PENILAIAN
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(Peer-teaching)
PETUNJUK
Kompetensi:
Mampu melaksanakan pembelajarandengan menerapkan pendekatan saintifik
Tujuan Kegiatan : Melalui kegiatan peer-teaching, peserta mampu melaksanakan
pembelajaran dengan pendekatan saintifik dan model pembelajaran yang sesuai
Langkah Kegiatan:
Untuk fasilitator
1.
Jelaskanlah
strategi kegiatan peer-teaching yang
meliputi:
a.
Penentuan 5 orang
guru model pada peer teaching
b.
Penentuan durasi
waktu setiap peer-teaching yaitu 60 menit
untuk persiapan dan pelaksanaan
c.
Peserta lain yang
bukan guru model bertugas sebagai pengamat dan mengisi Format Penilaian
Pelaksanaan Pembelajaran
d.
Kegiatan diskusi
untuk merelfeksi setiap sesi peer-teaching
pada setiap aspek pelaksanaan
pembelajaran dalam format penilaian
2.
Memandu kegiatan peer-teaching dan diskusi refleksi
3.
Mengumpulkan
format penilaian pelaksanaan pembelajaran yang telah diisi oleh peserta
Untuk Peserta
1.
Bacalah
format Penilaian Pelaksanaan
Pembelajaran untuk dapat memahami setiap aspek yang dinilai
2.
Pelajari RPP yang
akan ditampilkan oleh guru model
3.
Amatilah secara
seksama proses pelakasaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru model
4.
Berikan tanda
centang (√) pada kolom pilihan Ya atau Tidak sesuai penilaian Anda terhadap penyajian pembelajaran
5.
Pada kolom catatan, berikan catatan khusus atau
saran perbaikan pelaksanaan pembelajaran
FORMAT
PENGAMATAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
|
Nama Peserta :
...............................................................................
Asal Sekolah :
...............................................................................
Mata Pelajaran :
...............................................................................
Kelas :
................................................................................
Topik/Subtopik :
...............................................................................
Aspek yang Diamati
|
Ya
|
Tidak
|
Catatan
|
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
|
|
|
|
Apersepsi
dan Motivasi
|
|
|
|
|
1
|
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dengan menyapa dan memberi salam
|
|
|
|
2
|
Mengaitkan materi pembelajaran sekarang
dengan pengalaman peserta didik atau pembelajaran sebelumnya
|
|
|
|
3
|
Mengajukan
pertanyaan menantang untuk memotivasi
|
|
|
|
4
|
Menyampaikan
manfaat materi pembelajaran
|
|
|
|
5
|
Mendemonstrasikan sesuatu yang terkait dengan
materi pembelajaran
|
|
|
|
Penyampaian kompetensi dan rencana
kegiatan
|
|
|
|
|
1
|
Menyampaikan
kemampuan yang akan dicapai peserta
didik
|
|
|
|
2
|
Menyampaikan
rencana kegiatan misalnya, individual, kerja kelompok, dan melakukan
observasi.
|
|
|
|
Kegiatan Inti
|
|
|
|
|
Penguasaan materi pembelajaran
|
|
|
|
|
1
|
Kemampuan menyesuaikan
materi dengan tujuan pembelajaran.
|
|
|
|
2
|
Kemampuan mengkaitkan
materi dengan pengetahuan lain yang relevan,
perkembangan Iptek , dan kehidupan nyata.
|
|
|
|
3
|
Menyajikan
pembahasan materi pembelajaran
dengan tepat.
|
|
|
|
4
|
Menyajikan materi secara sistematis (mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)
|
|
|
|
Penerapan
strategi pembelajaran yang mendidik
|
|
|
|
|
1
|
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi
yang akan dicapai
|
|
|
|
2
|
Melaksanakan pembelajaran
secara runtut
|
|
|
|
3
|
Menguasai kelas
|
|
|
|
4
|
Melaksanakan
pembelajaran yang menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik dalam
mengajukan pertanyaan
|
|
|
|
5
|
Melaksanakan
pembelajaran yang menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik dalam mengemukakan
pendapat
|
|
|
|
6
|
Melaksanakan
pembelajaran yang mengembangkan ketrampilan peserta didik sesuai dengan
materi ajar
|
|
|
|
7
|
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual
|
|
|
|
8
|
Melaksanakan
pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan dan sikap positif (nurturant
effect)
|
|
|
|
9
|
Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan
|
|
|
|
Penerapan PendekatanScientific
|
|
|
|
|
1
|
Memfasilitasi dan menyajikan
kegiatan bagi peserta didik untuk
mengamati
|
|
|
|
2
|
Memancing peserta didik untuk
bertanyaapa, mengapa dan bagaimana
|
|
|
|
3
|
menfasilitasi dan menyajikan
kegiatan bagi peserta didik untuk mengumpulkan informasi
|
|
|
|
4
|
Memfasilitasi dan menyajikan
kegiatan bagi peserta didik untuk mengasosiasikan data dan informasi yang
dikumpulkan
|
|
|
|
5
|
Menfasilitasi dan menyajikan
kegiatan bagi peserta didik untuk mengkomunikasikan pengetahuan dan
ketrampilan yang diperolehnya
|
|
|
|
Pemanfaatan
sumber belajar/media dalam pembelajaran
|
|
|
|
|
1
|
Menunjukkan keterampilan
dalam penggunaan sumber belajar yang
bervariasi
|
|
|
|
2
|
Menunjukkan keterampilan
dalam penggunaan media pembelajaran
|
|
|
|
3
|
Melibatkan peserta didik
dalam pemanfaatan sumber belajar
pembelajaran
|
|
|
|
4
|
Melibatkan peserta didik
dalam pemanfaatan media pembelajaran
|
|
|
|
5
|
Menghasilkan pesan yang
menarik
|
|
|
|
Pelaksanaan Penilaian
Autentik
|
|
|
|
|
1
|
Melaksanakan
Penilaian Sikap
|
|
|
|
2
|
Melaksanakan
Penilaian Pengetahuan
|
|
|
|
3
|
Melaksanakan
Penilaian Ketrampilan
|
|
|
|
4
|
Kesesuaian tehnik
dan instrumen dengan indikator
pencapaian kompetensi
|
|
|
|
5
|
Kesesuaian antara
bentuk, tehnik dan instrumen
penilaian autentik.
|
|
|
|
6
|
Ketersediaan pedoman
penskoran
|
|
|
|
Pelibatan peserta didik dalam pembelajaran
|
|
|
|
|
1
|
Menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik
melalui interaksi guru, peserta didik, sumber belajar
|
|
|
|
2
|
Merespon positif partisipasi peserta didik
|
|
|
|
3
|
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons peserta
didik
|
|
|
|
4
|
Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif
|
|
|
|
5
|
Menumbuhkan keceriaan
atau antusiasme peserta didik dalam belajar
|
|
|
|
Penggunaan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran
|
|
|
|
|
1
|
Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar
|
|
|
|
2
|
Menggunakan bahasa tulis
yang baik dan benar
|
|
|
|
Kegiatan Penutup
|
||||
Penutup pembelajaran
|
|
|
|
|
1
|
Menfasilitasi dan
membimbing peserta didik untuk merangkum materi pelajaran
|
|
|
|
2
|
Menfasilitasi dan
membimbing peserta didik untuk
merefleksi proses dan materi pelajaran
|
|
|
|
3
|
Memberikan tes lisan atau tulisan
|
|
|
|
4
|
Mengumpulkan hasil kerja
sebagai bahan portofolio
|
|
|
|
5
|
Melaksanakan tindak
lanjut dengan memberikan arahan
kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
RUBRIK PENILAIAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Rubrik Penilaian Pelaksanaan Pembelajaran ini
digunakan oleh pengamat untuk menilai kompetensi guru dalam melaksanakan
pembelajaran pada saat peerteaching.
Langkah
Kegiatan:
-
Berikan tanda cek (√) pada kolom pilihan YA
atau TIDAK sesuai dengan penilaian Anda
terhadap penyajian guru pada saat pelaksanaan pembelajaran
-
Berikan catatan khusus atau saran
perbaikan pelaksanaan pembelajaran
-
Setelah selesai penilaian, hitung jumlah nilai
YA dan TIDAK
-
Tentukan Nilai
menggunakan rumus sbb:
Mata
Pelajaran
|
|
PERINGKAT
|
NILAI
|
Amat
Baik ( AB)
|
90 < AB ≤ 100
|
Baik (B)
|
80 < B ≤ 90
|
Cukup
(C)
|
70 < C ≤ 80
|
Kurang
(K)
|
≤ 70
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar