Rabu, 25 Januari 2017

BAB VI Sosiologi

6 LAPORAN PENELITIAN SOSIAL


Kompetensi Inti
KI  1  :  Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, responsif, dan pro-aktif serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI  3  :  Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI  4 :  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam  ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.     
 Kompetensi Dasar 
1.1 Memperdalam nilai agama yang dianutnya dan menghormati    agama lain
2.1 Mensyukuri keberadaan diri dan lingkungan sosial sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
3.4   Menerapkan metode-metode penelitian sosial untuk memahami    berbagai gejala sosial
4.4   Menyusun rancangan, melaksanakan, dan menyusun laporan penelitian sederhana serta mengkomunikasikannya dalam bentuk tulisan, lisan dan audio-visual 
Indikator
A.       Membuat format laporan penelitian
B.       Cara-cara mempresentasikan hasil penelitian

Tujuan Pembelajaran
Setelah belajar dengan menggunakan modul ini siswa diharapkan mampu membuat  format laporan penelitian, serta mampu  mempresentasikan hasil penelitian.

A.    Membuat Format Laporan Penelitian

a.       Mengamati Lingkungan
Tahap akhir dari suatu kegiatan penelitian adalah menulis atau menyusun laporan penelitian. Penulisan laporan penelitian merupakan bagian yang sangat penting karena melalui laporan tersebut sesuatu hasil penelitian dapat dibaca oleh orang lain, mudah dipahami, dan dapat dijadikan sebagai alat dokumen untuk pengujian dan pengembangan penelitian lebih lanjut. Amatilah setiap laporan penelitian yang ada di perpustakaan bagaimana  sistematikanya.



b.      Membuat Format Laporan Penelitian
Dalam membuat laporan penelitian harus sistematis/ urut. Untuk itu diperlukan format laporan penelitian yakni: 
a.   Bagian Pendahuluan (Preliminary materials)
1). Halaman Judul
2). Lembar Pengesahan
3). Abstrak
4). Kata Pengantar
5). Motto
6). Persembahan
7). Daftar Isi
8). Daftar Tabel (jika ada)
   9). Daftar Gambar (jika ada)
 10). Daftar Lampiran  (jika ada)

b.      Bagian Inti (Body of the paper)

BAB I PENDAHULUAN
    1. Latar Belakang Masalah
    2. Rumusan Masalah
    3. Tujuan Penelitian

BAB II KAJIAN PUSTAKA
A.    Penelitian yang Relevan
B.     Kajian Teori
C.     Kerangka Berpikir
D.    Hipotesis

BAB III METODE PENELITIAN
A.    Tempat dan Waktu Penelitian
B.     Rancangan Penelitian
C.     Populasi dan Sampel Penelitian
D.    Desain dan Pendekatan Penelitian
E.     Teknik Pengumpulan Data
F.      Instrumen Penelitian

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.    Uji Coba Instrumen
B.     Pengolahan Data Hasil Penelitian
C.     Pembahasan

BAB V KESIMPULAN, IMPLIKAI DAN SARAN
A.  Kesimpulan
B.   Saran

DAFTAR PUSTAKA
 

Secara singkat bagian-bagian laporan penelitian tersebut akan dipaparkan di bawah ini:
  1. Bagian pendahuluan
Dalam bagian ini peneliti menjelaskan kepada pembaca tentang permasalahan, apa sebab atau apa alasannya penelitian. Pendahuluan menyajikan kajian pustaka yang berisi paling sedikit tiga gagasan yaitu: 1). Latar belakang masalah, 2). Permasalahan, 3). Rumusan tujuan penelitian.
            Dalam membuat kajian pustaka diusahakan ada rujukan yang bisa dijamin otoritas penulisannya. Pembahasan kepustakaan harus disajikan ringkas, padat, dan langsung mengenai masalah yang diteliti. Penyajian latar belakang hendaknya mengarahkan pembaca kerumusan masalah penelitian yang dilengkapi dengan rencana pemecahan masalah dan akhirnya kerumusan tujuan.

  1. Bagian studi pustaka
Bagian ini memaparkan kepada pembaca mengenai: 1). Landasan teori yaitu mengupas satu demi satu arti dari judul penelitian sehingga judul penelitian dapat dipahami pembaca. 2). Kerangka berfikir yaitu menerangkan latar belakang permasalahan, cara kerja penelitian dan hipotesa yang akan dicapai dalam penelitian. 3). Hipotesa yakni dugaan sementara tentang hasil penelitian.

  1. Bagian metodologi
Bagian ini menerangkan kepada pembaca tentang:
1.      Pengambilan populasi, sampel dan teknik sampling
2.      Disain dan pendekatan penelitian, yakni berisi teknik analisa data dan teknik pengumpulan data.
Bagian metodologi harus disampaikan kepada pembaca dengan jelas.

  1. Bagian pembahasan
Bagian ini sebenarnya merupakan inti laporan penelitian. Oleh karena itu bagian ini harus dikemukakaan dengan jelas dan mendapatkan porsi yang paling banyak karena bagian inilah yang ditunggu-tunggu dan ingin diketahui oleh pembaca. Pembahasan memaparkan 1). Pengumpulan dan penyajian data yakni bagi penelitian yang kuwantitatif (memakai angka-angka) data disajikan dan dianalisa. 2). Analisis data dan hasil analisis, yakni data yang sudah ada dimasukkan ke dalam rumus sehingga ditemukan hasil analisanya.

  1. Bagian penutup
Bagi pembaca yang hanya mempunyai waktu sedikit biasanya yang dibaca hanya kesimpulan. Oleh karena itu kesimpulan dari sebuah penelitian harus jelas, singkat dan padat. Dalam bab penutup berisi kesimpulan penelitian dan saran terhadap 1). Metodologi, 2) Penerapan hasil dan, 3) Hambatan penelitian.





Yang harus diperhatikan dalam membuat laporan penelitian:
  1. Judul
Judul penelitian hendaknya informatif, lengkap, tidak terlalu panjang atau pendek yaitu 5 – 15 kata. Judul harus memuat variabel yang akan diteliti atau kata kunci yang menggambarkan masalah yang akan diteliti.

  1. Nama penulis
Nama penulis penelitian ditulis tampa disertai gelar akademik atau gelar laian apapun. Nama lembaga tempat belajar atau bekerja peneliti ditulis sebagai caatatan kaki di halaman pertama. Jika lebih dari dua peneliti hanya peneliti utama saja yang dicantumkan dibawah judul. Nama peneliti lain ditulis dalam catatan kaki.

  1. Abstrak
Abstrak berisi pernyataan ringkas dan padat tentang ide-ide yang paling penting. Abstrak memuat masalah dan tujuan penelitian, prosedur penelitian, dan ringkasan hasil penelitian (bila dianggap perlu juga kesimpulan dan implikasi). Tekanan diberikan pada hasil penelitian. Hal-hal lain seperti hipotesis, pembahasan, dan saran tidak disajikan. Panjang abstrak 50 – 75 kata dan ditulis dalam satu paragraf  serta diketik dengan spasi tunggal dengan menggunakan format yang lebih sempit dari teks utama (margin kanan dan kiri menjorok 1,2 cm)

  1. Daftar pustaka
Dalam karangan ilmiah hendaknya memuat daftar pustaka. Daftar pustaka diletakkan  paling belakang dari sebuah laporan penelitian. Adapun secara urut dalam penulisan daftar pustaka yakni 1). Nama pengarang 2). Tahun terbitan 3). Judul karangan/ buku, 4). Tempat kota penerbit, 5). Nama penerbit. Contohnya:
Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. Dalam membuat daftar pustaka menggunakan kaidah sebagai berikut:
a.       Susunan daftar pustaka menyesuaikan huruf abjad artinya nama pengarang yang diawali huruf “A” susunannya ditaruh paling awal kemudian baru pengarang yang diawali huruf “B” dan begitu seterusnya.
b.      Nama pengarang tidak dicantumkan gelar akademik maupun gelar lainnya.
c.       Singkatan nama yang berada di depan nama panggilan diletakkan dibelakang nama panggilan misalanya P. Suparno maka menjadi Suparno, P.
d.       Judul karangan/ buku tidak ditulis kapital tetapi awal kata harus ditulis guruf kapital. Contoh: Memahami Penelitian Kualitatif
e.       Dalam membuat daftar pustaka harus memperhatikan tanda baca titik, koma, kurung buka-tutup, dan tanda-tanda baca lainnya.

  1. Lampiran
Lampiran hendaknya diletakkan di akhir sebuah laporan penelitian. Lampiran bisa berupa tabel, angket, nama-nama responden, foto-foto, dan dokumen lain yang mendukung penelitian. 

Foto 6.a. adalah ilustrasi pembuatan laporan penelitian. Pertanyaannya:
a.         Mengapa laporan penelitian perlu dibuat?
b.         Buatlah halaman judul, halaman pengesahan, kata pengantar, dan daftar isi .
c.         Buatlah daftar pustaka minimal lima buah sesuai dengan kaidah penulisan daftar pustaka.


B.   Cara- cara Mempresentasikan Hasil Penelitian

a.       Mengamati Lingkungan
Sebuah penelitian kiranya belum ada artinya jika tidak dipresentasikan. Tujuan dari presentasi adalah untuk menguji apakah penelitian yang dibuat valid atau tidak sehingga dapat diketahui hasil penelitian tersebut secara komprehensif. Untuk itu ada beberapa hal yang perlu dikaji dalam presentasi. Amatilah setiap temanmu melakukan laporan penelitian dengan cara presentasi,  apa kelebihan dan apa kekurangannya serta bagimana solusinya.

b.      Cara- cara Mempresentasikan Hasil Penelitian
1.      Persiapan
Dalam persiapan presentasi hal-hal yang perlu diperhatikan yaitu:
a. Membuat kerangka yang akan dipresentasikan yaitu garis besar hasil penelitian
b.   Menyentuh karakter dan dasar pengetahuan pendengar
c.   Mempersempit topik presentasi menjadi beberapa pemikiran utama
d.   Mengadakan latihan presentasi baik dengan cara merekam sendiri maupun latihan dengan beberapa teman

2.      Teknik presentasi
      Dalam menghadapi presentasi teknik yang harus dikuasai sebagai berikut
a.       Membuat suasana santai dan rileks sehingga peserta tidak tegang
b.      Melakukan kontak mata dengan pendengar
c.       Menggunakan suara yang ramah dan familiar
d.      Memeberi pertanyaan-pertanyaan kepada pendengar untuk melibatkan mereka
e.       Mengambil kesimpulan sesuai dengan pemikiran yang dipresentasikan
f.       Mempersilahkan peserta untuk mengajukan pertanyaan

3.   Menggunakan alat audio-visual
Bila presentasi menggunakan alat audio-visual hal-hal yang perlu diperhatikan:
a.  Jika menggunakan LCD periksa alat tersebut apakah sudah konek anatara LCD dengan laptop atau belum
b.  Datang lebih awal untuk memeriksa alat bantu terlebih dahulu misalnya LCD, laptop, komputer, sound syistem dan lain sebagainya
c.   Mempersiapkan presentasi dengan menggunakan power point
d.   Mengantisipasi jika listrik mati dengan menggunakan teknik media lain




Foto 6.b. Siswa mempresentasikan hasil penelitiannya di depan teman-temannya. Pertanyaannya:
a.      Apa yang harus dipersiapkan siswa sebelum presentasi di depan kelas?
b.     Bagaimana caranya agar presentasi menarik dan tidak membosankan peserta?
c.      Sebutkan peranan moderator dalam sebuah presentasi?






 selamat mencoba.........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar