2.macam macam produk batik yang ada di Indonesia.
      3.Contoh desain produk kerajianan daerah
      4.Contoh teknik seni rupa dua dimensi.

     F.METODE PEMBELAJARAN.

      *Metode:diskusi,Tanya jawab,dan penugasan.

     G.MEDIA,ALAT DAN SUMBER BELAJAR.

     1.MEDIA: a.buku paket
                       b.internet
     2.alat:       a.laptop
                       b.LCD
     3.SUMBER BELAJAR :
         1.Buku  siswa
         2.lembar kerja isiwa
         3.modul prakarya dan kewirausahaan ,RUDY DARMAWAN,SPd,penerbit CV HAYATI TUMBUH
            SUBUR.  

    H.LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
           KEGIATAN
    DESKRIPSI
ALOKASI WAKTU
Awal
1.membuka pelajaran dengan mengucapkan salam
2.Berdoa bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik
3.menanyakan kehadiran peserta didik
4.menyampaikan topic pembelajaran tentang mengenal produk kerajinanan berbagai daerah
5.menanyakan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai

      5 menit
      inti
Mengamati:
-peserta didik membaca buku tentang mengenal produk kerajinan berbagai daerah di Indonesia.
Menanyakan:
-bertanya dan saling Tanya jawab kepada peserta didik tentangpendapat,gagasan pengetahuan mengenai produk kerajianan berbagai daerah di Indonesia
-peserta didik mendapat penjelasan tentang proses pelaksanaan teknik diskusi
-peserta didik dibagi kedalam 4 kelompok yang beranggotakan 4-5 orang.
Menalar:
-setiap kelompok mendapatkan tugas membahas mandeskripsikan :
1.pengertian batik
2.macam macam produk kerajinan batik
3.contoh desain produk kerajianan daerah.
4.contoh teknik seni rupa dua dimensi.
Mencoba:
-membuat lapor4an hasil kerja kelompok
-tiap kelompok secara bergilir tampil menyajikan tugas kelompoknya dengan ditanggapi oleh kelompok lainnya dalam batas waktu yang telah disepakati.
-setiap pertanyaan yang diajukan kelompok lain,didiskusikan kelompok penyaji dan selanjutnya diberi tanggapan bila
tanggapan belum bisa diterima kelompok penanya ,penyaji bisa melemparkan pertanyaan tersebut pada kelompok lain.
Membentuk jejaring:
-peserta didik mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru.


   70 menit
PENUTUP
-peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
-peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
-peserta didik menjawab pertanyaan yang dibuat oleh guru.
-guru menutup pembelajaran dengan do’a.
-guru menjelaskan rencana tindak lanjut pembelajaran selanjutnya.

    5 menit


    I.PENILAIAN HASIL BELAJAR .     

    a.Tes tertulis (uraian )
    b.Non tes:-lembar pengamatan sikap
                      -lembar pengamatan presentasi








     Lampiran I :
  TES URAIAN :
   1.Jelaskan pengertian dari batik ?
   2.Berikan 2 contoh desain produk kerajinan daerah!
   3.Menurut pendapatmu bagaimanakah macam macam produk kerajianan yang ada di Indonesia ?


     Kunci jawaban :
   1.Batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menerapkan malam pada
      Kain itu
   2.teknik kerajinan kain batik
      Teknik kerajinan wayang kulit
   3.kerajinan batik darijawa tengah dan Yogyakarta
      Kerajinan batik dari jawa timur


     Penskekoran :
   1.masing masing soal memiliki bobot skor nilai maksimum yaitu:
       No.1 --  20
      No.2----40
      No,3----40

    Nilai total ==jumlah perolehan skor  : skor total. X 100

  

LAMPIRAN II
Penilaian kinerja pengamatan
NO
Aspek yang dinilai/nama siswa
K.berkomunikasi
Menyam.pendapat
Kekuatan argumentasi
Menghargai pendapat orang lain
Penggunaan waktu
Total skor
Nilai

1








2








3








4









   Keterangan penilaian:
   Rentang skor penilaian untuk masing masing item penilaian adalah :
               1.kurang
               2.cukup
               3.baik
               4.baik sekali
     NILAI = JUMLAH SKOR PEROLEHAN / JUMLAH SKOR MAKSIMUM X 100

    Nilai/predikat nilai A-85 S/d 100
                                      B-70 S/d 84
                                      c.60 s/d 69
                                      d.< 60










LAMPIRAN III

Penilaian kinerja presen
No
Aspek yang dinilai/nama siswa
Kemampuan menyampaikan materi
Kemampuan menjawab
Kemampuan mengorganisasi diskusi
Keaktifan anggota yang menyampaiakan materi
Pengelolaan waktu
Total skor
nilai
1








2








3










     Keterangan penilaian
    -Rentang skor penilaian untuk masing masing item penilaian adalah :
       1.kurang
       2.cukup
       3.baik
       4.baik sekali
     - Nilai = jumlah skor perolehan/jumlah skor maksimum  x 100
     -predikat nilai : nilai A-: 85 s/d 100
                                          B: 70 s/d 84
                                          c.:60 s/d 69
                                          d: < 60




                Mengetahui                                                              .....,.....................
             Kepala Sekolah                                                            Guru Mata pelajaran



         

            ...................                                                          .......................      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar