Jumat, 24 November 2017

PERANCANGAN PENILAIAN DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA

  LK-3.2
 
Lembar Kerja

PERANCANGAN PENILAIAN DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA
Tujuan Kegiatan:        Pada kegiatan ini diharapkan  peserta mampu merancang  instrumen penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan  dalam pembelajajaran Sejarah Indonesia
Langkah Kegiatan  :
1.       Kerjakan dalam kelompok, cermati contoh-contoh pengembangan instrumen penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan serta lembar kerja perancangan  instrumen penilaian
2.       Pilihlah satu subtopik/submateri/subtema untuk dari satu KD, sebaiknya topic/materi yang dipilih sesuai  dengan model-model pembelajaran yang telah dikembangkan oleh kelompok Anda
3.       Isilah Lembar Kerja perancangan  penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan  dengan contoh instrumen untuk masing-masing bentuk  penilaian
4.       Presentasikan hasil kerja kelompok  Anda
5.       Perbaiki rancangan instrumen penilaian jika ada saran atau usulan perbaikan

Format:
  Identitas Materi
Kompetensi Dasar
:
3. ..………………….................................................................
4…. ………………..............................................................…..
2.........................................................................................
Topik/Materi
:
……………………………….....................................................….. 
Sub Topik/Sub Materi
:
...........................................................................................
1.       Instrumen Penilaian Sikap
Indikator:  ..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
a.       Observasi


b.      Penilaian Diri


c.       Antar Peserta Didik


d.      Jurnal




2.       Instrumen Penilaian Pengetahuan
Indikator :  ..........................................................................................................................
 ..........................................................................................................................


a.       Tes Tertulis

-          Pilihan Ganda

-          Uraian

b.      Tes Lisan

c.       Tes Penugasan


3.       Instrumen Penilaian Keterampilan
Indikator:  ..........................................................................................................................
..........................................................................................................................


a.       Tes Praktik


b.      Tes Proyek
-          Proyek
-          Produk


c.       Portofolio











R- 3.2
 
RUBRIK PENILAIAN PERANCANGAN PENILAIAN DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA
Rubrik penilaian ini digunakan fasilitator untuk menilai hasil rancangan peserta pelatihan yang meliputi rancangan instrumen penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan.  Pada penilaian sikap peserta ditugaskan dalam kelompoknya membuat instrumen observasi, penilaian diri, penilaian antar teman dan jurnal. Pada penilaian pengetahuan peserta ditugaskan membuat intrumen tes tertulis (Pilihan Ganda dan Uraian), tes lisan, tugas, sedangkan pada penilaian keterampilan peserta ditugaskan membuat instrumen tes praktik, tes proyek dan tugas portofolio
Langkah-langkah penilaian
1.       Cermati kriteria  penilaian  produk peserta
2.       Berikan nilai pada setiap produk intrumen  sesuai dengan penilaian Anda terhadap   produk tersebut menggunakan criteria penilaian  nilai sebagai berikut
Penilaian Sikap
PERINGKAT
NILAI
KRITERIA
Amat Baik
( AB)
 90 < AB ≤ 100
1.       Terdapat identitas instrumen :  KD, topik, sub topik dengan lengkap
2.       Terdapat indikator   yang dirumuskan dengan benar
3.       Terdapat empat bentuk instrumen penilaian sikap
4.       Seluruh instrumen penilaian dibuat sesuai kriteria pengembangannya
Baik  (B)
80 < B ≤ 90
Ada 3 aspek sesuai dengan kriteria, 1 aspek kurang sesuai
Cukup (C)
70 < C  ≤ 80
Ada 2  aspek sesuai dengan kriteria, 2 aspek kurang sesuai
Kurang (K)
≤ 70
 Ada 1  aspek sesuai dengan kriteria, 3 aspek kurang sesuai
Penilaian Pengetahuan
PERINGKAT
NILAI
KRITERIA
Amat Baik
( AB)
 90 < AB ≤ 100
1.    Terdapat identitas instrumen :  KD, topik, sub topik dengan lengkap
2.    Terdapat indikator   yang dirumuskan dengan benar
3.    Terdapat empat bentuk instrumen penilaian sikap
4.    Seluruh instrumen penilaian dibuat sesuai kriteria pengembangannya
Baik  (B)
80 < B ≤ 90
Ada 3 aspek sesuai dengan kriteria, 1 aspek kurang sesuai
Cukup (C)
70 < C  ≤ 80
Ada 2  aspek sesuai dengan kriteria, 2 aspek kurang sesuai
Kurang (K)
≤ 70
 Ada 1  aspek sesuai dengan kriteria, 3 aspek kurang sesuai
Penilaian Keterampilan
PERINGKAT
NILAI
KRITERIA
Amat Baik
( AB)
 90 < AB ≤ 100
1.       Terdapat identitas instrumen :  KD, topik, sub topik dengan lengkap
2.       Terdapat indikator   yang dirumuskan dengan benar
3.       Terdapat empat bentuk instrumen penilaian sikap
4.       Seluruh instrumen penilaian dibuat sesuai kriteria pengembangannya
Baik  (B)
80 < B ≤ 90
Ada 3 aspek sesuai dengan kriteria, 1 aspek kurang sesuai
Cukup (C)
70 < C  ≤ 80
Ada 2  aspek sesuai dengan kriteria, 2 aspek kurang sesuai
Kurang (K)
≤ 70
 Ada 1  aspek sesuai dengan kriteria, 3 aspek kurang sesuai


Tidak ada komentar:

Posting Komentar