Jumat, 24 November 2017

PENGOLAHAN DAN PELAPORAN NILAI MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA

LK- 3.3
 
PENGOLAHAN DAN PELAPORAN NILAI MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA

PETUNJUK  KEGIATAN
Kompetensi          :     Melaporkani hasil penilaian proses dan hasil belajar  ke dalam laporan hasil belajar.
Tujuan Kegiatan  :     Melalui kegiatan ini, peserta mampu mengolah hasil penilaian proses dan hasil belajar ke dalam laporan hasil belajar.
Langkah Kegiatan:
1.    Pelajari  prosedur pengolahan nilai rapor dan format rapor pada dokumen Penilaian Hasil Belajar SMA
2.    Rancanglah contoh nilai proses dan hasil belajar seorang peserta didik yang meliputi penilaian  sikap, pengetahuan dan keterampilan untuk mata pelajaran Sejarah Indonesia selama satu semester
3.    Olah masing-masing nilai menjadi nilai rapor dan predikatnya
4.    Buatlah deskripsi untuk masing-masing capaian kompetensi
5.    Masukkan kedalam format rapor



CARA PENGISIAN RAPOR SMA

1   Buku laporan hasil belajar diisi dengan tulisan yang rapi dan jelas.
2    Nama peserta didik di halaman judul, data Satuan Pendidikan di lembar 1, dan data peserta didik di lembar 2 ditulis menggunakan huruf kapital yang jelas dan rapi.
3    Lembar 2 yang berisi data peserta didik, dilengkapi dengan foto peserta didik terbaru berukuran 3 x 4.
4    Lembar CAPAIAN kompetensi semester 1 diisi dengan:
a.  Identitas Satuan Pendidikan dan identitas peserta didik.
b.  Pada kolom Pengetahuan dan Keterampilan diisi dengan perolehan nilai dari tiap guru mata pelajaran yang berupa angka (berdasarkan perhitungan skala 1 s.d 4) dan Kode Huruf (predikat).
c.  Untuk kolom Sikap Spiritual dan Sosial (KI-1 dan KI-2), dalam kolom Mapel diisi dengan menggunakan nilai kualitatif:
SB   =  Sangat Baik
B     =  Baik         
C     =  Cukup       
K     =  Kurang      

d.  Untuk kolom Sikap Spiritual dan Sosial (KI-1 dan KI-2) antarmapel diisi oleh wali kelas dengan deskripsi kesimpulan dari sikap peserta didik secara keseluruhan dalam mata pelajaran. Kesimpulan tersebut diperoleh melalui rapat bersama dengan guru mata pelajaran.

KRITERIA PENILAIAN
1.  Penilaian rapor untuk pengetahuan menggunakan penilaian kuantitatif dengan skala 1 – 4 (kelipatan 0,33), dengan 2 (dua) desimal dan diberi predikat sebagai berikut:
A    : 3,67 – 4.00
C+    : 2,01 - 2,33
A-   : 3,34 - 3,66
C      : 1,67 - 2,00
B+   : 3,01 - 3,33
C-     : 1,34 - 1,66
B     : 2,67 - 3,00
D+    : 1,01 - 1,33
B-    : 2,34 - 2,66
                 D      : ≤ 1,00



CONTOH PENGISIAN
Nama Sekolah   : SMA ……..                                                                         Kelas                     : X
Alamat                 : ……………………………….                                                  Semester            : 1 (Satu)
                                                                                                                                Tahun Pelajaran: 2013-2014
Nama Peserta Didik : ………………….
Nomor Induk/NISN  : …………………..

CAPAIAN KOMPETENSI
MATA PELAJARAN
Pengetahuan
(KI – 3)
Ketrampilan
(KI – 4)
Sikap Spiritual dan Sosial (KI-1 dan Ki-2)
Dalam mapel
antarmapel
Kelompok A (Wajib)


Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
Nama guru : Achmad Syukur, S,Ag
3.85
A
3.65
A-
SB
Peserta didik
sudah
menunjukkan
sikap
mengamalkan
ajaran
agamanya,
konsisten
menerapkan
sikap santun,
jujur dan
kerjasama,
namun masih
perlu ditingkatkan
lagi sikap
percaya diri dan
kepedulian
terhadap
lingkungan.

Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
Nama guru: Drs. Widodo
3.60
A-
3.30
B+
B

Bahasa Indonesia
Nama guru: Indrawati, S.Pd,
3,90
A
3.88
A
SB

Matematika
Nama guru: Irawan, MPd
3.50
A-
3.00
B
B

Sejarah Indonesia
Nama guru: Ana Rosida, S.Pd, MM
2,95
B
3.33
B+
B

Bahasa Inggris
Nama guru: Safrida, S.Pd
3.65
A-
3.66
A-
SB


Seni Budaya
Nama guru: Alia, S.Pd
3.23
B+
3.00
B
C

Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan
Kesehatan
Nama guru: Indra S, MPd
3.30
B+
4.00
A
B

Prakarya dan Kewirausahaan
Nama guru: Drs. Rizki
2.60
B-
2.30
C+
B


Sejarah Indonesia
Nama guru: Surya, M.Si
3.60
A-
2.88
B
B

Sejarah Indonesia
Nama guru: Herlina
3.32
B+
2.50
B-
B

Ekonomi
Nama guru: Irawan, MPd
3,95
A
3.47
A-
SB

Ekonomi
Nama guru:
3.62
A-
3.30
B+
B

Sejarah
Nama guru: Irawan, MPd
2.96
B
2.90
B
B

Bahasa Mandarin
Nama guru:
3.61
A-
3.90
A
SB
Ekstra Kurikuler
Keikutsertaan dalam kegiatan
Praja Muda Karana (Pramuka)
Memuaskan. Aktif dalam Perkemahan Wirakarya dan Raimuna Cabang Jakarta Selatan
Palang Merah Remaja (PMR)
Sangat memuaskan. Mengikuti lomba-lomba PMR, aktif
dalam kegiatan bulan dana PMI dan membantu korban
banjir di daerah Pondok Karya.
Ketidakhadiran

Sakit                         : 1 hari
Izin                           : --- hari
Tanpa Keterangan : --- hari


No
Mata Pelajaran
Kompetensi
Catatan

Kelompok A


1.
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
Pengetahuan
Baik, sudah memahami seluruh kompetensi, terutama sangat baik dalam memahami makna mujahadah an-nas.
Terus berlatih agar lebih baik dalam kompetensi yang lain.


Ketrampilan
Sudah terampil dalam hafalan sebagian besar surat-surat yang ditentukan, namun masih perlu banyak berlatih dalam hafalan Q.S.An-Nur(24):2.


Sikap spiritual dan sosial
Sudah baik mengamalkan agama yang dianutnya, konsisten menunjukkan sikap jujur dan hormat kepada guru, namun kontrol dirinya perlu ditingkatkan.
2.
Sejarah Indonesia
Pengetahuan
Sudah memahami beberapa konsep dalam ruang lingkup Sejarah Indonesia, unsur-unsur dalam kebudayaan dan keragaman budaya, namun perlu lebih banyak mengenal berbagai hasil kebudayaan di Indonesia. perlu banyak membaca referensi tentang budaya Indonesia.

Ketrampilan

Sikap spiritual dan sosial






R-3.3
 
RUBRIK PENGOLAHAN NILAI SEJARAH INDONESIA UNTUK RAPOR

Rubrik pengolahan nilai Sejarah Indonesia untuk rapor digunakan fasilitator untuk menilai hasil rancangan peserta pelatihan dalam pengolahan nilai rapor. 
Langkah-langkah penilaian hasil analisis
1.    Cermati   tugas yang diberikan kepada peserta pelatihan pada LK -3.3
2.    Berikan nilai pada rancangan pengolahan  penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan  sesuai dengan penilaian Anda terhadap  hasil rancangan nilai rapor yang dibuat peserta pelatihan
PERINGKAT
NILAI
KRITERIA
Amat Baik ( AB)
90 < AB ≤ 100
Hasil rancangan pengolahan  penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan tepat,  deskripsi capaian kompetensi tiga macam penilaian sesuai dengan data nilai
Baik  (B)
80 < B ≤ 90
Hasil rancangan pengolahan  penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan tepat, dua deskripsi capaian kompetensi sesuai dengan data nilai
Cukup (C)
70 < C  ≤ 80
Hasil rancangan pengolahan dua macam penilaian   tepat, dua  deskripsi capaian kompetensi sesuai dengan data nilai
Kurang (K)
≤ 70
Hasil rancangan pengolahan  dua macam penilaian   tepat,satu deskripsi capaian kompetensi  sesuai dengan data nilai










Tidak ada komentar:

Posting Komentar