|
Lembar Kerja
PERANCANGAN
PENERAPAN MODEL-MODEL PADA PEMBELAJARAN
SEJARAH INDONESIA
Tujuan Kegiatan : Pada kegiatan ini diharapkan peserta mampu merancang model Project Based Learning, Discovery Learning dan Problem Based Learningpada pembelajaran
Sejarah Indonesia
Langkah
Kegiatan :
Kerjakan secara berpasangan , cermati lembar
kerja perancangan model pembelajaran
1.
Pilihlah satu
subtopik/submateri/subtema untuk satu kali tatap muka yang sesuai salah
satu model
2.
Isilah Lembar
Kerja perancangan model pembelajaran sesuai dengan
model yang Anda pilih
3.
Presentasikan
hasil rancangan Anda
4.
Perbaiki
rancangan jika ada saran atau usulan perubahan
Catatan:
Pada lembar kerja ini ada dua format model pembelajaran yaitu model Problem Based Learning
dan Discovery Learning jika Anda
merancang model Lainnya silahkan sesuai sintak model yang sesuai.
FORMAT PERANCANGAN MODEL PEMBELAJARAN
Model Discovery Learning
Kompetensi
Dasar
|
:
|
3. ..…………………..
4… …………………..
|
Topik
|
:
|
…………………………………..
|
Sub Topik
|
:
|
|
Tujuan
|
:
|
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1x TM
|
TAHAPPEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
1. Stimulation (simullasi/Pemberian
rangsangan)
|
|
2. Problem statemen
(pertanyaan/identifikasi masalah)
|
|
3. Data collection
(pengumpulandata)
|
|
4. Data
processing (pengolahan Data)
|
|
5. Verification
(pembuktian)
|
|
6. Generalization
(menarik kesimpulan/generalisasi)
|
|
Model
Pembelajaran Problem Based Learning
Kompetensi
Dasar
|
:
|
3..
4..
|
Topik
|
:
|
|
Sub Topik
|
:
|
|
Tujuan
|
:
|
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1x TM
|
FASE-FASE
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Fase
1
Orientasi peserta didik kepada
masalah
|
.............................................
|
Fase
2
Mengorganisasikan peserta didik
|
|
Fase
3
Membimbing penyelidikan individu dan
kelompok
|
|
Fase
4
Mengembangkan dan menyajikan hasil
karya
|
|
Fase
5
Menganalisa dan mengevaluasi proses
pemecahan masalah
|
|
|
PERANCANGAN PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN MODEL
PEMBELAJARAN
Rubrik
perancangan penerapan saintifik dan
perancangan model pembelajarandigunakan fasilitator untuk menilai hasil rancangan peserta pelatihan dalam merancang contoh
penerapan pendekatan saintifik dan contoh rancangan model pembelajaran satu topik kimia.
Langkah-langkah
penilaian hasil analisis
1.
Cermati tugas yang diberikan kepada
peserta pelatihan pada LK -3.1a dan LK- 3.1b
2.
Berikan nilai
pada rancangan sesuai dengan
penilaian Anda terhadap hasil rancangan
Penilaian LK-
3.1
PERINGKAT
|
NILAI
|
KRITERIA
|
Amat
Baik ( AB)
|
90 < AB ≤ 100
|
1. Identitas: topik, sub topik, KD dan tujuan
pembelajaran dan alokasi waktu lengkap dan benar
2. Kegiatan mengamati,menanya, mengumpulkan informasi,
mengasosiasikan dan mengkomunikasikansesuai dengan topik/sub topik, KD,
tujuan dan alokasi waktu
3. Kegiatan mengamati,menanya, mengumpulkan informasi,
mengasosiasikan dan mengkomunikasikan lengkap, sistematis dan logis atau
benar
|
Baik (B)
|
80 < B ≤ 90
|
Ada 2 aspek sesuai dengan kriteria, 1 aspek kurang
sesuai
|
Cukup
(C)
|
70 < C ≤ 80
|
Ada 1 aspek sesuai dengan kriteria, 2 aspek
kurang sesuai
|
Kurang
(K)
|
≤ 70
|
Ketiga aspek
kurang sesuai
|
Penilaian LK- 3.2
PERINGKAT
|
NILAI
|
KRITERIA
|
Amat
Baik ( AB)
|
90 < AB ≤ 100
|
1. Identitas: topik, sub topik, KD dan tujuan
pembelajaran dan alokasi waktu lengkap dan benar
2. Kegiatan pada tahapan model pembelajaran sesuai dengan topik/sub topik, KD, tujuan
dan alokasi waktu
3. Kegiatan pada tahapan model pembelajaran lengkap,
sistematis dan logis ( sesuai dengan sintak atau tahapan pembelajaran)
|
Baik (B)
|
80 < B ≤ 90
|
Ada 2 aspek sesuai dengan kriteria, 1 aspek kurang
sesuai
|
Cukup
(C)
|
70 < C ≤ 80
|
Ada 1 aspek
sesuai dengan kriteria, 2 aspek kurang sesuai
|
Kurang
(K)
|
≤ 70
|
Ketiga aspek kurang sesuai
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar