|
Lembar Kerja
PERANCANGAN PENILAIAN DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH
INDONESIA
Tujuan
Kegiatan: Pada kegiatan ini diharapkan peserta mampu merancang instrumen
penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan
dalam pembelajajaran Sejarah Indonesia
Langkah
Kegiatan :
1. Kerjakan dalam kelompok, cermati contoh-contoh
pengembangan instrumen penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan serta lembar kerja perancangan instrumen penilaian
2. Pilihlah satu subtopik/submateri/subtema untuk
dari satu KD, sebaiknya topic/materi yang dipilih sesuai dengan model-model pembelajaran yang telah
dikembangkan oleh kelompok Anda
3.
Isilah Lembar
Kerja perancangan penilaian sikap, pengetahuan dan
keterampilan dengan contoh instrumen
untuk masing-masing bentuk penilaian
4.
Presentasikan
hasil kerja kelompok Anda
5.
Perbaiki
rancangan instrumen penilaian jika ada saran
atau usulan perbaikan
Format:
Identitas Materi
Kompetensi
Dasar
|
:
|
3. ..………………….................................................................
4…. ………………..............................................................…..
2.........................................................................................
|
Topik/Materi
|
:
|
……………………………….....................................................…..
|
Sub Topik/Sub Materi
|
:
|
...........................................................................................
|
1. Instrumen Penilaian
Sikap
Indikator: ..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
a. Observasi
b. Penilaian Diri
c. Antar Peserta Didik
d. Jurnal
|
2. Instrumen
Penilaian Pengetahuan
Indikator
:
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
a. Tes Tertulis
-
Pilihan
Ganda
-
Uraian
b. Tes Lisan
c. Tes Penugasan
|
3.
Instrumen Penilaian Keterampilan
Indikator: ..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
a. Tes Praktik
b. Tes Proyek
-
Proyek
-
Produk
c. Portofolio
|
|
RUBRIK
PENILAIAN PERANCANGAN PENILAIAN DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH
INDONESIA
Rubrik
penilaian ini digunakan fasilitator
untuk menilai hasil rancangan peserta
pelatihan yang meliputi rancangan instrumen penilaian sikap, pengetahuan dan
keterampilan. Pada penilaian sikap
peserta ditugaskan dalam kelompoknya membuat instrumen observasi, penilaian
diri, penilaian antar teman dan jurnal. Pada penilaian pengetahuan peserta
ditugaskan membuat intrumen tes tertulis (Pilihan Ganda dan Uraian), tes lisan,
tugas, sedangkan pada penilaian keterampilan peserta ditugaskan membuat
instrumen tes praktik, tes proyek dan tugas portofolio
Langkah-langkah penilaian
1. Cermati kriteria penilaian produk peserta
2. Berikan nilai pada setiap produk
intrumen sesuai dengan penilaian Anda terhadap produk tersebut
menggunakan
criteria penilaian nilai sebagai berikut
Penilaian
Sikap
PERINGKAT
|
NILAI
|
KRITERIA
|
Amat Baik
( AB)
|
90 < AB ≤ 100
|
1. Terdapat identitas instrumen : KD, topik, sub topik dengan lengkap
2. Terdapat indikator yang dirumuskan dengan benar
3. Terdapat empat bentuk instrumen
penilaian sikap
4. Seluruh instrumen penilaian dibuat
sesuai kriteria pengembangannya
|
Baik (B)
|
80 < B ≤ 90
|
Ada 3 aspek sesuai dengan kriteria, 1
aspek kurang sesuai
|
Cukup (C)
|
70 < C ≤ 80
|
Ada 2
aspek sesuai dengan kriteria, 2 aspek kurang sesuai
|
Kurang (K)
|
≤ 70
|
Ada 1
aspek sesuai dengan kriteria, 3 aspek kurang sesuai
|
Penilaian
Pengetahuan
PERINGKAT
|
NILAI
|
KRITERIA
|
Amat Baik
( AB)
|
90 < AB ≤ 100
|
1. Terdapat identitas instrumen : KD, topik, sub topik dengan lengkap
2. Terdapat indikator yang dirumuskan dengan benar
3. Terdapat empat bentuk instrumen
penilaian sikap
4. Seluruh instrumen penilaian dibuat
sesuai kriteria pengembangannya
|
Baik (B)
|
80 < B ≤ 90
|
Ada 3 aspek sesuai dengan kriteria, 1
aspek kurang sesuai
|
Cukup (C)
|
70 < C ≤ 80
|
Ada 2
aspek sesuai dengan kriteria, 2 aspek kurang sesuai
|
Kurang (K)
|
≤ 70
|
Ada 1
aspek sesuai dengan kriteria, 3 aspek kurang sesuai
|
Penilaian
Keterampilan
PERINGKAT
|
NILAI
|
KRITERIA
|
Amat Baik
( AB)
|
90 < AB ≤ 100
|
1. Terdapat identitas instrumen : KD, topik, sub topik dengan lengkap
2. Terdapat indikator yang dirumuskan dengan benar
3. Terdapat empat bentuk instrumen
penilaian sikap
4. Seluruh instrumen penilaian dibuat
sesuai kriteria pengembangannya
|
Baik (B)
|
80 < B ≤ 90
|
Ada 3 aspek sesuai dengan kriteria, 1
aspek kurang sesuai
|
Cukup (C)
|
70 < C ≤ 80
|
Ada 2
aspek sesuai dengan kriteria, 2 aspek kurang sesuai
|
Kurang (K)
|
≤ 70
|
Ada 1
aspek sesuai dengan kriteria, 3 aspek kurang sesuai
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar