SILABUS MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
(WAJIB)
Satuan Pendidikan :
SMA
Kelas/Semester : XII/Ganjil
Kompetensi Inti :
KI 1 :
|
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2 :
|
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan
diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI 3 :
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
KI 4 :
|
Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai
dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa
|
-
-
|
|
|
|
|
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, responsif dan santun dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk menyampaikan cerita sejarah tentang tokoh-tokoh nasional dan
internasional
|
|||||
1.2 Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai
sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi
lisan dan tulis melalui teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini,
dan novel
|
-
|
|
|
|
|
2.2 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, dan santun dalam menggunakan
bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan berita politik, ekonomi,
sosial, dan kriminal
|
|||||
1.3 Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai
sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan
tulis melalui teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan novel
|
-
|
|
|
|
|
2.3 Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam
menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan iklan yang
bersifat deskriptif, persuasif, maupun eksposisi
|
|||||
2.4 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam
menggunakan bahasa Indonesia untuk memaparkan editorial/opini tentang konflik
sosial, politik, ekonomi, kebijakan publik, dan lingkungan hidup
|
|
|
|
|
|
2.5 Menunjukkan perilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam
penggunaan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyajikan novel
|
|
|
|
|
|
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks cerita sejarah baik melalui lisan
maupun tulisan
|
·
Pengenalan struktur isi teks cerita sejarah
·
Pengenalan ciri
bahasa teks cerita sejarah
·
Pengenalan kaidah teks cerita sejarah
·
Pemahaman isi teks cerita sejarah
·
Makna kata, istilah,
ungkapan dalam teks
cerita sejarah
|
Mengamati:
·
membaca teks tentang struktur dan
kaidah teks cerita sejarah
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan struktur dan kaidah teks
cerita sejarah
Mempertanyakan
·
bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Mencari dari berbagai sumber informasi
tentang struktur dan kaidah teks cerita sejarah
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan tentang struktur dan kaidah teks
cerita sejarah
·
menyimpulkan
hal-hal terpenting dalam struktur dan kaidah teks cerita sejarah
Mengomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang struktur dan kaidah teks cerita sejarah
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
·
menginterpretasi
makna teks cerita sejarah baik secara lisan maupun tulisan
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk
memahami struktur dan kaidah teks cerita sejarah
·
secara individual peserta didik diminta
menginterpretasi makna teks cerita sejarah
baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang struktur
dan kaidah teks cerita sejarah
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
menginterpretasi makna teks cerita
sejarah baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA KELAS XII (WAJIB)
Buku referensi lain
yang menunjang materi struktur dan kaidah teks cerita sejarah.
|
4.1
Menginterpretasi makna teks
cerita sejarah baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.2
Membandingkan teks cerita
sejarah baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Teks cerita sejarah
·
Teknik penulisan teks
cerita sejarah
|
Mengamati:
·
membaca dua buah teks cerita
sejarah.
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan persamaan dan perbedaan dua buah teks cerita sejarah yang dibaca.
Mempertanyakan
·
bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Mencari dari berbagai sumber informasi
tentang teks cerita sejarah
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan persamaan dan perbedaan dua buah teks cerita
sejarah yang dibaca.
·
menyimpulkan
hal-hal terpenting dari persamaan dan perbedaan dua buah teks cerita sejarah
yang dibaca.
Mengomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang persamaan dan perbedaan dua buah teks cerita
sejarah yang dibaca.
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
·
memproduksi
teks cerita sejarah yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara
lisan maupun tulisan
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk
memahami persamaan dan perbedaan dua buah teks cerita sejarah yang dibaca.
·
secara individual peserta didik diminta memproduksi
teks cerita sejarah yang koheren sesuai dengan
karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang persamaan
dan perbedaan dua buah teks cerita sejarah yang dibaca.
4.2
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam
memahami, menerapkan, dan memproduksi teks cerita
sejarah yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan
maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA KELAS XII (WAJIB)
Buku referensi lain
yang menunjang materi membandingkan dan memproduksi teks cerita sejarah
|
4.2
Memproduksi teks cerita
sejarah yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan
maupun tulisan
|
|||||
3.3
Menganalisis teks cerita
sejarah baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Teks cerita sejarah
|
Mengamati:
·
membaca teks tentang struktur dan
kaidah teks cerita sejarah
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan struktur dan kaidah teks
cerita sejarah
Mempertanyakan
·
bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Mencari dari berbagai sumber informasi
tentang struktur dan kaidah teks cerita sejarah
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan tentang struktur dan kaidah teks
cerita sejarah
·
menyimpulkan
hal-hal terpenting dalam struktur dan kaidah teks cerita sejarah
Mengomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang struktur dan kaidah teks cerita sejarah
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
·
menyunting
teks cerita sejarah sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan
maupun tulisan
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk
memahami struktur dan kaidah teks cerita sejarah
·
secara individual peserta didik diminta menyunting
teks cerita sejarah sesuai dengan struktur dan kaidah
teks baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang struktur
dan kaidah teks cerita sejarah
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
menyunting teks
cerita sejarah sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA KELAS XII (WAJIB)
Buku referensi lain
yang menunjang materi menganalisis dan menyunting teks cerita sejarah.
|
4.3
Menyunting teks cerita
sejarah sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
|
|||||
3.4
Mengidentifikasi
karakteristik cerita sejarah secara lisan maupun tulisan
|
·
Karakteristik cerita
sejarah
· Abstraksi teks cerita sejarah
|
Mengamati:
·
membaca teks tentang karakteristik teks
cerita sejarah
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan karakteristik teks cerita
sejarah
Mempertanyakan
·
bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Mencari dari berbagai sumber informasi
tentang karakteristik
teks cerita sejarah
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan tentang karakteristik teks cerita
sejarah
·
menyimpulkan
hal-hal terpenting dalam karakteristik teks cerita sejarah
Mengomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang karakteristik teks cerita sejarah
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
·
mengabstraksi teks cerita sejarah secara lisan maupun
tulisan
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk
memahami struktur dan kaidah teks cerita sejarah
·
secara individual peserta didik diminta menyunting
teks cerita sejarah sesuai dengan struktur dan kaidah
teks baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang struktur
dan kaidah teks cerita sejarah
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
menyunting teks
cerita sejarah sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA KELAS XII (WAJIB)
Buku referensi lain
yang menunjang materi karakteristik dan abstraksi teks cerita sejarah.
|
4.4
Mengabstraksi teks cerita sejarah secara lisan maupun
tulisan
|
|||||
3.5
Mengevaluasi teks cerita
sejarah berdasarkan kaidah-kaidah baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Evaluasi struktur isi
dan bahasa teks cerita sejarah
·
Langkah- langkah
konversi teks cerita sejarah menjadi teks monolog
·
Langkah- langkah
konversi teks cerita sejarah menjadi teks drama pendek
|
Mengamati:
·
membaca teks tentang kaidah-kaidah
penulisan teks cerita sejarah
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan kaidah-kaidah penulisan teks cerita sejarah
Mempertanyakan
·
bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Mencari dari berbagai sumber informasi
tentang kaidah-kaidah penulisan
teks cerita sejarah
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan tentang kaidah-kaidah penulisan teks cerita sejarah
·
menyimpulkan
hal-hal terpenting dalam kaidah-kaidah penulisan teks cerita sejarah
Mengomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang kaidah-kaidah penulisan teks cerita sejarah
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
·
mengonversi
teks cerita sejarah ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan
kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk
memahami kaidah-kaidah penulisan
teks cerita sejarah
·
secara individual peserta didik diminta mengonversi
teks cerita sejarah ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan
kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang kaidah-kaidah
penulisan teks cerita sejarah
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
mengonversi teks cerita
sejarah ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik
secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA INDONESIA SMA KELAS XII (WAJIB)
Buku referensi lain
yang menunjang materi kaidah-kaidah penulisan teks cerita sejarah.
|
4.5 Mengonversi
teks cerita sejarah ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan
kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.1
Memahami struktur dan
kaidah teks berita, baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Struktur dan kaidah teks berita
|
Mengamati:
·
membaca teks tentang struktur dan
kaidah teks berita
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan struktur dan kaidah teks
berita
Mempertanyakan
·
bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Mencari dari berbagai sumber informasi
tentang struktur dan kaidah teks berita
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan tentang struktur dan kaidah teks
berita
·
menyimpulkan
hal-hal terpenting dalam struktur dan kaidah teks berita
Mengomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang struktur dan kaidah teks berita
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
·
menginterpretasi
makna teks berita baik secara lisan maupun tulisan
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk
memahami struktur dan kaidah teks berita secara individual peserta didik diminta menginterpretasi makna
teks berita baik secara
lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang struktur
dan kaidah teks berita
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi makna
teks berita baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA KELAS XII (WAJIB)
Buku referensi lain
yang menunjang materi struktur dan kaidah teks berita,
|
4.1
Menginterpretasi makna
teks berita baik secara
lisan maupun tulisan
|
|||||
3.2
Membandingkan teks berita
baik melalui lisan maupun tulisan
|
|
Mengamati:
·
membaca dua buah teks berita
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan persamaan dan perbedaan dua buah teks berita yang dibaca.
Mempertanyakan
·
bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Mencari dari berbagai sumber informasi
tentang teks
berita
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan persamaan dan perbedaan dua buah teks berita yang
dibaca.
·
menyimpulkan
hal-hal terpenting dari persamaan dan perbedaan dua buah teks berita yang
dibaca.
Mengomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang persamaan dan perbedaan dua buah teks berita yang
dibaca.
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
·
memproduksi
teks berita yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan
maupun tulisan
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk
memahami persamaan dan perbedaan dua buah teks berita yang dibaca.
·
secara individual peserta didik diminta memproduksi
teks berita yang koheren sesuai dengan karakteristik
teks baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang persamaan
dan perbedaan dua buah teks berita yang dibaca.
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
memproduksi teks
berita yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun
tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA KELAS XII (WAJIB)
Buku referensi lain
yang menunjang materi membandingkan dan memproduksi teks berita
|
4.2
Memproduksi teks berita
yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun
tulisan
|
|||||
3.3
Menganalisis teks berita
baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Penganalisisan teks berita
|
Mengamati:
·
membaca teks tentang struktur dan
kaidah teks berita
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan struktur dan kaidah teks berita
Mempertanyakan
·
bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Mencari dari berbagai sumber informasi
tentang struktur dan kaidah teks berita
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan tentang struktur dan kaidah teks berita
·
menyimpulkan
hal-hal terpenting dalam struktur dan kaidah teks berita
Mengomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang struktur dan kaidah teks berita
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
·
menyunting
teks berita sesuai
dengan struktur dan kaidah teks berita baik secara lisan maupun tulisan
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk
memahami struktur dan kaidah teks berita
·
secara individual peserta didik diminta menyunting
teks berita sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang struktur
dan kaidah teks berita
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
menyunting teks berita sesuai dengan
struktur dan kaidah teks berita baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA KELAS XII (WAJIB)
Buku referensi lain
yang menunjang materi menganalisis dan menyunting teks berita
|
4.3
Menyunting teks berita,
sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.4
Mengidentifikasi
karakteristik teks berita secara lisan
maupun tulisan
|
|
Mengamati:
·
membaca teks tentang karakteristik teks berita
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan karakteristik teksberita
Mempertanyakan
·
bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Mencari dari berbagai sumber informasi
tentang karakteristik
teks berita
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan tentang karakteristik teks berita
·
menyimpulkan
hal-hal terpenting dalam karakteristik teks berita
Mengomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang karakteristik teks berita
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
·
mengabstraksi teks berita secara
lisan maupun tulisan
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk
memahami struktur dan kaidah teks berita
·
secara individual peserta didik diminta menyunting
teksberita sesuai dengan struktur dan kaidah teks berita baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang struktur
dan kaidah teks berita
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
menyunting teks
berita sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA KELAS XII (WAJIB)
Buku referensi lain
yang menunjang materi karakteristik dan abstraksi teks berita.
|
4.4
Mengabstraksi teks berita
baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.5
Mengevaluasi teks berita
berdasarkan kaidah-kaidah baik melalui lisan maupun tulisan
|
|
Mengamati:
·
membaca teks tentang kaidah-kaidah
penulisan teks berita
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan kaidah-kaidah penulisan teks berita
Mempertanyakan
·
bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Mencari dari berbagai sumber informasi
tentang kaidah-kaidah penulisan
teks berita
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan tentang kaidah-kaidah penulisan teks berita
·
menyimpulkan
hal-hal terpenting dalam kaidah-kaidah penulisan teks berita
Mengomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang kaidah-kaidah penulisan teks berita
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
·
mengonversi
teksberita
ke dalam bentuk yang lain sesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk
memahami kaidah-kaidah penulisan
teks berita
·
secara individual peserta didik diminta mengonversi
teks beritake dalam
bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan
maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang kaidah-kaidah
penulisan teks berita
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
mengonversi teks berita ke
dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara
lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA KELAS XII (WAJIB)
Buku referensi lain
yang menunjang materi kaidah-kaidah penulisan teks berita
|
4.5 Mengonversi
teks berita ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks
baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.1
Memahami struktur dan
kaidah teks iklan, baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Struktur dan kaidah teks iklan
·
Interpretasi teks iklan
|
Mengamati:
·
membaca teks tentang struktur dan
kaidah teks iklan
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan struktur dan kaidah teks iklan
Mempertanyakan
·
bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Mencari dari berbagai sumber informasi
tentang struktur dan kaidah teks iklan
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan tentang struktur dan kaidah teks iklan
·
menyimpulkan
hal-hal terpenting dalam struktur dan kaidah teks iklan
Mengomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang struktur dan kaidah teks iklan
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
·
menginterpretasi
makna teks iklan
baik secara lisan maupun tulisan
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk
memahami struktur dan kaidah teks iklan
·
secara individual peserta didik diminta menginterpretasi makna
teks iklan baik
secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang struktur
dan kaidah teks iklan
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi makna
teks iklan, baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA KELAS XII (WAJIB)
Buku referensi lain
yang menunjang materi struktur dan kaidah teks iklan.
|
4.1
Menginterpretasi makna teks
iklan, baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.2
Membandingkan teks iklan
baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Perbandingan teks iklan
·
Memproduksi teks iklan
|
Mengamati:
·
membaca dua buah teks iklan
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan persamaan dan perbedaan dua buah teks iklan yang dibaca.
Mempertanyakan
·
bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Mencari dari berbagai sumber informasi
tentang teks
iklan
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan persamaan dan perbedaan dua buah teks iklan yang
dibaca.
·
menyimpulkan
hal-hal terpenting dari persamaan dan perbedaan dua buah teks iklan yang
dibaca.
Mengomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang persamaan dan perbedaan dua buah teks iklan yang
dibaca.
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
·
memproduksi
teks iklan yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan
maupun tulisan
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk
memahami persamaan dan perbedaan dua buah teks iklan
yang dibaca.
·
secara individual peserta didik diminta memproduksi
teks iklan yang koheren sesuai dengan karakteristik
teks baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang persamaan
dan perbedaan dua buah teks iklan yang dibaca.
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
memproduksi teks
iklan yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun
tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA KELAS XII (WAJIB)
Buku referensi lain
yang menunjang materi membandingkan dan memproduksi teks iklan.
|
4.2
Memproduksi teks iklan,
yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun
tulisan
|
|||||
3.3
Menganalisis teks iklan
baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Analiss teks iklan
·
Menyunting teks iklan
|
Mengamati:
·
membaca teks tentang struktur dan
kaidah teks iklan
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan struktur dan kaidah teks iklan
Mempertanyakan
·
bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Mencari dari berbagai sumber informasi
tentang struktur dan kaidah teks iklan
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan tentang struktur dan kaidah teks iklan
·
menyimpulkan
hal-hal terpenting dalam struktur dan kaidah teks iklan
Mengomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang struktur dan kaidah teks iklan
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
·
menyunting
teks iklansesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk
memahami struktur dan kaidah teks iklan
·
secara individual peserta didik diminta menyunting
teks berita sesuai dengan struktur dan kaidah teks iklan baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang struktur
dan kaidah teks iklan
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
menyunting teks iklan sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA KELAS XII (WAJIB)
Buku referensi lain
yang menunjang materi menganalisis dan menyunting teks iklan
|
4.3
Menyunting teks iklan,
sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.4
Mengidentifikasi
karakteristik teks iklan, baik secara lisan maupun tulisan
|
·
Karakteristik teks iklan
·
Abstraksi teks iklan
|
Mengamati:
·
membaca teks tentang karakteristik karakteristik teks iklan
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan karakteristik teks iklan
Mempertanyakan
·
bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Mencari dari berbagai sumber informasi
tentang karakteristik
teks iklan
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan tentang karakteristik teks iklan
·
menyimpulkan
hal-hal terpenting dalam karakteristik teks iklan
Mengomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang karakteristik teks iklan
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
·
mengabstraksi teks iklan secara
lisan maupun tulisan
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk
memahami struktur dan kaidah teks iklan
·
secara individual peserta didik diminta menyunting
teks iklan sesuai dengan struktur dan kaidah teks iklan baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang struktur
dan kaidah teks iklan
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
menyunting teks
iklan sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA KELAS XII (WAJIB)
Buku referensi lain
yang menunjang materi karakteristik dan abstraksi teks iklan.
|
4.4
Mengabstraksi teks iklan,
baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.5
Mengevaluasi teks iklan ke dalam bentuk yang lain
sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
·
Teks iklan
·
Konversi teks iklan
|
Mengamati:
·
membaca teks tentang kaidah-kaidah
penulisan teks iklan
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan kaidah-kaidah penulisan teks iklan
Mempertanyakan
·
bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Mencari dari berbagai sumber informasi
tentang kaidah-kaidah penulisan
teks iklan
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan tentang kaidah-kaidah penulisan teks iklan
·
menyimpulkan
hal-hal terpenting dalam kaidah-kaidah penulisan teks iklan
Mengomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang kaidah-kaidah penulisan teks iklan
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
·
mengonversi
teks
iklan ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik
secara lisan maupun tulisan
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk
memahami kaidah-kaidah penulisan
teks iklan
·
secara individual peserta didik diminta mengonversi
teks iklan
ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks iklan baik
secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang kaidah-kaidah
penulisan teks iklan
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
mengonversi teks iklan ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA KELAS XII (WAJIB)
Buku referensi lain
yang menunjang materi kaidah-kaidah penulisan teks iklan
|
4.5 Mengonversi
teks iklan ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks
baik secara lisan maupun tulisan
|
SILABUS MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
(WAJIB)
Satuan Pendidikan :
SMA
Kelas/Semester : XII/Genap
Kompetensi Inti :
KI 1 :
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2 :
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia
|
KI 3 :
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
KI 4 :
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai
dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa
|
-
|
|
|
|
|
1.2 Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai
sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi
lisan dan tulis melalui teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini,
dan novel
|
-
|
|
|
|
|
1.3 Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai
sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan
tulis melalui teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan novel
|
-
|
|
|
|
|
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, responsif dan santun dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk menyampaikan cerita sejarah tentang tokoh-tokoh nasional dan internasional
|
-
|
|
|
|
|
2.2 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, dan santun dalam menggunakan
bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan berita politik, ekonomi,
sosial, dan kriminal
|
|
|
|
|
|
2.3 Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam
menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan iklan yang
bersifat deskriptif, persuasif, maupun eksposisi
|
-
|
|
|
|
|
2.4 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam
menggunakan bahasa Indonesia untuk memaparkan editorial/opini tentang konflik
sosial, politik, ekonomi, kebijakan publik, dan lingkungan hidup
|
|
|
|
|
|
2.5 Menunjukkan perilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam
penggunaan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyajikan novel
|
|
|
|
|
|
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks editorial/opini,
baik melalui lisan maupun tulisan
|
· Teks editorial/ opini
· Interpretasi makna teks editorial
|
Mengamati:
·
membaca teks tentang struktur dan
kaidah teks editorial/opini
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan struktur dan kaidah teks editorial/opini
Mempertanyakan
·
bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Mencari dari berbagai sumber informasi
tentang struktur dan kaidah teks editorial/opini
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan tentang struktur dan kaidah teks editorial/opini
·
menyimpulkan
hal-hal terpenting dalam struktur dan kaidah teks editorial/opini
Mengomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang struktur dan kaidah teks editorial/opini
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
·
menginterpretasi
makna teks editorial/opini, baik secara lisan maupun
tulisan
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk
memahami struktur dan kaidah teks editorial/opini
·
secara individual peserta didik diminta menginterpretasi
makna teks editorial/ opini, baik secara lisan maupun tulis
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang struktur
dan kaidah teks editorial/opini
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi makna
teks editorial/ opini, baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA KELAS XII (WAJIB)
Buku referensi lain
yang menunjang materi struktur dan kaidah teks editorial/ opini
|
4.1
Menginterpretasi makna teks
editorial/opini, baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.2 Membandingkan teks editorial/opini, baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Perbandingan teks editorial/ opini
· Teks editorial
|
Mengamati:
·
membaca dua buah teks editorial/opini
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan persamaan dan perbedaan dua buah teks editorial/ opini yang dibaca.
Mempertanyakan
·
bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Mencari dari berbagai sumber informasi
tentang teks
editorial/opini
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan persamaan dan perbedaan dua buah teks
editorial/opini yang dibaca.
·
menyimpulkan
hal-hal terpenting dari persamaan dan perbedaan dua buah teks editorial/opini
yang dibaca.
Mengomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang persamaan dan perbedaan dua buah teks editorial/
opini yang dibaca.
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
·
memproduksi
teks iklan yang koheren sesuai dengan karakteristik editorial/opini baik
secara lisan maupun tulisan
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk
memahami persamaan dan perbedaan dua buah teks editorial/
opini yang dibaca.
·
secara individual peserta didik diminta memproduksi
teks editorial/opini yang koheren sesuai dengan
karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang persamaan
dan perbedaan dua buah teks editorial/opini yang dibaca.
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
memproduksi teks
editorial/ opini yang koheren sesuai dengan karakteristik teks editorial/ opini
baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA KELAS XII (WAJIB)
Buku referensi lain
yang menunjang materi membandingkan dan memproduksi teks editorial/opini
|
4.2
Memproduksi teks
editorial/opini, yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara
lisan maupun tulisan
|
|||||
3.3 Menganalisis teks editorial/opini, baik melalui lisan maupun tulisan
|
· Analisa teks editorial/ opini
· Hasil menyunting teks editorial/ opini
|
Mengamati:
·
membaca teks tentang struktur dan
kaidah teks editorial/opini
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan struktur dan kaidah teks editorial/ opini
Mempertanyakan
·
bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
Mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur dan
kaidah teks editorial/opini
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan tentang struktur dan kaidah teks editorial/opini
·
menyimpulkan
hal-hal terpenting dalam struktur dan kaidah teks editorial/ opini
Mengomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang struktur dan kaidah teks editorial/opini
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
·
menyunting
teks editorial/ opini
sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk
memahami struktur dan kaidah teks editorial/opini
·
secara individual peserta didik diminta menyunting
teks editorial/
opini sesuai dengan struktur dan kaidah teks iklan
baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang struktur
dan kaidah teks editorial/opini
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
menyunting teks editorial/opini
sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA KELAS XII (WAJIB)
Buku referensi lain
yang menunjang materi menganalisis dan menyunting teks editorial/opini
|
4.3
Menyunting teks
editorial/opini, sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan
maupun tulisan
|
|||||
3.4
Mengidentifikasi teks editorial/opini, baik secara lisan maupun tulisan
|
·
Identifikasi teks editorial/ opini
· Abstraksi teks editorial/ opini
|
Mengamati:
·
membaca teks tentang karakteristik karakteristik teks editorial/opini
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan karakteristik teks editorial/
opini
Mempertanyakan
·
bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Mencari dari berbagai sumber informasi
tentang karakteristik
teks editorial/ opini
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan tentang karakteristik teks editorial/
opini
·
menyimpulkan
hal-hal terpenting dalam karakteristik teks editorial/ opini
Mengomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang karakteristik teks editorial/ opini
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
·
mengabstraksi teks editorial/ opini secara lisan maupun tulisan
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk
memahami struktur dan kaidah teks editorial/opini
·
secara individual peserta didik diminta menyunting
teks editorial/opini
sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang struktur
dan kaidah teks editorial/opini
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
menyunting teks
editorial/opini sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA INDONESIA SMA KELAS XII (WAJIB)
Buku referensi lain
yang menunjang materi karakteristik dan abstraksi teks editorial/opini.
|
4.4
Mengabstraksi teks
editorial/opini, baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.5 Mengevaluasi teks editorial/opini, berdasarkan kaidah-kaidah baik melalui
lisan maupun tulisan
|
·
Hasil konversi teks editorial/ opini
|
Mengamati:
·
membaca teks tentang kaidah-kaidah
penulisan teks editorial/opini
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan kaidah-kaidah penulisan teks editorial/ opini
Mempertanyakan
·
bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Mencari dari berbagai sumber informasi
tentang kaidah-kaidah penulisan
teks editorial/ opini
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan tentang kaidah-kaidah penulisan teks editorial/opini
·
menyimpulkan
hal-hal terpenting dalam kaidah-kaidah penulisan teks editorial/opini
Mengomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang kaidah-kaidah penulisan teks editorial/opini
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
·
mengonversi
teks editorial/
opini ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan
kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk
memahami kaidah-kaidah penulisan
teks editorial/opini
·
secara individual peserta didik diminta mengonversi
teks editorial/opini ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan
kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang kaidah-kaidah
penulisan teks editorial/ opini
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
mengonversi teks
editorial/opini ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah
teks baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA KELAS XII (WAJIB)
Buku referensi lain
yang menunjang materi kaidah-kaidah penulisan teks editorial/opini.
|
4.5 Mengonversi
teks editorial/opini, ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan
kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.1
Memahami struktur dan
kaidah teks novel baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Teks penggalan novel
·
Interpretasi makna teks novel
|
Mengamati:
·
membaca teks tentang struktur dan
kaidah teks novel
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan struktur dan kaidah teks novel
Mempertanyakan
·
bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Mencari dari berbagai sumber informasi
tentang struktur dan kaidah teks novel
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan tentang struktur dan kaidah teks novel
·
menyimpulkan
hal-hal terpenting dalam struktur dan kaidah teks novel
Mengomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang struktur dan kaidah teks novel
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
·
menginterpretasi
makna teks novel baik secara lisan maupun tulisan
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk
memahami struktur dan kaidah teks novel
·
secara individual peserta didik diminta menginterpretasi makna
teks novel baik secara
lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang struktur
dan kaidah teks novel
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi makna
teks novel, baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA KELAS XII (WAJIB)
Buku referensi lain
yang menunjang materi struktur dan kaidah teks novel.
|
4.1 Menginterpretasi makna teks novel baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.2 Membandingkan teks novel baik melalui lisan maupun tulisan
|
· Perbandingan teks novel
· Menulis teks penggalan novel
|
Mengamati:
·
membaca dua buah teks novel
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan persamaan dan perbedaan dua buah teks novel yang dibaca.
Mempertanyakan
·
bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Mencari dari berbagai sumber informasi
tentang teks
novel
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan persamaan dan perbedaan dua buah teks novel yang
dibaca.
·
menyimpulkan
hal-hal terpenting dari persamaan dan perbedaan dua buah teks novel yang
dibaca.
Mengomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang persamaan dan perbedaan dua buah teks novel yang
dibaca.
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
·
memproduksi
teks novel yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan
maupun tulisan
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk
memahami persamaan dan perbedaan dua buah teks novel yang dibaca.
·
secara individual peserta didik diminta memproduksi
teks novel yang koheren sesuai dengan karakteristik
teks baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang persamaan
dan perbedaan dua buah teks novel yang dibaca.
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
memproduksi teks
novel yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun
tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA KELAS XII (WAJIB)
Buku referensi lain
yang menunjang materi membandingkan dan memproduksi teks novel
|
4.2 Memproduksi teks novel yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik
secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.3 Menganalisis teks novel baik melalui lisan maupun tulisan
|
· Analisis teks novel
·
Hasil menyunting penggalan teks novel
|
Mengamati:
·
membaca teks tentang struktur dan
kaidah teks novel
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan struktur dan kaidah teks novel
Mempertanyakan
·
bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Mencari dari berbagai sumber informasi
tentang struktur dan kaidah teks novel
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan tentang struktur dan kaidah teks novel
·
menyimpulkan
hal-hal terpenting dalam struktur dan kaidah teks novel
Mengomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang struktur dan kaidah teks novel
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
·
menyunting
teks novel sesuai dengan struktur dan kaidah
teks baik secara lisan maupun tulisan
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk
memahami struktur dan kaidah teks novel
·
secara individual peserta didik diminta menyunting
teks novel sesuai dengan struktur dan kaidah teks iklan baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang struktur
dan kaidah teks novel
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
menyunting teks novel sesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA KELAS XII (WAJIB)
Buku referensi lain
yang menunjang materi menganalisis dan menyunting teks novel
|
4.3 Menyunting teks novel sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara
lisan maupun tulisan
|
|||||
3.4
Menyunting teks novel sesuai dengan struktur dan
kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
· Evaluasi teks novel
· Abstraksi penggalan teks novel
|
Mengamati:
·
membaca teks tentang karakteristik karakteristik teks novel
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan karakteristik teks novel
Mempertanyakan
·
bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Mencari dari berbagai sumber informasi
tentang karakteristik
teks novel
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan tentang karakteristik teks novel
·
menyimpulkan
hal-hal terpenting dalam karakteristik teks novel
Mengomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang karakteristik teks novel
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
·
mengabstraksi teks novel secara
lisan maupun tulisan
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk
memahami struktur dan kaidah teks novel
·
secara individual peserta didik diminta menyunting
teks novel sesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang struktur
dan kaidah teks novel
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
menyunting teks
novel sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA KELAS XII (WAJIB)
Buku referensi lain
yang menunjang materi karakteristik dan abstraksi teks novel
|
4.4 Mengabstraksi teks novel baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.5 Mengevaluasi teks novel berdasarkan kaidah-kaidah baik melalui lisan
maupun tulisan
|
·
Hasil konversi teks novel
|
Mengamati:
·
membaca teks tentang kaidah-kaidah
penulisan teks novel
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan kaidah-kaidah penulisan teks novel
Mempertanyakan
·
bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Mencari dari berbagai sumber informasi
tentang kaidah-kaidah penulisan
teks novel
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan tentang kaidah-kaidah penulisan teks novel
·
menyimpulkan
hal-hal terpenting dalam kaidah-kaidah penulisan teks novel
Mengomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang kaidah-kaidah penulisan teks novel
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
·
mengonversi
teks novel ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan
kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk
memahami kaidah-kaidah penulisan
teks novel
·
secara individual peserta didik diminta mengonversi
teks i novel ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan
kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang kaidah-kaidah
penulisan teks novel
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
mengonversi teks novel ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA KELAS XII (WAJIB)
Buku referensi lain
yang menunjang materi kaidah-kaidah penulisan teks novel
|
4.5 Mengonversi teks novel ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur
dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar