Jumat, 24 November 2017

TELAAH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

TELAAH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

PETUNJUK
Kompetensi:   Mampu mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sesuai dengan   Standar Proses
Tujuan Kegiatan : Melalui kegiatan telaah RPP, peserta mampu mengembangkan RPP menggunakan pendekatan saintifik  dan sesuai dengan prinsip-prinsip pengembangan RPP
Langkah Kegiatan:
Untuk Fasilitator
1.       Mintalah peserta agar saling menukar RPP yang telah dihasilkan secara berkelompok untuk ditelaah dan mencermati format telaah RPP yang tersedia.
2.       Diskusikanlah secara singkat setiap aspek RPP yang harus ditelaah dalam format tersebut!
3.       Instruksikan kepada  pesertauntuk mendiskusikan dan mengisi format sesuai dengan RPP yang ditelaah dalam waktu yang telah ditentukan!
4.       Pandulah peserta untuk mendiskusikan lebih lanjut dengan memberikan klarifikasi

Untuk Peserta
1.       Pelajari  dan diskusikan setiap aspek RPP yang harus ditelaah dalam format yang tersedia
2.       Isilah format sesuai dengan petunjuk pada format telaah RPP 
3.       Berikan catatan khusus atau alasan Anda memberi skor pada suatu  aspek  pada RPP
4.       Berikan masukan atau rekomendasi secara umum sebagai saran perbaikan   RPP pada kolom yang tersedia













LK- 4.2.
 
FORMAT TELAAH RPP
1.       Berilah   tanda cek ( V) pada kolom skor (1, 2, 3 ) sesuai dengan kriteria yang tertera pada kolom tersebut. Berikan catatan atau saran untuk perbaikan RPP sesuai penilaian Anda
2.       Isilah Identitas RPP yang ditelaah.
Nama Guru                         : .....................................................
Mata pelajaran                 : .....................................................
Topik/Sub topik                : ......................................................
No
Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Hasil Penelaahan dan Skor
Catatan
1
2
3
A
Identitas Mata Pelajaran
Tidak ada 
Kurang Lengkap 
Sudah
 Lengkap

1.
Terdapat :  satuan pendidikan,kelas, semester, program/program keahlian, mata pela­jaran atau tema pelajaran/subtema, jumlah pertemuan




B.
Perumusan  Indikator
Tidak Sesuai
Sesuai Sebagian
Sesuai Seluruhnya

1.
 Kesesuaian dengan Kompetensi Dasar





2.
Kesesuaian penggunaan kata kerja opera­sional dengan kompetensi yang diukur 




3.
Kesesuaian rumusan dengan aspek pengetahuan.




4
Kesesuaian rumusan dengan aspek ketrampilan




C.
Perumusan Tujuan Pembelajaran
Tidak Sesuai
Sesuai Sebagian
Sesuai Seluruhnya

1
Kesesuaian dengan Indikator




2
Kesesuaian  perumusan dengan aspek Audience, Behaviour, Condition, dan Degree




D.
Pemilihan Materi Ajar
Tidak Sesuai
Sesuai Sebagian
Sesuai Seluruhnya

1.
Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran




2.
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik




3
Keruntutan uraian materi ajar




E.
Pemilihan Sumber Belajar
Tidak Sesuai
Sesuai Sebagian
Sesuai Seluruhnya

1.
Kesesuaian dengan Tujuan pembelajaran




2.
Kesesuaian  dengan  materi pembelajaran




3
Kesesuaian dengan pendekatan saintifik




4.
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik





F.
Pemilihan Media Belajar
Tidak Sesuai
Sesuai Sebagian
Sesuai Seluruhnya

1.
Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran




2.
Kesesuaian  dengan materi pembelajaran




3
Kesesuaian dengan pendekatan saintifik




4.
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik




G.
Metode Pembelajaran
Tidak Sesuai
Sesuai Sebagian
Sesuai Seluruhnya

1.
Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran




2.
Kesesuaian dengan pendekatan saintifik




3
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik




H.
Skenario  Pembelajaran
Tidak Sesuai
Sesuai Sebagian
Sesuai Seluruhnya

1.
Menampilkan kegiatan   pendahuluan, inti, dan penutup dengan jelas




2.
Kesesuaian kegiatan  dengan  pendekatan saintifik(mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan informasi, mengkomunikasikan)




3
Kesesuaian dengan metode pembelajaran




4.
Kesesuaian kegiatan dengan   sistematika/keruntutan materi




5.
Kesesuaian alokasi waktu  kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup dengan cakupan materi




I.
Rancangan Penilaian Otentik
Tidak Sesuai
Sesuai Sebagian
Sesuai Seluruhnya

1
Kesesuaian bentuk, tehnik dan instrumen dengan indikator pencapaian kompetensi




2.
Kesesuaian antara bentuk, tehnik dan instrumen  Penilaian Sikap




3.
Kesesuaian antara bentuk, tehnik dan instrumen  Penilaian Pengetahuan




4.
Kesesuaian antara bentuk, tehnik dan instrumen  Penilaian Ketrampilan




Jumlah skor




Rounded Rectangle: Masukan terhadap RPP secara umum:
.................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................... ..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
 










R- 4.2
 
RUBRIK PENILAIAN TELAAH RPP

Rubrik Penilaian RPP ini digunakan peserta pada saat penelaahan RPP peserta lain dan digunakan fasilitator untuk menilai RPP yang disusun oleh masing-masing peserta. Selanjutnya nilai RPP dimasukan ke dalam nilai portofolio peserta.

Langkah-langkah penilaian RPP sebagai berikut:
1.       Cermati format penilaian RPP dan RPP yang akan dinilai
2.       Berikan nilai pada stiap komponen RPP dengan cara membubuhkan tanda cek (√) pada kolom  pilihan  (skor = 1),  (skor = 2), atau  (skor = 3) sesuai dengan penilaian Anda terhadap RPP yang ditelaah atau dinilai
3.       Berikan catatan khusus atau saran perbaikan  perencanaan  pembelajaran
4.       Setelah selesai penilaian, hitung jumlah skor yang diperoleh
5.       Tentukan Nilai menggunakan rumus sbb:

Mata Pelajaran

PERINGKAT
NILAI
Amat Baik ( AB)
 90 < AB ≤ 100
Baik (B)
80 < B ≤ 90
Cukup (C)
 70 < C  ≤ 80
Kurang (K)
≤ 70


Tidak ada komentar:

Posting Komentar