Lembar Kegiatan
Bacalah informasi berikut, selanjutnya silakah melakukan analisis buku
sesuai dengan petunjuk pada lembar kegiatan Analisis Buku Guru dan Buku Siswa
BUKU GURU dan BUKU SISWA
Buku guru dan buku siswa merupakan
salah satu sarana iImplementasiKurikulum Tahun 2013 dalam pembelajaran. Buku guru dan buku siswa telah disiapkan
Pemerintah sesuai dengan Permendikbud nomor 71 Tahun 2013 tentang
Buku Teks Pelajaran dan Buku Panduan Guru.
A.
Buku
Guru
Buku Guru
merupakan pedoman bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran yang meliputi persiapan, pelaksanaan dan
penilaian serta pedoman penggunaan buku siswa. Buku guru terdiri dari dua
bagian, yaitu petunjuk umum pembelajaran
dan petunjuk khusus pelaksanaan
pembelajaran pada setiap bab sesuai dengan
buku siswa.
Petunjuk umum pembelajaran berisi informasi tentang cakupan dan lingkup
materi pembelajaran, tujuan pembelajaran, strategi pembelajaran yang meliputi
pendekatan, model dan metode, penjelasan tentang media dan sumber belajar
serta prinsip-prinsip penilaian pada
pembelajaran.
Petunjuk khusus pembelajaran terdiri dari beberapa bab sesuai dengan
materi pada buku siswa. Umumnya
berisi informasi bagi guru untuk persiapan pelaksanaan
pembelajaran dan penilaian pembelajaran
pada bab tersebut. Pada umumnya bagian ini berisi : peta konsep untuk materi
pada bab ini, cakupan materi untuk tatap muka, KI dan KD yang sesuai dengan materi, alokasi waktu dan rincian materi setiap tatap
muka. Selanjutnya pada bagian ini terdapat uraian pembelajaran untuk setiap
tatap muka, mulai dari tujuan pembelajaran, alternatif kegiatan pembelajaran,
sumber belajar dan media pembelajaran. Bagian penilaian berisi informasi tentang teknik dan bentuk
penilaian oleh guru, penilaian diri, penilaian antar peserta didik dan
informasi pembahasan soal pada buku siswa. Pada buku guru juga ada informasi
bagaimana cara informasi komunikasi dengan Orangtua/Wali.
B.
Buku Siswa
Buku siswa merupakan buku sumber
belajar bagi siswa/peserta didik yang memuat hal-hal berikut, yaitu: Judul bab,
infomasi kompetensi dasar yang sesuai dengan topik pada setiap bab. Pada setiap
bab dilengkapi dengan peta konsep, pengantar, bagian kegiatan siswa baik
ekperimen maupun non eksperimen atau diskusi, latihan soal, rangkuman, evaluasi, dan tugas bagi peserta didik.
Penggunaan buku siswa oleh peserta
didik disarankan dimulai dengan membaca dan mengkaji bagian pengantar bab atau
subbab, melakukan kegiatan-kegiatan yang tersedia, mendiskusikan hasil kegiatan
dan memverifikasi hasil diskusi dengan informasi konsep yang ada di buku.
Uraian materi lainnya merupakan bagian untuk memperdalam pemahaman konsep dan
diakhiri dengan soal-soal untuk menguji pemahaman konsep secara individual.
Buku guru dan buku siswa
merupakan standar minimal yang dapat dikembangkan jika guru merasa perlu
mengembangkannya sesuai dengan kondisi sekolah, terutama yang berkaitan dengan
kegiatan pembelajaran, guru dapat menyesuaikan sesuai dengan alat dan bahan
praktikum atau media belajar yang
tersedia di sekolah atau model-model
pembelajaran yang dipilih guru.
LK 2.1
|
PETUNJUK PENGISIAN FORMAT ANALISIS BUKU SISWA
Kompetensi:
1.
Memahami isi buku siswa sebagai panduan
pelaksanaan pembelajaran
2.
Memahami strategi menggunakan buku siswa dalam
kegiatan pembelajaran.
3.
Merencanakan tindak lanjutberasarkan hasil analisis buku untuk persiapan pembelajaran.
Tujuan: Melalui kegiatan analisis buku
siswa peserta dapat
-
Mendeskripsikan isi buku siswa yang sesuai dengan kegiatan perencanaan
pembelajaran
-
Mendeskripsikan isi buku siswa yang sesuai dengan penilaian
proses dan hasil belajar
-
Menganalisis kesesuaian isi buku siswa dan
menentukan tindak lanjut berdasarkan
hasil analisis
Panduan kegiatan:
1.
Kerjakanlah secara berkelompok!
2.
Pelajari format Analisis Buku Siswa
3.
Siapkan SKL, KI dan KD sesuai jenjang
pendidikan dan mata pelajaran!
4.
Cermatilah
buku siswa yang berisi teks
materi pembelajaran dan informasi lainnya seperti kegiatan siswa dan evaluasi
5.
Lakukanlah analisis terhadap buku siswa
dan tuliskan hasil analisis pada kolom
yang tersedia pada format dengan cara:
-
mendeskripsikan secara singkat isi buku sesuai dengan aspek-aspek yang dianalisis
-
memberikan tanda cek ( √ ) pada kolom
kualifikasi kurang, cukup atau baik
-
menuliskan alasan Anda memilih kualifikasi
tersebut
-
Berdasarkan hasil analisis, tuliskan alasan
dan tindak lanjut hasil analisis ,
-
Jika kurang/tidak sesuai, Anda disarankan untuk memberikan rekomendasi
tindak lanjut yang harus dikerjakan guru sebagai pengguna buku siswa untuk
proses pembelajaran.
-
Jika sesuai dengan kebutuhan, buku bisa
digunakan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran.
FORMAT ANALISIS BUKU SISWA
Judul Buku : .....................................................................................................
Kelas :
....................................................................................................
Jenjang : .....................................................................................................
Topik :
.....................................................................................................
Komponen Buku
|
Deskripsi pada buku
|
Kualifikasi
|
Alasan
|
Tindak lanjut
|
||
Kurang
|
Cukup
|
Baik
|
||||
A. Sistematika
|
||||||
Judul sesuai dengan KD yang harus dicapai
|
|
|
|
|
|
|
Urutan sub topik
/materi sesuai dengan KD dan
sistematika keilmuan
|
|
|
|
|
|
|
Komponen penilaian sesuai tuntutan penilaian autentik
|
|
|
|
|
|
|
B. Uraian Materi
|
||||||
Pendahuluan bab
memotivasi siswa untuk belajar
|
|
|
|
|
|
|
Cakupan materi setiap
sub topik/sub bab memenuhi kebutuhan
pencapaian KD
|
|
|
|
|
|
|
Kegiatan pada buku
memfasilitasi pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik
|
|
|
|
|
|
|
C. Penilaian Proses dan Hasil Belajar
|
||||||
Penilaian Pengetahuan
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian Sikap
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian Keterampilan
|
|
|
|
|
|
|
Tugas
|
|
|
|
|
|
|
Deskripsi rekomendasi hasil analisis buku siswa
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
|
R- 2.1
|
Rubrik penilaian analisis buku siswadigunakan fasilitator untuk
menilai hasil analisis peserta pelatihan terhadap buku siswa sesuai dengan mata
pelajaran yang diampu
Langkah-langkah penilaian hasil analisis
1. Cermati
format penilaian analisis buku siswa serta
hasil analisis peserta yang akan
dinilai
2. Berikan nilai pada setiap komponen sesuai
dengan penilaian Anda terhadap hasil
analisis menggunakan rentang nilai sebagai berikut
PERINGKAT
|
NILAI
|
KRITERIA
|
Amat Baik ( AB)
|
90 < AB ≤ 100
|
Hasil analisis tepat, tindak lanjut
logis dan bisa dilaksanakan
|
Baik
(B)
|
80 < B ≤ 90
|
Hasil analisis tepat, tindak lanjut
kurang logis
|
Cukup (C)
|
70 < C ≤ 80
|
Hasil analisis kurang tepat, tindak
lanjut logis
|
Kurang (K)
|
≤ 70
|
Hasil analisis kurang tepat, tindak
lanjut tidak logis
|
3. Setelah selesai penilaian masing-masing
komponen, jumlahkan nilai seluruh komponen
sehingga menghasilkan nilai hasil
analisis buku siswa
LK- 2.2
|
PETUNJUK PENGISIAN FORMAT ANALISIS BUKU GURU
Kompetensi:
1.
Memahami isi buku guru sebagai panduan bagi
guru dalam pelaksanaan pembelajaran
2.
Merencanakan tindak lanjut berdasarkan hasil analisis buku untuk persiapan pembelajaran.
Tujuan: Melalui kegiatan analisis buku
guru peserta dapat
-
Mendeskripsikan isi buku guru yang
sesuai dengan kegiatan perencanaan pembelajaran
-
Mendeskripsikan isi buku guru yang sesuai dengan penilaian
proses dan hasil belajar
-
Menganalisis kesesuaian isi buku guru dan
menentukan tindak lanjut berdasarkan
hasil analisis
Panduan kegiatan:
1.
Kerjakanlah secara berkelompok!
2.
Pelajari format Analisis Buku Guru
3.
Siapkan SKL, KI dan KD sesuai jenjang
pendidikan dan mata pelajaran!
4.
Cermatilah
buku guru yang berisi strategi
penyajian pembelajaran dan informasi lainnya
5.
Lakukanlah analisis terhadap buku guru
dan tuliskan hasil analisis pada kolom
yang tersedia pada format dengan cara:
-
mendeskripsikan secara singkat isi buku sesuai dengan aspek kegiatan guru
-
memberikan tanda cek ( √ ) pada kolom
kualifikasi kurang, cukup atau baik
-
menuliskan alas an Anda memilih kualifikasi
tersebut
6.
Berdasarkan hasil analisis, tuliskan tindak
lanjut hasil analisis ,
Jika kurang/tidak sesuai, Anda
disarankan untuk memberikan rekomendasi tindak lanjut yang harus
dikerjakan guru sebagai pengguna buku guru tersebut. Jika sesuai dengan kebutuhan, buku dapat
digunakan sebagai pedoman dalam pembelajaran.
7.
Setelah melakukan analisis buku guru dan buku
siswa diskusikan bagaimana keterkaitan antara buku guru dan buku siswa yang
Anda analisis.
FORMAT ANALISIS BUKU GURU
Judul Buku :
.....................................................................................................
Kelas : ....................................................................................................
Jenjang :
.....................................................................................................
Topik : .....................................................................................................
Kegiatan Guru
|
Isi buku yang relevan
dengan kegiatan guru
|
Kualifikasi
|
Alasan
|
Tindak lanjut
|
||
Kurang
|
Cukup
|
Baik
|
||||
A. Perencanaan Pembelajaran
|
||||||
Menentukan KI dan KD
yang berkaitan
|
|
|
|
|
|
|
Menentukan alokasi
waktu
|
|
|
|
|
|
|
Merumuskan indikator
|
|
|
|
|
|
|
Merumuskan tujuan
pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
Menentukan cakupan
materi pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
Menentukan pendekatan
|
|
|
|
|
|
|
Menentukan model
|
|
|
|
|
|
|
Menentukan strategi
|
|
|
|
|
|
|
Menentukan metode
|
|
|
|
|
|
|
Menentukan media,
sumber dan alat
|
|
|
|
|
|
|
Mendeskripsikan langkah
pembelajaran sesuai dengan pendekatan, model, dan metode
|
|
|
|
|
|
|
B. Penilaian Proses dan Hasil Belajar
|
||||||
Menilai Pengetahuan
-
Contoh instrumen
-
Pembahasan
|
|
|
|
|
|
|
Menilai Sikap
-
Contoh instrumen
-
Rubrik
|
|
|
|
|
|
|
Menilai Keterampilan
-
Contoh instrumen
-
Rubrik
|
|
|
|
|
|
|
Portofolio
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian Diri
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian Antar Teman
|
|
|
|
|
|
|
Informasi Pengayaan
Belajar
|
|
|
|
|
|
|
Informasikan hubungan
guru dan Orang tua
|
|
|
|
|
|
|
Deskripsi rekomendasi hasil analisis buku
guru
................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
|
R - 2.2
|
Rubrik penilaian analisis buku guru digunakan fasilitator untuk
menilai hasil analisis peserta pelatihan terhadap buku guru sesuai dengan mata pelajaran yang diampu
Langkah-langkah penilaian hasil analisis
1. Cermati
format penilaian analisis buku guru
serta hasil analisis peserta yang akan dinilai
2. Berikan nilai pada setiap komponen sesuai
dengan penilaian Anda terhadap hasil
analisis menggunakan rentang nilai sebagai berikut
PERINGKAT
|
NILAI
|
KRITERIA
|
Amat Baik ( AB)
|
90 < AB ≤ 100
|
Hasil analisis tepat, tindak lanjut
logis dan bisa dilaksanakan
|
Baik
(B)
|
80 < B ≤ 90
|
Hasil analisis tepat, tindak lanjut
kurang logis
|
Cukup (C)
|
70 < C ≤ 80
|
Hasil analisis kurang tepat, tindak
lanjut logis
|
Kurang (K)
|
≤ 70
|
Hasil analisis kurang tepat, tindak
lanjut tidak logis
|
3. Setelah selesai penilaian masing-masing
komponen, jumlahkan nilai seluruh komponen
sehingga menghasilkan nilai hasil
analisis buku guru
Tidak ada komentar:
Posting Komentar