Jumat, 24 November 2017

BUKU GURU dan BUKU SISWA

Lembar Kegiatan

Bacalah informasi berikut, selanjutnya silakah melakukan analisis buku sesuai dengan petunjuk pada lembar kegiatan Analisis Buku Guru dan Buku Siswa
BUKU GURU  dan BUKU SISWA
Buku guru dan buku siswa merupakan salah satu sarana iImplementasiKurikulum Tahun 2013  dalam pembelajaran.  Buku guru dan buku siswa telah disiapkan Pemerintah  sesuai dengan Permendikbud nomor 71 Tahun 2013 tentang Buku Teks Pelajaran dan Buku Panduan Guru.
A.   Buku Guru
Buku Guru  merupakan pedoman bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran  yang meliputi persiapan, pelaksanaan dan penilaian serta  pedoman penggunaan  buku siswa. Buku guru terdiri dari dua bagian,  yaitu petunjuk umum pembelajaran dan  petunjuk khusus pelaksanaan pembelajaran pada setiap bab sesuai dengan  buku siswa. 
Petunjuk umum pembelajaran  berisi informasi tentang cakupan dan lingkup materi pembelajaran, tujuan pembelajaran, strategi pembelajaran yang meliputi pendekatan, model dan metode, penjelasan tentang media dan sumber belajar serta  prinsip-prinsip penilaian pada pembelajaran. 
Petunjuk khusus pembelajaran  terdiri dari beberapa bab sesuai dengan materi pada buku siswa.  Umumnya berisi  informasi  bagi guru untuk persiapan pelaksanaan pembelajaran  dan penilaian pembelajaran pada bab tersebut. Pada umumnya bagian ini berisi : peta konsep untuk materi pada bab ini, cakupan materi untuk tatap muka, KI dan KD yang sesuai dengan materi,  alokasi waktu dan rincian materi setiap tatap muka. Selanjutnya pada bagian ini terdapat uraian pembelajaran untuk setiap tatap muka, mulai dari tujuan pembelajaran, alternatif kegiatan pembelajaran, sumber belajar dan media pembelajaran. Bagian penilaian  berisi informasi tentang teknik dan bentuk penilaian oleh guru, penilaian diri, penilaian antar peserta didik dan informasi pembahasan soal pada buku siswa. Pada buku guru juga ada informasi bagaimana cara informasi komunikasi dengan Orangtua/Wali.
B.    Buku Siswa
Buku siswa merupakan buku sumber belajar bagi siswa/peserta didik yang memuat hal-hal berikut, yaitu: Judul bab, infomasi kompetensi dasar yang sesuai dengan topik pada setiap bab. Pada setiap bab dilengkapi dengan peta konsep, pengantar, bagian kegiatan siswa baik ekperimen maupun non eksperimen atau diskusi, latihan soal, rangkuman,  evaluasi, dan tugas bagi peserta didik.
Penggunaan buku siswa oleh peserta didik disarankan dimulai dengan membaca dan mengkaji bagian pengantar bab atau subbab, melakukan kegiatan-kegiatan yang tersedia, mendiskusikan hasil kegiatan dan memverifikasi hasil diskusi dengan informasi konsep yang ada di buku. Uraian materi lainnya merupakan bagian untuk memperdalam pemahaman konsep dan diakhiri dengan soal-soal untuk menguji pemahaman konsep secara individual.
Buku guru dan buku siswa  merupakan standar minimal yang dapat dikembangkan jika guru merasa perlu mengembangkannya sesuai dengan kondisi sekolah, terutama yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran, guru dapat menyesuaikan sesuai dengan alat dan bahan praktikum atau media belajar  yang tersedia di sekolah atau  model-model pembelajaran yang dipilih guru.

LK 2.1
Analisis Buku Siswa

PETUNJUK PENGISIAN FORMAT ANALISIS BUKU SISWA

Kompetensi:
1.       Memahami isi buku siswa sebagai panduan pelaksanaan pembelajaran
2.       Memahami strategi menggunakan buku siswa dalam kegiatan pembelajaran.
3.       Merencanakan tindak lanjutberasarkan  hasil analisis buku untuk persiapan pembelajaran.


Tujuan: Melalui kegiatan analisis buku siswa peserta dapat
-          Mendeskripsikan isi buku siswa yang   sesuai dengan kegiatan perencanaan pembelajaran
-          Mendeskripsikan  isi buku siswa yang sesuai dengan penilaian proses dan hasil belajar
-          Menganalisis kesesuaian isi buku siswa dan menentukan tindak lanjut  berdasarkan hasil analisis

Panduan kegiatan:
1.       Kerjakanlah secara berkelompok!
2.       Pelajari format Analisis Buku Siswa
3.       Siapkan SKL, KI dan KD sesuai jenjang pendidikan dan mata pelajaran!
4.       Cermatilah  buku siswa  yang berisi teks materi pembelajaran dan informasi lainnya seperti kegiatan siswa dan evaluasi
5.       Lakukanlah analisis terhadap buku siswa dan  tuliskan hasil analisis pada kolom yang tersedia pada format dengan cara:
-          mendeskripsikan secara singkat isi buku  sesuai dengan aspek-aspek yang dianalisis
-          memberikan tanda cek ( √ ) pada kolom kualifikasi kurang, cukup atau baik
-          menuliskan alasan Anda memilih kualifikasi tersebut
-          Berdasarkan hasil analisis, tuliskan alasan dan tindak lanjut hasil analisis ,
-          Jika kurang/tidak sesuai, Anda  disarankan untuk memberikan rekomendasi tindak lanjut yang harus dikerjakan guru sebagai pengguna buku siswa untuk proses pembelajaran. 
-          Jika sesuai dengan kebutuhan, buku bisa digunakan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran.

FORMAT ANALISIS BUKU SISWA

Judul Buku          : .....................................................................................................
Kelas                     :  ....................................................................................................
Jenjang                : .....................................................................................................
  Topik                   : .....................................................................................................

Komponen Buku
Deskripsi pada buku
Kualifikasi
Alasan
Tindak lanjut
Kurang
Cukup
Baik
A.   Sistematika

Judul  sesuai dengan  KD yang harus dicapai








Urutan sub topik /materi sesuai dengan  KD dan sistematika keilmuan









 Komponen penilaian  sesuai tuntutan penilaian autentik









B. Uraian Materi             
Pendahuluan bab memotivasi siswa untuk belajar








Cakupan materi setiap sub topik/sub bab  memenuhi kebutuhan pencapaian KD






Kegiatan pada buku memfasilitasi pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik










C. Penilaian Proses dan Hasil Belajar

Penilaian  Pengetahuan








Penilaian Sikap







Penilaian Keterampilan










Tugas










Deskripsi rekomendasi hasil analisis buku siswa
....................................................................................................................... .......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................










R- 2.1
RUBRIK PENILAIAN ANALISIS BUKU SISWA
Rubrik penilaian analisis buku siswadigunakan fasilitator untuk menilai hasil analisis peserta pelatihan terhadap buku siswa sesuai dengan mata pelajaran yang diampu
Langkah-langkah penilaian hasil analisis
1.       Cermati format penilaian analisis buku siswa   serta  hasil analisis peserta  yang akan dinilai
2.       Berikan nilai pada setiap komponen sesuai dengan penilaian Anda terhadap  hasil analisis menggunakan rentang nilai sebagai berikut

PERINGKAT
NILAI
KRITERIA
Amat Baik ( AB)
 90 < AB ≤ 100
Hasil analisis tepat, tindak lanjut logis dan bisa dilaksanakan
Baik  (B)
80 < B ≤ 90
Hasil analisis tepat, tindak lanjut kurang logis
Cukup (C)
 70 < C  ≤ 80
Hasil analisis kurang tepat, tindak lanjut logis
Kurang (K)
≤ 70
Hasil analisis kurang tepat, tindak lanjut tidak logis

3.       Setelah selesai penilaian masing-masing komponen, jumlahkan nilai seluruh komponen    sehingga menghasilkan  nilai hasil analisis buku siswa












LK- 2.2
Analisis Buku Guru

PETUNJUK PENGISIAN FORMAT ANALISIS BUKU GURU
Kompetensi:
1.       Memahami isi buku guru sebagai panduan bagi guru dalam pelaksanaan pembelajaran
2.       Merencanakan tindak lanjut berdasarkan  hasil analisis buku untuk persiapan pembelajaran.
Tujuan: Melalui kegiatan analisis buku guru peserta dapat
-          Mendeskripsikan isi buku guru  yang   sesuai dengan kegiatan perencanaan pembelajaran
-          Mendeskripsikan  isi buku guru yang sesuai dengan penilaian proses dan hasil belajar
-          Menganalisis kesesuaian isi buku guru dan menentukan tindak lanjut  berdasarkan hasil analisis
Panduan kegiatan:
1.       Kerjakanlah secara berkelompok!
2.       Pelajari format Analisis Buku Guru
3.       Siapkan SKL, KI dan KD sesuai jenjang pendidikan dan mata pelajaran!
4.       Cermatilah  buku guru  yang berisi strategi penyajian pembelajaran dan informasi lainnya 
5.       Lakukanlah analisis terhadap buku guru dan  tuliskan hasil analisis pada kolom yang tersedia pada format dengan cara:
-          mendeskripsikan secara singkat isi buku  sesuai dengan aspek kegiatan guru
-          memberikan tanda cek ( √ ) pada kolom kualifikasi kurang, cukup atau baik
-          menuliskan alas an Anda memilih kualifikasi tersebut
6.       Berdasarkan hasil analisis, tuliskan tindak lanjut hasil analisis ,
Jika kurang/tidak sesuai, Anda  disarankan untuk memberikan rekomendasi tindak lanjut yang harus dikerjakan guru sebagai pengguna buku guru tersebut.  Jika sesuai dengan kebutuhan, buku dapat digunakan sebagai pedoman dalam pembelajaran.
7.       Setelah melakukan analisis buku guru dan buku siswa diskusikan bagaimana keterkaitan antara buku guru dan buku siswa yang Anda analisis.




FORMAT ANALISIS BUKU GURU
Judul Buku        : .....................................................................................................
Kelas                    :  ....................................................................................................
Jenjang               : .....................................................................................................
 Topik                   : .....................................................................................................
Kegiatan  Guru
Isi buku yang relevan dengan  kegiatan guru
Kualifikasi
Alasan
Tindak lanjut
Kurang
Cukup
Baik

A.  Perencanaan Pembelajaran

Menentukan KI dan KD yang berkaitan









Menentukan alokasi waktu









Merumuskan indikator









Merumuskan tujuan pembelajaran









Menentukan cakupan materi pembelajaran









Menentukan pendekatan







Menentukan model









Menentukan strategi







Menentukan metode







Menentukan media, sumber dan alat







Mendeskripsikan langkah pembelajaran sesuai dengan pendekatan, model,  dan  metode












B. Penilaian Proses dan Hasil Belajar

Menilai Pengetahuan
-          Contoh instrumen
-          Pembahasan









Menilai Sikap
-          Contoh instrumen
-          Rubrik









Menilai Keterampilan
-          Contoh instrumen
-          Rubrik









Portofolio







Penilaian Diri







Penilaian Antar Teman






Informasi Pengayaan Belajar







Informasikan hubungan guru dan Orang tua







Deskripsi rekomendasi hasil analisis buku guru
................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................



R - 2.2
RUBRIK PENILAIAN ANALISIS BUKU GURU

Rubrik penilaian analisis buku guru digunakan fasilitator untuk menilai hasil analisis peserta pelatihan terhadap buku guru  sesuai dengan mata pelajaran yang diampu
Langkah-langkah penilaian hasil analisis
1.    Cermati format penilaian analisis buku guru   serta  hasil analisis peserta  yang akan dinilai
2.    Berikan nilai pada setiap komponen sesuai dengan penilaian Anda terhadap  hasil analisis menggunakan rentang nilai sebagai berikut

PERINGKAT
NILAI
KRITERIA
Amat Baik ( AB)
 90 < AB ≤ 100
Hasil analisis tepat, tindak lanjut logis dan bisa dilaksanakan
Baik  (B)
80 < B ≤ 90
Hasil analisis tepat, tindak lanjut kurang logis
Cukup (C)
 70 < C  ≤ 80
Hasil analisis kurang tepat, tindak lanjut logis
Kurang (K)
≤ 70
Hasil analisis kurang tepat, tindak lanjut tidak logis

3.       Setelah selesai penilaian masing-masing komponen, jumlahkan nilai seluruh komponen    sehingga menghasilkan  nilai hasil analisis buku guru




Tidak ada komentar:

Posting Komentar