SILABUS MATA
PELAJARAN PENDIDIKAN
PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Mata Pelajaran :
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Kelas :
X (sepuluh)
Kompetensi
Inti :
KI
1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI
2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
|
KI
3
|
:
|
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI
4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
Kompetensi dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber belajar
|
1.1
Menghayati nilai-nilai ajaran agama dan
kepercayaan dalam kehidupan bermasyarakat
|
|
|
|
|
|
1.2 Menghayati isi dan makna pasal 28E dan 29 ayat (2) Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
|
|
|
|
|
|
2.1
Menghayati nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
|
|
|
|
|
|
2.2
Mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara.
|
|
|
|
|
|
2.3
Menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam
pasal-pasal Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam berbagai aspek kehidupan
ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan
(ipoleksosbudhankam)
|
|
|
|
|
|
2.4 Mengamalkan
sikap toleransi antarumat beragama dan kepercayaan dalam hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
|
|
|
|
|
|
2.5 Mengamalkan perilaku
toleransi dan harmoni keberagaman dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara Indonesia.
|
|
|
|
|
|
2.6 Mengamalkan nilai dan
budaya demokrasi dengan mengutamakan prinsip musyawarah mufakat dalam
kehidupan sehari-hari dalam konteks Negara Kesatuan
Republik
Indonesia (NKRI).
|
|
|
|
|
|
3.1 Menganalisis kasus-kasus
pelanggaran HAM dalam rangka pelindungan dan pemajuan HAM sesuai dengan
nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan
bernegara.
4.1 Menyaji kasus–kasus pelanggaran HAM
dalam rangka perlindungan dan pemajuan HAM sesuai dengan nilai-nilai
Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
|
1.
Kasus
Pelanggaran HAM
|
Mengamati
· Membaca berbagai
kasus pelanggaran HAM di
Indonesia dari berbagai literatur dan media cetak
· Mengamati berbagai kasus pelanggaran HAM yang terjadi dilingkungan masyarakat
sekitar
· Mendengar, melihat, dan menyimak berbagai
kasus pelanggaran HAM yang terjadi di Indonesia dari berbagai sumber
Menanya
Menanyakan contoh-contoh kasus
pelanggaran HAM yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan
bernegara
Mengumpulkan data
· Menentukan
sumber data akurat yang ada di lingkungannya berkaitan dengan kasus-kasus
pelanggaran HAM
· Mengumpulkan
data dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang kasus
pelanggaran HAM di Indonesia
Mengasosiasikan
·
Mencari hubungan pelanggaran HAM dengan aspek
sosial budaya dalam kehidupan masyarakat Indonesia
·
Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan
kasus pelanggaran HAM di Indonesia
Mengomunikasikan
· Mempresentasikan
berbagai kasus pelanggaran HAM di wilayahnya berdasarkan hasil temuannya di
lapangan
· Menyampaikan
hasil temuan tentang kasus pelanggaran
HAM dalam bentuk lisan, tulisan, gambar atau media lainnya
|
Tugas:
· Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang berbagai kasus pelanggaran HAM di Indonesia
· Diskusi
kelompok membahas hasil pengamatan
· Membuat
laporan hasil pengamatan
· Mempresentasikan
hasil laporan di depan kelas
Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya
jawab dengan nara sumber berkaitan contoh kasus pelanggaran HAM dalam
kehidupan sehari-hari
Portofolio,
penilaian ini digunakan untuk menilai
hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang kasus pelanggaran HAM
yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
Tes
digunakan untuk menilai hasil belajar
secara individu tentang
kasus pelanggaran HAM
|
3 x 2 JP
|
· Buku Pelajaran
PPKn SMA
· Buku Penunjang
Lainnya
· Media cetak
dan elektronik
· lingkungan
sekitar
|
|
2.
Upaya-Upaya Penegakan HAM di Indonesia
o Proses
pemajuan, penghormatan, dan penegakan
HAM
o Pelanggaran
HAM dan penangganan kasus pelanggaran HAM.
o Tantangan
dalam penegakan HAM di Indonesia
|
Mengamati
Membaca dari berbagai sumber tentang pemajuan,,
penghormatan penegakan dan Pengadilan HAM di
Indonesia
Menanya
Menanyakan proses pemajuan, penghormatan dan penegakan
HAM di wilayahnya serta hambatan apa
saja yang ditemukan
Mengumpulkan data
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang upaya
pemajuan, penghormatan dan penegakan HAM
di Indonesia
Mengasosiasikan
Mencari hubungan upaya
penegakkan HAM dan berbagai tantangan yang dihadapinya di Indonesia
Mengomunikasikan
·
Membuat kesimpulan tentang pemajuan, penghormatan dan penegakan
HAM
·
Mempresentasikan hasil
pengumpulan data tentang
penanganan beberapa kasus pelanggaran HAM di Indonesia
·
Menyampaikan jasa-jasa tokoh dan lembaga yang bergerak dalam
penegakan HAM
|
Tugas:
· Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang
pemajuan, penghormatan. penegakan dan
Pengadilan HAM di Indonesia
· Diskusi
kelompok membahas hasil pengumpulan data
· Membuat
laporan hasil pengumpulan data
· Mempresentasikan
hasil laporan di depan kelas
Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya
jawab dengan nara sumber berkaitan upaya
penegakkan HAM dan berbagai tantangannya di Indonesia
Portofolio,
penilaian ini digunakan untuk menilai
hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang upaya penegakkan HAM dan berbagai tantangannya di Indonesia
Tes
digunakan untuk menilai hasil belajar
secara individu tentang upaya
penegakkan HAM dan berbagai tantangannya di Indonesia
|
2 x 2 JP
|
· Buku Pelajaran
PPKn SMA
· Buku Penunjang
Lainnya
· Media cetak
dan elektronik
|
3.2 Memahami pokok pikiran yang
terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun
1945
4.2 Menyaji hasil telaah
pokok-pokok pikiran Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun
1945.
|
1.
Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
|
Mengamati
Membaca
dan menganalisa Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
Menanya
Bertanya
jawab tentang Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
Mengumpulkan data
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
Mengasosiasikan
Mencari
hubungan alinea pertama sampai alinea
ke-empat Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
Mengomunikasikan
Mempresentasikan
hasil diskusi tentang Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia
tahun 1945
|
Tugas:
· Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang Pembukaan
UUD NRI Tahun 1945
· Diskusi
kelompok membahas hasil pengumpulan data
· Membuat
laporan hasil pengumpulan data
· Mempresentasikan
hasil laporan di depan kelas
Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya
jawab dengan nara sumber berkaitan dengan Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
Portofolio,
penilaian ini digunakan untuk menilai
hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang Pembukaan UUD NRI Tahun
1945
Tes
digunakan untuk menilai hasil belajar
secara individu tentang
Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
|
2
x 2 JP
|
· Buku Pelajaran
PPKn SMA
· Buku Penunjang
Lainnya
· Media Internet
|
|
1.
Makna pokok-pokok
pikiran yang terkandung dalam Pembukaan dan pasal-pasal UUD NRI Tahun 1945
|
Mengamati
Menyimak makna
pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan dan pasal-pasal
UUD NRI Tahun 1945
Menanya
Menanyakan
makna pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan dan
pasal-pasal UUD NRI Tahun 1945
Mengumpulkan data
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang makna pokok-pokok pikiran yang terkandung
dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
Mengasosiasikan
Mencari
hubungan makna pokok pikiran yang
terkandung dari alinea satu
sampai empat dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 dan keterkaitan
pasal-pasalnya.
Mengomunikasikan
Mempresentasikan
makna pokok-pokok pikiran Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 dan keterkaitan dengan
pasal-pasalnya.
|
Tugas:
· Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang
makna pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan UUD NRI
Tahun 1945 dan keterkaitan pasal-pasalnya.
· Diskusi
kelompok membahas hasil pengumpulan data
· Membuat
laporan hasil pengumpulan data
· Mempresentasikan
hasil laporan di depan kelas
Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya
jawab dengan narasumber tentang makna
pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 dan
keterkaitan dengan pasal-pasalnya.
Portofolio,
penilaian ini digunakan untuk menilai
hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang makna pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan UUD
NRI Tahun 1945
Tes
digunakan untuk menilai hasil belajar
secara individu tentang makna
pokok-pokok yang terkandung dalam
Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
|
2 x 2 JP
|
· Buku Pelajaran
PPKn SMA
· Buku Penunjang
Lainnya
· Media Internet
|
3.3 Memahami bentuk dan kedaulatan
negara sesuai dengan Undang Undang
Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945.
4.3 Menyaji hasil telaah bentuk dan
kedaulatan negara sesuai dengan Undang Undang DasarNegara Republik Indonesia Tahun 1945.
|
1.
Bentuk Negara
dan Pemerin-tahan
|
Mengamati
Membaca
dari berbagai sumber tentang bentuk negara dan pemerintahan yang sesuai
dengan UUD NRI tahun 1945
Menanya
Menanyakan tentang bentuk negara dan
pemerintahan yang sesuai dengan UUD
NRI tahun 1945
Mengumpulkan data
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang bentuk negara dan pemerintah yang sesuai
dengan UUD NRI tahun 1945
Mengasosiasikan
Mencari hubungan antara bentuk negara
dan pemerintah Republik Indonesia
sesuai dengan UUD NRI tahun 1945
Mengomunikasikan
·
Menyimpulkan hasil diskusi tentang bentuk negara
dan pemerintahan Indonesia sesuai dengan UUD NRI Tahun 1945
·
Meyajikan hasil diskusi tentang bentuk negara dan
pemerintahan Indonesia sesuai dengan UUD NRI Tahun 1945
|
Tugas:
· Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang bentuk
negara dan pemerintahan yang sesuai dengan UUD NRI tahun 1945
· Diskusi
kelompok membahas hasil pengumpulan data
· Membuat
laporan hasil pengumpulan data
· Mempresentasikan
hasil laporan di depan kelas
Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya
jawab dengan nara sumber berkaitan dengan bentuk negara dan pemerintahan yang
sesuai dengan UUD NRI tahun 1945
Portofolio,
penilaian ini digunakan untuk menilai
hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang bentuk negara dan
pemerintahan yang sesuai dengan UUD NRI tahun 1945
Tes
digunakan untuk menilai hasil belajar
secara individu tentang bentuk negara dan pemerintahan yang sesuai dengan UUD
NRI tahun 1945
|
3 x 2 JP
|
· Buku Pelajaran
PPKn SMA
· Buku Penunjang
Lainnya
· Media Internet
|
|
2.
Sistem
Pemerintahan Negara
|
Mengamati
Membaca
dari berbagai literatur tentang sistem pemerintahan Negara Republik Indonesia
Menanya
Menanyakan tentang sistem pemerintahan
Negara Republik Indonesia
Mengumpulkan data
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber termasuk internet dan media cetak serta elektronik
tentang sistem pemerintahan Negara Republik Indonesia
Mengasosiasikan
Mencari hubungan antara sistem
pemerintahan Indonesia yang ada di
Indonesia dengan sistem pemerintah yang sesuai dengan UUD NRI Tahun 1945
Mengkomunikasikan
Mempresentasikan
sistem pemerintahan Indonesia yang sesuai dengan UUD NRI Tahun 1945
|
Tugas:
· Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang sistem
pemerintahan Negara Republik Indonesia
· Diskusi
kelompok membahas hasil pengumpulan data
· Membuat
laporan hasil pengumpulan data
· Mempresentasikan
hasil laporan di depan kelas
Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya
jawab dengan nara sumber berkaitan dengan sistem pemerintahan Negara Republik
Indonesia
Portofolio,
penilaian ini digunakan untuk menilai
hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang sistem pemerintahan
Negara Republik Indonesia
Tes
digunakan untuk menilai hasil belajar
secara individu tentang sistem pemerintahan Negara Republik Indonesia
|
2 x 2 JP
|
· Buku Pelajaran
PPKn SMA
· Buku Penunjang
Lainnya
· Internet
· Media cetak
dan elektronik
|
|
3.
Kedaulatan Negara
|
Mengamati
Mencari dari berbagai sumber
tentang sifat hakikat negara, pengertian kedaulatan dan macam-macam
kedaulatan negara
Menanya
Menanyakan tentang sifat hakikat negara dan kedaulatan
negara
Mengumpulkan data
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang sifat hakikat negara dan kedaulatan Negara
Republik Indonesia
Mengasosiasikan
Mencari
hubungan pasal-pasal UUD NRI tahun 1945 dengan sifat hakikat negara dan kedaulatan
negara
Mengkomunikasikan
· Menyimpulkan
dasil diskusi tentang kedaulatan
negara Indonesia sesuai dengan UUD NRI Tahun 1945
· Mempresentasikan
hasil pengumpulan data tentang kedaulatan negara Indonesia sesuai dengan
Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia tahun 1945
|
Tugas:
· Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang
sifat hakikat negara, kedaulatan dan
macam-macam kedaulatan negara
· Diskusi
kelompok membahas hasil pengumpulan data
· Membuat
laporan hasil pengumpulan data
· Mempresentasikan
hasil laporan di depan kelas
Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya
jawab dengan nara sumber berkaitan dengan sifat hakikat negara, pengertian kedaulatan dan macam-macam kedaulatan negara
Portofolio,
penilaian ini digunakan untuk menilai
hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang sifat hakikat negara,
pengertian kedaulatan dan macam-macam kedaulatan negara
Tes
digunakan untuk menilai hasil belajar
secara individu tentang sifat hakikat negara, pengertian kedaulatan dan macam-macam kedaulatan negara
|
2 x 2 JP
|
· Buku Pelajaran
PPKn SMA
· Buku Penunjang
Lainnya
· Media Internet
|
3.4 Memahami hubungan struktural
dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun
1945.
4.4 Menyaji hasil telaah hubungan
struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun
1945
4.9.1 Berinteraksi
dengan teman dan orang lain berdasarkan prinsip saling menghormati, dan
menghargai dalam keberagaman suku,
agama, ras, budaya, dan gender
|
1.
Hubungan
struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD Negara
Republik Indonesia Tahun 1945
|
Mengamati
Membaca dari berbagai sumber tentang hubungan
struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD Negara
Republik Indonesia Tahun 1945
Menanya
Menanyakan tentang hubungan struktural
dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD NRI Tahun 1945
Mengumpulkan data
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang hubungan struktural dan fungsional
pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun
1945
Mengasosiasikan
Mencari
hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD
Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Mengomunikasikan
·
Menyimpulkan hasil pengumpulan data tentang
pelaksanaan hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah
menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
·
Mempresentasikan tentang pelaksanaan hubungan
struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD Negara
Republik Indonesia Tahun 1945
|
Tugas:
· Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang hubungan
struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD Negara
Republik Indonesia Tahun 1945
· Diskusi
kelompok membahas hasil pengumpulan data
· Membuat
laporan hasil pengumpulan data
· Mempresentasikan
hasil laporan di depan kelas
Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya
jawab dengan nara sumber berkaitan dengan hubungan struktural dan fungsional
pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD NRI Tahun 1945
Portofolio
penilaian ini digunakan untuk menilai
hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang hubungan struktural dan
fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD NRI Tahun 1945
Tes
digunakan untuk menilai hasil belajar
secara individu tentang hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat
dan daerah menurut UUD NRI Tahun 1945
|
3 x 2 JP
|
· Buku Pelajaran
PPKn SMA
· Buku Penunjang
Lainnya
· Media cetak
dan elektronik
· Internet
|
|
2.
Otonomi Daerah
|
Mengamati
Membaca dari berbagai sumber (media cetak dan
elektronik) tentang pelaksanaan otonomi daerah di wilayahnya
Menanya
Menanyakan tentang pelaksanaan otonomi
daerah di Indonesia
Mengumpulkan data
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang pelaksanaan otonomi daerah di Indonesia
Mengasosiasikan
Mencari
hubungan antara pelaksanaan otonomi daerah dengan realisasi pembangunan yang
dilakukan oleh pemerintah daerah di wilayahnya masing-masing
Mengkomunikasikan
Mempresentasikan hasil kajian pelaksanaan otonomi daerah di wilayahnya
|
Tugas:
· Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang pelaksanaan
otonomi daerah
· Diskusi
kelompok membahas hasil pengumpulan data
· Membuat
laporan hasil pengumpulan data
· Mempresentasikan
hasil laporan di depan kelas
Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya
jawab dengan nara sumber berkaitan dengan pelaksanaan otonomi daerah di
wilayahnya
Portofolio,
penilaian ini digunakan untuk menilai
hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang pelaksanaan otonomi
daerah di wilayahnya
Tes
digunakan untuk menilai hasil belajar
secara individu tentang pelaksanaan otonomi daerah di wilayahnya
|
2 x 2 JP
|
Buku Pelajaran PPKn SMA
Buku Penunjang Lainnya
Media cetak dan elektronik
Internet
|
3.5 Memahami sistem hukum dan
peradilan nasional dalam lingkup NKRI.
4.5 Menyaji hasil telaah sistem hukum dan
peradilan nasional dalam lingkup NKRI
|
1.
Sistem hukum
dalam NKRI
|
Mengamati
Membaca tentang
pengertian, tujuan, macam-macam penggolongan, dan sumber hukum serta tata
urutan peraturan hukum di Indonesia
Menanya
Menanyakan tentang pengertian, tujuan, macam-macam
penggolongan, dan sumber hukum serta tata urutan peraturan hukum di Indonesia
Mengumpulkan data
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang pengertian,
tujuan, macam-macam penggolongan, dan sumber hukum serta urutan tata
peraturan hukum di Indonesia
Mengasosiasikan
Mencari hubungan rasa keadilan masyarakat dengan sistem hukum di Indonesia
Mengomunikasikan
Mempresentasikan
hasil diskusi tentang pengertian, tujuan, macam-macam penggolongan
hukum, dan sumber serta tata urutan peraturan hukum di Indonesia
|
Tugas:
· Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentangpengertian, tujuan, macam-macam penggolongan, dan
sumber hukum serta tata urutan peraturan hukum di Indonesia
· Diskusi
kelompok membahas hasil pengumpulan data
· Membuat
laporan hasil pengumpulan data
· Mempresentasikan
hasil laporan di depan kelas
Observasi
Menilai
kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan dengan pengertian, tujuan, macam-macam penggolongan, dan
sumber hukum serta tata urutan peraturan hukum di Indonesia
Portofolio,
penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan
baik individu maupun kelompok tentang pengertian,
tujuan, macam-macam penggolongan hukum, dan sumber hukum serta tata urutan
peraturan hukum di Indonesia
Tes
Digunakan
untuk menilai hasil belajar secara individu tentang pengertian, tujuan, macam-macam penggolongan hukum dan sumber hukum serta
tata urutan peraturan hukum di Indonesia
|
2 x 2 JP
|
Buku Pelajaran PPKn SMA
Buku Penunjang Lainnya
Media cetak dan elektronik
|
|
2.
Sistem peradilan
Indonesia
|
Mengamati
Mencari informasi tentang pengertian, tujuan, macam-macam
peradilan di Indonesia serta tugas dan fungsinya
Menanya
Menanyakan tentang sistem peradilan di Indonesia,
perangkat lembaga peradilan, macam-macam lembaga peradilan, dan peran lembaga
peradilan
Mengeksperimenkan/mengeksplorasikan
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang sistem peradilan di Indonesia
Mengasosiasikan
Mencari hubungan proses peradilan dengan putusan
pengadilan yang berbeda-beda pada kasus yang sama
Mengkomunikasikan
Mempresentasikan
hasil diskusi tentang sistem peradilan
nasional dalam lingkup NKRI
|
Tugas:
· Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentangpengertian, tujuan, macam-macam peradilan di Indonesia serta tugas dan
fungsinya
· Diskusi
kelompok membahas hasil pengumpulan data
· Membuat
laporan hasil pengumpulan data
· Mempresentasikan
hasil laporan di depan kelas
Observasi
Menilai
kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan sistem peradilan di Indonesia, perangkat lembaga
peradilan, macam-macam lembaga peradilan, dan peran lembaga peradilan
Portofolio,
penilaian
ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok
tentang sistem peradilan di Indonesia, perangkat lembaga
peradilan, macam-macam lembaga peradilan, dan peran lembaga peradilan
Tes
digunakan
untuk menilai hasil belajar secara individu tentang sistem peradilan di Indonesia, perangkat lembaga peradilan, macam-macam
lembaga peradilan, dan peran lembaga peradilan
|
3 x 2 JP
|
Buku Pelajaran PPKn SMA
Buku Penunjang Lainnya
Media cetak dan elektronik
Internet
|
3.6 Menganalisis kasus pelanggaran
hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara
4.6 Menyaji analisis penanganan
kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara
|
1.
Pelanggaran Hak
|
Mengamati
Membaca dari
berbagai media (cetak dan elektronik)
tentang contoh kasus pelanggaran hak
Menanya
Menanyakan
tentang berbagai bentuk contoh kasus pelanggaran hak
Mengumpulkan data
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang berbagai contoh kasus pelanggaran hak
Mengasosiasikan
Mencari hubungan antara pelanggaran hak dengan
penanganan pelanggaran hak yang berbeda-beda pada kasus yang sama
Mengkomunikasikan
Mempresentasikan hasil diskusi tentang berbagai contoh kasus pelanggaran hak
|
Tugas:
· Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentangcontoh kasus pelanggaran hak
· Diskusi
kelompok membahas hasil pengumpulan data
· Membuat
laporan hasil pengumpulan data
· Mempresentasikan
hasil laporan di depan kelas
Observasi
Menilai
kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan contoh kasus pelanggaran hak
Portofolio,
penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan
baik individu maupun kelompok tentang contoh
kasus pelanggaran hak
Tes
Digunakan
untuk menilai hasil belajar secara individu tentang contoh kasus pelanggaran hak
|
2 x 2 JP
|
· Buku Pelajaran
PPKn SMA
· Buku Penunjang
Lainnya
· Media cetak
dan elektronik
· Internet
|
|
2.
Pengingkaran
kewajiban
|
Mengamati
Membaca dari
berbagai media (cetak dan elektronik)
tentang contoh kasus pengingkaran kewajiban
Menanya
Menanya tentang
berbagai kasus pengingkaran kewajiban
Mengumpulkan data
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang berbagai kasus pengingkaran kewajiban
Mengasosiasikan
Mencari hubungan antara kasus pengingkaran kewajiban
dengan rasa tanggung jawab pribadi
.
Mengkomunikasikan
Mempresentasikan hasil diskusi tentang berbagai bentuk kasus pengingkaran kewajiban
|
Tugas:
· Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentangcontoh kasus pengingkaran kewajiban
· Diskusi
kelompok membahas hasil pengumpulan data
· Membuat
laporan hasil pengumpulan data
· Mempresentasikan
hasil laporan di depan kelas
Observasi
Menilai
kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan dengan contoh kasus pengingkaran kewajiban
Portofolio,
penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan
baik individu maupun kelompok tentangcontoh
kasus pengingkaran kewajiban
Tes
Digunakan
untuk menilai hasil belajar secara individu tentang contoh kasus pengingkaran kewajiban
|
2 x 2 JP
|
Buku Pelajaran PPKn SMA
Buku Penunjang Lainnya
Media cetak dan elektronik
|
3.7 Menganalisis indikator ancaman
terhadap negara dalam membangun integrasi nasional dengan bingkai BhinnekaTunggal Ika.
4.7
Menyaji
hasil analisis tentang indikator ancaman terhadap negara dalam membangun
integrasi nasional dengan bingkai Bhinneka
Tunggal Ika.
4.9.2
Menyaji bentuk partisipasi kewarganegara-an yang mencerminkan komitmen
terhadap keutuhan nasional
|
Ancaman terhadap negara Indonesia
|
Mengamati
Membaca dan
menyimak dari berbagai media (cetak dan elektronik) tentang contoh kasus ancaman terhadap
negara Indonesia
Menanya
Menanyakan
tentang berbagai bentuk ancaman terhadap negara Indonesia dalam
bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Mengumpulkan data
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang berbagai bentuk ancaman terhadap negara Indonesia dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika
Mengasosiasikan
Mencari hubungan antara ancaman yang dilakukan terhadap
Indonesia dengan lemahnya rasa ke-Bhinneka Tunggal Ika-an sebagai
warganegara
.
Mengkomunikasikan
Mempresentasikan hasil diskusi tentang berbagai bentuk ancaman terhadap
Negara Kesatuan Republik Indonesia
|
Tugas:
· Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentangcontoh kasus ancaman terhadap negara Indonesia
· Diskusi
kelompok membahas hasil pengumpulan data
· Membuat
laporan hasil pengumpulan data
· Mempresentasikan
hasil laporan di depan kelas
Observasi
Menilai
kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan dengan contoh kasus ancaman terhadap negara Indonesia
Portofolio,
penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan
baik individu maupun kelompok tentang contoh
kasus ancaman terhadap negara Indonesia
Tes
Digunakan untuk menilai hasil belajar
secara individu tentang contoh kasus
ancaman terhadap negara Indonesia
|
3 x 2 JP
|
· Buku Pelajaran
PPKn SMA
· Buku Penunjang
Lainnya
· Media cetak
dan elektronik
|
3.8
Memahami pentingnya kesadaran berbangsa dan bernegara
dilihat dari konteks sejarah dan geopolitik Indonesia.
4.7
Menyaji analisis tentang pentingnya kesadaran
berbangsa dan bernegara dilihat dari konteks sejarah dan geopolitik Indonesia
|
Kesadaran
berbangsa dan bernegara
|
Mengamati
Membaca
dari berbagai literatur tentang bentuk-bentuk kesadaran berbangsa dan
bernegara dalam konteks sejarah dan
geopolitik Indonesia
Menanya
Menanyakan
tentang kesadaran berbangsa dan bernegara dalam konteks sejarah dan geopolitik Indonesia
Mengumpulkan data
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang kesadaran berbangsa dan bernegara
dalam konteks sejarah dan geopolitik
Indonesia
Mengasosiasikan
Mencari
hubungan antara kesadaran berbangsa dan bernegara dalam konteks sejarah dan geopolitik Indonesia
Mengkomunikasikan
Melaporkan hasil pengumpulan data
berkaitan dengan kesadaran berbangsa dan bernegara dalam konteks sejarah dan geopolitik Indonesia
|
Tugas:
· Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang bentuk-bentuk
kesadaran berbangsa dan bernegara dalam
konteks sejarah dan geopolitik Indonesia
· Diskusi
kelompok membahas hasil pengumpulan data
· Membuat
laporan hasil pengumpulan data
· Mempresentasikan
hasil laporan di depan kelas
Observasi
Menilai
kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan dengan
bentuk-bentuk kesadaran berbangsa dan bernegara dalam konteks sejarah dan geopolitik Indonesia
Portofolio,
penilaian ini digunakan untuk menilai
hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang bentuk-bentuk kesadaran
berbangsa dan bernegara dalam konteks
sejarah dan geopolitik Indonesia
Tes
Digunakan untuk menilai hasil belajar
secara individu tentang bentuk-bentuk kesadaran berbangsa dan bernegara
dalam konteks sejarah dan geopolitik
Indonesia
|
3 x 2 JP
|
· Buku Pelajaran
PPKn SMA
· Buku Penunjang
Lainnya
· Media cetak
dan elektronik
· Internet
|
Kedunggalar, Juli 2013
Mengetahui :
Disusun oleh :
Kepala SMK NAGARA Kedunggalar
Guru Mapel PKn
MUCHTAR HABIBI,
S.Pd RINA YULIATI SULISTIYARINI,S.Sos
NIP. NIP.
SILABUS SMK
Mata Pelajaran :
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Kelas :
XI (sebelas)
Kompetensi
Inti :
KI 1
|
:
|
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI 3
|
:
|
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
KI 4
|
:
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Menghayati perilaku yang sesuai dengan prinsip-prinsip
solidaritas yang dilandasi ajaran agama dan kepercayaan yang dianutnya
|
|
|
|
|
|
1.2 Mengamalkan isi pasal 28E dan 29 ayat 2 Undang-Undang
Dasar Negara Republik IndonesiaTahun 1945dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
|
|
|
|
|
|
1.3 Menghayati persamaan
kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama dan kepercayaan, gender,
golongan, budaya, dan suku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan
bernegara
|
|
|
|
|
|
2.1
Mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan
bernegara
|
|
|
|
|
|
2.2 Menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
|
|
|
|
|
|
2.3 Mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam pasal-pasal Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam berbagai aspek kehidupan
(ipoleksosbudhankam)
|
|
|
|
|
|
2.4 Menghayati berbagai dampak
dan bentuk ancaman terhadap
negara dalam mempertahankan
|
|
|
|
|
|
2.5 Bhinneka Tunggal
Ika. Menghayati budaya
demokrasi dengan mengutamakan prinsip musyawarah, mufakat dan kesadaran
bernegara kesatuan dalam konteks NKRI.
|
|
|
|
|
|
3.1
Menganalisis
kasus pelanggaran HAM dalam rangka perlindungan, pemajuan dan pemenuhan HAM
sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam
kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
4.1 Menyaji hasil análisiskasus pelanggaran HAM dalam rangka
perlindungan, pemajuan dan pemenuhan HAM sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa dan bernegara
|
Kasus –kasus
pelanggaran HAM dalam rangka perlindungan, pemajuan dan pemenuhan HAM
|
Mengamati
Membaca
dari berbagai sumber tentang kasus pelanggaran HAM dalam rangka perlindungan, pemajuan dan pemenuhan
HAM
Menanya
Menanyakan tentang kasus pelanggaran HAM dalam rangka perlindungan,
pemajuan dan pemenuhan HAM
Mengumpulkan data
Menggali dari berbagai sumber tentang kasus pelanggaran HAM dalam rangka perlindungan, pemajuan dan pemenuhan
HAM
Mengasosiasikan
Menghubungkan satu konsep dengan konsep lainnya,
menghubungkan satu nilai dengan nilai lainnya yang berkaitan dengan kasus pelanggaran HAM dalam rangka perlindungan,
pemajuan dan pemenuhan HAM
Mengomunikasikan
Mengkomunikasikan hasil kajian pada kelompok lain
|
Tugas:
· Mengumpulkan data
dari berbagai sumber tentang kasus pelanggaran
HAM dalam rangka perlindungan, pemajuan dan pemenuhan HAM
· Diskusi
kelompok membahas hasil pengamatan
· Membuat
laporan hasil pengamatan
· Mempresentasikan
hasil laporan di depan kelas
Observasi
Menilai kegiatan
pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan dengan kasus pelanggaran HAM dalam rangka perlindungan,
pemajuan dan pemenuhan HAM
Portofolio,
penilaian ini
digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang
kasus pelanggaran HAM dalam rangka perlindungan,
pemajuan dan pemenuhan HAM
Tes
digunakan untuk menilai hasil belajar
secara individu tentang kasus pelanggaran
HAM dalam rangka perlindungan, pemajuan dan pemenuhan HAM
|
4 x 2 JP
|
· Buku Pelajaran
PPKn SMA
· Buku Penunjang
Lainnya
· Media cetak
dan elektronik
· Internet
|
3.2
Menganalisis
pasal-pasal yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk,
agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan
4.2
Menyaji hasil kajian pasal-pasal yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan
penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan
4.10.1
Berinteraksi
dengan teman dan orang lain berdasarkan prinsip saling menghormati, dan
menghargai dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan gender
|
Pasal-pasal yang mengatur tentang wilayah negara, warga
negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan dalam UUD
NRI tahun 1945
|
Mengamati
Mencermati
pasal-pasal dalam UUD 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara
dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamaman
Menanya
Mengajukan
pertanyaan terkait hasil kajian yang
telah dilakukan antarsiswa
Mengumpulkan data
Mencari
dari berbagai sumber berkaitan
tentang pasal-pasal dalam UUD 1945
yang mengatur wilayah negara, warga
negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan
Mengasosiasikan
Mencari
hubungan pasal yang satu dengan pasal yang lain sehingga dapat diketahui
benang merahnya (substansinya)
Mengkomunikasikan
Mempresentasikan hasil pengumpulan
data tentang pasal-pasal dalam UUD 1945 yang mengatur tentang wilayah negara,
warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamaman
|
Tugas:
·
Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang
pasal-pasal dalam UUD 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara
dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamaman
· Diskusi
kelompok membahas hasil pengamatan
· Membuat
laporan hasil pengamatan
· Mempresentasikan
hasil laporan di depan kelas
Observasi
Menilai kegiatan
pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan dengan pasal-pasal
dalam UUD NRI tahun1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara
dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamaman
Portofolio,
penilaian ini digunakan untuk menilai
hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang pasal-pasal dalam UUD
NRI tahun1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan
penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamaman
Tes
Digunakan untuk menilai hasil belajar
secara individu tentang pasal-pasal dalam UUD 1945 yang mengatur tentang
wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan
dan keamaman
|
4 minggu x JP
|
Buku Pelajaran PPKn SMA
Buku Penunjang Lainnya
Media Internet
|
3.3
Menganalisis perkembangan demokrasi dalam
kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
4.3
Menyaji hasil
análisis perkembangan
demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
|
Perkembangan
demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
|
Mengamati
Mengamati
perkembangan demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
Menanya
Dialog
antar siswa dalam bentuk diskusi kelompok tentang perkembangan demokrasi
dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
Mengumpulkan data
Melakukan
penggalian dari berbagai sumber
terkait perkembangan demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa dan bernegara
Mengasosiasikan
Mengaitkan hasil penggalian antara satu temuan dengan temuan lainnya
Mengkomunikasikan
Melakukan
presentasi hasil
kajiannya secara individual dan/atau kelompok dihadapan temen-temannya
|
Tugas:
· Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang perkembangan demokrasi dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
·
Diskusi kelompok membahas hasil
pengamatan
· Membuat
laporan hasil pengamatan
· Mempresentasikan
hasil laporan di depan kelas
Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber
berkaitan dengan perkembangan
demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
Portofolio,
Penilaian
ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok
tentang perkembangan demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan
bernegara
Tes
Digunakan
untuk menilai hasil belajar secara individu tentang perkembangan demokrasi
dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
|
4 x 2 JP
|
Buku Pelajaran PPKn SMA
Buku Penunjang Lainnya
Media cetak dan elektronik
Internet
|
3.4
Menganalisis sistem pembagian kekuasaan
pemerintahan negara, kementerian negara dan pemerintahan daerah menurut
Undang-Undang Dasar Negara Repbulik Indonesia tahun 1945
4.4
Menyaji hasil analisis sistem pembagian kekuasaan pemerintahan Negara,
kementerian Negara dan pemerintahan daerah menurut Undang-Undang Dasar Negara
Repbulik Indoneesia tahun 1945
|
Sistem pembagian kekuasaan
pemerintahan negara, kementerian negara dan pemerintahan daerah
|
Mengamati
Mencermati sistem
pembagian kekuasaan pemerintahan negara, kementerian negara dan pemerintahan
daerah
Menanya
Menanyakan kepada nara
sumber tentang sistem
pembagian kekuasaan pemerintahan negara, kementerian negara dan pemerintahan
daerah
Mengumpulkan data
Mengunjungi
lembaga resmiuntuk
menggali informasinya berkaitan sistem pembagian kekuasaan pemerintahan
negara, kementerian negara dan pemerintahan daerah
Mengasosiasikan
Mencari hubungan
antara sistem pembagian kekuasaan pemerintahan negara,dengan kementerian negara dan pemerintahan daerah
Mengomunikasikan
Mengomunikasikan hasil pengumpulan datanya pada teman-teman sekelas
|
Tugas:
·
Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang
sistem pembagian kekuasaan pemerintahan negara, kementerian negara dan
pemerintahan daerah
·
Diskusi kelompok membahas hasil pengamatan
· Membuat
laporan hasil pengamatan
· Mempresentasikan
hasil laporan di depan kelas
Observasi
Menilai kegiatan
pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan dengansistem
pembagian kekuasaan pemerintahan negara, kementerian negara dan pemerintahan
daerah
Portofolio,
Penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun
kelompok tentang sistem
pembagian kekuasaan pemerintahan negara, kementerian negara dan pemerintahan
daerah
Tes
Digunakan untuk menilai hasil belajar
secara individu tentang sistem pembagian kekuasaan pemerintahan negara,
kementerian negara dan pemerintahan daerah
|
4 x 2 JP
|
· Buku Pelajaran
PPKn SMA
· Buku Penunjang
Lainnya
· Media cetak
dan elektronik
· Internet
|
3.5
Menganalisis praktik perlindungan dan penegakan
hukum dalam masyarakat untuk menjamin keadilan dan kedamaian
4.5 Menyaji hasil
analisis praktik perlindungan dan
penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
|
Praktik perlindungan dan penegakan hukum dalam
masyarakat untuk menjamin keadilan dan kedamaian
|
Mengamati
Mengamati dan melakukan kunjungan ke lembaga peradilan terdekat
diwilayahnya
Menanya
Melakukan dialog dengan petugas lembaga peradilan tentang perlindungan dan penegakkan hukum
Mengumpulkqn data
Mencari hubungan yang lebih mendalam
lagi tentang praktik perlindungan dan penegakkan hukum dilembaga peradilan
terdekat
Mengasosiasikan
Mencari hubungan antara satu kasus
dengan kasus lainya dalam penanganan terhadap perlindungan dan penegakkan
hukum dalam masyarakat
Mengomunikasikan
Mempresentasikan hasil kajian berkaitan
tentang praktik perlindungan dan penegakan hukum dalam masyarakat
|
Tugas:
· Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang praktik perlindungan dan penegakan hukum
dalam masyarakat untuk menjamin keadilan dan kedamaian
· Diskusi
kelompok membahas hasil pengamatan
· Membuat
laporan hasil pengamatan
· Mempresentasikan
hasil laporan di depan kelas
Observasi
Menilai
kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan praktik
perlindungan dan penegakan hukum dalam masyarakat untuk menjamin keadilan dan
kedamaian
Portofolio,
Penilaian ini
digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang
Praktik perlindungan dan penegakan hukum dalam masyarakat untuk menjamin
keadilan dan kedamaian
Tes
Digunakan
untuk menilai hasil belajar secara individu tentang praktik perlindungan dan
penegakan hukum dalam masyarakat untuk menjamin keadilan dan kedamaian
|
4 minggu x JP
|
Buku Pelajaran PPKn SMA
Buku Penunjang Lainnya
Media cetak dan elektronik
Internet
|
3.6 Menganalisis kasus pelanggaran hak dan pengingkaran
kewajiban sebagai warga negara
4.6 Menyaji
hasil análisis kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban
sebagai warga negara
|
Kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara
|
Mengamati
Membaca
dari berbagai literatur untuk
mencermati kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban
sebagai warga negara
Menanya
Menanya
secara langsung dengan narasumber yang
ada di lingkungannya tentang kasus pelanggaran
hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara
Mengumpulkan data
Menggali
terus informasi dari berbagai sumber lainnya tentang kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara
bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
Mengasosiasikan
Mengaitkan
beberapa hasil temuannya tentang kasus pelanggaran
hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara
Mengomunikasikan
Menyampaikan data
temuannya dalam bentuk lisan ataupun tulisan pada teman lainnya
|
Tugas:
·
Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban
sebagai warga negara
· Diskusi
kelompok membahas hasil pengamatan
· Membuat
laporan hasil pengamatan
· Mempresentasikan
hasil laporan di depan kelas
· (format
presentasi terlampir)
Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber
berkaitan dengan kasus pelanggaran hak dan
pengingkaran kewajiban sebagai warga negara
Portofolio,
Penilaian
ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok
tentang kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban
sebagai warga negara (format portofolio
terlampir)
Tes
Digunakan
untuk menilai hasil belajar secara individu tentang kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara
|
4 x 2 JP
|
Buku Pelajaran PPKn SMA
Buku Penunjang Lainnya
Media cetak dan elektronik
|
3.7
Menganalisis strategi yang telah diterapkan oleh
negara dalam mengatasi ancaman untuk membangun integrasi nasional dalam
bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.7
Menyaji hasil analisis tentang strategi yang telah
diterapkan oleh negara dalam mengatasi ancaman untuk membangun integrasi
nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal
Ika
4.10 2 Menyaji bentuk partisipasi
kewarganegaran yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan nasional
|
Strategi
yang telah diterapkan oleh negara dalam mengatasi ancaman
|
Mengamati
Mengamati strategi yang telah
diterapkan oleh negara dalam mengatasi ancaman
Menanya
Melakukan dialog dengan praktisi di
lapangan berkaitan strategi yang telah
diterapkan oleh negara dalam mengatasi ancaman
Mengeksperimen/mengeksplorasi-kan
Menggali
informasi dengan mendatangi lembaga pertahanan terkait untuk mendalami tentang strategi
yang telah diterapkan oleh negara dalam mengatasi ancaman
Mengasosiasikan
Mengaitkan hasil pencermatan literatur dengan hasil dialog dengan narasumber dari berbagai
lembaga terkait
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil kajian dan temuan di depan teman-temannya dalam bentuk lisan dan tulisan
|
1. Tugas:
-
Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang
strategi yang telah diterapkan oleh negara dalam mengatasi ancaman
-
Diskusi kelompok membahas hasil
pengamatan
-
Membuat laporan hasil pengamatan
-
Mempresentasikan hasil laporan di
depan kelas
(format presentasi terlampir)
2. Observasi
Menilai
kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan narasumber berkaitan strategi yang
telah diterapkan oleh negara dalam mengatasi ancaman
3. Portofolio,
Penilaian ini
digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang
strategi yang telah diterapkan oleh Negara dalam mengatasi ancaman (format portofolio terlampir)
4. Tes
Digunakan
untuk menilai hasil belajar secara individu tentang strategi yang telah
diterapkan oleh Negara dalam mengatasi ancaman
|
4 minggu x JP
|
Buku Pelajaran PPKn SMA
Buku Penunjang Lainnya
Media cetak dan elektronik
Internet
|
3.8
Menganalisisdinamika
kehidupan bernegara sesuai konsep NKRI dan bernegara sesuai konsep federal
dilihat dari konteks geopolitik
4.8
Menyaji hasil análisis tentang dinamika kehidupan bernegara sesuai konsep NKRI dan bernegara sesuai
konsep federal dilihat dari konteks geopolitik
|
Dinamika kehidupan bernegara sesuai konsep NKRI dan bernegara sesuai
konsep federal dilihat dari konteks geopolitik
|
· Mengamati
Mengamati di lingkungan sekitar berkaitan dengan dinamika kehidupan bernegara sesuai konsep NKRI dan
bernegara sesuai konsep federal dilihat dari konteks geopolitik
· Menanya
Menanya dengan narasumber tentang dinamika kehidupan bernegara sesuai konsep NKRI dan bernegara sesuai
konsep federal dilihat dari konteks geopolitik
· Mengeksperimen/mengeksplorasi-kan
Mencari
dari berbagai sumber tentang dinamika
kehidupan bernegara sesuai konsep NKRI dan bernegara sesuai konsep federal
dilihat dari konteks geopolitik
· Mengasosiasikan
Mengaitkan
dinamika kehidupan bernegara sesuai konsep NKRI dan
konsep federal dilihat dari konteks geopolitik
· Mengkomunikasikan
Mempresentasikan
hasil pengumpulan data tentang dinamika
kehidupan bernegara sesuai konsep NKRI dan bernegara sesuai konsep federal
dilihat dari konteks geopolitik pada teman-teman sekelas dalam bentuk lisan
dan tulisan
|
1. Tugas:
- Mengumpulkan data dari berbagai
sumber tentang dinamika kehidupan bernegara sesuai konsep NKRI dan
bernegara sesuai konsep federal dilihat dari konteks geopolitik
-
Diskusi kelompok membahas hasil
pengamatan
-
Membuat laporan hasil pengamatan
-
Mempresentasikan hasil laporan di
depan kelas
(format presentasi terlampir)
2. Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan narasumber
berkaitan dinamika kehidupan bernegara sesuai konsep NKRI dan
bernegara sesuai konsep federal dilihat dari konteks geopolitik
3. Portofolio,
Penilaian
ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok
tentang dinamika kehidupan bernegara sesuai konsep NKRI dan
bernegara sesuai konsep federal dilihat dari konteks geopolitik(format
portofolio terlampir)
4. Tes
Digunakan
untuk menilai hasil belajar secara individu tentang dinamika kehidupan bernegara sesuai konsep NKRI dan bernegara sesuai
konsep federal dilihat dari konteks geopolitik
|
4 minggu x JP
|
Buku Pelajaran PPKn SMA
Buku Penunjang Lainnya
Media cetak dan elektronik
Internet
|
3.2 Menganalisis
macam-macam budaya politik di Indonesia
4.9
Menyaji hasil análisis tentang macam-macam budaya politik di
Indonesia
|
Macam-macam budaya politik di Indonesia
|
· Mengamati
Membaca
pengertian dan macam-macam budaya politik serta mengamati budaya politik di Indonesia dari berbagai sumber
· Menanya
Melakukan
dialog dengan praktisi politik setempat berkaitan macam-macam budaya politik
di Indonesia
· Mengeksperimen/mengeksplorasikan
Menggali
informasi dengan mendatangi lembaga politik atau pakar politik setempat untuk
mendalami tentang budaya politik di Indonesia
· Mengasosiasikan
Mengaitkan hasil pencermatan literatur dengan hasil dialog dengan narasumber
· Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil kajian di depan teman-temannya.
|
1. Tugas:
-
Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang
Macam-macam budaya politik di Indonesia
-
Diskusi kelompok membahas hasil
pengamatan
-
Membuat laporan hasil pengamatan
-
Mempresentasikan hasil laporan di
depan kelas
(format presentasi terlampir)
2. Observasi
Menilai
kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan narasumber berkaitan dengan
pengertian dan macam-macam
budaya politik di Indonesia
3. Portofolio,
Penilaian ini
digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang
pengertian dan macam-macam budaya politik di Indonesia (format
portofolio terlampir)
4. Tes
Digunakan
untuk menilai hasil belajar secara individu tentang pengertian dan
macam-macam budaya politik di Indonesia
|
4 minggu x JP
|
Buku Pelajaran PPKn SMA
Buku Penunjang Lainnya
Media cetak dan elektronik
|
SILABUS SMA/MA
Mata Pelajaran :
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Kelas :
XII (dua belas)
Kompetensi
Inti :
KI 1
|
:
|
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI 3
|
:
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
KI 4
|
:
|
Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Mengamalkan ketaatan terhadap agama dan
kepercayaan yang dianut dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
|
|
|
|
|
|
1.2 Mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam pasal 28E dan 29 ayat 2 Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
1.3 Menghayati
jiwa toleransi antarumat beragama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
|
|
|
|
|
|
1.4 Menghargai karakter berakhlak mulia dalam memperkuat
komitmen negara kesatuan.
|
|
|
|
|
|
2.1 Mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup dan ideologi nasional
dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
|
|
|
|
|
|
2.2 Mengamalkan kesadaran berkonstitusi berdasarkan
pemahaman latar belakang, proses perumusan dan pengesahan, serta perkembangan
aktualisasi Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
|
|
|
|
|
|
2.3 Mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
|
|
|
|
|
|
2.4 Mengamalkan tanggungjawab warga negara untuk mengatasi ancaman terhadap negara.
|
|
|
|
|
|
2.5 Mengamalkan
budaya demokrasi dengan mengutamakan prinsip musyawarah, mufakat, dan
integrasi nasional dalam konteks NKRI.
|
|
|
|
|
|
3.1 Menganalisis
berbagai kasus pelanggaran HAM secara argumentatif dan saling keterhubungan
antara aspek ideal, instrumental
dan praksis sila-sila Pancasila .
4.1
Menyaji pembahasan kasus pelanggaran HAM secara
argumentatif dan saling keterhubungan antara
aspek ideal, instrumental dan
praksis sila-sila Pancasila
|
Kasus-kasus pelanggaran HAM di Indonesia
|
Mengamati
Membaca
dan mengamati dari berbagai sumber tentang kasus-kasus pelanggarana HAM
Menanya
Menanyakan tentang contoh- contoh kasus pelanggaran
HAM yang terjadi .
Mengumpulkan data
Mencari dari berbagai sumber tentang kasus-kasus pelanggaran HAM dari
berbagai literatur
Mengasosiasikan
·
Menganalisis
kasus-kasus pelanggaran HAM dari berbagai literatur dan
keterhubungannya dengan aspek nilai ideal, instrumental dan praksis dalam
sila-sila Pancasila
·
Menyaji bahasan kasus pelanggaran HAM secara
argumentatif sesuai dengan nilai-nilai pancasila
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil pembahasan kasus
pelanggaran HAM dalam bentuk lisan
|
Tugas:
· Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang kasus-kasus
pelanggaran HAM di Indonesia dan Internasional
· Diskusi
kelompok membahas hasil pengumpulan data
· Membuat
laporan hasil pengumpulan data
· Mempresentasikan
hasil laporan di depan kelas
Observasi. Menilai kegiatan
pengamatan dan tanya jawab dengan narasumber berkaitan dengan kasus-kasus pelanggaran
HAM di Indonesia serta keterhubungannya dengan aspek nilai ideal,
instrumental dan praksis dalam sila-sila Pancasila
Portofolio, penilaian ini
digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang
kasus-kasus pelanggaran HAM di Indonesia dan Internasional dan keterhubungannya dengan aspek nilai ideal,
instrumental dan praksis dalam sila-sila Pancasila
Tes, digunakan
untuk menilai hasil belajar secara individu tentang kasus-kasus pelanggaran
HAM di Indonesia dan Internasionalserta keterhubungannya dengan aspek nilai
ideal, instrumental dan praksis dalam sila-sila Pancasila
|
5 x 2 JP
|
· Buku Pelajaran
PPKn SMA
· Buku Penunjang
Lainnya
· Media cetak
dan elektronik
|
3.2 Memahami pelaksanaan pasal-pasal yang mengatur tentang keuangan, BPK, dan kekuasaan kehakiman
4.2
Menyaji pelaksanaan pasal-pasal yang mengatur tentang keuangan, BPK, dan
kekuasaan kehakiman
|
Pasal-pasal yang mengatur tentang :
a. Keuangan Negara
b. BPK
c. Kekuasaan kehakiman
|
Mengamati
Membaca
dan mengkaji pasal-pasal dalam UUD NRI
tahun 1945 yang mengatur tentang keuangan negara, BPK dan kekuasaan kehakiman
Menanya
Mengajukan
pertanyaan yang berkaitan dengan
pasal-pasal keuangan negara, BPK dan
kekuasaan kehakiman dari yang faktual sampai yang bersifat hipotesis
Mengumpulkan data
Mencari dari berbagai sumber tentang
pasal-pasal dalam UUD NRI tahun 1945
yang mengatur tentang keuangan negara, BPK dan kekuasaan kehakiman
Mengasosiasikan
Menyaji pasal-pasal yang berkaitan dengankeuangan
negara, BPK dan kekuasaan kehakiman
Mengomunikasikan
Menyampaikan
hasil kajian pasal-pasal yang
berkaitan dengan keuangan negara, BPK dan kekuasaan kehakiman secara lisan
dan tertulis
|
Tugas:
· Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentangpasal-pasal dalam UUD NRI tahun 1945 yang mengatur
tentang keuangan negara, BPK dan kekuasaan kehakiman
· Diskusi
kelompok membahas hasil pengumpulan data
· Membuat
laporan hasil pengumpulan data
· Mempresentasi-kan
hasil laporan di depan kelas
Observasi. Menilai kegiatan
pengamatan dan tanya jawab dengan narasumber berkaitan dengan pasal-pasal dalam UUD NRI tahun 1945 yang mengatur
tentang keuangan negara, BPK dan kekuasaan kehakiman
Portofolio. Penilaian ini
digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang
pasal-pasal dalam UUD NRI tahun 1945
yang mengatur tentang keuangan negara, BPK dan kekuasaan kehakiman
Tes. Digunakan
untuk menilai hasil belajar secara individu tentang pasal-pasal dalam UUD NRI tahun 1945 yang mengatur
tentang keuangan negara, BPK dan kekuasaan kehakiman
|
5 minggu x JP
|
Buku Pelajaran PPKn SMA
Buku Penunjang Lainnya
Media cetak dan elektronik
Internet
|
3.3 Menganalisis dinamika pengelolaan kekuasaan negara di pusat dan
daerah berdasarkan Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945dalam mewujudkan
tujuan negara
4.3 Menyaji hasil
analisis dinamika pengelolaan kekuasaan negara di pusat dan daerah
berdasarkan Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
dalam mewujudkan tujuan negara
|
Dinamika pengelolaan kekuasaan negara
di pusat dan daerah berdasarkan UUD
NRI tahun 1945 dalam mewujudkan tujuan negara
|
Mengamati
Membaca dari berbagai sumber dinamika pengelolaan
kekuasaan negara di pusat dan daerah berdasarkan UUD NRI tahun 1945
Menanya
Mengajukan
pertanyaan yang berkaitan dengan
dinamika pengelolaan kekuasaan negara di pusat dan daerah berdasarkan UUD NRI
tahun 1945 yang faktual sampai yang bersifat hipotesis
Mengumpulkan data
Mencari dari berbagai sumber (media
cetak dan elektronik) tentang dinamika pengelolaan kekuasaan negara di pusat
dan daerah berdasarkan UUD NRI tahun 1945
Mengasosiasikan
Mencari hubungan antara pengelolaan
kekuasaan negara di pusat dan daerah berdasarkan UUD NRI tahun 1945
Mengomunikasikan
Menyampaikan hasil kajian dinamika
pengelolaan kekuasaan negara di pusat dan daerah berdasarkan UUD NRI tahun
1945 secara tertulis
|
Tugas:
·
Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentangdinamika
pengelolaan kekuasaan negara di pusat
dan daerah berdasarkan UUD NRI tahun 1945 dalam mewujudkan tujuan
negara
·
Diskusi kelompok membahas hasil
pengumpulan data
· Membuat
laporan hasil pengumpulan data
· Mempresentasikan
hasil laporan di depan kelas
Observasi. Menilai kegiatan
pengamatan dan tanya jawab dengan narasumber berkaitan dinamika
pengelolaan kekuasaan negara di pusat
dan daerah berdasarkan UUD NRI tahun 1945 dalam mewujudkan tujuan
negara
Portofolio. Penilaian ini
digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang
dinamika pengelolaan kekuasaan negara di pusat dan daerah berdasarkan UUD NRI tahun 1945
dalam mewujudkan tujuan negara
Tes. Digunakan
untuk menilai hasil belajar secara individu tentang dinamika pengelolaan
kekuasaan negara di pusat dan daerah
berdasarkan UUD NRI tahun 1945 dalam mewujudkan tujuan negara
|
5 x 2 JP
|
· Buku Pelajaran
PPKn SMA
· Buku Penunjang
Lainnya
· Media cetak
dan elektronik
· Internet
|
3.4 Menganalisis
kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara
4.4 Menyaji
analisis penanganan kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai
warga negara
|
Kasus pelanggaran hak dan pengingkaran
kewajiban di Indonesia
|
Mengamati
Membaca dari berbagai sumber tentang kasus
pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban di Indonesia
Menanya
Mengajukan
pertanyaan yang berkaitan dengan kasus
pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara
Mengumpulkan data
Mencari dari berbagai sumber (media
cetak dan elektronik) tentang kasus pelanggaran hak dan pengingkaran
kewajiban di Indonesia
Mengasosiasikan
Menyimpulkan hasil analisis kasus pelanggaran hak dan
pengingkaran kewajiban sebagai warga negara
Mengkomunikasikan
Mempresentasikan hasil kajian kasus pelanggaran hak dan
pengingkaran kewajiban secara lisan
dan tertulis
|
Tugas:
·
Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang
kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban di Indonesia
·
Diskusi kelompok membahas hasil
pengumpulan data
· Membuat
laporan hasil pengumpulan data
· Mempresentasikan
hasil laporan di depan kelas
Observasi. Menilai kegiatan
pengamatan dan tanya jawab dengan narasumber berkaitan kasus
pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban di Indonesia
Portofolio. Penilaian ini
digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang
kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban di Indonesia
Tes. Digunakan
untuk menilai hasil belajar secara individu tentang kasus pelanggaran hak dan
pengingkaran kewajiban di Indonesia
|
5 x 2 JP
|
· Buku Pelajaran
PPKn SMA
· Buku Penunjang
Lainnya
· Media cetak
dan elektronik
|
3.5 Mengevaluasi peran Indonesia dalam hubungan
Internasional
4.5 Menyaji hasil evaluasi dari berbagai media massa tentang peran Indonesia dalam hubungan internasional.
|
Peran Indonesia dalam hubungan
internasional
|
Mengamati
Membaca dari berbagai sumber dan literatur peran
Indonesia dalam hubungan internasional
Menanya
Mengajukan
pertanyaan yang berkaitan dengan peran
Indonesia dalam kancah hubungan internasional
Mengumpulkan data
Mencari dari berbagai sumber dan
literature tentang peran Indonesia dalam hubungan internasional
Mengasosiasikan
Mengambil kesimpulan hasil evaluasi tentang peran Indonesia
dalam hubungan internasional
Mengomunikasikan
Menyampaikan hasil evaluasi peran
Indonesia dalam hubungan internasional secara lisan dan tertulis
|
Tugas:
·
Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang
peran Indonesia dalam hubungan internasional
·
Diskusi kelompok membahas hasil
pengumpulan data
· Membuat
laporan hasil pengumpulan data
· Mempresentasikan
hasil laporan di depan kelas
Observasi. Menilai kegiatan
pengamatan dan tanya jawab dengan narasumber berkaitan peran
Indonesia dalam hubungan internasional
Portofolio. Penilaian ini
digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang
peran Indonesia dalam hubungan internasional
Tes. Digunakan
untuk menilai hasil belajar secara individu tentang peran Indonesia dalam
hubungan internasional
|
5 x 2 JP
|
· Buku Pelajaran
PPKn SMA
· Buku Penunjang
Lainnya
· Media cetak
dan elektronik
· Internet
|
3.6
Menganalisis strategi yang diterapkan negara Indonesia dalam
menyelesaikan ancaman terhadap
negara dalam memperkokoh persatuan dengan bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
4.6 Menyaji hasil analisis strategi yang diterapkan negara Indonesia dalam menyelesaikan ancaman terhadap negara dalam memperkokoh persatuan bangsa.
4.8.1
Berinteraksi dengan teman dan orang lain berdasarkan prinsip saling
menghormati, dan menghargai dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan
gender
|
Strategi yang
diterapkan Negara Indonesia dalam menyelesaikan ancaman terhadap negara dalam memperkokoh
persatuan dan kesatuan dengan bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
Mengamati
Membaca dari berbagai sumber tentang strategi yang
diterapkan negara Indonesia dalam menyelesaikan ancaman terhadap negara dalam
memperkokoh persatuan
Menanya
Mengajukan
pertanyaan yang berkaitan dengan
strategi yang diterapkan negara Indonesia dalam menyelesaikan ancaman
terhadap negara
Mengumpulkan data
Mencari dari berbagai sumber dan
literatur tentang strategi yang diterapkan Negara Indonesia dalam menyelesaikan
ancaman terhadap kelangsungan hidup bernegara
Mengasosiasikan
Mencari hubungan antara strategi yang
diterapkan Negara Indonesia dalam menyelesaikan ancaman dengan fakta-fakta
yang ada di lapangan
Mengomunikasikan
Mempresentasikan secara lisan dan tertulis
hasil analisis strategi yang diterapkan Negara Indonesia dalam menyelesaikan
ancaman terhadap negara
|
Tugas:
· Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang strategi yang diterapkan Negara Indonesia
dalam menyelesaikan ancaman terhadap negara dalam memperkokoh persatuan dan
kesatuan
· Diskusi
kelompok membahas hasil pengumpulan data
· Membuat
laporan hasil pengumpulan data
· Mempresentasikan
hasil laporan di depan kelas
Observasi. Menilai kegiatan
pengamatan dan tanya jawab dengan narasumber berkaitan strategi yang
diterapkan Negara Indonesia dalam menyelesaikan ancaman terhadap negara dalam
memperkokoh persatuan dan kesatuan
Portofolio. Penilaian ini
digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang
strategi yang diterapkan Negara Indonesia dalam menyelesaikan ancaman
terhadap negara dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan
Tes. Digunakan
untuk menilai hasil belajar secara individu tentang strategi yang diterapkan
Negara Indonesia dalam menyelesaikan ancaman terhadap negara dalam
memperkokoh persatuan dan kesatuan
|
5 x 2 JP
|
· Buku Pelajaran
PPKn SMA
· Buku Penunjang
Lainnya
· Media cetak
dan elektronik
· Internet
|
3.7
Menganalisis
dinamika penyelenggaraan negara dalam konsep NKRI dan konsep negara federal
4.7 Menyaji hasil analisis dinamika penyelenggaraan negara dalam konsep NKRI dan konsep negara federal
4.8.2
Menyaji bentuk partisipasi kewarganegaran yang mencerminkan komitmen
terhadap keutuhan nasional
|
· Dinamika penyelenggaraan Negara dalam Konsep NKRI
· Dinamika penyelenggaraan Negara dalam konsep
Negara federal
|
Mengamati
Membaca dari berbagai sumber tentang dinamika penyelenggaraan negara dalam konsep NKRI dan konsep negara federal.
Menanya
Mengajukan
pertanyaan yang berkaitan dengan dinamika penyelenggaraan negara dalam konsep NKRI dan
konsep negara federal mulai dari faktual sampai yang
bersifat hipotesis
Mengumpulkan data
Mencari dari berbagai sumber dan
literature (termasuk media cetak dan elektronik) tentang dinamika penyelenggaraan negara dalam konsep NKRI dan konsep negara federal
Mengasosiasikan
Mencari hubungan tentang dinamika penyelenggaraan negara dalam konsep NKRI dan
konsep negara federal
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil analisis dinamika penyelenggaraan negara dalam konsep NKRI dan
konsep negara federal secara lisan dan tertulis
|
Tugas:
· Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang dinamika penyelenggaraan negara dalam konsep NKRI dan
konsep negara federal
· Diskusi
kelompok membahas hasil pengumpulan data
· Membuat
laporan hasil pengumpulan data
· Mempresentasikan
hasil laporan di depan kelas
Observasi. Menilai kegiatan
pengamatan dan tanya jawab dengan narasumber berkaitan dengan dinamika penyelenggaraan negara dalam konsep NKRI dan konsep negara federal
Portofolio. Penilaian ini
digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang
dinamika penyelenggaraan negara dalam konsep NKRI dan konsep negara federal
Tes. Digunakan
untuk menilai hasil belajar secara individu tentang dinamika penyelenggaraan negara dalam konsep NKRI dan konsep negara federal
|
5 x 2 JP
|
· Buku Pelajaran
PPKn SMA
· Buku Penunjang
Lainnya
· Media cetak
dan elektronik
· Internet
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar