LK
– 1.2
|
LEMBAR
KERJA
ANALISIS KETERKAITAN SKL, KI,
dan KD
SEJARAH INDONESIA KLS X
PETUNJUK
KEGIATAN ANALISIS SKL, KI DAN KD
Kompetensi :
Memahami keterkaitan antara SKL, KI
dan KD pada Kurikulum 2013
Tujuan Kegiatan : Menganalisis keterkaitan SKL, KI dan KD
Kelompok Kerja :
1. Bacalah substansi Standar
Kompetensi Lulusan (SKL) Tahun 2013!
2. Bacalah dan komparasikan dengan SKL Tahun
2006 (Permendiknas Th 2006)!
3. Bacalah KI mata pelajaran Sejarah
SMA Kelas X dan XI
4. BacalahKD mata pelajaran Sejarah
SMA Kelas X dan XI
5. Analisislah Lingkup Materi dari setiap KD dengan mengacu silabus mata
pelajaran!
6. Tulislah
aktivitas/ kegiatan belajar siswa untuk mencapai kompetensi tersebutdengan
mengacu silabus mata pelajaran!
7. Tentukan
teknik dan instrumen penilaiannya dengan mengacu silabus mata pelajaran!
8. Setelah selesai masukkan dalam
Lembar Kerja Analisis Keterkaitan SKL, KI, dan KD Sejarah SMA Kelas X dan XI yang
sudah disiapkan!
LK
–1.2
|
ANALISIS KETERKAITAN SKL, KI, dan KD
MATA PELAJARAN : PPKn
KELAS : X
SEMESTER : 1 ( Satu)
Kompetensi
Dasar Pengetahuan
|
Kompetensi
Dasar Keterampilan
|
Kompetensi Dasar Sikap
|
Materi
Pokok dan Sikap yang Ditumbuhkan
|
Aktivitas/Kegiatan Belajar Peserta Didik
|
Teknik
dan Bentuk Instrumen Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
3.1
Menganalisis kasus-kasus pelanggaran
HAM dalam rangka pelindungan dan pemajuan HAM
sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa,
dan bernegara.
|
4.1 Menyaji kasus–kasus pelanggaran HAM dalam rangka
perlindungan dan pemajuan HAM
sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa,
dan bernegara
|
1.1 Menghayati
nilai-nilai ajaran agama dan kepercayaan dalam kehidupan bermasyarakat.
2.1 Menghayati nilai-nilai Pancasila dalam
kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
2.5 Mengamalkan perilaku toleransi dan harmoni keberagaman dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegara Indonesia.
|
1.
Kasus Pelanggaran HAM :
Contoh:
a.
Kasus Trisakti
b.
Kasus Marsinah
c.
Kasus Poso
d.
Kasus JIS
Temuan kasus pelanggaran HAM
|
Mengamati
·
Membaca berbagai kasus
pelanggaran HAM di Indonesia dari berbagai
media cetak
·
Mengamati berbagai kasus
pelanggaran HAM yang terjadi
dilingkungan masyarakat sekitar
·
Mendengar dan menyimak berbagai kasus
pelanggaran HAM yang terjadi di
Indonesia dari berbagai media elektronik
Menanya
·
Mempertanyakan contoh- contoh kasus
pelanggaran HAM yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan
bernegara
Mengeksperimenkan/mengeksplorasi-kan
· Menentukan sumber data akurat yang ada di lingkungannya berkaitan dengan
kasus-kasus pelanggaran HAM
· Mengumpulkan
data dari berbagai sumber (media cetak dan elektronik) tentang kasus
pelanggaran HAM di Indonesia
Mengasosiasikan
·
Mencari hubungan pelanggaran HAM
dengan aspek sosial–budaya dalam masyarakat Indonesia
·
Menganalisis hasil
temuannya berkaitan dengan kasus pelanggaran HAM di Indonesia
Mengomunikasikan
· Mempresentasikan
berbagai kasus pelanggaran HAM di wilayahnya berdasarkan hasil temuannya di
lapangan
· Menyampaikan hasil temuan
tentang kasus pelanggaran HAM dalam bentuk lisan, tulisan, gambar atau
media lainnya
|
1. Tugas:
-
Mengumpulkan data dari
berbagai sumber tentang berbagai kasus pelanggaran HAM di Indonesia
-
Diskusi kelompok
membahas hasil pengamatan
-
Membuat laporan hasil pengamatan
-
Mempresentasi-kan
hasil laporan di depan kelas
(format presentasi terlampir)
2.
Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber
berkaitan contoh kasus pelanggaran HAM dalam kehidupan sehari-hari
3.
Portofolio,
penilaian ini
digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang
kasus
pelanggaran HAM yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan
bernegara (format
portofolio terlampir)
4.
Tes
digunakan
untuk menilai hasil belajar secara individu tentang
kasus pelanggaran HAM
|
3 Minggu untuk x JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar