Jumat, 24 November 2017

penilaian pelaksanaan pembelajaran PPKN

PENILAIAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(Peer-teaching)

PETUNJUK
Kompetensi:   Mampu melaksanakan pembelajarandengan menerapkan pendekatan saintifik
Tujuan Kegiatan : Melalui kegiatan peer-teaching, peserta mampu melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan  saintifik dan model pembelajaran yang sesuai
Langkah Kegiatan:
Untuk fasilitator
1.         Jelaskanlah strategi kegiatan peer-teaching yang meliputi:
a.       Penentuan 5 orang guru model pada peer teaching
b.      Penentuan durasi waktu setiap peer-teaching yaitu 60 menit untuk persiapan dan pelaksanaan  
c.          Peserta lain yang bukan guru model bertugas sebagai pengamat dan mengisi Format Penilaian Pelaksanaan Pembelajaran
d.         Kegiatan diskusi untuk merelfeksi setiap sesi peer-teaching  pada setiap aspek pelaksanaan pembelajaran dalam format penilaian
2.         Memandu kegiatan peer-teaching dan diskusi refleksi
3.         Mengumpulkan format penilaian pelaksanaan pembelajaran yang telah diisi oleh peserta

Untuk Peserta
1.       Bacalah format  Penilaian Pelaksanaan Pembelajaran untuk dapat memahami setiap aspek yang dinilai
2.       Pelajari RPP yang akan ditampilkan oleh guru model
3.       Amatilah secara seksama proses pelakasaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru model
4.       Berikan tanda centang (√) pada kolom  pilihan Ya atau Tidak sesuai penilaian Anda terhadap penyajian pembelajaran
5.       Pada kolom catatan, berikan catatan khusus atau saran perbaikan pelaksanaan pembelajaran






FORMAT PENGAMATAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
LK-4.3

 
 


Nama Peserta                                   :   ...............................................................................
Asal Sekolah                                      :  ...............................................................................
Mata Pelajaran                                 :  ...............................................................................
Kelas                                                     :  ................................................................................
Topik/Subtopik                                :  ...............................................................................

Aspek yang Diamati
Ya
Tidak
Catatan
Kegiatan Pendahuluan



Apersepsi dan Motivasi



1
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dengan menyapa dan memberi salam



2
Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau pembelajaran sebelumnya  



3
Mengajukan pertanyaan menantang untuk memotivasi



4
Menyampaikan manfaat materi pembelajaran



5
Mendemonstrasikan sesuatu yang terkait dengan materi pembelajaran



Penyampaian kompetensi dan rencana kegiatan



1
Menyampaikan kemampuan yang akan dicapai  peserta didik



2
Menyampaikan rencana kegiatan misalnya, individual, kerja kelompok, dan melakukan observasi.



Kegiatan Inti



Penguasaan materi pembelajaran



1
Kemampuan menyesuaikan materi dengan tujuan pembelajaran.



2
Kemampuan mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan,  perkembangan Iptek , dan kehidupan nyata.



3
Menyajikan  pembahasan   materi pembelajaran dengan tepat.



4
Menyajikan materi secara sistematis  (mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)



Penerapan strategi pembelajaran yang mendidik



1
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai



2
Melaksanakan pembelajaran secara runtut



3
Menguasai kelas



4
Melaksanakan pembelajaran yang menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik dalam mengajukan pertanyaan



5
Melaksanakan pembelajaran yang menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik dalam mengemukakan pendapat



6
Melaksanakan pembelajaran yang mengembangkan ketrampilan peserta didik sesuai dengan materi ajar



7
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual



8
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan dan sikap positif (nurturant effect)



9
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan



Penerapan PendekatanScientific



1
Memfasilitasi dan menyajikan kegiatan bagi peserta didik untuk  mengamati



2
Memancing peserta didik untuk bertanyaapa, mengapa dan bagaimana



3
menfasilitasi dan menyajikan kegiatan bagi peserta didik untuk mengumpulkan informasi



4
Memfasilitasi dan menyajikan kegiatan bagi peserta didik untuk mengasosiasikan data dan informasi yang dikumpulkan



5
Menfasilitasi dan menyajikan kegiatan bagi peserta didik untuk mengkomunikasikan pengetahuan dan ketrampilan yang diperolehnya



Pemanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran



1
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar  yang bervariasi



2
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan  media pembelajaran



3
Melibatkan peserta didik dalam   pemanfaatan sumber belajar pembelajaran



4
Melibatkan peserta didik dalam   pemanfaatan   media pembelajaran



5
Menghasilkan pesan yang menarik



 Pelaksanaan Penilaian Autentik



1
Melaksanakan Penilaian Sikap



2
Melaksanakan Penilaian Pengetahuan



3
Melaksanakan Penilaian Ketrampilan



4
Kesesuaian tehnik dan instrumen dengan indikator pencapaian kompetensi



5
Kesesuaian  antara  bentuk, tehnik dan instrumen  penilaian autentik.



6
Ketersediaan pedoman penskoran



Pelibatan peserta didik dalam pembelajaran



1
 Menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik melalui interaksi guru, peserta didik, sumber belajar



2
Merespon positif partisipasi peserta didik



3
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons peserta didik



4
Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif



5
Menumbuhkan keceriaan atau antusiasme peserta didik dalam belajar



Penggunaan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran



1
Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar



2
Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar



Kegiatan Penutup
Penutup pembelajaran



1
Menfasilitasi dan membimbing peserta didik untuk merangkum materi pelajaran



2
Menfasilitasi dan membimbing peserta didik  untuk merefleksi proses dan materi pelajaran



3
Memberikan tes lisan atau tulisan



4
Mengumpulkan hasil kerja sebagai bahan portofolio



5
Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan  kegiatan berikutnya dan tugas  pengayaan



Jumlah






















R-4.3
 
RUBRIK PENILAIAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Rubrik Penilaian Pelaksanaan Pembelajaran ini digunakan oleh pengamat untuk menilai kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran pada saat peerteaching.
Langkah Kegiatan:
-          Berikan tanda cek (√) pada kolom  pilihan YA atau TIDAK sesuai dengan penilaian Anda terhadap penyajian guru pada saat pelaksanaan pembelajaran
-          Berikan catatan khusus atau saran perbaikan  pelaksanaan pembelajaran
-          Setelah selesai penilaian, hitung jumlah nilai YA  dan TIDAK
-          Tentukan Nilai menggunakan rumus sbb:

Mata Pelajaran



PERINGKAT
NILAI
Amat Baik ( AB)
 90 < AB ≤ 100
Baik (B)
80 < B ≤ 90
Cukup (C)
 70 < C  ≤ 80
Kurang (K)
≤ 70


Tidak ada komentar:

Posting Komentar