Rabu, 25 Januari 2017

LEMBAR KERJA ANALISIS KETERKAITAN SKL, KI, dan KD

LK – 1.2
 

LEMBAR KERJA
ANALISIS KETERKAITAN SKL, KI, dan KD

SEJARAH INDONESIA KLS X


PETUNJUK KEGIATAN ANALISIS SKL, KI DAN KD
Kompetensi                       :     Memahami keterkaitan antara SKL, KI dan KD pada Kurikulum 2013
Tujuan Kegiatan               :     Menganalisis keterkaitan SKL, KI dan KD
Kelompok Kerja               :
1.       Bacalah substansi Standar Kompetensi Lulusan  (SKL) Tahun 2013!
2.       Bacalah dan komparasikan dengan SKL Tahun 2006 (Permendiknas Th 2006)!
3.       Bacalah KI mata pelajaran Sejarah SMA Kelas X dan XI
4.       BacalahKD mata pelajaran Sejarah SMA Kelas X dan XI
5.       Analisislah  Lingkup Materi  dari setiap KD dengan mengacu silabus mata pelajaran!
6.       Tulislah aktivitas/ kegiatan belajar siswa untuk mencapai kompetensi tersebutdengan mengacu silabus mata pelajaran!
7.       Tentukan teknik dan instrumen penilaiannya dengan mengacu silabus mata pelajaran!
8.       Setelah selesai masukkan dalam Lembar Kerja Analisis Keterkaitan SKL, KI, dan KD Sejarah SMA Kelas X dan XI yang sudah disiapkan!


LK –1.2
LEMBAR KERJA
ANALISIS KETERKAITAN SKL, KI, dan KD

MATA PELAJARAN     : PPKn
KELAS                           : X
SEMESTER                    : 1 ( Satu)

Kompetensi Dasar Pengetahuan
Kompetensi Dasar Keterampilan
Kompetensi Dasar Sikap
Materi Pokok dan Sikap yang Ditumbuhkan
Aktivitas/Kegiatan Belajar Peserta Didik
Teknik dan Bentuk Instrumen Penilaian
Alokasi Waktu
3.1       Menganalisis kasus-kasus pelanggaran HAM dalam rangka pelindungan dan pemajuan HAM sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
































































4.1  Menyaji kasus–kasus pelanggaran HAM dalam rangka perlindungan dan pemajuan HAM sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara

1.1    Menghayati nilai-nilai ajaran agama dan kepercayaan dalam kehidupan bermasyarakat.
2.1   Menghayati nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
2.5    Mengamalkan perilaku toleransi dan harmoni keberagaman dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara Indonesia.


1.     Kasus Pelanggaran HAM  :
Contoh:
a.        Kasus Trisakti
b.       Kasus Marsinah
c.        Kasus Poso
d.       Kasus JIS























































Temuan kasus pelanggaran HAM
Mengamati
·   Membaca berbagai  kasus pelanggaran  HAM di Indonesia dari berbagai media cetak
·   Mengamati berbagai  kasus pelanggaran  HAM yang terjadi dilingkungan masyarakat sekitar
·   Mendengar dan menyimak berbagai  kasus pelanggaran  HAM yang terjadi di Indonesia dari berbagai media elektronik

Menanya
·         Mempertanyakan contoh- contoh kasus pelanggaran HAM yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara


Mengeksperimenkan/mengeksplorasi-kan
·      Menentukan sumber data akurat yang ada di lingkungannya berkaitan dengan kasus-kasus pelanggaran HAM
·      Mengumpulkan data dari berbagai sumber (media cetak dan elektronik) tentang kasus pelanggaran HAM di Indonesia

Mengasosiasikan
·         Mencari hubungan pelanggaran HAM dengan aspek sosial–budaya dalam masyarakat Indonesia
·         Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan kasus pelanggaran HAM di Indonesia

Mengomunikasikan
·       Mempresentasikan berbagai kasus pelanggaran HAM di wilayahnya berdasarkan hasil temuannya di lapangan
·       Menyampaikan hasil temuan  tentang kasus pelanggaran HAM dalam bentuk lisan, tulisan, gambar atau media lainnya

1. Tugas:
-   Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang berbagai  kasus pelanggaran  HAM di Indonesia
-   Diskusi kelompok membahas hasil pengamatan
-   Membuat laporan hasil pengamatan
-   Mempresentasi-kan hasil laporan di depan kelas
(format presentasi terlampir)

2.     Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan contoh kasus pelanggaran HAM dalam kehidupan sehari-hari

3.     Portofolio,
penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang kasus pelanggaran HAM yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara (format portofolio terlampir)
4.     Tes
digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang
kasus pelanggaran HAM 

3 Minggu untuk x JP



















































Tidak ada komentar:

Posting Komentar