|
PENGOLAHAN DAN PELAPORAN NILAI
MATA PELAJARAN SEJARAH
INDONESIA
PETUNJUK KEGIATAN
Kompetensi : Melaporkani
hasil penilaian proses dan hasil belajar
ke dalam laporan hasil belajar.
Tujuan Kegiatan : Melalui kegiatan ini, peserta mampu mengolah hasil penilaian proses dan hasil
belajar ke dalam laporan hasil belajar.
Langkah
Kegiatan:
1.
Pelajari prosedur pengolahan nilai rapor dan format
rapor pada dokumen Penilaian Hasil Belajar SMA
2.
Rancanglah contoh nilai proses dan hasil belajar
seorang peserta didik yang meliputi penilaian
sikap, pengetahuan dan keterampilan untuk mata pelajaran Sejarah
Indonesia selama satu semester
3.
Olah masing-masing nilai menjadi nilai rapor dan
predikatnya
4.
Buatlah deskripsi untuk masing-masing capaian
kompetensi
5.
Masukkan kedalam format rapor
CARA PENGISIAN RAPOR SMA
1
Buku
laporan hasil belajar diisi
dengan tulisan
yang rapi dan jelas.
2
Nama
peserta didik di halaman judul, data Satuan Pendidikan di lembar 1, dan data
peserta didik di lembar 2 ditulis menggunakan huruf kapital yang jelas dan
rapi.
3
Lembar 2 yang
berisi data peserta didik, dilengkapi dengan foto peserta didik
terbaru berukuran
3 x 4.
4
Lembar CAPAIAN
kompetensi semester 1 diisi dengan:
a. Identitas
Satuan Pendidikan dan identitas peserta didik.
b. Pada
kolom Pengetahuan
dan Keterampilan diisi dengan perolehan nilai dari tiap guru mata pelajaran
yang berupa angka (berdasarkan perhitungan skala 1 s.d 4) dan Kode Huruf (predikat).
c. Untuk
kolom Sikap Spiritual dan Sosial (KI-1 dan KI-2), dalam kolom Mapel diisi dengan
menggunakan nilai kualitatif:
SB =
Sangat Baik
B =
Baik
C =
Cukup
K =
Kurang
d. Untuk
kolom Sikap Spiritual dan Sosial (KI-1 dan KI-2) antarmapel diisi oleh wali kelas dengan
deskripsi kesimpulan dari
sikap peserta
didik secara keseluruhan dalam mata pelajaran. Kesimpulan tersebut
diperoleh melalui rapat bersama dengan guru mata pelajaran.
KRITERIA PENILAIAN
1. Penilaian
rapor untuk pengetahuan menggunakan
penilaian kuantitatif dengan skala 1 – 4 (kelipatan 0,33), dengan 2 (dua)
desimal dan diberi predikat sebagai berikut:
A : 3,67 – 4.00
|
C+ : 2,01 - 2,33
|
A- : 3,34 - 3,66
|
C : 1,67 - 2,00
|
B+ : 3,01 - 3,33
|
C- : 1,34 - 1,66
|
B : 2,67 - 3,00
|
D+ : 1,01 - 1,33
|
B- : 2,34 - 2,66
|
D : ≤ 1,00
|
CONTOH PENGISIAN
Nama Sekolah : SMA …….. Kelas
: X
Alamat : ………………………………. Semester : 1 (Satu)
Tahun
Pelajaran: 2013-2014
Nama Peserta Didik : ………………….
Nomor Induk/NISN : …………………..
CAPAIAN KOMPETENSI
MATA
PELAJARAN
|
Pengetahuan
(KI – 3)
|
Ketrampilan
(KI – 4)
|
Sikap
Spiritual dan Sosial (KI-1 dan Ki-2)
|
|||||
Dalam mapel
|
antarmapel
|
|||||||
Kelompok A (Wajib)
|
|
|||||||
|
Pendidikan Agama dan
Budi Pekerti
Nama guru : Achmad
Syukur, S,Ag
|
3.85
|
A
|
3.65
|
A-
|
SB
|
Peserta didik
sudah
menunjukkan
sikap
mengamalkan
ajaran
agamanya,
konsisten
menerapkan
sikap santun,
jujur dan
kerjasama,
namun masih
perlu ditingkatkan
lagi sikap
percaya diri dan
kepedulian
terhadap
lingkungan.
|
|
|
Pendidikan Pancasila
dan
Kewarganegaraan
Nama
guru: Drs. Widodo
|
3.60
|
A-
|
3.30
|
B+
|
B
|
||
|
Bahasa Indonesia
Nama guru: Indrawati,
S.Pd,
|
3,90
|
A
|
3.88
|
A
|
SB
|
||
|
Matematika
Nama
guru: Irawan, MPd
|
3.50
|
A-
|
3.00
|
B
|
B
|
||
|
Sejarah Indonesia
Nama guru: Ana Rosida,
S.Pd, MM
|
2,95
|
B
|
3.33
|
B+
|
B
|
||
|
Bahasa Inggris
Nama guru: Safrida,
S.Pd
|
3.65
|
A-
|
3.66
|
A-
|
SB
|
||
|
||||||||
|
Seni Budaya
Nama guru: Alia, S.Pd
|
3.23
|
B+
|
3.00
|
B
|
C
|
||
|
Pendidikan Jasmani,
Olah Raga, dan
Kesehatan
Nama guru: Indra S, MPd
|
3.30
|
B+
|
4.00
|
A
|
B
|
||
|
Prakarya dan
Kewirausahaan
Nama guru: Drs. Rizki
|
2.60
|
B-
|
2.30
|
C+
|
B
|
||
|
||||||||
|
Sejarah Indonesia
Nama guru: Surya, M.Si
|
3.60
|
A-
|
2.88
|
B
|
B
|
||
|
Sejarah Indonesia
Nama guru: Herlina
|
3.32
|
B+
|
2.50
|
B-
|
B
|
||
|
Ekonomi
Nama
guru: Irawan, MPd
|
3,95
|
A
|
3.47
|
A-
|
SB
|
||
|
Ekonomi
Nama guru:
|
3.62
|
A-
|
3.30
|
B+
|
B
|
||
|
Sejarah
Nama
guru: Irawan, MPd
|
2.96
|
B
|
2.90
|
B
|
B
|
||
|
Bahasa Mandarin
Nama guru:
|
3.61
|
A-
|
3.90
|
A
|
SB
|
||
Ekstra
Kurikuler
|
Keikutsertaan
dalam kegiatan
|
|||||||
Praja Muda Karana
(Pramuka)
|
Memuaskan. Aktif dalam
Perkemahan Wirakarya dan Raimuna Cabang Jakarta Selatan
|
|||||||
Palang Merah Remaja
(PMR)
|
Sangat memuaskan.
Mengikuti lomba-lomba PMR, aktif
dalam kegiatan bulan
dana PMI dan membantu korban
banjir di daerah Pondok
Karya.
|
|||||||
Ketidakhadiran
|
||||||||
Sakit : 1 hari
Izin : --- hari
Tanpa Keterangan : ---
hari
|
||||||||
No
|
Mata
Pelajaran
|
Kompetensi
|
Catatan
|
|
Kelompok A
|
|
|
1.
|
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
|
Pengetahuan
|
Baik, sudah memahami
seluruh kompetensi, terutama sangat baik dalam memahami makna mujahadah
an-nas.
Terus berlatih agar
lebih baik dalam kompetensi yang lain.
|
|
|
Ketrampilan
|
Sudah terampil dalam
hafalan sebagian besar surat-surat yang ditentukan, namun masih perlu banyak
berlatih dalam hafalan Q.S.An-Nur(24):2.
|
|
|
Sikap spiritual dan sosial
|
Sudah baik mengamalkan
agama yang dianutnya, konsisten menunjukkan sikap jujur dan hormat kepada
guru, namun kontrol dirinya perlu ditingkatkan.
|
2.
|
Sejarah Indonesia
|
Pengetahuan
|
Sudah memahami beberapa
konsep dalam ruang lingkup Sejarah Indonesia, unsur-unsur dalam kebudayaan
dan keragaman budaya, namun perlu lebih banyak mengenal berbagai hasil
kebudayaan di Indonesia. perlu banyak membaca referensi tentang budaya
Indonesia.
|
|
Ketrampilan
|
||
|
Sikap spiritual dan
sosial
|
|
RUBRIK PENGOLAHAN NILAI
SEJARAH INDONESIA UNTUK RAPOR
Rubrik pengolahan nilai Sejarah Indonesia untuk rapor digunakan
fasilitator untuk menilai hasil rancangan
peserta pelatihan dalam pengolahan nilai rapor.
Langkah-langkah
penilaian hasil analisis
1.
Cermati tugas yang diberikan kepada
peserta pelatihan pada LK -3.3
2.
Berikan nilai
pada rancangan pengolahan penilaian
sikap, pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan penilaian Anda terhadap hasil rancangan nilai rapor yang dibuat peserta pelatihan
PERINGKAT
|
NILAI
|
KRITERIA
|
Amat Baik ( AB)
|
90 < AB ≤ 100
|
Hasil
rancangan
pengolahan penilaian sikap,
pengetahuan dan keterampilan tepat,
deskripsi capaian kompetensi tiga macam penilaian sesuai dengan data
nilai
|
Baik
(B)
|
80 < B ≤ 90
|
Hasil
rancangan pengolahan penilaian sikap, pengetahuan dan
keterampilan tepat, dua deskripsi
capaian kompetensi sesuai dengan data nilai
|
Cukup (C)
|
70 < C ≤ 80
|
Hasil
rancangan pengolahan dua
macam penilaian tepat, dua
deskripsi capaian kompetensi sesuai dengan data nilai
|
Kurang (K)
|
≤ 70
|
Hasil
rancangan pengolahan dua macam penilaian tepat,satu
deskripsi capaian kompetensi sesuai
dengan data nilai
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar