6 LAPORAN PENELITIAN
SOSIAL
Kompetensi Inti
|
KI 1
: Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun,
responsif, dan pro-aktif serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
: Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
KI 4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
|
Kompetensi Dasar
|
1.1 Memperdalam nilai agama yang dianutnya dan
menghormati agama lain
2.1 Mensyukuri keberadaan diri dan lingkungan
sosial sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
3.4 Menerapkan
metode-metode penelitian sosial untuk memahami berbagai gejala sosial
4.4
Menyusun rancangan, melaksanakan, dan menyusun laporan penelitian
sederhana serta mengkomunikasikannya dalam bentuk tulisan, lisan dan
audio-visual
|
Indikator
|
A.
Membuat format laporan penelitian
B.
Cara-cara mempresentasikan hasil
penelitian
|
Tujuan Pembelajaran
Setelah belajar dengan menggunakan modul
ini siswa diharapkan mampu membuat format laporan penelitian, serta mampu mempresentasikan hasil penelitian.
|
A. Membuat Format Laporan Penelitian
a. Mengamati Lingkungan
Tahap akhir dari suatu
kegiatan penelitian adalah menulis atau menyusun laporan penelitian. Penulisan
laporan penelitian merupakan bagian yang sangat penting karena melalui laporan
tersebut sesuatu hasil penelitian dapat dibaca oleh orang lain, mudah dipahami,
dan dapat dijadikan sebagai alat dokumen untuk pengujian dan pengembangan
penelitian lebih lanjut. Amatilah setiap laporan penelitian yang ada di
perpustakaan bagaimana sistematikanya.
b. Membuat Format Laporan Penelitian
Dalam membuat laporan penelitian harus sistematis/
urut. Untuk itu diperlukan format laporan penelitian yakni:
a.
Bagian Pendahuluan (Preliminary materials)
1). Halaman Judul
2). Lembar Pengesahan
3). Abstrak
4). Kata Pengantar
5). Motto
6). Persembahan
7). Daftar Isi
8). Daftar Tabel (jika ada)
9). Daftar Gambar (jika ada)
10). Daftar Lampiran (jika ada)
b. Bagian Inti (Body of the paper)
BAB I PENDAHULUAN
- Latar
Belakang Masalah
- Rumusan
Masalah
- Tujuan
Penelitian
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Penelitian yang Relevan
B. Kajian Teori
C. Kerangka Berpikir
D. Hipotesis
BAB III METODE PENELITIAN
A. Tempat dan Waktu Penelitian
B. Rancangan Penelitian
C. Populasi dan Sampel Penelitian
D. Desain dan Pendekatan Penelitian
E. Teknik Pengumpulan Data
F. Instrumen Penelitian
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Uji Coba Instrumen
B. Pengolahan Data Hasil Penelitian
C. Pembahasan
BAB V KESIMPULAN, IMPLIKAI DAN SARAN
A.
Kesimpulan
B.
Saran
DAFTAR PUSTAKA
Secara singkat bagian-bagian laporan penelitian
tersebut akan dipaparkan di bawah ini:
- Bagian
pendahuluan
Dalam bagian ini peneliti menjelaskan
kepada pembaca tentang permasalahan, apa sebab atau apa alasannya penelitian.
Pendahuluan menyajikan kajian pustaka yang berisi paling sedikit tiga gagasan
yaitu: 1). Latar belakang masalah, 2). Permasalahan, 3). Rumusan tujuan
penelitian.
Dalam
membuat kajian pustaka diusahakan ada rujukan yang bisa dijamin otoritas
penulisannya. Pembahasan kepustakaan harus disajikan ringkas, padat, dan
langsung mengenai masalah yang diteliti. Penyajian latar belakang hendaknya
mengarahkan pembaca kerumusan masalah penelitian yang dilengkapi dengan rencana
pemecahan masalah dan akhirnya kerumusan tujuan.
- Bagian studi pustaka
Bagian ini memaparkan kepada pembaca
mengenai: 1). Landasan teori yaitu mengupas satu demi satu arti dari judul
penelitian sehingga judul penelitian dapat dipahami pembaca. 2). Kerangka
berfikir yaitu menerangkan latar belakang permasalahan, cara kerja penelitian
dan hipotesa yang akan dicapai dalam penelitian. 3). Hipotesa yakni dugaan
sementara tentang hasil penelitian.
- Bagian
metodologi
Bagian ini menerangkan kepada
pembaca tentang:
1. Pengambilan populasi, sampel dan teknik
sampling
2. Disain dan pendekatan penelitian, yakni
berisi teknik analisa data dan teknik pengumpulan data.
Bagian metodologi harus
disampaikan kepada pembaca dengan jelas.
- Bagian
pembahasan
Bagian ini sebenarnya merupakan inti
laporan penelitian. Oleh karena itu bagian ini harus dikemukakaan dengan jelas
dan mendapatkan porsi yang paling banyak karena bagian inilah yang
ditunggu-tunggu dan ingin diketahui oleh pembaca. Pembahasan memaparkan 1).
Pengumpulan dan penyajian data yakni bagi penelitian yang kuwantitatif (memakai
angka-angka) data disajikan dan dianalisa. 2). Analisis data dan hasil
analisis, yakni data yang sudah ada dimasukkan ke dalam rumus sehingga
ditemukan hasil analisanya.
- Bagian
penutup
Bagi pembaca yang hanya mempunyai waktu
sedikit biasanya yang dibaca hanya kesimpulan. Oleh karena itu kesimpulan dari
sebuah penelitian harus jelas, singkat dan padat. Dalam bab penutup berisi
kesimpulan penelitian dan saran terhadap 1). Metodologi, 2) Penerapan hasil
dan, 3) Hambatan penelitian.
Yang harus diperhatikan dalam membuat laporan
penelitian:
- Judul
Judul penelitian hendaknya informatif, lengkap,
tidak terlalu panjang atau pendek yaitu 5 – 15 kata. Judul harus memuat
variabel yang akan diteliti atau kata kunci yang menggambarkan masalah yang
akan diteliti.
- Nama
penulis
Nama penulis penelitian ditulis tampa disertai
gelar akademik atau gelar laian apapun. Nama lembaga tempat belajar atau
bekerja peneliti ditulis sebagai caatatan kaki di halaman pertama. Jika lebih
dari dua peneliti hanya peneliti utama saja yang dicantumkan dibawah judul.
Nama peneliti lain ditulis dalam catatan kaki.
- Abstrak
Abstrak berisi pernyataan ringkas dan padat
tentang ide-ide yang paling penting. Abstrak memuat masalah dan tujuan
penelitian, prosedur penelitian, dan ringkasan hasil penelitian (bila dianggap
perlu juga kesimpulan dan implikasi). Tekanan diberikan pada hasil penelitian.
Hal-hal lain seperti hipotesis, pembahasan, dan saran tidak disajikan. Panjang
abstrak 50 – 75 kata dan ditulis dalam satu paragraf serta diketik dengan spasi tunggal dengan
menggunakan format yang lebih sempit dari teks utama (margin kanan dan kiri
menjorok 1,2 cm)
- Daftar
pustaka
Dalam karangan ilmiah hendaknya memuat daftar
pustaka. Daftar pustaka diletakkan paling belakang dari sebuah laporan
penelitian. Adapun secara urut dalam penulisan daftar pustaka yakni 1). Nama
pengarang 2). Tahun terbitan 3). Judul karangan/ buku, 4). Tempat kota
penerbit, 5). Nama penerbit. Contohnya:
Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian
Kualitatif. Bandung: Alfabeta. Dalam membuat daftar pustaka menggunakan kaidah sebagai berikut:
a. Susunan daftar pustaka menyesuaikan huruf
abjad artinya nama pengarang yang diawali huruf “A” susunannya ditaruh paling
awal kemudian baru pengarang yang diawali huruf “B” dan begitu seterusnya.
b. Nama pengarang tidak dicantumkan gelar
akademik maupun gelar lainnya.
c. Singkatan nama yang berada di depan nama
panggilan diletakkan dibelakang nama panggilan misalanya P. Suparno maka
menjadi Suparno, P.
d. Judul karangan/ buku tidak ditulis kapital
tetapi awal kata harus ditulis guruf kapital. Contoh: Memahami Penelitian
Kualitatif
e. Dalam membuat daftar pustaka harus
memperhatikan tanda baca titik, koma, kurung buka-tutup, dan tanda-tanda baca lainnya.
- Lampiran
Lampiran hendaknya diletakkan di akhir sebuah
laporan penelitian. Lampiran bisa berupa tabel, angket, nama-nama responden,
foto-foto, dan dokumen lain yang mendukung penelitian.
Foto 6.a. adalah ilustrasi pembuatan laporan
penelitian. Pertanyaannya:
a.
Mengapa
laporan penelitian perlu dibuat?
b.
Buatlah halaman judul, halaman
pengesahan, kata pengantar, dan daftar isi .
c.
Buatlah daftar pustaka minimal lima buah sesuai dengan
kaidah penulisan daftar pustaka.
B. Cara- cara Mempresentasikan
Hasil Penelitian
a. Mengamati Lingkungan
Sebuah penelitian kiranya belum ada
artinya jika tidak dipresentasikan. Tujuan dari presentasi adalah untuk menguji
apakah penelitian yang dibuat valid atau tidak sehingga dapat diketahui hasil
penelitian tersebut secara komprehensif. Untuk itu ada beberapa hal yang perlu
dikaji dalam presentasi. Amatilah setiap temanmu melakukan laporan penelitian
dengan cara presentasi, apa kelebihan
dan apa kekurangannya serta bagimana solusinya.
b. Cara- cara Mempresentasikan Hasil
Penelitian
1. Persiapan
Dalam persiapan presentasi
hal-hal yang perlu diperhatikan yaitu:
a. Membuat kerangka yang
akan dipresentasikan yaitu garis besar hasil penelitian
b. Menyentuh karakter dan dasar pengetahuan
pendengar
c. Mempersempit
topik presentasi menjadi beberapa pemikiran utama
d. Mengadakan latihan presentasi baik dengan
cara merekam sendiri maupun latihan dengan beberapa teman
2. Teknik presentasi
Dalam menghadapi presentasi teknik yang
harus dikuasai sebagai berikut
a. Membuat suasana santai dan rileks sehingga
peserta tidak tegang
b. Melakukan kontak mata dengan pendengar
c. Menggunakan suara yang ramah dan familiar
d. Memeberi pertanyaan-pertanyaan kepada
pendengar untuk melibatkan mereka
e. Mengambil kesimpulan sesuai dengan
pemikiran yang dipresentasikan
f. Mempersilahkan peserta untuk mengajukan
pertanyaan
3. Menggunakan alat audio-visual
Bila presentasi menggunakan alat audio-visual
hal-hal yang perlu diperhatikan:
a. Jika menggunakan LCD periksa alat tersebut
apakah sudah konek anatara LCD dengan laptop atau belum
b. Datang lebih awal untuk memeriksa alat bantu
terlebih dahulu misalnya LCD, laptop, komputer, sound syistem dan lain
sebagainya
c. Mempersiapkan presentasi dengan menggunakan
power point
d. Mengantisipasi jika listrik mati dengan
menggunakan teknik media lain
Foto 6.b. Siswa
mempresentasikan hasil penelitiannya di depan teman-temannya. Pertanyaannya:
a. Apa yang harus dipersiapkan siswa sebelum
presentasi di depan kelas?
b. Bagaimana caranya agar presentasi menarik
dan tidak membosankan peserta?
c. Sebutkan peranan moderator dalam sebuah
presentasi?
selamat mencoba.........
Tidak ada komentar:
Posting Komentar